TUGAS TOKSIKOLOGI

Efek formalin pada organ tubuh

Oleh Nama NIM Kelas : Moch. Fathoni Noor Shabara : 105130104111002 :A

PROGRAM KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2012

efek sampingnya terlihat setelah jangka panjang. Akut : efek pada kesehatan manusia langsung terlihat : sepert iritasi. gangguan pada pencernaan. . reaksi alergi dan bahaya kanker pada manusia Dampak formalin pada kesehatan manusia. Kronik : efek pada kesehatan manusia terlihat setelah terkena dalam jangka waktu yang lama dan berulang : iritasi kemungkin parah. karena terjadi akumulasi formalin dalam tubuh. Formalin biasanya diperdagangkan di pasaran dengan nama berbeda-beda antara lain: Formol . pankreas. ginjal. mual. system saraf pusat. pemanfaatannya tidak dilarang namun setiap pekerja yang terlibat dalam pengangkutan dan pengolahan bahan ini harus ekstra hati-hati mengingat risiko yang berkaitan dengan bahan ini cukup besar. alergi. Mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung formalin. rasa terbakar. mata berair. muntah. Morbicid . Formic aldehyde. Methylene aldehyde. Biasanya ditambahkan metanol hingga 15% sebagai pengawet. Karsan.Pengertian formalin Formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk. Tetraoxymethylene. Iritasi pada saluran pernafasan. Methylene glycol. hati. Di dalam formalin terkandung sekitar 37% formaldehid dalam air. kemerahan. Formoform. Bahaya Formalin : Formalin sangat berbahaya bila terhirup. menstruasi dan pada hewan percobaan dapat menyebabkan kanker sedangkan pada manusia diduga bersifat karsinogen (menyebabkan kanker). sakit perut dan pusing 2. Formalin dikenal luas sebagai bahan pembunuh hama ( desinfektan ) dan banyak digunakan dalam industri. Trioxane. mata berair. Sejauh ini. Superlysoform. mengenai kulit dan tertelan. dapat bersifat : 1. Akibat yang ditimbulkan dapat berupa : Luka baker pada kulit. Paraforin. Methanal . Methyl oxide. Formalith. Polyoxymethylene glycols. Oxymethylene. Oxomethane.

dan diare. sakit menelan.3. Selain itu juga dapat terjadi kerusakan hati. paru dan otak 4. radang selaput lendir hidung. system susunan saraf pusat dan ginjal. kehilangan konsentrasi dan daya ingat berkurang. Bahan pengawet produk kosmetika dan pengeras kuku. Pencegah korosi untuk sumur minyak. Bahan untuk insulasi busa. ganggua pernafasan. Penggunaan formalin yang benar : 1. dan pakaian. gudang. 8. mual. 4. Gangguan head dan kemandulan pada perempuan Kanker pada hidung. cepat marah. Pembasmi lalat dan berbagai serangga lain. otak. sakit perut yang hebat. 3. Melalui sejumlah survey . pancreas. Bahan perekat untuk produk kayu lapis (plywood). Apabila tertelan maka mulut. rongga hidung. kejang. kapal. dan bahanpeledak. Cairan pembalsam ( pengawet mayat ). jantung. Dalam konsentrasi yang sangat kecil Penggunaan formalin yang salah : Penggunaan formalin yang salah adalah hal yang sangat disesalkan. Dalam dunia fotografi biasanya digunakan untuk pengeras lapisan gelatin dan kertas. 9. hipotensi ( tekanan darah rendah ). batuk-batuk. penglihatan kabur. Bila merupakan bahan beronsentrasi tinggi maka formalin dapat menyebabkan pengeluaran air mata yang hebat dan terjadi kerusakan pada lensa mata 5. Pembunuh kuman sehingga dimanfaatkan untuk pembersih : lantai. limpa. dan mengeluarkan air mata. tenggorokan. Bahan pada pembuatan sutra buatan. 2. Apabila terkena mata dapat menimbulkan iritasi mata sehingga mata memerah. rasanya sakit. mual. Apabila terhirup dalam jangka waktu lama maka akan menimbulkan sakit kepala. 6. Bahan pembuatan pupuk dalam bentuk urea. sakit kepala.tenggorokan dan perut terasa terbakar. mengantuk. 5. tidak sadar hingga koma. zat pewarna. Bahan untuk pembuatan produk parfum. luka pada ginjal dan sensitasi pada paru Efek neuropsikologis meliputi gangguan tidur. muntah. cermin kaca. 10. 11. 12. gatal-gatal. keseimbangan terganggu. 7. mulut. kemungkinan terjadi pendarahan.

Yang perlu diingat. maka hidung akan terasa perih.dan pemeriksaan laboratorium. tidak semua produk pangan mengandung formalin. Itu karena organ tubuh manusia bersifat sensitif terhadap bahan asing. Beberapa contoh produk yang sering mengandung formalin misalnya ikan segar. Tak hanya bahan makanan. bahwa terdapat sejumlah produk yang secara sengaja ditambahkan formalin sebagai pengawet. ginjal. Ciri-ciri produk pangan yang mengandung formalin : Seperti telah dipaparkan di muka.ditemukan sejumlah produk pangan yang menggunakan formalin sebagai pengawet. jika tercium. Walau mungkin harganya akan lebih mahal dibanding dengan yang menggunakan formalin. itu yang menjadi alasan para oknum tersebut menggunakannya terus. Efek formalin untuk kesehatan memang tak akan terasa dalam waktu yang singkat. Untuk memastikan apakah sebuah produk pangan mengandung formalin atau tidak memang dibutuhkan uji laboratorium. mata pun merah. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Anda patut waspada jika semua gejala tersebut terasa. Kemampuan zat kimia formalin dalam membunuh bakteri pembusuk hingga mampu membuat bahan pangan jadi tak mudah rusak. mie basah dan tahu yang beredar di pasaran. Praktek yang salah seperti ini dilakukan produsen atau pengelola pangan yang tidak bertanggung jawab. pembersih alat rumah tangga pun telah banyak ditemukan. merah. dan beberapa jenis kanker lain dikhawatirkan timbul jika pemakaian senyawa kimia itu masih diteruskan. saat digunakan maka kulit biasanya akan teriritasi. paru-paru. batuk-batuk. ternyata penggunaan formalin pada beberapa bahan pencuci piring. plastik. maka kerja hati. Cirinya. Kanker paru. Mengganti produk dengan yang aman dan tak mengandung formalin akan lebih aman bagi kesehatan keluarga Anda. Kita sebaiknya berhati-hati bila menjumpai produk pangan yang mempunyai ciri sebagai berikut: . ayam potong. dan berbagai organ lainnya akan terganggu. Senyawa aldehida pada formalinlah yang biasanya mudah bereaksi dengan protein dan menimbulkan perubahan struktur serta bersifat karsinogenik. terasa perih seperti terbakar. kanker otak.

6. tidak mudah hancur / rusak / busuk sampai tiga hari pada suhu kamar (25 derajat Celsius) dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es ( 10 derajat Celsius). bau agak menyengat. Ayam potong yang berwarna putih bersih. namun tidak padat. Ikan basah yang warnanya putih bersih.1. bau agak mengengat. tidak berbau khas ikan asin. 2. tidak rusak sampai tiga hari pada suhu kamar ( 25 derajat Celsius). Mie basah yang awet beberapa hari dan tidak mudah basi dibandingkan dengan yang tidak mengandung formalin. terlampau keras. kenyal. Tahu yang bentuknya sangat bagus. 5. teksturnya sangat kenyal. 4. bersih cerah. Baso yang tidak rusak sampai lima hari pada suhu kamar ( 25 derajat Celsius). awet dan tidak mudah busuk. Ikan asin yang tidak rusak sampai lebih dari 1 bulan pada suhu kamar ( 25 derajat Celsius). tidak lengket dan mie lebih mengkilap dibandingkan mie normal. 3. bau menyengat. insangnya berwarna merah tua bukan merah segar. awet sampai beberapa hari dan tidak mudah busuk. tidak rusak sampai dua hari pada suhu kamar ( 25 derajat Celsius) dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es ( 10 derajat Celsius). kenyal. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful