Modalitas Radiologi

I. Ultrasonografi (USG)

Ultrasonografi merupakan metode akurat yang cepat dan relatif murah untuk mendeteksi hidronefrosis dan hidroureter; namun ketepatan ini bergantung pada operator. Ultrasonografi pada umumnya digunakan sebagai alat skrinning pilihan untuk mendiagnosis hidronefrosis. Ultrasonografi namun kurang baik dibandingkan modalitas lain untuk mengidentifikasi adanya, sumber, ataupun lamanya obstruksi. Obstruksi kronik dapat menyebabkan dilatasi yang menetap, lama setelah proses obstruksi tidak ada.

II.

Intravenous pyelography

Intravenous pyelography (IVP) sangat berguna untuk mengidentifikasi adanya dan penyebab hidronefrosis dan hidroureter. Penyebab intralumen dapat diidentifikasi dengan mudah secara IVP. elain dapat mengetahui anatomi gin!al dan saluran urin lain, IVP !uga dapat mengetahui fungsinya. tatus fungsional dari obstruksi kronik gin!al dapat diketahui dengan "aktu (cepat#simetris dengan lambat#asimetris) dan intensitas nefrogram dan pyelogram. $kskresi kontras IVP membutuhkan fungsi gin!al yang baik. Pada umumnya serum kreatinin harus % & mg#dl. elain itu, pasien dengan fungsi gin!al menurun akan memiliki resiko yang lebih besar terhadap kontras nefropati.

d#p.id/imgres! imgurl"http://###. 78(s9":6(hl"id(start"3(sig8". (isualisasi dari ureter men!adi kurang baik.d#p.uk/medi al/med% onditions/images/intra$enous%p&elog ram.'pg(imgrefurl"http://###.<=8s8+hS.google.h/0bM 12%334#5Gm1U"(h"65-(#". dan tempat letak dapat tidak diketahui.#Ro$%ahb >:?(tbnid"$>$@6m in) . Keterangan: hidronefrosis dan dilatasi kaliks renal kanan Sumber gbr: http://images.go$.'etrbatasan penggunaan IVP lainnya adalah pada obstruksi berat atau kronik.%+-. o.asp(usg"%%r)*+.go$.uk/medi al/med% onditions/kd/intra$enou s%p&elogram%kd.

(tbn#"+6(pre$"/imagesB>1CB>Dh&dronephrosisB8<i$0 B85gb$B>D8B85hlB>DidB85saB>DG(ei"*E. )* scan saat ini merupakan modalitas pilihan untuk identifikasi batu. 0ekonstruksi 1 dimensi dari fase ekskresi kontras ()* urografi) dapat dilakukan untuk menge(aluasi anatomi dan penyebab intrinsik hidronefrosis dan hidroureter. spesifisitas +. dengan sensiti(itas +.-.A?/M:(tbnh"3>. )* scan dengan kontras !uga berguna untuk menge(aluasi hidronefrosis pada pasien dengan fungsi gin!al baik.-. dan ketepatan secara keseluruhan dalam mendiagnosis batu sebesar +.-. . Proses retroperitoneal yang menyebabkan obstruksi ekstrinsik dari ureter dan buli dapat die(aluasi paling baik dengan )* scan.H s an )* scan memiliki peran yang penting dalam e(aluasi hidronefrosis dan hidroureter. /anyak batu yang a"alnya dipikirkan merupakan batu radiolusen (misalnya batu asam urat) dapat dideteksi dengan )* scan.USumb)Fi4kEG6l$&rD# III. .

com#k#3#3#P4"I5r6i#78b9:g# tone-&.!pg IV. Obstruksi fungsional dapat dibedakan dari penyebab anatomis. . oleh karena itu berguna untuk menentukan rencana pengobatan.google.)*. <alam hal ini diberikan furosemid (lasi=) > mg#kg// setelah &. menit apabila ter!adi perlambatan pengeluaran.umber2 http2##knol. Penemuan dari renografi diuretik membantu menentukan apakah terdapat obstruksi pada gin!al yang mengalami hidronefrosis. 0adionuklir Penemuan dari radionuklir dapat berguna untuk mengetahui perbedaan fungsi.

A. DTPA renal scan bilateral hydronephrosis and megaureters. left retrograde pyelogram immediately prior to surgical correction. left ureter incompletely filled. Figure 11-6. . ?o"e(er. Two-month-old boy with bilateral megaureters. Note the sharp cut-off at the distal ureter. V. $. 'elebihan radionuklir adalah memberikan informasi berguna apabila kontras iodine tidak dapat diberikan (misalnya pada insufisiensi gin!al. The longitudinal channel "essels are preser"ed and seen through the periureteral ad"entitia. Postoperati"e pyelogram following bilateral ureteral plication of the lower half of each megaureter and cross-trigonal ureteroneocystostomy.*he assessment of renal blood flo" pro(ides a sense of "hether function may return upon relief of the obstruction. alergi kontras). !ollow-up radionuclide renal scan. D. images from these scans lack the resolution to define a site of obstruction. !ollowing trans"esical mobili#ation of the megaureters. B. @0I .

Aamun.id'imgres( imgurl)http&''www.cases*editorial. untuk "anita hamil diamana radiasi ionisasi harus dihindari.-.co. MR Urography showed mild to moderate left hydronephrosis.google.gb"E1D/E/.?a3Au0P@ c8:!Aw byuA2tbnid)8<?s%1 BiAr>CD&2tbnh)@02tbnw).12pre")'imagesE1!7 E1DhydronephrosisE/BplainE/BfilmE/.-+.2hl)id2start)1+2sig/)$T.cases*editorial./.-/-01/.com'content'figures'+. cortical thinning of right kidney with marked hydronephrosis . ecara spesifik @0U dapat memberikan keterangan ukuran dan lokasi obstruksi spesifik !ika ada. :oto polos abdomen .Pada umumnya @0I memiliki peranan yang terbatas pada hidronefrosis dan hidroureter karena memerlukan "aktu yang lama dan harga yang relati(e mahal.com'content'/'+'012usg)334y35*Nna63 3t7893+$di:.gif2imgrefurl)http&''www.<dP!=)2h)+//2w)+>>2s#). %umber& http&''images. <alam hal ini @0U dapat menggantikan modalitas lain yang lebih in(asif seperti IVP untuk mengetahui penyebab obstruksi.startE1D+@2ei)dg>4%rT7:8mNFAG:nN%*Dw VI. maka @0I dapat men!adi pilihan. elain itu @0U !uga dapat digunakan bila terdapat obstruksi namun dengan )*3scan tidak ditemukan batu.ndspE1D+@E/.saE1DNE/.hlE1Did E/. @0 urografi (@0U) dapat digunakan sebagai tambahan e(aluasi U 7 untuk membedakan penyebab hidronefrosis fisiologis atau patologis.

/-0-o"er"iew ayuuu. #isitasi dari ourganti!". Pielografi retrograde Pielografi retrograde dapat dilakukan pada pasien dengan alergi kontras untuk memberikan re pada seluruh saluran kemih bagian atas. dan buli sebelum rencana pengobatan seperti litotripsi diperlukan untuk mengetahui pergerakan batu. ureter. namun. http&''emedicine. ureter. Pemeriksaan foto gin!al. buli rutin dengan )*3scan tidak diperlukan. ureter. Hydronephrosis and Hydroureter. ureter dapat tidak terlihat pada IVP. dam pielogram retrograde dapat dilakukan untuk mengetahui lokasi dan penyebab obstruksi. Pada kasus obstruksi berat atau kronik.medscape. dan buli sangat berguna untuk mengklasifikasikan !enis batu radioopak ataukah radiolusen. gw lupa gmn si nulis ref(( hehe tlg ya sayH trus yg merah/ tu coba diliat lg yaaa .Balaupun pemeriksaan gin!al. namun foto gin!al. resiko terkait anestesi dan resiko infeksi dapat ter!adi.com'article'81.