SILABUS, RPP, MATERI PEMBELAJARAN ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU NIFAS

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Ajar Keterampilan Mengajar Bidang Pendidikan Program Studi Magister Kedokteran Keluarga Minat Utama Pendidikan Profesi Kesehatan

(Dr. Sariyatun, M.Pd, M.Hum)

Disusun Oleh : AMILLE ROSSALINA NIM. S541302005 KELAS : REGULER 2

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2013

RPP ASKEB 3 .

Mempraktekan kebersihan diri/perineum ibu nifas 5. Menjelaskan kebutuhan nutrisi dan cairan yang di butuhkan masa nifas 2. Tujuan Pembelajaran 1. Kebersihan diri/perineum 5. Menjelaskan kebutuhan seksual ibu nifas . Kebutuhan ambulasi 3. Kebutuhan latihan/ senam nifas I.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ASUHAN KEBIDANAN III (NIFAS) Nama Dosen Fakultas/Prodi Mata Kuliah/SKS Semeter Pertemuan keStandar Kompetensi : : : : : : Amille Rossalina. Kebutuhan seksual 7. Menjelaskan kebutuhan eliminasi (BAB/BAK) masa nifas 4. Kebutuhan nutrisi dan cairan 2. Menjelsakan kebutuhan ambulasi ibu nifas 3. SST Kedokteran/D III Kebidanan Asuhan Kebidanan III (Nifas)/2 SKS III 8/Waktu : P :2x2x50 menit Mahasiswa mampu menerapkan asuhan kebidanan pada ibu nifas secara komprehensif dan terarah Kompetensi Dasar Indikator : : Menjelaskan kebutuhan dasar ibu post partum 1. Kebutuhan istirahat 6. Menjelaskan kebutuhan istirahat ibu nifas 6. Kebutuhan eliminasi (BAB/BAK) 4.

Tanya jawab . Kebutuhan nutrisi dan cairan 2. Kebutuhan seksual III.II. Kebersihan diri/perineum 5. Diskusi kelompok 2. Kebutuhan istirahat 6. Metode pembelajaran 1. Kebutuhan ambulasi 3. Kebutuhan eliminasi (BAB/BAK) 4. Pokok Materi 1.

Membuka salam b. 2. Dosen menyimpulkan jawaban dari mahasiswa d. Kebutuhan seksual c. 5. Tahap Awal Kegiatan pembelajaran a. Mengajak mahasiswa mendengarkan Diskusi persentasi Tanyajawab b. 3 menit  BA 1. Inti LCD Power point Papan tulis Spidol 160 menit  Tes lisan . Kebutuhan eliminasi (BAB/BAK) d. Kelompok menyajikan materi tentang : a. Tabel Kegiatan Pembelajaran (KD-4) No . Kebutuhan nutrisi dan cairan b. Menjelaskan indikator yang akan disampaikan a. c. 1. 3. Kebutuhan istirahat f. 2. Kebersihan diri/perineum e. Kebutuhan ambulasi c. Menjelaskan kompetensi dasar yang akan disampaikan e.IV. Menanyakan sejauh mana mahasiwa mengetahui pokok bahasan yang akan disampaikan. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk bertanya Metode Media LCD Power point Papan tulis Spidol Alokasi Sumber waktu belajar 15  BU 1. 6 Alat penilaian Tes lisan 2.

3. 4th edition.d. 2007. Bersama mahasiswa mengerjakan evaluasi yang diberikan oleh kelompok dan dosen f. London. UK. London. Varney. Diane & Cooper. Dosen bersama mahasiswa membuat kesimpulan dan merencanakan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan melakukan refleksi 25 menit Tes lisan V. UK. Mereview materi identifikasi kebutuhan dasar ibu nifas 3. 2009. Buku Anjuran 1. Melakukan penilaian dengan memberikan pertanyaan kepada pesdik tentang materi yang telah diberikan b. dkk. 2009. Margaret. et al. Christine & Macdonald Susan. 2011. 2. UK. Penutup a. Alat/ Referensi/Buku Sumber Alat : Power point. Mayes’ Midwifery: ATextbook for Midwives. Video senam nifas Buku Sumber: Buku Utama 1. Hanifa. Varney’s Midwifery. LCD. Hellen. Nottingham. Myles’ Textbook for Midwives . Fraser. 14th edition. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo . Handerson. Wiknjosastro. Ilmu Kebidanan. Memberi apresiasi pada mahasiswa yang menyajikan materi. bertanya maupun menjawab pertanyaan e. 14th edition.

F. 2002. dkk. 2009. New York. 2010. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Mc. Jakarta : EGC. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. et al. Mochtar. Soal Evaluasi (Tes Lisan) 1.2. Sebutkan factor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi psikologi ibu nifas . Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas Normal. Berilah contoh pakaian yang ideal untuk ibu post partum? 7. Jakarta : EGC. Williams Obstetrics. 6. Bagaimana cara melakukan perawatan payudara dengan benar? 8. 3. 5. Saifuddin Abdul Bari. Rustam. Bahiyatun. Penyakit Kandungan & Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta : EGC. Obstetri Patologi. Edisi 2. Mengapa ibu perlu diajari malakukan perawaran diri terutama pada perineum ata pada bekas operasi? 9. Mengapa ambulasi termasuk dalam kebutuhan dasar ibu nifas? 4. Sinopsis Obstetri . Graw Hill Publishing Division. apa tindakan anda? 6. 23rd edition. et al. 2005. 1998. Ida Ayu. Obstetri Fisiologi. Cunningham. Sebutkan tahapan-tahapan proses ambulasi ibu nifas! 5. Ilmu Kebidanan. Berikan contoh menu bergizi seimbang untuk ibu nifas! 3. Bagaimana bila anda mendapati ibu post partum 9 jam belum mampu melakukan eliminasi sendiri. 4. Manuaba. Apa yang akan anda lakukan sebagai bidan desa bila menemukan ternyata di desa yang anda kelola masih terdapat ibu nifas dengan pantang makan? 2. VI.

ANALISIS RPP .

Pemilihan Model Pembelajaran dan Metode Diskusi kelompok adalah sebuah rangkaian kegiatan pembelajaran kelompok yang setiap masing-masing kelompok ditentukan mendapat tanggung jawab untuk berdiskusi sesuai dengan tema/masalah/judul pembelajaran yang telah ditetapkan oleh pengajar dan peserta didik selanjutnya akan membuat kesimpulan atau catatan kecil yang berisikan tuangan pikiran atau pendapat dari kelompok tersebut. Menjelsakan kebutuhan ambulasi ibu nifas 3. bekerja sama berusaha memecahkan masalah dengan mengajukan pendapat dan argumentasi yang tepat. Nifas merupakan salah satu fase dalam siklus kehidupan seorang wanita dan tidak bisa lepas begitu saja dengan fase-fase lain dan saling berurutan. Media yang Digunakan Media pembelajaran dalam RPP ini menggunakan power point yang dibantu dengan alat pembelajaran seperti LCD. kemudian diserahkan oleh ketua kelompok kepada pengajar yang bersangkutan. mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan dasar ibu post partum. Menjelaskan kebutuhan seksual ibu nifas Materi ini perlu disampaikan kepada mahasiswa karena kompetensi dasar ini sesuai dengan kurikulum pendidikan DIII Kebidanan 2010 PPSDM KEMENKES RI. Dan persoalan dan masalah-masalah yang didiskusikan sesuai dengan mata pelajaran/materi pokok. yaitu : 1. Dengan diskusi para murid akan bekerja keras. papan tulis dan spidol. Sedang untuk tujuan instruksional khususnya. B. Menjelaskan kebutuhan nutrisi dan cairan yang di butuhkan masa nifas 2. Mempraktekan kebersihan diri/perineum ibu nifas 5. Menjelaskan kebutuhan eliminasi (BAB/BAK) masa nifas 4. C.A. Fokus Tujuan/Materi Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) asuhan kebidanan pada ibu nifas ini memilihi tujuan instruksional umumnya agar setelah pembelajaran. dan itu menjadi tugas sekretaris kelompok. Metode diskusi pada hakikatnya berpusat kepada peserta didik. dimana kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan diskusi yang tidak terstruktur hingga kepada kegiataan yang terstruktur dimana guru dapat bertindak keras dan otokratis. Menjelaskan kebutuhan istirahat ibu nifas 6. Dengan menggunakan media power point maka pertemuan kali ini dapat dikategorikan dalam pembelajaran berbasis komputer dengan CAI (Computer .

hlm. April. 101 Strategi Pembelajaran Aktif. DAFTAR PUSTAKA Depkes RI.Assisted Instruction) yaitu pembelajaran dengan menggunakan alat bantu komputer. Jakarta Melvin L. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta Syafaruddin Dkk. 2001 Materi Media Pembelajaran.(Jakarta: Hijri Pustaka Utama). Kurikulum Pendidikan DIII Kebidanan. 1996. seperti untuk presentasi.(Yogyakarta: Allyn and Bacon Boston) Nuryanto. D. MATERI PPT . sebagai alat peraga dan sebagainya. 2006. Silberman.164. Ilmu Pendidikan Islam Melejitkan potensi budaaya Ummat. Teori Belajar yang Mendasari Pilihan Anda E. 2010. Active Learning .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful