You are on page 1of 12

SATUAN ACARA BERMAIN Pokok Bahasan Sasaran Tempat aktu !

ari"Tanggal : Terapi Bermain : Anak Usia 1-2 tahun : Ruang D RSUD Klungkung : : Senin# 2$ %o&ember 2'1(

Sub Pokok Bahasan: Terapi Bermain Pada Anak Usia 1-2 tahun

A. LATAR BELAKANG Bermain merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia berdasarkan empat belas )1*+ kebutuhan dasar ,irginia !anderson- Terlebih pada anak-anak bermain merupakan keseluruhan akti.itas anak termasuk beker/a# kesenangann0a dan merupakan metode bagaimana mereka mengenal dunia- Bagi anak-anak bermain tidak han0a sekedar mengisi 1aktu tetapi merupakan kebutuhan anak seperti haln0a makanan# pera1atan# 2inta kasih dan lain-lain- Anak memerlukan berbagai &ariasi permainan untuk kesehatan .isik# mental dan perkembangan emosin0a- 3elalui bermain anak tidak han0a menstimulasi pertumbuhan otot-ototn0a tetapi lebih dari itu- Anak tidak sekedar melompat# melempar atau berlari- Tetapi mereka bermain dengan menggunakan seluruh emosi# perasaan dan pikirann0a- Kesenangan merupakan elemen pokok dalam bermainAnak akan bermain sepan/ang akti&itas bermain menghiburn0a- Pada saat mereka bosan merekan akan berhenti bermain- Bermain bukan berarti membuang-buang 1aktu /uga bukan berarti membuat anak men/adi sibuk sementara orangtuan0a menger/akan peker/aann0a sendiri- 3elalui bermain anak-anak mendapatkan pengalaman 0ang n0ata sehingga anak akan menemukan kekuatan dan kelemahann0a sendiri# minatn0a# 2ara men0elesaikan tugasn0a dengan bermain- 4adi bermain merupakan unsur 0ang penting untuk perkembangan anak baik .isik# emosi# mental intelektual# kreati&itas dan sosialAnak 0ang mendapatkan kesempatan 2ukup untuk bermain akan men/adi orang de1asa 0ang mudah berteman# kreati. dan 2erdas# bila dibandingkan dengan mereka 0ang masa ke2iln0a kurang mendapat kesempatan bermainBerdasarkan uraian diatas kami mahasis1a program pro.esi %5RS ST6Kes ira 3edika PP%6 Bali kelompok 5 )2+ akan memberikan terapi bermain pada kelompok

3ainan Donat-donatan F.3emenuhi kebutuhan akti. METODE 7eramah dan bermain bersama E.itas bermain D.anak usia 1-2 tahun dengan mengambil topik khusus permainan untuk menstimulasi perkembangan intelektual"kogniti.B.Anak bisa merasa senang dan tidak takut lagi dengan dokter dan pera1at (. MEDIA 1.8ungsi bermain pada anak (.Bisa merasa tenang selama dira1at2. TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS (TIK) Setelah mendapatkan terapi bermain selama $' menit diharapkan anak mampu : 1.3engurangi rasa sakit 0ang diderita *.Pengertian bermain 2.7iri alat permainan untuk anak usia 1-2 tahun . TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM (TIU) 3engetahui pengaruh terapi bermain terhadap proses adaptasi"hospitalisasi dan perkembangan anak usia 1-2 tahun 0ang men/alani ra1at inap di Ruang D RSUD KlungkungC. ISI MATERI 1.Tu/uan bermain *.

PROSES PELAKSANAAN No 1 Persiapan ab22 Terapi 3en0iapkan ruangan3en0iapkan alat-alat3en0iapkan anak Wa !" 1' menit S"#$e !erapi Ruangan# alat# anak keluarga siap dan dan keluarga Proses : amengu2apkan memperkenalkan dirib3en/elaska n pada anak dan keluarga tentang tu/uan dan man.aat bermain# permainan2anak bermain d3enge&alua si respon anak dan keluargaPenutup 3en0impulkan# salam mengu2apkan $ menit 3emperhatikan dan mena1ab salam 3enga/ak men/elaskan 2ara 2$ menit ( menit Bermain bersama dengan antusias dan mengungkapkan perasaann0a 3embuka proses terapi bermain dengan salam# $ menit 2 menit 3en/a1ab 3emperkenalkan 3emperhatikan salam# diri# ( H. SETTING TEMPAT 9eader 3oderator Anak usia 1-2 tahun :bser&er 8asilitator .G.

Anak mampu mengurangi ke/enuhan selama dira1at di RS J. PENGORGANISASIAN 1.3oderator (.Pen0a/i *.8asilitator 6 : %i 3ade Rupika1ati : %i %0oman Darma0anti : %i Putu A0u Purnama De1i : Putu !endri Prati1i a0an Agus Budiantara Putu Agus Suparta Aria1an Struktur Persiapan media 0ang akan digunakan Persiapan tempat 0ang akan digunakan Persiapan peserta 0ang mengikuti program terapi bermain Kontrak 1aktu . E%ALUASI 1ab2d2ab2(Proses Selama proses bermain anak usia 1-2 tahun mengikuti program terapi bermain dengan baik Selama proses bermain anak usia 1-2 tahun mau beker/a sama dengan pera1at Selama proses bermain pera1at mendampingi anak!asil a.Anak mampu melatih gerakan motorik kasar dan halus lebih matang b.Anak mampu mengembangkan kemampuan kogniti.Anak mampu dapat bersosialisasi dengan teman seba0a 0ang di ra1at di ruang 0ang sama e.itas d.Ketua 2.I.Anak mampu mengembangkan kreati. 2.

itas# perkembangan kesadaran diri# perkembangan moral dan bermain sebagai terapiDalam perkembangan kogniti.$+ bermain sama dengan beker/a pada orang de1asa dan merupakan aspek terpenting dalam kehidupan anak serta merupakan satu 2ara 0ang paling e.# anak men2oba ide .ungsi untuk men2iptakan dan meningkatkan kreati&itas anak. untuk menurunkan stres pada anak dan penting untuk kese/ahteraan mental dan emosional anak Dari de.3elalui bermain untuk men/adi kreati.isik# intelektual# emosional# dan so2ial dan bermain merupakan media 0ang baik untuk bela/ar karena dengan bermain# anak-anak akan berkata-kata )berkomunikasi+# bela/ar men0esuaikan diri dengan lingkungan# melakukan apa 0ang dapat dilakukann0a dan mengenal 1aktu# /arak serta suara ) ong# 2''(+ 3enurut 7hamphell )1.. FUNGSI BERMAIN PADA ANAK 8ungsi utama pada bermain adalah merangsang perkembangan sensoris motoris# perkembangan intelektual# perkembangan so2ial# perkembangan kreati.antasi dan realitas.Anak bela/ar berpikir abstrak# dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan dapat mengatasi masalah dan menolong anak membandingankan .Bermain /uga ber.ide .ekti.inisi diatas dapat disimpulkan bah1a bermain adalah kegiatan 0ang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan anak sehari-hari karena bermain sama dengan beker/a pada orang de1asa# 0ang dapat menurunkan stress anak# media 0ang baik bagi anak untuk bela/ar berkomunikasi dengan lingkungann0a# men0esuaikan diri terhadap lingkungan# bela/ar mengenal dunia sekitar kehidupann0a# dan penting untuk meningkatkan kese/ahteraan mental serta so2ial anakB. memperoleh PENGERTIAN BERMAIN Bermain merupakan kegiatan 0ang dilakukan se2ara sukarela untuk kesenangan atau kesenanganBermain merupakan 2erminan kemampuan .ungsi untuk bela/ar berhubungan dengan lingkungann0a# bela/ar mengenai ob/ek dan bagaimana menggunakann0a.TERAPI BERMAIN A. akti&itas bermain bagi anak ber.

Anak bela/ar 0ang benar dan 0ang salah serta bertanggung /a1ab atas kehendakn0aBermain ber.baru dalam bermain.ungsi /uga sebagai alat untuk memupuk kesadaran diri anak karena dengan bermain anak akan sadar tentang kemampuan# kelemahan dan tingkah lakun0a. Pada permainan ini anak berperan se2ara akti.Perkembanggan moral diperoleh dari guru dan orangtua serta orang sekitarn0a.Bermain mengamati"men0elidiki )5<plorator0 Pla0+ Perhatian pertama anak pada alat bermain adalah memeriksa alat permainan tersebut# memperhatikan# mengo2ok-o2ok apakah ada bun0i# men2ium# meraba# menekan dan kadang-kadang berusaha membongkarb.simbolPenggunaan simbol . MACAM BERMAIN 1.itas baru# maka anak akan men2oba pada situasi 0ang lainDengan bermain akan mengembangkan dan memperluas sosialisasi anak sehingga anak 2epat mengatasi persoalan 0ang akan timbul dalam hubungan sosialDengan sosialisasi akan berkembang nilai .isik .Pada anak pra sekolah penggunaan simbol ini lebih dominan# karena anak mulai ber.Bermain .Bermain konstruksi )7onstru2tion Pla0+ Pada anak umur ( tahun dapat men0usun balok-balok men/adi rumahrumahan2.# kesenangan diperoleh dari apa 0ang diperbuat oleh mereka sendiri.simbol ini mulai mun2ul pada anak umur satu tahun karena anak mulai ikut dalam kegiatan keluarga seperti makan# minum bersama. meliputi : a.Kalau anak merasa puas dari kreati.Bermain akti.antasi dan bela/ar dari model keluarga# misaln0a peran guru# ibu dan pera1atC.Bermain drama )Dramati2 Pla0+ 3isal bermain sandi1ara boneka# main rumah-rumahan dengan temantemann0ad.Bermain akti.Anak akan menun/ukkan tingkah laku 0ang dapat diterima oleh temann0aSalah satu bentuk permainan adalah menggunakan simbol .nilai moral dan etik.

itas kemampuan meme2ahkan masalahPermainana akan menstimulasi da0a pikir# ima/inasi# dan .Tidak ada kesempatan bela/ar dari alat permainann0a*. bermain2.Tidak mempun0ai teman bermainC. dan membutuhkan sesuatu untuk mengatasi kebosanan dan keletihann0a7ontoh = 3elihat gambar di buku"ma/alah-#mendengar 2erita atau musik#menonton tele&isi dsbDalam kegiatan bermain kadang tidak dapat di2apai keseimbangan dalam bermain# 0aitu apabila terdapat hal-hal seperti diba1ah ini : 1.antasi# serta ide-iden0a. untuk mengekspresikann0a3engembangkan kreati.Pada saat melakukan permainann0a# anak /uga akan dihadapkan pada masalah dalam konteks .Tidak ada &ariasi dari alat permainan(.Pada saat sakit dan dira1at di Rumah Sakit# anak mengalami berbangai perasaan 0ang sangat tidak men0enangkan.Permainan ini 2o2ok apabila anak sudah lelah bernmain akti.antasin0a# untuk men2iptakan sesuatu seperti 0ang ada dalam pikirann0a.3isaln0a bermain bola# bermain tali dan lain-lain2. TUJUAN BERMAIN Beberapa tu/uan 0ang diperoleh seorang anak melalui bermain adalah: 1Untuk melan/utkan pertumbuhan dan perkembangan 0ang normal pada saat sakit anak mengalami gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangann0aalaupun demikian# selama anak dira1at di Rumah Sakit kegiatan stimulasi pertumbuhan dan perkembangan masih harus tetap dilan/utkan untuk men/aga kesinambungann0a23enggekpresikan perasaann0a# keinginan dan . Pada permainan ini anak bermain pasi.Pada anak 0ang belum dapat mengekspresikann0a se2ara (&erbal# permainan adalah dan media 0ang sangat e.ekti. antara lain dengan melihat dan mendengar.Kesehatan anak menurun.Anak 0ang sakit tidak mempun0ai energi untuk akti.Bermain pasi.

ekti.alat permainannn0a.a+.Usia 1 > 2 tahun Tu/uan : a.ia+$"r a+/ a-@enderang# bola dengan giring-giring didalamn0ab.Stress 0ang dialami anak saat dira1at di rumah sakit tidak dapat dihindarkan sebagaimana /uga 0ang dialami orang tuan0a.Disamping itu karena kondisi motorik masih kurang sehingga anak sering merusak alat .3elatih motorik halus .Alat permainan 0ang dapat didorong dan ditarik- .kasar d.ekti. terhadap stress karena sakit dan dira1at di Rumah Sakit.Perlu diingatkan /uga bah1a anak memilih autonomi dan kemandirian# sehingga penting diperhatikan keamanan atau keselamatann0a antara lain alat .ekti.Permainan adalah media 0ang e.. untuk beradaptasi karena telah terbukti dapat menurunkan rasa 2emas# takut# n0eri dan marahD.permainanan0a# semakin lama ia bermain dan semakin tertantang untuk dapat men0elesaikann0a dengan baik*Dapat beradaptasi se2ara e.3elatih anak melakukan kegiatan sehari-hari semuan0a dalam bentuk kegiatan 0ang menarik ? Karakteristik: Pararel Play & solitary play Anak 0ang bermain dengan usia 1-2 tahun adalah anak 0ang bermain se2ara spontan# dan bebas bermain dan berhenti sesukan0a.3elatih ima/inasin0a.3elatih anak melakukan gerakan mendorong dan menarik2..Untuk itu 0ang penting adalah bagaimana men0iapkan anak dan orang tua untuk dapat beradaptasi dengan stressor 0ang dialaimin0a di rumah sakit se2ara e.alat permainan 0ang run2ing# tidak menimbulkan kera2unan ) 2at + A)a! per*ai+a+ .3elatih ker/asama mata > tangan e. CIRI ALAT PERMAINAN UNTUK ANAK USIA &'( TAHUN 1.3en0alurkan emosi dan perasaan b.

2-Alat permainan 0ang terdiri dari: alat rumah tangga)misal: 2angkir 0ang tidak mudah pe2ah# sendok botol plastik# ember# 1askom# air+# balokbalok besar# kardus-kardus besar# buku bergambar# kertas untuk di2oret2oret# kra0on"pensil ber1arna# donat-donatan- .

2''(. 4akarta: 5@7 Supartini# Aupi..4akarta: 5@7 ong# Donna 9.Konsep Dasar Keperawatan Anak.Pedoman klinis Kepera1atan Pediatrik.DAFTAR PUSTAKA Soet/iningsih-1.Tumbuh Kembang Anak.$.2''*.4akarta : 5@7 .

'1-'*BC 1(-.'1-'$'( 1(-.'1-'$11 1(-.'1-'$'* 1(-.'1-'$'2 1(-.SATUAN ACARA BERMAIN MEN0USUN DONAT PADA ANAK USIA &'( TAHUN DI RUANG D RSUD KLUNGKUNG TANGGAL (1 NO%EMBER (2&3 OLEH / KELOMPOK II 6 AAA% A@US BUD6 A%TARA 1(-.'1-'$1B %6 3AD5 RUP6KA AT6 %6 %A:3A% DAR3AAA%T6 %6 PUTU AAU PUR%A3A D5 6 PUTU A@US SUPARTA AR6A A% PUTU !5%DR6A%6 PRAT6 6 PROGRAM PROFESI NERS .

SEKOLAH TINGGI ILUM KESEHATAN WIRA MEDIKA PPNI BALI (2&3 .