TUGAS RESENSI SKRIPSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

IDENTITAS SKRIPSI Judul : Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Terhadap Hasil belajar Biologi Siswa Kelas VII di SMPN 2 Tanjung Raja Penulis Skripsi NIM Pembimbing : Setyorini : 06043132020 : 1. Dra. Djunaidah Zen. M.Pd 2. Dra. Siti Huzaifah, M.Sc.Ed

1. Sinopsis Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi dengan menggunakan bahan ajar leaflet yang dilaksanakan pada bulan Januari hingga Pebruari 2009. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Tanjung Raja. Sampel pada peneltian ini adalah siswa kelas VII 1 (29 orang) dan siswa kelas VII 4 (30). Data mengenai keaktifan siswa diambil berdasarkan tes. Untuk melihat kebermaknaan pengaruh penggunaan terhadap hasil belajar siswa digunakan uji – t dengan taraf 0,05. Hasil uji – t diketahui bahwa penngunaan bahan ajar leaflet berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar leaflet lebih baik daripada yang tidak menggunakan bahan ajar leaflet.

2. Tujuan Penyusunan Skripsi Skripsi ini dibuat oleh penulis sebagai tugas akhir untuk mendapatkan gelar Strata 1 (S-1)

3. Sistematika Skripsi Skripsi ini tersusun secara sistematis yaitu:

teknik pengumpulan data. Salah satu yang ditemukan yaitu . Bab 4 yaitu Hasil dan Pembahasan. Bab 3 yaitu Metodologi Penelitian yang berisi tempat dan waktu penelitian. definisi operasional variabel. serta teknik analisis data. 5. 4. serta hipotesis penelitian. Manfaat Bahan Ajar ditemui tanda bintang (*) yang kurang tepat untuk sebuah tulisan ilmiah.1 Susunan Penyajian Skripsi yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Terhadap Hasil belajar Biologi Siswa Kelas VII di SMPN 2 Tanjung Raja” secara umum sudah disajikan secara sistematis dan sudah cukup baik sebagai karya ilmiah dalam pemenuhan persayaratan untuk memperoleh gelar strata-1. variabel penelitian. 5. Setiap bab sudah memenuhi kriteria umum yang memuat komponen-komponen dan sistematika dalam penulisan skripsi. Namun.2 Kelemahan/Kekurangan skripsi Pada dasarnya skripsi ini sudah baik secara penyusunan dan informasi yang diberikan dalam tulisannya. 5. rumusan masalah. misalnya pada bab 2. Selain itu juga ada beberapa penggunaan huruf yang seharusnya ditulis kapital karena terletak di awal kalimat pada sub bab Penyusunan Bahan Ajar Leaflet. prosedur penelitian. Bab 1 yaitu Pendahuluan yang berisi latar belakang. metodologi penelitian. tentunya ada beberapa kelemahan dalam kepenulisan sebuah karya. hasil belajar dan faktor hasil belajar. Bab 2 yaitu Tinjauan Pustaka yang berisi konseptual bahan ajar. tujuan dan manfaat penelitian. 2.1. populasi dan sampel. 3. Kalimat yang dipilih juga sudah cukup operasional sehingga tidak terkesan bertele-tele dan sudah menggunakan kaidah penulisan Bahasa Indonesia menurut EYD meskipun ada beberapa kesalahan yang tidak begitu berarti seperti penggunaan simbol-simbol tertentu yang tidak diperkenankan untuk karya tulis ilmiah. Dari Segi Kebahasaan dan Ejaan Skripsi ini sudah cukup rapi dalam penulisannya. Isi Resensi 5. konseptual bahan ajar leaflet. Bab 5 yaitu Kesimpulan dan Saran 4.

Penyajian hasil penelitian Sebaiknya dilengkapi grafik yang mengkomunikasikan hasil penelitan agra lebih mudah dimengerti dan efisien. Latar belakang juga sudah disertai gejala penelitian yang bersumber dari pengalaman pribadi yang diperoleh oleh penulis melalui observasi temannya yang pernah mengajar di tempat penelitian. 3. Latar belakang Pada bagian ini masalah diuraikan sesuai dengan konsep penulisan latar belakang yang mengacu pada bentuk segitiga terbalik. tanda hubung. 2010:23) untuk merumuskan masalah dirumuskan dalam kalimat tanya yang padat dan jelas. Dalam skripsi ini penulis sebenarnya sudah mengarah ke redaksi yang dimaksud namun kurang penambahan tanda tanya saja. Penulisan Abstrak Menurut (Suryana. 5. Metodologi Penelitian Salah satu subbab yaitu Tahap Pelaksanaan sudah disertai tabel perbandingan yang cukup padat dan informatif. Sumber acuan tulisan juga lebih didominasi oleh buku-buku yang relevan terbitan 2008 dan halaman internet referensi juga sudah cukup valid.3 Keunggulan/Kelebihan Skripsi 1. Perumusan masalah Menurut Suryana.1. . maupun tanda hubung untuk kata ulang. Tinjauan pustaka Sudah mencantumkan berbagai sumber yang mutakhir dan relevan dibuktikan dengan bahan rujukan bacaan yang dituliskan berkisar antara 2004-2008 sedangkan penelitian ini dilakukan pada tahun 2009. 2. 3. 4. 2. 2010:26) dalam penulisan abstrak seharusnya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Penggunaan EYD Dalam penulisan sudah cukup baik namun sering terdapat tanda baca yang kurang tepat misalnya belum adanya perbedaan antara tanda (-) sebagai tanda pemisah. Skripsi ini belum mencantumkan terjemahan abstrak ke dalam bahasa Inggris.