DAFTAR HALAMAN

DAFTAR HALAMAN .......................................... Error! Bookmark not defined. 1. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN .................................................... 1
1.1 1.2 1.3 1.4 DATA PERUSAHAAN ........................................................................................... 3 BIODATA PEMILIK / PENGURUS ....................................................................... 4 STRUKTUR ORGANISASI .................................. Error! Bookmark not defined. ALASAN PEMILIHAN BISNIS ........................... Error! Bookmark not defined.

2.

ASPEK PEMASARAN ............................................................................... 5
2.1 2.2 2.3 2.4 2.5 2.6 2.7 PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN ............................................................... 5 GAMBARAN POTENSI USAHA........................................................................... 6 TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU ........................................... 7 PROYEKSI PENJUALAN ...................................................................................... 7 STRATEGI PEMASARAN ..................................................................................... 8 SALURAN DISTRIBUSI ...................................... Error! Bookmark not defined. KENDALA PEMASARAN ..................................................................................... 9

3.

ASPEK PRODUKSI .................................................................................. 11
3.1 3.2 3.3 3.4 3.5 3.6 BAHAN BAKU DAN BAHAN PENOLONG ...................................................... 14 KOMPOSISI BAHAN ........................................................................................... 11 KAPASITAS PRODUKSI ..................................................................................... 11 PROSES PRODUKSI ............................................ Error! Bookmark not defined. PRODUKSI OPTIMUM ........................................ Error! Bookmark not defined. KENDALA PRODUKSI ........................................ Error! Bookmark not defined.

5.

ASPEK SUMBERDAYA MANUSIA (SDM) ......................................... 18
5.1 ANALISIS KOMPETENSI SDM .......................................................................... 18

7.

ANALISIS KEUANGAN………………. ............................................... 206
7.1 7.2 LAPORAN KEUANGAN.................................................................................... 206 RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI ........... Error! Bookmark not defined.9
Page 1

[Bussiness Plan]

7.3 7.4

RENCANA ARUS KAS (CASH – FLOW) .......................................................... 20 RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN ............ Error! Bookmark not defined.1

7.5 RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN.......... Error! Bookmark not defined.2 7.6 AGUNAN YANG DIMILIKI .............................. Error! Bookmark not defined.2

8.

ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA ...................................... 25
8.1 8.2 8.3 8.4 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR ......................................... 25 DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN ............................................................. 25 ANALISIS RESIKO USAHA ................................ Error! Bookmark not defined. ANTISIPASI RESIKO USAHA ............................ Error! Bookmark not defined.

LAMPIRAN ........................................................... Error! Bookmark not defined.
. FOTO PRODUK .................................................................................................... 26

[Bussiness Plan]

Page 2

Dewasa ini ditenggarai oleh persaingan bisnis yang sangat ketat skala global. 4. Kesadaran akan kewajiban menggunakan pakaian yang menutup aurat semakin tinggi di kalangan masyarakat Indonesia yang memang mayoritas beragama Islam. Selain itu. 3. 9. 8. Sekitar 10 tahun belakangan ini. 2. Banyaknya perancang busana pakaian jadi muslim dan citra pakaian jadi muslim sebagai pakaian yang mengikuti trend semakin meningkatkan permintaan akan pakaian muslim ini. pengaruh budaya asing juga dapat merubah gaya dan penampilan seseorang. jenis pakaian muslim mulai banyak muncul di pasaran. investasi dalam industri pakaian jadi adalah merupakan investasi yang menguntungkan.com MANDIRI 10.1 DATA PERUSAHAAN 1. Nama Perusahaan Bidang Usaha Jenis Produk / Jasa Alamat Perusahaan Nomor Telepon/Fax Alamat E-mail Bank Perusahaan Bentuk Badan Hukum Nomor Akte Pendirian TreMos Collection Pakaian Muslim Pakaian Jl. Dengan demikian jika dilihat dari perkembangan industri tersebut. Gegerkalong 022 – 86066520 / 86066521 Resti_ca@yahoo. apalagi jika pengusaha selalu mengikuti perkembangan trend atau gaya pakaian jadi. Termasuk penampilan dalam cara berpakaian. 6. N P W P 11. 7. Mulai Berdiri 2013 [Bussiness Plan] Page 3 . dan selalu menjaga kualitasnya. Kondisi tersebut didorong oleh teknologi yang semakin canggih dan kebutuhan manusia yang tidak ada batasnya. jumlah konsumen pakaian muslim terutama kalangan wanita usia remaja dan dewasa semakin meningkat.TreMos Collection 1. 1. Seiring dengan perkembangan pakaian muslim yang mengikuti gaya atau fashion. 5. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN Pada era globalisasi saat ini banyak perkembangan dunia usaha (bisnis) yang dilakukan di Indonesia.

3 ALASAN PEMILIHAN BISNIS Berdasarkan latar belakang yang diperoleh. 11 Oktober 1992 Cipageran. [Bussiness Plan] Page 4 . 3.TreMos Collection 1.com 1. 4. penulis tertarik untuk menjalani usaha yang telah diteliti.2 BIODATA PEMILIK / PENGURUS 1. Nama Jabatan Tempat dan Tanggal Lahir Alamat Rumah Nomor Telepon Alamat E-mail Resty Nur Fitriani Pemilik Cimahi. 5. Cimahi 085722240772 Resti_ca@yahoo. Kondisi masyarakat wanita Muslimah khusus kawula muda pada saat ini merespon baik menegani mode dan perkembangan zaman dalam cara berpakaian. 2. 6.

Dalam konteks ini adalah mode pakaian muslim . headband.TreMos Collection 2. bross dan pernak – pernik lainnya untuk menunjang penampilan konsumen Contoh produk yang di produksi KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI 1. Harga produk relatif murah Kualitas produk terjamin Desain unik dan beraneka ragam [Bussiness Plan] Page 5 . Diproduksi pula accecoris tambahan berupa hijab/kerudung.1 PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN Jenis produk yang dihasilkan berupa pakaian muslim. 2. terutama untuk wanita kawula muda yang menurut survei selalu mengikuti perkembangan zaman. 3. ASPEK PEMASARAN 2.

Karena penjualan pakaian jadi sangat dipengaruhi oleh model yang sedang diminati. Kemudian menawarkan beberapa keunggulan dan nilai lebih bagi konsumen menjadi segmen kita. pola trend atau siklus mode yang senantiasa berulang dapat menguntungkan pengusaha.2. Walaupun terkadang beberapa pelanggan tersebut berpindah ke pengusaha yang lain karena harga yang lebih murah untuk kualitas yang sama. Khusus untuk permintaan pakaian jadi muslim beberapa tahun ini meningkat dikarenakan kesadaran umat Islam akan kewajiban berbusana muslim. potensial dan belum banyak di garap oleh pihak lain. 2. [Bussiness Plan] Page 6 .2. Perluasan pasar umumnya dilakukan dengan pencarian pelanggan baru. sehingga pakaian yang lama tidak terjual dapat ditawarkan kembali jika modelnya sudah trend kembali. Sedangkan untuk pola produksi. karena antar pengusaha memperebutkan pasar yang sama. Kemampuan pengusaha dalam merancang atau mendesain ini menjadi sangat penting mengingat model pakaian jadi yang cepat berubah. Untuk dapat bersaing dalam usaha yang bersangkutan.3 Analisis Persaingan dan Peluang Pasar Persaingan bisnis di antara para pengusaha pakaian jadi muslim cukup tinggi. perkantoran.TreMos Collection 2. Biasanya pengusaha yang kalah bersaing adalah karena tidak mengikuti trend pakaian jadi dari sisi model atau desainnya. pengusaha berusaha menyediakan pakaian jadi muslim dengan rancangan yang sesuai dengan trend atau model yang sedang diminati.2 GAMBARAN POTENSI USAHA Persaingan dalam dunia usaha pakaian sering kita jumpai di beberapa titik tempat di Kota Bandung.2 Penawaran Untuk pola usaha yang bersifat makloon. 2. dan instansi pemerintah memperbolehkan pekerja wanitanya mempergunakan pakaian muslim 2. Hal ini dilakukan dengan cara mengikuti pameran yang sering dilakukan komunitas – komunitas wanita muslim di Bandung. Namun demikian. Sehingga industri pakaian jadi pun semakin berkembang dengan bertambahnya permintaan akan kebutuhan sandang. salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan pemilihan segmen yang tepat. Disamping itu adalah karena trend pada saat ini dimana sebagian besar sekolah. penawaran yang diberikan oleh pengusaha pakaian jadi muslim ini lebih dipicu karena permintaan.2.1 Permintaan Pertumbuhan penduduk Indonesia dapat mengakibatkan meningkatnya permintaan akan sandang (pakaian).

4 PROYEKSI PENJUALAN 100 98 PROYEKSI NILAI PENJUALAN (dalam persen) 96 94 92 90 88 86 84 1 2 3 tahun ke 4 5 Penentuan umur proyek selama 5 tahun didasarkan atas pertimbangan bahwa investasi peralatan seperti mesin jahit.3 TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA Pembeli yang menjadi target yang di tuju adalah pembeli individu dengan karakteristik wanita muda dengan rentang usia 16-35 tahun dan kalangan menengah ke bawah. 2. Hal tersebut didasari oleh pertimbangan bahwa untuk tahun pertama dan tahun kedua. dan mesin pelubang kancing memiliki umur ekonomis selama 10 tahun. pengusaha baru memulai usahanya sehingga belum dapat memaksimalkan penjualannya. Harga jual dan ongkos jahit dari pakaian muslim didasarkan pada harga konstan yaitu harga yang berlaku pada saat proyek akan dimulai (harga tahun pertama). tahun kedua sebesar 95%. [Bussiness Plan] Page 7 . mesin obras. sedangkan tahun ketiga hingga tahun kelima adalah 100%. Oleh karena itu dipilihlah umur proyek selama 5 tahun sehingga diharapkan nilai pengembalian dari investasi tidak terlalu lama.TreMos Collection 2. sedangkan lemari dan meja memiliki umur ekonomis 5 tahun. Persentase penjualan dari kapasitas produksi untuk tahun pertama diasumsikan 90%.

Memberikan discount ketika open house. [Bussiness Plan] Page 8 . . Contoh bonus 12+1 (pembelian 12 pcs bonus 1 pcs) .5 STRATEGI PEMASARAN  PAMERAN Mengikuti Bazar – bazar yang diadakan oleh komunitas di kota Bandung Contoh : Bazar yang diadakan oleh Hijabers Coummunity  BROSUR Membuat dan menyebarkan brosur ke berbagai titik tempat yang menjadi bidik pasar yang tepat.  KEGIATAN PROMOSI .Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.Memberikan kelebihan produk untuk pembelian dalam jumlah yang banyak.TreMos Collection 2. . Contoh : Universitas mayoritas Islam di kota Bandung  PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN Membuka Kios kecil di Pasar minggu dengan memberikan discount untuk produkproduk tertentu .Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.

.000.000.. 215.- 2. 24...900.... 75 %  Regional ..... Setelah memperhitungkan dengan cukup matang. diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen.000.... Jalur Distribusi  Individu  Distributor [Bussiness Plan] Page 9 ..Harga Rp.. WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN 1.....> Rp... 69... Wilayah Pemasaran  Lokal . No. 78..d Rp.s.500.. 100. 1 2 3 4 5 Jenis Produk Longdress Atasan Rok / Kulot Kerudung Aksesoris > Rp..> Rp. 100...> Rp..TreMos Collection  STRATEGI PENETAPAN HARGA Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar.. akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal... 25 % 2.... sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya..6 SALURAN DISTRIBUSI Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif. Berikut adalah tabel harga produk yang ditawarkan....900.

6 KENDALA PEMASARAN Kendala pemasaran yang dihadapi oleh industri pakaian jadi muslim adalah kalah bersaing dengan perusahaan garmen. Jika desain atau model pakaian tidak mengikuti trend yang sedang diminati atau ketinggalan zaman.TreMos Collection 2. Desain pakaian dan kualitas bahan baku juga sangat mempengaruhi penjualan. dimana perusahaan ini bisa menghasilkan produk dalam jumlah sangat besar karena mereka sudah mempergunakan mesin-mesin yang cukup canggih. [Bussiness Plan] Page 10 . Disamping itu mereka hanya membutuhkan tenaga kerja yang sedikit yaitu tenaga kerja untuk mengawasi mesin. maka barang tersebut akan kurang laku.

TreMos Collection 3. ASPEK PRODUKSI 3.5 m x 150 Unit 2.1 BAHAN BAKU DAN BAHAN PENOLONG BAHAN BAKU Kain Kualitas A Kain Kualitas B & C KEBUTUHAN RATA-RATA PER BULAN 3.5 m x 150 Unit SUMBER Tanah Abang Pasar Kain Cigondewah BAHAN PENOLONG Benang Kancing Bahan variasi/Renda/Pita Jarum untuk mesin jahit Jarum Pentul Kapur Jahit Pensil Karbon KEBUTUHAN RATA-RATA PER BULAN 500 Unit 2700 Unit 300 Unit 10 Unit 2 Dus 5 Unit 3 Unit 10 Lembar Foto . Bahan Penolong ( Benang ) Produksi Pakaian [Bussiness Plan] Page 11 .

TreMos Collection 3.000 Rp.000 Rp.000 Rp.2. 3.5 meter 1 Buah 6 Buah ¼ meter 1 meter 1 Unit 1 Unit Total Harga/Unit Rp. 16.000 Rp.1 KOMPOSISI BAHAN UNTUK ATASAN / BAWAHAN No 1 2 3 4 5 6 7 Nama Bahan Kain Kualitas B Benang Kancing Kain keras Elastik/Karet Retsleting Renda/Aksesoris Kebutuhan 2.000 Rp.1 KOMPOSISI BAHAN UNTUK LONGDRESS No 1 2 3 4 5 6 7 Nama Bahan Kain Kualitas A Benang Kancing Kain keras Elastik/Karet Retsleting Renda/Aksesoris Kebutuhan 3.000 Rp.000 Rp.000 Rp.000 Rp.000 Rp.000 Rp.000 Rp. 2. 2.2 KOMPOSISI BAHAN 3.000 3. 2.000 Rp.000 Rp. 2. 2. 8. 3. 3.000 Rp.5 meter 1 Buah 6 Buah ¼ meter 1 meter 1 Unit 1 Unit Harga/Unit Rp.000 Rp. 500 Total Rp. 3. 40.000 Rp. 70. 20.000 Rp. 3.000 Rp.000 [Bussiness Plan] Page 12 . 2.000 Rp. 3.000 Rp. 3.2. 8. 2. 2.000 Rp.000 Rp. 2. 3. 3. 85. 2.000 Rp. 500 Total Rp.000 Rp. 3.

3 KAPASITAS PRODUKSI FASILITAS DAN PERALATAN PRODUKSI *) tanah. 50.000 3. bangunan. 55.TreMos Collection Total Rp.000 [Bussiness Plan] Page 13 .750. mesin dan peralatan produksi KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA Rp.

TreMos Collection 3.4 PROSES PRODUKSI Desain & Pembuatan Pola Pemotongan Kain Proses dilader dan dijelujur Pengobrasan Penjahitan Pemasangan Kancing & Accecoris Quality Control Pengemasan Diagram Alur Produksi [Bussiness Plan] Page 14 .

Menggunakan kertas koran untuk membentuk pola atau desain pakaian yang akan dibuat. Kain tersebut dijahit berdasarkan pola yang sudah dibuat. penggaris dan kertas koran. Pengemasan untuk pakaian jadi muslim ini masih sederhana yaitu hanya dikemas dengan menggunakan plastik bening. Setelah proses menjahit selesai.TreMos Collection PROSES PRODUKSI Desain dan Pembuatan Pola BAHAN / PERALATAN Kertas Koran. Agar kain tidak terlepas. berikutnya adalah pemasangan kancing. Penggaris KETERANGAN Membuat pola atau mendesain bentuk pakaian. kain tidak melenceng. yang disesuaikan dengan desain dari pakaian muslim tersebut. Pemotongan Kain Kain. maka proses selanjutnya adalah pengecekan terhadap mutu atau kualitas dari pakaian jadi tersebut. Setelah kain dipotong. serta mengikuti alur obrasnya. Meteran. Jarum. Aksesoris - Pengemasan Plastik Bening [Bussiness Plan] Page 15 . retsleting dan aksesoris lain yang diperlukan. Setelah proses pemasangan kancing. 2 sisi kain dipadukan dan direkatkan dengan cara dijelujur. Pensil. Setelah kain dilader dan dijelujur maka proses selanjutnya adalah kain tersebut diobras dengan menggunakan mesin khusus untuk obras. Alat yang dibutuhkann adalah meteran. pensil. Proses selanjutnya setelah pengobrasan adalah proses menjahit. Gunting Dilader dan Dijelujur Lader. Proses ini merupakan proses yang paling penting karena kualitas jahitan sangat menentukan kualitas produk yang dihasilkan. Agar kain dan kertas koran tidak bergeser maka kertas koran yang dipasang di atas kain direkatkan dengan mempergunakan jarum. Retsleting. Kemudian dilakukan pemotongan terhadap kain yang sudah dibentuk polanya. selanjutnya kain tersebut ditandai dengan alat lader dan diberi alas karbon agar pada saat proses jahit. Kapur Jahit. Pengecekan mutu atau quality control sangat penting karena akan sangat mempengaruhi daya jual dan daya saing dari produk pakaian jadi tersebut. Pengobrasan Mesin Obras Penjahitan Mesin Jahit Pemasangan Kancing dan Aksesoris Quality Control Kancing. Karbon Pola tadi akan dipasang di atas kain yang akan dibuat pakaian jadi dan diberi tanda dengan menggunakan kapur jahit. retsleting dan aksesoris.

5 JUMLAH. maka kombinasinya adalah seperti yang terlihat pada Tabel berikut ini. Model atau rancangan pakaian ditentukan oleh konsumen. Pendapatan pengusaha berasal dari ongkos jahit yang dibebankan ke konsumen. karet. Sedangkan untuk kerudung dan accecoris tambahan pemilik mendapatkan dari grosir ( beli langsung). Sedangkan sebagian lagi diproduksi secara lengkap oleh pengusaha. Dengan demikian dalam satu bulan dapat menyelesaikan 300 pasang pakaian jadi muslim. Berdasarkan asumsi pola kombinasi yang telah diuraikan sebelumnya yaitu 60% produksi lengkap dan 40% dengan pola makloon. Proses produksi lengkap Pengusaha membuat rancangan sendiri. Pendapatan pengusaha berasal dari harga jual yang diberikan ke konsumen. perbedaan kualitas sesuai dengan bahan yang digunakan. Pada umumnya pengusaha dapat memproduksi sebanyak 300 pasang pakaian/ bulan. model pakaian tersebut bervariasi baik dari segi desain maupun jumlahnya. [Bussiness Plan] Page 16 . Perusahaan melakukan pola kombinasi antara makloon dan produksi lengkap. Bahan baku kain dan renda atau aksesorisnya berasal dari konsumen. Makloon Pengusaha menerima pesanan dari konsumen dan hanya menjahitkan baju sesuai dengan keinginan konsumen. sedangkan bahan pembantu lain seperti benang. Khusus untuk pola makloon waktu penyelesaiannya sedikit lebih cepat karena tidak ada proses perancangan/desain. JENIS DAN MUTU PRODUKSI Pakaian jadi yang diproduksi oleh pengusaha sebagian tergantung dari permintaan atau pesanan dari para pedagang dan perusahaan besar (pola makloon). Jenis Pakaian Longdress Atasan Rok/Kulot Total Produksi Sendiri (60%) 90 60 30 Makloon (40%) 60 40 20 Total 150 100 50 300 Khusus untuk pola produksi. Dengan demikian seluruh bahan baik bahan baku maupun bahan pembantu berasal dari pengusaha. membeli bahan baku kain sendiri dan menjahit pakaian untuk kemudian ditawarkan ke konsumen dan dijual. Tetapi karena proses pembuatan pakaian jadi muslim ini dilakukan secara paralel. Rata-rata untuk satu model pakaian diproduksi sebanyak 20 – 30 pasang.TreMos Collection Secara keseluruhan proses pembuatan pakaian jadi muslim dari mulai desain hingga pengemasan membutuhkan waktu kurang lebih 4 – 5 jam. b. maka dalam satu hari dapat menyelesaikan ratarata 4 pasang pakaian untuk satu mesin jahit (12 pakaian untuk 3 mesin jahit). dan retsleting disediakan oleh pengusaha. 3. presentase yang dipilih untuk kajian ini adalah 40% untuk pola makloon dan 60% untuk produksi lengkap : 5. . Dari segi mutu produksi. kancing.

sehingga pengusaha akan kesulitan pada saat pesanan banyak maka mereka harus mencari tenaga kerja lagi. Disamping itu peralatan yang digunakan juga dapat digunakan dalam waktu yang lama. Kendala yang ada adalah sering berpindahnya tenaga kerja karena biasanya mereka mencari pengusaha yang berani membayar lebih besar. khususnya untuk mesin jahit. [Bussiness Plan] Page 17 . mesin obras dan mesin pelubang kancing. pengusaha tidak mengalami kendalayang berarti.TreMos Collection 3.6 PRODUKSI OPTIMUM Produksi optimum yang selama ini dicapai oleh pengusaha adalah 300 pasang pakaian/bulan. Hal ini karena bahan baku. dan bahan penolong selalu tersedia. dengan menggunakan kapasitas mesin terpasang adalah sebanyak 3 mesin jahit dan 1 mesin obras dengan tenaga kerja 3 orang dan 25 hari kerja dalam satu bulan. 3. Hal ini terjadi karena sifat dari tenaga kerjanya adalah harian dan bukan karyawan tetap.7 KENDALA PRODUKSI Dalam melakukan proses produksi.

3 ANALISIS KOMPETENSI SDM Hari kerja 25 hari x Rp.000. Seperti yang telah dijelaskan pada proses produksi.TreMos Collection 4.000 = Rp.125. ¤ Bagian Produksi bertugas mengelola bahan baku menjadi barang jadi .per bulan [Bussiness Plan] Page 18 .2 JOB DESCRIPTION ¤ Pemilik usaha bertugas untuk memantau langsung jalannya usaha dan memegang tugas administrasi manajemen dan pemasaran.. 4. pola / model sesuai dengan perimntaan konsumen dan mengikuti perkembangan yang tengah diminati.1 STRUKTUR ORGANISASI PEMILIK/OWNER PRODUKSI DESAIN 4. 245. ASPEK MANAJEMEN / SUMBERDAYA MANUSIA (SDM) 4. 6. ¤ Bagian Desain bertugas membuat gambar.

Untuk memperluas dan memperkuat pemasaran maka disediakan biaya rata-rata Rp.per bulan baik dalam bentuk pembuatan katalog. KAPASITAS SDM RATA-RATA PER BULAN Rp. Pada kapasitas normal yang diproduksi pada kajian ini dibutuhkan jumlah tenaga kerja sebanyak 3 orang karyawan untuk bagian produksi dengan spesifikasi yang telah dijabarkan.750. Selain itu juga menyebabkan kurangnya karyawan yang memiliki kemampuan yang meningkat. maka pengusaha tidak begitu mudah dalam mencari karyawannya. pengiriman contoh. Dan bagian Desain khusus unuk memberikan ide-ide baik mengenai tend masa kini hanya 1 orang. 625. Karena usaha ini mengharuskan karyawan yang memiliki kemampuan menjahit. 6.000. dll. Kemapuan SDM untuk Bagian Produksi ialah menjahit dan sudah berpengalaman atau pernah mengikuti kursus sebelumnya Kemapuan SDM untuk Bagian Desain ialah lulusan Diploma dengan memiliki keterampilan untuk menggambar pola pakaian.000. 2. serta mempunyai jiwa seni dan kreasi. Sedangkan bagian administrasi dan pemasaran ditangani langsung oleh pemilik.TreMos Collection KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM 1.- 4.4 KELEMAHAN SISTEM UPAH Salah satu kelemahan dari sistem upah harian adalah karyawan yang sering bergantiganti sehingga menyulitkan pemilik dalam hal melatih karyawan tersebut. [Bussiness Plan] Page 19 .. Karyawan yang dipekerjakan pada umumnya adalah ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di sekitar lokasi usaha.

000 4 1 5 6 7 8 9 10 5. Biaya operasional atau biaya modal kerja adalah seluruh biaya yang harus dikeluarkan dalam proses produksi. Pakaian Atasan/Bawahan (produksi) a. Tahun ke .000 100. Tanah dan bangunan tidak menjadi biaya investasi karena dalam kajian ini diasumsikan bangunan yang digunakan dalam usaha adalah sewa. Produksi b. Pakaian Longdress b.000 60.1 b.4.1 ASUMSI UNTUK ANALISIS KEUANGAN NO 1 2 3 4 ASUMSI Periode/Proyek Bulan Kerja per tahun Hari kerja per bulan Tenaga kerja a. Tenaga kerja bersifat harian b.TreMos Collection 5. Pembiayaan modal kerja SATUAN tahun bulan hari orang orang unit % % unit/bulan unit/bulan % % % Rp/Unit Rp/Unit Rp/Unit Rp/Unit tahun tahun NILAI/JUMLAH 5 12 25 4 1 300 60 40 150 150 90 95 100 215.000 95. Pemilik Kapasitas Produski per bulan Sifat Usaha a. Pakaian Atasan/Bawahan penjualan dari kapasitas produksi a. Pakaian Atasan/Bawahan (makloon ) Jangka waktu pembiayaan a. baik yang bersifat tetap maupun variabel [Bussiness Plan] Page 20 . Komponen dan Struktur Biaya Investasi dan Biaya Operasional Komponen biaya dalam analisis kelayakan industri pakaian jadi dibedakan menjadi dua.tahun ke 5 Harga Jual a.3 . Tahun ke . Pakaian Longdress (makloon ) b. Pakaian Longdress (produksi) b. Tahun ke . Biaya investasi adalah komponen biaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dana awal pendirian usaha yang meliputi mesin dan peralatan menjahit serta kendaraan. Pembiayaan investasi b. ASPEK KEUANGAN 5. yaitu biaya investasi dan biaya operasional atau modal kerja.2 c. Makloon Jenis Produk a.

000 5. mesin jahit.000 15.1 BIAYA INVESTASI Biaya investasi yang dibutuhkan pada tahap awal industri pakaian jadi terdiri dari biaya sepeda motor.000 9.TreMos Collection 5.500.000 3. dan perlengkapan menjahit.000.000. meja.4.000 5.750 000. kursi. Biaya Investasi [Bussiness Plan] Page 21 . mesin obras. Biaya investasi yang diperlukan untuk usaha pakaian jadi muslim ini adalah sebesar Rp 50.000.500.000 1.000 3.000.000 450.000 5.000 250. mesin pelubang kancing.000 5.000 1 10 5 3 3 3 10 10 10 5 3 3 3 3 3 3 Tabel.000.000 10.000 150.000 50.000.000 15.000 100. lemari.000 3.000 10.000.000 10.000 750.- Komponen Biaya Jumlah Fisik Harga per Satuan Rp Jumlah Biaya Rp Umur Ekonomis (tahun) Sewa Bangunan Biaya Perizinan Sepeda Motor Lemari Panjang dan Rak Baju Kursi Plastik Meja Kerja Kursi Tamu Mesin Jahit Mesin Obras Mesin Pelubang Kancing Meja untuk Mesin Lader Gunting Penggaris Meteran Wadah Peralatan Menjahit Terminal dan Socket Listrik Jumlah 1 1 1 3 3 3 3 2 1 3 1 2 1 2 1 1 15.000 13.000 50.000 15.000.000.000 300.000 500.000 10.000 50.000 150.000 3.000 5.000 5.500.750.000 50.000 500.000 13.

000 5.000 3.000. Benang Unit d.000 Jumlah Biaya 1 Bulan (Rp) 10.000.000 10.000 1.Kain Kualitas A m2 b.000 60.000 40.000 1. Kerudung Unit b.000 3.000 500 8.000 6. Kain elastik/karet m2 g.000 30.000 1. Jarum pentul Dus c.Kain Kualitas B m2 2 Bahan Tambahan a.000 10. Jarum untuk mesin Unit jahit b.000 6.000.000 1.500.000 8. Accecoris Unit 3 Bahan Penolong a. Kain keras m2 f.000 15. Retleting Unit i. Pensil Unit j.000.676.250. Desain (1 orang) Hari 6 Biaya Pemasaran Total Biaya Variabel Tabel.TreMos Collection 5.000 1.000 3.Biaya Variabel [Bussiness Plan] Page 22 .000.000 250.350.4.000 40.2 BIAYA VARIABEL No Struktur Biaya Satuan Jumlah Fisik Biaya per Satuan (Rp) 525 375 200 100 10 2 500 2700 125 500 300 500 5 3 10 500 25 50 25 20. Plastik pengemas Unit 5 Tenaga kerja harian a. Karbon Lembar 4 Bahan kemasan a.000 900.000 16.000.000 1.000 3.000 1.000 1. Kapur jahit Unit i.500.000 10.000. Kancing Unit e. Produksi A (1 orang) Hari b.000 500 50.000 2.000 2.000 1.875.000 75. Renda/ accecoris Unit h.000 2. Produksi B (2 orang) Hari c.000 1 Bahan Baku a.000 3.

3 No 1 2 3 4 5 PROYEKSI PRODUKSI DAN PENDAPATAN KOTOR Volume 150 150 60 40 200 100 Unit Unit Unit Unit Unit Unit Unit Harga Jual Penjualan 1 Bulan 215.000.000 300.000 32.700.250.000 7.250.900 13.000 100.500 1.000 350.000 500.000 Produk Produksi pakaian Longdress Produksi pakaian Atasan/Bawahan Ongkos Jahit Longdress Ongkos Jahit Atasan/Bawahan Kerudung 6 Accecoris [Bussiness Plan] Page 23 .000 60.250.000 1. Pemilik Sewa bangunan Bensin Listrik Air Telepon Administrasi Perawatan Mesin Jahit Biaya Lain-lain Jumlah Jumlah Unit Biaya per Unit 3.000 4.000 450.000 35.TreMos Collection 5.000 2.000 15.000 100.000 3.000 1 1 100 1 1 1 1 1 Orang Bulan Liter Bulan Bulan Bulan Bulan Bulan 1 Bulan Tabel.000 350.4.3 BIAYA TETAP No 1 2 3 3 4 5 6 7 8 Uraian Tenaga kerja a.000 Total Biaya 1 Bulan 3.000 100.700.000 69.500.400.000 250.4.000 250.000 95.500.000 72.000.980.000 5.500.000 1.000 300.000. Biaya Tetap 5.000 1.830.000 500.

676.700.750.000 874.000 7.000. PENGELUARAN Pembelian Asset ( Investasi ) Biaya Variabel Biaya Tetap Biaya Pajak TOTAL PENGELUARAN SELISIH KAS 100.1 LAPORAN KEUANGAN LAPORAN ARUS KAS TREMOS COLLECTION TAHUN 2013 A. PENERIMAAN Penerimaan Pinjaman TOTAL PENERIMAAN B.000 40.000.000 50.000 - [Bussiness Plan] Page 24 .TreMos Collection 7.000 100.000 100.000.

terutama bila melakukan proses produksi sendiri secara lengkap (bukan pola makloon). Jadi sebagian besar kain-kain perca ini masih bermanfaat. .1 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR . Bahkan saat ini limbah tersebut dapat dijual kepada pengrajin keset dan boneka kain perca.TreMos Collection 8.Dampak SDM terhadap masyarakat membawa dampak positif. karena limbahnya adalah hanya kain-kain perca yang merupakan potongan-potongan dari kain yang dijahit atau sisa-sisa kain. Dari usaha ini juga tidak dihasilkan limbah yang berbentuk cair. 8. benang. gas ataupun polusi suara. . Secara ekonomis usaha industri pakaian ini jadi cukup menguntungkan.2 DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN Pada industri pakaian jadi muslim ini tidak menghasilkan limbah yang berbahaya. Sehingga secara otomatis akan menyebabkan terjadinya penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak dan keuntungan untuk suplier tersebut. dan retsleting. usaha ini tidak membahayakan karena tidak menghasilkan limbah yang berbahaya [Bussiness Plan] Page 25 . ANALISIS DAMPAK USAHA 8. karena industri ini banyak menyerap tenaga kerja terutama untuk kalangan ibu-ibu. Para karyawan di usaha ini juga dapat memiliki keahlian yang dapat meningkatkan kompetensi dari karyawan tersebut. kancing.Dampak produksi terhadap masyarakat ini memunculkan industri lain yang berkaitan seperti industri kain. Maka dari sudutpandang lingkungan.Dampak pemasaran terhadap masyarakat sangat antusias karena kini wanita dapat mengapresiasikan dirinya dan lebih menjadi percaya diri mengenakan pakaian muslim karena tetap terihat trendy.

FOTO PRODUK Gambar. Rok / Kulot [Bussiness Plan] Page 26 . Longdress Gambar. Atasan Gambar.TreMos Collection LAMPIRAN .