1) 2) 3

)

IDENTITAS KLIEN: An. R (Pr) 10 bulan DIAGNOSA MEDIS: Diare DATA FOKUS An. R, perempuan, usia 10 bulan dibawa oleh keluarga ke IGD dengan keluhan diare selama ! ("iga) hari, ra"a#ra"a 10 kali$hari, konsis"ensi %e&es &air dengan sediki" ampas, mun"ah 1 kali, ba"uk pilek selama ' (lima) hari, dan demam (( hari). ))* +D 12( kali$meni", RR !2 kali$meni", ) !,°-. .. / kg dan pan0ang badan /' &m. 1asil pemeriksaan %isik diperoleh da"a ma"a &ekung, "urgor buruk, mukosa bibir kering, kon0un&"i2a anemis, ada dis"ensi abdomen, dan kemerahan pada area perianal.

4) ou"pu" 5)

DIAGNOSA KEPERAWATAN 3ekurangan 2olume &airan berhubungan dengan ke"idakseimbangan an"ara in"ake dan ANALISA SINTESA PROSEDUR TINDAKAN

Diare selama ! hari ra"a#ra"a 10 kali$hari, mun"ah 1 kali 4 3ekurangan 2olume &airan "ubuh 4 )ubuh lemas, ma"a &ekung, mukosa bibir kering 4 Dapa" diban"u pemenuhan &airan dengan pemberian &airan in%us

6)

TINDAKAN KEPERAWATAN YANG DILAKUKAN: Pemberian &airan melalui in%us

7)

TUJUAN TINDAKAN: 5emenuhi kebu"uhan &airan dan elek"roli", sebagai "indakan pengoba"an dan pemberian nu"risi paren"eral.

Pilih 0arum I* 6ang "epa" a"au o2er "he needle &a"he"er (9+-) Rasional memban"u pungsi 2ena dan memasukkan &airan I* Pilih "empa" dis"al 2ena 6ang digunakan Rasional 0ika "er0adi kerusakan 2ena. ke0ernihan. menggunakan lima benar pemberian oba". d. Rasional laru"an I* adalah oba" dan harus diperiksa dengan ha"i#ha"i un"uk mengurangi resiko kesalahan. kandungan par"ikel a"au 6ang "elah kadaluwarsa un"uk "idak digunakan. pasien b. Pas"ikan adi"i% 6ang diresepkan seper"i kalium dan 2i"amin "elah di"ambahkan. %. h. PRINSIP TINDAKAN DAN RASIONAL Pro"eksi diri dengan masker dan hands&oon s"eeril Rasional meminimalkan resiko kon"aminasi. lepaskan lapisan plas"ik dia"as por" selang I*. g. 8n"uk pemberian &airan I*. a"ur ke&epa"an aliran sampai "e"esan 6ang "epa" permeni" sesuai program Rasional memper"ahankan ke&epa"an "e"esan aliran laru"an I* 6ang "epa" . e. dan &egah masukn6a kuman ke "ubuh 7elaskan prosedur 6ang akan dilakukan Rasional pasien "idak bingung dengan "indakan 6ang akan dilakukan dan sebagai 5enghubungkan &airan dan in%us se" dengan menusukkan kedalam bo"ol in%us (&airan) dengan ha"i#ha"i Rasional agar lebih memudahkan dalam memasang in%us in%ormed &onsen" &. Isi &airan kedalam in%us se" dengan menekan bagian ruang "e"esan hingga ruangan "e"esan "erisi sebagian dan membuka "u"up hingga selang "erisi dan udara selang keluar.8) a. periksa laru"an "erhadap warna. Periksa laru"an. 8n"uk kan"ung laru"an I* plas"ik. hal "ersebu" membaha6akan pasien. 7ika menggunakan laru"an I* dalam bo"ol. "empa" proksimal dari 2ena 6ang sama masih bisa digunakan i. dan "anggal kadaluwarsa. lepaskan penu"up logam dan lempeng kare" dan logam dibawah penu"up. Rasional selang 6ang masih "erisi udara akan menimbukan emboli udara dan masuk pada pembuluh darah. Rasional memungkinkan masukn6a slang in%us kedalam laru"an.

9) a) BAHAYA YANG MUNGKIN TERJADI AKIBAT TINDAKAN TERSEBUT DAN ARA PEN EGAHANNYA Resiko in%eksi (plebi"is) pada daerah 6ang dipasang in%us An"isipasi gan"i in%us se"elah "iga hari dengan in%us 6ang baru b) 8dem pada 0aringan seki"ar pemasangan in%us An"isipasi pas"ikan 0arum masuk pada pembuluh darah 2ena .