BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Program sekolah merupakan suatu pedoman, petunjuk arah, dan penggerak yang menentukan semua aktivitas yang ada di sekolah. Bermutu atau tidaknya suatu kegiatan sekolah sangat tergantung pada program yang dibuat. Apabila program sekolahnya baik maka kegiatan-kegiatan sekolahnya pun akan baik, dan begitu pula sebaliknya apabila program sekolahnya tidak bermutu maka sudah barang tentu kegiatan-kegiatan sekolahnya tidak akan bermutu pula. Berkaitan dengan program sekolah ini sangat berkaitan dengan ketercapaian tujuan pendidikan. Perlu diketahui bahwa semua kegiatan yang dilakukan di sekolah yang merupakan realisasi dari program sekolah yang telah dibuat, semua itu harus bermuara pada satu titik yakni tercapainya tujuan pendidikan sebagaimana yang diharapkan. Berdasarkan pada uraian di atas tampak jelas bahwa program sekolah sangat penting dalam dunia persekolahan. Oleh karena itulah, mengingat pentingnya program sekolah, maka untuk menjaga mutu dan pengembangannya ke arah yang lebih baik, program sekolah ini harus selalu dievaluasi secara berkelanjutan. Sehingga dengan dilakukannya evaluasi yang kontinyu, dari waktu ke waktu program sekolah akan semakin bermutu. ari hasil evaluasi inilah, dapat dilakukan perbaikan-perbaikan, pengembangan, dan peningkatan program sekolah sehingga akan semakin sempurna sesuai dengan tuntutan dan harapan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. ikemukakan oleh Akhmad Sudrajat !" #ebruari $%&%, 'ersedia ( akhmadsudrajat.wordpress.com) bahwa evaluasi program di sekolah dapat ber*ungsi untuk dijadikan sebagai feed back dalam rangka memperbaiki dan mengembangkan program, serta dapat memberikan in*ormasi tentang perkembangan dan ketercapaian program untuk selanjutnya digunakan untuk meningkatkan mutu program berikutnya. Sesuai dengan uraian-uraian di atas itulah pada kesempatan ini dilakukan evaluasi terhadap program kerja sekolah yang telah dibuat di S+B ,uhammadiyah Banjarsari pada tahun pelajaran $%&%-$%&&.

B. Tujuan 'ujuan dilakukannya evaluasi program sekolah ini adalah ( &. Sebagai diagnosa untuk mengetahui program-program yang tidak tepat atau masih kurang bermutu yang selanjutnya dijadikan dasar untuk melakukan perbaikan-perbaikan, dan sekaligus untuk mengetahui program-program sekolah yang telah dipandang baik sehingga perlu terus dikembangkan. $. .ntuk mengetahui hambatan, kelemahan, dan masalah yang menyebabkan tidak tercapainya program kerja sekolah sehingga akan memudahkan langkah kerja tahun berikutnya. ". .ntuk menjaga mutu program sekolah agar semakin baik dan tetap up to date sesuai dengan keberadaan siswa dan juga relevan dengan tuntutan masyarakat yang selalu berkembang dengan cepat. C. Sasaran Sasaran dalam pelaksanaan evaluasi ini adalah tertuju pada semua program kerja tahunan S+B ,uhammadiyah Banjarsari /ab. 0iamis yang mencakup 1 bidang program yaitu ( bidang kurikulum, kesiswaan, ketenagaan, sarana dan prasarana, humas, keuangan, dan program manajemen.

BAB II PROFIL SEKOLAH A. V s 2isi S+B ,uhammadiyah Banjarsari adalah ( 3.nggul kemandirian anak berkebutuhan khusus.3 B. ! s ( &. $. ". 4. 5. 6. ,enciptakan siswa berkebutuhan khusus yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. ,emberikan kesempatan belajar kepada anak-anak berkebutuhan khusus. ,embantu anak berkebutuhan khusus dalam mengatasi masalah kelainannya. ,embekali siswa berkebutuhan khusus dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. ,embekali siswa berkebutuhan khusus dengan keterampilan kerja. ,endorong kreativitas dan kemandirian para siswa. .ntuk mewujudkan visi, misi tersebut di atas ditempuh dengan beberapa strategi sebagai berikut ( &. $. ". 4. ,endidik dan membiasakan anak dalam kehidupan yang agamis, serta menciptakan lingkungan yang kondusi* bagi kehidupan agamis . ,elakukan sosialisasi dan penjaringan anak berkebutuhan khusus. ,emberikan terapi kepada anak berkebutuhan khusus sesuai dengan kelainannya. ,enyediakan *asailitas yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan. C. Tujuan 'ujuan sekolah yang ingin dicapai adalah ( &. $. ". ,embentuk siswa yang beriman dan takwa kepada 'uhan 7ang ,ahaesa. ,embentuk siswa yang memiliki akhlak mulia dan berbudi pekerti yang luhur. ,embentuk siswa yang memiliki ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. dalam mengembangkan life skill melalui pembelajaran yang bermutu menuju

keterampilan. 6. Adapun tujuan umum tiap jenjang pendidikan adalah sebagai beruikut " &. serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. kepribadian.embentuk siswa yang kreati* dan mandiri. alam Standar Sarana dan Prasarana bahkan diwajibkan bahwa setiap sekolah harus memiliki sarana yang mencakup perabot. Bidang /urikulum Bidang /urikulum.A+B bertujuan untuk ( 3. S. akhlak mulia. /egiatan Belajar .eningkatkan kecerdasan.3 $. $. Pelaksanaan Pr#gra$ Kerja Sek#la% Ta%un &'(')&'(( alam poin ini akan membahas tentang pelaksanaan program kerja sekolah tahun $%&%-$%&& yang secara umum meliputi ( &.eletakkan dasar kecerdasan. didalamnya termasuk administrasi siswa. 8amun ketenagaan yang sudah terpenuhi baru tenaga guru dengan sitim guru kelas. Sarana dan Prasarana Sarana dan Prasarana. Petugas Perpustakaan. pengetahuan.4. Penjaga Sekolah. Penelitian dan sebagainya. dan sebagainya. .3 D. Petugas +abotarium. sarana mencakup alat-alat yang digunakan untuk administrasi.saha.P+B bertujuan untuk ( 3. kegiatankegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka. bahan habis pakai.emgajar. serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. 4. buku dan sumber belajar lainnya. Bidang /esiswaan Bidang /esiswaan. BP. menyangkut masalah teknis edukati* dan kegiatan belajar mengajar. S +B dan S. . kepribadian. .embentuk siswa yang memiliki life skill sebagai bekal untuk hidup di masyarakat. ". media pendidikan. pengetahuan.emberikan terapi atas hambatan yang dimiliki para siswa. . serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. peralatan pendidikan. kesenian dan olah raga. 5. Bidang /etenagaan Bidang /etenagaan meliputi tenaga guru. akhlak mulia. . tenaga 'ata ./S.

ruang guru. intansi-intansi lain. dan pelaporannya. ruang unit produksi. pengorganisasian. tempat berkreasi. controlling. 0iamis pada tahun $%&%-$%&& yang sudah dilaksanakan dituangkan dalam tabel sebagai berikut ( . ruang laboratorium. ruang kepala sekolah. /euangan Pembiayaan menyangkut keperluan-keperluan dana. /egiatan-kegiatan yang dilakukan dalam pengelolaan itu mencakup perencanaan. dalam rangka sosialisasi sekolah. ruang bengkel kerja. :umas :ubungan kerja sama dengan masyarakat. dan ruang lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. ruang perpustakaan.uhammadiyah Banjarsari /ab. evaluating).anajemen dimaksud di sini adalah pengelolaan terhadap ke enam poin bidang program kerja sebagaimana tercantum di atas. &9 'ahun $%%5 pasal 4$ ayat & dan $). 6. ruang kelas. . ruang '. tempat berolah raga. actuating.anajemen . . pengelolaan dana.. ruang kantin. penggerakan. sumber-sumber dana. maupun dalam usaha peningkatan partisipasi masyarakat untuk menunjang kelancaran kegiatan sekolah. +ebih jelasnya rincian Program /erja S+B . dan evaluasi !planning. 1. tempat beribadah. organizing.Sedangkan tentang prasarana dikemukakan bahwa setiap satuan pendidikan diwajibkan memiliki prasarana yang meliputi lahan. 5. meliputi komunikasi dengan masyarakat.elalui pengelolaan ini semua sumber daya yang ada akan berdayaguna secara e*ekti* dan e*isien dalam rangka mencapai tujuan pendidikan sebagaimana yang diharapkan. pengawasan. !PP 8o. tempat bermain.

inovati*. sumati*. e*ekti*. &.". CIA!IS TAHUN &'('-&'(( BIDAN* PRO*RA! (1) &.emiliki dokumen penilaian yang rapi. $% 'ahun $%%1 &. &.RINCIAN PRO*RA! KER+A SLB !UHA!!ADI.$ 'ersedianya bank soal yang bermutu. $$ tahun $%%6) . 4& 'ahun$%%1) Standar Penilaian Pendidikan !Permendiknas 8o."." .$ Pelaksanaan /egiatan Belajar .si !Permendiknas 8o. $" 'ahun $%%6) Standar Proses !Permendiknas 8o.S. SUB BIDAN* PRO*RA! BIDAN* PRO*RA! INDIKATOR KEBERHASILAN PRO*RA! ACUAN PRO*RA! . dan ").S/+ !Permendiknas 8o.engajar &. dan menyenangkan.& Penyusunan /urikulum sekolah INDIKATOR KEBERHASILAN PRO*RA! (3) .Standar .8-. $." Pelaksanaan Penilaian 'erciptanya pembelajaran akti*.". ACUAN PRO*RA! (4) .emiliki dokumen kurikulum sekolah yang lengkap !dokumen &. dan .AH BAN+ARSARI KAB. /urikulum SUB BIDAN* PRO*RA! (2) &. &.& 'erlaksannya test *ormati*. kreati*.

$. tingkat kelainan dan karakteristik peserta didik.& Penerimaan Peserta idik Baru (3) $.6 Pelaksanaan <ekreasi.Standar Proses !Permendiknas 8o.& 'umbuhnya semangat dan kreativitas siswa sesuai dengan bakat dan minatnya. dan /eterammpilan) $. /esenian.&. 'erlaksananya rekreasi yang dapat menjalin kebersamaan dan kekeluargaan. 4& 'ahun$%%1) $. Olah <aga. Siswa menerima beasiswa atau Bagus.&.S/+ !Permendiknas 8o.4. $$ tahun $%%6) .& Pembagian tugas guru. /etenagaan SUB BIDAN* PRO*RA! (2) 5.$ Peserta didik memiliki keterampilan sesuai dengan bakat dan minatnya.$ Pelaksanaan assessment $.&.&.4. $.1 Penyusunan Administerasi /esiswaan BIDAN* PRO*RA! (1) 5. 'ersusunnya administerasi kesiswaan yang lengkap dan rapi. INDIKATOR KEBERHASILAN PRO*RA! (3) Adanya tugas guru yang jelas dan tepat. iketahuinya jenis.& Pendidik ( 5.4 Pelaksanaan ekstra kurikuler !Pramuka.Standar .5 Pengusulan beasiswa dan Bagus $. /esiswaan (2) $.si !Permendiknas 8o. $. $" 'ahun $%%6) ." Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan $. $.(1) $. (4) . 'eratasinya masalah-masalah yang dihadapi peserta didik.$ 'erlaksananya sistem PP B yang teratur. $.& Adanya pedoman PP B yang jelas." 'erlaksananya masa orientasi peserta didik baru secara e*ekti* dan e*isien. ACUAN PRO*RA! (4) Standar Pendidik dan 'enaga /ependidikan .

SUB BIDAN* PRO*RA! (2) 4.$. &6 tahun $%%1) >. penataran. ".& 'erlaksananya diklat. !Permendiknas 8o. BIDAN* PRO*RA! (1) 4.& Pembinaan guru melalui supervisi.".& Pengusulan kenaikan pangkat guru Pengusulan tunjangan kesejahrteraan guru. =uru memahami dan menyadari akan tugas dan tanggung jawabnya.$ =uru memahami kompetensi guru dan melaksanakannya dalam keseharian.& =uru mengikuti diklat. Sarana dan Prasarana 4. INDIKATOR KEBERHASILAN PRO*RA! (3) Adanya sarana dan prasarana yang terawat dengan baik.& Pemeliharaan sarana dan prasarana.&. dll.& 'enaga /ependidikan ( &%. dll. 'ersedianya sarana meubelair yang layak.".$ .& 9. &%. 8aiknya pangkat dan kesejahteraan tenaga kependidikan !dalam hal ini kepala sekolah).&. ".sul penambahan sarana meubelair. ".$ Pengusulan kenaikan pangkat tenaga kependidikan.".& Peningkatan pro*esionalisme tenaga kependidikan. iterimanya 'PP bagi guru P8S dan insenti* bagi guru sukwan.&. Peningkatan pro*esionalisme guru.6. ". penataran.$ ipahaminya kompetensi kepala sekolah dan melaksanakannya dalam keseharian.&.&.& 1. ".&.".&. 8aiknya pangkat dan kesejahteraan guru.&. ACUAN PRO*RA! (4) .&.

4. ketertiban. Adanya kerjasama dan dukungan dari instansiinstansi terkait.elaksanakan sosialisasi sekolah ke masyarakat. 'erwujudnya keamanan dann kenyamanan sekolah untuk berlangsungnya proses pembelajaran.5 Pengembangan program 6 / !keamanan. kekeluargaan. 4. keindahan." .4 Penambahan buku-buku pembelajaran.$ . 'erinventarisasinya sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah dengan baik. :umas SUB BIDAN* PRO*RA! (2) 5. dan kerindangan). 'ersedianya sarana buku-buku sumber dan buku pedoman yang diperlukan dalam melaksanakan pembelajaran. 4.eningkatkan hubungan dengan instasi-instansi terkait." .eningkatnya pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pengtingnya pelayanan ACUAN PRO*RA! (4) Standar Pengelolaan !Permendiknas 8o.sul pengadaan sarana keterampilan handcraft. 5. &9 tahun $%%1) .& /oordinasi rutin dengan yayasan. 5. BIDAN* PRO*RA! (1) 5.6 Pembuatan administerasi sarana dan prasarana. 'ersedianya sarana keterampilan handcra*t yang lengkap. kebersihan. INDIKATOR KEBERHASILAN PRO*RA! (3) 'erwujudnya hubungan yang harmonis dengan yayasan. . 4.

dan akuntabel.enentukan biaya pembelanjaan sesuai Pembelanjaan dana sesuai dengan peruntukannya dengan <APBS yang telah dibuat. . 8asional Pendidikan.eningkatnya ketersediaan dan peman*aatan sarana dan prasarana secara optimal. 'erpenuhinya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang pro*esional. 6. dan instansi terkait di tingkat daerah. Adanya rencana pembelanjaan yang jelas dan Standar Pembiayaan tepat. dan instansi terkait di daerah. 'erwujudnya hubungan sekolah dan masyarakat Standar Pengelolaan !Permendiknas 8o.5 Pengelolaan humas. e*isien.anajemen Sekolah 1. 6.$ Pengelolaan kesiswaan.& Pengelolaan kurikulum." Pengelolaan ketenagaan. &9 tahun $%%1) .& Penyusunan <APBS Adanya kerjasama dan dukungan dari masyarakat sekitar.4 Pengelolaan sarana dan prasarana.pendidikan bagi AB/. sesuai dengan <APBS yang telah ditetapkan.$ Pengusulan dana BOS 'erealisasinya penyediaan dana dari BOS. e*ekti*.4 Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan lingkungan sekolah dan pemerintahan 6. /euangan setempat. 'erealisasinya pengelolaan kesiswaan yang teratur dan sistimatis. pemerintahan setempat. 1. 5. . 'erwujudnya pengelolaan dana yang transparan. 1. 1." .4 Penyusunan +P? 1. . 6. 6. 'erlaksananya pengembangan kurikulum sekolah yang sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum mengacu pada tuntutan Standar 1.

'erpenuhinya kebutuhan keuangan dengan pendayagunaan yang terencana. BIDAN* KURIKULU! &..6 Pengelolaan keuangan...yang harmonis dan bersinergi dalam mendukung 1. okumen .AKTU PELAKSANAAN SLB !UHA!!ADI.AH BAN+ARSARI KAB.& Penyusunan /urikulum sekolah ! okumen . pengembangan pendidikan di sekolah. dan okumen .. CIA!IS TAHUN &'('-&'(( SE!ESTER I Agustus Se/te$0er N#/e$0er Dese$0er Okt#0er +anuar +ul SE!ESTER II !aret A/r l Fe0ruar +un !e NO. KO!PONEN PRO*RA! KETERAN*AN (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12) (13) (14) (15) . serta akuntabel.. tepat sasaran. dan transparan.) @ 'erlaksana dengan baik dan perlu lebih disempurnakan lagi . PRO*RA! KER+A SEKOLAH DAN ALOKASI .

S) .4 Pelaksanaan ekstra kurikuler !Pramuka. /esenian.engajar &. sumati*. @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ 'erlaksana dengan baik 'erlaksana dengan baik dan perlu lebih ditingkatkan 'erlaksana dengan baik Perlu ditingkatkan lagi Perlu ditingkatkan lagi 'erlaksana dan perlu terus dikembangkan 'erealisasi dengan baik 'erlaksana dengan baik 'erlaksana dengan baik @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ . ". ".& Pendidik ( ".&." Pelaksanaan Penilaian !*ormati*.AAN $.&. dan . $. dan /eterammpilan) $.&.$ 'enaga /ependidikan ( ".$ Pembinaan guru melalui supervisi. ".&..4 Pengusulan kenaikan pangkat guru ".& Pembagian tugas guru ." Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan $. BIDAN* KESIS.$ Peningkatan pro*esionalisme kinerja guru.&.8-.5 Pengusulan tunjangan kesejahrteraan guru.5 Pengusulan beasiswa dan Bagus $.6 Pelaksanaan <ekreasi.1 Penyusunan Administerasi /esiswaan BIDAN* KETENA*AAN ".& Peningkatan pro*esionalisme tenaga kependidikan.&.& Penerimaan Peserta idik Baru $. @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ 'erlaksana dengan baik 'erlaksana dengan baik 'erlaksana dengan baik dan perlu ditingkatkan terus 'erlaksana dengan baik 'erlaksana dengan baik @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ 'erlaksana dengan baik dan perlu ditingkatkan terus ..$ Pelaksanaan /egiatan Belajar .$ Pelaksanaan assessment $.. Olah <aga. ".$.

sul pengadaan sarana keterampilan handcraft.sul penambahan sarana meubelair.& Penyusunan <APBS 6. dan instansi terkait di daerah. 4." .eningkatkan hubungan dengan instasiinstansi terkait.elaksanakan sosialisasi sekolah ke masyarakat. 4. kekeluargaan.$ Pengusulan kenaikan pangkat .$ .4 Penambahan buku-buku pembelajaran.2 tenaga kependidikan." . kebersihan. BIDAN* HU!AS 5.& /oordinasi rutin dengan yayasan. keindahan. 4.6 Pembuatan administerasi sarana dan 2 prasarana.$ .". setempat. BIDAN* KEUAN*AN 6. 4. dan kerindangan).& Pemeliharaan sarana dan prasarana.5 Pengembangan program 6 / !keamanan. 5. 5. ketertiban.$ Pengusulan dana BOS @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ 'erlaksana dan pelayanan perlu ditingkatkan lagi 'erlaksana dengan baik 'erealisasi dengan baik 'erealisasi dengan baik 'erlaksana dengan baik Perlu dipertahankan dan @ @ @ @ @ dikembangkan lebih baik Perlu dipertahankan dan ditingkatkan @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ Berjalan dengan baik Perlu dipertahankan dan ditingkatkan Perlu dikembangkan terus menerus dan lebih baik 'erlaksana dengan baik dan perlu dipertahankan @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ 'erlaksana dengan baik 'erealisasi dengan baik . 4.$. BIDAN* SARANA DAN PRASARANA 4. 5.4 Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan lingkungan sekolah dan pemerintahan 2.

@ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ @ 'erlaksana dengan baik 'erlaksana dengan baik Perlu terus ditingkatkan Perlu terus ditingkatkan Perlu terus ditingkatkan Perlu terus ditingkatkan Perlu terus ditingkatkan Perlu terus ditingkatkan 2.enentukan biaya pembelanjaan sesuai dengan <APBS yang telah dibuat. 1. KO!PONEN PRO*RA! DESKRIPSI KEBERHASILAN PRO*RA! . 1. 1.6. 6.. Deskr /s Has l NO." Pengelolaan ketenagaan." . BAB III EVALUASI A. .$ Pengelolaan kesiswaan.5 Pengelolaan humas.4 Pengelolaan sarana dan prasarana.& Pengelolaan kurikulum. 1.6 Pengelolaan keuangan. 1.4 Penyusunan +P? BIDAN* !ANA+E!EN SEKOLAH 1.

yang berorientasi pada PA. $. 'erlaksananya sistem Penerimaan Peserta idik Baru yang terencana dengan baik. dan ./A.. okume . agar lebih relevan dengan &. 'erlaksananya penilaian yang sudah terencana. 'erlaksnanya kegiatan ekstra kurikuler secara rutin.S) II BIDAN* KESIS. dan kekeluargaan semua warga sekolah.& Penyusunan /urikulum sekolah ! okumen .8-.. $.I BIDAN* KURIKULU! &. baik ulangan harian. . dan okumen .. ." Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan $.. an diikuti dengan analisis hasil evaluasi untuk ditindaklanjuti dengan program perbaikan atau pengayaan... Beasiswa dan Bagus terealisasi dengan baik serta memberikan dampak positi* kepada para siswa yakni mendorong untuk lebih rajin ke sekolah.'S. walupun dalam bidang kesenian perlu dikembangkan lagi dengan melengkapi sarana kesenian yang diperlukan." Pelaksanaan Penilaian !*ormati*. yaitu untuk menambah kebersamaan. /esenian. Perlu ada penyempurnaan lebih baik lagi. okumen .S. 'erlaksananya assessment sebagai dasar untuk memberikan layanan pada siswa.& Penerimaan Peserta idik Baru $.engajar &... Olah <aga.$ Pelaksanaan assessment Para guru telah melaksanakan /B.4 Pelaksanaan ekstra kurikuler !Pramuka.6 Pelaksanaan <ekreasi.1 Penyusunan Administerasi /esiswaan .5 Pengusulan beasiswa dan Bagus $. dan okumen .8-.AS.) 'ersusunnya kurikulum sekolah mencakup /urikulum keadaan individu siswa AB/ dan harapan masyarakat...AAN $.. 'erlaksana sesuai dengan yang diharapkan. okumen . walaupun instrumen dan pelaksanaannya perlu disempurnakan lagi agar lebih valid dan comprehensive.. dan /eterammpilan) $.$ Pelaksanaan /egiatan Belajar . 'elah tersusun dengan baik walaupun perlu lebih dilengkapi lagi untuk dapat mengkaper semua hal yang diperlukan oleh para siswa. dan . sumati*. Bimbingan dan Penyuluhan telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan program BP yang telah dipersiapkan dan permasalahan yang dialami para siswa.

'erlaksananya class visit dalam rangka pelaksanaan supervisi yang diikuti dengan evaluasi dan tindak lanjut. ". ". Pembagian tugas guru telah dilaksanakan dengan mengupayakan agar sesuai dengan kemampuannya !the right man on the right place).$. kepribadian. lokakarya.&. "." 'enaga /ependidikan ( ". . !kompetensi pedagogik.$ Pendidik ( ". dan seminar-seminar pendidikan.4 Pengusulan kenaikan pangkat guru ".$ Pembinaan guru melalui supervisi.&.III BIDAN* KETENA*AAN ". untuk lebih memahami dan mengimplementasikan 5 kompetensi kepala sekolah !kompetensi kepribadian. 'erpenuhinya meubelair sekolah sesuai dengan yang diperlukan.& Pemeliharaan sarana dan prasarana. manajerial.$ Peningkatan pro*esionalisme kinerja guru. kewirausahaan. dan telah dilakukan revisi /'.5 Pengusulan tunjangan kesejahrteraan guru. diklat. kompetensi sosial).$ .$ Pengusulan kenaikan pangkat tenaga kependidikan. 4 poin dari &$ poin yang diperlukan.& Peningkatan pro*esionalisme tenaga kependidikan. 'erlah dilakukannya pengusulan kenaikan pangkat dengan memperoleh nilai /'. untuk dilakukan penilaian kembali. supervisi. dan ".sul penambahan sarana meubelair. iterimanya 'PP dan uang kompensasi secara rutin bagi guru P8S dan diterimanya uang insenti* bagi guru sukwan tahun anggaran $%&%.&. mengikuti diklat-diklat kependidikan dari inas Pendidikan Provinsi.$. 'erlaksananya mengikiuti kegiatan //=.&. dan workshop tentang kependidikan.$. dan kompetensi sosial). 'erpeliharanya sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. untuk lebih memahami dan mengimplementasikan 4 kompetensi guru ". 'erealisasi dengan turunnya S/ kenaikan pangkat bagi 5 orang guru per-Oktober $%&%. pro*esional.& Pembagian tugas guru . 4. IV BIDAN* SARANA DAN PRASARANA 4. ///S. 'erealisasi dengan terwujudnya kegiatan-kegiatan mengikuti progra //=.

5 Pengembangan program 6 / !keamanan. 4. 5.4 Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan lingkungan sekolah dan pemerintahan setempat. serta mengikuti kegiatan-kegiatan di tingkat kecamatan yang diselenggarakan oleh . ketertiban.& Penyusunan <APBS 6." . kebersihan. dan menanamkan sikap wawasan wiyata mandala. pengajian. 'erjalinnya hubungan yang baik dengan yayasan.P' pendidikan kecamatan. 'erjalinnya hubungan dan adanya dukungan dari instansi-instansi sepeti . seperti pembangunan jalan. Adanya pembelanjaan yang sesuai dengan alokasi yang telah ditentukan dalam <APBS. 'ersusunnya +P? BOS maupun keuangan dari sumber lain sebagai bukti peman*aatan . dan siskamling. sekitar. 'ersusunnya adinisterasi sarana dan prasarana. adanya pembagian piket sekolah.eningkatkan hubungan dengan instasiinstansi terkait. Sekolah telah berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat atau pemerintahan setempat. dan kerindangan).enentukan biaya pembelanjaan sesuai dengan <APBS yang telah dibuat.$ Pengusulan dana BOS 6. kekeluargaan. VI BIDAN* KEUAN*AN 6.& /oordinasi rutin dengan yayasan. 4. BIDAN* HU!AS 5.sul pengadaan sarana keterampilan handcraft. Semakin lengkapnya buku-buku paket pembelajaran dan buku pedoman guru." .6 Pembuatan administerasi sarana dan V prasarana. S dan ." . dan instansi terkait di daerah. 5. sunatan masa.4 Penyusunan +P? 'erpenuhinya peralatan handcraft yang diperlukan. 'erlaksananya kegiatan-kegiatan untuk mewujudkan program 6 / yaitu dengan kegiatan ?umsih !?umat bersih). 4. acara hari-hari besar nasional dan keagamaan..$ . 5. 6.elaksanakan sosialisasi sekolah ke masyarakat. keindahan. 'ersusunnya <APBS dengan baik 'erealisasinya dana BOS baik dari pusat maupun dari provinsi.P' Pendidikan /ecamatan.4 Penambahan buku-buku pembelajaran. ibuatnya spanduk pada awal tahun ajaran.4. memuat pro*il dan penjelasan-penjelasan tentang S+B pada majalah pendidikam lokal.

" . 1.anajemen kurikulum. 'erencana dan terprogramnya penggunaan dana yang dimiliki sekolah. Adanya ketenagaan yang bekerja sesuai dengan kompetensi dan tupoksinya.anajemen kesiswaan.6 . 1. 1.4 . dan akuntabel. 'erjalinnya hubungan yang harmonis. kerjasama dan adanya kemitraan antara sekolah dan masyarakat. 1. +ancarnya kegiatan-kegiatan kesiswaan baik kurikuler maupun ekstra kurikuler.5 .anajemen ketenagaan.dana yang transparan. . Adanya pelaksanaan kurikulum yang terprogram dan sistematis. 1.anajemen keuangan.& .anajemen sarana dan prasarana.anajemen humas. VII BIDAN* !ANA+E!EN SEKOLAH 1.$ . Adanya pendayagunaan sarana dan prasarana secara baik.

0iamis 'ahun Pelajaran $%&%-$%&& akan berikut.. sehingga program kerja yang dibuat betul-betul mengacu pada Standar 8asional Pendidikan sebagaimana tertuang dalam PP &9 tahun $%%5./A. kreati*. agar lebih relevan dengan keadaan individu siswa AB/ dan harapan masyarakat..uhammadiyah Banjarsari /ab. (.'S. . baik ulangan harian. dan hal-hal mana yang harus dilakukan revisi atau penyempurnaan-penyempurnaan sebagai tindak lanjut dari pelaksanaa evaluasi untuk perbaikan program kerja tahun berikutnya. 'erlaksananya penilaian yang sudah terencana. Para guru telah melaksanakan /B. yang berorientasi pada PA. !pembelajaran yang akti*. i sini terbukti dengan telah tersusunnya kurikulum okumen . media pembelajaran. ari hasil evaluasi program kerja ini akan diketahui hal-hal mana yang sudah baik dan perlu dipertahankan. penampilan guru dan sebagainya. .../A. dan menyenangkan) hal ini sangat perlu guna menarik minat dan motivasi siswa. Avaluasi program ini sebagai bentuk akuntabilitas kepada pihak-pihak yang berkepentingan yang semestinya dilakukan setiap akhir semester !PP &9 tahun $%%5 pasal 1> butir a)..AS. 8amun sekolah mencakup /urikulum dibahas pada uraian-uraian demikian tetap perlu ada penyempurnaan yang lebih baik lagi.8-. yang terhadap pelaksanaan memperhatikan PA. e*ekti*. engan pembelajaran yang keberhasilan pembelajaran /B. dan okumen . okume .B. . Pe$0a%asan Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah diperlukan upaya yang terus menerus melalui penyempurnaan program kerja sekolah. inovati*. Adapun hasil dari evaluasi program kerja S+B . an diikuti dengan analisis hasil evaluasi untuk ditindaklanjuti dengan program perbaikan atau pengayaan. ini tentunya dengan menempuh berbagai cara mulai dari pengelolaan kelas yang baik. B 1ang Kur kulu$ Bidang kurikulum sudah dilaksanakan dengan baik yakni mengikuti ketentuan yang berlaku. menyenangkan sebagaimana tentunya yang akan mendorong alam diharapkan..S. metode. dan . alam upaya penyempurnaan program sekolah tersebut maka diperlukan evaluasi program.

Selain itu juga dilaksanakannya assessment yang berguna sebagai dasar dalam memberikan layanan kepada siswa untuk dapat mengikuti pembelajaran yang tepat. walupun dalam bidang kesenian perlu dikembangkan lagi dengan melengkapi sarana kesenian yang diperlukan. sehingga memberikan dampak positi* kepada para siswa yakni mendorong untuk lebih rajin bersekolah. dan meningkatnya rasa kekeluargaan di antara semua warga sekolah. . B 1ang Kes s2aan Bidang kesiswaan di S+B .:al-hal tersebut di atas perlu terus ditingkatkan sehingga betul-betul sesuai dengan harapan. ini didukung dengan media pembelajaran. ini tetap perlu diupayakan dan dicarikan solusi agar tetap dalam pelaksanaan /B. &. Bimbingan dan Penyuluhan telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan program BP yang telah dipersiapkan dan permasalahan yang dialami para siswa.elalui kegiatan rekreasi bersama guru.ntuk mendorong motivasi siswa maupun orang tua siswa diusulkannya program Beasiswa dan Bagus yang hasilnya terealisasi dengan baik. 'erlaksnanya kegiatan ekstra kurikuler secara rutin. Bidang kurikulum ini merupakan unsur yang sangat penting karena semua sumber daya dan *asilitas di sekolah ditujukan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kurikulum yang bermuara dalam kegiatan belajar mengajar. .uhammadiyah Banjarsari. dan pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan merupakan program wajib yang harus dilakukan oleh guru dengan sebaik-baiknya. terjalinlah kebersamaan. siswa. Begitu pula tentang pelaksanaan analisis hasil evaluasi. walaupun instrumen dan pelaksanaannya perlu disempurnakan lagi agar lebih valid dan comprehensive. dan tuntutan.uhammadiyah Banjarsari pada dasarnya telah dilaksanakan hal ini dibuktikan dengan terlaksananya sistem Penerimaan Peserta idik Baru yang terencana dengan baik. alam hal masih kurangnya penggunaan alat peraga pendidikan dalam melaksanakan /B. dengan berbagai alasannya. dan orang tua siswa. namun perlu adanya revisi pada tahun yang akan datang agar ada penyempurnaan. Program-program tersebut di atas pada dasarnya sudah dilaksanakan di S+B . 8ampaknya program ini perlu dipertahankan untuk terus .

$ orang di atas 5 tahun.anajemen Pendidikan berlatar belakang S& P+B dan mempunyai pengalaman kerja di atas $% tahun. $ orang di bawah " tahun. /arena hubungan yang baik ini sangat diperlukan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pembagian tugas guru telah dilaksanakan dengan mengupayakan agar sesuai dengan kemampuannya !the right man on the right place).paya meningkatkan tenaga yang pro*esional telah dilakukan melalui kegiatan-kegiatan progra //=. B 1ang Ketenagaan Bidang ketenagaan di S+B . 'enaga pendidik yang ada di S+B . 'erlaksananya class visit dalam rangka pelaksanaan supervisi yang diikuti dengan evaluasi dan tindak lanjut.lmu Pemerintahan berlatrar belakang S=P+B. & orang dari 1 orang itu mahasiswa P+B.dilakukan guna menjaga hubungan agar tetap harmonis. /alau ditinjau dari pandangan yang ideal memang keberadaan tenaga seperti ini sangat kurang mendukung terhadap peningkatan mutu sekolah. engan demikian bila dilihat dari kuali*iksi akademik pendidik dan dan tenaga kependidikan di S+B . Adapun tenaga kependidikan !kepala sekolah) berkuali*ikasi akademik S$ Sistem .uhammadiyah Banjarsari sebanyak 1 orang. Pengalaman kerja tenaga guru " orang di atas &% tahun.uhammadiyah Banjarsari pada saat ini masih bertumpu pada guru saja karena belum ada tenaga-tenaga lainnya.uhammadiyah Banjarsari secara umum sudah memenuhi kuali*ikasi yang diharapkan. dari jumlah 1 orang itu 6 orang berkuali*ikasi akademik S&. 3. berlatar belakang Sarjana P+B 4 orang. mengikuti diklat-diklat kependidikan dari inas . 8amun bila ditinjau dari tenaga guru yang ada kuali*ikasinya sudah baik yakni ditinjau dari segi akademik maupun dari sudut potensi dan kinerjanya. Administerasi kesiswaan telah disusun dengan sebaik-baik walaupun perlu lebih dilengkapi lagi agar betul-betul dapat mengkaper semua hal yang diperlukan oleh para siswa. dan & orang S& . S& Olah <aga & orang berlatar belakang S=P+B. .

gol ruang .-c.uhammadiyah Banjarsari.. namun penyediaan sarana dan prasarana ini sangat bertalian dengan masalah pembiayaan. ///S. 'enaga pendidik yang ada dengan terealisasinya kenaikan pangkat terakhir maka $ orang berpangkat Pembina gol. dan workshop tentang kependidikan terus diakti*kan. dan kompetensi sosial. dan kompetensi sosial. /egiatan-kegiatan tersebut diantaranya agar kepala sekolah lebih memahami dan dapat mengimplementasikan 5 unsur kompetensi kepala sekolah yaitu kompetensi kepribadian. pro*esional. Penguasaan 4 unsur kompetensi guru ini merupakan syarat yang harus dimiliki oleh guru yang pro*esional. untuk lebih memahami dan mengimplementasikan 4 kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik..AS+. supervisi..uda 'k. sebagai edukator. lokakarya.Pendidikan Provinsi.2-a.. manajerial. /ompetensi ini sangat penting untuk dipahami oleh seorang kepala sekolah karena sebagai kepala sekolah mem*unyai *ungsi !A. dan kedisiplinan para guru di S+B . dan motivator engan pemahaman yang baik akan kompetensi kepala sekolah tersebut maka seorang kepala sekolah akan dapat menjalankan *ungsinya dengan baik. itulah sebabnya empat unsur kompetensi ini selalu ditanamkan kepada para guru agar dipahami dan diwujudkan dalam tindakan nyata sehari-hari. . <uang . dan & orang berpangkat Penata . .ntuk peningkatan pro*esionalisme bagi kepala sekolah maka kegiatan //=. administrator.uhammadiyah Banjarsari maka bila dibandingkan dengan ketentuan atau standar yang ada keadaannya . kepribadian. Oleh karena itu sesuai dengan ketersediaan dana di S+B . kewirausahaan.). dan seminar-seminar pendidikan. diklat.ulyasa.. $%%6 ( 9>). supervisor. . sangat sini*ikan dapat mendorong semangat. manajer. leader. $ orang berpangkat pengatur gol ruang . 4. karena hal itu sangat relevan dengan yang dibutuhkan oleh seorang kepala sekolah dalam menjalankan tupoksinya. B 1ang Sarana 1an Prasarana Program sarana dan prasarana merupakan unsur pendukung yang sangat penting untuk kelancaran pelaksanaan pendidikan di sekolah.tulah sebabnya program ini sangat wajar bila dipertahankan atau bakan ditingkatkan.-b. . !A. inovator. engan adanya program 'PP dan uang kompensasi secara rutin bagi guru P8S dan diterimanya uang insenti* bagi guru sukwan tahun anggaran $%&%.

demikian pula penyediaan penambahan buku-buku paket pembelajaran dan buku pedoman guru sudah dilaksanakan. emikian pula sarana pembelajarannya pun masih minim.uhammadiyah Banjarsari yaitu dengan kegiatan ?umsih !?umat bersih). dan terpelihara dengan baik. ijelaskan dalam buku Pedoman Pembinaan /esiswaan P/ P+/ ! epdiknas ( $%%6) bahwa sekolah sebagai tempat diselenggarakannya /B. Penyediaan peralatan handcraft yang diperlukan sudah terlaksana. hal ini akan ber*ungsi dengan baik apabila di lingkungan sekolah tersebut suasananya aman. alam upaya penciptaan sekolah sebagai lingkungan pendidikan !wiyata mandala) sangat penting bagi peningkatan mutu pendidikan di sekolah. /eadaan seperti itu tentunya dapat tercipta dengan sepenuhnya apabila segala *asilitas yang diperlukan tersedia. alam rangka pengembangan wiyata mandala ini dilakukan program 6/ yang realisasinya sebagai berikut ( ➢ Kea$anan sekolah sudah terpelihara dengan dukungan dari masyarakat sekitar. tertib dan bebas dari segala ancaman. dan menanamkan sikap wawasan wiyata mandala. misalnya saja belum memiliki alat-alat kesenian. /egiatan-kegiatan untuk mewujudkan program 6/ di S+B .masih jauh dari sempurna. :al ini dapat dilihat pada data sarana prasarana yang ada di S+B . bahkan ruangan kelasnya pun masih kurang. Penyediaan meubelair sekolah sudah sesuai dengan yang diperlukan. dan kebutuhankebutuhan yang sebenarnya diperlukan untuk pengembangan sekolah belum dapat terpenuhi dengan baik. . nyaman. Sehingga program ini perlu lebih ditingkatkan lagi sehingga satu saat segala *asilitas yang diperlukan dapat dipenuhi. tertata. adanya pembagian piket sekolah.uhammadiyah Banjarsari yang belum memiliki ruangan-ruangan kekhususan. alat-alat speech therapy untuk pembelajaran siswa tunarungu dan belum memiliki sarana pembelajaran untuk siswa tunanetra. 8amun demikian bila melihat program yang dicanangkan pada tahun $%&%-$%&& sebenarnya sudah terlaksna dengan baik sebagaimana yan g telah diprogramkan seperti pemeliharaan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah sudah dilaksanakan. dan ruang keterampilan.

B 1ang Keuangan . ➢ Ketert 0an5 pada umumnya kondisi sekolah dalam keadaan tertib. 6. sapa.uhammadiyah Banjarsari. dan gotong royong untuk kebersihan sekolah. ➢ Kekeluargaan5 sekolah telah berusaha menciptakan kekeluargaan antara lain melalui kegiatan-kegiatan bersama seperti rekreasi. 7. B 1ang Hu$as Sesuai dengan yang diprioritaskan yaitu sosialisasi guna menjaring AB/ yang ada di masyarakat maka hubungan dengan masyarakat sudah terjalin dengan baik. siswa dapat mengikuti PB. gotong-royong memelihara kebersihan sekolah. engan yayasan dan pemerintahan setempat terjalin hubungan yang baik esa 0ibadak /ec. membudayakan senyum. karena hal ini akan sangat mendukung terhadap programprogram keterampilan. ?alinan komunikasi untuk membina hubungan dengan masyarakat sekitar sekolah ditempuh dengan jalan ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan lingkungan. kegiatan pembangunan jalan lingkungan. ➢ Ke n1a%an5 dalam hal ini sekolah telah berusaha menata lingkungan yang ada agar menarik dan menimbulkan rasa senang dan nyaman berada di sekolah. pembagian piket. saling berkunjung ke rumah. /erja sama yang diperlukan ke depan adalah yang mengarah pada pengembangan keterampilan siswa terutama dengan dunia kerja. serta ➢ Ker n1angan5 sekolah berusaha menciptakan kerindangan dengan gerakan penanaman pohon pelindung di halaman sekolah. Banjarsari dengan sukarela sehingga pemerintahan memberikan tanahnya untuk mendirikan bangunan S+B . walaupun masih perlu peningkatan kerjasama yang lebih baik sehingga dukungan masyarakat akan sangat membantu untuk kelancaran pendidikan di sekolah. dan kegiatan siskamling di lingkungan sekolah.➢ Ke0ers %an5 sekolah dipelihara melalui pembiasaan budaya bersih dengan kegiatan jumsih. dalam keadaan tertib dan lancar. seperti kegiatan pengajian. dan salam.

Pada intinya dalam memanaje atau pengelolaan semua unsur-unsur tersebut di atas adalah mulai dari perencanaan. Adapun program keuangan yang dilakukan sesuai dengan keadaan situasi dan kondisi sekolah adalah penyusunan <APBS. controling. alam hal pemenuhan sarana dan prasarana yang dapat dibiayai ataupun APB8 ini pun sangat terbatas. . Sehingga apa yang dituangkan dalam program kerja sekolah sebenarnya sudah terlaksana dengan baik. dan sebagai pertanggungjawaban atas penerimaan dan pengunaan dana BOS maka disusunlah +P? BOS maupun keuangan dari sumber lainnya. evaluating.uhammadiyah Banjarsari dilakukan manajemen kurikulum.engingat pernyataan tersebut di atas maka di S+B . penggerakan. ketenagaan. dan manajemen keuangan. bukan malah sebaliknya seperti saat ini kebutuhan-kebutuhan itulah yang harus menyesuaikan dengan uang yang ada. sarana dan prasarana. manajemen sarana dan prasarana. /enyataan ini terjadi karena saat ini masalah keuangan hanya mengandalkan dari uang BOS yang jumlahnya tidak seberapa.ntuk dapat berdayagunanya semua unsur yang ada dalam program kerja sekolah seperti kurikulum.uhammadiyah Banjarsari masih belum memenuhi terget untuk pengembangan sekolah yang bermutu. engan manajemen yang baik maka semua program kerja tersebut dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan.Program bidang keuangan semestinya berujung pada pemenuhan biayabiaya yang diperlukan. dan bajeting pada unsur-unsur yang termasuk pada program kerja sekolah sebagaimana diuraikan di atas. sehingga *asilitas-*asilitas yang diperlukan belum terpenuhi sebagaimana mestinya. pengorganisasian. dan keuangan mutlak harus dimanaje dengan baik. tanpa manajemen yang baik semua itu tidak akan berarti untuk kemajuan pendidikan di sekolah. artinya uang yang ada harus sesuai dengan kebutuhan sekolah. 8. dari bantuan pemerintah baik APB engan kata lain keadaan keuangan di S+B . dilakukannya pembelanjaan yang sesuai dengan alokasi yang telah ditentukan dalam <APBS. kesiswaan. penyediaan dana yang bersumber dari dana BOS baik dari pusat maupun dari provinsi. B 1ang !anaje$en . manajemen humas. humas. reporting. . manajemen ketenagaan. manajemen kesiswaan.

S $/ulan Pada bagian akhir laporan evaluasi program kerja sekolah ini dapat diambil beberapa simpulan sebagai berikut ( . engan demikian dapat dikatakan bahwa program yang dicanangkan &%% B dapat dilaksanakan. sehingga dapat dikatakan bahwa ketercapaian dari segi kualitas lebih-kurang baru mencapai >5 B. Selanjutnya dilihat dari segi kualitas ketercapaian program yang dilaksanakan masih ada yang harus disempurnakan karena terhambat *aktor sarana dan prasarana yang masih kurang. /endala yang nampak untuk peningkatan dan penyempurnaan pelaksanaan program adalah *aktor keuangan yang masih minim dan sarana prasarana yang masih kurang. BAB IV PENUTUP A.ari hasil analisa dari program-program yang telah dilaksanakan dapat terlihat bahwa ditinjau dari segi keterlaksanaan semua program sudah dilaksanakan.

Program /esiswaan. Program /erja Sekolah merupakan implementasi dari visi. Program kerja sekolah di S+B . b. c. 5. Program /urikulum. 8amun dalam pelaksanaan program-program kegiatan untuk menuju visi. Oleh karena itu. sistematis. ". Avaluasi Program /erja Sekolah disusun sebagai upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam tahap evaluasi keberhasilan program kerja sekolah ke depan yang tealah dilaksanakan selama satu tahun ajaran.an*aat yang dapat diambil dari pelaksanaan evaluasi program kerja sekolah adalah ( a. kondisi real. dan masalah yang ditemukan. dan tujuan sekolah yang baik hal ini dipandang dari segi relevansinya dengan apa yang diperlukan oleh peserta didik maupun masyarakat. b. serta tujuan sekolah.uhammadiyah Banjarsari mencakup 1 bidang program yaitu ( a. S+B . misi dan tujuan sekolah yang telah ditetapkan.&. Program 'ahunan ini dapat dijadikan sebagai petunjuk dan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan sekolah selama satu tahun pelajaran agar semua kegiatan di sekolah berlangsung secara e*ekti* dan e*isien.uhammadiyah Banjarsari telah mempunyai 2isi. dan rencana tindak lanjut sebagai solusi dari kelemahan. misi. Sebagai sarana untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan di sekolah. $. Sebagai sarana untuk meningkatkan mutu aktivitas sekolah melalui perbaikian-perbaikan yang berdasar pada temuan hasil evaluasi program sekolah. penyusunan Program Sekolah ini harus relevan dengan visi. yang merupakan kumpulan rencana kegiatan nyata. 4. Sebagai sarana untuk melakukan perbaikan-perbaikan pada program sekolah tahun-tahun berikutnya. kondisi ideal. kekurangan. misi. c. Avaluasi program kerja sekolah ini disusun berdasarkan hasil analisa yang mengacu pada Standar 8asional Pendidikan dengan memperhatikan > komponen standar. Program . Program sekolah ini merupakan program oprasional. misi dan tujuan sekolah itu masih terkendala oleh sarana dan prasarana yang masih kurang. dan terpadu untuk dilaksanakan di sekolah dalam rangka mencapai tujuan. . yakni rencana kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan selama satu tahun pelajaran. Program Sekolah yang dimaksud di atas adalah Program 'ahunan.

. ari hasil evaluasi diperoleh data bahwa pada dasarnya semua bidang program yang dicanangkan dapat terlaksana dengan baik. . program ketenagaan dengan lebih menge*ekti*kan kegiatan //=. /endala yang nampak untuk peningkatan dan penyempurnaan pelaksanaan program adalah *aktor keuangan yang masih minim dan sarana prasarana yang masih kurang./etenagaan. Program /euangan. B. .anajemen. 6. 8amun demikian bila dibandingkan dengan harapan yang ideal dan Standar 8asional Pendidikan maka program-program yang dibuat masih perlu ditingkatkan. e.tu semua sebagai akibat ketersediaan keuangan yang masih minim. //S. Program Sarana dan Prasarana. Program .empertahankan dan meningkatkan program-program yang dipandang sudah baik dan diperlukan. Selanjutnya dilihat dari segi kualitas ketercapaian program yang dilaksanakan masih ada yang harus disempurnakan karena terhambat *aktor sarana dan prasarana yang masih kurang. engan demikian dapat dikatakan bahwa program yang dicanangkan &%% B dapat dilaksanakan. :al ini dapat dipahami karena program-program yang dibuat memperhatikan kondisi real yang ada di sekolah. sehingga dapat dikatakan bahwa ketercapaian dari segi kualitas lebih-kurang baru mencapai >5 B. ari hasil analisa dari program-program yang telah dilaksanakan dapat terlihat bahwa ditinjau dari segi keterlaksanaan semua program sudah dilaksanakan. dan melanjutkan pula program manajemen. Program :umas. misalnya dalam pengembangan kurikulum. d. 1. sehingga bukannya dana yang mengikuti kebutuhan tetapi sebaliknya kebutuhan yang harus ditekan agar menyesuaikan dengan dana yang ada. program kesiswaan. *. serta mengikuti diklat-diklat yang ada. >. Ren9ana T n1ak Lanjut Berdasarkan pada hasil-hasil yang diperoleh dari pelaksanaan evaluasi maka tindak lanjut yang akan dilakukan adalah sebagai berikut ( &. seperti halnya masalah ketersediaan sarana dan prasarana masih kurang memenuhi standar. dan g.

ari hasil analisa program kerja sekolah tahun $%&%-$%&& yang perlu dimunculkan pada program mendatang adalah upaya percepatan penyediaan sarana dan prasarana. serta memperhatikan tuntutan Standar 8asional Pendidikan.asalah penyediaan sarana dan prasarana ini berkaitan erat dengan masalah keuangan oleh karena itu hal ini akan dibahas dengan pihak-pihak terkait yaitu yayasan. dan para orang tua siswa. A#'A< P.$. komite sekolah. dan masalah ini sangat berkaitan dengan peningkatan keberhasilan program-program lainnya.S'A/A . karena walau bagaimana pun hal ini merupakan tuntutan Standar 8asional Pendidikan yang harus diikuti. berorientasi ke masa yang akan datang. . Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan eavaluasi ini juga akan segera disusun Program /erja Sekolah tahun $%&&-$%&$ yang berdasar pada hasil evaluasi program kerja sekolah $%&%-$%&&. ".

. . $%%6. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan . Tujuan dan Program Sekolah . PP -o. Konsep 'valuasi Program (imbingan dan Konseling . ?akarta ( <ineka 0ipta. 'ersedia ( :eruiCCudin. $%%6. "anajemen Pendidikan %ndonesia. . +ndang&undang . Bandung ( 0itra . .4 tahun 0112 tentang Standar -asional Pendidikan. :eruiCCudin. enjang Pendidikan !asar dan "enengah.com. Permendiknas -o. aryanto. GGGGGGGGGGG.ulyasa. . $%%4. ?akarta ( <ineka 0ipta. Purwanto. #dministerasi Pendidikan. tahun 0112 tentang (uku Pelajaran. Bandung ( <emaja <osdakarya. D" #ebruari $%&%E Fakhinuddin. Sudrajat. "enjadi Kepala Sekolah Profesional. 'valuasi Program dan )embaga. D&4 ?uli $%%9E. Pidarta.B8SP.mbara.. . Prinsip&prinsip dan Teknik 'valuasi Pengajaran.% -o. D&" April $%&%E. 'ersedia ( wakhinuddin. .wordpress. ?akarta ( B8SP. A. $%%9. Bandung ( <emaja <osdakarya. $%%6. 01 tahun 0113 tentang Sisdiknas.wordpress.blogspot. ++ .. 'ersedia ( akhmadsudrajat.. $%%%.% -o. :. $%&%.ade. $%&%.com. "isi. 8galim.com. $%%6. . Akhmad. 'valuasi *asil (elajar ./ tahun 0112 tentang guru dan dosen. "erumuskan $isi.

473<3 Tl/. +AHIDIN5 !. '<( 67< 67< (3 &'(( .LAPORAN EVALUASI PRO*RA! KER+A SEKOLAH SLB !UHA!!ADI.AH BAN+ARSARI KABUPATEN CIA!IS +l. Ku0ang/ar Dsn. Banjarsar . C 0a1ak5 Ke9. NIP " (:7('6(& (::''3 ( ''4 DINAS PENDIDIKAN PROVINSI +A.A BARAT SLB !UHA!!ADI.P1. !ekarsar RT &7-'7 Ds.AH BAN+ARSARI KABUPATEN CIA!IS TAHUN PELA+ARAN &'('-&'(( OLEH " Drs.

ATI5 S.AH BAN+ARSARI KABUPATEN CIA!IS TAHUN PELA+ARAN &'('-&'(( isyahkan di 0iamis Pada tanggal $5 ?uni $%&& Pengawas S+B Filayah Pembinaan =ugus $1 0iamis IIS SRI HER.5 !.S .LE!BAR PEN*ESAHAN LAPORAN EVALUASI PRO*RA! KER+A SEKOLAH SLB !UHA!!ADI.P1. NIP " (:73'8&< (:<6(& & ''( .

llahi <obbi penyusunan +aporan Avaluasi Program /erja S+B . alam penyusunan laporan evaluasi ini tentunya masih banyak kekurangan. :al ini dimaksudkan agar program kerja yang akan datang dapat tersusun dan terlaksana lebih sempurna. saran dan masukan-masukannya dari semua pihak sangat diharapkan demi perbaikan pada masa mendatang.uhammadiyah 0abang Banjarsari atas saran dan masukanmasukannya. Akhirnya. $5 ?uni $%&& Penyusun . serta orang tua siswa yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. /omite Sekolah S+B . guru-guru S+B . /etua 7ayasan . dan kelemahan. +ebih khusus ucapan terima kasih penulis disampaikan kepada 7th. Oleh karena itu.bu Pengawas S+B wilayah pembinaan gugus $1 0iamis.uhammadiyah Banjarsari. ". ( &. $. 4. .uhammadiyah Banjarsari /abupaten 0iamis 'ahun $%&%-$%&& telah selesai. Farga belajar. mudah-mudahan laporan evaluasi program kerja ini dapat berman*aat. Adapun tujuan dari penyusunan laporan evaluasi program kerja sekolah ini adalah untuk melihat program-program yang telah terlaksana dan yang belum terlaksana sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam pembuatan program kerja tahun berikutnya. Amiin H 0iamis.uhammadiyah Banjarsari atas dukungannya dan masukannya. Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga kepada semua pihak yang turut mendukung atas tersusunnya laporan evaluasi program ini.KATA PEN*ANTAR engan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat . atas bimbingan dan sarannya.

...................................................2 PA8.......................................P.........$ BAB .... ...................+ SA/O+A: A............. Sasaran ............$& BAB ................."" B.....................................A8 A.................... Pembahasan ............................... 2isi..................&6 B........................ <encana 'indak +anjut .... +atar Belakang ......................................S'A/A..............4 BAB ...DAFTAR ISI :alaman BAB .............................................+....................<A8-+A............P A................... P<O#.............. Simpulan... "$ +A............................... Pelaksanaan Program /erja Sekolah 'ahun $%&%-$%&& ............................................................" .................... 'ujuan Sekolah .........................................'.............$ 0........................$9 B...................... A...... ............................P.......................................AS.........nstrumen Avaluasi...................................... PA8 A:........."% A#'A< P..................................................................................<A8 ( A....................... eskripsi :asil ...................." 0..................................45 .......... Program /erja Sekolah 'ahun $%&%-$%&& ..........................isi ..................................... 'ujuan Avaluasi......................................" B..................... A2A+.............................................................& B............