You are on page 1of 50

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMA 1 LINGKUNGAN HIDUP Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Program Aspek Pembelajaran Standar

Kompetensi Kompetensi Dasar : SMK RADEN UMAR SAID KUDUS : Bahasa Indonesia : X (sepuluh)/1 (satu) : Semua program keahlian : Mendengarkan, menulis, berbicara : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana : Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak Indikator : membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak mencatat lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak dari wacana tulis mengenai lingkungan hidup mengidentifikasi ciri-ciri ragam bahasa baku memberi komentar terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak Alokasi Waktu : 8x45 menit (4 pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: memahami dialog untuk membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak berkaitan dengan lingkungan hidup memberikan catatan terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dari wacana tulis berkaitan dengan lingkungan hidup mengenal ragam bahasa baku mengungkapkan pendapat secara lisan dari wacana lisan yang didengar mengenai lafal, tekanan, intonasi, dan jeda B. Materi Pokok Pembelajaran Membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda Menyimak wacana dialog Mencatat lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dengan berlatih menyimak Mengenal ragam bahasa baku C. Metode Pembelajaran Presentasi Diskusi kelompok Inquiri Tanya jawab Penugasan Demonstrasi/pemeragaan model

D. Kegiatan Pembelajaran

TAHAP PEMBUKA (Apersepsi)

KEGIATAN PEMBELAJARAN Siswa ditanya tentang pelafalan, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda dalam pemakaian bahasa dikaitkan dengan wacana lingkungan hidup. Siswa diminta memahami contoh-contoh pelafalan baku, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Guru mengajak siswa untuk membedakan secara cermat pelafalan, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat yang secara umum ditemukan dalam kehidupan di sekitar siswa.

INTI

Pertemuan ke-1 (90) Siswa diajak mencermati penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat ragam lisan dan tulis. Siswa diajak mengenali lafal baku dalam ragam kalimat. Siswa mempraktikkan pelafalan baku, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda yang tepat dan bervariasi melalui latihan soal. Siswa menyimak rekaman wawancara atau menyimak pembacaan transkrip oleh guru atau menyimak materi rekaman wawancara yang diperagakan oleh dua siswa. Pertemuan ke-2 (90) Siswa berlatih mencatat penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam wacana HBKB di Jakarta: 100% Tak Bebas Kendaraan Bermotor. Siswa mengerjakan soal-soal dalam wacana tersebut mengenai lafal, tekanan, intonasi, dan jeda; pemberian komentar; dan pengungkapan kembali isi wacana dengan bahasa siswa. Pertemuan ke-3 (90) Siswa diarahkan untuk mengenal ciri-ciri dan fungsi ragam bahasa baku lengkap dengan contoh-contohnya. Siswa berlatih memberi komentar mengenai penggunaan ragam bahasa baku dan tidak baku dalam wacana HBKB di Jakarta: 100% Tak Bebas Kendaraan Bermotor dari beberapa cara/teknik membaca yang dipresentasikan temanteman. Pertemuan ke-4 (90) Siswa memperkaya materi pembelajaran dengan mengerjakan soal-soal uji kelompok berupa kerja kelompok mengenai penulisan kembali materi yang disimaknya (rekaman berita dari radio/TV). Siswa menulis kembali/membuat transkrip ragam bahasa yang digunakan dalam rekaman berita. Siswa menganalisis penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang baku dan yang tidak yang terdapat dalam rekaman berita.

PENUTUP (Internalisasi dan refleksi)

Siswa mengerjakan uji keterampilan berbahasa ( Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal.17) sebagai pengayaan dan pendalaman konsep lafal, tekanan, intonasi, dan jeda. Siswa mengevaluasi dan membuat simpulan mengenai penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda.

E. Sumber Belajar - Pustaka rujukan: Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 118 Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 Modul Keterampilan Berbahasa oleh Djaya Tarigan terbitan Universitas Terbuka Press 1997 - Material (CD) - Media cetak dan elektronik: - Narasumber - Model peraga - Lingkungan masyarakat sekitar siswa F. Penilaian TEKNIK DAN BENTUK v v v v v v INSTRUMEN/SOAL Tes Lisan Tes Tertulis Observasi Kinerja/Demontrasi Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio Pengukuran Sikap Penilaian Diri Daftar pertanyaan lisan untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda. Daftar permasalahan/kasus-kasus penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam wacana tulis dan lisan untuk menyatakan sikap kebahasaan. Uji mandiri dan uji kelompok untuk pendalaman materi. Uji keterampilan berbahasa untuk mengukur pemahaman siswa mengenai teori penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda. RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Blangko observasi kinerja yang berisikan tanggapan penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda (terlampir di bawah).

FORMAT OBSERVASI DAN PENILAIAN MENYIMAK NAMA KELAS/NO. ABS TANGGAL PENILAIAN KOMPETENSI DASAR No. 1. Nama : : : : Menyimak lafal, tekanan, intonasi, dan jeda Aspek Ragam yang digunakan Lafal Tekanan Intonasi Jeda Ragam yang digunakan Lafal Tekanan Intonasi Jeda Ragam yang digunakan Lafal Tekanan Intonasi Jeda Ragam yang digunakan Lafal Tekanan Intonasi Jeda Komentar

2.

3.

dst.

Mengetahui, Kepala Sekolah

Kudus, 13 Juli 2009 Guru mata diklat

ANIEF FARIZI.S.Pd..

Drs. ALI RIDLO NIP 19631209.199003.1.006

TEMA 2 PERDAGANGAN Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Program Aspek Pembelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : SMK RADEN UMAR SAID KUDUS : Bahasa Indonesia : X (sepuluh)/1 (satu) : Semua program keahlian : Mendengarkan, menulis, berbicara, membaca : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana : Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat Indikator : membedakan sumber informasi mengidentifikasi isi rekamanMampu mencatat isi pokok informasi dari naskah drama mengidentifikasi ciri-ciri informasi yang menyatakan proses dan hasil membedakan ragam bahasa lisan berkaitan dengan perdagangan menuliskan kembali kriteria informasi yang menyatakan proses dan hasil membedakan proses dan hasil dengan memperhatikan ciri penanda kata/kalimat berkaitan dengan bidang perdagangan mengidentifikasi ciri-ciri ragam bahasa lisan berkaitan dengan perdagangan megungkapkan kembali hasil simakan Alokasi Waktu : 8x45 menit (4 pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: Memahami sumber-sumber informasi berkaitan dengan bidang perdagangan Mendengarkan rekaman berita untuk memahami informasi Memberikan catatan mengenai isi informasi dari naskah drama Memberikan komentar terhadap isi sumber informasi yang menyatakan proses dan hasil Mengenal ragam bahasa lisan Memahami informasi yang menyatakan proses/hasil dari wacana mengenai perdagangan Menyimak wacana tulis mengenai perdagangan secara efektif B. Materi Pokok Pembelajaran Mengenal informasi lisan sebagai sumber informasi Menyimak rekaman berita Mencatat isi pokok informasi dan uraian lisan yang bersifat faktual, spesifik, dan rinci Memahami informasi yang menyatakan proses dan hasil Memahami ragam bahasa Berlatih menyimak wacana secara efektif C. Metode Pembelajaran Presentasi Diskusi kelompok Inquiri Tanya jawab Penugasan Demonstrasi/pemeragaan model D. Kegiatan Pembelajaran

TAHAP PEMBUKA (Apersepsi)

KEGIATAN PEMBELAJARAN Guru menanyakan kepada siswa mengenai informasi lisan yang dapat dijadikan sumber informasi. Siswa diajak untuk mengenali sumber-sumber informasi dari lingkungan sekitarnya. Siswa diminta memperhatikan ragam bahasa yang digunakan di lingkungan sekitar. Siswa diminta mencermati informasi-informasi yang ada di sekitar dengan cara menyimak efektif.

INTI

Pertemuan ke-1 (90) Siswa mengenal bentuk-bentuk informasi lisan di lingkungan sekitar. Siswa berlatih menyimak rekaman berita mengenai perdagangan. Siswa mengerjakan Uji Mandiri dan Uji Kelompok (Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal. 22-23) untuk mendalami konsep informasi lisan sebagai sumber informasi. Pertemuan ke-2 (90) Siswa mencatat isi pokok informasi dan mengidentifikasinya ke dalam peristiwa, fenomena, gagasan, khayalan, dan harapan. Siswa berdiskusi mengenai unsur intrinsik drama dan melakoninya. Siswa mengerjakan Uji Mandiri dan Uji Kelompok (Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal. 32) untuk lebih memahami informasi yang menyatakan proses dan hasil. Pertemuan ke-3 (90) Siswa memahami variasi kebahasaan dengan membaca konsep-konsep ragam bahasa. Siswa mendaftar istilah-istilah asing yang terdapat pada berita dan memaknainya dengan cara membuka kamus. Siswa berdiskusi kelompok untuk menganalisis wacana yang berbeda yang menunjukkan keragaman/variasi berbahasa. Pertemuan ke-4 (90)

Siswa mengenali tata cara proses menyimak secara efektif. Siswa berlatih menyimak wacana secara efektif. Wacana dapat dibaca atau diperdengarkan dengan menutup buku. Siswa memahami isi wacana/hasil simakan dengan mengerjakan latihan soal yang tersedia. Siswa memberi komentar kepada siswa lain atas pemahaman wacana yang ada sehingga proses penyimakan semakin efektif. PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa (Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 41) untuk lebih mendalami materi yang tersaji berkenaan dengan pemahaman informasi lisan dalam konteks bermasyarakat.

E. Sumber Belajar - Pustaka rujukan: Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 1942 Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 - Buku Bahasa Indonesia BSE Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 - Material (CD) - Media cetak dan elektronik - Naskah drama - Narasumber - Model peraga - Lingkungan sekitar siswa

F. Penilaian v v v TEKNIK DAN BENTUK v v INSTRUMEN/SOAL Tes Lisan Tes Tertulis Observasi Kinerja/Demontrasi Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio Pengukuran Sikap Penilaian Diri Sejumlah soal Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi. Sejumlah daftar pertanyaan yang membantu siswa untuk menganalisis informasi-informasi yang beragam. Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk melakonkan naskah drama. Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar. RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Blangko observasi kinerja melakonkan drama (terlampir di bawah).

FORMAT OBSERVASI DAN PENILAIAN KOMUNIKASI LISAN (MELAKONKAN NASKAH DRAMA) NAMA KELAS/NO. ABS TANGGAL PENILAIAN KOMPETENSI DASAR : : : : Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat NILAI ASPEK RINCIAN KURANG D (3) ISI Ketepatan mimik/kinetik Penampilan tokoh Sesuai alokasi waktu Penampilan awal Kelengkapan topik Kesesuaian naskah Ketepatan ending cerita Kalimat efektif dan komunikatif Diksi tepat, khusus, variatif, baku Struktur kalimat tepat dan baku Artikulasi dan intonasi tepat Bergaya bahasa/kiasan Tatapan mata merata dan teratur Mimik penuh ekspresif Percaya diri Performa penampilan kelompok CUKUP C (5) BAIK B (7) AMAT BAIK A (9)

SISTEMATIKA

BAHASA

ETIKA DAN EKSPRESI

JUMLAH SKOR Kudus, 13 Juli 2009 Guru mata diklat

Mengetahui, Kepala Sekolah

ANIEF FARIZI, S.Pd.

Drs. ALI RIDLO NIP 19631209.199003.1.006

TEMA 3 OLAH RAGA DAN KESEHATAN Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Program Aspek Pembelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : SMK RADEN UMAR SAID KUDUS : Bahasa Indonesia : X (sepuluh)/1 (satu) : Semua program keahlian : Membaca, menulis, berbicara : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana : Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat Indikator : mengidentifikasi kriteria membaca cepat permulaan membedakan teknik skimming dan scanning mencari makna kata dalam kamus sesuai kebutuhan membaca kamus secara efektif mencatat isi pokok informasi spesifik dan rinci berkaitan dengan olah raga dan kesehatan memahami makna kata dan penggunaannya Alokasi Waktu : 8x45 menit (4 pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: Mengenal teknik-teknik membaca cepat permulaan berkaitan dengan olah raga dan kesehatan Mempraktikkan teknik membaca cepat lanjutan dengan teknik skimming dan scanning Menguasai penggunaan kamus sebagai sumber informasi Memberikan catatan terhadap pokok-pokok isi wacana berkaitan dengan olah raga dan kesehatan Memahami makna kata dan penggunaannya secara lisan B. Materi Pokok Pembelajaran Mengenal teknik membaca cepat permulaan Membaca cepat lanjutan dengan teknik skimming dan scanning Pemanfaatan kamus Mencatat pokok-pokok informasi dalam wacana Makna kata dan penggunaannya C. Metode Pembelajaran Presentasi Diskusi kelompok Inquiri Tanya jawab Penugasan Demonstrasi/pemeragaan model D. Kegiatan Pembelajaran TAHAP PEMBUKA KEGIATAN PEMBELAJARAN Siswa diajak untuk mengungkapkan pengalamannya tentang kebiasaan membaca.

(Apersepsi)

Siswa ditanya mengenai pengalamannya memanfaatkan kamus dalam mempermudah belajar bahasa. Guru mengoreksi jawaban lisan siswa kebiasaan membaca yang seharusnya. mengenai

Siswa diminta memahami konsep membaca cepat dan langkah-langkahnya. INTI Pertemuan ke-1 (90) Siswa memahami konsep membaca cepat permulaan. Siswa mengidentifikasi kebiasaan membaca dilakukan dengan konsep membaca cepat seharusnya dilakukan. yang yang

Siswa mempraktikkan konsep membaca cepat permulaan dengan wacana yang berjudul Diet dan Olah Raga bagi Penderita Diabetes. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan wacana yang telah dibaca Pertemuan ke-2 (90) Siswa memahami konsep membaca cepat dengan teknik skimming dan scanning. Siswa memahami kunci keberhasilan membaca cepat dengan teknik skimming dan scanning. Siswa melanjutkan praktik membaca cepat dengan teknik skimming dan scanning dalam Uji Mandiri (Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 51) Siswa berlatih menghitung kecepatan membaca dengan rumus tertentu. Siswa mengerjakan soal pemahaman membaca cepat untuk megetahui kemampuan/daya serap membaca. Pertemuan ke-3 (90)

Siswa memahami cara-cara menggunakan kamus yang efektif. Siswa berlatih membaca kamus secara cermat. Siswa menggunakan kamus sebagai sumber informasi yang membantu mencari makna kata yang tidak diketahui sebelumnya. Siswa mengerjakan soal-soal Uji Mandiri (Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 55) untuk mempraktikkan pemanfaatan kamus. Siswa memahami cara membuat teknik simak catat Siswa berlatih menggunakan teknik simak catat dengan mengerjakan Uji Mandiri dan Uji Kelompok (Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 56-57) Siswa berkelompok mencari informasi mengenai perkembangan prestasi olahraga di daerah masing-masing dan melaporkan hasilnya Pertemuan ke-4 (90) Siswa memahami konsep makna gramatikal dan contoh-contohnya. kata leksikal dan

Siswa memahami makna kata leksikal dan gramatikal dalam konteks kalimat. Siswa mengidentifikasi maknanya. deretan kata-kata berdasarkan

Siswa berlatih menafsirkan makna dan menggunakannya dalam kalimat melalui latihan soal. PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa untuk lebih mendalami materi yang tersaji berkenaan dengan pemahaman informasi lisan dalam konteks bermasyarakat.

E. Sumber Belajar - Pustaka rujukan: Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 4364 Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 Bahasa Indonesia SMK (BSE) Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 Diksi dan Gaya Bahasa karya Gorys Keraf terbitan Gramedia, 2006 Modul Leksikologi dan Leksikografi FIB UI - Media cetak dan elektronik - Narasumber

- Model peraga - Lingkungan siswa F. Penilaian v v TEKNIK DAN BENTUK v V V Tes Lisan Tes Tertulis Observasi Kinerja/Demontrasi Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio Pengukuran Sikap Penilaian Diri

Sejumlah soal Uji Mandiri untuk lebih memahami materi. INSTRUMEN/SOAL Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang menunjukkan hasil membaca. Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mencari makna kata-kata dalam kamus. Tugas mewawancarai tokoh dan membuat laporan wawancara untuk dikumpulkan sebagai portofolio. Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar. RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik penilaian tugas menulis dan mempresentasikan hasil wawancara (terlampir di bawah).

RUBRIK PENILAIAN MENULIS DAN MEMPRESENTASIKAN INFORMASI /HASIL WAWANCARA NAMA KELAS/NO. ABS TANGGAL PENILAIAN KOMPETENSI DASAR : : : : Menulis laporan dan mempresentasikannya NILAI ASPEK RINCIAN KURANG D (3) Selaras dengan tema Mengandung pesan aktual Sesuai dengan jenisnya Utuh dan tuntas SIFAT Penyampaian LAPORAN/ Informasi menarik TUGAS HASIL Tidak terlepas dari WAWANCARA isi Mencerminkan perbendaharaan DIKSI DAN kata yang kaya GAYA Menggunakan kata BAHASA lugas dan proporsional STRUKTUR Terpola secara LAPORAN teratur Unsur lengkap memenuhi pembukaan, isi, penutup Penyampaian runtut KOMENTAR Kekurangan Kelebihan JUMLAH SKOR ISI CUKUP C (5) BAIK B (7) AMAT BAIK A (9)

Mengetahui, Kepala Sekolah

Kudus, 13 Juli 2009 Guru mata diklat

ANIEF FARIZI, S.Pd.

Drs. ALI RIDLO NIP 19631209.199003.1.006

TEMA 4 TEKNOLOGI KOMUNIKASI Nama Sekolah : SMK RADEN UMAR SAID KUDUS Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu) Program : Semua program keahlian Aspek Pembelajaran : Membaca, menulis Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana Kompetensi Dasar : Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks Indikator : membedakan jenis-jenis karangan yang meliputi narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi membuat contoh fakta, opini, dan menyimpulkannya mengungkapkan informasi yang telah dibaca dengan bahasa sendiri membaca informasi verbal dan nonverbal secara tepat mengungkapkan kembali teknik membuat simpulan dari wacana yang tersedia Alokasi Waktu : 8x45 menit (4 pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: Mengenal jenis-jenis karangan dari wacana tulis berkaitan dengan teknologi komunikasi Memahami fakta dan opini dari berbagai wacana tulis berkaitan dengan teknologi komunikasi Mengungkapkan pendapat dari informasi yang dibaca berkaitan dengan teknologi komunikasi Mengenal dan mengubah informasi verbal dan nonverbal Mengetahui teknik membuat simpulan dan mampu membuatnya dari wacana yang berkaitan dengan teknologi komunikasi B. Materi Pokok Pembelajaran Membedakan jenis-jenis karangan Memilih fakta, opini, dan menyimpulkannya Mengungkapkan kembali informasi yang telah dibaca Mengomunikasikan informasi nonverbal ke dalam informasi verbal dan sebaliknya Teknik membuat simpulan induktif dan deduktif C. Metode Pembelajaran Presentasi Diskusi kelompok Inquiri Tanya jawab Penugasan Demonstrasi/pemeragaan model

D. Kegiatan Pembelajaran TAHAP PEMBUKA (Apersepsi) KEGIATAN PEMBELAJARAN Guru menanyakan kepada siswa mengenai jenis-jenis karangan. Siswa diajak memahami fakta dan opini. Siswa dipandu mengubah informasi verbal ke dalam informasi nonverbal atau sebaliknya. Siswa diminta memahami pembuatan simpulan. INTI Pertemuan ke-1 (90) Siswa memahami konsep jenis-jenis karangan yang meliputi narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi lengkap dengan contoh-contohnya. Siswa mencermati wacana yang menyatakan fakta dan opini. Siswa menunjukkan contoh-contoh fakta dan opini dalam wacana Multimedia Strategi Masa Depan. Siswa mengungkapkan kembali informasi yang telah dibaca dengan bahasa sendiri melalui sajian wacana Teknologi Komunikasi Tanpa Kabel. Pertemuan ke-2 (90) Siswa bersama-sama memahami konsep informasi verbal dan nonverbal lengkap dengan contoh-contohnya. Siswa berlatih mengubah informasi verbal ke dalam informasi nonverbal atau sebaliknya. Siswa mengomentari hasil kerja siswa lainnya mengenai pengubahan informasi verbal ke dalam informasi nonverbal atau sebaliknya. Pertemuan ke-3 (90) Siswa memahami teknik membuat simpulan deduktif and induktif melalui wacana Kita pun Dapat Menjadi James Bond ataupun Batman. Siswa berlatih membuat simpulan dengan teknik menyimpulkan secara deduktif dan induktif. Siswa berdiskusi kelompok untuk menganalisis wacana yang berbeda yang menunjukkan keragaman/variasi berbahasa/kultur masyarakat sekitar. PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa (Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 80-82) untuk lebih mendalami materi yang tersaji berkenaan dengan pemahaman informasi tulis dalam berbagai konteks.

E. Sumber Belajar - Pustaka rujukan:

Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 65-82 Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 Bahasa Indonesia BSE - Media cetak dan elektronik - Website Internet - Narasumber - Model peraga - Lingkungan siswa F. Penilaian V V V TEKNIK DAN BENTUK V V V INSTRUMEN/SOAL Tes Lisan Tes Tertulis Observasi Kinerja/Demontrasi Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio Pengukuran Sikap Penilaian Diri Sejumlah soal Uji Mandiri untuk lebih memahami materi. Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi kepada jenis-jenis karangan. Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi fakta dan opini. Sejumlah soal untuk mengaplikasikan pengubahan informasi dari verbal ke nonverbal atau sebaliknya. Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar. RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Penilaian tugas menulis

Mengetahui, Kepala Sekolah

Kudus, 13 Juli 2009 Guru mata diklat

ANIEF FARIZI, S.Pd.

Drs. ALI RIDLO NIP 19631209.199003.1.006

TEMA 5 PENDIDIKAN Nama Sekolah : SMK RADEN UMAR SAID KUDUS Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu) Program : Semua program keahlian Aspek Pembelajaran : Berbicara, mendengarkan Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana Kompetensi Dasar : Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat Indikator : mengidentifikasi bunyi-bunyi artikulasi dalam membawakan acara mencatat kesalahan pelafalan bahasa Indonesia dalam ragam lisan Alokasi Waktu : 4x45 menit (2 pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: Mengenal dan mampu mengucapkan kata dengan artikulasi yang jelas dan lancar dalam membawakan acara atau seminar Mencatat kesalahan-kesalahan pelafalan bahasa Indonesia baku dari wacana lisan yang berkaitan dengan pendidikan B. Materi Pokok Pembelajaran Melafalkan kata secara benar dan lancar dalam membawakan acara Memperbaiki penggunaan bahasa Indonesia yang terpengaruh bahasa daerah/asing C. Metode Pembelajaran Presentasi Diskusi kelompok Inquiri Tanya jawab Penugasan Demonstrasi/pemeragaan model D. Kegiatan Pembelajaran TAHAP PEMBUKA (Apersepsi) KEGIATAN PEMBELAJARAN Guru menanyakan kepada siswa mengenai pengalaman menjadi pembawa acara. Siswa diajak mencermati penggunaan bahasa pembawa acara. Siswa diajak moderator. INTI menganalisis penggunaan bahasa

Pertemuan ke-1 (90)

Siswa diperdengarkan pembawaan acara dalam pidato, kemudian menganalisis penggunaan bahasanya mengenai pengulangan kata, penggunaan kata asing yang tidak tepat, tempo bicara, dan artikulasi yang tepat. Siswa berlatih membuat susunan acara sebuah kegiatan, kemudian memraktekkannya. Siswa praktek menjadi pembawa acara. Pertemuan ke-2 (90) Siswa mendengarkan pembicaraan/rekaman berita Ciptakan Proses Kreatif Guru, kemudian menganalisis pengucapannya/artikulasi. Siswa mengerjakan Uji Mandiri (Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 88) untuk memperdalam materi. Secara berkelompok, siswa mengamati penggunaan bahasa pembawa acara dan penyaji sebuah seminar, kemudian mendeskripsikannya. PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa (Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 90-92) untuk lebih mendalami materi yang tersaji berkenaan dengan penggunaan artikulasi.

E. Sumber Belajar - Pustaka rujukan: Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 83-92 Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 - Material (CD) - Media cetak dan elektronik: - Website Internet - Narasumber - Model peraga - Lingkungan siswa F. Penilaian v v v TEKNIK DAN BENTUK v v v Tes Lisan Tes Tertulis Observasi Kinerja/Demontrasi Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio Pengukuran Sikap Penilaian Diri

Sejumlah soal Uji Mandiri untuk lebih memahami materi. INSTRUMEN/SOAL Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi penggunaan artikulasi dalam pembicaraan. Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan artikulasi dalam ragam lisan. Sejumlah soal untuk menganalisis penggunaan bahasa. Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar. RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik penilaian tugas menulis dan mempresentasikan hasil wawancara (terlampir di bawah).

RUBRIK PENILAIAN DISKUSI KELAS (PRAKTIK BERBICARA) NAMA : KELAS/NO. ABS : TANGGAL PENILAIAN : KOMPETENSI DASAR : Menerapkan penggunaan artikulasi dalam ragam berbicara NILAI ASPEK RINCIAN KURAN G D (3) ISI Selaras dengan tema Mengandung pesan aktual Sesuai dengan jenisnya Utuh dan tuntas Orisinal dan kreatif Mencerminkan wawasan pendidikan Keterkaitan tugas dengan isi Mencerminkan perbendaharaan kata yang kaya Bervariatif dan sesuai konteks Menggunakan kata lugas dan proporsional Kesalahan-kesalahan pengucapan Terpola secara teratur Unsur lengkap memenuhi pembukaan, isi, penutup Penyampaian runtut Kekurangan Kelebihan JUMLAH SKOR CUKUP C (5) BAIK B (7) AMAT BAIK A (9)

PENGGUNAA N BAHASA LAPORAN

DIKSI DAN GAYA BAHASA

STRUKTUR LAPORAN

KOMENTAR

Kudus, 13 Juli 2009

Mengetahui, Kepala Sekolah

Guru mata diklat

ANIEF FARIZI, S.Pd.

Drs. ALI RIDLO NIP 19631209.199003.1.006

TEMA 6 WISATA Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Program Aspek Pembelajaran Standar Kompetensi tingkat semenjana Kompetensi Dasar Indikator : SMK RADEN UMAR SAID KUDUS : Bahasa Indonesia : X (sepuluh)/1 (satu) : Semua program keahlian : Berbicara, menulis : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara : Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat :

mengidentifikasi bentuk-bentuk kata dan ungkapan dalam kalimat mengidentifikasi sinonim dan menggunakannya dalam kalimat
: 6x45 menit (3 pertemuan)

Alokasi Waktu A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat:

Menggunakan kata-kata dan ungkapan secara lisan yang sesuai dengan situasi yang berkaitan dengan wacana wisata. Mencatat kesalahan-kesalahan pelafalan bahasa Indonesia baku dari wacana lisan yang berkaitan dengan wisata
B. Materi Pokok Pembelajaran

Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat Memanfaatkan sinonim dan parafrasa

C. Metode Pembelajaran Presentasi Diskusi kelompok Inquiri Tanya jawab Penugasan Demonstrasi/pemeragaan model D. Kegiatan Pembelajaran TAHAP PEMBUKA (Apersepsi) KEGIATAN PEMBELAJARAN Guru menanyakan siswa mengenai penggunaan kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat. Siswa diajak mencermati penggunaan bahasa yang

mencakup sinonim. Siswa menganalisis penggunaan bahasa mitra bicara. INTI Pertemuan ke-1 (90) Siswa dikenalkan bentuk-bentuk kata yang tepat dalam bahasa Indonesia. Siswa berlatih menggunakan bentuk kata dan ungkapan yang efektif. Siswa mendeskripsikan berbahasa. Pertemuan ke-2 (90) Siswa memperhatikan contoh-contoh penggunaan bahasa dengan memperhatikan struktur kalimatnya. Siswa mencatat bentuk-bentuk kata baru yang ditemukan dalam wacana. Siswa membuat daftar penggunaan kata, bentuk kata, dan ungkapan dalam kalimat yang tepat. Pertemuan ke-3 (90) Siswa memahami konsep sinonim dan parafrasa beserta contoh-contohnya. Siswa mengaplikasikan sinonim dan parafrasa dalam kalimat. Siswa berkelompok menyimak berita TV atau radio selanjutnya mengubah berita itu dengan parafrasa. Siswa berkelompok untuk berdiskusi dalam menjawab soal-soal. PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa (Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 103-104) untuk mempelajari ulang materi yang telah disajikan. hasil analisis kesalahan

E. Sumber Belajar - Pustaka rujukan: Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 93-104 Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 Bahasa Indonesia (BSE) - Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 - Media cetak dan elektronik - Website Internet - Narasumber

- Model peraga - Lingkungan siswa

F. Penilaian v v v TEKNIK DAN BENTUK v v v INSTRUMEN/SOAL Tes Lisan Tes Tertulis Observasi Kinerja/Demontrasi Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio Pengukuran Sikap Penilaian Diri Sejumlah soal Uji Mandiri untuk lebih memahami materi. Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi pada penggunaan sinonim dan parafrasa. Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi sinonim dan memparafrasakan tuturan. Sejumlah soal untuk menganalisis penggunaan bahasa. Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar. RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik penilaian tugas membuat parafrasa dan mempresentasikan di depan teman-teman (terlampir di bawah).

RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI TUGAS NAMA KELAS/NO. ABS TANGGAL PENILAIAN KOMPETENSI DASAR : : : : Menggunakan bentuk kata dan ungkapan yang tepat dalam ragam berita NILAI ASPEK RINCIAN KURAN G D (3) ISI Selaras dengan tema Mengandung pesan actual Sesuai dengan jenisnya Utuh dan tuntas Orisinal dan kreatif Keterkaitan tugas dengan isi Mencerminkan penggunaan ragam baku Bervariatif dan sesuai konteks Pemilihan kata, bentuk kata, dan ungkapan Terpola secara teratur Unsur lengkap memenuhi pembukaan, isi, penutup Penyampaian runtut Selaras Tidak selaras CUKUP C (5) BAIK B (7) AMAT BAIK A (9)

PENGGUNAAN BAHASA BERITA DIKSI DAN GAYA BAHASA

STRUKTUR BERITA

KOMENTAR

JUMLAH SKOR

Mengetahui, Kepala Sekolah

Kudus, 13 Juli 2009 Guru mata diklat

ANIEF FARIZI, S.Pd.

Drs. ALI RIDLO NIP 19631209.199003.1.006

TEMA 7 PASAR Nama Sekolah : SMK RADEN UMAR SAID KUDUS Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : X (sepuluh)/2 (dua) Program : Semua program keahlian Aspek Pembelajaran : Menulis, berbicara Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana Kompetensi Dasar : Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun Indikator : mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif dan menggunakannya mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang santun dan menggunakannya Alokasi Waktu : 6x45 menit (3 pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: Memberikan catatan terhadap penggunaan kalimat yang komunikatif dari wacana tulis berkaitan dengan pasar Memahami dan menggunakan kalimat yang cermat dan santun pada teks pidato dan wawancara B. Materi Pokok Pembelajaran Menggunakan kalimat yang komunikatif Menggunakan kalimat yang cermat dan santun C. Metode Pembelajaran Presentasi Diskusi kelompok Inquari Tanya jawab Penugasan Demonstrasi/pemeragaan model D. Kegiatan Pembelajaran TAHAP PEMBUKA KEGIATAN PEMBELAJARAN Guru bertanya kepada siswa mengenai kebiasaan

(Apersepsi)

menuangkan ide dengan kalimat komunikatif. Siswa diajak mencermati penggunaan bahasa dalam menuangkan ide/gagasan. Siswa diajak menganalisis penggunaan kaidah dalam berbahasa.

INTI

Pertemuan ke-1 (90) Siswa memahami konsep penggunaan kalimat yang komunikatif lengkap dengan contoh. Siswa berlatih menganalisis penggunaan kalimat yang komunikatif. Siswa membuat daftar kalimat dari wacana yang bersifat komunikatif. Pertemuan ke-2 (90) Siswa berkelompok mendengarkan pembicaraan/rekaman berita radio/TV dengan memperhatikan penggunaan kalimat yang komunikatif. Siswa mendaftar kalimat-kalimat yang komunikatif. Siswa mencatat penggunaan kalimat-kalimat yang tidak komunikatif dan membenarkannya. Pertemuan ke-3 (90) Siswa memahami konsep penggunaan kalimat yang baik, cermat , dan santun. Siswa menggunakan kalimat yang baik, cermat, dan santun. Siswa memperagakan berwawancara menggunakan kalimat yang baik, cermat, dan santun; menyimpulkannya dengan kalimat yang baik, cermat, dan santun pula.

PENUTUP (internalisasi dan refleksi)

Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa (Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 114-115) untuk memahami ulang konsep-konsep pembelajaran sebelumnya.

E. Sumber Belajar - Pustaka rujukan: Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 105116 Bahasa Indonesia (BSE) Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 - Media cetak dan elektronik: - Website Internet

- Narasumber - Model peraga - Lingkungan siswa

F. Penilaian V V v TEKNIK DAN BENTUK v v v INSTRUMEN/SOAL Tes Lisan Tes Tertulis Observasi Kinerja/Demontrasi Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio Pengukuran Sikap Penilaian Diri Sejumlah soal Uji Mandiri untuk lebih memahami materi. Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi pada penggunaan kalimat komunikatif dan kalimat baik, cermat, dan santun. Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan kalimat yang komunikatif dan santun. Sejumlah soal untuk menganalisis penggunaan bahasa. Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar. RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik penilaian tugas menulis dan mempresentasikan hasil wawancara (terlampir di bawah).

RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI / PENYAJIAN INFORMASI (WAWANCARA) NAMA KELAS/NO. ABS TANGGAL PENILAIAN KOMPETENSI DASAR : : : : Menggunakan kalimat yang tepat dan santun NILAI ASPEK RINCIAN Selaras dengan tema Mengandung pesan aktual Sesuai dengn jenisnya Utuh dan tuntas Orisinal dan kreatif Kesantunan Kecermatan penggunaan kalimat Mencerminkan perbendaharaan kata yang kaya Bervariatif dan sesuai konteks Menggunakan kata lugas dan proporsional Terpola secara teratur Unsur lengkap memenuhi pembukaan, isi, penutup Penyampaian runtut Kekurangan Kelebihan KURANG D (3) ISI CUKUP C (5) BAIK B (7) AMAT BAIK A (9)

PENGGUNAAN BAHASA WAWANCARA

STRUKTUR LAPORAN

KOMENTAR

JUMLAH SKOR

Mengetahui,

Kudus, 13 Juli 2009 Guru mata diklat

Kepala Sekolah

ANIEF FARIZI, S.Pd.

Drs. ALI RIDLO NIP 19631209.199003.1.006

TEMA 8 SENI BUDAYA Nama Sekolah : SMK RADEN UMAR SAID KUDUS Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : X (sepuluh)/2 (dua) Program : Semua program keahlian Aspek Pembelajaran : Membaca, berbicara Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana Kompetensi Dasar : Mengucapkan kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar Indikator : mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif dalam ragam tulis mengungkapkan ide dalam lirik lagu melafalkan pidato tanpa gugup dan gagap Alokasi Waktu : 6x45 menit (3 pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: Memahami bentuk kalimat efektif pada wacana Menggunakan kalimat efektif pada wacana tulis Membuat lirik lagu dan pidato dengan kalimat yang tepat Mengucapkan secara lisan pidato dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar B. Materi Pokok Pembelajaran Menggunakan pola tekanan kalimat efektif Membaca Lirik lagu dan Pidato dengan kalimat yang tepat C. Metode Pembelajaran Presentasi Diskusi kelompok Inquari Tanya jawab Penugasan Demonstrasi/pemeragaan model D. Kegiatan Pembelajaran TAHAP PEMBUKA (Apersepsi) KEGIATAN PEMBELAJARAN Guru bertanya kepada siswa mengenai kebiasaan menuangkan ide dengan kalimat efektif.

Siswa diajak mencermati penggunaan bahasa dalam menuangkan ide/gagasan. Siswa diajak menganalisis penggunaan kaidah dalam berbahasa. INTI Pertemuan ke-1 (90) Siswa memahami konsep penggunaan kalimat yang efektif lengkap dengan contohnya. Siswa berlatih menganalisis penggunaan kalimat yang efektif. Siswa mengerjakan Uji Mandiri (Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 124-126). Pertemuan ke-2 (90) Siswa memahami lirik lagu dan pidato efektif. Siswa membaca lirik lagu Jalan Cahaya pidato sekaligus menafsirkannya. dan naskah

Siswa mengerjakan Uji Mandiri (Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, 128) untuk lebih mendalami materi. Pertemuan ke-3 (90) Siswa berkelompok membuat sebuah naskah lagu dan sebuah pidato yang bertema Seni Budaya. Siswa mempresentasikan lagu dan pidato di depan teman-teman. Sebagian siswa memberi komentar terhadap pekerjaan temannya. PENUTUP (Internalisasi dan Refleksi) Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa ( Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 131-132) untuk mengingat kembali materi yang tersaji dalam tema ini.

E. Sumber Belajar - Pustaka rujukan: Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 117132 Bahasa Indonesia (BSE) Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 - Material (CD) - Media cetak dan elektronik:

- Website Internet - Narasumber - Model peraga: siswa - Lingkungan siswa F. Penilaian v v v TEKNIK DAN BENTUK v v v INSTRUMEN/SOAL Tes Lisan Tes Tertulis Observasi Kinerja/Demontrasi Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio Pengukuran Sikap Penilaian Diri Sejumlah soal Uji Mandiri untuk lebih memahami materi. Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi pada penggunaan kalimat komunikatif dan kalimat baik, cermat, dan santun. Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan kalimat yang komunikatif dan santun. Sejumlah soal untuk menganalisis penggunaan bahasa. Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar. RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik penilaian tugas menulis dan mempresentasikan lirik lagu (terlampir di bawah).

RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI / PENYAJIAN LIRIK LAGU NAMA KELAS/NO. ABS TANGGAL PENILAIAN KOMPETENSI DASAR : : : : Mengucapkan kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar NILAI ASPEK RINCIAN KURANG D (3) ISI Selaras dengan tema Mengandung pesan actual Sesuai dengn jenisnya Utuh dan tuntas Orisinal dan kreatif Instrumen alat musik pendukung Mencerminkan perbendaharaan kata yang kaya Bergaya bahasa secara variatif Terpola secara teratur Kekurangan Kelebihan CUKUP C (5) BAIK B (7) AMAT BAIK A (9)

PENGGUNAAN BAHASA PIDATO DIKSI DAN GAYA BAHASA

STRUKTUR LIRIK LAGU KOMENTAR

JUMLAH SKOR

Mengetahui, Kepala Sekolah

Kudus, 13 Juli 2009 Guru mata diklat

ANIEF FARIZI, S.Pd.

Drs. ALI RIDLO NIP 19631209.199003.1.006

TEMA 9 TEKNOLOGI Nama Sekolah : SMK RADEN UMAR SAID KUDUS Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : X (sepuluh)/2 (dua) Program : Semua program keahlian Aspek Pembelajaran : Membaca, berbicara Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana Kompetensi Dasar : Menulis dengan memanfaatkan kategori/kelas kata wajar Indikator : mengidentifikasi ciri-ciri kelas kata dan bentuk kata dalam bahasa Indonesia menulis kalimat dengan memperhatikan kelas kata mengungkapkan ide dalam bentuk cerita pendek. Alokasi Waktu : 6x45 menit (3 pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: Memahami wacana untuk mencatat kelas kata dan bentuk kata dalam bahasa Indonesia Membuat kalimat dengan memperhatikan penggunaan kelas kata dan bentuk kata Menulis cerita sederhana mengenai pengalaman hidup dengan memperhatikan kelas kata dan bentuk kata B. Materi Pokok Pembelajaran Mengenal kategori/kelas kata dan bentuk kata dalam bahasa Indonesia Menggunakan kelas kata dan bentuk kata dalam menulis cerita sederhana C. Metode Pembelajaran Presentasi Diskusi kelompok Inquiri Tanya jawab Penugasan Demonstrasi/pemeragaan model D. Kegiatan Pembelajaran TAHAP PEMBUKA (Apersepsi) INTI KEGIATAN PEMBELAJARAN Siswa ditanya mengenai kelas kata secara acak. Siswa diajak memperhatikan kelas kata dalam konteks kalimat. Pertemuan ke-1 (90)

Siswa memahami konsep kelas kata dalam bahasa Indonesia melalui ciri-cirinya. Siswa berlatih menganalisis penggunaan kalimat dengan memperhatikan kelas kata dan bentuk kata. Siswa mendaftar kelas kata dari wacana yang berjudul Software Asli Microsoft Hanya USD 10 per Bulan. Pertemuan ke-2 (90) Siswa menggunakan kelas kata dan bentuk kata dalam menulis cerita pendek. Siswa berlatih menulis cerita berdasarkan pengalaman hidupnya. Pertemuan ke-3 (90) Siswa berkelompok untuk menganalisis berdasarkan kriteria penulisan cerita. isi cerita

Siswa mendata kelas kata yang digunakan dalam pembuatan cerita. Siswa mempresentasikan cerita yang dibuatnya di depan teman-teman. Sebagian siswa memberi komentar terhadap hasil pekerjaan temannya. PENUTUP (Internalisasi dan Refleksi) Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa ( Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 141-142) untuk mengingatkan kembali materi yang tersaji dalam tema ini.

E. Sumber Belajar - Pustaka rujukan: Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 131142 Bahasa Indonesia (BSE) Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 - Media cetak dan elektronik - Website Internet - Narasumber - Model peraga: siswa - Lingkungan siswa F. Penilaian v v v Tes Lisan Tes Tertulis Observasi Kinerja/Demontrasi

TEKNIK DAN BENTUK

v v v

Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio Pengukuran Sikap Penilaian Diri Sejumlah soal Uji Mandiri untuk lebih memahami materi. Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi pada penggunaan kalimat komunikatif dan kalimat baik, cermat, dan santun. Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan kalimat yang komunikatif dan santun. Sejumlah soal untuk menganalisis penggunaan bahasa. Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar.

INSTRUMEN/SOAL

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

Rubrik penilaian tugas menulis dan mempresentasikan hasil wawancara (terlampir di bawah).

RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI / PENYAJIAN INFORMASI (CERITA SEDERHANA) NAMA KELAS/NO. ABS TANGGAL PENILAIAN KOMPETENSI DASAR : : : : Menulis dengan memanfaatkan kategori/kelas kata NILAI ASPEK RINCIAN Selaras dengan tema Mengandung pesan aktual Sesuai dengn jenisnya Utuh dan tuntas Orisinal dan kreatif Mencerminkan kehidupan sehari-hari Keterkaitan tugas dengan isi Mencerminkan perbendaharaan kata yang kaya Bervariatif dan sesuai konteks Menggunakan kata lugas dan proporsional Penggunaan kelas kata dan bentuk kata Terpola secara teratur Unsur lengkap memenuhi pembukaan, isi, penutup Penyampaian runtut Kekurangan Kelebihan JUMLAH SKOR KURANG D (3) ISI CUKUP C (5) BAIK B (7) AMAT BAIK A (9)

PENGGUNAAN BAHASA CERPEN

DIKSI DAN GAYA BAHASA

STRUKTUR CERITA SEDERHANA

KOMENTAR

Mengetahui, Kepala Sekolah

Kudus, 13 Juli 2009 Guru mata diklat

ANIEF FARIZI, S.Pd. TEMA 10 INFORMASI Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Program Aspek Pembelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

Drs. ALI RIDLO NIP 19631209.199003.1.006

: SMK RADEN UMAR SAID KUDUS : Bahasa Indonesia : X (sepuluh)/2 (dua) : Semua program keahlian : Menulis, membaca : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana : Membuat berbagai teks tertulis dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat Indikator : mengidentifikasi penyusunan paragraf mengenali pikiran utama dan penciptaan koherensi Alokasi Waktu : 6x45 menit (3 pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: Memahami unsur-unsur wacana secara komprehensif berkaitan dengan informasi Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat dalam penyusunan paragraf berkaitan dengan informasi Mengidentifikasi kerangka karangan berdasarkan unsur-unsurnya secara koherensif berkaitan dengan informasi B. Materi Pokok Pembelajaran Membuat beberapa teks tertulis dalam konteks bermasyarakat: menulis efektif dengan berlatih membuat paragraf Mengenali pikiran utama dan koherensi paragraf dalam wacana tulis C. Metode Pembelajaran Presentasi Inquari Tanya jawab Penugasan D. Kegiatan Pembelajaran TAHAP PEMBUKA (Apersepsi) KEGIATAN PEMBELAJARAN Siswa ditanya (pernah/belum). mengenai pengalaman menulis

Siswa diminta memperhatikan tulisan yang baik. INTI Pertemuan ke-1 (90)

aturan-aturan/kriteria

Siswa diajak memperhatikan langkah-langkah menulis.

Siswa memahami konsep menulis dan langkah-langkah penyusunan paragraf. Siswa berlatih membuat kerangka karangan. Siswa berlatih menggunakan koherensi dalam kalimat atau paragraf. Pertemuan ke-2 (90) Siswa berlatih menggunakan koherensi dengan tepat. Siswa berlatih menulis satu paragraf yang paling sederhana berdasarkan illustrasi gambar. Pertemuan ke-3 (90) Siswa mengenali pikiran utama dan koherensi paragraf dalam wacana tulis. Siswa menganalisis ciri-ciri wacana. Siswa berlatih menulis satu paragraf runut. wacana secara

Siswa yang lain memberi komentar terhadap pekerjaan temannya. PENUTUP (Internalisasi dan Refleksi) Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa (Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 151-152) untuk mengingatkan kembali materi yang tersaji dalam tema ini.

E. Sumber Belajar - Pustaka rujukan: Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 143152 Bahasa Indonesia (BSE) Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 - Media cetak dan elektronik - Website internet - Narasumber - Model peraga: siswa - Lingkungan siswa

F. Penilaian v v v TEKNIK DAN BENTUK v v v INSTRUMEN/SOAL Tes Lisan Tes Tertulis Observasi Kinerja/Demontrasi Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio Pengukuran Sikap Penilaian Diri Sejumlah soal Uji Mandiri untuk lebih memahami materi. Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang berorientasi pada penulisan paragraf. Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan kalimat yang nalar dalam paragraf. Sejumlah soal untuk menganalisis penggunaan bahasa. Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar. RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik penilaian tugas menulis dan mempresentasikan hasil menulis paragraf (terlampir di bawah).

RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI (MENULIS) NAMA KELAS/NO. ABS TANGGAL PENILAIAN KOMPETENSI DASAR : : : : Membuat berbagai teks tertulis dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat NILAI ASPEK RINCIAN KURAN G D (3) ISI Selaras dengan tema Mengandung pesan aktual Sesuai dengn jenisnya Utuh dan tuntas Orisinal dan kreatif Mencerminkan wawasan informasi Keterkaitan tugas dengan isi Mencerminkan perbendaharaan kata yang kaya Bervariatif dan sesuai konteks Menggunakan kata lugas dan proporsional Terpola secara teratur Unsur lengkap memenuhi pembukaan, isi, penutup Penyampaian runtut Kekurangan Kelebihan JUMLAH SKOR CUKUP C (5) BAIK B (7) AMAT BAIK A (9)

PENGGUNAAN BAHASA DALAM PARAGRAF

DIKSI DAN GAYA BAHASA

STRUKTUR PARAGRAF

KOMENTAR

Mengetahui, Kepala Sekolah

Kudus, 13 Juli 2009 Guru mata diklat

ANIEF FARIZI, S.Pd.

Drs. ALI RIDLO NIP 19631209.199003.1.006

TEMA 11 PENGETAHUAN UMUM Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Program Aspek Pembelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : SMK RADEN UMAR SAID KUDUS : Bahasa Indonesia : X (sepuluh)/2 (dua) : Semua program keahlian : Menulis, berbicara : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana : Menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi Indikator : mengidentifikasi ciri-ciri kalimat tanya mengidentifikasi jenis-jenis kalimat tanya dalam wacana tulis membuat kalimat tanya sesuai dengan tuntutan situasi Alokasi Waktu : 6x45 menit (3 pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat: Memahami penggunaan kalimat tanya dalam bentuk wacana tulis berkaitan dengan pengetahuan umum Mengungkapkan kembali kalimat tanya berdasarkan jenisnya dari wacana tertulis yang berkaitan dengan pengetahuan umum Membuat pertanyaan dalam wawancara B. Materi Pokok Pembelajaran Menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi Menggunakan kalimat tanya dalam ragam lisan sesuai dengan santun berbahasa C. Metode Pembelajaran Presentasi Diskusi kelompok Inquari Tanya jawab Penugasan Demonstrasi/pemeragaan model D. Kegiatan Pembelajaran TAHAP PEMBUKA (Apersepsi) KEGIATAN PEMBELAJARAN Siswa ditanya mengenai kalimat tanya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa diminta memperhatikan jenis-jenis kalimat tanya dalam wacana tulis.

Siswa diajak memperhatikan hal-hal yang harus dipenuhi dalam membuat kalimat tanya. INTI Pertemuan ke-1 (90) Siswa memahami konsep penulisan kalimat tanya dan kriterianya. Siswa berlatih membuat kalimat tanya. Siswa berlatih menggunakan kalimat tanya dalam konteks paragraf/wacana. Pertemuan ke-2 (90) Siswa berlatih menggunakan kalimat tanya dalam ragam lisan. Siswa berlatih membuat kalimat tanya biasa, kalimat tanya retoris dan oratoris, kalimat tanya ragam perintah, dan kalimat tanya tersamar. Pertemuan ke-3 (90) Siswa berkelompok untuk merancang dialog dengan pedagang pasar mengenai kenaikan harga atau mahalnya biaya pendidikan dari waktu ke waktu. Siswa merekam pertanyaan dan jawaban yang diberikan serta mendengarkan ulang. Siswa memperagakan wawancara itu untuk memahami kalimat tanya lebih rinci. PENUTUP (Internalisasi dan Refleksi) Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa ( Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 163-164) untuk mengingat kembali materi yang tersaji dalam tema ini.

E. Sumber Belajar - Pustaka rujukan: Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 143152 Bahasa Indonesia (BSE) Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 - Media cetak dan elektronik - Website Internet - Narasumber - Model peraga - Lingkungan siswa

F. Penilaian V V V TEKNIK DAN BENTUK V V V INSTRUMEN/SOAL Tes Lisan Tes Tertulis Observasi Kinerja/Demontrasi Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio Pengukuran Sikap Penilaian Diri Sejumlah soal Uji Mandiri untuk lebih memahami materi. Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai kalimat tanya. Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan kalimat tanya dalam ragam tulis dan lisan. Sejumlah soal untuk menganalisis kesalahan penggunaan kalimat tanya. Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar. RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik penilaian tugas menulis dan mempresentasikan hasil wawancara(terlampir di bawah).

RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI / PENYAJIAN INFORMASI ( WAWANCARA) NAMA KELAS/NO. ABS TANGGAL PENILAIAN KOMPETENSI DASAR : : : : Menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi NILAI ASPEK RINCIAN KURANG D (3) ISI Selaras dengan tema Mengandung pesan aktual Sesuai dengan jenisnya Utuh dan tuntas Orisinal dan kreatif Mencerminkan wawasan pengetahuan umum Keterkaitan tugas dengan isi Mencerminkan perbendaharaan kata yang kaya Menggunakan kata lugas dan proporsional Terpola secara teratur Unsur lengkap memenuhi pembukaan, isi, penutup Penyampaian runut Kekurangan Kelebihan JUMLAH SKOR CUKUP C (5) BAIK B (7) AMAT BAIK A (9)

PENGGUNAAN BAHASA DALAM PARAGRAF DIKSI DAN GAYA BAHASA STRUKTUR PARAGRAF KOMENTAR

Mengetahui,

Kudus, 13 Juli 2009 Guru mata diklat

Kepala Sekolah

ANIEF FARIZI, S.Pd.

Drs. ALI RIDLO NIP 19631209.199003.1.006

TEMA 12 SEJARAH Nama Sekolah : SMK RADEN UMAR SAID KUDUS Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : X (sepuluh)/2 (dua) Program : Semua program keahlian Aspek Pembelajaran : Membaca, menulis Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana Kompetensi Dasar : Membuat parafrasa dari teks tertulis Indikator : Mengenal parafrasa Mampu mengidentifikasi ciri-ciri parafrasa Mampu mengungkapkan kembali puisi dan wacana dalam bentuk parafrasa Alokasi Waktu : 6x45 menit (3 pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat:

Memahami ciri-ciri parafrasa dari teks tertulis


Mengungkapkan kembali secara tertulis hasil bacaan teks berita, iklan, cerita, dan puisi

B. Materi Pokok Pembelajaran Mengenal parafrasa Menyusun parafrasa tertulis C. Metode Pembelajaran Presentasi Diskusi kelompok Inquiri Tanya jawab Penugasan Demonstrasi/pemeragaan model D. Kegiatan Pembelajaran TAHAP PEMBUKA (Apersepsi) KEGIATAN PEMBELAJARAN Siswa ditanya mengenai pemahaman parafrasa tertulis. Siswa diminta memperhatikan jenis-jenis tuturan. Siswa diajak memperhatikan hal-hal yang diperhatikan dalam membuat parafrasa tertulis. INTI Pertemuan ke-1 (90) harus

Siswa memahami konsep parafrasa. Siswa mengenal langkah-langkah pembuatan parafrasa. Siswa berlatih menyusun parafrasa dari berbagai tuturan. Pertemuan ke-2 (90) Siswa membuat parafrasa dari naskah Menengok Kuil Tertua di Manado. Siswa membuat parafrasa dari wacana percakapan Harry Potter dan mendiskusikannya. Pertemuan ke-3 (90) Siswa mengomentari parafrasa pertemuan sebelumnya. yang dibuat pada

Siswa berkelompok untuk menyimak dan mengerjakan Uji Media. PENUTUP (Internalisasi dan Refleksi) Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa ( Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah, Erlangga, hal 175-177) untuk mengingat kembali materi yang tersaji dalam tema ini.

E. Sumber Belajar - Pustaka rujukan: Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X karya Ahmad Iskak dan Yustinah terbitan Erlangga 2008 halaman 165178 Bahasa Indonesia (BSE) Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003 Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991 - Material (CD) - Media cetak dan elektronik - Website Internet - Narasumber - Model peraga: siswa - Lingkungan siswa

F. Penilaian V V V TEKNIK DAN BENTUK V V V INSTRUMEN/SOAL Tes Lisan Tes Tertulis Observasi Kinerja/Demontrasi Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio Pengukuran Sikap Penilaian Diri Sejumlah soal Uji Mandiri untuk lebih memahami materi. Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai kalimat tanya. Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mengidentifikasi penggunaan kalimat tanya dalam ragam tulis dan lisan. Sejumlah soal untuk menganalisis kesalahan penggunaan kalimat tanya. Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar. RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik penilaian tugas menulis dan mempresentasikan hasil menulis (terlampir di bawah).

RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI / PENYAJIAN INFORMASI MENYUSUN PARAFRASA NAMA KELAS/NO. ABS TANGGAL PENILAIAN KOMPETENSI DASAR : : : : Membuat parafrasa dari teks tertulis NILAI ASPEK RINCIAN Selaras dengan tema Substansi tidak berubah Sesuai dengan jenisnya Utuh dan tuntas Orisinal dan kreatif Bentuk tuturan dan bahasa penyampaian Keterkaitan tugas dengan isi Mencerminkan perbendaharaan kata yang kaya Bervariatif dan sesuai konteks Menggunakan kata lugas dan proporsional Terpola secara teratur Penyampaian runut Kekurangan Kelebihan JUMLAH SKOR KURANG D (3) ISI CUKUP C (5) BAIK B (7) AMAT BAIK A (9)

PENGGUNAAN BAHASA DALAM PARAGRAF DIKSI DAN GAYA BAHASA

STRUKTUR PARAGRAF KOMENTAR

Mengetahui, Kepala Sekolah

Kudus, 13 Juli 2009 Guru mata diklat

ANIEF FARIZI, S.Pd.

Drs. ALI RIDLO NIP 19631209.199003.1.006