#A# $

PERMINTAAN UANG

Setelah membaca bab ini, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan tentang pandangan kaum kalsik terhadap teori permintaan uang 2. Menjelaskan tentang pandangan Keynes tentang teori permintaan uang 3. Menggambar kurva IS-LM . Menjelaskan tentang teori permintaan uang dalam Islam

eskripsi Sin!kat:
!aba bab " !erkembangan #eori Moneter$ membahas tentang berbagai perkembangan teori moneter mulai dari teori moneter klasik$ teori moneter keynes$ dan sintesis IS-LM yang merupakan gabungan dari klasik dan keynes. Ketiga teori tersebut dibedakan dari %ara pandang ketiganya terhadap masalah-masalah khususnya tentang teori permintaan uang$ serta kebijakan moneter. Selain itu dijelaskan juga tentang teori permintaan menurut pandangan Islam.

Bab 4: Permintaan Uang

"

$%&% Te'ri M'neter (lasik
$%&%&% Pendahuluan !ara tokoh utama #eori Moneter Klasik antara lain &ohn 'abtis Say$ Irving (isher dan ). Marshall. Say terkenal karena hukum yang dikemukakannya$ bah*a pena*aran akan selalu men%iptakan permintaan (supply creates its own demand). )rtinya$ suatu perekonomian tidak akan mengalami underemployment atau underconsumption +Malthus,. !engeluaran total masyarakat akan selalu dapat men%ukupi untuk menunjang produksi pada keadaan kesempatan kerja penuh (full employment). !otensi output yang dapat dihasilkan tergantung pda tingkat teknologi dan banyaknya -aktor produksi tenaga kerja. Makin tinggi tingkat teknologi dan makin tinggi jumlah serta kualitas tenaga kerja tingkat output potensial yang dapat dihasilkan juga makin besar. )rtinya$ tingkat -ull employment output dapat menjadi lebih besar. Keadan yang selalu -ull employment ini dapat ter%apai melalui bekerjanya mekanisme pasar$ yang oleh )dam Smith disebut dengan invisible hand. 'ila seseorang ingin bekerja tetapi tidak memperoleh pekerjaan$ dia tentu akan menurunkan upah yang dikehendakinya samapai ada pengusaha yang mau mempekerjakannya. .emikian pula apabila terdapat pengusaha yang tidak dapat menjual semua hasil produksinya$ maka dia akan menurunkan harganya sampai terjual habis. /pah dan harga yang bebas berubah akan menjamin selalu terdapatnya keseimbanagn dalam pasar tenaga kerja dan pasar barang sebagai hasilsaling mempengaruhinya antara permintaan dan pena*aran melalui prinsip laissez faire +bebas$ tanpa ada %ampur tangan pemerintah, #etapi Malthus menyangah argumentasi di atas dengan mengatakan bah*a meskipun produksi barang dan jasa tersebut menimbulkan pendapatan dalam jumlah yang sama dengan nilai total barang dan jasa$ namun tidak dapat dipastikan bah*a pengeluaran untuk pembelian mesti sama dengan nilai barang dan jasa tersebut. !ena*aran memang akan men%iptakan tenaga beli$ nmun belum men%iptakan pengeluaran dengan jumlah yang sama.Misalnya jika masyarakat menabung terlalu banyak dari pendapatannya +lebih banyak dibandingkan dengan keinginan perusahaan untuk melakukan investasi,$ maka ada sebagian produksi yang tidak terjual. )kibatnya pengusaha akan memperke%il volume produksi$ sehngga akan terjadi pengangguran. !engusaha akan terus mengurangi "

Bab 4: Permintaan Uang

T .imana M " &umlah /ang 2 " #ingkat !erputaran /ang (velocity) ! " 3arga (price) # !ersamaan " 2olume barang yang menjadi obyek transaksi di atas merupakan suatu identitas (identity)$ yang menggambarkan total pengeluaran +M2. . $%&%"%"% +ambrid!e.Y Bab 4: Permintaan Uang . #ingkat bunga akan ber-luktusi sehingga keinginan investasi perusahaan samadengan keinginan menabung masyarakat. samadengan barang yang dibeli +!#. yang di*ujudkan dalam uang kas.V = P. )danya kesamaan antara tabungan dengan investasi +tabungan meningkat0investasi meningkat.$ dan belum menyentuh tentang kuantitas uang. Sedang menurut ekonomi klasik$ adanya tabungan masyarakat tersebut tidak berarti dana hilang dari peredaran$ tetapi dipinjam atau dipakai oleh pegusaha untuk membiayai investasinya.P. !enabung mendapatkan bunga atas tabungannya$ sedang pengusaha bersedia membayar bunga tersebut selama harapan keuntungan yang diperoleh dari investasi lebih besar dari bunga tersebut.$ adalah sebagai akibat bekerjanya mekanisme tingkat bunga.produksinya sampai sisa yang tidak terjual itu habis semua$ sehingga pendapatan akan menjadi lebih rendah daripada semula. M.Marshall E-uati'n Marshal lebih menekankan pada perputaran uang (velocity) dalam suatu periode malainkan pada bagian dari pendapatan +45!. Se%ara sederhana Irving (isher merumuskan teorinya dengan suatu persamaan. Se%ara matematika sederhana$ teori Marshall dapat ditulis sebagai berikut " M = k. $%&%"% Te'ri (uantitas Uan! $%&%"%&% Te'ri Ir)in! *isher !rinsip dasar teori ini adalah -alsa-ah Say$ bah*a ekoomi akan selalu berada dalam keadaan (ull 1mployment.

!andangan di atas didasarkan pada anggapan-anggapan sebagai berikut " a.. . $%"% Te'ri M'neter (e/nes $%"%&% Pendahuluan Keynes dalam bukunya yang berjudul “The General Theory of Employment. Menurut teori kuantitas uang$ perubahan &/' mengakibatkan perubahan harga se%ara proporsional. Menurut keynes$ mekanisme pasar tidak se%ara otomatis men%iptakan (ull 1mployment dalam perekonomian. Marshall tidak menggunakan volume transaksi +#. !ersamaan Marshall sudah menunjukkan adanya permintaan uang dimana masyarakat menghendaki bagian tertentu dari pendpatannya di*ujudkan dalam bentuk uang kas$ yang ditunjukan dengan nilai k.. 8.imana M " &umlah /ang k " 'agian dari 45! yang di*ujudkan uang kas$ k 0 16v ! " 3arga (price) 7 " 45! riil 1. Interest and oney!. 7 hanya dipengaruhi oleh jumlah dan kualitas -aktor produksi. dalam bukunya dinyatakan > “I believe that some coordinate act of intelli$ent %ud$ement is re&uired as to the scale on which it is desirable that the community as a whole should save. !ersamaan M2 0 !#$ # dianggap tetap karena selalu dalam keadaan -ull employment +Say.<-ord /niversity yang diterbikan ahun 192: dengan judul =The End of "aissez #aire!. to scale on which these savin$s should $o abroad in the form of forei$n investments. 193: melakukan kritik terhadap teori Klasik. sebagai alat pengukur jumlah output$ tetapi diganti dengan 7. Kongklusi " &/' hanya mempengaruhi harga se%ara proporsional.leh karena itu membutuhkan %amput tangan pemerintah +investasi yang besar. b. 3. I Bab 4: Permintaan Uang . 2. sebagaimana disampaikan dalam kumpulan kuliahnya di . . . and whether the present or$anization ot the investment mar'et distributes savin$s alon$ the most nationally productive channels. +teori kuntitas uang. /ang tidak mempengaruhi output riil +7. 2 juga dianggap tetap$ karena perubahan %ara pembayaran akan terjadi dalam *aktu yang lama$ sehingga k 0 16v juga tetap. Kalau &/' naik 2 kali$ harga juga akan naik 2 kali. # lebih besar dari 7$ karena 7 tidak termasuk barang setengah jadi.

Instabilitas harga memiliki dampak yang berbeda terhadap tiga golongan masyarakat. 1. !erusahaan 2. . Investor$ dirugikan pada sat terjadi in-lasi +kenaikan harga. as they are at present! ( Tract on onetary )eform merupakan buku Keynes yang menegaskan pentingnya kebijakan stabilitas harga. dengan kasus sebagai berikut > 1. +'nt'h (asus : . Konsumen 6 @# Menjual BAA Membeli BAA Membeli CAA !ersediaan 2AA #abungan 2AA #abungan 3AA Keinginan perusahaan tepat sama dengan keinginan @umah #angga Keinginan tidak sama$ bagaimana D #erhadap kasus no 3 di atas Klasik dan Keynes memiliki pendapat dan penyelesaian yang berbeda > (0ASI( Keinginan menabung E investasi  .utput tdk terjual  harga turun sampai terjual habis  /pah turun karena produksi berkurang dan buruh tidak beredia menganggur  'unga turun karena S E I  #abungan turun F konsumsi naik  S 0 I dalam keadaan (1 (E1NES Keinginan menabung E investasi  !erusahaan mengurangi produksi  .do not thin' that these matter should be left entirely to the chances of private %ud$ement and privat profits.utput akan turun selama SEI$ dan berhenti saat S0I  #er%ipta keseimbangan baru dimana 7eG baru H 7eG lama $%"%.utput !erusahaan +(1. $%"%"% (eseimban!an Pendapatan Nasi'nal Keynes membantah Klasik dimana S 0 I dalam keadan -ull employment.% ('nsumsi dan Penentuan Pendapatan Nasi'nal 2GNP3 Bab 4: Permintaan Uang . !enerima /pah$ dirugikan saat terjadi de-lasi .leh karena itu diperlukan kebijaksanaan tentang Stabilitas 3arga oleh pemrintah$ karena stabilisasi tidak dapat dilakukan dalam sistim moneter saat itu +standar emas. @p.juta +7. Menurut Keynes$ dalam kenyataan S ? I$ dan keseimbangan pendapatan dpat ter%apai sebelum -ull employment. 2.AAA$. 1. !engusaha$ dirugikan saat terjadi de-lasi 3. Konsumen 6 @# 3.

:AA$-$ yang berarti pula tambahan untuk tabungan sebesar @p. 0 A$ dan -aktor yang mempengaruhi I selain 7$ dimana kenaikan a akan menggeser kurva I. Gambar $%& Pen!eluaran 2+4I3 dan Pendapatan Nasi'nal C.akan menambah konsumsi sebesar @p. . Sudut 8o menunjukkan adanya keseimbangan antara pengeluaran +1. 8.Se%ara lebih detil dapat diamati dalam gambar pengeluaran$ dan !endapatan 5asional di ba*ah ini.  nilai b H 1 2. !engeluaran terdiri atas Konsumsi dan Investasi +autonomous$ besarnya tidak tergantung pada pendapatan. AA$3. . I 0 a J b7  b (mar$inal propencity to consume) +I67.1AAA$. 0 !endapatan 5asional +7. I E=Y Z E=C+I C = a + bY 1 a 45 o b I Y eq Pendapatan 1. Bab 4: Permintaan Uang . a 0 konstantan  yaitu besarnya konsumsi saat pendapatan +7. Misalkan b 0 A$:$ maka setiap kenaikan !endapatan @p.

itunjukkan dari perpotongan antara garis 1 0 I J I dengan garis pembantu 701 2. !ada 7eG$ keinginan @# untuk menbung samadengan keinginan perusahaan untuk investasi$ sehingga di atas 7eG keinginan menabung @# lebih besar dari keinginan investasi perusahaan.  mar$inal propencity to savin$ +M!S. 7eG diperoleh apabila 107. . $%"%$% Perubahan Pendapatan Nasi'nal 2GNP3  PERTAN1AAN )pakah 7eG akan bertahan lama D  5A6A#AN 7a$ apabila tidak terjadi perubahan -ungsi I$ S dan I Kalau 7eG bertahan lama$ apakah hal 7a$ apabila 7eG tersebut berada dalam itu baik D keadaan (ull 1mployment (e/nes : menolak anggapan ini$ karena I bersi-at tidak stabil sehingga sering naik-turun$ sehingga pendapatan nasional juga naik turun.a J +1 K b.Gambar $%" Tabun!an 2S3 dan In)estasi 2I3 S. Bab 4: Permintaan Uang .  7 K a K b7 S 0 . .I S 0 7 K +a J b7.  +S67. +1-b.a + (1-b)Y Z I Y eq -a Pendapatan 1. I S = . S 0 7. .7 3.

. 'esar penurunan investasi 0 L!$ dimana L!HLM +atau penurunan investasi yang ke%il mengakibatkan penurunan 7 yang lebih besar 3.I 0 I 7 . #urunnya investasi dari Io ke I1$ menggeser keseimbangan dari L ke 5 dan pendapatan nasional turun dari 7o ke 71 +penurunan 7 sebesar 705M0LM. !erubahan pengeluaran di atas bersi-at )utonomous +independen6tidak tergantung 45!. Penurunan Pen!eluaran In)estasi C. #urunnya pendapatan sebesar angka pengganda dikalikan besar penurunan investasi.$ tetapi pada proses multiplier$ perubahan pengeluaran outonomous ini mengakibatkan perubahan pengeluaran indu%ed. 2. Bab 4: Permintaan Uang .Gambar $%. .$ dimana 16+1-b. adalah angka pengganda (multiplier) 8.bI 0 I$ kedua ruas dibagi +1-b. I Z N P M E=Y E = C + Io E = C + I1 C = a + bY I a 45 o Y1 Y Pendapatan Yo 1. Pen7elasan " Investasi turun  !endapatan turun  Konsumsi turun sebesar b7  pendapatan turun lagi dan seterusnya. Misalnya makin besar M!I$ makin besar pula perubahan 45!. 'esarnya angka pengganda dapat dijelaskan se%ara matematis sebagai berikut> 7 0 I J I I 0 b7 7 .$ sehingga 7 0 I +16+1-b.

$ sedangkan pengeluaran investasi adalah autonomous +tidak tergantung pendapatan$ tetapi tergantung tingkat bunga dan keuntungan. (e/nes : masalah utama makro ekonomi adalah perubahan engeluaran autonomous akan mengakibatkan -luktuasi dalam kegiatan ekonomi melalui proses multiplier.:.IL)K/K)5 DDD  S80USI (0ASI(  S80USI (E1NES #idak berbuat apa-apa +do nothing.. Sebaliknya$ akan terjadi in-lasi apabila pengeluaran autonomous naik sedangkan 45! sudah ada pada keadaan (ull 1mployment.leh karena itu$ teori Keynes lebih menitikberatkan pada analisis jangka pendek $%"%9% Peranan Pemerintah )pabila investasi s*asta tidak men%ukupi untuk mendorong kenaikan 45!$ maka diperlukan intevensi pemerintah$ baik melalui pajak maupun pengeluaran pemerintah +4. Y=C+I+G Bab 4: Permintaan Uang .. (e/nes : !engeluaran konsumsi bersi-at indu%ed +tergantung pendapatan. .$ dalam jangka panjang !emerintah$ karena dalam jangka akan terjadi (1 dan eGuilibrium panjang kita semua akan mati. .o something$ melalui !eran laisseM -aire. Selanjutnya adalah memasukkan intervensi pemerinth ke dalam model matematika. !erubahan 45! akan mengakibatkan /51M!L.7M15# apabila pengeluaran autonomous turun di ba*ah (ull 1mployment 45!. )!) 7)54 3)@/S . C.

I. I.b! a 45 o (%en&an Pa#a$) Y eq Y eq Pendapatan Nasiona (Y) (!anpa Pa#a$) Bab 4: Permintaan Uang . G E=Y E = C + I+ G C! = a + bY C = a + bY C! = a + bY + "! . .Gambar $%$ Pen!eluaran + 4 I 4 G dan Pendapatan Nasi'nal C. G Z P E=Y E = C + I+ G E=C+I C = a + bY G I M a 45 o Yo Y1 Pendapatan Nasiona (Y) Gambar $%9 Pa7ak dan Pendapatan Nasi'nal C.

7 -. I 0 a K b#o J b+1-t. Keadaan keseimbangan " 70IJIJ4 b. yaitu pendapatan setelah dikurangi pajak.P7 0 a K b#o J I J 4 Y = a − bTo + I + G 1 − b(1 − t ) !ersamaan terakhir ini menunjukkan bah*a 4 mempunyai multiplier seperti I dan a +konsumsi autonomous. (ungsi !ajak " # 0 #o J t7$ dimana #o adalah !ajak tetap$ dan t adalah tari.pajak d. . e.$ oleh karena itu biasanya 4 dibiayai melalui perpajakan. !ajak tidak langsung mempengarui I atau 4$ tetapi mempengaruhi pendapatan yang siap dibelanjakan +disposable income). dan !engeluaran !emerintah +4. $ bila 7o keadaan (ull 1mploiment$ maka adanya 4 akan menimbulkan in-lasi +in-ltionry gap. 2. (ungsi Konsumsi " I 0 a J b7d$ 7d adalah disposable in%ome yang besarnya 0 7 K # %. atau C = a + b(Y – T) C = a + bY – bT Sehingga mamtematika sederhana besarta multiplier 4 dan # dapat ditunjukkan sebagai berikut > a. Selanjutnya memasukkan persamaan terakhir ini ke dalam persamaan NaN$ diperoleh > 70IJIJ4 7 0 a K b#o J b+1-t. Investasi +I. dianggap tetap +autonomous. . I 0 a J b+7 K #o K t7. 4ambar 8.engan substitusi diperoleh " I 0 a J b7d I 0 a J b+7 K #.7 J I J 4 O1-b+1-t. sebesar > Multiplier 4$ I atau a 0 1 1 −b(1 −t ) .1. !erubahan #o akan menggesar garis I$ sedang perubahan t akan mengubah lereng I g.emikian pula dapat diketahui pula besarnya multiplier pajak +#. yaitu sebesar > Bab 4: Permintaan Uang .

$%"%9% Pasar Uan! dan Tin!kat #un!a Menurut Klasik$ tingkat bunga merupakan hasil interaksi antara #abungan dan Invstasi. /ang merupakan alat portopolio yang bisa di*ujudkan dalam bentuk /)54 K)S dan S/@)# '1@3)@4).antara #ingkat 'unga 2s. #etapi Keynes memiliki pandangan yang berbeda.an& Me*be i S'-at "e-+a-&a -3 -eq -1 G Men#'a S'-at "e-+a-&a E 4 /iq'idit0 P-e1e-en2e . )3 )o )1 )'* a+ . 1. . #ingkat bunga ditentukan oleh permintaan dan pena*aran uang +pada pasar uang. @esiko dan $ain surat berharga ditentukan oleh tingkat bunga =rata-rata= dari segala ma%am surat berharga yang beredar di masyarakat.an& #eori tingkat bunga Keynes memiliki hubungan yang negati. !ermintaan uang oleh Keynes disebut sebagai "i&uidity *reference tergantung dari tingkat bunga. Gambar $%: Te'ri (e/nes Tentan! Tin!kat #un!a !in&$at "'n&a (() )'* a+ .. Bab 4: Permintaan Uang .an& dan Pe-*intaan . #erjadi spekulasi dalam -luktuasi tingkat bunga 2. 5aiknya tingkat bunga  %ost memegang uang kas naik  hasrat memegang uang kas turun  demikian pula sebaliknya.Multiplier T = −b 1 − b(1 − t ) 'erdasarkan analisi multiplier ini$ Keynes yakin bah*a turunnya investasi s*asta tidak akan memiliki e-ek terhadap 45! manakala diimbangi dengan kenaikan pengeluaran pemerintah dalam jumlah yang sama atau penerimaan pajak +kebijakan -iskal. &umlah /ang.

$ keinginan memegang uang kas sama dengan &umlah uang.. !enambahan &/' sebanyak @p. kurva investasi bergesar naik dan 45! naik melalui proses multiplier +gambar 8.: # menjadi @p.iasumsikan bah*a permintaan uang tidak berubah$ untuk menganalisis bagaimana pengaruh pena*aran uang terhadap tingkat bunga dan kegiatan ekonomi +diukur dengan 45!. 1 # mengakibatkan &/' dari @p. $%"%:% (ebi7akan M'neter #ingkat bunga akan berubah apabila terdapat perubahan dalam permintaan dan pena*aran uang. Bab 4: Permintaan Uang $ . .$ masyarakat menginginkan uang kas lebih banyak dengan menjual surat berharga$ pada koordinat (.3.3. E<ek Perubahan 5umlah Uan! Terhadap Tin!kat #un!a !in&$at "'n&a (() 5p75 ! 5p76 ! 5p78 ! -5 56 -8 G E 4 /iq'idit0 P-e1e-en2e .an demikian pula sebaliknya.an& 1. )3 )o )1 )'* a+ .C #$ dan akhirnya suku bunga turun dari r: menjadi rC$ dan setrusnya 2. !enjual surat berharga ini mendorong harga Nsurat berhargaN turun$ sampai keadaan keseimbangan dimana keinginan memegang uang kas sama dengan &/'. Gambar $%.an& dan Pe-*intaan . . !engaruh penambahan &/' terhadap 45! dapat dijelaskan dengan tingkat bunga. 'ila tingkat bunga di ba*ah keseimbangan +r1. !ada tingkat bunga keseimbangan +reG. #urunnya bunga mengakibatkan investasi naik$ ceteris paribus. .

!ada tingkat bunga yang sangat rendah$ masyarakat berkeyakinan akan terjadi kenaikan hingga ke tingkat yang *ajar di masa yang akan datang.8 4 /iq'idit0 P-e1e-en2e .an& 1.6. !ada keadaan ini$ kebijakan moneter tidak e-ekti. )3 )o )1 )'* a+ .Gambar $%= 0i-uidit/ Trap !in&$at "'n&a (() 5p75 ! 5p76 ! 5p78 ! G E -5 . Inilah yang disebut sebagai ="i&uidity Trap!.an& dan Pe-*intaan . !ada saat ini harga surat berharga sangat tinggi sehingga meskipun terjadi kenaikan jumlah uang berdar$ masyarakat memilih menyimpan dalam bentuk uang kas. bagian yang horiMontal dari kurva permintaan uang.sama sekali$ karena setiap penambahan &/' tidak akan digunakan untuk membeli surat berharga$ tetapi disimpan dalam bentuk uang kas Bab 4: Permintaan Uang $ . 2.

te&a$ /iq'idit0 P-e1e-en2e %ata/iq'idit0 P-e1e-en2e !e&a$ . !enambahan &/' dari @p 8 # ke @p : # akan menurunkan tingkat bunga. 3.an& 'erdasarkan gambar di atas$ maka dapat dijelaskan > 1. Semakin datar kurva permintaan uang$ kebijaksanaan moneter makin tidak e-ekti-$ karena perubahan tingkat bunga yang ditimbulkan ke%il sehingga perubahn terhadap 45! juga ke%il 2. Semakin elastis kurva investasi$ penurunan tingkat bunga yang ke%il saja akan mendorong naiknya investasi yang %ukup besar$ sehingga 45! turut naik dengan jumlah yang besar pula.6. Bab 4: Permintaan Uang $ .6. !ada kurva permintaan uang datar$ penurunan tingkat bunga yang ke%il saja mampu mendorong jumlah yang diminta naik dengan presentasi yang lebih besar. 1-ekti-itas kebijakan moneter tidak hanya ditentukan oleh lereng kurva permintaan uang$ tetapi oleh elastisitas kurva pengeluaran investasi terhadap tingkat bunga.Gambar $%> (ebi7akana M'neter dan 0eren! (ur)a Permintaan Uan! !in&$at "'n&a (() 5p75 ! 5p76 ! -5 . )3 )o )1 )'* a+ . data.an& dan Pe-*intaan .

7-b# " (ungsi Konsumsi dan #abungan $ Bab 4: Permintaan Uang . $%.an& 1. 3i%ks mengembangkan teori Keynes edngan suatu kurva yang disebut IS dan LM.% Sintesis IS@0M $%. Sebab pada saat itu mesyarakat mengalami kelebihan permintaan uang kas sebesar . 'erdasarkan pada persamaan 7 0 I J I J 4 dan S J # 0 I J 4$ maka proses penurunan kurva IS sebagai berikut > Penurunan (ur)a IS Secara Matematis : (1) I 0 a J b+7-#. Gambar $%&? (ebi7akan M'neter dan 0eren! (ur)a Permintaan Uan! !in&$at "'n&a (() 5p75 ! 5p76 ! -1 -o % /iq'idit0 P-e1e-en2e 1 /iq'idit0 P-e1e-en2e o )'* a+ .an& dan Pe-*intaan ..% Permintaan Uan! untuk Transaksi Kenaikan 45! mendorong permintaan uang untuk transaksi naik$ dengan &/' yang tetap$ maka tingkat bunga akan berubah. )khirnya ahli ekonomi ). terhadap tingkat bunga dan pendapatan nasional. /ntuk memenuhi kekurangan tersebut$ usaha yang dilakukan adalah dengan menjual surat berharga$ sehingga sampai terjadi keseimbangan hingga r1 Model Keynes belum dapat menjelaskan tentang e-ek kebijakan +-iskal dan moneter. Kenaikan 45! mengakibatkan kurva L!A bergerak ke L!1$ apabila &/' tetap maka bunga akan naik dari ro ke r1. 2. 3ansen dan &.%&% (ur)a IS )lat analisi ini disusun dari ekonomi Keynes yang berupa uatu keseimbangan dalam pasar barang +sektor riil.  S 0 -a J +-b..$%"%.

+3.$ maka diperoleh persamaan berikut > 70IJIJ4 7 0 a J b+7 K e K t+7. I 0 d K n+r. + . # 0 e J t+7.engan %ara memasukkan persamaan +1. dengan tingkat bunga +r. J d K n+r. . 0 Q +1 K b J bt. Penurunan (ur)a IS Secara Gra<is : Gambar $%&& Penurunan (ur)a IS -o -1 Yo (S+!)o 9esei*ban&an P : IS Y1 Y I+G (I+G)1 (I+G).7 0 a K eb J d K n+r. (S+!)1 S+! S+!=I+G S=1(Y.. 0 Q 7 0 a J b7 K bt+7. J Q a − eb + d + G n − r (1 − b + bt ) (1 − b + bt )  (/54SI IS +:. +8. 40Q " (ungsi Investasi " (ungsi !ajak " !engeluaran !emrintah tetap 7 0 I J I J Q atau S J # 0 I J 4 " Keadaan keseimbangan . (ungsi IS menunjukkan berbagai kombinasi antara tingkat pendapatan +7. 3ubungan 7 dengan r negati-$ karena pada tingkat bunga yang lebih tinggi inveatasi akan turun$ dan demikian pulasebaliknya.eb J d K n+r. 2. ke persamaan +8. !) Bab 4: Permintaan Uang $ .+2. Y = 1. dalam keadaan keseimbangan +S J # 0 I J 4. sampai dengan +2.

o melalui -ungsi #abungan. #ingkat bunga yang sesuai untuk +IJ4. Kurva LM berbentuk positi-$ hal ini disebabkan karena pada tingkat pendapatan yang lebih tinggi permintaan uang kas naik. pada +SJ#.. Md 0 MS . Se%ara matematis dapat dijelakan dengan model sebagai berikut > +C.engan menyelesaikan persamaan +C. Bab 4: Permintaan Uang $ .o. samapai +9.%"% (ur)a 0M Kurva LM menggambarkan adanya keseimbangan dalam pasar uang +permintaan uang sama dengan &/'. .o diperoleh +IJ4. !ada keadaan keseimbangan +kuadran '.Kuadran )" !ada tingkat pendapatan 7o diperoleh +SJ#. J k+7. M. +1A. M 0 MS +9. J k +7. . di kuadran . +B. )pabila titik ! dan R dihubungkan$ maka terbentuklah kurva IS $%. Y = Μ− f h + r  (/54SI K/@2) LM k k " LiGuidity !re-eren%e atau permintaan uang kas " !ena*aran uang +tetap$ ditentukan 'ank Sentral.K h +@.K h+r.leh karena itu$ tingkat bunga juga harus naikuntuk menurunkan permintaan uang kas anagr seimbang dengan &/' yang relati.$ maka diperoleh persamaan sebagai berikut > M 0 .engan %ara yang sama yang dimulai dari 71$ akhirnya diperoleh koordinat kedia antara 7 dan r$ yaitu titi R. 0 ..o adalah r o pada kuadran I$ sehingga diperoleh titik ! +koordinat antara 7 dan r.tetap.

$ dan hasilnya sebagai berikut > Bab 4: Permintaan Uang $ .% (eseimban!an Pasar #aran! dan Pasar Uan! Keseimbangan pendapatan +7. . maupun dalam pasar uang +Ms 0 Md. dan +1A.. #ingkat bunga yang sesuai untuk Mspo adalah rA +kuadran I$ sehingga dihasilkan koordinat antara 7 dan r di titik ! +kuadran . dan tingkat bunga +r. Karena variabel 4 tidak terdapat dalam kurva LM$ kebijakan moneter +misal penambahan M. . 3al ini ditunjukkan dengan perpotongan antara kurva IS dengan LM. haruslah memenuhi pula adanya keseimbangan baik dalam pasar barang +SJ# 0 IJ4.engan %ara yang sama yang dimulai pada 7 1$ akhirnya diperoleh titik R$ dapabila ! dan R dihubungkan terbentuklah kurva LM. 3anya pada titik 1 dapat diperoleh dengan menyelesaikan bersama persamaan +:.Se%ara gra-is kurva LM dapat diturunkan dengan %ara sebagai berikut " Gambar $%&" Penurunan (ur)a 0M -1 -o MSp. Kebijakan -iskal dalam hal ini tidak mempengaruhi lereng maupun pergeseran kurva LM. $%. MSp1 /M : P Yo Y1 Y MSp M!o M!1 M! M!=1(Y) !ada kuadran )$ dimulai pada titik 7o diperoleh permintaan uang kas untuk transaksi M#o.. akan menggeser kurva LM ke kanan ba*ah.ari kuadran ' diketahui besar permintaan uang kas untuk spekulasi sebesar Mspo$ yaitu selisih antara &/' dikurangi M#.%.

Sebab turunnya r akibat penambahan &/' mengakibatkan naiknya I yang %ukup besar. $%.S+! I+G=S+! Md < Ms D IS Y $%.%$% E<ekti)itas (ebi7akan M'neter dan *iskal 1-ektivitas kebijakan moneter dan -iskal diukur dengan besarnya kenaikan pendapatan sebagai akibat kebijaksanaan tersebut. Semakin besar kenaikan pendapatan sebagai akibat misalnya kenaikan uang maka kebijakan moneter makin e-ekti-. (eseimban!an Pasar Uan! dan Pasar #aran! r I+G=S+! Md . Y =  nf n M   a − be + d + G −  +  nk  h h   1 − b + bt + h 1 1 ka − kbe + kd + k G + f (1 − b + be) − M (1 − b + bt ) h(1 − b + bt ) + nk +12. Ms A E B Md = Ms I+G<S+! C LM Md = Ms I+G. r = [ ] Gambar $%&. Sebaliknya makin tegak kurva IS$ maka elastisitas I terhadap r makin ke%il dan kebijakan moneter makin kurang e-ekti-. Makin datar kurva IS +makin elastis I terhadap r. Bab 4: Permintaan Uang $ .%$%&% (ebi7akan M'neter 1-ektivitas kebijakan moneter ditentukan oleh > a. kebijakan moneter makin e-ekti-. Lereng dan Kurva IS$ yakni elastisitas investasi terhadap tingkat bunga.+11.

$ kebijkan moneter makin tidak e-ekti-$ dan sebaliknya. Lereng Kurva LM. b. !erbedaannya adalah$ kurva LM yang tegak memiliki pengaruh yang jauh lebih Bab 4: Permintaan Uang $ .+menambah &/'.menggerakan LM ke kanan.Gambar $%&$ (ebi7akan M'neter Makin E<ekti< pada (ur)a IS atar r LM0 LM1 IS datar IS tegak Y. e-ek terhadap 7 tergantung kurva IS-nya. Makin datar kurva LM +makin elastis. 7akni elastisita permintaan uang terhadap tingkat bunga.. Gambar $%&9 (ebi7akan M'neter Makin (uran! E<ekti< pada 0M datar r LMT0 LMT1 LMD0 LMD1 A B IS Y. Y1 Y3 Y Misal dengan Kebijakan Moneter ekspansi. /ntuk IS datar$ 7 naik dari 7A ke 72$ sedang untuk IS tegak$ kenaikan 7 lebih ke%il +7A ke 71. Y1 Y3 Y Kebijakan moneter yang ekspansi.$ LM A bergeser ke LM1. &adi makin datar kurva IS$ kebijakan moneter makin e-ekti-.

$ mengakibatkan seluruh kurva IS bergeser ke kanan.%$%"% (ebi7akan *iskal a.pada Kurva IS yang tegak. terhadap perubahan 7 dibandingkan dengan kurva LM yang datar +7A71.. Bab 4: Permintaan Uang IS1 Y $ Y1 Y3 . (ebi7akan *iskal Makin E<ekti< pada 0M atar r LMT LMD IS0 Y. 'erdasarkan data di atas diketahui bah*a kebijakan (iskal makin e-ekti.$ atau +7A-72.besar +7A-72. 0eren! (ur)a IS. Y1 Y3 Y Kebijakan -iskal +misal dengan menambah 4. 0eren! (ur)a 0M. Makin datar kurv LM$ kebijakan -iskal semakin e-ekti-. b. Gambar $%&. Makin tegak kurva IS$ kebijakan -iskal makin e-ekti-$ dan sebaliknya Gambar $%&: (ebi7akan *iskal Makin E<ekti< pada IS Te!ak r IST0 IST1 LM ISD1 ISD0 Y. . $%.engan demikian makin datar LM$ maka kebijakan moneter makin tidak e-ekti-. E +7A-71.

permintaan akan uang$ yaitu moti- transaksi dan moti. . Md pre% 0 -+7$ !t6!o. $%$%&% Permintaan Uan! MaAhab I-tishaduna !ermintaan uang ditujukan hanya untuk memenuhi dua tujuan pokok$ yaitu untuk transaksi atau berjaga-jaga.berjaga-jaga.+7.'erdasarkan simulasi di atas akhirnya dapat diketahui bah*a yang menentukan e-ektivitas kebijakan moneter maupun -iskal adalah sebagai berikut > (ebi7ak an (ur)a IS 0M M'neter 2e<ekti<3 atar Te!ak *iskal 2e<ekti<3 Te!ak atar $%$% Te'ri Permintaan Uan! dalam Islam .alam Islam hanya dikenal dua moti.alam gra-ik dapat digambarkan sebagai berikut" Bab 4: Permintaan Uang 9 . Se%ara matematis$ dapat di-ormulasiukan sebagai berikut" Md 0 Md trans J Md!re% !ermintaan uang untuk transaksi merupakan -ungsi tingkat pendapatan seseorang. )tau dapat di-ormulasikan sebagai berikut" Md trans 0 . !enggunanan instrumenpengganti tingkat bunga dimaksudkan untuk men%apai tujuan yang penting dan mendesak serta mendorong investasi yang produkti.imana" 7 !t !o 0 !endapatan 0 3arga Kredit 0 3arga #unai . Semakin tinggi tingkat pendapatan$ permintaan uang untuk mem-asilitasi transaksi barang dan jasa juga meningkat. Karena Islam melarang tindakan spekulasi$ instrumen moneter tidak menggunakan variabel yang mengarah kepada motispekulasi.dan e-isien.

(ur)a Permintaan Uan! MaAhab I-tishaduna Pt/Po Md2 Md1 Md $%$%"% Permintaan Uan! MaAhab Mainstream Strategi utama maMhab mainstream adalah pengenaan pajak terhadap aset produkti. Se%ara sederhana dapat dirumuskan sebagai = keberadaan uang pada hakekatnya adalah representati. Md pre% F inv 0 -+7$ µ . Bab 4: Permintaan Uang 9 .berjag-jaga karena biaya resiko untuk membayar pajak terhadap uang tunai tersebut menjadi naik.berjaga-jaga. Semakin tinggi nilai µ $ semakin ke%il permintaan uang untuk moti.volume transaksi yang ada dalam sektor riil=.% Permintaan Uan! MaAhab Alternati< !ermintaan uang dalam maMhab ini erat kaitannya dengan konsep endogenous uang dalam Islam. #eori ini kemudian mernjembatani pertumbuhan uang di sektor moneter dan pertumbuhan nilai tambah uang di sektor riil. Kebijakan ini berdampak pada pola permiontaan akan uang untuk moti.yang dianggurkan$ permintaan terhadap aset ini akan berkuurang.yang menganggur dengan tujuan mengalokasikan sumber dana pada kegiatan usaha produkti-. Semakin tinggi pajak yang dikenakan terhadap aset produkti. )set yang menganggur di*akili oleh nilai µ .+7.Gambar $% &. Se%ara alamiah$ dalam kondisi seperti ini orang akan berusaha memperke%il jumlah pajak kepada pemerintah dengan mengurangi kekayaan yang menganggur. $%$%. Se%ara matematis dapat dirumuskan sebagai berikut" Md 0 Md trans J Md pre% Md trans 0 .

$ &akarta. Bab 4: Permintaan Uang 9 . 3. . +2AA:.$ 1konomi Moneter 'uku I$ '!(1 /4M$ 7ogyakarta. &elaskan tentang pandangan kaum klasik tentang permintaan uangT &elaskan perbedaan pandangan kaum klasik dan keynes tenteng teori permintaan uang &elaskan bagaimana pandangan kaum klasik dan kaum keynes tentang permintaan uang disatukan dalam sebuah kajian baru$ yaitu IS-LM Sebutkan dan jelaskan tiga maMhab dalam Islam yang membahas tentang permintaan uangT a<tar Pustaka 1. 3. )rtinya$ nilai uang tidak harus selalu bertambah seiring dengan pertambahan *aktu$ tetapi pertambahan nilai itu tergantung pada usaha yang dilakukan. S'al@S'al: 1. Mishkin$ (rederi% S.Islam menganggap bah*a perubahan nilai tambah uang tidak dapat didasarkan semata-mata pada perubahan *aktu$ melainkan melalui peman-aatan uang tersebut se%ara ekonomis.)ddison Ueasley Insukindro +199C.$ 1konomi /ang dan 'ank$ '!(1 /4M$ 7ogyakarta Karim$ )di Uarman +2AA2. 2.$ #he 1%onomi%s o.Money$ 'anking$ and (inan%ial Markets$ !earson . 2.Islami% #hought +III#. 5opirin +199B. .$ 1konomi Islam" Suatau Kajian 1konomi Makro$ #he International Institute o.