You are on page 1of 8

Belajar AutoCAD 2010 Pemula (Part 1

)
PENDAHULUAN AutoCad, merupakan software grafis pendukung yang digunakan untuk pekerjaan gambar berbasis vektor. Di dalam AutoCad ada 2 macam dimensi, yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi. Nah, untuk 2 dimensi kita hanya bisa melihat gambar pada satu sisi saja, alias dari tampak depan, samping, belakang, bawah dan atas. Dan untuk 3 dimensi kita bisa melihat objek yang kita gambar secara perspektif. Ada yang berpendapat bahwa belajar itu harus bertahap mulai dari yang mudah kemudian ke yang susah. Tapi disini saya menganggap bahwa AutoCad sebenarnya bisa kita pelajari mulai dari yang satu tingkat yang lebih tinggi. Kalau orang-orang bilang kita belajar dari yang 2D, disini saya akan memulainya dari yang 3 dimensi. Karena sebenarnya sama saja. Malahan jika kita sudah tahu yang 3 dimensi, kita tidak perlu belajar lagi yang 2 dimensi, karena secara otomatis kita bisa menguasai yang 2 dimensi. Okay... ^^ Tampilan di AutoCad 3D Disini yang saya gunakan adalah AutoCad 2010. Untuk mempermudah menggambar, saya sarankan ubah tampilan Autocad ke tampilan Classic. Di bawah pojok kanan, ada workspace swicthing, kita ubah saja ke yang “AutoCad Classic”. Tampilannya akan seperti ini :

Di dalam autoCad 2010 ada 5 macam bentuk penampilan objek (visual style) yaitu 2D Wireframe, 3D Wireframe, 3D hidden, Realistic dan Conceptual. Kita dapat mengubahnya dengan cara membuka menu view kemudian sorot bagian visual style, kemudian pilih bentuk tampilan objeknya salah satu dari lima itu. Saya jelaskan disini bahwa yang dimaksud dengan wireframe adalah objek yang ditampilkan seperti anyaman / kerangka yang terlihat baik luar maupun dalam objek.

3 Layout Objek Wireframe Sedangkan 3D hidden. akan tetapi untuk realistic warna atau pattern dari objek akan terlhat langsung menyesuaikan material yang dipakai.Gambar 1. Gambar 1.5 Layout Objek Realistic . dia bentuknya akan seperti gambar di bawah ini Gambar 1.4 Layout Objek 3D hidden Untuk realistic dan conceptual sama halnya dengan 3D hidden.

Akan tetapi perlu diingat bahwa jika kita tetap membuka layar autoCad tetap pada kondisi 2D misal tampak depan. membuat Kubus. maka akan muncul keterangan seperti di bawah ini) 1 loop extracted. balok dan Tabung Nah. Koordinat pun berubah. pilih saja semua objek persegi yang kita buat dari line. maka kita bisa tetap menggambar menggunakan kondisi 2D. Kemudian langkah selanjutnya adalah langkah yang paling penting.Z). dan 1 loop.Y. atas ataupun belakang. samping.0 Specify next point or [Undo]: @100<0 Specify next point or [Undo]: @100<90 Specify next point or [Close/Undo]: @100<180 Specify next point or [Close/Undo]: c Setelah ini kita bisa melihat sebidang persegi akan muncul di model. Langsung saja ketikkan perintah “region”pada command line seperti di bawah ini : Langkah 2 Command: region Select objects: Specify opposite corner: 4 found Select objects: (kita diminta untuk memilih objek. Langsung saja kita ketikkan : Langkah 3 Command: extrude Current wire frame density: ISOLINES=4 . sekarang kita akan membuat objek sederhana yaitu kubus. balok dan tabung. Sekarang kubus. Pelajaran Dasar. Gambar 1. (sukses menyatukan objek) Maka terbentuklah 1 region. Cara I menggunakan line (l): Ketikkan perintah ini di command line : (perintah yang diketikkan adalah yang berhuruf miring) Langkah 1 Command: l LINE Specify first point: 0.Y) maka sekarang adalah (X. Yaitu kita akan bermain menggunakan sumbu X. jika yang mulanya (X. jadi persegi tersebut hanya kerangka dan tidak ada bidangnya. maka kita perlu menyatukannya dengan perintah “region”. yaitu “extrude”. Kubus identik dengan bidang persegi. kemudian tekan enter.6 Persegi Akan tetapi karena objek persegi ini dibuat dari line maka objek tersebut tidaklah menyatu. misal persegi dengan ukuran 100x100. oleh karenanya kita buat persegi dahulu. Dari perintah ini kita bisa mengubah objek yang awalnya 2 dimensi menjadi 3 dimensi. Loop di sini dimaksudkan adalah objek yang tidak menutup alias bolong. Y dan Z.Dasar-Dasar Menggambar 3 Dimensi Yang paling berbeda dari menggambar 3D dengan 2D adalah permasalahan koordinat dan sumbu. 1 Region created.

Catatan.Select objects to extrude: 1 found (pilih objek persegi) Specify height of extrusion or [Direction/Path/Taper angle]: 100 (enter) Maka sudahlah kita membuat sebuah objek kubus. Cara III menggunakan rectangle (rec) Cara II ini juga sama dengan cara I.0 Specify other corner point or [Area/Dimensions/Rotation]: d (dimensions) Specify length for rectangles <10. untuk langkah 1 sedikit berbeda.1 (dimaksudkan kita menempatkan posisi objek persegi di area positif / sumbu x dan y positif) Enter Lanjut ke langkah 3. Catatan. Langkah 1 . Langkah 1 Command: l LINE Specify first point: 0. jadilah objek kubus.7 Kubus Cara II menggunakan polyline (pl): Cara II ini sama halnya dengan cara I. ubahlah view pada model dengan cara mengetikkan command seperti di bawah ini : Command: -v -VIEW Enter an option [?/Delete/Orthographic/Restore/Save/sEttings/Window]: sw Regenerating model. Karena dengan perintah polyline ini sudah membuat objek menjadi satu. untuk langkah 1 sedikit berbeda.0 Specify next point or [Undo]: @100<0 Specify next point or [Undo]: @100<90 Specify next point or [Close/Undo]: @100<180 Specify next point or [Close/Undo]: c Langsung lanjut ke langkah 3. J Selanjutnya kita akan membuat objek 3 dimensi selanjutnya yaitu tabung. akan tetapi kita tidak perlu langkah yang kedua yaitu perintah “region” langsung dari langkah 1 menuju ke langkah 3. Karena dengan perintah rectangle ini sudah membuat objek menjadi satu. maka jadilah objek kubus.0000>: 100 (panjang) Specify width for rectangles <10. gunakan perintah seperti di bawah ini. akan tetapi kita tidak perlu langkah yang kedua yaitu perintah “region” langsung dari langkah 1 menuju ke langkah 3. gunakan perintah seperti di bawah ini. Command: rec RECTANG Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: 0.0000>: 100 (lebar sama dengan panjang karena persegi) Specify other corner point or [Area/Dimensions/Rotation]: 1. Maka hasilnya : Gambar 1. Untuk melihat hasilnya.

0000>: 25 Select first line or [Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]: (pilih garis 1) Select second line or shift-select to apply corner: (pilih garis kedua yang bersinggungan dengan garis pertama) Kemudian untuk fillet Command: f FILLET Current settings: Mode = TRIM.. jadilah objek bidang lingkaran..8 Tabung sudah jadi Mempelajari fillet dan chamfer Fillet dan chamfer adalah salah satu cara untuk membuat sudut antara dua garis yang bersinggungan menjadi tumpul. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita praktekan..0000..0000 Select first line or [Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]: d Specify first chamfer distance <0.0000>: 50 Specify second chamfer distance <50. Kita tinggal mengextrudenya sesuai keinginan. Dist2 = 0.0000 Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: r Specify fillet radius <0.0 Specify radius of circle or [Diameter]: 100 Enter. Radius = 0. Kemudian ketikkan : Command: chamfer (TRIM mode) Current chamfer Dist1 = 0. Ketikkan perintah “circle” pada command line Command: c CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: 0..Kita buat lingkaran terlebih dulu. Gambar 1. Hehehe.. Pertama kita buat persegi dari sebuah line ukuran terserah.0000>: 50 Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: (pilih garis 1) Select second object or shift-select to apply corner: (pilih garis kedua yang bersinggungan dengan garis pertama) Maka hasilnya akan seperti di bawah ini : .

. pada .. Langsung saja ketikkan “array”.. sedangkan chamfer membentuk garis miring lurus di bawah kanan. Kemudia atur jaraknya.9 hasil fillet dan chamfer Untuk hasil fillet adalah yang membentuk sisi ¼ lingkaran di atas kiri. Kemudian masukkan angka pada rows dan columns yaitu 2. kita buat 1 rectangle dulu. Contoh Sampel bangun 3 dimensi.. Setelah ini kita gandakan rectanglemenjadi 4 buah dengan perintah “array”. Sekarang yang pertama kali kita lakukan adalah membuat reactangle ukuran 30x40 sejumlah 4 buah...maka akan muncul box dialog seperti di bawah ini Pertama klik pada “select object” (pojok kanan atas).. yang pertama akan kita buat adalah objek kursi.. caranya.Gambar 1.. Kemudian pilih objek rectangle yang telah kita buat tadi.

Kemudian kita buat rectangle di atas ke empat kaki kursi seperti gambar di bawah ini. kemudian kita extrude sebesar 500 ..... Buat rectange sperti pada gambar di bawah..row offset dan column offset kita masukkan angka sebesar 300. Kemudian klik OK.. Kemudian kita extrude ke empat-empatnya sebesar 400... maka jadilah objek rectangle menjadi 4 buah seprti pada gambar di bawah ini.. Dan kemudian kita extrude sebesar 20 Kita buat sandaran kursi. Maka hasilnya akan seperti gambar di atas..

.. ketikkan commad “_vscurrent” enter.. kemudian ketikkan “c” untuk conceptual.. .Sekarang kita coba ubah visual stylenya menjadi conceptual.. Dan hasilnya seperti gambar di bawah ini. Sekarang tugas anda adalah membuat kreasi pada kursi.