You are on page 1of 25

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya

E-BOOK

Pengenalan Jaringan
Dan

konfigurasinya

Penyusun :

Mustaqim
http://www.samrteknologi.info

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya

Pengenalan Jaringan Dan konfigurasinya
1. Dasar-Dasar Jaringan
Jaringan pada komputer pada hakekatnya adalah dua buah komputer atau lebih yang terhubung antara satu dengan yang lainnya. Perangkat yang dapat dihubungkan tidak terbatas pada Komputer saja, misalnya printer dan hardware lainnya, Sebagai penghubung digunakan kabel atau media lain yang tidak menggunakan kabel misalnya gelombang radio, infra red, bluetoot dll, sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

Istilah – istilah dalam Jaringan

Jaringan tidak dapat dilepaskan dari istilah-istilah atau terminology yang sangat akrab dengan jaringan. beberapa istilah pada jaringan tersebut adalah : ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü

Server Client Node Peer to peer Local dan Remote Protocol Kartu Jaringan / Network adapter Repeater, Bridge, dan Router Gateway Firewall

Berikut ini adalah penjelasannya : v Server Ø Adalah sebuah komputer yang menyediakan file, sumber daya atau layanan

tertentu yang dibutuhkan dalam sebuah jaringan. Umumnya komputer yang akan dijadikan server biasanya memiliki spesifikasi lebih tinggi dari komputer – komputer lain pada jaringan tersebut.

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya v Client Ø Secara mudah client adalah komputer yang bukan server, kalau server adalah penyedia file, sumber daya atau layanan tertentu, sedangkan client ini adalah komputer yang meminta file, sumber daya atau layanan tertentu. v Node Ø Semua hardware yang terhubung ke jaringan disebut Node, entah itu sebuah komputer server, client, printer dan lain-lain. v Peer to peer Ø Dalam jaringan peer to peer tidak terdapat server maupun client, jadi semua komputer yang terhubung ke jaringan tersebut mempunyai tingkatan sama, umumnya jenis ini dipakai untuk sharing bersama misalnya sharing file, printer dll. Jaringan system ini juga biasa disebut workgroup. v Local dan Remote Ø Istilah Local menunjukkan berbagai sumber daya yang ada dalam sebuah komputer baik hardware atau software. Jika komputer tersebut akan mengakses sumber daya yang ada dalam dirinya sendiri, sudah tentu ia tidak mengarungi atau melalui jaringan sehingga disebut sebagai local. Berbagai sumber daya yang yang harus diakses dengan menempuh jaringan terlebih dahulu akan disebut sebgai remote. v Protokol Protokol bila diumpamakan sebagai bahasa untuk berkomunikasi antar komputer misalnya Jika komputer-komputer dalam jaringan diibaratkan kumpulan manusia yang saling berkomunikasi maka tentunya mereka harus tau dan mengerti bahasa yang sama agar dapat berkomunikasi, nah protocol bisa diumpamakan bahasa tersebut. v Network Adapter ( Kartu Jaringan ) Network adapter merupakan perangkat keras yang menerjemahkan sinyal-sinyal jaringan ke bentuk paket data yang dimengerti komputer . Komponen ini disebut card karena umumnya berbentuk card yang harus ditancapkan atau dipasang pada slot PCI atau ISA, tapi untuk jenis mainboard baru sekarang rata-rata sudah memilik onboard Network Adapter.

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya v Repeater, Bridge dan Router Ketiga alat diatas adalah sebuah hardware yang berfungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan. Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal dari sebuah segmen jaringan yang satu ke jaringan yang lainnya. Bridge berfungsi unutk menghubungkan dua buah jaringan yang mempunyai segmen yang sama, selain memperkuat sinyal, bridge juga melakukan transmisi ulang paket data dari computer satu ke computer yang lainnya. Router berfungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan yang memiiliki segmen berbeda. v Gateway Gate way berfungsi sebagai interface sebuah jaringan yang berskala kecil dengan jaringan yang berskala besar, misalnya antara LAN dengan Internet. Gateway juga bisa melakukan translasi protocol antara kedua jaringan tersebut. v Firewall Firewall adalah system kemanan pada sebuah jaringan yang berupa hardware atau software. Tugas Firewall adalah sebagai scurity atau mencegah akses yang tidak berizin masuk kedalam sebuah jaringan.

2. Jenis-Jenis Jaringan Komputer Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu ;

a. Local Area Network (LAN) Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

b. Metropolitan Area Network (MAN) Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya c. Wide Area Network (WAN) Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesinmesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

d. Internet Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda . Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

e. Jaringan Tanpa Kabel Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

3. Topologi Jaringan Komputer Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network . Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

a. Topologi BUS Keuntungan • Hemat kabel • Layout kabel sederhana • Mudah dikembangkan

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya

Kerugian • Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil • Kepadatan lalu lintas • Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi. • Diperlukan repeater untuk jarak jauh

b. Topologi TokenRING Keuntungan • Hemat Kabel

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan computer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan Kerugian • Peka kesalahan • Pengembangan jaringan lebih kaku

c. Topologi STAR Keuntungan • Paling fleksibel • Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain • Kontrol terpusat • Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan • Kemudahaan pengelolaan jaringan

Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server. Kerugian • Boros kabel • Perlu penanganan khusus • Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya d. Topologi Peer-to-peer Network

Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.

Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’, misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipejari dan dipakai.

4. Manfaat Jaringan Komputer Resource Sharing, dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersamasama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan computer mangatasi masalah jarak.

Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.

Menghemat uang. Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan computer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari computer pribadi. Ketidakseimbangan rasio

harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputerkomputer pribadi.

5. Kabel Jaringan Sebelum kita melangkah lebih jauh lagi dan mengkonfigurasi Network pada windows 98 dan XP marilah kita sejenak mempejari tentang kabel jaringan serta cara pemasangan kabel pada terminal UTP.

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya Topologi jaringan, kabel dan Protokol Topologi Jaringan Ring Linear Bus Kabel yang digunakan Fiber Twisted Pair Coaxial Fiber Twisted Pair Fiber Twisted Pair Coaxial Fiber Jenis Protokol Token Ring Ethernet LocalTalk Ethernet LocalTalk Ethernet

Star Tree

a. Type dan Jenis Kabel Setiap jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasinya yang berbeda, Ada dua jenis kabel yang dikenal secara umum, yaitu twisted pair (UTPunshielded twisted pair dan STP shielded twisted pair) dan coaxial cable.

Pemberian kategori 1/2/3/4/5/6 merupakan kategori spesifikasi untuk masing-masing kabel tembaga danjuga untuk jack. Masing-masing merupakan seri revisi atas kualitas kabel, kualitas pembungkusan kabel (isolator) dan juga untuk kualitas “belitan” (twist) masing-masing pasang kabel. Selain itu juga untuk menentukan besaran frekuensi yang bisa lewat pada sarana kabel ersebut, dan juga kualitas isolator sehingga bisa mengurangi efek induksi antar kabel (noise bisa ditekan sedemikian rupa).

Perlu diperhatikan juga, spesifikasi antara CAT5 dan CAT5 enchanced mempunyai standar industri yang sama, namun pada CAT5e sudah dilengkapi dengan insulator untuk mengurangi

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya efek induksi atau electromagnetic interference. Kabel CAT5e bisa digunakan untuk menghubungkan network hingga kecepatan 1Gbps.

Sedangkan untuk coaxial cable, dikenal dua jenis, yaitu thick coaxial cable (mempunyai diameter lumayan besar) dan thin coaxial cable (mempunyai diameter lebih kecil). Thick coaxial cable (Kabel Coaxial “gemuk”) Kabel coaxial jenis ini dispesifikasikan berdasarkan standar IEEE 802.3 10BASE5, dimana kabel ini mempunyai diameter rata-rata 12mm, dan biasanya diberi warna kuning; kabel jenis ini biasa disebut sebagai standard ethernet atau thick Ethernet, atau hanya disingkat ThickNet, atau bahkan cuman disebut sebagai yellow cable. Kabel Coaxial ini (RG-6) jika digunakan dalam jaringan mempunyai spesifikasi dan aturan sebagai berikut: • Setiap ujung harus diterminasi dengan terminator 50-ohm (dianjurkan menggunakan terminator yang sudah dirakit, bukan menggunakan satu buah resistor 50-ohm 1 watt, sebab resistor mempunyai disipasi tegangan yang lumayan lebar). • • • • • • • • Maksimum 3 segment dengan peralatan terhubung ( ttached devices) atau berupa a populated segments. Setiap kartu jaringan mempunyai pemancar tambahan (external transceiver). Setiap segment maksimum berisi 100 perangkat jaringan, termasuk dalam hal ini repeaters. Maksimum panjang kabel per segment adalah 1.640 feet (atau sekitar 500 meter). Maksimum jarak antar segment adalah 4.920 feet (atau sekitar 1500 meter). Setiap segment harus diberi ground. Jarang maksimum antara tap atau pencabang dari kabel utama ke perangkat (device) adalah 16 feet (sekitar 5 meter). Jarang minimum antar tap adalah 8 feet (sekitar 2,5 meter). Thin coaxial cable (Kabel Coaxial “Kurus”)

Kabel coaxial jenis ini banyak dipergunakan di kalangan radio amatir, terutama untuk transceiver yang tidak memerlukan output daya yang besar. Untuk digunakan sebagai perangkat jaringan, kabel coaxial jenis ini harus memenuhi standar IEEE 802.3 10BASE2, dimana diameter rata-rata berkisar 5mm dan biasanya berwarna hitam atau warna gelap lainnya. Setiap perangkat (device) dihubungkan dengan BNC T-connector. Kabel jenis ini juga dikenal sebagai thin Ethernet atau ThinNet. Kabel coaxial jenis ini, misalnya jenis RG-58 A/U atau C/U, jika diimplementasikan dengan TConnector dan terminator dalam sebuah jaringan, harus mengikuti aturan sebagai berikut: Ø Ø

Setiap ujung kabel diberi terminator 50-ohm. Panjang maksimal kabel adalah 1,000 feet (185 meter) per segment.

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya Ø Ø Ø Ø Ø Ø Ø Setiap segment maksimum terkoneksi sebanyak 30 perangkat jaringan (devices) Kartu jaringan cukup menggunakan transceiver yang onboard, tidak perlu tambahan transceiver, kecuali untuk repeater. Maksimum ada 3 segment terhubung satu sama lain (populated segment). Setiap segment sebaiknya dilengkapi dengan satu ground. Panjang minimum antar T-Connector adalah 1,5 feet (0.5 meter). Maksimum panjang kabel dalam satu segment adalah 1,818 feet (555 meter). Setiap segment maksimum mempunyai 30 perangkat terkoneksi.

Connector yang bisa digunakan untuk UTP Cable CAT5 adalah RJ-45.Untuk penggunaan koneksi komputer, dikenal 2 buah tipe penyambungan kabel UTP ini, yaitu straight cable dan crossover cable. Fungsi masing-masing jenis koneksi ini berbeda, straight cable digunakan untuk menghubungkan client ke hub/router, sedangkan crossover cable digunakan untuk menghubungkan client ke client atau dalam kasus tertentu digunakan untuk menghubungkan hub ke hub.

STRAIGHT CABLE Menghubungkan ujung satu dengan ujung lain dengan satu warna, dalam artian ujung nomor satu merupakan ujung nomor dua di ujung lain. Sebenarnya urutan warna dari masing-masing kabel tidak menjadi masalah, namun ada standard secara internasional yang digunakan untuk straight cable ini, yaitu : 1. 2. 3. 4. putih orange orange putih hijau biru

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya 5. 6. 7. 8. putih biru hijau putih colkat coklat

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya

KONFIGURASI / SETTING JARINGAN PADA WINDOWS

1. Konfigurasi Windows 98

Sebelum anda mengkonfigurasi atau mensetting jaringan sebaiknya anda pastikan bahwa Network adapter sudah benar-benar terpasang dan drivernya sudah terinstall dengan benar, anda bisa mengeceknya melalui Start, Setting, Control Panel, System, kemudian klik device manager seperti gambar berikut :

Setelah dipastikan sudah terinstall dengan sempurna, marilah kita sekarang akan melaukan konfigurasi jaringan pada windows 98, klik Start, Setting, Control Panel, Network maka akan muncul gambar menu seperti di bawah ini

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya

Pada menu Configuration pilih TCP/IP-> Realtek ( Nama / Driver Network Adapter ) pada computer Anda. Kemudian klik properties maka akan muncul gambar seperti di bawah ini

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya Setelah memasukkan no IP Address seperti pada gambar di atas klik OK ( ingat pengisian no IP address unutk computer ke dua atau berikutnya tidak boleh sama : Misalnya PC1 no IPnya : 192.168.0.1 Subnet masknya : 255.255.255.0 maka PC 2 atau computer selanjutnya no IP : 192.168.0.2 Subnet Mask 255.255.255.0 begitu seterusnya).

Kembali ke menu Network > klik Identification :

Silahkan isi pada menu kolom “ Computer name “ dan kolom “Workgroup” sesuai dengan kepentingan dan kemauan anda ( ingat pengisian nama pada kolom “ Computer name” tidak boleh sama antara computer satu dengan computer yang lainnya). Setelah selesai klik OK, kemudian computer akan restart.

Setelah selesai restart kita bisa mencoba koneksi computer yang baru saja kita setting, caranya pasang kabel UTP yang telah anda buat ke Network adapter dank e Switch HUB, pastikan kedua lampu led atau indicatornya menyala, neighborhood” pada desktop. kemudian klik 2x icon “ network

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya

kemudian klik dua kali pada “ Entire Network “

Untuk mengetahui siapa saja yang ada dalam workgroup klik dua kalai pada workgroup maka anda akan mengetahui computer berapa yang sedang konek ke jaringan.

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya Pada gambar di atas bisa kita lihat bahwa hanya ada satu yang sedang aktif yaitu computer yang mempunyai nama Pc_master, begitu seterusnya bila ada computer lain yang terpasang / terkoneksi maka dalam kolom tersebut akan bertambah terus.

2. Konfigurasi Windows XP

Langkah-langkah konfigurasi atau settinga jaringan pada windows XP adalah sebagai berikut : Periksalah apakah network adapter sudah terpasang dan terinstall dengan benar pada Komputer anda. Untuk memeriksanya klik kanan pada icon My computer didesktop kemudian pilih properties ( atau bias juga lewat Control Panel > Performance anda Mintenance > System >Hardware > Device Manager >)

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya

Klik Device Manager Maka Akan muncul menu pada gambar di bawah ini !

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya

Pada gambar di atas bis anda lihat bahwa network adapter yang dipakai adalah HP Ethernet, sekarang pastikan pada computer anda juga sudah terinstall.

Setelah anda mengecek dan memastikan bahwa intallasi network adapternya pass dan benar sekarang marilah kita coba seting atau mengkonfigurasi no IP Adress nya caranya sebgai berikut :

Masuklah ke Control Panel >Network and Internet Conections >Network Conections maka akan muncul gambar seperti di bawah ini

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya

Kemudian klik dua kali pada “ Local area conections” maka akan muncul jendela seberti di bawah ini !

kemudian pilih atau klik dua kali pada “ Internet Protokol (TCP IP) “ maka akan muncul jendela menu seperti di bawah ini kemudian isikan No IP sesuai dengan segmen jaringan yang anda bangun, di sini kami menggunakan IP Addres standard misalnya IP address : 192.168.0.1 Subnet Mask : 255.255.255.0 pada Komputer 1 dan IP address : 192.168.0.2 Subnet Mask : 255.255.255.0 pada computer 2 begitu seterusnya, antara computer satu dengna computer lainnya tidak boleh ada Nama dan No IP yang sama karena itu bisa menyebabkan tabarakan alamat atau bisa konflik. Kalau Sudah selesai silahkan tekan OK

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya Setelah selesai mengisikan No IP address berikutnya adalah memberi nama pada komputer dengan cara membuka kembali System Properties > Computer Name > Change

Silahkan masukkan nama computer sesuai keperluan atau yang anda kehendaki, setelah Computer Name diisi kemudian tentukan nama Workgroupnya kalau anda mau mengganti silahkan kalau mau tetap pakai workgroup juga tidak masalah. Setelah selesai klik OK dan computer akan restart.

Anda telah selesai melakukan konfigurasi Jaringan pada Windows XP sekarang untuk mencobanya colokkan kabel utp ( lan yang sudah dibuat ke Network adapter dan ke Switch HUB ) pastikan lampu di Network Adapternya menyala begitu juga pada Switch HUBnya. Setelah semua dipasang sekarang klik dua kali pada icon My Computer > My Network Place > klik View workgroup Computer.

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya Kalau konfigurasi anda benar maka akan muncul nama-nama komputer dalam jaringan yang anda setting, contohnya seperti gambar di bawah ini :

atau

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya

PING Untuk mengetes apakah kabel dan konfigurasi sudah berjalan dengan baik bisa anda gunakan perintah “ ping “ pada DOS Prompt, atau pada menu run.

Misalnya : Anda sedang memasang jaringan yang terdiri dari 5 komputer (komputer 1 s.d 5 ). Pada komputer 1 setting no IP Addresnya 192.168.0.1 dan Subnet Masknya 255.255.255.0, Pada komputer 2 setting no IP Addresnya 192.168.0.2 dan Subnet Masknya 255.255.255.0, Anda sekarang berada di komputer 2, dan anda ingin mengetahui terhubung atau tidak antara komputer 1 dan komputer 2, anda bisa mengeceknya dengan perintah :

PING_NO IP KOMPUTER YANG ANDA INGINKAN

Misalnya : C:\ PING 192.168.0.1 ” Atau Enter

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya

Setelah itu akan muncul menu seperti di bawah ini :

Kemudian,

Kalau hasil ping anda seperti di atas berarti konfigurasi jaringan anda bermasala h atau pemasangan kabel UTP dengan Terminal UTP tidak sempurna. Pastikan Kabel UTP terpasang pada komputer dan Switch HUB dan lampu indicator bernyala keduanya, coba cek sekali lagi setting No. IP

http://www.smarteknologi.info

Pengenalan Jaringan Dan Konfigurasinya

Addresnya, kemudian coba ping lagi, konfigurasi anda sukses apabila hasil ping nya seperti gambar di bawah ini, yaitu Sent = 4, Receive =4 , Lost = 0

DAFTAR PUSTAKA
Ir.Yahya Kurniawan, Kiat Jitu Membangun Jaringan Linux dengan Windows, PT.Elex media Komputindo 2005 Wahyu Kelik,Pengantar Perkabelan dan Jaringan 2003 ( online document www.ilmukomputer.com )

http://www.smarteknologi.info