MAKALAH PARAGRAF

DISUSUN OLEH :

YAYASAN UNIVERSITAS LABUHAN BATU ULB (KAMPUS ASAM JAWA)
1

Demikian yang dapat saya sampaikan. Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya. mereka selalu berusaha mencarinya dan tak jarang menggunakan cara – cara yang tidak semestinya dan bisa berakibat buruk. oleh karena itu saya sangat menghargai akan saran dan kritik untuk membangun makalah ini lebih baik lagi. Kehidupan yang layak dan sejahtera merupakan hal yang sangat wajar dan diinginkan oleh setiap masyarakat.W. serta tak lupa sholawat dan salam kepada junjungan Nabi besar Muhammad Swt atas petunjuk dan risalahNya. yang telah membawa zaman kegelaapan ke zaman terang benderang.KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah S. atas segala kemampuan rahmat dan hidayah-nya sehingga penulis dapat menyelasaikan Tugas Makalah yang berjudul “ PARAGRAF “ pada mata kuliah Bahasa Indonesia. dan atas doa restu dan dorongan dari berbagai pihak-pihak yang telah membantu saya memberikan referensi dalam pembuatan makalah ini. i . Saya dapat menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini.T. semoga melalui makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

.. Ciri-Ciri Paragraf .. 3 D.... Pikiran Utama dalam Paragraf ........................................................................................................................................................................................................... 2 B................................................................................. 5 BAB III (PENUTUP) ....................................... Latar Belakang Masalah ............................................. 1 BAB II (PEMBAHASAN) A.................................................... 8 ii .................................................................................................................................................... ii BAB I (PENDAHULUAN) A........ Pengertian Paragraf ............................................. i Daftar Isi .........DAFTAR ISI Kata Pengantar ........................................................................................................................................................................................................................................... Fungsi Paragraf ....... 7 Daftar Pustaka ... 3 C......................................

tugas sekolah. Aspek-aspek tersebut antara lain adalah ide pokok yang akan dikemukakan harus jelas. Tujuan Penulisan Makalah ini selain digunakan untuk menyelesaikaan tugas Bahasa Indonesia. Apa saja macam-macam paragraf 3. adanya kekompakan hubungan antara satu kalimat dengan kalimat lain yang. maka dalam penulisan makalah ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1. Dewasa ini. entah untuk media iklan.BAB 1 PENDAHULUAN A. masih banyak orang yang belum memahami betul mengenai penulisan dan fungsi paragraf. dan kalimat harus tersusun secara efektif. Menjelaskan apa itu paragraf 2. serta pikiran utama dan kalimat topik dalam sebuah paragraf. juga memiliki tujuan yang ditujukan kepada pembaca : 1. untuk lebih memahami tentang paragraf dan apa fungsi paragraf. Apa itu paragraf 2. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya. Dalam sebuah tulisan biasanya penulis akan membagi ide atau pemikiranya dalam beberapa paragraf agar pembaca dapat lebih mudah memahami dan menarik kesimpulan dari tulisan tersebut. Oleh karena itu. Namun. ciri-ciri. atau karena kegemaranya. Dalam menyusun paragraf tentu kita juga harus mengerti tentang apa ciri ciri. maka kami akan mencoba membahas mengenai pengertian. fungsi serta aspek aspek dalam sebuah paragraf. B. dan fungsi paragraf. Menjelaskan macam-macam paragraf beserta contohnya 1 . Setiap orang tak akan pernah luput dari kebutuhan menulis. dibalik semua itu menulis bukanlah hal yang mudah karena banyak hal yang perlu diperhatikan dalam suatu penulisan agar ide sang penulis dapat tersampaikan dengan baik dalam tulisanya. Latar belakang masalah Di zaman yang semakin berkembang ini menulis telah menjadi sebuah kebutuhan. semua kalimat yang mendukung paragraf itu mendukung satu ide. Apa kegunaan paragraph itu sendiri C.

Ukuran panjang pendek paragraf tidak dapat dipatok secara mutlak. kolesterol merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner. Kalimat-kalimat dalam paragraf harus menyusul satu sama lain dengan urutan yang logis. Berikut merupakan contoh paragraf: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingginya kolesterol merupakan faktor resiko yang paling besar menyebabkan seseorang menderita penyakit jantung koroner. dan setiap Ide pokok paragraf harus dikemas dalam sebuah kalimat yang disebut kalimat utama. Hal itu bergantung pada bobot atau kadar informasi yang akan diungkapkan. Berkenaan dengan paragraph. Paragraf adalah sebuah penggabungan beberapa kalimat. Namun. Gagasan dalam setiap kalimat harus timbul secara wajar dari pikiran yang telah diisyaratkan oleh karena kalimat yang muncul sebelumnya ”. Dalam paragraf kalimat-kalimat harus disusun dengan kohesi ( kesatuan dalam paragraf ). Pengecualian dalam hal ini adalah paragraf dalam karangan fiksi yang seluruh kalimatnya sering merupakan kalimat topik sehingga setiap kalimat mengandung ide pokok tersendiri.2004) mengatakan ” sebagaimana halnya suatu kalimat harus memiliki kesatuan pikiran. minyak goreng merupakan sumber utama lemak yang tidak baik. tetapi yang dianggap paling besar perannya dalam masalah tersebut adalah tingginya konsumsi lemak serta kandungan konsumsi asam lemaknya. Paragraf juga merupakan bagian karangan atau tulisan yang membentuk satu kesatuan pikiran atau gagasan. Margaret J.BAB 2 PEMBAHASAN 2. Dalam hal ini. Kata paragraf diserap dari bahasa Inggris yaitu paragraph. 2 . dapat diketahui bahwa alinea atau paragraf yang ideal panjangnya berkisar antara 4-8 kalimat.1 Pengertian paragraf Paragraf disebut juga alinea. Sebagai pegangan. atau kurang dari 4 jika kalimatnya panjang-panjang. memiliki koherensi ( keterpautan makna ). dan memiliki isi yang memadai sebagai pendukung gagasan utama dalam paragraf. begitu juga paragraf harus mempunyai kesatuan topik. sedangkan kata alinea dari bahasa Belanda dari kata lain alinea yang berarti „‟mulai dari garis baru‟‟. dapat juga hinga 10 kalimat jika kalimat didalamnya pendek-pendek. Kata paragraf terbentuk dari kata Yunani (para) yang berarti „‟ sebelum‟‟. dan (grafein) yang berarti „‟ menulis atau menggores‟‟. Paragraf yang baik memiliki satu kalimat utama yang berisi tentang pokok pikiran paragraf atau gagasan dan beberapa kalimat penjelas yang berfungsi menjelaskan pokok pikiran. Sebenarnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya kolesterol. Setiap paragraf dikendalikan oleh satu ide pokok. Dengan demikian. artinya setiap unsur pada karangan panjang ada pada paragraf.Miller (dalam buku Rosihan Anwar.

Oleh sebab itu. Paragraf menggunakan pikiran penjelas (gagasan penjelas) yang dinyatakan dalam kalimat penjelas. Pada waktu seminar-seminar itu berlangsung.detail kalimat topik. Dalam penulisanya. keterbatasan-keterbatasan yang kita miliki tetap menjadikan sampah sebagai masalah yang pelik.2 Fungsi paragraf Sesuatu yang bersifat abstrak lebih sukar dipahami dibandingkan dengan sesuatu yang lebih kecil dan kongkret. dan pengolahan sampah itu belum dapatdilaksanakan dengan baik.2 Ciri-ciri paragraf Berikut ini adalah ciri-ciri paragraf: 1. selama itu pula sampah menjadi masalah. Namun. 3. 4. paragraf itu mempunyai topik ”masalah sampah” karena pokok permasalahan dalam paragraf itu adalah masalah sampah. Dalam karya tulis ilmiah akademis dapat digunakan model blok penuh untuk mengawali paragraf baru. Maka untuk memahaminya karangan itu perlu dipecah-pecah menjadi bagian-bagian kecil yang dikenal dengan istilah paragraf. Selain itu adapun fungsi paragraf adalah sebagai berikut: 3 . paragraf harus memiliki ide pokok yang dikemukakanya. Contoh : Sampah selamanya selalu memusingkan. Kalimat ini berisi detail . Selalu diawali oleh kalimat baru dan baris baru. 5. 2. Dari segi isi. Selama pengumpulan pengangkutan. Namun ketentuan inden tidak dapat ditepati dengan benar dalam publikasi-publikasi media masa dikarenakan terkendalanya ketersediaan spasi . Karangan pun dapat dikatagorikan sebagai sesuatu yang abstrak. Pemahaman pada dasarnya ialah memahami bagian-bagian kecil serta hubungan antar bagian-bagian itu dalam rangka keseluruhan. dan tidak mengulang pikiran penjelas lainnya. Paragraf ini terdiri atas enam kalimat. pembuangan akhir. Semua kalimat itu membicarakan soal sampah. 2. kalimat baru yang menandai berawalnya paragraf tersebut harus ditulis bertakuk ( inden ) dengan cara ketukan satu „tab‟ saja di computer anda. Berkali-kali masalahnya diseminarkan dan berkalikalipula jalan pemecahannya dirancang. Hal ini mengundang keprihatinan kita karena masalah sampah banyak sedikitnya mempunyai kaitan dengan masalah pencemaran air dan banjir.2. Memahami isi paragraf jauh lebih mudah daripada memahami isi buku sekaligus. maka lazimnya di media massa hanya digunakan 3 karakter untuk menandai paragraf yang baru. Paragraf hanya berisi satu kalimat topik dan beberapa kalimat penjelas. penimbunan sampah terus terjadi. Setiap kalimat penjelas berisi detail yang sangat spesifik. Satu „tab‟ bila dihitung dalam bentuk karakter akan berjumlah 5-6.

Bila sebuah tulisan tidak memiliki paragraf. ada kelainan dimata. Contoh 1 Dalam pertarungan matador yang resmi.1. Bagi pembaca. yaitu : berumur 4 sampai 5 tahun. Banteng-banteng ini telah di periksa oleh dokter hewan setempat sebelum bertanding. 2. Setiap matador atau pembunuh mempunyai tiga candrilla yang terdiri dari 5 sampai 6 orang yang dibayar dan diperintah oleh matador. Banteng itu harus memenuhui syarat-syarat tertentu. membunuh 2 ekor banteng. 3. sedangkan paragraf kedua tentang laki-laki 4 . tidak cacat. Maka paragraf dibutuhkan sebagai alat pemetakan ide. Yang 2 lagi dinamakan picadors. Menandai pembukaan topik baru atau pengembangan lebih lanjut mengenai topik sebelumnya . biasanya ada 6 ekor banteng yang dibunuh oleh 3 orang laki-laki. Paragraf pertama bercerita tentang banteng. Sebagaimana sebuah pohon. sedangkan paragraf adalah ranting-ranting yang menjadi penyangga daun kata-kata. misalnya masih dibawah umur. tanduknya masih lemah. Paragraf adalah sebuah piranti untuk memahami keseluruhan ide pada karya tulis ilmiah.ide yang saling berkesinambungan satu sama lain. dengan memakai mantel tanpa lengan dan atas perintahnya menempatkan banderillas yaitu kayu yang panjangnya 3 kaki dengan ujung yang tajam yang berbentuk garpu yang disebut peones atau banderilleros. Nah. Setiap laki-laki. Bagi penulis. Begitu pulalah tulisan. tanduk atau penyakit yang nyata kelihatan. dan telah mempunyai tanduk yang runcing dan bagus. Pilihan banteng yang akan mereka bunuh tergantung dari hasil undian. Tiga dan lima orang tersebut menolongnya dilapangan. mereka muncul dengan menunggang kuda di arena. Coba perhatikan contoh berikut ini. sehingga memudahkan pembaca untuk menarik inti dari setiap paragraf dan mulai merajutnya menjadi suatu ide yang dimaksudkan oleh sang penulis. Dengan adanya paragraf ide atau gagasan sang penulis akan dapat dipecah secara lebih terperinci sehinga memudahkan pembaca nantinya untuk lebih mudah memahami alur ide atau tulisan sang penulis. Dokter hewan berhak menolak banteng yang tidak memenuhi syarat. Namun walaupun berbeda setiap ranting-ranting ini saling bertautan untuk bisa menyangga pohon tersebut. Laki-laki yang bertugas membunuh mereka yang disebut matador. Pohon sebagai keseluruhan tulisan. maka pembaca akan sangat sulit menangkap maksud dan inti dari ide-ide penulis. Sebuah paragraf sangat membantu pengungkapan ide atau gagasan. kita dapat melihat dari contoh diatas peralihan antara paragraf pertama dan paragraf kedua.

Coba perhatikan contoh dibawah ini. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua paragraf menggunakan kalimat topik. B.3 Pikiran utama dalam paragraf A. Sekarang timbul pertanyaan. Dapat dilihat. Kegunaan lain dari paragraf ialah untuk menambah hal-hal yang penting atau untuk memperinci apa yang sudah diutarakan dalam paragraf sebelumnya. Setiap pengendara atau .yang bertugas membunuh dan bertarung dengan banteng-banteng itu. Dalam paragraf. Bahkan dalam puisi pemakaian simbol cukup dominan. 4. Pengertian pikiran utama Pikiran utama yaitu topik yang dikembangkan menjadi sebuah paragraf. Simbol yang pemakaiannya begitu umum terdapat juga dalam puisi. Namun kedua paragraf itu berhubungan sangat eratnya. induktif sebaiknya menggunakan kalimat topik. Pikiran utama ini dinyatakan dalam kalimat topik. klasifikasi. 2. Ciri-ciri pikiran utama atau kalimat topik : 1. apakah sebetulnya simbol itu ? Dengan singkat dapat dikatakan simbol adalah sesuatu yang mengandung arti lebih dari yang terdapat dalam fakta. deduktif. Contoh 2 Tanda – tanda lalu lintas agaknya sudah dijadikan sebagai simbol yang berlaku dimanamana dan mudah dipahami. Disekeliling kita banyak simbol-simbol yang digunakan manusia untuk berkomunikasi. Paragraf yang berisi analisis. Pemaikaian simbol itu erat sekali hubungannya dengan tujuan penyair untuk menyarankan sesuatu secara tepat yang berkaitan erat dengan pengimajian.masyarakat sebagian besar mengetauhi arti dan fungsinya. Mempunyai arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain. pada paragraf ke 2 penulis menguraikan hal-hal yang berkaitan dengan paragraf pertama dan memberi contoh spesifik mengenai pengunaan simbol dalam bidang lain. 5 . Paragraf narasi dan deskripsi menggunakan kalimat yang sama kedudukannya dan tidak ada yang lebih utama. Mengandung kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri. pikiran utama berfungsi sebagai pengendali keseluruhan paragraf. paragraf yang demikian tidak diharuskan menggunakan kalimat utama. Mengandung permasalahan yang potensial untuk diuraikan lebih lanjut. Oleh karena itu. 2. Justru disinilah letak unsur seninya karena simbol itu menyarankan suatu arti tertentu. 3.

Harga sembako (Sembilan bahan pokok) semua akan diturunkan. semua teori yang diberikan pelatih. Pantas Fahmi jadi anak kesayangan pelatih. Selain makanan bergizi tinggi yang membuat dia sehat. Contoh paragraf yang kalimat topiknya di akhir paragraf: Makanannya selalu dibuat dari bahan-bahan yang bergizi tinggi. Tiap bulan di bawa ke Posyandu untuk diketahui perkembangan berat badannya dan dikontrol kesehatannya. Tendangannya keras sekali. meskipun pemerintah sedang memerlukan dana untuk membayar hutang ke luar negeri. 6 . juga dia selalu diberi vitamin secara teratur. Pantas anak Pak Dede mendapat predikat bayi sehat. mudah dipahami olehnya. sangat disenangi oleh teman-temannya. Orangnya tidak sombong. maupun pada akhir kalimat. dia rajin berlatih dan selalu datang tepat pada waktunya. Pemberantasan KKN (korupsi. Contoh paragraf yang kalimat topiknya di tengah-tengah paragraf: Umurnya masih muda. Yang paling mengesankan lagi. kolusi. semua tergantung kepada penulis masing-masing. Contoh paragraf yang kalimat topiknya di awal paragraf: Harapan masyarakat semakin optimis setelah pergantian pemerintah. Postur tubuhnya cukup tinggi menurut ukuran bangsa Indonesia. Tempat tinggalnya sangat bersih dengan penataan ruangan yang rapih. Penempatan pikiran utama dalam Paragraf Mengenai penempatan pikiran utama atau topik sebuah paragraph ada banyak macam penulisannya. Selain itu. Penulisan pikiran utama atau kalimat topik dalam sebuah tulisan dapat diletakkan di awal kalimat. di tengah kalimat.C. Operan-operannya sangat akurat. rata-rata turun tiga puluh persen. tidak pernah meninggalkan shalat apalagi berpuasa meskipun ada pertandingan atau sedang latihan. Setiap bulan dia menghabiskan empat dus susu. BBM (bahan bakar minya) tidak akan dinaikkan. Program-program yang ditawarkan pada waktu kampanye sang presiden terpilih sangat menjanjikan. Otaknya sangat cemerlang. Merawatnya sangat apik dan telaten. dn nepotisme) merupakan prioritas utama program pemeritah sekarang dan hasilnya bias dievaluasi setelah seratus hari kerja. Larinya cepat dan ulet dalam mengolah si kulit bundar. Semua perintah pelatihnya selalu dilaksanakannya. dia sangat rajin beribadah.

dan diakhir paragraph kesemuanya terganttung pada si penulis itu sendiri. kalimat baru yang menandai berawalnya paragraf tersebut harus ditulis bertakuk dengan cara ketukan satu „tab‟ saja di computer anda. Sekian pembahasan mengenai paragraf dari kami.BAB 3 PENUTUP Paragraf adalah kelompok kalimat yang saling berhubungan untuk membentuk sebuah ide. karena bila sebuah tulisan tidak memiliki paragraf. ada paragraf yang kalimat topiknya diawal paragraf. maka pembaca akan sangat sulit menangkap maksud dan inti dari ide-ide penulis. Letak dari pikiran utama itu sendiri berbeda-beda.ciri paragraf diantaranya : Selalu diawali oleh kalimat baru. Paragraf dapat dikatakan sebagai suatu kumpulan pernyataan penulis sebagai suatu unit atau kesatuan dalam pengembangan persoalannya Ciri. 7 . dalam karya tulis ilmiah akademis dapat digunakan model blok penuh untuk mengawali paragraf baru. Sedangkan yang dimaksud dengan pikiran utama adalah topik utama yang berfungsi sebagai pengendali keseluruhan paragraf. dari segi isi. Adapun fungsi paragraf adalah : Membantu mengungkapkan ide maupun gagasan penulis serta menjadi suatu alat bantu pembaca untuk memahami keseluruhan ide pada karya tulis tersebut. paragraf harus memiliki ide pokok yang dikemukakanya. dengan segala kerendahan hati kami memohon maaf bila ada hal-hal yang masih belum rinci dan jelas. ditengah-tengah paragraf.

diakses pada tanggal 25 Nopember 2013 http://guntur66studentsitegunadarma.blogspot.com/2012/12/makalah-bahasa-indonesiaparagraf_28.DAFTAR PUSTAKA http://stellaalim.html.html.html. diakses pada tanggal 25 Nopember 2013 http://darwisroland.com/2013/07/makalah-paragraf.blogspot. diakses pada tanggal 25 Nopember 2013 8 .blogspot.com/2013/06/makalah-paragraf.