You are on page 1of 19

Artritis Rematoid

DEFINISI 1 Artritis Rematoid adalah suatu penyakit autoimun dimana persendian (biasanya sendi tangan dan kaki) secara simetris mengalami peradangan, sehingga terjadi pembengkakan, nyeri dan seringkali akhirnya menyebabkan kerusakan bagian dalam sendi. Artritis rematoid juga bisa menyebabkan sejumlah gejala di seluruh tubuh. Penyakit ini terjadi pada sekitar 1% dari jumlah penduduk, dan wanita !" kali lebih sering dibandingkan pria. #iasanya pertama kali muncul pada usia $!$% tahun, tetapi bisa terjadi pada usia berapapun. PENYEBAB 1 Penyebab yang pasti tidak diketahui (biasanya reaksi Autoimun), tetapi dapat dipengaruhi oleh berbagai &aktor, yaitu &aktor genetik, hormon seks, in&eksi dan umur. GEJALA KLINIS 1 Artritis rematoid bisa muncul secara tiba!tiba, dimana pada saat yang sama banyak sendi yang mengalami peradangan. #iasanya peradangan bersi&at simetris, jika suatu sendi pada sisi kiri tubuh terkena, maka sendi yang sama di sisi kanan tubuh juga akan meradang. Pada artritis rematoid mani&estasi klinisnya dibagi menjadi dua, yaiu mani&estasi klinis artikular dan mani&estasi klinis ekstra artikular. Manifestasi Artiku ar !erte"ra ser#ika is$ walaupun jarang terjadi tapi segmen 'ertebra se'ikalis sering terlibat pada AR. (ejala dini RA ser'ikalis bermani&estasi sebagai kekakuan seluruh leher disertai dengan terbatasnya ruang lingkup gerak sendi secara menyeluruh. Ge an% "a&u$ biasanya jarang dirasakan karena pada akti&itas sehari!hari gerakan bahu tidak memerlukan lingkup gerak yang luas, umumnya pada keadaan dini pasien tidak merasa terganggu dengan keterbatasan tersebut. Pada keadaan yang berat akan terjadi kekakuan pada gelang bahu (Frozen Shoulder Syndrome).

1)

talona'ikularis dan pergelangan kaki. (ambaran "outonniere akibat &leksi P/P dan hiperekstensi . 13 . hiperekstensi P/P. Pembengkakan pergelangan tangan bisa mengakibatkan terjadinya sindroma terowongan karpal (#arpal $unnel Syndrome). #ila terjadi penekanan pada ner'us tibialis posterior akan menyebabkan $arsal $unnel Syndrome yang dapat menimbulkan parestesia pada telapak kaki./P. (ambaran Swan eck De!ormities akibat &leksi kontraktur . Peradangan pembuluh darah ('askulitis) juga terdapat pada AR yang menyebabkan iskemia pada daerah yang cukup luas sehinnga terjadi kerusakan sara& atau luka (ulkus) di tungkai.Siku$ sino'itis artikulasio kubiti paling sering terjadi karena letaknya yang peri&er. Peradangan sendi talona'ikularis dapat menyebabkan spasme otot yang berdekatan sehingga menimbulkan de&ormitas berupa pronasio dan e'ersio kaki yang khas pada AR. *ino'itis dapat menyebabkan penekanan ner'us ulnaris sehingga terjadi neuropati tekanan dengan meni&estasi klinis berupa parestesia jari + dan $ juga kelemahan otot &leksor jari $. .-P. Kaki dan (er%e an%an kaki$ persendian yang sering tesrerang adalah .-P (Metacarpho Phalangeal). &leksi ./P (Distal Interphalangeal). (ejala yang timbul sering keterbatasan gerak yang tidak jelas atau gangguan ringan saat melakukan kegiatan seperti mengenakan sepatu. permukaan ekstensor lengan dan tendon achilles. Pada umumnya 0ari!jari pada kedua tangan cenderung membengkok ke arah kelingking (de'iasi ulnar) karena kerusakan pada tendon yang menyebabkan stabilitas persendian terganggu.1P (Metatarso Phalangeal). Lutut$ herniasi kapsul sendi kearah posterior dapat menyebabkan terbentuknya kista baker./P. P/P (Proximal Interphalangeal). Pan%%u $ karena letak sendinya berada jauh di dalam pel'is sehingga sulit dideteksi. sehingga tendon pada jari!jari tangan bergeser dari tempatnya. 'an%an$ persendian yang paling sering terserang adalah . Manifestasi ekstraartiku ar Ku it$ nodul reumatoid merupakan tanda patognomonuik untuk AR yang pada umumnya timbul pada &ase dini. 2odul ini biasanya terbentuk di bawah kulit terutama pada bagian yang sering menerima tekanan seperti olekranon.

Sistem &emato o%i$ biasanya didapatkan anemia de&isiensi besi karena penggunaan 7A/2* dapat menyebabkan perdarahan kronik pada sistem gastrointestinal. . Anemia akibat penyakit kronik dapat terjadi karena AR merupakan penyakit yang berjalan kronis dan biasanya didapati besi serum normal atau meningkat. Pada umumnya juga didapatkan episode episkleritis. DIAGN*SA 1 . Pada pesien AR berat dengan 84A!. tetapi pengikat besi menurun. splenomegali. Proteinuria didapatkan karena e&ek samping dari garam emas dan d!penisilamin atau sekunder amiloidosis. :alaupun R9 positi& 1. &enomena embolisasi. 5&ek dari lesi ini adalah dis&ungsi katup. leukopenia. lim&adenopati dan trombositopeni. Pada AR yang lanjut dapat dijumpai e&usi pleura dan &ibrosis paru yang luas. gejala skleritis yang secara histologis menyerupai nodul reumatoid dan dapat menyebabkan erosi sklera sampai di lapisan koroid menimbulkan gejala skleromalasia per&orans dan berakhir pada kebutaan. jangka panjang. (astritis dan ulkus peptik didapatkan karena e&ek dari penggunaan 7A/2* ataupun .Mata$ sering dijumpai keratokonjungti'itis sika yang merupakan mani&estasi dari Sindrom S%orgen. neuropati jepitan atau neuropati iskemik akibat 'askulitis. Sistem saraf$ mielopati akibat instabilitas 'ertebra ser'ikal. aortits dan kardiomiopati. karena pemeriksaan penunjang seperti Reumatoid &aktor (R9) tidak spesi&ik pada AR. nyeri menelan atau dis&onia yang pada umumnya terjadi pada pagi hari.R+ positi& sering dijumpai Sindroma !elty. gangguan konduksi. 4esi in&amasi yang menyerupai nodul reumatoid dapat dijumpai pada miokardium dan katup jantung. ulkus tungkai.. Gin)a $ jarang dijumpai kelainan pada ginjal. Sistem res(iratorik$ peradangan sendi krikoaritenoid yang dapat menyebabkan nyeri tenggorokan. Sistem %astrointestina $ 6erostomia sering dijumpai sebagai meni&estasi dari sindrom s%orgen.AR. yang merupakan gabungan dari gejala AR. Sistem kardio#asku ar$ jarang terjadi tetapi pada sebagian kasus dapat dijumpai gejala perikarditis konstrikti&.iagnosa AR dapat ditegakkan dengan melihat gejala klinis.

tetapi gejala klinis tidak terpenuhi itu bukan AR.+ Artritis simetris$ >eterlibatan sendi yang sama pada kedua belah sisi. Prinsip dasar dari pengobatan artrtitis rematoid adalah mengistirahatkan sendi yang terkena. karena pemakaian sendi yang terkena akan memperburuk peradangan. perlu dilakukan beberapa pergerakan sendi yang sistematis. ? $ didapatkan pada saat pemeriksaan &isik.3.+ Artritis (ada . . . -+ Artritis (ada (ersendian tan%an$ *ekurang!kurangnya terjadi pembengkakan satu persendian pada tangan. Pasien dikatakan menderita AR bila kriteria 1 ! + diatas terpenuhi sekurang! kurangnya ) minggu atau kriteria PENG*BA'AN . . Pada tahun 1<.enunjukan adanya erosi atau dekalsi&ikasi tulang yang berlokasi pada sendi atau daerah yang berdekatan dengan sendi. 0+ Faktor reumatoid serum (ositif$ 1erdapatnya titer abnormal &aktor reumatoid serum yang pada orang normal &aktor reumatoid negati&. ARA (&merican 'heumatism &ssociation) berhasil melakukan re'isi susunan kriteria gejala klinis pada AR yang diman kriteria!kriteria tersebut adalah = 1+ Kaku (a%i$ kekakuan sendi pada pagi hari sekurang!kurangnya 1 jam. 1< . olekranon dan tendon achilles.(ersendian atau e"i&$ Pembengkakan jaringan lunak atau persendian atau e&usi pada sekurang!kurangnya " persendian saat diobser'asi oleh dokter. /+ Nodu reumatoid$ 2odul subkutan yang sering terdapat pada sisi ekstensor lengan. Pembidaian bisa digunakan untuk imobilisasi dan mengistirahatkan satu atau beberapa sendi. tetapi untuk mencegah kekakuan. 1+ Peru"a&an %am"aran radio o%is$ .engistirahatkan sendi secara rutin seringkali membantu mengurangi nyeri. sebaliknya bila R9 negati& dengan gejala klinis terpenuh itu adalah AR.

1elinga berdengung merupakan e&ek samping yang menunjukkan bahwa dosisnya terlalu tinggi. . obat slow!acting. (angguan pencernaan dan ulkus peptikum. *untikan mingguan diberikan sampai tercapai dosis total 1 gram atau sampai timbulnya e&ek samping atau terjadinya perbaikan yang berarti.isoprostol bisa membantu mencegah erosi lapisan lambung dan pembentukan ulkus gastrikum. 7bat ini biasanya ditambahkan jika obat anti peradangan non! steroid terbukti tidak e&ekti& setelah diberikan selama !" bulan atau diberikan segera jika penyakitnya berkembang dengan cepat. sehingga diperlukan pemantaun ketat. semakin kuat obatnya. 1+ *"at anti inf amasi non2steroid 3*AINS4 @ang paling banyak digunakan adalah aspirin dan i(upro!en. maka semakin hebat potensi e&ek sampingnya. dosisnya dikurangi secara bertahap. bisa dicegah dengan memakan makanan atau antasid atau obat lainnya pada saat meminum aspirin. *enyawa emas bisa menimbulkan e&ek samping pada beberapa organ. % . . . karena itu obat ini tidak diberikan kepada penderita penyakit hati atau ginjal yang berat atau penyakit darah tertentu. 0ika obat ini e&ekti&. #iasanya diberikan sebagai suntikan mingguan. tetapi obat ini juga menyebabkan diare dan tidak mencegah terjadinya mual atau nyeri perut karena aspirin atau obat anti peradangan non!steroid lainnya.7bat!obatan utama yang digunakan untuk mengobati artritis rematoid adalah obat anti peradangan non!steroid. kortikosteroid dan obat imunosupresi&. @ang sekarang ini digunakan adalah sen8a5a emas$ (enisi amin$ &8dro986 oro:uinine dan su fasa a. obat ini mengurangi pembengkakan pada sendi yang terkena dan meringankan rasa nyeri. >adang perbaikan dicapai setelah diberikannya dosis pemeliharaan selama beberapa tahun. yang merupakan e&ek samping dari dosis yang terlalu tinggi. meskipun perbaikan memerlukan waktu beberapa bulan dan e&ek sampingnya berbahaya. Aspirin merupakan obat tradisional untuk artritis rematoidA obat yang lebih baru memiliki lebih sedikit e&ek samping tetapi harganya lebih mahal. Pemakaiannya harus dipantau secara ketat.osis awal adalah + B tablet (" $ mgram)Chari. *"at s o52a6tin% 3DMARD7 Disease Modif8in% Antir&eumati6 Dru%4+ 7bat slow!acting kadang merubah perjalanan penyakit.ine+ Sen8a5a emas+ *enyawa emas ber&ungsi memperlambat terjadinya kelainan bentuk tulang. #iasanya.

maka pemakaian obat harus dihentikan. dilakukan pemeriksaan darah dan air kemih. sehingga penderita yang mendapatkan obat ini harus memeriksakan matanya sebelum dilakukan pengobatan dan setiap ) bulan selama pengobatan berlangsung. 0ika setelah ) bulan tidak menunjukkan perbaikan. *elama pengobatan berlangsung. padahal artritis rematoid adalah penyakit yang biasanya akti& selama bertahun!tahun. 1 .osisnya secara bertahap dinaikkan sampai terjadinya perbaikan. *ul&asalaDine bisa menyebabkan gangguan pencernaan) kelainan hati) kelainan sel darah dan ruam kulit.*ebelum pengobatan dimulai dan setiap seminggu sekali selama pengobatan berlangsung. dilakukan pemeriksaan darah dan air kemih setiap !+ minggu sekali.osisnya dinaikkan secara bertahap dan perbaikan biasanya terjadi dalam " bulan. . >ortikosteroid e&ekti& pada pemakaian jangka pendek dan cenderung kurang e&ekti& jika digunakan dalam jangka panjang. -+ Kortikosteroid+ >ortikosteroid (misalnya prednison) merupakan obat paling e&ekti& untuk mengurangi peradangan di bagian tubuh manapun. 0ika terjadi e&ek samping tersebut. . 1etapi beberapa kelainan mata bisa menetap. 5&ek sampingnya berupa ruam kulit) gatal dan (erkurangnya se%umlah sel darah.igunakan untuk mengobati artritis rematoid yang tidak terlalu berat. pemakaian obat ini bisa dilanjutkan sesuai dengan kebutuhan. 7bat ini juga bisa menyebabkan miastenia gra*is) sindroma +oodpasture dan sindroma yang menyerupai lupus.ine+ 7bat ini semakin banyak digunakan untuk mengobati artritis rematoid. 0ika terjadi perbaikan. maka pemberian obat ini dihentikan. maka pemakaiannya segera dihentikan. 5&ek sampingnya biasanya ringan. 5&ek sampingnya adalah penekanan terhadap pem(entukan sel darah di dalam sumsum tulang) kelainan gin%al) penyakit otot) ruam kulit dan rasa tidak enak di mulut. Penisi amin+ 5&eknya menyerupai senyawa emas dan bisa digunakan jika senyawa emas tidak e&ekti& atau menyebabkan e&ek samping yang tidak dapat ditoleransi. 0ika terjadi e&ek samping yang serius. yaitu berupa ruam kulit) sakit otot dan kelainan mata. Su fasa a. <8dro986 oro:uine+ .

.paru) mudah terkena in!eksi) penekanan terhadap pem(entukan sel darah di sumsum tulang dan perdarahan kandung kemih (karena siklo&os&amid). Entuk menghindari resiko terjadinya e&ek samping. 1erapi lainnya. pemanasan pada sendi yang meradang dan kadang pembedahan. *etelah peradangan mereda. 7bat ini menekan peradangan sehingga pemakaian kortikosteroid bisa dihindari atau diberikan kortikosteroid dosis rendah. . seperti peradangan selaput paru!paru (pleuritis) atau peradangan kantong jantung (perikarditis). terutama jika sendi yang terkena digunakan secara berlebihan sehingga mempercepat terjadinya kerusakan sendi. *endi yang meradang harus dilatih secara halus sehingga tidak terjadi kekakuan. tetapi jangan sampai terlalu lelah. bisa dilakukan latihan!latihan. 7bat ini bisa disuntikkan langsung ke dalam sendi. tetapi bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang.>ortikosteroid biasanya tidak memperlambat perjalanan penyakit ini dan pemakaian jangka panjang menyebabkan berbagai e&ek samping.etotreksat diberikan per!oral (ditelan) 1 kaliCminggu.+ *"at imunosu(resif+ 7bat imunosupresi& (contohnya metotreksat$ a.atio(rin dan 686 o(&os(&amide) e&ekti& untuk mengatasi artritis rematoid yang berat. >arena itu obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi kekambuhan yang mengenai beberapa sendi atau jika obat lainnya tidak e&ekti&. #ersamaan dengan pemberian obat untuk mengurangi peradangan sendi. bisa dilakukan latihan akti& yang rutin. #iasanya latihan akan lebih mudah jika dilakukan di dalam air. maka hampir selalu digunakan dosis e&ekti& terendah ($appering o!!). *elain itu aDatioprine dan siklo&os&amid bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker. digunakan untuk mengobati artritis rematoid stadium awal. terapi &isik. >ortikosteroid juga digunakan untuk mengobati peradangan diluar sendi. 5&ek samping yang sering terjadi adalah penipisan kulit) memar) osteoporosis) tekanan darah tinggi) kadar gula darah yang tinggi dan katarak. . yang melibatkan hampir setiap organ. 5&ek sampingnya berupa penyakit hati) peradangan paru. *iklosporin bisa digunakan untuk mengobati artritis yang berat jika obat lainnya tidak e&ekti&.

Penderita yang menjadi cacat karena artritis rematoid bisa menggunakan beberapa alat bantu untuk menyelesaikan tugas sehari!harinya. Entuk mengembalikan pergerakan dan &ungsinya. Persendian juga bisa diangkat atau dilebur (terutama pada kaki). /bu jari bisa dilebur sehingga penderita bisa menggenggam dan tulang belakang di ujung leher yang tidak stabil bisa dilebur untuk mencegah penekanan terhadap urat sara& tulang belakang.Entuk mengobati persendian yang kaku. biasanya dilakukan pembedahan untuk mengganti sendi lutut atau sendi panggul dengan sendi buatan. mungkin perlu dilakukan pembedahan. " . 0ika pemberian obat tidak membantu. dilakukan latihan yang intensi& dan kadang digunakan pembidaian untuk meregangkan sendi secara perlahan. supaya kaki tidak terlalu nyeri ketika digunakan untuk berjalan. -ontohnya adalah sepatu ortopedik khusus atau sepatu atletik khusus.

. aspirin. sirosis hepatis. (ejalanya pun ber'ariasi mulai dari nyeri ulu hati. dll. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan bila terdapat salah satu dari tanda a arm ini. hanya gejala saja. sebah. 1# Paru. in&eksi -elico(acter pylori) pankeratitis. kortikosteroid. beberapa jenis antibiotik. contohnya penyakit ulkus lambung yang parah. Rasa nyeri tidak menentu. teo&ilin. khususnya lambung. . malabsorpsi. . #ersi&at 9ungsional = dispepsia yang terbukti tidak terdapat kelainanCgangguanC kerusakan struktur saluran cerna. (angguan lumen saluran cerna = tukak gasterCduodenum. dsb. 1erkadang dispepsia dapat menjadi tanda dari masalah serius. rasa penuh di ulu hati. sehingga harus diatasi dengan serius. tumor hepar. hepatitis. + . sendawa yang berlebihan bahkan bisa menyebabkan diare dengan segala komplikasinya. Anemia yang tidak jelas penyebabnya.Dis(e(sia I+ PENDA<=L=AN . tumor. kadang menetap atau kambuh.ispepsia umumnya diderita oleh kaum produkti& dan kebanyakan penyebabnya adalah pola atau gaya hiudup tidak sehat.ispepsia dapat berupa rasa nyeri atau tidak enak di perut bagian tengah keatas. . yaitu= 1. 8ematemesis melena ). gagal ginjal..untah persisten $. sindroma kolon iritati&. gastritis. II+ E'I*L*GI *indroma dispepsia biasanya disebabkan karena beberapa keadaan seperti = • • • • 7bat!obatan = 7A/2*.. Penyakit sistemik = . dispepsia disebabkan karena kanker lambung. Esia +$ tahun keatas . 1ak jarang. digitalis. mual!muntah.ispepsia merupakan salah satu gangguan pada saluran penceranaan. >ehilangan berat badan tanpa disengaja ". penyakit tiroid. Anore6ia +. dsb.

rasa perih di ulu hati mual. *eseorang yang diduga menderita dispepsia tukak. rasa panas di dada dan perut. laboratorium. I!+ PEMERIKSAAN PEN=NJANG 1 1. radang pankreas. Dis(e(sia nonor%anik atau dis(e(sia fun%siona $ atau dis(esia nonu kus 3DN=4 . tetapi banyak ditemukan pada usia le(ih dari . dan urine. dan stress psikologis yang berhubungan dengan kecemasan. rasa lekas kenyang. yaitu = 1. depresi atau stres emosional. Pada pemeriksaan tinja. jika tampak cair berlendir atau banyak mengandung lemak berarti kemungkinan menderita malabsorpsi. radiologi. .isebut dispepsia organik. gangguan gerakan saluran pencernaan. Pemeriksaan laboratorium. perut kembung. bila telah diketahui adanya kelainan organik sebagai penyebabnya. regurgitasi (keluar cairan dari lambung secara tiba!tiba).ispepsi &ungsional tanpa disertai kelainan atau gangguan struktur organ berdasarkan pemeriksaan klinis. sebaiknya diperiksa asam lambung. kadang!kadang sampai muntah. misalnya dugaan karsinoma kolon perlu diperiksa -5A. jarang ditemukan pada usia muda. in&eksi -elico(acter pylori (sejenis bakteri yang hidup di dalam lambung dalam jumlah kecil). Pada karsinoma saluran pencernaan perlu diperiksa petanda tumor. Dis(e(sia or%anik. dan lain!lain. . $ . *indroma dispepsia meliputi gejala!gejala sebagai berikut. biasanya meliputi hitung jenis sel darah yang lengkap dan pemeriksaan darah dalam tinja. usus dua belas jari.ari hasil pemeriksaan darah bila ditemukan lekositosis berarti ada tanda!tanda in&eksi./ tahun disertai dengan adanya tanda alarm. yaitu pengleuaran asam lambung berlebih.III+GEJALA KLINIS . Ada beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya dispepsia. . yaitu nyeri perut (abdominal discom&ort). kelelahan. radang empedu. dugaan karsinoma pankreas perlu diperiksa -A 1<!<. bila tidak jelas penyebabnya. na&su makan berkurang. dan endoskopi (teropong saluran pencernaan). pertahanan dindins lambung yang lemah. Pengertian dispepsia terbagi menjadi dua. *indroma dispepsi organik terdapat kelainan yang nyata terhadap organ tubuh misalnya tukak (luka) lambung. .

5ndoskopi merupakan pemeriksaan baku emas. Barium enema. selain sebagai diagnostik sekaligus terapeutik. yang akan terlihat tanda seperti terpotongnya usus besar (colon cut o&& sign). -47 (rapid urea test) b. maupun di duodenum akan terlihat gambar yang disebut niche. Pada tukak baik di lambung. Pankreatitis akuta perlu dibuat &oto polos abdomen. tampak anti!peristaltik di antrum yang meninggi serta sering menutupnya pilorus. Pemeriksaan radiologis dilakukan terhadap saluran makan bagian atas dan sebaiknya dengan kontras ganda. semisirkuler. >ultur mikroorgsanisme (. seperti (en%ukuran kontraksi keron%kon%an atau res(on keron%kon%an ter&ada( asam+ ) . bisa digunakan untuk memeriksa kerongkongan. akan tampak massa yang ireguler tidak terlihat peristaltik di daerah kanker. Patologi anatomi (PA) c. >anker di lambung secara radiologis. hanya dalam rangka penelitian +. Pada re&luks gastroeso&ageal akan tampak peristaltik di eso&agus yang menurun terutama di bagian distal. Pemeriksaan penunjang meliputi pemeriksaan radiologi. 8aitu *MD den%an kontras %anda$ sero o%i Helicobacter pylori$ dan urea breath test. P-R (polymerase chain reaction).7) jaringan d.. Endoskopi. untuk memeriksa kerongkongan. $. penurunan berat badan atau mengalami nyeri yang membaik atau memburuk bila penderita makan. -ontoh tersebut kemudian diperiksa dibawah mikroskop untuk mengetahui apakah lambung terin&eksi oleh -elico(acter pylori. atau tampak dilatasi dari intestin terutama di jejunum yang disebut sentinal loops. yaitu suatu kawah dari tukak yang terisi kontras media. bentuk dari lambung berubah. lambung atau usus halus dapat dilakukan pada orang yang mengalami kesulitan menelan atau muntah. >adang dilakukan pemeriksaan lain. #entuk niche dari tukak yang jinak umumnya reguler. Pemeriksaan yang dapat dilakukan dengan endoskopi adalah= a. dengan dasar licin . lambung atau usus kecil dan untuk mendapatkan contoh jaringan untuk biopsi dari lapisan lambung. sehingga sedikit barium yang masuk ke intestin. ".

karena kerja obat ini tidak spesi&ik. . . 7bat!obat yang termasuk golongan PP/ adalah omepraDol. $. *elain bersi&at sitoprotekti&.!+"%. juga berkhasiat sebagai adsorben sehingga bersi&at nontoksik. roksatidin. .g(78) . meningkatkan produksi mukus dan meningkatkan sekresi bikarbonat mukosa. PirenDepin juga memiliki e&ek *itoprotekti&. dibagi menjadi beberapa golongan = 1. Pemberian antasid jangan terus!menerus. juga menekan sekresi asam lambung oleh sel parietal. serta membentuk lapisan protekti& ( site protecti*e). 7bat yang agak selekti& yaitu pirenDepin bekerja sebagai anti reseptor muskarinik yang dapat menekan seksresi asama lambung sekitar . Antasid akan menetralisir sekresi asam lambung. *ukral&at ber&ungsi meningkatkan sekresi prostoglandin endogen. Penghambat Pompa Asam (Pump Proton Inhi(itor 0 PPI) (olongan obat ini mengatur sekresi asam lambung pada stadium akhir dari proses sekresi asam lambung. 7bat yang termasuk golongan antagonis reseptor 8 antara lain simetidin. (olongan prokinetik 3 . namun dalam dosis besar akan menyebabkan diare karena terbentuk senyawa . *itoprotekti& Prostoglandin sintetik seperti misoprostol (P(5 1) dan enprostil (P(5 ). Al(78) ". ". dan . lansopraDol dan pantopraDol.g-l . si&atnya hanya simtomatis.g triksilat. Antikolinergik Perlu diperhatikan. ). Antasid biasanya mengandung 2a bikarbonat. +.!+ PENA'ALAKSANAAN / Pada pengobatan dispepsia. ranitidin dan &amotidin. unutk mengurangi rasa nyeri. Antasida %!1$% mgChari (olongan obat ini mudah didapat dan murah. yang selanjutnya memperbaiki mikrosirkulasi. Antagonis reseptor 8 (olongan obat ini banyak digunakan untuk mengobati dispepsia organik atau esensial seperti tukak peptik.g triksilat dapat dipakai dalam waktu lebih lama. yang bersenyawa dengan protein sekitar lesi mukosa saluran cerna bagian atas (*-#A).

karena tidak jarang keluhan yang muncul berhubungan dengan &aktor kejiwaan seperti cemas dan depresi. 3. yaitu sisaprid. Psikoterapi atau psiko&armaka (obat anti! depresi dan cemas) pada pasien dengan dispepsia &ungsional. domperidon. *kema Penatalaksanaan .ispepsia DISPEPSIA 1anda Alarm (F) 1anda Alarm (!) 5ksplorasi . (olongan ini cukup e&ekti& untuk mengobati dispepsia &ungsional dan re&luks eso&agitis dengan mencegah re&luks dan memperbaiki bersihan asam lambung ( &cid clearance).7bat yang termasuk golongan ini. dan metoklopramid. 5ndoskopi. E*( dll (agal 1erapi empirik ( minggu ) Penyebab organik teridenti&ikasi Penyebab organik tidak teridenti&ikasi .ispepsia 9ungsional Anemia Defisiensi Besi 0 .iagnostik = Radiologi. .ispepsia 7rganik .

gejala klinis. patogenesis. tiap eritrosit mengandung 8b lebih sedikit daripada biasa sehingga timbul anemia hipokromik mikrositik E'I*L*GI GAnemia de&isiensi besi dapat disebabkan oleh rendahnya masukan besi. 'itamin #1 dan asam &olat. PA'*FISI*L*GI GHat besi (9e) diperlukan untuk pembuatan heme dan hemoglobin (8b). pemeriksaan laboratorium. diagnosis banding. 1anpa Dat giDi dan hormone tersebut. (ambaran diagnosis etiologis dapat ditegakkan dari petunjuk pato&isiologi.>ekurangan 9e mengakibatkan kekurangan 8b. hemoroid. @ang paling penting adalah Dat besi. kanker lambung. • • • < .Anemia de&isiensi besi (A. di'ertikulosis.#) adalah anemia yang timbul akibat kosongnya cadangan besi tubuh (depleted iron store) sehingga penyediaan besi untuk eritropoesis berkurang. dan in&eksi cacing tambang. serta kehilangan besi akibat perdarahan menahun.:alaupun pembuatan eritrosit juga menurun. pembentukan sel darah merah akan berjalan lambat dan tidak mencukupi. yang pada akhirnya pembentukan hemoglobin (8b) berkurang. dan selnya bisa memiliki kelainan bentuk dan tidak mampu mengangkut oksigen sebagaimana mestinya. *aluran genitalia wanita = menorrhagia. ribo&la'in dan tembaga serta keseimbangan hormone. terutama eritroprotein. gangguan absorpsi. 1. >ehilangan besi sebagai aki"at (erdara&an mena&un. kanker kolon. penatalaksanaan dan terapi. tetapi tubuh juga memerlukan sejumlah kecil 'itamin -. atau metrorhagia *aluran kemih = hematuria *aluran napas = hemoptoe. yang dapat berasal dari = • *aluran -erna = akibat dari tukak peptik. #eberapa Dat giDi diperlukan dalam pembentukan sel darah merah.

Ke"utu&an "esi menin%kat = seperti pada prematuritas. anak dalam masa pertumbuhan dan kehamilan. 9aktor nutrisi atau peningkatan kebutuhan besi jarang sebagai penyebab utama. Penyebab perdarahan paling sering pada laki!laki ialah perdarahan gastrointestinal. atau kualitas besi (bioa'aibilitas) besi ?yang tidak baik (makanan banyak serat. tetapi anemia secara klinis belum terjadi. GPada orang dewasa. *ementara itu. ". tropical sprue atau kolitis kronik. di negara tropik paling sering karena in&eksi cacing tambang. 0ika cadangan kosong maka keadaan ini disebut iron depleted state..*elanjutnya timbul anemia hipokromik mikrositer sehingga disebut iron de!iciency anemia. seperti = 1. Gan%%uan a"sor(si "esi = gastrektomi. Apabila kekurangan Dat besi berlanjut terus maka penyediaan Dat besi untuk eritropoesis berkurang sehingga menimbulkan gangguan pada bentuk eritrosit. +. >eilosis = bibir pecah!pecah "% . anemia de&isiensi besi yang dijumpai di klinik hampir identik dengan perdarahan menahun. sesak na&as. (ejala yang khas dijumpai pada de&isiensi besi. Atro&i papil lidah = permukaan lidah menjadi licin dan mengkilap karena papil lidah menghilang . GEJALA KLINIS Anemia pada akhirnya menyebabkan kelelahan. keadaan ini disebut iron de!icient erythropoiesis. dan rendah daging). kurang tenaga dan gejala lainnya. (lositis = iritasi lidah ". pada wanita paling sering karena menormetrorhagia PA'*GENESIS Perdarahan menahun menyebabkan kehilangan Dat besi sehingga cadangan Dat besi makin menurun. rendah 'itamin -. Faktor nutrisi = akibat kurangnya jumlah besi total dalam makanan. tidak dijumpai pada anemia jenis lain.

-I. sedangkan &eritin serum yang meningkat menunjukkan adanya kelebihan besi atau pelepasan &eritin berlebihan dari jaringan yang rusak atau suatu respons &ase akut.+. R. sideroblast.: (red cell distri(ution width) meningkat yang menandakan adanya anisositosis. A(us sumsum tu an% = -iperplasia eritropoesis) dengan kelompok!kelompok normo!blast baso&il. >adar &eritin serum normal atau meningkat pada anemia penyakit kronik. Retikulosit rendah dibandingkan derajat anemia. Pada kasus ankilostomiasis sering dijumpai eosino!ilia . Feritin serum.-8 J 3% &l hanya didapatkan pada anemia di&isiensi besi dan thalassemia mayor.-8 menurun. Apusan darah menunjukkan anemia hipokromik mikrositer) anisositosis) poikilositosis) anulosit . Kadar &emo% o"in dan indeks eritrosit = didapatkan anemia hipokrom mikrositer dengan penurunan kadar hemoglobin mulai dari ringan sampai berat. berbeda dengan thalassemia. Feses = 1elur cacing &nkilostoma duodenale C ecator americanus. sel pensil. 'IB@ 3Total Iron Banding Capacity4 menin%kat+ ). -+ Kadar "esi serum menurun >/? m%7d $ tota iron "indin% 6a(a6it8 3'IB@4 menin%kat A-/? m%7d $ dan saturasi transferin > 1/B+ +. kadang! kadang sel target.dan . . .erajat hipokromia dan mikrositosis berbanding lurus dengan derajat anemia./ndeks eritrosit sudah dapa mengalami perubahan sebelum kadar hemoglobin menurun. khususnya retikuloendotel. $. *ebagian kecil &eritin tubuh bersirkulasi dalam serum. 4eukosit dan trombosit normal. . "1 . misalnya pada in&lamasi. >adar hemoglobin sering turun sangat rendah. PEMERIKSAAN LAB*RA'*RI=M G>elainan laboratorium pada kasus anemia de&isiensi besi yang dapat dijumpai adalah = 1. >oilonikia = kuku jari tangan pecah!pecah dan bentuknya seperti sendok. tanpa menimbulkan gejala anemia yang mencolok karena anemia timbul perlahan!perlahan.-8. Pada anemia de&isensi besi. #entuk pronormoblast!normoblast kecil!kecil. kadar &eritin serum sangat rendah. konsentrasinya sebanding dengan cadangan besi jaringan. .

diberikan di antara waktu makan. *ecara laboratorik untuk menegakkan diagnosis anemia de&isiensi besi dapat dipakai kriteria diagnosis anemia de&isiensi besi sebagai berikut = 1. Adanya riwayat perdarahan kronis atau terbukti adanya sumber perdarahan. .engatasi penyebab perdarahan kronik. 1/#. ". Preparat besi ini diberikan sampai !" bulan setelah kadar hemoglobin normal.tinggi. Pemberian preparat 9e = Pemberian preparat besi (&erosul&atC&ero&umaratC&eroglukonat) dosis +!) mg besi elementalCkg ##Chari dibagi dalam " dosis. 4aboratorium = Anemia hipokrom mikrosister. 9e serum rendah.3. Adanya respons yang baik terhadap pemberian 9e PENA'ALAKSANAAN 1. Pemeriksaan lain = endosko(i$ ko onosko(i$ %astroduodeno%rafi$ 6o on in oo($ (emeriksaan %ineko o%i Anemia Defisiensi Fe DIAGN*SIS GPenegakkan diagnosis anemia de&isiensi besi dilakukan anamnesis dan pemeriksaan &isik yang diteliti disertai pemeriksaan laboratorium yang tepat. . 1idak terdapat 9e dalam sumsum tulang (sideroblast!) +. #edah = Entuk penyebab yang memerlukan inter'ensi bedah seperti perdarahan karena di'erticulum . " .eckel. ". . misalnya pada ankilostomiasis diberikan antelmintik yang sesuai.

Besi (arentera 5&ek samping lebih berbahaya. serta harganya lebih mahal. 1erapi kausal= tergantung penyebabnya. .preparat yang tersedia. pengobatan hemoroid. kalau tidak maka anemia akan kambuh kembali. hati. yaitu = 1. daging) dan nabati (bayam. dan aman. >olitis ulserati'a +. terapi terhadap anemia di&esiensi besi dapat berupa = 1. Perlu peningkatan 8b secara cepat (misal preoperasi. >epatuhan berobat kurang ".osis= " 6 %% mg. hamil trimester akhir) "" . Ferrous sulphat (sul&as &erosus)= preparat pilihan pertama (murah dan e&ekti&). /ndikasi.+. yaitu= i.misalnya = pengobatan cacing tambang.akanan giDi seimbang terutama yang megandung kadar besi tinggi yang bersumber dari hewani (lim&a. kacang! kacangan). ii. .+ 'ERAPI G*etelah diagnosis ditegakan maka dibuat rencana pemberian terapi. Pemberian preparat besi untuk mengganti kekurangan besi dalam tubuh = Besi (er ora merupakan obat pilihan pertama karena e&ekti&. 1erapi kausal harus dilakukan. /ntoleransi oral berat . pengubatan menoragia. *uporti& = . . tetepi e&ekti'itas dan e&ek samping hampir sama. Ferrous gluconate) !errous !umarat) !errous lactate) dan !errous succinate)harga lebih mahal. murah.

"+ .