TINJAUAN PUSTAKA

CTD (Conductivity Temperature Depth) adalah instrumen yang digunakan untuk mengukur karakteristik air seperti suhu, salinitas, tekanan, kedalaman, dan densitas.. Secara umum, sistem CTD terdiri dari unit masukan data, sistem pengolahan, dan unit luaran.

Unit masukan data terdiri dari sensor CTD, rosette, botol sampel, kabel koneksi dll. Sensor berfungsi untuk mengukur parameter karakteristik fisik air laut yang terdiri dari sensor tekanan, temperatur, dan konduktivitas. Botol sampel berfungsi sebagai wadah sampel air sedangkan rosset berfungsi untuk mengatur penutupan botol. Kabel koneksi berfungsi sebagai penompang, dan juga berfungsi sebagai pengantar sinyal. Telekomando akan memberikan sinyal kepada rosset untuk menutup botol secara berurutan, setelah mengambil sampel air laut.

Unit pengolah terdiri dari sebuah unit pengontrol CTDS (CTD Sensor) dan komputer yang dilengkapi perangkat lunak. Unit pengontrol berfungsi sebagai pengolah sinyal CTD, penampil hasil pengukuran serta pengubah sinyal analog ke digital. CTD mengontrol setiap kegiatan akusisi dan pengambilan sampel serta kalibrasi. Setiap penekanan tombol fungsi sesuai pada menu, maka printer akan mencetak posisi, kedalaman, salinitas, konduktifitas dan temperatur sehingga kronologis kegiatan pengoprasian CTD dapat terekam. Sensor adalah sebuah piranti yang mengubah fenomena fisika menjadi sinyal elektrik. CTD memiliki tiga sensor utama, yakni sensor tekanan, sensor temperatur, dan sensor untuk mengetahui daya hantar listrik air laut (konduktivitas).

a. Sensor Tekanan. Sensor tekanan merupakan sensor yang memanfaatkan hubungan langsung antara tekanan dan kedalaman. Sensor ini terdirai dari tahanan yang berbentuk seperti jembatan wheatsrone kemudian dinamakan strain gauge. Strain gauge merupakan alat resistansi yang berubah ketika mendapat tekanan, Tahanan ini akanmemegang peranan ketika mendapat gaya dalam bentuk fisika seperti tekanan, beban (berat), arus dll. (Herunadi, 1998).

b. Sensor Temperatur. Sensor temperatur adalah sensor yang berpengaruh terhadap suatu hambatan, dalam bentuk termistor. Termistor (tahanan termal) merupakan alat semikonduktor yang berperan sebagai

nikel. profil mengapung dan AUVs lebih kompleks untuk beroperasi.) Oleh karena itu. Sebagai sensor yang melewati nilai konduktifitas maka rata-rata hasil proses dalam pengukuran akan melewati nilai rendah (low pass fliter). (Kapal-dikerahkan CTDs yang direferensikan dengan data sampel air yang tidak tersedia secara umum dengan penyebaran instrumen otonom. Sensor ini merupakan sensor yang terdiri dari tabung berongga danempet buah terminal elektroda platina-rhodium di belakang sisinya. c. bertenaga rendah sensor CTD yang digunakan pada instrumen otonom seperti MP. glider.tahanan dengan besar koefisien tehanan temperatur yang tinggi dan biasanya bernilai negative. keterbatasan utama adalah kebutuhan untuk mengkalibrasi sensor individu. kobalt dll. Sensor ini akan mulai mengukur ketika alat telah bergerak masuk kedalam air sampai pada posisi yang diinginkan. http://winniehertikawati. Sensor Konduktifitas. sensor harus stabil untuk periode penyebaran. Sensor konduktofitas merupakan sensor yang mendeteksi adanya nilai daya hantar listrik di suatu perairan.com/2010/0 5/ctd-conductivity-temperature-depth. Alatini terbuat dari campuran Oksida-Oksida logam yang diendapkan seperti mangan.blogspot.html winnie hertikawati Keuntungan menggunakan CTD: · · · · Dapat digunakan untuk penginderaan jauh Sangat akurat karena dapat dikontrol dari atas kapal Ringan (CTD saja) Dapat digunakan hingga kedalaman beberapa ribu meter. Sebenarnya sensor ini mengukur nilai konduktifitas untuk mengetahui nilai salinitas atau kadar garam di sebuah perairan sacara tidak langsung.blogspot.com/2013/05/instrumen-ctdconductivity-temperature.html I RW A N SYAH Cara kerja: . atau asumsi tentang sifat-sifat air laut harus dibuat dan dirujuk ke data sensor. http://onesiklopedia. Hal ini terutama berlaku untuk instrumen otonom dikerahkan untuk jangka waktu yang lama. Kekurangan CTD: Alatnya kecil.

Pengukuran data tercatat dalam bentuk data digital. dan sensor untuk mengetahui daya hantar listrik air laut (konduktivitas). yakni sensor tekanan. Pengukuran tekanan pada CTD menggunakan strain gauge pressure monitor atauquartz crystal. termometer platinum atau kombinasi keduanya. CTD memiliki tiga sensor utama. Data tersebut tersimpan dalam CTD dan ditransfer ke komputer setelah CTD diangkat dari perairan atau . Sensor temperatur yang terdapat pada CTD menggunakan thermistor.CTD diturunkan ke kolom perairan dengan menggunakan winch disertai seperangkat kabel elektrik secara perlahan hingga ke lapisan dekat dasar kemudian ditarik kembali ke permukaan. sensor temperatur. Tekanan akan dicatat dalam desibar kemudian tekanan dikonversi menjadi kedalaman dalam meter. Sel induktif yang terdapat dalam CTD digunakan sebagai sensor salinitas.

dari ujung lubang diintip maka akan kelihatan batas terang gelap pada sekala berapa.html Putry Santoso   Kelemahan: zat yang terlarut dianggap seluruhnya gula (untuk refraktometer sucrose) sedangkan untuk refraktometer garam (salt) zat terlarutnya dianggap sebagai garam NaCl. refraktormeter  Refraktometer merupakan alat pengukur salinitas yang cukup umum.blogspot. karena memanfaatkan cahaya maka alat ini harus dipakai ditempat yang mendapatkan banyak cahaya atau lebih baik kalau digunakan dibawah sinar matahari jadi sehabis kita mengambil sampel air laut kita langsung menghitungnya dengan alat ini.transfer data dapat dilakukan secara kontinu selama perangkat perantara (interface) dari CTD ke komputer tersambung. Teteskan air sampel yang ingin diketahui salinitasnya 4. Tetesi refraktometer dengan aquadest 2. ada 2 refraktometer : digital dan manual yang digital cukup taruh cairan pada hole sample (2-5 mL) tekan start.com/2011/03/17/tekanan-dan-alat-alat-pengukurnya/ anonym 2. Bersihkan dengan kertas tisyu sisa aquadest yang tertinggal 3. cukup taruh 2-3 tetes dipermukaan lensa kemudian ditutup.wordpress.com/2012/03/alat-pengukursalinitas-tekanandan-suhu. Juga disebut sebagai pengukur indeks pembiasan pada cairan yg dapat digunakan untuk mengukur kadar garam. yang manual. Lihat ditempat yang bercahaya .blogspot. http://rahayu-putrysantoso.langkahnya : 1. Keuntungan: Refraktometer alat ini bekerja berdasarkan indeks bias.seluruhnya. http://abymarssiono. Prinsip alat ini adalah dengan memanfaatkan indeks bias cahaya untuk mengetahui tingkat salinitas air. dimana indeks bias berubah untuk setiap perubahan brix.html   Raynami Matorang Cara kerja : Berikut langkah . keluar hasil di display.com/2012/12/pramodul. http://osfeanografifisika.

salinometer .blogspot. Garis batas antara kedua bidang itulah yang menunjukan salinitasnya 7.5.com/2011/03/menghitung-tinkat-salinitas-pada-air.tyfo. Bilas kaca prisma dengan aquades.html M OCH AMAD RI D H AN A R AC H M AN Refraktometer Sumber : http://www. usap dengan tisyu dan simpan refraktometer di tempat kering http://ridhorachman.php 3.de/de/refraktometer. Akan tampak sebuah bidang berwarna biru dan putih 6.

Dengan alat ini. berbeda dengan refraktometer yang biasa digunakan di lapangan atau outdoor.marinebio. http://osfeanografifisika.blogspot.blogspot. konduktivitas dan pengukuran suhu dapat dilakukan dilapangan. Kerugian: 1.semakin besar salinitas semakin Besar pula daya hantar listriknya.htm . . Bekerjanya berdasarkan daya hantar listrik. http://osfeanografifisika. Karena kabel suspensi agak tebal.html Raynami Matorang Keuntungan: 1. 75 m / detik. alat ini harus diturunkan dari perahu dan dihanyutkan untuk mengukur parameter dalam vertikal ketika arus melebihi 0.net/marinescience/01intro/tomeas.com/2012/12/pramodul.Salinometer adalah alat untuk mengukur salinitas dengan cara mengukur kepadatan dari air yang akan dihitung salinitasnya.html Raynami Matorang Salinometer Sumber http://www. Alat ini digunakan di laboratorium.com/2012/12/pramodul.

isi dengan air sampel yang akan diukur salinitasnya 2. Dengan cara diturunkan ke dalam air laut/danau dengan menggunakan tali atau tongkat yang terpasang pada secchi disk hingga lempengan secchi disk hilang dari pengamatan mata. Pada saat melakukan pengukuran. Fr. Salinitas akan terbaca pada skalanya. Whipple yang terbuat dari logam. Secchi disk ini kemudian digunakan untuk mengukur seberapa jauh seseorang dapat melihat ke dalam air (visibilitas). secchi disc Secchi disk adalah instrument alat sederhana yang digunakan untuk mengukur transparansi air di lautandan danau.com/2012/12/pramodul. http://osfeanografifisika. Pietro Angelo Secchi sendiri merupakan penasihat ilmiah untuk Paus.plengdut.html Raynami Matorang 4. yang diminta untuk mengukur transparansi di Laut Mediterania oleh Komandan Cialdi. Langkah ini dikenal sebagai kedalaman Secchi dan berhubungan dengan kekeruhan air. kepala Angkatan Laut Kepausan. Tingkat kedalaman dibaca dengan cara mengukur tali/tongkat secchidisk mulai dari permukaan air laut/danau pada saat lempengan tidak terlihat hingga nampak kembali. Kedalaman di mana pola pada disk tidak lagi terlihat diambil sebagai ukuran transparansiair. biasanyanya disk ini dipasang pada tiang atau tali. http://www.html anonim Kelebihan dan Kekurangan Secchi Disc Kelebihannya : Alat ini sering digunakan karena bentuk dan penggunaannya yang praktis. Cara kerja. dengan bentuk arsiran 4 bagian pada cakram).com/2012/10/secchi-disk. seorang ahli astrofisika.Cara menggunakan: 1. Pembacaan secchi disk ini dilakukan pada kedalaman air di mana disk hilang dan muncul kembali. tetapi disk yang paling sering digunakan adalah secchidisk yang dimodifikasi oleh George C. Berbagai ukuran disk telah digunakan sejak saat itu. Secchi menggunakan sebuah disk putih untuk mengukur kejernihan air di Mediterania pada bulan April l865. Secchidisk ini berupa lempengan berbentuk cakaram yang di beri warna pada permukaan cakram (biasanya menggunakan 2 warna. memiliki ukuran diameter 8 inchi dan diberi warna hitam dan putih berbentuk kuadran (4 arsiran) pada permukaan disk tersebut.blogspot. Kekurangannya : . dan diturunkan perlahan-lahanke dalam air. Pietro Angelo Secchi. Secchi disk pertama kali dibuat oleh Fr. hitam dan putih. Disk kemudian dinaikkan sampai muncul kembali. Ambil gelas ukur yang panjang.

Pada kedalaman air dimana disk hilang/tidak kelihatan dan muncul kembali adalah cara pembacaan Secchi disk.Sebagai alat ukur kecerahan perairan dalam mengukur transparansi air. Level kedalaman dalam pembacaan pada pita pada permukaan air mulai jarak yang terdekat. Beberapa faktor yang mempengaruhi hasil penguikuran sechi Disk : penglihatan pada waktu pembacaan.blogspot. perolehan datanya masih sebatas perkiraan atau tidak terlalu akurat. . partikel lumpur dan material lain yang tersuspensi dalam air. warna air.html khairunnisa sasang Cara kerja : Sacchi disc http://courses. faktor refleksi disk.washington. Disk kemudian diangkat sampai muncul kembali. waktu pembacaan pada hari tersebut atau waktu ketika data itu diambil (10 – 2 siang).html Caranya diturunkan ke dalam air dengan gulungan pita tahan air yang mana dipasang sampai tidak kelihatan. http://khairunnisa-sasang.com/2011/11/alat-biotaperairan_30.edu/uwtoce06/webg3/methods.

Sensor built-in memori berfungsi memungkinkan pengukuran berlanjut sepanjang satu bulan dalam pemeriksaan menyelam di dalam contoh itu. 60 mm → 0. 200 mm → 1. U-20Xd dirangkaikan secara ringkas untuk direkomendasikan untuk semua air. Pengukuran dilakukan disamping kapal yang terkena sinar matahari Waktu pembacaan cukup (minimal 2 menit) ketika disk dekat atau diangkat Catat kedalaman ketika disk hampir menghilang Angkat perlahan-lahan dan catat kedalaman ketik disk mulai terlihat kembali.com/2011/04/alat-ukur-salinitas-antara-lain. oleh para peneliti profesional dan peneliti berkwalitas. atau menghubungkan pemeriksaan dengan alat untuk memilih komponen penting dari table atau data berikut.5 m. oksigen yang dihancurkan. Dengan kemampuan pengukuran yang kuat.html anonim 5. Kedalaman secchi merupakan rata-rata dari hilang dan muncul kembali Pembacaan dilakukan dimungkinkan pada siang hari Kedalaman sedikitnya 50% lebih besar dibanding kedalaman secchihttp://dkpmm. 600 mm → 5-15 m). horiba Horiba merupakan alat untuk mengukur kualitas suatu perairan.blogspot. temperatur.5 m.5-5 m. Instrumen ini di design untuk keduanya baik pekerjaan berat ataupun memudahkan dalam cara pengoperasian . yang dicat putih / hitam dan putih pada kuadran dan menggunakan pemberat agar menjaga agar tali tetap lurus. pengukuran bersama sampai kepada 13 parameter dari pH. Multi-Probe Sensor mampu memeriksa kedalaman. Instrumen ini berfungsi untuk mengetahui kualitas air pada suatu tempat . dalam pengukuran pada berbagai poin-poin. dan kekeruhan Unit W-23Xd . dan daya konduksi ke seawater bobot jenis dan berbagai ion akan dapat diperoleh jauh lebih cepat dan dibanding dengan instrumen konvensional adalah paling mudah.Prosedur memasukkan secchi disk dalam air menurut Davies-Colley Gunakan ukuran disk yang tepat untuk mengukur kecerahan (20 mm → 0. daya konduksi. Personil tidak perlu untuk menjadi .5-1.15-0. sehingga ini sangatlah cocok untuk lapangan pekerjaan Fungsi Horiba adalah suatu alat untuk aplikasi yang menuntut panjangnya kabel.

chemistry. Horiba memiliki fungsi yang cukup lengkap.com/horiba_multiparameter_meters. sebagai penambahannya terhadap sungai. PH.scribd. danau dan tempat-tempat yang lain. salinitas serta turbidity. Begitu.chemistry.1.chemistry. (www. Jadi horiba merupakan gabungan dari berbagai alat pengukur parameter yang dijadikan satu kesatuan dan penggunaan yang sederhana (www.html . dan bahkan di dalam laut yang terbuka (www. temperatur. konduktivitas. Melalui horiba kita bisa mendapatkan berbagai parameterparameter fisika-kimia.3.org) Junika ahmad f http://www.menyajikan sepanjang proses pengukuran data yang ditangkap oleh komputer pribadi di dalam lokasi yang terbatas. diantaranya adalah: DO.org) Berbagai parameter fisika-kimia sangat dibutuhkan untuk mengetahui kualitas air.geotechenv. sehingga pengukuran high-precision sekarang dapat siap diperoleh dan mutu air dapat dimonitor pada tanggul. Cara Menggunakan Horiba Sumber http://www.org) Pengukuran pada kerendahan dengan tekanan tinggi dan ketahanan atasan nya .com/doc/132276955/BAB-I-Laporan-Pramodul-Osfis 2013 2. sensor yang dikembangkan baru saja memudahkan asurements sejauh 100 meter di bawah permukaan air. kedalaman.

TDS. gerakan air. dan harus secara akurat dan terpercaya sesuai dengan komponen velositas.1) kita cek terlebih dulu apakah horiba tersebut berfungsi sebagaimana mestinya sebelum digunakan. Indikator kinerja tergantung pada inertia dari rotor. Hal ini untuk menjaga apabila kabel pada horiba putus. Yang perlu diperhatikan bahwa yang dipegang bukanlah kabel yang tersambung pada horiba tetapi tali yang diikatkan pada kabel. TEMPERATURE . Current meter Pengukuran kecepatan arus air disebut dengan water current meter. dan simpel digunakan dengan kondisi lingkungan yang berbeda-beda. dan hindari dari sinar matahari karena alat ini sangat sensitif terhadap cahaya. SALINITY. CONDUCTIVITY. a. TURBIDITY. DEPTH. dan gesekan dalam bearing. 8) tutup sensor dari horiba. 4) kita turunkan alat horiba tersebut perlahan-lahan atau pelan-pelan ke dasar perairan. PH. Arus 1. ORP 5) kita catat data yang keluar dari horiba tersebut. GRAFITY. Secara umum current meter yang biasa dipergunakan memiliki dua tipe : dengan “verctical axis meter” dan “axis meter horizontal”. Seluruh currentmeter mekanik mengukur kecepatan dengan melakukan pengubahan gerakan linear menjadi menjadi angular. dan setelah ditutup hindarkan dari sinar cahaya matahari. 3) lalu kita membuka penutup dari sensor untuk memulai pemerikasaan. mudah dilakukan pemeliharaan. 2) kita tentukan terlebih dahulu kedalaman yang akan kita ukur. Dalam kedua perbedaan tersebut rotasi dan rotor dari propeller dipergunakan untuk menentukan kecepatan arus laut . 6) setelah itu kita angkat horiba pelan-pelan keatas kapal dengan memegang tali itu lagi 7) setelah selesai pengukuran dalam tiap stasiun horiba tersebut harus disiram dengan alkohol supaya netral lagi. Sebuah current-meter yang ideal harus memiliki respon yang cepat dan konsisten dengan setiap perubahan yang terjadi pada kecepatan air. Dan data yang muncul bisanya berurutan dimana dari b. SEAWATER SPECIFIC. sesudah sampai kedalaman yang telah ditentukan lihat horiba tersebut berapa angka yang muncul. Juga harus tahan lama. DO.

http://osfeanografifisika. Kerugian: 1.com/2012/12/pramodul. Perubahan pada tegangan diterjemahkan kedalam kecepatan.sesuai dengan pengaturan pada current-meter. juga biasanya berperan sekaligus sebagai receiver. Sistem Akustik. Sistem Pencacah Putaran. dimana hal tersebut dapat diukur sebagai kecepatan arus air. 3. Elektrode dalam penelitian dapat mendeteksi tegangan yang dihasilkan oleh air. yang memancarkan pulsapulsa pendek pada frekuensi tertentu. Karena current meter tidak bergerak bagian mereka tidak terganggu banyak sehingga tidak membutuhkan pemeliharaan yang terkait dengan permasalahan mekanik. Keuntungan: 1. yang membuat perluasan lebih mudah. Baik untuk bekerja dengan cepat dan akurat. Sistem Elektromegnetik. yaitu current meter yang mernkonversi kecepatan sudut dari propeller atau baling-baling kedalam kecepatan linear. Biasanya jenis ini mempunyai kisaran pengukuran antara 0. prinsip electromagnetik dengan mengukur kecepatan mempergunakan hukum Faraday dengan menyatakan bahwa air mengakibatkan perubahan medan magnetik yang ada dalam bidang yang telah diatur sehingga menghasilkan tegangan yang berbeda secara linear sebanding dengan kecepatan arus.blogspot. dan rumus kalibrasi dengan mudah dapat diubah dalam grafik kecepatan. pada sistem ini air dianggap sebagai konduktor yuang mengalir melalui medan magnetik. Jadi secara umum ada tiga jenis yang sering dipergunakan saat ini. Tiga type dari alat ukur kecepatan dengan mempergunakan hukum Faraday. Pulsa-pulsa direfleksikan ataupun disebarkan oleh partikel-partikel dalam air dan terjadi pergeseran frekuensi dari yang diterima kembali oleh receiver. dan komponennya dapat menambah atau mengurangi jumlah putaran baling-baling sehingga tidak dapat mengetahui kecepatannya dengan benar.html Raynami Matorang Prinsip kerja Current meter adalah alat untuk megukur kecepatan arus air yang secara prinsip pengukurannya terbagi dalam tiga sistem. hubungan antara rotasi dan kecepatan dengan mempergunakan “towing tank”.03 sampai 10 m/s. . 2. Dimana konduktor (air) menggerakkan daerah medan magnet (diubah dengan kumparan berbeda kutub) yang menghasilkan voltase dengan adanya arus air. pada sistem ini digunakan prinsip Dopler pada transduser. yaitu : 1. Tidak dapat mengetahui arah arus. Sebelum current-meter ditempatkan.

Tindakan arus skala kecil . Hal ini tidak lagi diperlukan.Salah satu jenis current meter yang dapat dibuat adalah pengukuran arus dengan arus velositas.blogspot. Selain itu.com/2012/11/adcp-acoustic-doppler-current-profiler. Adcp ADCP adalah salah satu instrumen yang digunakan untuk mengukur kecepatan arus air berdasarkan efek Doppler dari suara yang diterima. topografi dasar perairan serta dapat dihubungkan dengan Global Positioning System (GPS) untuk penentuan posisi pengukuran.com/tag/current-meter/ 2.wordpress.html Raynami Matorang Current meter Sumber : http://perhubungan2.blogspot. http://osfeanografifisika. lintasan kapal. 2. ADCP menggunakan gelombang suara (sonar) sebagai alat pendeteksinya dan mempunyai akurasi yang tinggi. http://ranihandayani10. mengukur profil kedalaman saat ini diperlukan penggunaan string panjang meter saat ini.html rani handayani Keuntungan: 1.com/2012/12/pramodul. tergantung pada frekwensi suara yang digunakannya. ADCP juga memberikan informasi mengenai suhu air laut. Di masa lalu. dengan sistem kerja menghasilkan sinyal dari masing-masing putaran propeller yang terbuat dari bahan medan magnetic. Informasi yang diukur oleh ADCP meliputi besar dan arah arus air hingga 128 titik di kolom air dengan maksimum kedalaman pengukuran mencapai beberapa ratus meter.

tidak hanya seberapa cepat satu massa air bergerak dalam hubungannya dengan yang lain. ping tidak mungkin memukul partikel cukup untuk menghasilkan data handalhttp://osfeanografifisika. 2. Kekurangan: 1. ADCPs mengukur kecepatan mutlak air.html Raynami Matorang Prinsip kerja Adcp Sumberhttp://1.com/2012/12/pramodul. Jika air sangat jelas. ADCPs diatur ke "ping" juga cepat kehabisan baterai cepat 3. Ping frekuensi tinggi menghasilkan data yang lebih tepat.3.blogspot. 4.com/aGeZH5PSLB4/UKJ3l3cVdMI/AAAAAAAAACg/zkgkvPzJ34k/s1600/ADCP. Mengukur kolom air sampai dengan 1000m lama. Teori Doppler menjelaskan mengenai perubahan frekwensi gelombang yang berasal atau .Jadi para ilmuwan harus membuat kompromi antara jarak yang profiler dapat mengukur dan ketepatan pengukuran.jpg Pada prinsipnya. Informasi tersebut dianalisa berdasarkan pergeseran frekwensi menurut teori Doppler.bp. seperti di daerah tropis.blogspot. tapi ping frekuensi rendah perjalanan jauh dalam air. Berbeda dengan teknologi sebelumnya. ADCP bekerja dengan mentransmisikan gelombang suara dengan pola tertentu ke kolom air dan menerima pantulannya yang disebabkan oleh partikel-partikel yang ada di dalam air.

Akan tetapi. sungai atau danau karena air di dalam selalu mengandung partikel -partikel sedimen atau organisme yang memantulkan gelombang suara. maka gelombang suara tersebut akan makin tinggi frekuensinya dibandingkan dengan frekuensi asalnya. ADCP tidak dapat berfungsi pada air yang sangat jernih. Apabila objek bergerak mendekati. frekuensi gelombang yang diterima menjadi lebih rendah. kecepatan gerak partikel tersebut juga merupakan kecepatan gerak air. Besarnya perbedaan frekuensi tersebut sebanding dengan kecepatan relatif antara ADCP dan partikel. Palem pasut . Pasang surut 1. Besarnya perbedaan nilai tersebut kemudian dikonversikan ke dalam bentuk komponen kecepatan arus. Oleh karena itu. kelemahan ini tidak menjadi kendala untuk pengukuran di laut. yang diukur oleh ADCP adalah kecepatan partikel-partikel di dalam air. karena sifat gerak karakter tersebut mengikuti gerakan air. yang tidak cukup mempunyai objek untuk memantulkan gelombang suara. Apabila objeknya menjauhi.dipantulkan oleh objek yang bergerak. Besarnya kecepatan gerakan air yang diukur oleh currentmeter' konvensional diturunkan dari tenaga dorong air untuk menggerakan baling-balingnya.