BAB II PENYAKIT ASMA 2.1.

Asma Penyakit adalah suatu keadaan tidak normal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan, tidak berfungsinya atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. (wikipedia.org) Asma merupakan penyakit yang menyebabkan otot saluran udara mengkerut, mengalami peradangan dan juga bengkak. Dan akibatnya, penyakit asma mudah merespon pemicunya seperti masuk angin, olahraga yang berlebih dan bau yang kuat. Pada halaman dechacare, tertulis bahwa konsep terkini mekanisme terjadinya asma, yaitu asma merupakan suatu proses inflamasi (peradangan) kronik/menahun yang khas, melibatkan dinding saluran napas menyempit, menyebabkan terbatasnya aliran udara, dan peningkatan reaktifitas (hiperraktif/hipersensitif) saluran napas. iperrakti!itas ini merupakan awal terjadinya penyempitan saluran napas, sebagai respon terhadap berbagai macam rangsang. Pedoman "asional Asma Anak #ndonesia mendefinisikan asma sebagai kumpulan tanda dan gejala batuk dengan karakteristik sebagai berikut $ %. &. '. (. ). *. timbul secara episodik, cenderung pada malam/dini hari, musiman, adanya faktor pencetus di antaranya akti!itas fisik yang berlebih, dan faktor lingkungan. bersifat re!ersibel (bisa sembuh seperti sedia kala)namun ada juga yang tidak, serta adanya riwayat asma atau atopi (kecenderungan mengidap 5

misalnya dari terkena udara dingin sekalipun tersedak.cuit.ayi juga akan mengalami batuk yang membandel.atuk yang tidak sembuh. /emua gejala asma dapat dipicu oleh akti!itas fisik.anak /elama awal masa anak. Dalam 0speland (&112). hal tersebut dapat kita lihat apabila bayi memiliki riwayat terkena asma. Para penderita asma biasanya cenderung mengalami gangguan pernapasan ketika berhubungan dengan +at. . bunyi napas yang mencuit.ayi biasanya akan mengalami dada yang gemertakan. tapi justru memiliki gejala lain. -ejala yang paling umum adalah saat bernapas terdengar bunyi mencuit. lembab. &. Anak kecil 6 . diantaranya$ %. . dingin atau kering sekalipun. Asma Pada masa bayi . sesungguhnya banyak penderita asma yang tidak mengeluarkan bunyi mencuit pada saat bernafas.+at asing. yakni jenis pernapasan bernada tinggi seperti bunyi peluit.unyi semacam ini cenderung lebih terdengar jelas saat menghembuskan napas. khususnya setelah terjadi infeksi !irus seperti masuk angin. Asma Pada masa anak. &. alergi atau eksim. 3uga pada umumnya penderita mudah terkena masuk angin. cuaca yang terlalu panas. Para penderita mengeluhkan sesak napas ketika menjalani akti!itas sekecil apapun.anak pemicu utama terjadinya asma adalah infeksi !irus seperti masuk angin yang cenderung memicu batuk yang membandel. .sembuh. seperti naik tangga ataupun keluar rumah pada cuaca dingin. batuk menjadi lebih buruk ketika ada faktor lain.alergi) lain pada pasien/keluarganya. 4ahapan asma menurut 0speland (&112) diantaranya5 %.

serangan asma muncul karena 7 . Pada usia dewasa kebanyakan penderita mengeluhkan nyeri dada. lingkungan hidup dapat didefinisikan sebagai daerah di mana sesuatu mahluk hidup berada.2. 8aktor lingkungan. 6akanan produk industri dengan pewarna buatan (misalnya tarta+ine). 2. perkembangan dan kemampuan mahluk hidup untuk bertahan hidup.6/-) juga bisa memicu asma.gejala asma dapat muncul selama bertahun. diantaranya bunyi napas yang mencuit dan sesak napas. '. Asma pada remaja dan orang dewasa Disamping batuk yang membandel.2. mereka cenderung lebih lambat dari rekan yang lain. -abungan dari kondisi sosial dan budaya yang berpengaruh pada keadaan suatu indi!idu mahluk hidup atau suatu komunitas mahluk hidup. Faktor Lingkungan 6enurut 0speland. dan !etsin (monosodium glutamat. polusi lingkungan dihasilkan oleh industri dan kendaraan bermotor.jarang terlihat mengeluhkan sesak napas. hanya saja selama melakukan akti!itas fisik. meskipun gejala. banyak yang dikeluhkan oleh penderita asma usia dewasa. keseluruhan keadaan yang meliputi suatu mahluk hidup atau sekumpulan mahluk hidup. Faktor Pencetus 2. 6enurut 0speland (&112). pengawet (metabisulfit). 7eadaan atau kondisi yang melingkupi suatu mahluk hidup.1. terutama kombinasi dari berbagai kondisi fisik di luar mahluk hidup yang mempengaruhi pertumbuhan. gejala asma mungkin dapat tidak terdiagnosa sampai usia dewasa.tahun.

(. rambutan.adanya faktor pencetus yang mengganggu saluran napas. . bahan penyedap makanan yang kerap dikonsumsi masyarakat adalah 6onosodium -lutamate (6/-) atau yang biasa disebut !etsin atau michin yang disinyalir berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan anak. al lain yang patut dicermati adalah polusi udara akibat asap 8 . 9uaca (panas/dingin). +at penyedap dan +at pewarna. 6enurut lembaga swadaya masyarakat.buahan tertentu (nanas. 2. !etsin dalam kandungan monosodium makanan ringan yang biasa dikonsumsi anak. pabrik. '. makanan yang tidak sehat itu biasanya terdapat glutamat 6/alias didalamnya.yang bisa mengancam kesehatan anak. Asap (rokok..anak. . Penyakit infeksi. Pada halaman peduli kasih #ndosiar tertulis bahwa. kompor. keringat).bauan yang merangsang (cat. *. al yang dapat memicu timbulnya penyakit asma salah satunya adalah makanan yang tidak sehat. seperti influen+a. banyak makanan ringan dalam kemasan tak mencantumkan kandungan 6/. polusi kendaraan. 6akanan gurih.au. pewangi ruangan). <. obat nyamuk. anggur dan lainnya). ). &. Debu di rumah dan di jalan.anak.uah. . mengandung +at pengawet. -etah atau manisnya buah sering membuat batuk sehingga bisa terjadi asma. /ecara umum pencetusnya adalah$ %. :at kimia (obat nyamuk. 0mosi (terlalu sedih/gembira). sampah.

#bu hamil yang menghisap rokok bisa berakibat fatal terhadap janin yang dikandungnya. konsultan Asma Anak >ayasan Penyantun Anak Asma /udhaprana mengatakan. serta fasilitas pelayanan kesehatan yang belum memadai telah menyebabkan al ini penderita asma di #ndonesia meningkat tajam. Asap rokok tembakau mengandung gas dan bahan. Pembuluh darah sang ibu akan mengecil sehingga suplai darah ke calon bayi terhalang. diperberat karena sejauh ini asma belum menjadi salah satu 9 . merokok sangat membahayakan bagi mereka yang menghisap kepulan asap rokok tersebut. mei =ahajoe. 6erokok memiliki hubungan yang erat dengan berbagai macam penyakit seperti kanker paru dan penyakit saluran pernapasan lainnya. Pada kesempatan hari asma sedunia yang jatuh pada tanggal . namun juga kemampuan mentalnya. Akan banyak dampak yang diderita bayi di samping sekadar pertumbuhan badan yang terlambat. Pengetahuan dan keterampilan dokter yang kurang atau belum memadai. 7ebiasaan merokok juga dapat berakibat berbagai macam perubahan yang berbahaya dalam rongga mulut seperti kanker mulut. 6erokok merupakan kebiasaan yang memiliki daya merusak cukup besar terhadap kesehatan. dapat disimpulkan bahwa rokok lebih membahayakan perokok pasif daripada perokok aktif itu sendiri. banyak kasus asma tidak terdiagnosis kerena berbagai hal seperti pengetahuan dan pendidikan masyarakat yang masih rendah sehingga tidak menyadari bahwa gejala yang diderita adalah layak untuk diperiksa.bahan kimia yang bersifat racun .rokok.

. Associate Professor "eurology dan Psychology -eorgetown @ni!ersity /chool of 6edicine Aashington.2.2. 10 . menurunnya suasana kerja yang baik. 2.pasien dengan asma atau penyakit kronik serius lainnya.penyakit yang mendapat prioritas pemerintah untuk ditanggulangi. Penyakit alergi tidak saja mengganggu fungsi sosial dan pekerjaan tetapi juga mengganggu akti!itas di waktu luang. Pada halaman 9.lain. /istem susunan saraf pusat adalah bagian yang paling lemah dan sensitif dibandingkan organ tubuh lainnya. Faktor Genetik Asma adalah penyakit yang mempunyai banyak faktor penyebab. /edangkan alergi dengan berbagai akibat yang bisa mengganggu organ sistem susunan saraf pusat dan disfungsi sistem imun itu sendiri tampaknya menimbulkan banyak faktor penyebab yang dapat mengganggu perkembangan dan perilaku seorang anak. >ang pertama antara lain paling sering karena faktor atopi atau alergi.ila salah satu atau kedua orang tua. Pasien dengan rinitis alergik dilaporkan mengalami penurunan kualitas hidup yang sama dengan yang dialami pasien. dan lain. >aitu dampak penyakit alergi pada fungsi otak bermanifestasi sebagai menurunnya kualitas hidup." dituliskan bahwa. dampak penyakit alergi pada fungsi otak. Alergi ternyata berkaitan dengan gangguan sistem susunan saraf pusat. diamati oleh 7ay. ?tak adalah merupakan pusat kerja sistem tubuh. kakek atau nenek menderita asma bisa diturunkan ke anak. Penyakit ini sangat berkaitan dengan penyakit keturunan.

. /ehingga sering didapatkan seorang anak setiap bulan harus berobat ke dokter karena sering sakit panas. berlebihan) atau o!ertreatment (pengobatan 11 . tampak mudah mengalami sakit infeksi saluran napas baik berupa infeksi tenggorok. nenek atau saudara dekat lainnya yang alergi atau asma. amandel dan infeksi saluran napas akut lainnya.ila terdapat riwayat keluarga. baik saudara kandung.ciri alergi sejak lahir atau bahkan bila mungkin deteksi sejak kehamilan maka harus dilakukan pencegahan sejak dini. Prestasi di sekolah terganggu karena seringnya absen di pelajaran sekolah dan yang lebih utama juga disebabkan adanya gangguan belajar. /ering dijumpai bahwa penderita asma pada anak mendapatkan o!erdiagnosis (diagnosis berlebihan).Pada anak yang mengalami gejala alergi yang terus menerus tidak terkendali maka sangat mengganggu prestasi sekolah. kakek. atau bila anak sudah terdapat ciri. pilek atau infeksi saluran napas. hal tersebut dapat mengurangi resiko alergi atau asma pada anak dikemudian hari dapat dihindarkan bila kita dapat mendeteksi dan mencegah sejak dini. Penderita asma beresiko mengalami terjadi reaksi yang biasa disebut anafilaksis atau reaksi alergi serius yang terjadi berpotensi menyebabkan kematian. Pada anak penderita alergi. batuk. gangguan konsentrasi atau pemusatan perhatian dan gangguan perilaku lainnya. orangtua. 8aktor risiko yang bisa dikenali sejak lahir adalah gangguan sesak nafas saat lahir.

Pencegahan dan tindakan dini harus menjadi tujuan utama dalam menangani anak asma. Pencegahan Primer $ bertujuan menghambat sesitisasi imunologi oleh makanan terutama mencegah terbentuknya #munoglobulin 0 (#g0). pencegahan penyakit asma sangat penting untuk dilakukan oleh masyarakat. pemberian A/# ekslusif minimal * bulan.2. darah tali pusat atau uji kulit. terbukti mengurangi manifestasi alergi makanan. pengurangan terhadap debu rumah dan rontokan bulu binatang. . penghindaran makanan berpotensi alergenik (mampu mencetuskan alergi). Pencega!an Pen"akit Asma Diambil dari 0speland (&112) dituliskan bahwa. Dilakukan pada anak yang sudah 12 al ini dapat dilakukan sejak .orang yang berada disekitar penderita. tidak hanya untuk pengidap penyakit yang paling penting adalah mulai untuk kita sendiri. 7eadaan sensitisasi diketahui dengan cara pemeriksaan #g0 spesifik dalam serum darah. Pencegahan ini dilakukan setelah terjadi sensitisasi tetapi manifestasi penyakit alergi belum muncul. Pencegahan sekunder $ bertujuan untuk menekan timbulnya penyakit setelah sensitisasi. '. juga asma. 4ahapan pencegahan dapat dilakukan sesuai urutan berikut $ %. Pengendalian lingkungan. Pencegahan ini dilakukan sebelum terjadi sensitisasi atau terkena dengan penyebab alergi. dan khususnya pada bayi. diharapkan masyarakat sekitar dapat menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan. Pencegahan tersier $ bertujuan untuk mencegah dampak lanjutan setelah timbulnya alergi. saat kehamilan. pencegahan penyakit asma tidak hanya dapat dilakukan oleh para penderita asma tetapi juga dapat dilakukan oleh orang. &. /aat tindakan yang optimal adalah usia 1 hingga ' tahun.

6enatalaksana eksaserbasi akut (6engalami sesak secara tiba. anak tidak hanya dapat dilakukan seperti tahapan pencegahan diatas. *. pengidap penyakit asma juga tidak boleh terlalu emosi. '. mulai dari tidak merokok. karena dapat memperkuat otot B otot pernafasan. Pendidikan yang diberikan pada penderita dan keluarganya. pencegahan yang sangat penting adalah mulai mencegah dari kita sendiri. dianjurkan para pengidap penyakit asma melakukan olahraga yang teratur terutama olahraga renang. /aat tindakan yang optimal adalah usia * bulan hingga ( tahun. ). (. 6enentukan klasifikasi asma. memakan makanan yang baik. 6enghindari faktor pencetus. al tersebut harus menjadi bahan pemikiran untuk kita yang berada disekitar para pengidap penyakit asma. 6elakukan kontrol secara berkala. #Dewi$ &112% Pencegahan untuk mencegah terjadi dan meningkatnya penyakit asma di masyarakat terutama pada anak .tiba). Pada anak penderita asma juga sangat tidak dianjurkan untuk melakukan kegiatan yang cenderung berlebih. dan memperhatikan lingkungan sekitar untuk menjaga kebersihan.mengalami sensitisasi dan menunjukkan manifestasi penyakit yang masih dini tetapi belum menunjukkan gejala penyakit alergi yang lebih berat. 13 . tidak boleh menghirup aroma yang menyengat. tidak dianjurkan untuk memelihara binatang yang berbulu halus. Pengidap asma juga harus menjaga kebugaran tubuhnya. &." website ada * langkah yaitu $ %. Penatalaksanaan asma menurut -#"A (-lobal #nitiati!e 8or Asthma) dalam situs 9. 6emberikan pengobatan yang optimal.

keturunan.2. Pengetesan tambahan. &112) 14 . Penanggu'angan asma Pada 0speland (&112).paru. ). banyak hal yang harus dilakukan oleh orang yang berada disekitarnya. '. al itu agar anak penderita asma dapat tumbuh kembang secara normal dan optimal. 7onsep penanganan asma masih berorientasi pada pengobatan serangan akut. Pengetesan dan e!aluasi alergi. (. (>unus. penanggulangan asma sebenarnya dapat dilakukan pada saat sebelum ataupun sesudah mengidap penyakit asma. Cangkah awal yang dapat dilakukan saat sebelum terkenanya penyakit asma diantaranya melakukan diagnosis pada anak yaitu$ %. alergi yang berkaitan dan kemungkinan adanya iritan di rumah. 4idak hanya itu. salah satunya karena mereka sangat membutuhkan udara yang sehat untuk dihirup. atau tes fungsi paru. keturunan Cangkah atau biasa yang paling faktor penting genetik. Pemeriksaan fisik secara detail oleh dokter anak untuk memeriksakan apakah pada anak terdapat bunyi napas yang mencuit atau pernapasan cepat. 4es pernapasan. ?rang tua tentunya mempunyai pengaruh besar pada penanggulangan anak asma. &. adalah @ntuk memperhatikan riwayat medis secara rinci yakni faktor disebut memperhatikan gejala yang dialami. jika ada faktor "amun setelah anak terlanjur menderita penyakit asma. bukan pada pencegahan dan kontrol asma.&. biasa disebut sinar D pada dada dapat membantu menjelaskan berbagai macam penyakit yang bisa menyerupai gejala asma. masyarakat disekitarpun harus memperhatikan anak penderita asma. padahal penanganan penyakit asma perlu jangka panjang agar penderita asma dapat menjalani hidup normal.

khususnya di kota besar dimana banyak anak yang terkena penyakit asma. banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan proses peradangan tersebut. terutama olahraga renang karena dapat memperkuat otot. selain harus menghindari faktor pencetus. 2. Dukungan yang diberikan sangatlah penting bagi para penderita asma. menghindari aroma menyengat dan binatang berbulu halus. -ejala asma muncul pada saat anak mengalami batuk yang tidak sembuh. penyakit asma yang umumnya menyerang warga kota besar ini belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah ataupun warga sekitar. sembuh. "amun. mengalami sesak nafas pada akti!itas sekecil apapun. Pemeriksaan asma pada dokter pun membutuhkan biaya yang cukup besar. Diantaranya adalah anak asma harus menjaga kebugaran tubuhnya. kebanyakan penderita asma tidak memeriksakan kondisi mereka dikarenakan faktor ekonomi. tidak boleh terlalu emosi. dan mengurangi frekuensi kambuhnya asma.4ujuan dalam merawat asma adalah untuk mengendalikan proses peradangan. Ana'isa Permasa'a!an Permasalahan yang terjadi adalah kurangnya pemahaman masyarakat mengenai penyakit asma yang terjadi di lingkungan sekitar. Para penderita asma. Asma merupakan penyakit saluran nafas yang lebih sering terdapat pada anak dibawah ) tahun pada saat masa pertumbuhan. dianjurkan untuk berolah raga teratur. selain obat asma yang cukup mahal. mereka juga harus melakukan pemeriksaan secara detail.(. dan 15 . 6aka tidak semua anak beruntung untuk dapat menjaga penyakit yang mereka derita.otot pernapasan. penderita asma tidak dianjurkan melakukan kegiatan yang berlebih.

anak dibanding dewasa. =amlan dalam . (6aulana yusuf.bunyi yang mnecuit. ?leh karena itu. 6enurut =ogers dan /torey pada tahun %<2. 4ujuan dari kampanye sosial itu sendiri adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan gejala.&11($. kampanye sosial sendiri artinya adalah serangkaian tindakan komunikasi yang terencana untuk menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu. =esiko dan tanda alergi atau asma dapat diketahui sejak anak dilahirkan bahkan sejak dalam kandungan pun mungkin sudah dapat terdeteksi.cuit pada saat bernafas. Alergi dan asma dapat dicegah sejak dini dan 16 . Dan dampak penyakit asma pada penderitanya adalah menurunkan kemampuan fisik seseorang.&112$%<) 2.masalah sosial kemasyarakatan dan juga bersifat non komersil. Dan penyebab penyakit asma antara lain adanya faktor pencetus yang berhubungan dengan lingkungan sekitar dan banyaknya hal yang dapat dilakukan oleh orang yang berada disekitar para penderita asma. kampanye sosial mengenai pemahaman penyakit asma dirasa sangat penting untuk dapat memberikan informasi mengenai penyakit asma pada anak dan upaya menanggulangi dan mengurangi peningkatan jumlah penderita asma.ayu 6aulana adalah suatu kegiatan berkampanye yang mengkomunikasikan pesan. Dimana penyakit asma adalah penyakit yang sering ditemukan di kota besar.) /edangkan menurut Drs.pesan yang berisi tentang masalah. yang dikarenakan oleh lingkungan.). Target K!a'a"ak Penyakit asma dapat dialami oleh semua umur meski lebih banyak diderita oleh anak.laki. Pada usia dewasa lebih banyak pada perempuan. Asma lebih banyak diderita anak laki.gejala sosial yang terjadi. (Eenus.

berikut merupakan rincian target sasarannya$ %. #bu yang memperhatikan tumbuh kembangnya anak dan menginginkan anaknya tumbuh optimal $ 6enengah. pegawai pengusaha. menengah keatas rumah tangga.0. @ntuk memilih masyarakat yang menjadi sasaran kampanye asma ini. Pekerjaan $ #bu swasta '. maka penulis menetapkan target sasaran yang telah dianalisa sebelumnya. 4arget sasaran utama atau primer adalah masyarakat khususnya ibu rumah tangga dan yang menjadi target sasaran kedua atau sekunder adalah anak. 7ebanyakan orang yang menderita asma tidak tahu bagaimana cara merawat dan mengontrol penyakit asma. Perempuan berumur &). 17 . /. Primer • Demografis %./ • Psikografis %.') tahun &. wiraswasta.diharapkan dapat mengoptimalkan tumbuh dan kembang anak secara optimal. @saha penyembuhan dan meminimalkan faktor risiko serta penyebarluasan penyakit saluran napas ini harus ditangani secara menyeluruh dan tepat sasaran agar kualitas hidup penderita bisa maksimal dan baik. /etidaknya penyakit asma harus dikontrol dalam jangka waktu ' bulan sekali untuk mengurangi timbulnya gejala asma. pegawai negeri. Penanganan dan pengobatan penyakit asma haruslah tuntas.

#bu yang peduli terhadap penderita asma '.0. harus diobati.&. Caki. menengah keatas 18 . /ekunder • Demografis %. Anak yang aktif $ 6enengah. #bu yang ingin mengetahui tentang asma (. /ikap dan perilaku orang tua bisa berpengaruh terhadap masalah anak dan akti!itas anak perlu dikontrol. pengobatan sebaiknya meliputi perbaikan hubungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal. Anak yang mempunyai akti!itas yang padat '. #bu yang sering mengantar anak ke sekolah Pengobatan tergantung kepada penyebabnya. &. 3ika melibatkan faktor psikososial. Anak yang gemar jajan &. /etiap penyakit yang diduga menjadi penyebab terjadinya perkembangan fisik yang tidak normal pada penderita asma./ • Psikografis %. 7egagalan pertumbuhan akibat penyakit asma dapat diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat dan memberikan informasi kepada orang tua.laki dan perempuan umur (.* tahun &. /.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful