PROFIL SINGKAT KORPS MAHASISWA HUBUNGAN INTERNASIONAL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Diterbitkan Oleh : KORPS MAHASISWA HUBUNGAN INTERNASIONAL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA Website : http://komahi.umy.ac.id | e-mail: komahi@umy.ac.id Facebook : KOMAHi UMY | Twitter : @komahiumy

SEJARAH KOMAHI UMY Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KOMAHI UMY) merupakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang didirikan pada 8 Agustus 1988. KOMAHI UMY berfungsi sebagai wadah kreatifitas dan perjuangan aspirasi mahasiswa HI UMY dengan mengedepankan semangat keterbukaan demi tercapaunya KOMAHI UMY yang Islami, berkarakter, mandiri, dan profesional. KOMAHI UMY sebagai sebuah organisasi yang menaungi kepentingan-kepentingan mahasiswa HI UMY, memiliki tugas-tugas penting dalam melaksanakan program kerja. Program-program tersebut dituntut agar dapat mendistribusikan kepentingan-kepentingan mahasiswa HI UMY sehingga dapat memaksimalkan potensi yang ada dalam masyarakat HI di UMY, KOMAHI UMY setiap tahunnya memiliki program kerja yang variatif dalam rangka menjalankan fungsinya sebagai Himpunan Mahasiswa Jurusan.

VISI KOMAHI UMY KOMAHI UMY sebagai wadah kreativitas dan perjuangan aspirasi mahasiswa HI UMY dengan mengedepankan semangat keterbukaan demi tercapainya KOMAHI UMY yang Islami, berkarakter, mandiri, dan profesional.

MISI KOMAHI UMY 1. Memperjuangkan, mempertahankan, meningkatkan eksistensi, dan peran serta KOMAHI UMY sebagai wadah kreativitas dan perjuangan aspirasi mahasiswa HI sebagai bagian dari civitas akademika UMY. 2. Melakukan rekrutmen dan kaderisasi sebagai wujud regenerasi pengurus untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas; 3. Melakukan koordinasi secara struktural antarbadan dalam struktur organisasi KOMAHI UMY. 4. Membangun dan membina hubungan kultural antarpengurus KOMAHI UMY dengan mengedepankan asas ukhuwah islamiah. 5. Menjalin tali silaturahmi dengan mahasiswa HI UMY untuk menciptakan hubungan profesional yang sinergis. 6. Membangun dan membina kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga internal maupun eksternal UMY. 7. Menjadikan KOMAHI UMY sebagai Himpunan Mahasiswa Jurusan yang mandiri serta memiliki orientasi yang jelas. 8. Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa HI UMY pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. 9. Membina hubungan kultural antara pengurus dengan alumni KOMAHI UMY dengan mengedepankan asas ukhuwah islamiah. 10. Menyalurkan dan memberikan sumbangan pemikiran dalam bentuk lisan, tulisan ataupun bentuk lainnya bagi pengembangan ilmu Hubungan Internasional.

STRUKTUR KEPENGURUSAN KOMAHI UMY 2013-2014 Badan Pelaksana Harian Ketua Umum Sekretaris I Sekretaris II Bendahara : Awwab Hafidz Al-Faruqi : Novita Permata Aji : Arief Kurnia Aryanto : Sannya Pestari Dewi

Wakil Bendahara : Imron Rosadi Divisi-Divisi 1. Divisi Penelitian Ketua Sekretaris : Muhammad Fatahillah : Lawrozabna Lila Danisa

2. Divisi Pengembangan Wacana Ketua Sekretaris : Bella Rosaily Hajarputri : Muhammad Luthfi Ikhwan

3. Divisi Bahasa dan Budaya Ketua Sekretaris : David Afriwinsyah : Ridha Amalia

4. Divisi Pers Mahasiswa Ketua Sekretaris : Muhammad Nizar Shohyb : Richo Bimapaksi Jumranuddin

5. Divisi Minat dan Bakat Ketua Sekretaris : Muhammad Fikri Amra : Zaenal Abidin Syah Alam Salampessy

6. Divisi Jaringan dan Kerjasama Ketua Sekretaris : Ahmad Jawwad : Gania Ika Pramesti

PROFIL DIVISI DIVISI PENELITIAN Divisi Penelitian adalah divisi yang bergerak di dalam bidang akademik. Divisi ini bertugas menerima aspirasi dan keinginan mahasiswa HI UMY, sehingga KOMAHI UMY dalam melaksanakan program kerjanya selalu mempertimbangkan kebutuhan mahasiswa HI UMY. Selain sebagai wadah aspirasi, divisi ini juga memiliki tugas untuk melaksanakan program kerja yang bersifat ilmiah, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa. Program kerja Divisi Penelitian antara lain : Seminar Menulis Skripsi, Pelatihan Penulisan Jurnal, Mini Research, dan lain sebagainya. DIVISI PENGEMBANGAN WACANA Divisi Pengembangan Wacana adalah divisi yang bertugas merespon dan menganalisis setiap isu aktual yang terjadi di dunia. Salah satu agenda tetap yang dilaksanakan setiap tahun adalah Diplomatic Course. Di dalam agenda ini, peserta diberi pembekalan, materi, bahkan pandangan umum bagaimana menjadi seorang diplomat. Serangkaian acara didalamnya saling berkaitan satu sama lain. Ada Seminar, Simulasi Sidang Model United Nations, dan Table Manner. Program kerja Divisi Pengembangan Wacana antara lain : Seminar Nasional, School of Diplomacy, International Relations Forum Discussion, dan lain sebagainya. DIVISI BAHASA DAN BUDAYA Divisi Bahasa dan Budaya adalah divisi yang bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan kemampuan berbahasa asing mahasiswa HI UMY sebagai salah satu kemampuan penunjang yang harus dimiliki oleh ilmuwan HI. Divisi ini juga melakukan pengkajian ilmiah terhadap budaya-budaya yang ada di dunia untuk menambah wawasan mahasiswa HI UMY. Program kerja Divisi Bahasa dan Budaya antara lain : Jelajah Budaya, European Union Day, KOMAHI Batik and English Day, dan lain sebagainya. DIVISI PERS MAHASISWA Divisi Pers Mahasiswa merupakan divisi yang fokus dalam bidang jurnalistik. Divisi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas media informasi dan komunikasi untuk mengembangkan intelektualitas mahasiswa HI UMY, serta sebagai wadah sosialisasi keorganisasian, jurusan, dan kampus secara keseluruhan. Selain itu Divisi ini bertugas untuk menginformasikan program kerja KOMAHI UMY melalui media sosial. Program kerja Divisi Pers Mahasiswa antara lain : School of Journalism, Reportase, KOMAHI ONLINE, International Relations News, Buletin, Mading, dan lain sebagainnya. DIVISI MINAT DAN BAKAT Divisi Minat dan Bakat merupakan divisi yang bertugas untuk menyeimbangkan sisi keilmuan dengan mrespon minat dan bakat mahasiswa HI UMY di segala bidang khususnya pada bidang non-akademik Divisi ini menjalin silaturahmi dengan pihak internal maupun eksternal kampus dalam mengadakan Pertandingan Futsal Persahabatan. Program kerja Divisi Minat dan Bakat antara lain : KOMAHI Futsal Cup, Jamming Music, Pentas Seni, dan lain sebagainya.

DIVISI JARINGAN DAN KERJASAMA Divisi Jaringan dan Kerjasama adalah divisi yang bertujuan untuk mengintegrasikan dan menjalin hubungan baik dengan organisasi kemahasiswaan yang berada dalam lingkungan UMY maupun luar UMY. Divisi Jaringan dan Kerjasama selalu berusaha dalam menjaga eksistensi HI UMY di dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Se-Indonesia. Divisi Jaringan dan Kerjasama merupakan sarana indormasi bagi seluruh mahasiswa HI UMY dalam mendapatkan informasi baik dari internal jurusan maupun eksternal jurusan bekerjasama dengan Divisi Pers Mahasiswa. Program kerja Divisi Jaringan dan Kerjasama antara lain : Earth for Us, Contact Center KOMAHI, serta ikut serta dalam PNMHII dan PSNMHII.