KOMPOSIT Komposit adalah material yang dibentuk dari dua atau lebih material dasar yang mempunyai sifat

lebih baik dari material pembentuknya. • Komposit Alam: kayu, gigi, dan tulang. • Komposit Buatan: beton, fibre reinforce, be-metal, ban, dll. Komposit dibuat / diciptakan karena ingin mendapatkan bahan baru yang mempunyai sifat sebagai, (A+B)/2 = X dimana X > (A+B)/2. Sifat ini disebut sifat sinergetik dan dapat dicontohkan sebagai bahan: karet+carbon+kawat = ban. Adapun sifat-sifat yang diinginkan oleh adanya komposit adalah: 1. Kekuatan (Strength) 2. Kekokohan (Stiffness) 3. Tahan Korosi (Corrosion Resistance) 4. Tahan Keausan (Wear Resistance) 5. Menarik (Attractiveness) 6. Masalah Berat (Weight) 7. Unsur Kelelahan (Fatigue Life) 8. Ketahanan Temperatur (Temperature Depended) 9. Konduktivitas Termal (Thermal Behavior Conductivity) 10.Isolasi Panas (Thermal Isolation)

pasir) yang diperkuat dengan semen yang biasa kita kenal sebagai beton (concrete). plastik yang diperkuat dengan serat yang sering disebut fiber glass.Isolasi Akustik (Acoustic Isolation) Klasifikasi Komposit 1. 2. Komposit Partikel (Particles Composite) Yaitu komposit yang terdiri dari partikel dan matrix. Contoh: Plywood. keramik yang dilapiskan pada metal. dan PCB (Pulp Cement Board). Komposit Lapis (Laminated Composite) Yaitu komposit yang terdiri dari lapisan dan matrix. particle board. Contoh: butiran (batu. Contoh: FRP (Fiber Reinforce Plastic). dll 3.11. . panjang pendeknya serta posisi dari serat akan mempengaruhi kekuatan dari komposit yang dibentuk. Laminated Glass. Bimetal. Komposit Serat (Fiber Composite) Yaitu komposit yang terdiri dari serat dan matrix (bahan dasar) yang diproduksi secara fabrikasi. Dua material/bahan atau lebih apabila dicampur dan tidak terjadi interaksi antara permukaannya dan tidak mempunyai sifat sinergetik disebut aglomerate (adukan). Besar kecilnya serat. yaitu lapisan yang diperkuat oleh resin. komposit baja beton dll.

Mudak memprediksi konduktivitas listrik & panas 4. Harus diukur dengan trial & sifat error sifat fisik dan atomnya teratur 3. Mudah fisiknya diprediksi karma sifat susunan Composite 1. Lebih sulit karma susunan atomnya tidak teratur 3. 2. Sifat mikromekanik: yaitu mempelajari komposit sebagai bahan yang inhomogenis. Lebih banyak ditinjau dari segi ekonomisnya. Sifat makromekanik: yaitu mempelajari sifat makro komposit sebagai bahan yang homogen yang dapat menerima aksi dari luar. Baru dapat diatasi terhadap sifat mekanis 5.Sifat-sifat Mekanik Komposit: 1. sudah dapat diatasi 5. Perlakuan secara thermis dinamiknya 4. Processing-nya lebih sulit 2. Perbedaan antara Alloy dan Composite: Alloy 1. Processing-nya lebih mudah 2. . menelaah interaksi antara filler (isian) dengan matrix khususnya kerekatan antara filler dan matrix. Lebih banyak ditinjau dari segi ilmiahnya.

Carbon Fiber Fiber-reinforced Cement Products: .Glass Fiber .Resin Concrete .FIBER-REINFORCED MATERIAL Jenis-jenis dan Sifat-sifat Fiber: .Fiber-reinforced Polymer (FRP) Theoretical Strength: ? .Steel-fiber-reinforced Concrete (SRC) .Organic Fiber .Ceramic Fiber .Asbestos Fiber .Glass-fiber-reinforced Polyester Resin (GRP) .Metal Fiber .Glass-reinforced Gypsum (GRG) .Glass-reinforced Cement (GRC) .

dll. vas bunga. belanga. Pada umumnya pembuatan keramik dekoratif ini banyak dilakukan sebagai home industri secara tradisional di desa-desa. dsb) 2. ubin . . alat rumah tangga (kuwali. Biasanya dilakukan pekerjaan finishing seperti pemberian warna. dikerjakan secara konvensional. gentong) dll. bak cuci. jambangan. Keramik ini biasanya tidak mensyaratkan kekuatan teknis tertentu. bata Pekerjaan atap. Keramik Teknik Keramik ini banyak digunakan dalam bidang bangunan dan penggunaannya cukup luas terutama pekerjaan interior disain yang mencakup antara lain sebagai berikut: . bak mandi. urinoir / urinals.CERAMIC 1. patung. pengecatan.Pekerjaan lantai.Pekerjaan saniter dan perlengkapan kamar mandi (ware closet.Pekerjaan dinding. penggorengan. pengglasiran. genting . kendi. Keramik Dekoratif Titik berat penggunaannya sebagai kebutuhan seni dan kebutuhan non teknik seperti aneka kerajinan. pengeringan alami dan pembakarannya dengan temperature biasa.

dikeringkan dan dibakar. yaitu menggunakan adonan yang kaku tetapi cukup plastis. Kekentalan adonan menjadi kunci keberhasilan produk-produk dari tanah liat ini. Dry process. dibedakan menjadi: Soft mud process. keramik digolongkan menjadi: • Structural clay product. dari batu-batuan alam Bahan baku tanah liat ini dibuat adonan dengan air. bata. yaitu menggunakan adonan yang lunak. Contoh: pipa. kandungan air 20 – 30 % dan pembentukannya menggunakan press tangan dan mesin pengering. Stiff mud process. Pembentukannya dengan mesin press tekanan tinggi dibuat untuk produk khusus yang harus kuat. tanah liat yang berwarna putih/pink (kaolin) • Stone ware product. dan gentinggenting tingkat. keras dan padat. hampir semua jenis clay (tanah liat) • White ware product. yaitu menggunakan adonan yang kaku. kandungan airnya sekitar 15 % dan pembentukannya menggunakan cetak ekstrusi.Adapun berdasarkan bahan bakunya. . dibentuk sesuai keinginan.

bak mandi/cuci. genting datar. material kemudian dibakar pada temperature tertentu. 4. biasanya 600 oC – 800 oC untuk keperluan biasa dan 1200 oC – 1250 oC untuk keperluan khusus. 2. 3. Dinding . Structural Clay Product Secara umum yang biasa digunakan adalah bata. Keramik Teknik • Keramik yg digunakan untuk mensuply kebutuhan bangunan dan kelengkapan interiornya. Genting lengkung. Atap 3. bata berlubang. urinoir. Adapun fungsinya ditabelkan sbb: Jenis Produk 1. 2. Closet. Bata pejal. ubin dinding. genting dan untuk keperluan saniter. ubin berglasir. • Keramik yg dibutuhkan untuk konstruksi engineering. genting. Ubin lantai. Bata (bata super). Saniter/perlengkapan km mandi Fungsi/ Jenis Penggunaan 1. ubin dinding 5. Pelapis bangunan bagian luar 4. Pelapis bangunan bagian dlm 5.Pembakaran Setelah proses pencetakan dan pengeringan selesai.

9-2.0 130 Mutu II Besar Kecil 4.0 1.0 80 70 Adalah produk keramik dari tanah liat yang dicetak dengan tangan/mesin ringan dan dibakar pada suhu sekitar 600-800 oC. halaman parker. Adapun bata clinker atau bata super merupakan produk hasil cetak mesin bertekanan tinggi dan pembakarannya mencapai suhu 1000-1250 oC.Genting Merupakan produk keramik dari bahan tanah liat yang dimanfaatkan untuk atap rumah.0 5. dan perkerasan untuk kaki lima. . cm Lebar nok.0 9.5-2. pengerasan jalan. Mutu I Besar Kecil Sifat yang ditentukan Penumpangan arah panjang. cm Penumpangan arah lebar. cm Tinggi nok. Biasanya digunakan untuk dinding bata ekspose.0 150 4.6 1. cm Kuat patah / lentur. lebih keras dan tahan aus. perkerasan trotoar dsb.0 5.0 1. kg Uji bocor / rembesan Bata Merah 6.0 1. Syarat mutu secara umum adalah tidak rembes dan kuat menahan lentur. Kelebihannya dari bata biasa adl lebih kuat.

Ukuran di pasaran umumnya 29x19x5 cm3.Tepi bata tidak mudah rusak bila dirapikan dengan tangan .5-5. lebar 10-11 cm dan tebal 4. Pada umumnya . lebih dikenal dengan sebutan porselen (porcelain). tapi karena produsen berlainan.Tepi bata harus betul-betul siku . Bata press mesin ringan: 40 kg/cm2 iii.Kuat tekan bata minimal i. Persyaratan Teknis: . Persyaratan umum dan teknis yang harus dipenuhi untuk bata pejal adalah sebagaiberikut: Persyaratan Umum: .6 cm. Bata klinker/bata super: 120 kg/cm2 White Ware Products: Bahan baku utamanya adalah kaolin atau china clay yang merupakan tanah liat berwarna putih. Bata press tangan: 20 kg/cm2 ii. kita temukan ukuran yang bervariasi dgn panjang 20-24 cm. termasuk warna dari penampang belahannya.Warna bata harus cukup tua dan rata. Apabila dibakar pada suhu tinggi warnanya bias berubah dari putih menjadi kekuning-kuningan sampai pink.

adonan semen dan pasir. Jadi setelah produk terbentuk dan dikeringkan lalu dibakar sampai matang. Setelah dingin. disemprotkan atau dicelupkan. Pengglasiran dapat dilakukan dengan cara membuat adonan bahan glasir berupa bubur encer yang dapat dilekatkan pada permukaan benda yang akan diglasir. Dua cara pengglasiran yang biasa dilakukan adalah: 1. China process. Ubin lantai. glueing menggunakan lem plastic atau b. lebih tahan lingkungan. dengan satu kali pembakaran. dimana proporsi campurannya tergantung dari .porselen berlapis bahan glasir agar menarik dan tahan air (kedap air) sehingga mudah dibersihkan. 2. dengan ukuran dan bentuk bervariasi. Porcelain process. termasuk ubin dinding dan ubin mosaic (mosaic ceramic tiles) yang biasanya digunakan untuk kamar mandi atau kolam renang. Caranya dapat dilakukan dengan diulaskan. terlihat lebih mengkilap dan lebih mudah dibersihkan. Bersifat lebih kedap air. Pemasangannya bias dengan: a. Produk setelah dibentuk. diglasir dan dibakar sampai matang (1000-1250 oC). Contoh-contoh dari whiteware products: 1. produk diglasir dan dibakar kembali dengan temperature lebih rendah dan hasilnya jauh lebih baik. dengan dua kali pembakaran.

dan agar tidak tembus pandang.peruntukannya. seperti anti sinar ultra violet. KACA (Glasses) Bahan baku dari kaca adalah pasir putih / pasir silica dan oksida / senyawa logam. sehingga bias juga difungsikan sebagai kaca pemantul sinar. Kaca riben atau kaca dengan warna tertentu dapat dibuat langsung dari bahan dasarnya atau kaca warna netral kemudian ditempeli dengan lapisan film. . Kekuatan dari jenis-jenis kaca akan tergantung dari kandungan oksida dan senyawa yang ada didalamnya. Kaca hias dibuat dengan cara memberi lapisan mercuri (bahan dari air raksa). Mulai dari 1:2 untuk ruangan basah yg selalu kena air. sampai 1:5 untuk ruangan kering seperti ruang tamu dsb. Lapisan film sebenarnya diproduksi untuk keperluan khusus. biasanya merupakan perlengkapan kamar mandi sehingga selain whiteware product juga stone ware product digunakan sebagai bahan bakunya. Barang saniter. penahan panas. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful