Terapi Belatung untuk Luka Diabetes

Sebuah terapi untuk menyembuhkan luka pada penderita diabetes dengan menggunakan belatung tentu belum banyak yang mendengar. Namun hal inilah yang diterapkan oleh beberapa dokter sebagai alternatif untuk mengobati luka yang dapat menyebabkan amputasi tersebut. Untuk menyembuhkan luka tersebut, para peneliti dari Hawaii mengangkat jaringan yang terinfeksi atau mati dengan pisau bedah atau enzim. Proses ini disebut debridement. "Pasien diabetes ini benar-benar membutuhkan perawatan yang lebih baik untuk menyelamatkan anggota badan mereka. Pengobatan debridement menggunakan belatung sangat efektif. Hanya dengan satu kali pengobatan, luka-lukanya mulai membaik," kata Dr Lawrence Eron dari Kaiser Hospital dan University of Hawaii di Honolulu. Dalam studi ini, Eron dan timnya mengobati 37 penderita diabetes menggunakan belatung. Semuanya menderita penyakit arteri yang menyebabkan sirkulasi darah pada tangan atau kaki kurang baik. Mereka juga memiliki luka yang sudah lama tidak sembuh, bahkan ada yang sampai lima tahun. Para dokter menempelkan 50 sampai 100 belatung spesies Lucilia sericata pada luka dan membiarkannya selama dua hari saat pertama kali. Prosedur ini diulangi hingga rata-rata lima kali. "Kami mengurung belatung dalam bahan seperti jala, stoking nilon juga dapat dipakai. Kemudian kita menyegel kandangnya sehingga mereka tidak keluar," jelas Eron. Dua puluh satu pasien ternyata berhasil sembuh. Kesembuhan tersebut diidentifikasi dengan sembuhnya infeksi, jaringan mati terhapus seluruhnya, pembentukan jaringan baru yang kuat pada luka dan lebih dari tiga perempat luka telah menutup. Namun, tidak semua pasien berhasil dengan terapi ini. Pasien yang gagal mengalami radang yang berlebihan di sekitar luka, terlalu banyak mengeluarkan darah dan mengalami masalah pada tulang yang terinfeksi. Belatung mengeluarkan suatu zat ke dalam luka yang mencairkan jaringan mati kemudian menelannya. Luka-luka dibersihkan dan zat lainnya yang terkandung dalam cairan belatung memungkinkan terbentuknya jaringan granulasi, yaitu jenis jaringan ikat yang terbentuk selama penyembuhan luka.

Sumber : detikhealth

luka yg harus di bedah. Praktek ini digunakan secara luas sebelum ditemukannya antibiotik. dan pencegah di amputasi nya penderita diabetes alias penyakit gula Spoilerfor belatung: Dulu. . Belatung memakan sel-sel kulit mati dan bakteri. untuk membersihkan jaringan mati di luka guna mempercepat penyembuhan. mayat. sodara kita dan seluruh rakyat indonesia nah timbul lah hasrat ane buat trit membahas TERAPI BELATUNG secara lebih aktual tajam dan terpercaya maap agan sista kepanjangan intro nya dan pic nya agak langsung aja nih gan apa yg ada di pikiran ente pass liat ato denger kata BELATUNG ??? Spoilerfor belatung: yaa ane yakin pasti semua org bakal mikir hal yg menjijikkan. temen kita. sehingga luka jadi bersih. Spoilerfor belatung: Terapi dengan menggunakan belatung berhasil karena belatung hanya memakan jaringan yang mati dan membusuk. pass ane cari di kaskus kok gada trit yg bahas ini secara detail karna ane yakin ini berguna banget buat kita. Jika dibiarkan. luka akan berkembang menjadi gangren dan terkadang harus amputasi.beberapa waktu silam ane sempet liat di berita ttg TERAPI BELATUNG nah ane penasaran ttg terapi ini. Beberapa pasien bahkan harus bertahan dengan kondisi tersebut selama bertahuntahun. terapi larva) adalah menaruh dengan sengaja belatung pembasmi kuman atau larva lalat ke kulit yang luka atau jaringan lembut di luka manusia atau binatang. dan memilih untuk saling memangsa ketika mereka kehabisan makanan. Hewan itu tak menggali jauh ke dalam daging yang sehat. beberapa dokter menyadari bahwa tentara yang di lukanya terdapat belatung sembuh lebih cepat daripada yang tidak. Terapi Belatung (dikenal juga dengan Maggot Debridement Therapy –MDT-. dan hal hal yg busuk (karna belatung idupnya ditempat yg ada daging busuk gitu gan) tp selidik punya selidik ternyata belatung banyak manfaatnya loh gan nah yang bakalan ane bahas adalah manfaat terapi ini sebagai penyembuh luka borok. *tau diri ya gan belatungnya gamau makan yg msh bagus jd aman banget daging seger kita Pasien diabetes umumnya mengalami luka di tangan atau kakinya berupa bisul yang sulit disembuhkan.

Spoilerfor belatung: "Pasien diabetes ini benar-benar membutuhkan perawatan yang lebih baik untuk menyelamatkan anggota badan mereka. Semuanya menderita penyakit arteri yang menyebabkan sirkulasi darah pada tangan atau kaki kurang baik. enam di antaranya berhasil sembuh dengan terapi belatung." kata Dr Lawrence Eron dari Kaiser Hospital dan University of Hawaii di Honolulu. Kemudian kita menyegel kandangnya sehingga mereka tidak keluar. Senin (26/9/2011). luka benar-benar perlu dibersihkan. menyingkirkan jaringan yang mati dan memproduksi jaringan granulasi yang kuat ke dalam luka. "Untuk membuat teknik ini berhasil. kalo ada org yg agan kenal punya luka akut begitu mending pake terapi ini aja segitu dulu gan info dari ane soalnya ane cari lokasi dimana bs lakuin nih terapi agak susah juga di indo kalo uda dapet pasti ane share lg gan . Para dokter menempelkan 50 sampai 100 belatung spesies Lucilia sericata pada luka dan membiarkannya selama dua hari saat pertama kali. Prosedur ini diulangi hingga rata-rata lima kali. berhasil disembuhkan dengan terapi belatung. jaringan mati terhapus seluruhnya." pungkasnya. Hanya dengan satu kali pengobatan. Eron dan timnya mengobati 37 penderita diabetes menggunakan belatung. Spoilerfor belatung: Dalam studi ini. "Kami mengurung belatung dalam bahan seperti jala. Sepuluh kasus infeksi akibat streptokokus juga berhasil diobati semuanya. Dua puluh satu pasien ternyata berhasil sembuh. Lima luka infeksi yang sebelumnya tidak bisa disembuhkan dengan antibiotik. Pengobatan debridement menggunakan belatung sangat efektif. Kesembuhan tersebut diidentifikasi dengan sembuhnya infeksi. pembentukan jaringan baru yang kuat pada luka dan lebih dari tiga perempat luka telah menutup. Di sini lah belatung dapat membantu. Mereka juga memiliki luka yang sudah lama tidak sembuh. bahkan ada yang sampai lima tahun. nah terapi belatung ini lebih OKE drpd lewat meja operasi." jelas Eron. Sembilan luka infeksi akibat bakteri. seperti dikutip Reuters. stoking nilon juga dapat dipakai. luka-lukanya mulai membaik.