TINJAUAN TEORI CA. SERVIKS A. Pengertian.

Kanker merupakan pertumbuhan baru yang ganas terdiri dari sel-sel epitelial yang cenderung
(Dorland, 1

menginfiltrasi
!" 1!#$

jaringan

sekitarnya

dan

menimbulkan

metastasis.

%a. &er'iks adalah keadaan dimana sel-sel neoplastik terdapat pada seluruh lapisan epitel pada daerah ser'iks uteri. ((ilson and Price, 1 #" 11)*$ +. ,tiologi dan -aktor Predisposisi Penyebabnya belum diketahui secara jelas. .etapi terdapat beberapa faktor pendukung terjadinya %a. &er'iks antara lain" 1. (anita yang berhubungan seks pada umur / 1* tahun 0. &ering berganti-ganti pasangan seks ). (anita yang sering melahirkan 1. (anita perokok #. 2nfeksi 324. 5. 3igiene seks yang jelek. %. Parofisiologi &er'iks mempunyai dua jenis sel epitel yang melapisi nektoser'iks dan endoser'iks, yaitu sel epitel kolumner dan sel epitel s6uamosa yang disatuka oleh &ambungan &6uamosaKolumner (&&K$. Proses metaplasia adalah proses pergantian epitel kolumner dan s6uamosa. ,pitel kolumner akan digantikan oleh s6uamosa baru sehingga &&K akan berubah menjadi &ambunga &6uamosa&6uamosa (&&&$7 s6uamosa berlapis. Pada a8alnya metaplasia berlangsung fisiologis 9amun dengan adanya mutagen dari agen yang ditularkan melalui hubungan seksual seperti sperma, 'irus herpes simplek tipe 22, maka yang semula fisiologis berubah menjadi displasia. Displasia merupakan karakteristik konstitusional sel seperti potensi untuk menjadi ganas.

%29 222 " displasia berat.ksofitik. &er'iks jarang terdeteksi. mulai dari &%: dan cenderung merusak struktur jaringan ser'iks dan melibatkan a8al fornises 'agina untuk menjadi ulkus yang luas. kehilangan berat badan *.ndofitik. %29 ada tiga tingkatan yaitu" 1. keluhan cepat lelah !. %29 22 " displasia ringan. perubahan ditemukan pada epitel yang lebih rendah dan pertengahan. nyeri diatas pubis dan sekitar panggul 5. D. ). . keputihan yang purulen. ca. Pada a8al perkembangannya. perubahan sitoplasmik terjadi di atas sel epitel ketiga. tampak sebagai portio yang erosi'e (metaplasia s6uamosa$ yang fisiologik atau patologik. mulai dari &%: kearah lumen 'agina sebagai masa proliferasi yang mengalami infeksi sekunder dan nekrosis. ser'iks tidak memberikan tanda-tanda dan keluhan. diferensiasi sel minimal dan karsinoma insitu. ). mulai dari &%: tumbuh ke dalam stroma ser'iks dan cenderung untuk mengadakan infiltrasi menjadi ulkus.lseratif. perdarahan saat defekasi ). . Pada pemeriksaan speculum. terjadi perubahan nucleus. perubahan sitoplasmik terjadi di atas sel epitel kedua dan ketiga. .3ampir semua ca. perdarahan berbau busuk yang khas 1. perdarahan spontan 0. " displasia sedang. . Pada tahap lanjut.umor dapat tumbuh sebagai berikut" 1. anemia . ser'iks didahului dengan derajat pertumbuhan prakanker yaitu displasia dan karsinoma insitu. berbau . terjadi di epitel basal lapisan ketiga. Displasia pada ser'iks disebut 9eoplasia &er'ikal 2ntraepitelial (%29$. %29 2 0. tanda dan gejalanya lebih jelas terlihat. <anifestasi klinis . 0. diantaranya adalah" 1.anda dan gejala stadium a8al %a. Proses perubahan yang terjadi dimulai di daerah &6uamosa%olumner :unction (&%:$ atau &&K dari selaput lendir portio. termasuk pada semua lapis sel epitel.

busuk dan tidak gatal. .#. perdarahan yang dialami segera setelah coitus.

kedalam 0. histerektomi trans'aginal.ingkat ? 2a 22a. stadium 24b " penyebaran sampai organ didekatnya " telah bermetastase jauh. 24 3isterektomi trans'aginal. 1 *!$ 1. . Klasifikasi dari %a. 3isterektomi radikal dengan limfadenopati panggul dan e'aluasi. 1?. stadium 222b -. " karsinoma terbatas pada ser'iks " karsinoma in'asi'e hanya ditemukan secara mikroskopik " lesi infasif @ # mm " lesi klinis berukuran / 1mm " lesi klinis @ 1mm " karsinoma meluas melampaui ser'iks. 22b penatalaksanaan +iopsy kerucut. stadium 22a . " tidak mencapai dinding panggul tapi 17) ba8ah 'agina terkena " perluasan ke dinding panggul atau hidronefrosis atau ginjal " proses keganasan telah keluar dari dinding panggul kecil dan tidak berfungsi. stadium 2a 1. tumor mencapai 17) panggul stadium 22b stadium 222 ba8ah 'agina 11. histerektomi trans'aginal. stadium 2b0 *. &er'iks (-2=>. stadium ? " Karsinoma intraepithelial. tetapi belum sampai kedinding " karsinoma keluar sampai dinding panggul. 11. karsinoma melibatkan 'agina tetapi tidak sampai 17) bagian ba8ah stadium 22 !.. 222. stadium 222a 10. stadium 2b1 5. kelenjar limfe para-aorta (bila terdapat metastase dilakukan radioterapi pasca pembedahan. 1). Penatalaksanaan <edis . stadium 2b #. stadium 24a 1#. " mengenai 'agina tetapi tidak jelas mengenai parametrium " jelas sampai ke parametrium. 222b.. stadium 24 melibatkan mukosa rectum dan atau 'esika urinaria atau telah bermetastase keluar panggul atau ketempat yang jauh. +iopsy kerucut. &tadium ini tidak dimasukkan statistic terapetik untuk karsinoma in'asi'e. stadium 2 ). tetapi belum meluas pada dinding panggul.

palliati'e. 24b Aadioterapi. . kemoterapi.24.

=. path8ays 3erediter +erhubungan seks /1* th +erganti-ganti pasangan seksual &ering melahirkan dengan persalinan bermasalah Proses <etaplasia Displasia &er'iks %a. &er'iks 3igiene seks yang jelek 2nfeksi 324 (anita perokok .

ujuan dan 2nter'ensi =angguan rasa nyaman" nyeri b7d . Diagnosa Kepera8atan.3.ekanan untra abdomen meniungkat =angguan interaksi sosial b7d Aasa malu sekunder akibat" bau busuk nekrosis jaringan ser'iks. %emas b7d Kurang pengetahuan mengenai prosedur pengobatan . .