PENGARUH MENGKONSUMSI PARE DALAM MENURUNKAN KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DM TIPE 2

BAB I PENDAHULUAN ABSTRAK Diabetes millitus adalah suatu jenis penyakit yang disebabkan menurunnya hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas. Menurut data organisasi kesehatan dunia (WHO), Indonesia menempati urutan keenam dunia sebagai Negara dengan jumlah penderita DM terbanyak setelah India, China, Uni Soviyet, Jepang dan Brasil. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pare sebagai obat alternatif yang berasal dari potensi lokal Indonesia, dalam penyembuhan penyakit diabetes mellitus.Tanaman pare dapat menurunkan gula darah karena tanaman ini mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol (antioxidant kuat), serta glikosida cucurbitacin, momordicin, dan charantin.. 1.1 .LATAR BELAKANG Diabetes millitus adalah suatu jenis penyakit yang disebabkan menurunnya hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas. Penurunan hormon ini mengakibatkan seluruh gula (glukosa) yang dikonsumsi tubuh tidak dapat diproduksi secara sempurna, sehingga kadar glukosa didalam tubuh akan meningkat. Gula yang meliputi polisakarida, digosakarida, disakarida dan monosakarida merupakan sumber tenaga yang menunjang keseluruhan aktivitas manusia. Seluruh gula ini akan diproses menjadi tenaga oleh hormon insulin tersebut karena penderita diabetes mellitus biasanya akan mengalami lesu, kurang tenaga, selalu merasa haus, sering buang air kecil, dan pengelihatan menjadi kabur, gejala lain akibat adanya kadar glukosa yang terlalu tinggi akan terjadi ateroma sebagai penyebab awal penyakit jantung koroner.(Utami, Prapti. 2003) Penyakit diabetes mellitus saat ini hampir merambah seluruh dunia, tidak hanya Negaranegara maju saja yang terserang dengan penyakit ini, akan tetapi negara-negara berkembang pun sekarang nampaknya sudah mulai memiliki probilitas terserang penyakit ini, menurut data organisasi kesehatan dunia (WHO), Indonesia menempati urutan keenam dunia sebagai Negara dengan jumlah penderita DM terbanyak setelah India, China, Uni Soviyet, Jepang dan Brasil. Tercatat pada tahun 1995 jumlah penderita
1

Mahalnya harga obat diabetes mellitus yang diproduksi di pabrik dan beredar di pasaran nampaknya cukup berdampak pada daya beli masyarakat yang kurang.( Soegondo.www.2.com). 2006. karena tanaman ini mengandung saponin.Kandungan gizi apa saja yang terdapat pada pare? -Bagaimana cara pemanfaatan pare dalam mengobati Diabetes Mellitus? 2 . pada tahun 2006 diperkirakan jumlah penderita diabetes di Indonesia meningkat tajam menjadi 14 juta orang. terlebih lagi bagi masyarakat yang terkategori dalam masyarakat menengah kebawah.RUMUSAN MASALAH -Apakah dengan mengkonsumsi Pare dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita Diabetes Melitus Tipe 2 ? .DM di Indonesia mencapai 5 juta. Pada tahun 2000 yang lalu saja. Hal ini mungkin disebabkan minimnya informasi di masyarakat tentang diabetes terutama gejala-gejala yang terjadi pada dirinya. dan charantin yang dapat menurunkan gula darah. sehingga hal ini menyebabkan penderita enggan membeli obat dan pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit diabetes mellitus yang dideritanya semakin parah bahkan bisa menimbulkan kematian.(Anoymous. Namun. Sidartawan. Tanaman pare merupakan salah satu alternatif dalam penyembuhan diabetes mellitus. terdapat sekitar 5. 2007) 1. momordicin.6 juta penduduk Indonesia yang mengidap diabetes. serta glikosida cucurbitacin. dimana baru 50 % yang sadar mengidapnya dan diantara mereka baru sekitar 30 % yang datang berobat teratur. Sangat disayangkan bahwa banyak penderita diabetes yang tidak menyadari dirinya mengidap penyakit yang lebih sering disebut penyakit gula atau kencing manis. Medicastore. dan polifenol (antioxidant kuat). flavonoid.

Lalu dibandingkan dengan kelompok kontrol (penderita DM tipe 2) yang tidak diberikan perlakuan.4. ada tidaknya hubungan mengkonsumsi pare dalam menurunkan kadar gula darah pada penderita Diabetes Melitus Tipe 2 .1. dan GD2PP setelah mengkonsumsi pare.Latar Belakang Masalah 1.Untuk mengetahui kemampuan pare sebagai obat alternatif yang berasal dari potensi lokal Indonesia. dalam penyembuhan penyakit diabetes mellitus.Sistematika penulisan BAB II KERANGKA TEORI 2.2.Pengaruh kandungan pare terhadap penurunan gula darah pada penderita Diabetes Melitus BAB III PEMBAHASAN 3.3.TUJUAN PENELITIAN .1.4.Manfaat Pare 2.Metode Penelitian 1.METODE PENELITIAN Metode yang kami gunakan adalah: -Eksperimental Melakukan perlakuan (mengkonsumsi 200 gr pare/ hari selama 2 minggu dengan cara melumatnya lalu dicampur setengah gelas air) terhadap kelompok perlakuan (penderita DM tipe 2) kemudian lihat hasilnya dengan dilakukan tes GDP.4.Kandungan dalam pare 2.SISTEMATIKA PENULISAN BAB I PENDAHULUAN 1. -Kajian pustaka dilakukan dengan mencari literatur di internet da buku – buku panduan 1.Tujuan Penelitian 1.Untuk mengetahui.1.Macam-macam diabetes melitus 2.3. GDS.1.Kerangka Teori 3 .2. 1.Pengertian Diabetes Melitus 2.3.Perumusan Masalah 1.5.5.5.

Rancangan Penelitian 3.Operasional Hipotesis 3.Kesimpulan 4.1.5.2.4.Pengumpulan data 3.3.6.Hasil 3.Saran 4 .3.Uji statistik BAB IV PENUTUP 4.7.Hipotesis 3.2.

BAB II KERANGKA TEORI 2.1. Definisi Diabetes Melitus Melakukan perlakuan (mengkonsumsi 200 gr pare/ hari selama 2 minggu dengan cara melumatnya lalu dicampur setengah gelas air) terhadap kelompok perlakuan (penderita DM tipe 2) kemudian lihat hasilnya dengan dilakukan tes GDP. kurang tenaga.3 Kandungan dalam pare Diabetes mellitus sering disebut juga the great imitator. karena penyakit ini dapat menyerang semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai macam keluhan biasanya akan mengalami lesu. -Diabetes Melitus Tipe 2 DM jenis ini disebabkan oleh gangguan sekresi insulin dan resitensi insulin sehingga tubuh penderita tidak merespon secara normal insulin yang dihasilkan tubuh dan membentuk kekebalan tersendiri sehingga terjadi kekurangan insulin relative. Macam-macam Diabetes Melitus -Diabetes Melitus Tipe 1 DM jenis ini disebabkan oleh rusaknya sel beta pankreas sebagai penghasil insulin sehingga penderita sangat kekurangan insulin. ia berpotensi merusak kesehatan ibu hamil maupun janinnya. Penggunaan flora atau tumbuhan yang potensial untuk terapi pada diabetes ini nampaknya dapat menjadi altrenatif yang cukup efektif dan terjangkau oleh para penderita diabetes mellitus. 2. Lalu dibandingkan dengan kelompok kontrol (penderita DM tipe 2) yang tidak diberikan perlakuan. -Diabetes Melitus Gestasional DM jenis ini terjadi pada sekitar 2-5% dariisemua kehamilan. selalu merasa haus. meningkatkan resiko kelahiran serta cacat pada janin dan penyakit jantung bawaan pada bayi. sering buang air kecil.2. dan GD2PP setelah mengkonsumsi pare. dan pengelihatan menjadi kabur. namun sifatnya hanya sementara dan akan sembuh setelah melahirkan. GDS. Namun demikian. Di Indonesia cukup banyak tumbuhan 5 . 2.

Efek pare dalam menurunkan gula darah pada hewan percobaan bekerja dengan mencegah usus menyerap gula yang dimakan. Jepang. Vitamin yang menonjol terdapat di dalamnya adalah vitamin A dan vitamin C. obat batuk.(Anoymous. Dapat dikatakan bahwa insulin merupakan kunci yang membuka pintu sel jaringan. 6enetic66s6l. dan sedikit lemakmineral pare kaya akan kalsium.(Utami. karbohidrat. dan penambah nafsu makan. Ratusan riset di banyak 6eneti yang berkembang kemudian menyingkap buah pahit ini berefek menurunkan kadar gula darah (hypopglycemic effect). dan charantin. India. 2007) Khasiat buah pare (Momordica charantia L.yang berpotensi untuk dijadikan makanan yang dapat membantu dalam mengatasai penyakit diabetes mellitus ini terutama tanaman pare. dan Malaysia mempertegas zat berkhasiat pare sebagai antidiabetes.(Anoymous. zat besi dan fosfor. seriawan. Dalam keadaan normal.) berasal dari kawasan Asia Tropis. Kekurangan insulin disebabkan terjadinya kerusakan sebagian kecil atau sebagian besar sel-sel beta pulau 6enetic66s dalam kelenjar 6enetic6 yang berfungsi menghasilkan insulin. Buah pare yang belum masak mengandung saponin. Inggris. flavonoid. 2003) Tanaman pare (Momordica charantia L. Oleh darah insulin disalurkan ke reseptor yaitu hati sebesar 50%. Selain itu diduga pare memiliki 6 . Pare mengandung protein. penyembuh luka. obat cacing. dan jaringan lemak sekitar 30 – 40 %. jika kadar glukosa darah naik. Kandungan gizi pada pare cukup baik. Prapti. Riset serupa di Jerman. gula dalam darah tidak dapat masuk ke dalam sel – sel jaringan tubuh lainnya seperti otot dan jaringan lemak. Selama belum ada insulin. Justru dibalik rasa pahitnya itulah pare bermanfaat bagi kesehatan. Insulin merupakan suatu polipeptida (protein). dan menutup kembali.) sebagai obat di Cina sudah dicatat Li sejak tahun 1578. gula dibakar menjadi 6eneti yang berguna untuk beraktivitas. serta glikosida cucurbitacin. serta sel darah. Thailand. dan polifenol (antioxidant kuat). 2007) Penyebab diabetes mellitus adalah kurangnya produksi dan ketersediaan insulin dalam tubuh atau terjadi gangguan fungsi insulin. Tanaman satu ini terkenal karena buahnya yang pahit. memasukkan gula ke dalam sel. Awalnya sebagai tonikum. momordicin. Di dalam sel. ginjal sekitar 10 – 20 %. otot. kelenjar 6enetic6 akan mengeluarkan insulin dan masuk ke dalam aliran darah. yang sebenarnya jumlahnya cukup.

1 gram 1.komponen yang menyerupai sulfonylurea (obat antidiabetes paling tua dan banyak dipakai).4 mg 64 mg 18 SI 0. ada benang merah bahwa dalam menurunkan gula darah.5 gram/ kg berat badan.2 gram 29 gram 1.5 gram 45 mg 1. Dari begitu banyak riset pare sebagai penurun gula darah. Tabel 1 Kandungan gizi tiap 100 gram daun dan buah pare Zat gizi Air Kalori Protein Lemak Karbohidrat Kalsium Zat Besi Fosfor Vitamin A Vitamin B Vitamin C Folasin Buah Pare 91.1 gram 0.4 gram 12 gram 264 mg 5 gram 666 mg 5. Obat jenis ini menstimulasi sel beta kelenjar pancreas tubuh memproduksi insulin lebih banyak. Efek pare dalam menurunkan gula darah pada kelinci diperkirakan juga serupa dengan mekanisme insulin.05 mg 170 mg 88 mg 7 .1 mg 0. penelitian pare di Jerman berhasil menemukan dosis efektif penurun gula darah pare pada kelinci sehat sebesar 0. 2007). pare memiliki lebih dari satu mekanisme. dan 1-1. (Anonimous.6 gram 0.5 gram/kg berat badan untuk kelinci yang sengaja dibikin kencing manis. selain meningkatkan deposit cadangan gula glycogen di hati. Lebih dari itu.08 mg 52 mg Daun Pare 80 gram 44 gram 5.

Pare mengandung protein. Hampir semua bagian tanaman ini. dan diabetes mellitus.4. stroke. Pare kaya akan kalsium. berkhasiat untuk obat. kadar insulin menjadi kurang atau tidak ada. Buah pare mengandung karatin. Selain itu diduga pare memiliki komponen yang menyerupai sulfonylurea (obat antidiabetes paling tua dan banyak dipakai). bunga.2. dan sedikit lemak. penyumbatan arteri. Manfaat pare Kandungan gizi pada pare cukup baik. Vitamin yang menonjol terdapat di dalamnya adalah vitamin A dan vitamin C. Sementara itu bijinya mengandung momordisin. diabetes mellitus (DM) dapat dibagi menjadi sebagai berikut : DM tipe 1 atau DMTI (Diabetes Mellitus Tergantung Insulin) Sebagian besar sel beta pulau 8enetic88s yang memproduksi insulin dalam 8enetic8 mengalami kerusakan. Akibatnya. zat besi dan fosfor. DM tipe 2 atau DMTTI Disebabkan kekurangan nutrisi atau gizi pada diabetisi Diabetes Mellitus yang berhubungan dengan keadaan atau sindrom tertentu 8 . 2. daun.5 Pengaruh kandungan pare terhadap penurunan gula darah pada penderita Diabetes Melitus Efek pare dalam menurunkan gula darah pada hewan percobaan bekerja dengan mencegah usus menyerap gula yang dimakan. Efek pare dalam menurunkan gula darah pada kelinci diperkirakan juga serupa dengan mekanisme insulin. hydroxytryptamine. B. vitamin A. Berdasarkan gejala klinis atau medis. dan C. Dari penelitian yang dilakukan di Jepang tahun 2003 juga diketahui bahwa biji pare merupakan anti oksidan yang cukup kuat untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh yang memicu pembentukan sel kanker. maupun akar. Mineralnya tak kalah banyak. Obat jenis ini menstimulasi sel beta kelenjar pancreas tubuh memproduksi insulin lebih banyak. mempercepat penuaan. baik biji. selain meningkatkan deposit cadangan gula glycogen di hati. karbohidrat.

radang tenggorok. Beberapa parameter yang dapat digunakan untuk mendiagnosis diabetes mellitus sebagai berikut : 1. Sementara itu bijinya mengandung momordisin. 2003) Kandungan gizi pada pare cukup baik. baik biji. Untuk penggunaan biji pare. pare berkhasiat sebagai antiradang. Seseorang dikatakan normal atau tidak menderita diabetes mellitus jika kadar glukosa darah ketika puasa kurang dari 110 mg/dl. dan C. vitamin A. B. stroke. Dari penelitian yang dilakukan di Jepang tahun 2003 juga diketahui bahwa biji pare merupakan anti oksidan yang cukup kuat untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh yang memicu pembentukan sel kanker.. menurunkan kadar glukosa darah. radang mata merah. cuci dan lumatkan lalu tambahkan setengah gelas air bersih. daun. mempercepat penuaan. bunga. Minum sehari sebanyak 1 ramuan. gangguan reseptor insulin. kadar glukosa darah 2 jam setelahnya kurang dari 140 mg/dl. Cara pemanfaatan pare untuk mengatasi Diabetes Mellitus. Pare mengandung protein. kadar glukosa darah 1 setelah minum larutan glukosa 75 gram menunjukkan kadar glukosa darah kurang dari 180 mg/dl. penyakit hormonal. penyumbatan arteri. dan diabetes mellitus. 3. Mineralnya tak kalah banyak. dan sindrom 9enetic tertentu atau gejala-gejala penyakit keturunan seperti diabetes mellitus. Aduk dan peras.Termasuk ke dalam kelompok ini adalah penyakit 9enetic9. Namun. Seseorang dikatakan menderita diabetes mellitus jika kadar glukosa darah ketika puasa lebih dari 126 mg/dl atau 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram menunjukkan kadar glukosa darah lebih dari 200 mg/dl. yaitu 9 . (Utami. keadaan yang disebabkan oleh obat atau zat kimia. karbohidrat. Efek farmakologis dari tanaman ini rasanya pahit dan sifatnya dingin. zat besi dan fosfor. untuk mengobati batuk. Hampir semua bagian tanaman ini. maupun akar. berkhasiat untuk obat. Vitamin yang menonjol terdapat di dalamnya adalah vitamin A dan vitamin C. yaitu dengan cara Ambil 2 buah pare. Prapti. rematik dan sariawan disentri. Buah pare mengandung karatin. hydroxytryptamine. Seseorang dikatakan terganggu toleransi glukosanya jika kadar glukosa darah ketika puasa 110 – 125 mg/dl atau 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram menunjukkan kadar glukosa darah 140 – 199 mg/dl. Pare kaya akan kalsium. Diulang selama 2 minggu. dan sedikit lemak. 2. buah pare paling sering digunakan untuk bahan ramuan obat terutama diabetes mellitus.

Setelah dingin disimpan dalam toples. kemudian biji pare disangrai sampai kering dan ditumbuk halus. 2007) 10 .dengan cara sediakan 200 gram biji pare. (Anonimous. Cara pemakaiannya seduh 10 gram bubuk biji pare dengan air matang untuk diminum 3 kali sehari.

Hipotesis Ada pengaruh mengkosumsi Pare dalam penurunan kadar gula darah pada penderita Diabetes Melitus Tipe 2 3.BAB III PEMBAHASAN 3.Skema Kerangka Teori Skema Kerangka Teori Konsumsi Pare (Variabel Bebas) Penurunan Kadar Gula Darah (Variabel Tergantung) • Asupan Gizi • Life Style (Variabel Luar) 3.Operasional Hipotesis 1) Mengkonsumsi Pare  Time Ordering : Variabel Bebas  Level of Measurement : Ratio ( mengkonsumsi pare atau tidak mengkonsumsi pare) 11 .1.2.3.

GDS. dan gula darah 2 jam post pardial (GD2PP) 3) Asupan Gizi  Time Ordering : Variabel Luar  Level of Measurement : Nominal  Definisi Operasional : Asupan gizi yang dimakan haruslah makanan bergizi dan tidak dalam diet apapapun 4) Life style  Time Ordering : Variabel Luar  Level of Measurement : Nominal  Definisi Operasional : Life style yang sehat. dan melakukan olah raga 2 kali seminggu serta tidak pernah mengkonsumsi alkohol dan napza 3. dengan cara dilumatkan lalu ditambahkan dengan setengah gelas air bersih (dijus). Gula darah puasa (GDP). dan GD2PP setelah 12 .Rancangan Penelitian Rancangan eksperimental Melakukan perlakuan (mengkonsumsi 200 gr pare/ hari selama 2 minggu dengan cara melumatnya lalu dicampur setengah gelas air) terhadap kelompok perlakuan (penderita DM tipe 2) kemudian lihat hasilnya dengan dilakukan tes GDP.4. Definisi Operasional : mengkonsumsi pare sebanyak 200 gr/hari atau sebanding dengan 2 pare ukuran sedang. selama 2 minggu. 2) Kadar Gula darah  Time Ordering : Variabel Tergantung  Level of Measurement : Ratio (Kadar Gula Darah)  Definisi Operasional : Kadar gula darah yang diukur dengan melakukan tes gula darah sewaktu (GDS).

Sulfonilnurea. dan GD2PP) pada terhadap penderita DM tipe 2. GDP dan GD2PP) terhadap penderita DM tipe 2 yang telah diberikan konsumsi Pare sebanyak 200 gr/hr (2 buah/hari) selama 2 minggu dan juga obat penurun kadar gula darah (metformin san sulfonurea).mengkonsumsi pare.5. Lalu dibandingkan dengan kelompok kontrol (penderita DM tipe 2) yang tidak diberikan perlakuan. GDP. 10 penderita sebagai subjek perlakuan dan 10 penderita sebagai subjek kontrol. 3.4. dll) 3. O Pasca-konsumsi O Subjek Kontrol : Dilakukan pemeriksaan laboratorium (GDS. GDP dan GD2PP) terhadap penderita DM tipe 2 yang telah diberikan obat penurun kadar gula darah (metformin san sulfonurea). O Tidak mengkonsumsi obat penurun kadar glukosa (Metformin.Pengumpulan data O Pra-konsumsi O Dilakukan pemeriksaan laboratorium (GDS. Subjek Penelitian O Sampel 20 orang (35 – 55 th) yang menderita DM tipe 2  dibagi 2 secara random. O Subjek Perlakuan : Dilakukan pemeriksaan laboratorium (GDS.Hasil Data Pra-konsumsi 13 .

Data Pra Konsumsi Nama A B C D E F G H I J Usia 35 50 44 55 38 39 49 51 47 52 GDS 200 210 216 200 220 230 222 216 213 221 GDP 128 130 133 127 131 135 131 127 136 134 GD2PP 210 215 211 200 214 220 219 214 222 214 Nama K L M N O P Q R S T Usia 41 38 50 42 43 45 41 54 39 50 GDS 210 215 220 200 200 213 223 216 219 210 GDP 126 130 128 131 125 128 131 127 130 130 GD2PP 200 214 220 219 221 215 224 219 220 211 Data Subjek Perlakuan Data Subjek Kontrol Data Paca Konsumsi Data Pasca Konsumsi Nama A B C D E F G H I J Usia 35 50 44 55 38 39 49 51 47 52 GDS 150 156 148 151 166 159 147 153 146 165 GDP 110 115 113 120 121 117 116 119 120 125 GD2PP 141 144 140 150 142 146 141 140 150 156 Nama K L M N O P Q R S T Usia 41 38 50 42 43 45 41 54 39 50 GDS 185 177 180 178 190 182 188 191 189 178 GDP 118 121 119 125 121 120 125 122 121 125 GD2PP 171 175 160 172 168 178 188 179 174 173 Data Subjek Perlakuan Data Subjek Kontrol 14 .

.3.05 α = 0.8 & 5.7 / 40.05 Keputusan uji : Ho ditolak Kesimpulan : Mean kadar gula darah perlakuan lebih rendah daripada kontrol GDP Mean & SD Perlakuan Kontrol 117.7) / Sp √( ) 15 .898 Df = 18 .6.325 121.6 & 4.Uji Statistik GDS Mean & SD Perlakuan Kontrol 154.6 – 121.452 Uji T-Student Ho : Mean kadar gula darah perlakuan sama dengan kontrol Ha : Mean kadar gula darah perlakuan lebih rendah daripada kontrol T = (154.54 Uji T-Student Ho : Mean kadar gula darah perlakuan sama dengan kontrol Ha : Mean kadar gula darah perlakuan lebih rendah daripada kontrol T = (117..1 & 7.447 T = 1.218 188.1 – 188.8) / Sp √( ) T = -34. Pf = <0.7 & 2.9 x 0.

05 Keputusan uji : Ho gagal ditolak Kesimpulan : Mean kadar gula darah perlakuan sama dengan kontrol GD2PP Mean & SD Perlakuan Kontrol 142 & 5.05 α = 0.1 / 12..416 178..447 T = 0. Pf = >0. Pf = <0.33 Uji T-Student Ho : Mean kadar gula darah perlakuan sama dengan kontrol Ha : Mean kadar gula darah perlakuan lebih rendah daripada kontrol T = (142 – 178..8) / Sp √( ) T = -36.8 & 7.T = -4..735 Df = 18 .1 α = 0.47 x 0.05 Keputusan uji : Ho ditolak Kesimpulan : Mean kadar gula darah perlakuan lebih rendah daripada kontrol 16 .982 Df = 18 .8 / 41.53 x 0.447 T = 1.

Pada hasil statistik. untuk mengobati batuk. Setelah dingin disimpan dalam toples. Tanaman pare (Momordica charantia L.BAB IV PENUTUP 4. Penurunan hormon ini mengakibatkan seluruh gula (glukosa) yang dikonsumsi tubuh tidak dapat diproduksi secara sempurna. pare berkhasiat sebagai antiradang. sehingga kadar glukosa didalam tubuh akan meningkat. Efek farmakologis dari tanaman ini rasanya pahit dan sifatnya dingin. bunga. maupun akar. Kesimpulan Dengan mengkonsumsi pare dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita Diabetes Melitus Tipe 2. kemudian biji pare disangrai sampai kering dan ditumbuk halus. Kandungan gizi pada pare cukup baik. Pare mengandung protein. Minum sehari sebanyak 1 ramuan. baik biji. cuci dan lumatkan lalu tambahkan setengah gelas air bersih. Cara pemanfaatan pare untuk mengatasi Diabetes Mellitus. Tetapi untuk GDS tidak ada perbedaan yang signifikan pada perbedaan mean kadar gula darah 17 . Cara pemakaiannya seduh 10 gram bubuk biji pare dengan air matang untuk diminum 3 kali sehari. Hampir semua bagian tanaman ini. radang tenggorok. menurunkan kadar glukosa darah. Diulang selama 2 minggu. Diabetes millitus adalah suatu jenis penyakit yang disebabkan menurunnya hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas. Untuk penggunaan biji pare. berkhasiat untuk obat. Aduk dan peras. radang mata merah. buah pare paling sering digunakan untuk bahan ramuan obat terutama diabetes mellitus. yaitu dengan cara Ambil 2 buah pare. Namun. dan sedikit lemakmineral pare kaya akan kalsium. Justru dibalik rasa pahitnya itulah pare bermanfaat bagi kesehatan. yaitu dengan cara sediakan 200 gram biji pare.1.) berasal dari kawasan Asia Tropis. karbohidrat.. rematik dan sariawan disentri. zat besi dan fosfor. Vitamin yang menonjol terdapat di dalamnya adalah vitamin A dan vitamin C. Tanaman satu ini terkenal karena buahnya yang pahit. untuk GDP dan GD2PP memperlihat hasil bahwa terdapat perbedaan pada mean kadar gula darah pada perlakuan dan kontrol. daun.

pada keduanya. 18 . hal ini bisa dikarenakan kesalahan laboratorium atau juga jumlah sampel yang terlalu sedikit. 4. Mungkin harus dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menambah jumlah sampel agar mendapatkan hasil yang lebih akurat. karena tanaman ini mudah ditemukan dan harganya relatif murah.2 Saran Bagi masyarakat sebaiknya menggunakan bahan lokal sebagai obat alternatif dalam mengobati penyakit diabetes melllitus terutama tanaman pare. dengan menggunakan bahan lokal sebagai obat alternatif lebih aman dari pada obat luar. Selain itu.

(online) http://dapurmlandhing. www. 19 . 2007.dagdigdug. Khasiat Buah Pare.http://www.php?t=5931 diakses 20 Juni 2008 Anonimous. Tanaman Obat Untuk Mengatasi Diabetes Mellitus. 2006. Sidartawan.nusaku. Medicastore. (online). Melawan Wabah Diabetes Dunia dengan Buah Pare.com diakses 20 Juni 2008 Soegondo.com. 2007. 2003. Jakarta : Agro Media Pustaka. Jumlah Diabetes Mellitus.http://www. (online). diakses 20 Juni 2008 Utami. (online).nusaku.com/forum/showthread.com/forum/showthread.php?f=13 diakses 20 Juni 2008 Anonimous.DAFTAR PUSTAKA Anonimous. Prapti dan Tim Lentera. Pare. 2007.