TUGAS KEPERAWATAN MATERNITAS II ASKEP SEPSIS NEONATORUM

Dosen Pembimbing : Tri Lestari Handa ani! S"Ke#" M"Ke#" S#"Mat

DISUSUN OLEH : G$stan Ariadi %&'&(&)*+, PSIK -I .

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN /AKULTAS ILMU KESEHATAN UNI-ERSITAS MUHAMMADI0AH MALANG 1&))21&)1

pat !isi l gi. klasi!ikasi. penatalaksanaan. . pemeriksaan diagn stik.Kamisadar bahwa makalah masih jauh dari kesempurnaan. stadium.Akhir kata kami berharap makalah inidapat berman!aat bagi banyak rang. "leh karena itu. Makalah ini dibuatsebagai tugas mata kuliah Keperawatan Maternitas.pathway. Makalah ini diharapkan bisa menjadi tambahan re!erensi untuk mahasiswa keperawatan. Terima kasih dan wassalam. eti l gi.KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. kami mengharapkan kritik dan saran yang bersi!at membangun khususnya dari d sen penanggung jawab mata kuliah agar dalam pembuatanmakalah berikutnya bisa lebih sempurna. danasuhan keperawatan pada klien dengan Sepsis.Makalah ini berisi tentang pengertian. karena atas limpahan rahmat dankarunia-Nya sehingga makalah inidapat disusun dan selesai tepat waktu.

. +'''. 9aem philus in!luen:ae tipe*. Karakteristik 3 sumber rganisme pada saluran genital ibu dan atau /airan amni n. sering mengalami k mplikasi.Salm nella. Sepsis adalah sindr m yang dikarekteristikkan leh tanda-tanda klinis dan gejala-gejala in!eksi yang parah yang dapat berkembang kearah septikemia dan sy k septik ). Streptococcus grup * merupakan penyebab sepsis paling sering pada ne natus. 2.. #n!eksi dapat menyebar se/ara nenyeluruh atau terl kasi hanya pada satu rga saja )seperti paru-paru dengan pneum nia. )6ietha. #nsiden sepsis ber$ariasi yaitu antara % dalam &'' atau % dalam ('' kelahiran hidup )* bak. . 2. Sepsis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan resp ns sistemik terhadap in!eksi pada bayi baru lahir )*ehrman. 1AAP. dan dapat disebabkan karena $irus )herpes. dan !ungi atau jamur )/andida...ng es. Sepsis dapat dibagi menjadi dua yaitu 3 1.. Karakteristik 3 -idapat dari k ntak langsung atau tak langsung dengan rganisme yang ditemukan dari lingkungan tempat perawatan bayi. Sepsis lanjutan5n s k mial 3 terjadi setelah minggu pertama kehidupan dan didapat dari lingkungan pas/a lahir. atau setelah persalinan )extrauterine sepsis. +''2. hari pertama sejak dilahirkan. )0 hn Mers/h. Definisi Sepsis ne nat rum adalah in!eksi bakteri pada aliran darah pada bayi selama empat minggu pertama kehidupan.dan Strept / //us gru p * merupakan penyebab paling sering terjadinya sepsis pada bayi berusia sampai dengan . +''. Sepsis dini 3terjadi 4 hari pertama kehidupan. M-. #n!eksi pada sepsis bisa didapatkan pada saat sebelum persalinan )intrauterine sepsis. Etiologi *akteria seperti 7s/heri/hia/ li. +'''. Sepsis ne nat rum adalah semua in!eksi pada bayi pada +. +''&.. bakteri )strept / //us *. Sterpt / //us pneum niae. Neisseriameningitidis. biasanya !ulminan dengan angka m rtalitas tinggi. 8isteria m n /yt genes. rubella.. bulan. meskipun jarang ditemui.BAB I TINJAUAN PUSTAKA 1.

4 minggu kehamilan. rganisme memasuki tubuh bayi melalui ibu selama kehamilan atau pr ses kelahiran. Patofisiologi Sepsis dimulai dengan in$asi bakteri dan k ntaminasi sistemik. !.dan penelitian menunjukkan bahwa => dari mereka akhirnya akan mengalami in!eksi bakterial di dalam darah. Amerika. *ayi berusia . jam atau lebih sebelum melahirkan.Pada berbagai kasus sepsis ne nat rum.&> dari semua kasus bakteriemia tersamar pada bayi berusia . pemasangan sejumlah kateter. *akteriemia tersamar artinya bahwa bakteria telah memasuki aliran darah. *ayi prematur yang menjalani perawatan intensi! rentan terhadap sepsis karena sistem imun mereka yang belum berkembang dan mereka biasanya menjalani pr sedur-pr sedur in$asi! seperti in!us jangka panjang. kadang-kadang dapat megarah ke sepsis. menyebabkan sekitar . tapi tidak ada sumber in!eksi yang jelas. tahun. bulan sampai . Ketuban pe/ah dini )sebelum . yang dapat mengk ntaminasi bayi selama melahirkan. 9ampir satu per tiga dari semua bayi pada rentang usia ini mengalami demam tanpa adanya alasan yang jelas . Streptococcus grup * dapat masuk ke dalam tubuh bayi selama pr ses kelahiran. e. *eberapa k mplikasi kehamilan yang dapat meningkatkan resik terjadinya sepsis pada ne natus. Ketuban pe/ah terlalu /epat saat melahirkan )%. 3. paling tidak terdapat bakteria pada $agina atau rektum pada satu dari setiap lima wanita hamil. tahun beresik mengalami bakteriemia tersamar. #n!eksi pada uterus atau plasenta d. yang bila tidak segera dirawat. antara lain3 a. Menurut Centers for Diseases Control and Prevention )<-<. Perdarahan b. Pelepasan end t ksin leh bakteri menyebabkan perubahan !ungsi mi kardium.Streptococcus pneumoniae )pneumococcus. Tanda paling umum terjadinya bakteriemia tersamar adalah demam. dan berna!as melalui selang yang dihubungkan dengan $entilat r. perubahan ambilan dan . g. "rganisme yang n rmalnya hidup di permukaan kulit dapat masuk ke dalam tubuh kemudian ke dalam aliran darah melalui alat-alat seperti yang telah disebut di atas. Pr ses kelahiran yang lama dan sulit. -emam yang terjadi pada ibu /. bulan sampai .

' tahun /. dan keka/auan metab lik yang pr gresi!. menyebabkan hipigamagl bulinemia berat. in!eksi didapatkan melalui jalur $ertikel. Pada sepsis yang tiba-tiba dan berat. *ayi kulit hitam lebih banyak mengalami in!eksi dari pada bayi berkulit putih. asid sis metab lik. ?ang lebih umum. 1akt r Maternal a. yaitu 3 %. dan latar belakang. pr t : a Toxoplasma. +''&. dan Pr sedur selama persalinan. Status s sial-ek n mi ibu. @mumnya imunitas bayi kurang bulan lebih rendah dari pada bayi /ukup bulan. Kurangnya perawatan prenatal. dari ibu selam pr ses persalinan ) in!eksi Strept k kus gr up * atau in!eksi kuman gram negati! . Setelah lahir.. b. Akibatnya adalah penurunan per!usi jaringan.*ayi baru lahir mendapat in!eksi melalui beberapa jalan. Transp r imunugl bulin melalui plasenta terutama terjadi pada paruh terakhir trimester ketiga. dan kematian )* bak. 1akt r Ne natatal a. . atau se/ara h ri: ntal dari lingkungan atau perawatan setelah persalinan ) in!eksi Sta!il k kus k agulase p siti! atau negati!.. Mempengaruhi ke/enderungan terjadinya in!eksi dengan alasan yang tidak diketahui sepenuhnya.!a/t r yang mempengaruhi kemungkinan in!eksi se/ara umum berasal dari tiga kel mp k. ras.Status paritas )wanita multipara atau gra$ida lebih dari . merupakan !akt r resik utama untuk sepsis ne natal. #bu yang berstatus s si . k nsentrasi imun gl bulin serum terus menurun.Ketuban pe/ah dini )KP-. dapat terjadi in!eksi transplasental seperti pada in!eksi k nginetal $irus rubella..ek n mi rendah mungkin nutrisinya buruk dan tempat tinggalnya padat dan tidak higienis. 1akt r. terhambatnya !ungsi mit k ndria. yang mengakibatkan disseminated intra$askuler / agulati n )-#<. atau basilus Listeria monocytogenesis. dan umur ibu )kurang dari +' tahun atua lebih dari . Prematurius ) berat badan bayi kurang dari %&'' gram. dan sy k. +. #maturitas kulit juga melemahkan pertahanan kulit.penggunaan ksigen. / mplment /as/ade menimbulkan banyak kematian dan kerusakan sel. d..

bat tertentu. menyebabkan sebagian besar penurunan akti$itas ps nisasi. Paparan terhadap bat. serta !akt r * tidak dipr duksi sebagai resp n terhadap lip p lisakarida. 8aki-laki dan kehamilan kembar. 1akt r 8ingkungan a. yaitu 3 %.colli. bis menimbulkan resik pada ne natus yang melebihi resik penggunaan antibi tik spektrum luas. Kuman penyebab in!eksi adalah kuman yang dapat menembus plasenta . Kadangmikr kadang di ruang perawatan terhadap epidemi penyebaran rganisme yang berasal dari petugas ) in!eksi n s k mial. -e!isiensi imun. -engan adanya hal tersebut. paling sering akibat k ntak tangan. spesies Lact acillus dan !. #gA dan #gA tidak melewati plasenta dan hampir tidak terdeteksi dalam darah tali pusat. . K mbinasi antara de!isiensi imun dan penurunan antib di t tal dan spesi!ik.colli ditemukan dalam tinjanya. sehingga menyebabkan resisten berlipat ganda. dan memerlukan waktu perawatan di rumah sakit lebih lama. Pada masa antenatal kuman dari ibu setelah melewati plasenta dan umbilikus masuk dalam tubuh bayi melalui sirkulasi darah janin. khususnya terhadap strept k kus atau Haemophilus influenza. d. bersama dengan penurunan !ibr nektin. Ne natus bisa mengalami kekurangan #gA spesi!ik. /. Pada de!isiensi imun bayi /enderung mudah sakit sehingga sering memerlukan pr sedur in$asi!. Mikr rganisme atau kuman penyebab in!eksi dapat men/apai ne natus melalui beberapa /ara. seperti ster id. b. #nsidens sepsis pada bayi laki.b.. akti!itas lintasan k mplemen terlambat. Pada masa antenatal atau sebelum lahir.. Pada bayi yang minum AS#.laki empat kali lebih besar dari pada bayi perempuan. /. *ayi juga mungkin terin!eksi akibat alat yang terk ntaminasi. dan <. sedangkan bayi yang minum susu ! rmula hanya did minasi leh !. Penggunaan kateter $ena5 arteri maupun kateter nutrisi parenteral merupakan tempat masuk bagi mikr rganisme pada kulit yang luka. sehingga menyebabkan k l nisasi spektrum luas.

Pada masa intranatal atau saat persalinan. @mum 3 panas )hipertermi. Sistem kardi $askuler3 pu/at. sklerema +. yaitu saat persalinan. +''. %. kemudian menyebabkan in!eksi pada l kasi tersebut. sian sis =. sit megal . +. pu/at. k ksaki.+''. #n!eksi paska atau sesudah persalinan. in!luen:a. Manifestasi Klini Menurut Arie!. /airan amni n yang sudah terin!eksi akan terinhalasi leh bayi dan masuk dan masuk ke traktus digesti$us dan traktus respirat rius.dan ". hepat megali . sian sis. kejang. ubun-ubun memb nj l (. dispnue. takikardi. selang end trakhea.alat 3 penghisap lendir. kulit lembab. terjadi amni tis dan k ri nitis. antara lain malaria. petekie. malas minum. an reksia. Saluran /erna3 distensi abd men.... trem r. purpura. hip re!leksi. perdarahan. bradikardi &. Akibatnya... Saluran na!as3 apn e. selang nas gastrik. *akteri yang dapat melalui jalur ini. . #n!eksi saat persalinan terjadi karena yang ada pada $agina dan ser$iks naik men/apai k ri n dan amni n. herpes. Selain /ara tersebut di atas in!eksi pada janin dapat terjadi melalui kulit bayi atau port de entre lain saat bayi melewati jalan lahir yang terk ntaminasi leh kuman.gonorrea. par titis. 4. hepatitis. na!as /uping hidung. Sistem syara! pusat3 iritabilitas. takipnu. b t l minuman atau d t. #n!eksi juga dapat terjadi melalui luka umbilikus )AsriningS. letargi. 9emat l gi3 #kterus. *eberapa kuman yang melalui jalan lahir ini adalah Herpes genetalis. splen megali. Perawat atau pr !esi lain yang ikut menangani bayi dapat menyebabkan terjadinya in!eksi n s k mil.antara lain $irus rubella. mani!estasi klinis dari sepsis ne nat rum adalah sebagai berikut. malas minum. in!us. muntah. hip tensi. merintih. Candida al ican. . #n!eksi yang terjadi sesudah kelahiran umumnya terjadi akibat in!eksi n s k mial dari lingkungan di luar rahim )misal melalui alat. retraksi. <ara lain. pernapasan tidak teratur.. selanjutnya kuman melalui umbilikus masuk dalam tubuh bayi.. sipilis. diare. dan t ks plasma.

dan #8%-ra untuk %-+ hari setelah mun/ulnya gejalaC #8( )atau #8%-ra '..&>. Tes lab rat rium yang dikerjakan adalah <BP. hitung neutr !il. #n!eksi pada selaput perut )peritonitis. kejang. mikr !rytrocyte Sedimentation %ate )7SB. Kegunaan klinis dari pertanda diagn stik yang ideal adalah untuk membedakan antara in!eksi bakteri dan $irus. jaundi/e.C <BP. petunjuk untuk penggunaan antibi tik. sit kin #8-(. Aejala-gejala lainnya dapat berupa gangguan perna!asan. menyebabkan terbatasnya pergerakan pada lengan atau tungkai yang terkena d. dan untuk menentukan pr gn sis. Pertanda hemat l gik yang digunakan adalah hitung sel darah putih t tal. <BP. memantau kemajuan peng batan. opistotonus )p sisi tubuh melengkung ke depan. denyut jantungnya lambat dan suhu tubuhnya turun-naik. tidak kuat menghisap. untuk deteksi antigen.. A-<S1. #n!eksi pada selaput ubun /.&>.Aejala sepsis yang terjadi pada ne natus antara lain bayi tampak lesu. nyeri tekan dan sendi yang terkena teraba hangat e. #n!eksi pada tulang )osteomielitis. k mbinasi petanda terbaik untuk mendiagn sis sepsis adalah sebagai berikut3 #8(. Saat ini.. atau a ses ota# menyebabkan k ma. dan hematological indices pada hari ke-'. #n!eksi pada persendian menyebabkan pembengkakan. #n!eksi pada tali pusar )omfalitis. TN1.Positive Pro a le $alue )PP6. tes /epat ) rapid test. atau pen nj lan pada ubun- . menyebabkan pembengkakan perut dan diare berdarah. dan dapat mendeteksi in!eksi pada tahap awal. rasi neutr !il imatur dengan neutr !il t tal )#3T. !. A<S1. pr kalsit nin. lebih dari . dan panel skrining sepsis. #8. #8( )atau A<S1 tak )meningitis. dan perut kembung Aejala dari sepsis ne nat rum juga tergantung kepada sumber in!eksi dan penyebarannya3 a. Pe"e#i saan Pen$n%ang Pertanda diagn stik yang ideal memiliki kriteria yaitu nilai cut off tepat yang ptimal. muntah. mendekati %''>. spesi!isitas lebih dari . menyebabkan keluarnya nanah atau darah dari pusar b. kemerahan. diare. neutr !il imatur. nilai diagn stik yang baik yaitu sesiti$itas mendekati %''>. kejang. "egative Pro a le $alue )NP6. dan hitung tr mb sit.

pungsi lumbal dengan analisa /airan serebr spinal )jumlah sel. maka diberikan <e!epim %'' mg5kg5hari diberikan + d sis atau Mer penem dengan d sis .C dan <BP pada hari-hari berikutnya untuk mem nit r resp ns terhadap terapi. -iberikan k mbinasi antibi tika g l ngan Ampisilin d sis +'' mg5kg **5+= jam i. ! t p l s dada. pemeriksaan darah dan <BP n rmal..m5i..Peng batan sup rti! meliputi 3 Term regulasi. k reksi metab lik asid sis. 8ama pemberian antibi tika %'-%= hari. kimia. Tabel . <BP tetap abn rmal. -ilakukan septi/ w rk up sebelum antibi tika diberikan )darah lengkap.$ dibagi + d sis )hati-hati penggunaan Netylmy/in dan Amin glik sida yang lain bila diberikan i. kultur darah. terapi hip glikemi5hiperglikemi.$ i. Apabila gejala klinik dan pemeriksaan ulang tidak menunjukkan in!eksi. tr mb sit. trans!usi tukar ksigen5$entilasi mekanik. &.dan hematological indices pada hari ke-%. +. Pada kasus meningitis pemberian antibi tika minimal +% hari. . d sis.'-=' mg5kg **5per hari i. urine dan !eses )atas indikasi.$ )dibagi + d sis untuk ne natus umur DE 4 hari dibagi . !eses lengkap.. ! t abd men. terapi kejang. trans!usi darah. menjelaskan sensiti$itas dan spesi!isitas dari berbagai uji lab rat rium. /airan serebr spinal. pemeriksaan <BP kuantitati!. (. Pemberian antibi tika diteruskan sesuai dengan tes kepekaannya . dan kultur darah negati! maka antibi tika diberhentikan pada hari ke-4. terapi plasma. @SA kepala dan lain-lain. . Pemeriksaan lain tergantung indikasi seperti pemeriksaan bilirubin.$ dan Amikasin dengan d sis %& mg5kg **5per hari i.. &. gula darah.$ harus dien/erkan dan waktu pemberian F sampai % jam pelan-pelan. penge/atan Aram. terapi sy k.m )atas indikasi khusus. urine. Apabila gejala klinik memburuk dan atau hasil lab rat rium meny k ng in!eksi. =.. lengkap. Penatala sanaan %.. dan Netylmy/in &'mino gli#osida( d sis 4 %5+ mg5kg **5per hari i.. analisa gas darah.

. hindari terdapat pembuluh-pembuluh dasar besar penggunaan al/ h l untuk k mpres. Pemberian antipiretik juga diperlukan untuk =. 9ipertermi sangat p tensial untuk menyebabkan kejang yang akan semakin memperburuk k ndisi pasien serta dapat menyebabkan pasien kehilangan banyak /airan se/ara e$ap rasi yang tidak diketahui jumlahnya dan dapat menyebabkan pasien masuk ke dalam k ndisi dehidrasi. Suhu tubuh berada dalam batas n rmal )Suhu n rmal .'-('G5menit. Kriteria 9asil %.'. Kriteria 9asil %.4 <. +.4 <. +.& -. leher dan lipatan paha aksila. Suhu tubuh berada dalam batas n rmal )Suhu n rmal . menyebabkan penurunan dan peningkatan panas se/ara drastis.& -. leher dan lipatan paha. M nit ring tanda-tanda $ital setiap dua Perubahan tanda-tanda $ital yang signi!ikan jam dan pantau warna kulit +. . #nter$ensi dan Basi nal INTER)ENSI RASI*NA+ %. 9ipertermia berhubungan dengan kerusakan / ntr l suhu sekunder akibat in!eksi atau in!lamasi a. !rekwensi napas ne natus n rmal . b. Kekurangan $ lume /airan berhubungan dengan kehilangan sekunder akibat demam a. Nadi dan !rekwensi napas dalam batas n rmal )Nadi ne natus n rmal %''-%. As e( Se(sis Neonato#$" %.(. *erikan k mpres denga air hangat pada K mpres pada aksila. *erikan antipiretik sesuai kebutuhan menurunkan panas dengan segera. Penggunaan al/ h l tidak dilakukan karena akan K lab rasi jika panas tidak turun. .' G5menit. yang akan membantu menurunkan demam.(. "bser$asi adanya kejang dan dehidrasi akan mempengaruhi pr ses regulasi ataupun metab lisme dalam tubuh.

untuk langkah k lab rasi dengan memberikan menjaga tubuh agar tidak terjadi hip termi antipiretik. . dan pertimbangkan untuk pada anak dibawah usia % tahun. "bser$asi adanya hipertermi. kejang 9ipertermi sangat p tensial dan dehidrasi.' G5menit. #nter$ensi dan Basi nal INTER)ENSI RASI*NA+ %.'-('G5menit. Ter/apai keseimbangan ai dalam suang interselular dan ekstraselular +. +. 9ipertermi yang terlalu lama tidak baik untuk tubuh bayi leh karena itu pemberian antipiretik diperlukan untuk segera menurunkan panas. . =. M nit ring tanda-tanda $ital setiap dua Perubahan tanda-tanda $ital yang signi!ikan jam dan pantau warna kulit akan mempengaruhi pr ses regulasi ataupun untuk metab lisme dalam tubuh.... . Ketidake!ekti!an per!usi jaringan peri!er berhubungan dengan penurunan $ lume bersirkulasi akibat dehidrasi a. Kriteria 9asil %. Nadi dan !rekwensi napas dalam batas n rmal )Nadi ne natus n rmal %''-%. se/ara tiba-tiba. *ayi mau menghabiskan AS#5PAS# +& ml5( jam b. misal dengan asetamin !en.+. Keadekuatan k ntraksi t t untuk pergerakan . menyebabkan kejang yang akan semakin memperburuk k ndisi pasien serta dapat menyebabkan pasien kehilangan banyak /airan se/ara e$ap rasi yang tidak diketahui jumlahnya dan dapat menyebabkan pasien masuk ke dalam k ndisi dehidrasi. !rekwensi napas ne natus n rmal . *erikan AS#5PAS# sesuai jadwal dengan Pemberian AS#5PAS# jumlah ditentukan pemberian yang sesuai jadwal telah diperlukan untuk men/egah bayi dari k ndisi lapar dan haus yang berlebih. *erikan k mpres hangat jika terjadi K mpres air hangat lebih / / k digunakan hipertermi.

+''4. . #nter$ensi dan Basi nal INTER)ENSI RASI*NA+ %... pantau perbedaan ketajaman5tumpul dan +.edema.d / *erk w J *eers. #nter$ensi dan Basi nal INTER)ENSI RASI*NA+ %. hem gl bin. Akses internet dihttp355debussy. pantau status /airan =. Sepsis. +. pengisian peri!er. parestesia . mengetahui sensasi peri!er./ m5ilmiahHp pular5+''('++' %uyr. PK3 Tr mb sit penia a. Pantau tanda tau gejala pendarahan Pemantauan se/ara k nstan sangat sp ntan atau perdarahan hebat 3 ptekie.. Ne natal Pr blems 3 Sepsis Ne nat rum. kemungkinan panas5dingin . Tujuan Perawat akan menangandi dan mengurangi k mplikasi penurunan tr mb sit.Iilmiahp pular. -A1TAB P@STAKA An nim. tes k agulasi Nilai ini membantu menge$aluasi resp n dan jumlah tr mb sit klien terhadap peng batan dan resik terhadap pendarahan akibat dari sepsis. b.pediatrik. Tingkat pengaliran darah melalui pembuluh ke/il ekstermitas dan memelihara !ungsi jaringan b. meningkatkan sirkulasi arteri dan $ena nadi peri!er. warna. +.h n.. dibutuhkan untuk menjamin deteksi dini ekim sis. Pantau 0-8. hemat ma sp ntan. mengetahui keseimbangan antara asupan dan haluaran mempengaruhi !ungsi jantung.. Pantau tanda perdarahan sisemik atau Perubahan pada hip $ lemia. dan suhu ekstremitas. Akses internet di http355www. perawatan sirkulasi )misalnya periksa %. %224./h5/gi-bin5!indK%LsubmitLsepsisHne nat rum . adanya epis de perdarahan ksigen sirkulasi akan perubahan tanda-tanda $ital.

Diagnosa )epera*atan.u#u 'cuan "asional Pelayanan )esehatan /aternal Dan "eonatal.bl gsp t. 7rni.gi! disusun leh #ndri -iyah bersama kel mp k &A keperawatan maternitas 1KP @NA#B Prawir hardj . +'''. -lmu )e idanan. Askep pada Sepsi Ne nat rum. 80. N $riani.. .ind nesiaind nesia. Sepsis Sepsis Ne nat rum./ m5+''. %222 ./ m5+''. .%encana 'suhan )epera*atan.<arpenit . 0akarta 3 *ina Pustaka Prawir hardj .5%+5kepanak-sepsis.0akarta 3 7A<. +'''.. Akses internet dihttp355$iethanurse. dkk. +''.. Sarw n . +''4. +''.html Sepsis Ne nat rum.5%+5'%5askep-pada-sepsis-ne nat rum5 .eng es.pediatrik. 'pli#asi pada Pra#te# )linis. +''. dihttp355www./ m5artikel5sepsis-ne nat rium di http355/em lgadisAkses internet melayu. Sarw n . !disi ./ m5imagesHgreenish5mis/5na$bitsH!inallink.w rdpress.. +''4. Nur/ahy . Agus. Akses #nternet Akses internet dihttp355www. !disi + . Ne nat rum. 0akarta 37A< 9ariant . 0akarta 3 *ina Pustaka 6ietha.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful