TUGAS PP BIO

MEMBUAT RUMUSAN INDIKATOR, TUJUAN, DAN INSTRUMEN PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN

RINI MADHAWATI 4401411010 ROMBEL 2 PENDIDIKAN BIOLOGI ROMBEL 2 PENDIDIKAN BIOLOGI

11/4/2013

konseptual. serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah KI 4 : Mengolah. seni. kebangsaan. dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri. dan peradaban terkait fenomena dan kejadian. budaya. santun. dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan Rini Madhawati| 4401411010 | Rombel 2 | Pendidikan Biologi .Sekolah Mata pelajaran Kelas/semester Pertemuan keKonsep Alokasi waktu : : : : : : SMA N 1 KEBUMEN Biologi X/2 (genap) 10 Perubahan Lingkungan/Iklim Dan Daur Ulang Limbah 4 minggu x 4 JP KOMPETENSI INTI KI 1 KI 2 : : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur. damai). disiplin. prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan. menganalisis pengetahuan faktual. peduli (gotong royong. kerjasama. teknologi. tanggung jawab. kenegaraan. menalar. responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia KI 3 : Memahami. dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan. menerapkan. toleran.

3. disiplin. diskusi. 2.3 Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup. 4. cinta damai. penipisan lapisan ozon dan efek rumah kaca apa penyebannya dan bagaimana mencegah dan menanggulanginya.1 Berperilaku ilmiah: teliti. responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium 3. dan area pergaulan siswa.1 Menganalisis data perubahan lingkungan dan dampak dari perubahan perubahan tersebut bagi kehidupan. peduli lingkungan.KOMPETENSI DASAR 1. Melakukan percobaan polusi air /udara untuk menemukan daya tahan makhluk untuk kelangsungan kehidupannya. tanggung jawab. tekun. 4.1 Memecahkan masalah lingkungan dengan membuat desain produk daur ulang limbah dan upaya pelestarian lingkungan. Menyimpulkan hasil pengamatan. berpendapat secara ilmiah dan kritis. Rini Madhawati| 4401411010 | Rombel 2 | Pendidikan Biologi . sekolah. bekerjasama. 2. INDIKATOR 1. Membuat usulan / himbauan tindakan nyata pelestarian lingkungan dan hemat energi yang harus dilakukan di tingkat sekolah dan tiap individu siswa yang dilakukan di rumah. 6. Menjelaskan tentang kerusakan lingkungan dan daur ulang limbah yang terjadi di sekitar tempat tinggalnya. pengumpulan informasi serta studi literature tentang dampak kerusakan lingkungan penyebab. gotong royong. 5. menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya. Menemukan faktor penyebab terjadinya kerusakan lingkungan di berbagai laporan media. berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi. dan peduli dalam observasi dan eksperimen. Mendiskusikan tentang pemanasan global. jujur terhadap data dan fakta. pencegahan serta penanggulangannya.

memilih bahan. Siswa mampu menjelaskan tentang kerusakan lingkungan dan daur ulang limbah yang terjadi di sekitar tempat tinggalnya melalui presentasi secara lisan di depan kelas. Siswa mampu membuat usulan / himbauan tindakan nyata pelestarian lingkungan dan hemat energi yang harus dilakukan di tingkat sekolah dan tiap individu siswa yang dilakukan di rumah. tulisan. pencegahan serta penanggulangannya. diskusi. Siswa mampu melakukan percobaan polusi air /udara untuk menemukan daya tahan makhluk hidup untuk kelangsungan kehidupannya dengan menggunakan berbagai eksperimen di laboratorium. menaksir harga satuan produk yang dihasilkan. 2. 5. Membuat laporan media informasi populer tentang kerusakan alam yang terjadi di wilayahnya baik laporan lisan. Rini Madhawati| 4401411010 | Rombel 2 | Pendidikan Biologi . Siswa mampu menjelaskan secara diskusi panel tentang pemanasan global. pengumpulan informasi serta studi literature tentang dampak kerusakan lingkungan penyebab. Proyek Membuat karya daur ualng limbah dari mulai mendesain. apa penyebannya dan bagaimana mencegah dan menanggulanginya. INSTRUMEN PENILAIAN 1. membuat. atau lukisan/banner/poster. 4.TUJUAN PEMBELAJARAN 1. dan area pergaulan siswa dalam bentuk desain produk daur ulang limbah 6. 3. Siswa mampu menemukan faktor penyebab terjadinya perusakan di berbagai laporan media mengenai perusakan lingkungan melalui diskusi kelompok. dalam bentuk video. mengkomunikasikan hasil karya. penipisan lapisan ozon dan efek rumah kaca. sekolah. Siswa mampu menyimpulkan hasil pengamatan.

..2.. Bacalah terlebih dahulu tujuan secara cermat... 6. kemudian siapkan format data yang diharapkan dari setiap langkah kerja yang dilakukan! 4... Olah data yang diperoleh. kemudian lakukan identifikasi ketelitian alat ukur! 3.. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.... kemudian lakukan persiapan sesuai dengan tujuan! 2. dan merefleksikan diri terhadap perilaku pengrusakan lingkungan 3. berdiskusi. Rini Madhawati| 4401411010 | Rombel 2 | Pendidikan Biologi . kemudian catat data dalam format yang sudah disiapkan! 5..... Portofolio Usulan/ide/gagasan tindakan nyata upaya pelestarian lingkungan dan budaya hemat energy 4. Lakukan langkah kerja dengan cermat dan teliti...... Observasi Siswa Sikap ilmiah dalam mengamati. membuat karya..... Tes Pemahaman tentang konsep kerusakan lingkungan dan upaya pelestarian dengan menggunakan bagan/diagram konsep-konsep baru tentang pelestarian lingkungan dan pembuatan produk daur ulang INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK Petunjuk Kerja: 1.. Susun langkah kerja.. kemudian sajikan secara sistematis! Lakukan analisis terhadap pengolahan data kemudian buatlah kesimpulan berdasarkan analisis data! Tujuan: Mendesain dan menghasilkan produk daur ulang Waktu dan Tempat Waktu percobaan : ...

...... Setelah mendapatkan salah satu jenis sampah.................. 1.................................................................................................. ................................................... dst.............................................. macam-macam sampah 4............ kembali. 5. Hasil Design dan Produk Daur Ulang (berupa gambar atau diagram alir) Rini Madhawati| 4401411010 | Rombel 2 | Pendidikan Biologi ........................................................ 8.................... .................... untuk dimanfaatkan dan diolah menjadi produk yang bermanfaat.......... .......................................... desainlah sampah tersebut 5... 7................ sarung tangan 3... ... pilihlah salah satu sampah 4............ .................... masukkan ke dalam kantong 2...... plastik! Pisahkan sampah tersebut menurut jenisnya! Dari sampah-sampah yang sudah dikelompokkan.. dst....... Langkah Kerja Ambillah sampah yang ada di sekitar pasar............... 7..........................Tempat percobaan : ............. kantong plastik 2........... 9..... 3. 10........ Buatlah sampah tersebut menjadi suatu produk yang dapat digunakan 6....... ............ 6......... menjadi suatu produk....................................................... ............................... Bahan dan Alat 1....................

diskusikan dan tuliskan hasilnya dalam bentuk poster! Buatlah solusi alternatif untuk mengatasi dan metode mendaur ulang limbah tersebut! Presentasikan hasilnya secara lisan! No. Usulan tindakan nyata upaya pelestarian lingkungan dan budaya energy hemat Keterangan Rini Madhawati| 4401411010 | Rombel 2 | Pendidikan Biologi . Aspek yang diamati Siswa mencari informasi Siswa melakukan pengamatan Siswa mendiskusikan bersama teman Siswa menuliskan hasil pengamatan dalam bentuk poster Skor (0-10) 5. 4.INSTRUMEN OBSERVASI SISWA Carilah informasi mengenai limbah-limbah yang ada disekitar lingkunganmu.. memilih usulan dengan topik usulan yang diberikan 1. 3. 1. Lakukan pengamatan. Siswa menemukan solusi mengatasi lombah Siswa menemukan metode daur ulang limbah Siswa mempresentasikan hasil secara lisan INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO No. 6. 7. Kompetensi Dasar Periode Kriteria skor aspek yang dinilai 0-10 Ketepatan Kesesuaian Kejelasan dst. 2.

sekolah. Jelaskan cara pencegahan dan pemulihan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh: a. Apa saja tindakan pelestarian lingkungan dan hemat energi yang harus dilakukan di tingkat sekolah dan tiap individu yang dilakukan di rumah. Jelaskan yang dimaksud dengan: a. Efek rumah kaca 6. polusi udara b. Pemanasan global b. Berikan contoh ketidakseimbangan lingkungan yang terjadi de sekitar tempat tinggal! 3. Penipisan lapisan ozon c. polusi air c.INSTRUMEN PENILAIAN TES (dapat berupa soal pilihan ganda dan essay) 1. dan area pergaulan? Rini Madhawati| 4401411010 | Rombel 2 | Pendidikan Biologi . Apa saja jenis-jenis limbah serta apa pengaruhnya terhadap kesehatan dan perubahan lingkungan? 5. Apa yang dimaksud dengan ketidakseimbangan lingkungan dan apa saja penyebabnya? 2. polusi tanah 4.