Laboratorium Geologi Minyak dan Gas Bumi 2013

BAB I PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang Metode seismik merupakan cabang Geofisika yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi tentang sifat fisik batuan yang membentuk kulit bumi sampai pada analisa struktur dan keadaan stratigrafi bawah permukaan. Sistem dasar metode seismic dapat dilihat pada gambar di atas. Suatu sumber getar ( source ) akan menghasilkan gelombang seismic, yang apabila mengenai suatu permukaan akan dipantulkan atau dibiaskan atau sebagian dipantulkan dan sebagian dibiaskan. Suatu alat penerima ( receiver ) merekan waktu yang dibutuhkan gelombang tersebut untuk merambat dari sumber getar ke penerima. Berdasarkan travel time tersebut dapat ditentukan kecepatan gelombang ketika melalui lapisan batuan. Kecepatan ini tergantung pada litologi, umur, kedalaman, porositas, kandungan fluida, dan lain-lain.

Sistem dasar Seismik ( Cramez,19 )

Anindhita Prysta Supraba 111.110.029 Plug 8

1

stratigrafi dan penyebaran lapisan batuan.029 Plug 8 2 .Laboratorium Geologi Minyak dan Gas Bumi 2013 I.2. struktur geologi.110. Anindhita Prysta Supraba 111. Maksud Dan Tujuan Interpretasi seismic dalam eksplorasi migas dapat digunakan untuk menentukan ketebalan suatu lapisan batuan. yang akhirnya digunakan untuk menggambarkan struktur bawah permukaan dalam bentuk peta struktur dan ketebalan.

Jenis seismik ada 2 macam yaitu seismik seismik bias (refraction ) dan seismik pantul ( reflection ). akan memantul kembali ke permukaan dan kemudian akan dideteksi geophone yang terekam di permukaan bumi. dan recorder. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan rambat gelombang seismik pantul sama dengan seismik bias.110. Seismik Pantul Seismik refleksi digunakan untuk penelitian geologi / geofisika yang dalam ( > 30 km ). Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan rambat seismik gelombang seismik refraksi adalah: a. receiver. Umur batuan B. Ketetapan elastik media c.1. II. PERALATAN SURVEI SEISMIK Alat-alat yang dibuthkan untuk survey seismik pada umumnya terdiri atas source. A. Karena hal ini lebih efektif sehingga seismik refleksi dapat mencapai inti bumi bagian dalam ( inner core ).029 Plug 8 3 . Seismik Bias (refraction ) Seismik refraksi digunakan untuk penelitian yang dangkal ( < 30 km ). Energi yang dihasilkan dari sumber dan dipancarkan ke dalam bumi sebagai gelombang seismik. Densitas batuan b. Fluida yang mengisi pori-pori batuan f. Porositas dan permeabilitas e. seismic cable. Anindhita Prysta Supraba 111.Laboratorium Geologi Minyak dan Gas Bumi 2013 BAB II DASAR TEORI Ide dasar dari pekerjaan seismik sebenarnya cukup sederhana. Pada saat bertemu dengan bidang perlapisan yang berfungsi sebagai reflector. Jenis Batuan d.

Recorder Recorder menerima sinyal listrik yang bervariasi dari geophone. Seismic cable Sinyal geophone.2. dan menyimpan informasi tersebut dalam bentuk seismogram. OPERASI PEREKAMAN SEISMIK ( FIELD WORKS ) Secara berurutan kegiatan-kegiatan survei seismik di lapangan di bagi tiga kelompok utama yaitu: a. b. Source Sejak survey pertama pada tahun 1920 an. II.110. c.Laboratorium Geologi Minyak dan Gas Bumi 2013 a. tetapi sparker dan air gun lebih sesuai. yang dapat digunakan di darat dan juga di laut.029 Plug 8 4 . Receiver merubah getaran mekanis dari source menjadi arus listrik yang kemudian dialirkan ke recorder ( alat perekam ). umumnya di bawah zona pelapukan. c. Receiver ini disebut sebagai geophone atau seismometer. Surveying Drilling Recording Anindhita Prysta Supraba 111. kemudian digantikan oleh bahan peledak lain yang lebih aman seperti ammonium nitrat. Tetapi kebanyakan survey di laut menggunakan hydrophone yang peka terhadap perubahan tekanan air yang disebabkan oleh gelombang seismik yang melaluinya. b. Sejak tahun 1960-an alat perekam telah menggunakan tekhnologi computer. Mulanya digunakan dinamit. Ledakkan juga dilakukan di survey marine. Receiver Survey seismik dilakukan dengan meletakkan beberapa receiver di lokasi yang berbeda dan menggunakannya untuk mendeteksi getaran yang dihasilkan oleh source. yaitu diagram yang menunjukkan variasi amplitudo terhadap waktu. Pada kebanyakan survey bahan peledak diledakkan dalam lubang dengan kedalaman bervariasi. d. yang berupa arus listrik dialirkan dari geophone ke system alat perekam ( recorder ) oleh seismic cable. ledakan memegang peranan penting sebagai sumber gelombang seismik.

d. Pembuatan lintasan. b. Dengan demikian posisi lintasan dan titik tembak dapat digambarkan dalam peta.029 Plug 8 5 . Penyelidikan seismik ini memerlukan penentuan koordinat dan elevasi dari posisi setiap titik tembak secara tepat. Regu rintis bertugas membuat lintasan seismik dan menentukan patok-patok titik tembak ( shoot point ) serta interval group geophone. Anindhita Prysta Supraba 111. Bila melalui sungai. sengaja dipasang di tiap-tiap ujung lintasan atau di tempat yang dikenal dengan mudah di lapangan.Laboratorium Geologi Minyak dan Gas Bumi 2013 Kegiatan Survey Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan daerah telitian bagi survey lintasan untuk membuat rintisan line seismic. rintis. Kadang-kadang diperlukan pula membangun helipad. misalnya di tepi sungai dan hampir umum tedapat di tiap Intersection. Bench Mark dengan besi cor beton. rawa mereka perlu membangun Asteps & step ladder.110. c. koordinat. Sekarang ini dengan cara peletakkan susunan geophone dan pola penembakan tertentu ( sistem mulfold ) dapat kita peroleh CDP ( Common Depth Point ) yang artinya setiap satu titik pada bidang pantul akan beberapa kali dilalui oleh gelomban seismik dengan sudut datang yang berbeda-beda. PEmbuatan Bench Mark Penempatan titik tembak dan interval group geophone Pengukuran topografi. elevasi. dan step. bridging. Kegiatan ini meliputi: a. dan pembuatan peta.

029 Plug 8 6 . Sedangkan lipatan dapat dilihat pada UK-6-19 . umur : Triassic : Shale. Sesar naik dapat dilihat dari UK-6-13 dan UK-6-12. 4. well tie terletak pada Geophone dengan jarak 52 UK – 6-30 di dapatkan litologi sebagai berikut : 1. Tracing atau mengikuti lapisan yang dipetakan sepanjang penampang seismik dan diberi warna tertentu a. umur : Permian : Dolomite. Adanya perubahan penebalan atau penipisan diantara 2 horizon e.2 Hasil Pengolahan Data Setelah dilakukan interpretasi seismic pada daerah South North Sea. seperti adanya pergeseran horizon dan sebagainya. Korelasi dengan sumur pengikat ( tie well). Ketidakmenerusan horizon b. Rusaknya data di daerah patahan atau menimbukan shadow III. untu kmenggambarkan throw patahan. UK-6-16. 5. Penentuan horizon yang dipetakan. 3. Gejala adanya patahan dapat dikenali pada penampang seismik dengan memperhatikan: a.Laboratorium Geologi Minyak dan Gas Bumi 2013 BAB III PEMBAHASAN III. 2.110. umur : Permian Ditemukan struktur yang terdapat pada daerah ini adalah sesar naik.1 Langkah Kerja 1. Adanya pola difraksi c. Anindhita Prysta Supraba 111. 3. b. serta lipatan. Pencantuman harga di daerah up block dan down block. 2. umur : Cretaceous : Sandstone. TWT 570 TWT 1190 TWT 1452 TWT 1578 TWT 1710 : Shale. umur : Triassic : Salt . Perubahan pola mendadak horizon d. Dalam tracing harus dikenali adanya patahan dari gejala gejala Nampak pada penampang seismik.

well tie terletak pada Geophone dengan jarak 52 UK – 6-30 di dapatkan litologi sebagai berikut TWT 570 : Shale. Setelah dilakukan interpretasi seismic pada daerah South North Sea. yang apabila mengenai suatu permukaan akan dipantulkan atau dibiaskan atau sebagian dipantulkan dan sebagian dibiaskan. umur : Permian.Laboratorium Geologi Minyak dan Gas Bumi 2013 BAB IV KESIMPULAN Metode seismik merupakan cabang Geofisika yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi tentang sifat fisik batuan yang membentuk kulit bumi sampai pada analisa struktur dan keadaan stratigrafi bawah permukaan. Ditemukan struktur yang terdapat pada daerah ini adalah sesar naik. TWT : 1452 : Shale. TWT 1710 Dolomite. umur : Cretaceous. Suatu sumber getar ( source ) akan menghasilkan gelombang seismic. TWT 1578 : Salt . umur : Triassic. Sistem dasar metode seismic dapat dilihat pada gambar di atas.110. umur : Triassic. TWT 1190 : Sandstone. umur : Permian. serta lipatan Anindhita Prysta Supraba 111.029 Plug 8 7 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful