BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Masalah Dalam hubungan dengan kehidupan manusia dalam suatu Negara dalam hubungannya dengan lingkungan alam, kehidupan manusia di dunia mempunyai kedudukan sebagai hamba Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai wakil Tuhan (khlifatullah) di bumi yang menerima amanatnya untuk mengelola kekayaan alam. ebagai hamba Tuhan mempunyai kewa!iban untuk beribadah dan menyembah Tuhan sang pen"ipta dengan penuh ketulusan. #dapun sebagai wakil Tuhan di bumi, manusia dalam hidupnya berkewa!iban memelihara dan dan memanfaatkan segenap karunia kekayaan alam dengan sebaik$baiknya untuk kebutuhan hidupnya. %edudukan manusia tersebut men"akup tiga segi hubungan, yaitu& 'ubungan antara manusia dengan Tuhan, hubungan antar manusia, dan hubungan antara manusia dengan makhluk lainnya. (angsa )ndonesia sebagai umat manusia religious dengan sendirinya harus dapat berperan sesuai dengan kedudukan tersebut. ebagai Negara kepulauan dengan masyarakatnya yang beraneka ragam, Negara )ndonesia memiliki unsur$unsur kekuatan dan sekaligus kelemahan. %ekuatannya terletak pada posisi dan keadaan geografi yang strategi dan kaya akan sumber daya alam. ementara kelemahannya terletak pada wu!ud kepulauan dan keanekaragaman masyarakat yang harus disatukan dalam satu bangsa dan satu tanah air, sebagaimana telah diper!uangkan oleh para pendiri Negara. Dalam pelaksanannya bangsa )ndonesia tidak bebas dari pengaruh interaksi dan interelasi dengan lingkungan sekitarnya, baik lingkungan regional maupun internasional. Negara merupakan suatu organisasi kemasyarakatan yang bertu!uan dengan kekuasaannya mengatur serta menyelenggarakan suatu masyarakat. Didalam suatu negara harus memiliki beberapa unsur antara lain& wilayah, rakyat, pemerintahan, dan kedaulatan. Dalam suatu negara tidak dapat dipisahkan dari unsur geografis yang terdapat pada suatu negara. ehingga dalam men!aga

*

eksistensinya tidak dapat dipisahkan dari adanya prinsip kekuasaan (politik). +ntuk itu maka mun"ulah ilmu geopolitik. ,eopolitik merupakan ilmu politik yang mempergunakan pendekatan geografis atau ruang dan potensi alam untuk dipakai sebagai kekuatan politik, ekonomi, - militer dalam strategi negara untuk men"apai tu!uan politiknya yang mempunyai beberapa aspek yang meliputi & .ingkungan #lam (bentuk pulau)/ Transportasi dan %omunikasi (sirkulasi)/ umber Daya Ekonomi/ umber Daya Manusia/. istem - (udaya 0olitik, dan istem Tata 1uang. %onsep geopolitik timbul dan tumbuh karena kesadaran akan kebutuhan ruang hidup dari manusia, masyarakat dan bangsa. %esadaran tersebut terkait se"ara tidak langsung dengan kebutuhan keamanan bagi diri manusia, lebih$lebih bagi manusia yang telah membangsa. etelah bangsa menegara, kesadaran ruang men!adi kesadaran akan kedaulatan, sehingga membuat batas$batas Negara, dengan melalui seperangkat hokum dan aparat pen!amin tegaknya tertib hukum dan kedaulatan. Tu!uan penentuan garis batas selain untuk integrasi bangsa !uga untuk memper!elas batas pembinaan sumberdaya alam untuk keamanan maupun kese!ahteraan. Dalam paper ini akan dibahas mengenai& konsep geopolitik )ndonesia menurut Daod 2oesoef, rekonseptualisasi ,eopolitik, dan aplikasi geopolitik dibidang lingkungan alam. B. Rumusan Masalah Dari uraian latar belakang diatas, maka dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut& *. (agaimanakah konsep geopolitik di )ndonesia3 4. (agaimanakah mengaplikasikan konsep geopolitik di )ndonesia3 C. Tujuan *. Men!elaskan bagaimanakah konsep geopolitik di )ndonesia. 4. Men!elaskan bagaimanakah mengaplikasikan konsep geopolitik di )ndonesia.

4

lebih$lebih bagi manusia yang telah membangsa. wilayah atau territorial dalam arti luas) suatu Negara. . dengan melalui seperangkat hokum dan aparat pen!amin tegaknya tertib hukum dan kedaulatan. tetapi !uga lautnya. masyarakat dan bangsa. kesadaran ruang men!adi kesadaran akan kedaulatan. politik Negara itu se"ara langsung akan berdampak pada geografi Negara yang bersangkutan. . Tu!uan penentuan garis batas selain untuk integrasi bangsa !uga untuk memper!elas batas pembinaan sumberdaya alam untuk keamanan maupun kese!ahteraan.eopolitik diartikan sebagai sistem politik atau peraturan$peraturan dalam wu!ud kebi!aksanaan dan strategi nasional yang didorong oleh aspirasi nasional geografik (kepentingan yang titik beratnya terletak pada pertimbangan geografi. ebaliknya.eopolitik bertumpu pada geografi sosial (hukum geografis). 6ara pandang suatu bangsa memandang tanah air dan beserta lingkungannya menghasilkan wawasan nasional. kondisi. sehingga membuat batas$batas Negara.BAB II PEMBAHASAN . yang apabila dilaksanakan dan berhasil akan berdampak langsung kepada system politik suatu Negara. mengenai situasi. %esadaran tersebut terkait se"ara tidak langsung dengan kebutuhan keamanan bagi diri manusia. atau konstelasi geografi dan segala sesuatu yang dianggap rele5an dengan karakteristik geografi suatu Negara. Namun pada bangsa$bangsa yang heterogen malah dapat men!adi disintegrasi apabila pemerintah tidak "ukup perhatian pada daerah terpen"il di perbatasan dan sarana sirkulasi (trasnfortasi dan komunikasi) yang "ukup. etelah bangsa menegara. #dapun bangsa )ndonesia memiliki wawasan nasional yaitu wawasan nusantara.eopolitik timbul dan tumbuh karena kesadaran akan kebutuhan ruang hidup dari manusia. 9 . ehingga akibatnya dapat timbul daerah frontiers di wilayah kita. 7awasan nasional itu selan!utnya men!adi pandangan atau 5isi bangsa dalam menu!u tuannya. Namun tidak semua bangsa memiliki wawasan nasional )nggris adalah salah satu "ontoh bangsa yang memiliki wawasan nasional yang berbunyi8 (ritain rules the wa5es8. )ni berarti tanah inggris bukan hanya sebatas pulaunya.

internasional. Dalam studi 'ubungan )nternasional. se!arah dan ilmu sosial. 2ames. selalu .A.eo8 artinya (umi. . Dengan demikian geografi bersangkut$paut dengan interrelasi antara manusia dengan lingkungan tempat hidupnya. :.eopolitik mengka!i makna strategis dan politis suatu wilayah geografi. ekonomi.eopolitik dapat lebih disederhanakan lagi sebagai suatu studi yang mengka!i masalah$masalah geografi.(udaya 0olitik. dengan meru!uk kepada politik internasional. politik dan strategi. Menurut 0reston E. dan hirarki aktor& dari nasional. hubungan timbal balik antara geografi dan politik. )lmu geopolitik adalah pengetahuan yang mempela!ari tentang potensi. yang dimiliki oleh suatu bangsa atas dasar !ati dirinya dan merupakan kekuatan serta kemampuan untuk ketahanan nasional. serta unsur kebi!aksanaan. tidak terlepas dari pembahasan mengenai masalah geografi dan politik. luas serta sumber daya alam wilayah tersebut. yang men"akup lokasi. < edangkan politik. Maka. . 2adi dapat disimpulkan bahwa .hubungan internasional dari sudut pandang ruang atau geosentrik. berhubungan dengan kekuasaan atau pemerintahan. sampai benua$kawasan. dan istem Tata 1uang. militer dalam strategi negara untuk men"apai tu!uan politiknya yang mempunyai beberapa aspek yang meliputi & .eopolitik merupakan ilmu politik yang mempergunakan pendekatan geografis atau ruang dan potensi alam untuk dipakai sebagai kekuatan politik. . Membi"arakan pengertian geopolitik. yaitu sistem dalam hal menempati suatu ruang di permukaan (umi.0lanet (umi. Pengertian e!"!litik .eopolitik mempunyai < unsur yang pembangun. .eo politik berarti kekuatan yang didasarkan pada pertimbangan dasar atau geografi dalam menentukan alternati5e kebi!aksanaan nasional untuk mewu!uudkan tu!uan nasional.eopolitik berasal dari kata . lingkup wilayah. istem . geopolitik merupakan suatu ka!ian yang melihat masalah.eo atau bumi dan politik. !uga pro5insi atau lokal. yaitu keadaan geografis.ingkungan #lam (bentuk pulau)/ Transportasi dan %omunikasi (sirkulasi)/ umber Daya Ekonomi/ umber Daya Manusia/. geografi mempersoalkan tata ruang. %onteks teritorial di mana hubungan itu ter!adi ber5ariasi dalam fungsi wilayah dalam interaksi.

!uga mendalami se!arah kemaritiman )ndonesia yang kemudian dapat menun!ukan 0M D!uanda untuk membuat Deklarasi 7awasan Nusantara pada *9 Desember *B>= dan mulai memper!uangkan di forum internasional asas 8ar"hipelago )ndonesia8 bersendikan %on5ensi 0(( *B>@ tentang batas landas kontinen melalui the +nited Nations 6on5ention on the . 0adahal. (elanda !uga menutup akses pemuda terpela!ar kita ke pendidikan perang maritim modern. 0en!a!ah !uga melarang berniaga dengan bangsa lain ke"uali (elanda. sentosa dan > .aksamana Malahayati. sehingga mendominasi perniagaan laut dan men!amin !alur$!alur pelayaran yang melintas di wilayah kekuasaannya.autnya (Den 'elder) tetap menolak kadet asal )ndonesia. 0ada !aman kera!aan #"eh abad ke$*?. 2ika ditin!au dari segi se!arah indonesia sudah berbudaya maritim se!ak !aman kera!aan riwi!aya yang merupakan kera!aan maritim yang memiliki kekuatan armada yang tangguh. Di pembukaan Munas Maritim *B?9 (ung %arno menegaskan bahwa :kita tidak bisa men!adi kuat. #kademi #ngkatan . walaupun kehidupan utama rakyatnya di bidang pertanian kera!aan ini !uga membangun armada dagang dan armada perang demi men!amin keefektifan kekuasaannya. yang sebagian dari kapal$kapal itu berhasil menumpas armada 0ortugis yang berkuasa saat itu.B. inlander untuk berhubungan dengan laut. (elanda akhirnya bisa menguasai )ndonesia di abad *@ melalui politik di5ide et impera dengan upaya mematikan !ati diri )ndonesia sebagai bangsa maritim men!adi agenda kolonialnya yang utama.C ). 0ada !aman kera!aan Ma!apahit di abad ke$*<.aw of the ea (+N6. telah membentuk armada perang sebanyak seratus kapal. semasa pemerintahan ultan #lauddin 1iayatsyah aidil Mukamal. #!nse" e!"!litik In$!nesia Menurut Dae!$ %!s!e& )ndonesia dapat merupakan negara maritim yang memiliki wilayah => persen dari total wilayahnya berupa laut. 'ingga saat runtuhnya kera!aan (elanda oleh serbuan NaAi pada tahun *B<*. (ung %arno. 0en!a!ah ini membatasi akses penduduk pribumi. Di bawah pimpinan . padahal #kademi #ngkatan Daratnya ((reda) sudah lama bersedia menerima. suatu peradaban bermula se"ara alami di daerah pesisir di mana penduduknya berkesempatan melakukan interaksi dengan pendatang asing. Namun.

??. %etidakseriusan pemerintah te"ermin pada insiden . Di setiap satu kilometer kubik air laut. 4EE ton litium. tembaga. Di dasar amudra 0asifik sebelah selatan terdapat tumpukan gumpalan sema"am ini se!umlah 4EE miliar ton di samping bahan$bahan fosfor.C mengakui kepemilikan laut )ndonesia seluas >. . nikel. dan terkandung di dalam tanah di bawah laut. 0ada tahun *B@4 +N6.= %m4.se!ahtera selama kita tidak kembali men!adi bangsa bahari seperti masa dahulu8. yang terdapat di dalam air laut. terdapat pula 9> !uta ton garam. 0ersepakatan di me!a perundingan sulit di"apai berhubung pemerintah kita sendiri kurang serius dan lawan berunding tahu persis )ndonesia tidak memiliki kekuatan laut riil sebagai pendukung perundingan. #dapun bumi dibawah permukaan laut mengandung minyak dan gas. titanium.@ !uta %m4 sekitar => persen dari luas total wilayah nasional yang terdiri atas wilayah teritorial seluas 9.ugus Tempur %apal )nduk + 6arl Finson 2uli 4EE9 di perairan (awean. kobalt. Di dasar laut ada bungkalan$ bungkalan sebesar kentang yang mengandung mangan.epasnya pulau$pulau terluar elain ini se!ak reAim Crba.aut Nusantara yang begitu luas sebagai pilar utama penggerak perekonomian nasional. )ndonesia sebenarnya punya banyak peluang menyempurnakan nasib ketahanan nasional yang mantap.igitan. besi. sekitar =E persen DEE )ndonesia belum disepakati negara$negara tetangga. bahan baku industrial. perak dan emas. >E ton yodium. terletak di dasar laut. selain mengandung oksigen dan hidrogen. pemerintahan di era reformasi tetap bangga melaksanakan land based oriented de5elopment yang dipandu (ank Dunia dan )MG. dan 5anadium. . satu ton titanium. 7alaupun ketentuan internasional sudah diratifikasi dan mulai berlaku tahun *BB<.4 !uta %m4 dan Dona Ekonomi Eksklusif (DEE) seluas 4. uranium.aut kini di!uluki 8benua keenam8 karena mengandung aneka kekayaan. (eliau !uga menun!uk #li adikin sebagai Menteri %oordinator Maritim dengan tugas membangun . )ndonesia berupa negara maritim sebagian dari laut dunia yang 5olumenya sebesar *@ kali dari tanah yang ada di permukaan air. semua ipadan dan . pembiaran pengerukan pulau perbatasan bagi keperluan ingapura memperluas daratannya.EEE ton bromium. Demi tu!uan tersebut harus dapat menguasai ? .

(erarti.aut 6hina elatan sekaligus unsur konstitutif yang sangat menentukan dera!at ketahanan nasional. suatu perairan bertaburkan beberapa kepulauan yang sudah diketahui kaya dengan sumber alam. yaitu :ruang hidup8. Yang paling bergolak di kawasan 0asifik dan diperkirakan akan terus begitu di masa depan adalah daerah . Dalam ima!inasi geopolitik )ndonesia.andasan politik ini merupakan satu kenis"ayaan bagi kemantapan dan konsistensi mana!emen pemerintahan ke arah ketahanan nasional. 0apua dan Maluku serta perairannya masing$masing merupakan ruang hidup terdepan )ndonesia yang paling rawan terhadap ge!olak di . faktor$faktor eksternal& perkembangan. #rea total dari kawasan ini adalah yang terluas dari semua area geografis di dunia. . dan 0olinesia. kita perlu mengaitkan geografi dengan politik atau merumuskan satu geopolitik )ndonesia. (ila demikian.aut 6hina elatan. %awasan yang sangat terpe"ah$belah dalam term kebangsaan ini terdiri atas tiga daerah budaya& Melanesia. #da enam negara 0asifik yang kini mengklaim kedaulatan nasionalnya atas kepulauan kaya itu dan satu di antaranya 6hina yang sudah berupa satu kekuatan laut. #sia Tenggara dan Timur #merika dahulu. menetapkan landasan politik kebumian yang kukuh dan rele5an dengan perkembangan bangsa$bangsa di sekitar kita di kawasan 0asifik. Namun. bagian 0asifik ini berpotensi besar !adi sema"am Mare Nostrum Aaman . Timur Tengah. sementara pusat massa air arsipel = erikat dan 1usia merasa berhak "ampur. (obot dari kedua unsur itu bisa berbeda karena urgensi politiko$strategis kita kaitkan dengan :dunia luar8. #da dua unsur pokok yang ditawarkan oleh geografi kepada politik. yang ditentukan oleh keluasan serta karakter fisiknya dan :posisi8. Mengingat laut ini !uga menghubungkan amudra 0asifik dan amudra 'india.pergolakan di kawasan 0asifik. permukaan tanah (pulau) yang ada di situ tergolong yang terke"il. Maka.aneka kemampuan teknologis. 0apua dan Maluku berperan sebagai :!antung8 Tanah #ir. !adi berfungsi selaku !alur transportasi perdagangan antarkawasan Eropa (arat dan Timur. sementara yang terbesar di antaranya adalah tanah (pulau) 0apua (arat dan Timur. Mikronesia. yang menempatkan ruang di bumi serta mengondisikan relasi$relasinya.

Dengan begitu. (obot dari kedua unsur itu bisa berbeda karena urgensi politiko$strategis kita kaitkan dengan :dunia luar8. C. maksim geopolitik )ndonesia berbunyi& siapa yang 8menguasai8 !antung arsipel )ndonesia akan menguasai arterinya dan siapa yang 8menguasai8 arteri akan berdaulat atas keseluruhan Negara$(angsa )ndonesia.)ndonesia dan kepulauan unda (esar dan unda %e"il yang tersebar di situ men!adi 8arteri8. !adi menurutnya )ndonesia memiliki wilayah yang sebagian besar dari luas wilayahnya berupa laut yang didalamnya terdapat sumberdaya alam yang melimpah. yaitu :ruang hidup8. 2ika ditin!au dari aspek se!arah negara indonesia se!ak !aman dahulu sudah berbudaya maritim dan memiliki pertahanan yang baik terutama di bidang kelautan. geopolitik e!"!litik ilmu politik yang 2ika ditin!au dari segi pengertian geopolitik setelah saya telaah saya merupakan mempergunakan pendekatan geografis atau ruang dan potensi alam untuk dipakai sebagai kekuatan politik dan ekonomi untuk memperthankan eksistensi negara dan mense!ahterakan rakyat. 2adi dapat ditarik kesimpulan bahwa Daod 2oesoef berpendapat bahwasanya ada dua unsur pokok yang ditawarkan oleh geografi kepada politik. Maksim ini selan!utnya men!adi ru!ukan dalam pen!abaran konsep geostrategi )ndonesia. 'al ini sesuai dengan ++D *B<> yang mengatur dan mengakui bahwa bumi.eopolitik indonesia merupakan suatu lingkungan yang dimiliki negara indonesia untuk mempertahankan eksistensinya . Namun seiring dengan ber!alannya waktu pemanfaatan sumber daya yang ada untuk meningkatkan kese!ahteraan yang kemudian dapat !uga digunakan untuk memperkuat pertahanan dan keamanan di wilayah maritim (kelautan) perlu diperhatikan karena indonesia memiliki potensi yang bagus didalam aspek wilayah. faktor$faktor eksternal& perkembangan. yang ditentukan oleh keluasan serta karakter fisiknya dan :posisi8. Rek!nse"tualisasi sependapat dengan beliau. Menurut beliau .pergolakan di kawasan 0asifik. air dan dirgantara diatasnya serta kekayaan alam yang @ . yang menempatkan ruang di bumi serta mengondisikan relasi$relasinya.

terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar$besar untuk kemakmuran rakyat . 2adi menurutnya )ndonesia memiliki wilayah yang sebagian besar dari luas wilayahnya berupa laut yang didalamnya terdapat sumberdaya alam yang melimpah !ika dimanfaatkan dengan baik maka akan dapat digunakan sebagai alat untuk mempertahankan keamanan dan eksistensi negara serta dapat di!adikan untuk mense!ahterakan rakyat di bidang ekonomi karena )ndonesia di!adikan sebagai !alur perdagangan internasional. oekarno. !alau kita lihat de inisi orang lain. merupakan suatu lingkungan yang dimiliki negara indonesia untuk mempertahankan eksistensinya. yang menjadi bangsa yaitu satu gerombolan manusia yang mau bersatu. Perlu orang-orangnya merasa diri bersatu dan mau bersatu. yang merasa dirinya bersatu. %arena saya lebih setu!u dengan pemikiran )r. politik dan letak geografinya saya sependapat dengan beliau yang menyatakan bahwasanya )ndonesia se!ak dahulu merupakan negara maritim karena sebagian besar dari wilayahnya merupakan laut. sementara pusat massa air arsipel )ndonesia dan kepulauan unda (esar dan unda %e"il yang tersebar di situ men!adi 8arteri8. 2ika ditin!au dari aspek se!arah. Ernest Renan menyebut syarat bangsa: ledesird’etre ensemble.. di dalam bukunya $ie %ationalita-ten rage. yaitu de inisi "tto #auer. oekarno menyatakan sebagai berikut& Marilah saya uraikan lebih jelas dengan mengambil tempo sedikit:Apakah yang dinamakan bangsa? Apakah syaratnya bangsa? Menurut Renan. Menurut de inisi Ernest Renan. Namun saya kurang sependapat mengenai ima!inasi geopolitik )ndonesia.#angsa adalah satu persatuan perangai yang timbul karena B . Dengan begitu. yang menyatakan bahwa 0apua dan Maluku berperan sebagai :!antung8 Tanah #ir. di situ ditanyakan: &asisteine %ation? dan ja'abannya ialah eine %ationist einaus ()hiksalsgenmeins)ha t er'a)hsene *hara)ter-gemeins)ha t. maksim geopolitik )ndonesia berbunyi& siapa yang 8menguasai8 !antung arsipel )ndonesia akan menguasai arterinya dan siapa yang 8menguasai8 arteri akan berdaulat atas keseluruhan Negara$(angsa )ndonesia. yaitu kehendak akan bersatu. +nilah menurut "tto #auer satu natie. syarat bangsa adalah kehendak akan bersatu. 0ada pidatonya di hadapan sidang (0+0%) tanggal * 2uni *B<>.

#orneo. Pada peta itu dapat ditunjukkan satu kesatuan gerombolan pulau di antara dua lautan yang besar. 2riekenland atau /unani dapat ditunjukkan sebagai satu kesatuan pula.etapi kemarinpun. 3almahera. atau tuan Munandar. +’aime et ledesir. Anak ke)il pun dapat melihat bah'a tanah +ndia adalah satu kesatuan di Asia (elatan. segenap kepulauan /unani. (ebab tatkala de inisinya itu. yang dinamakan 2eopolitik. (umatera.idak dapat dipisahkan rakyat dari bumi yang ada di ba'ah kakinya. dan di antara dua benua. de inisi Ernest Renan sudah 0erouderd1 sudah tua. yaitu benua Asia dan benua Australia. !emarin kalau tidak salah. atau Ambon saja. Persatuan antar orang dan tempat. $e inisi "tto #auer pun sudah tua. /amin berkata: 0erouderd: tua. Pro . Memang tuan-tuan sekalian.imur benua Asia sebagai gol breker atau penghadang gelombang lautan Pasi ik adalah satu kesatuan. Mereka hanya memikirkan 2emeins)ha tnya dan perasaan orangnya. +tu ditaruhkan oleh Allah s't demikian rupa. bukan Ma)edonia saja. $emikian pula tiap-tiap anak ke)il dapat melihat pada peta bumi bah'a pulau-pulau %ippon yang membentang pada pinggir . tatkala itu belum timbul satu 'etens)hap baru. . atau Maluku saja tetapi segenap kepulauan yang ditunjuk oleh *E . Maka manakah yang dinamakan tanah tumpah darah kita. Apakah tempat itu? tempat itu yaitu tanah air. atau #orneo aja atau (elebes saja. lautan Pasi ik dan lautan 3india. kalau tidak salah. !epulauan (unda !e)il. maka anggota yang terhormat Moh. Allah s't membuat peta dunia. adalah satu kesatuan. #ukan (parta saja. mengatakan tentang persatuan antara orang dan tempat. Ernest Renan dan "tto #auer hanya sekadar melihat orangnya. (eorang anak ke)il pun. bukan 5a'a saja. tuan-tuan sekalian4 "rang dan tempat tidak dapat dipisahkan4 . +ndonesia yang bulat. dibatasi oleh lautan 3india yang luas dan gunung 3imalaya. ia dapat menunjukkan bah'a kepulauan +ndonesia merupakan satu kesatuan. menunjukkan dimana kesatuan-kesatuan di situ. (eorang anak ke)il dapat mengatakan bah'a pulau 5a'a. bukan (umatera aja. tetapi (parta plus Athena plus Ma)edonia plus daerah /unani yang lain-lain. tanah air kita? menurut geopolitik. jikalau ia melihat peta dunia. bukan Athena saja. maka +ndonesialah tanah air kita. (upomo mensitir Ernest Renan. satu ilmu baru. (elebes. .persatuan nasib-.anah air itu adalah satu kesatuan. Mereka bumi yang didiami manusia itu. Maluku dan lain-lain pulau ke)il di antaranya adalah satu kesatuan. saudara !i #agus 3adikusumo. (eorang anak ke)il pula dapat mengatakan bah'a kepulauan +nggris adalah satu kesatuan. tatkala.

7ilayah yang bangsanya memiliki :. konsepsi 7awasan Nusantara dibangun atas geopolitik bangsa )ndonesia. berdasarkan geopolitik. 7awasan Nusantara sebagai wawasan nasional dibentuk dan di!iwai oleh paham kekuasaan dan geopolitik bangsa )ndonesia ('#N. 6iri nasionalisme )ndonesia adalah nasionalisme yang tidak "hau5isnisme dan !uga bukan kosmopolitanisme. %epentingan nasional itu merupakan turunan lan!ut dari "ita$"ita nasional. e"ara historis.Risalah sidang #P6P!+ dan PP!+: 7889-.kekuasaan. obana & 4EE>). Nasionalisme )ndonesia tumbuh dalam internasionalisme. bangsa )ndonesia tidak ada semangat untuk mempeluas wilayah sebagai ruang hidup (lebensraum). bangsa )ndonesia. tu!uan nasional maupun 5isi nasional. itulah . mengembangkan hubungan baik dengan bangsa lain se"ara sedera!at. %esatuan antara bangsa )ndonesia dengan wilayah tanah air itulah yang membentuk semangat dan wawasan kebangsaan. wilayah )ndonesia adalah satu kesatuan wilayah dari abang sampai Merauke. 1asa kebangsaan )ndonesia dibentuk oleh adanya kesatuan nasib. (erdasarkan pidato tersebut.Allah s't menjadi satu kesatuan antara dua benua dan dua (amudera. !iwa untuk bersatu dan kehendak untuk bersatu serta adanya kesatuan wilayah yang sebelumnya. 6ita$"ita nasional bangsa ** . 0rinsip geopolitik )ndonesia sebagaimana tersebut di atas menandakan bahwa dalam hal wilayah. (6haidir (asrie & 4EE4). bernama Nusantara. +paya membangun kesadaran untuk bersatunya bangsa dalam satu wilayah adalah dengan konsepsi 7awasan Nusantara. (angsa )ndonesia memiliki pandangan sendiri mengenai wilayah yang dikaitkan dengan politik. kesepakatan para pendiri negara 1epublik )ndonesia adalah wilayah )ndonesia merdeka hanyalah wilayah bekas !a!ahan (elanda atau eks'india (elanda. (erdasarkan uraian di atas.e desir dHetre ensemble dan 6hara"ter gemeins"haft8 menurut oekarno itulah yang harus kita satukan dan pertahankan. yaitu sebagai bangsa yang bersatu.anah Air kita4 . yang terletak antara dua samudera dan dua benua. 7awasan Nusantara dapat dikatakan sebagai penerapan teori geopolitik dari alah satu kepentingan nasional )ndonesia adalah bagaimana men!adikan bangsa dan wilayah ini senantiasa satu dan utuh.

. menurut daod 2oesoef )ndonesia berupa negara maritim sebagian dari laut dunia yang 5olumenya sebesar *@ kali dari tanah yang ada di permukaan air.aut kini di!uluki 8benua keenam8 karena mengandung aneka kekayaan.uas total wilayah )ndonesia yang =. kobalt. dan makmur. uranium.EEE ton bromium.)ndonesia sebagaimana tertuang dalam pembukaan ++D *B<> alinea )) adalah untuk mewu!udkan Negara )ndonesia. besi. berdaulat. yang terdapat di dalam air laut. 4EE ton litium. bahan baku industrial.* !uta km' tersebut adalah ==I dari seluruh luas )ndonesia. dengan kata lain luas laut )ndonesia adalah tiga kali luas daratannya. 2adi tidak dapat dipungkiri bahwa 0apua dan maluku merupakan !antung dan yang lainya merupakan arteri dari indonesia akan tetapi !antung dari bangsa indonesia adalah kesatuan yang bulat dan utuh dari semua wilayah yang tidak dapat dipisahkan. 0antai )ndonesia yang terentang sepan!ang B>. D. >E ton yodium. terletak di dasar laut. terdapat pula 9> !uta ton garam. perak dan emas.B !uta km' terdiri dari *. bersatu. yang merdeka. titanium. 7ilayah perairan ?. #merika erikat.@ km adalah terpan!ang kelima di dunia (setelah %anada. tembaga. A"likasi e!"!litik Ber$asarkan As"ek Lingkungan Alam )ndonesia merupakan negara maritim. adil. Di dasar amudra 0asifik sebelah selatan terdapat tumpukan gumpalan sema"am ini se!umlah 4EE miliar ton di samping bahan$bahan fosfor. #dapun bumi dibawah permukaan laut mengandung minyak dan gas.@ !uta km' daratan. dan 1usia). 9. ??. Di setiap satu kilometer kubik air laut. nikel.4 !uta km' laut teritorial dan 4. salah satunya adalah melindungi segenap bangsa )ndonesia dan seluruh tumpah darah )ndonesia. selain mengandung oksigen dan hidrogen. .*@E. satu ton titanium. #dapun tu!uan nasional )ndonesia sebagaimana tertuang dalam pembukaan ++D *B<> alinea )F. dan terkandung di dalam tanah di bawah laut.B !uta km' perairan DEE. Di dasar laut ada bungkalan$ bungkalan sebesar kentang yang mengandung mangan. dan 5anadium. Dari lingkungan alam yang dimiliki indonesia tersebut harusnya dapat mengaplikasikan geopolitik dengan baik sehingga dapat di!adikan untuk *4 .

Dalam skala multilateral. Dalam literatur 'ubungan )nternasional. masalah teritorial merupakan salah satu penyebab klasik mun"ulnya konflik antarnegara dan men!adi an"aman konstan bagi perdamaian serta keamanan internasional %etidak!elasan batas teritorial. terutama untuk segmen$segmen perbatasan negara yang belum disepakati. peningkatan keamanan dan keutuhan wilayah. per!uangan diplomasi perbatasan )ndonesia se!ak tahun *B>@ berhasil mengukuhkan status )ndonesia sebagai negara kepulauan se"ara *9 . Namun dalam implementasinya indonesia masih mengalami kegagalan dalam mempertahankan eksistensinya karena lemahnya dalam bidang keamanan di darat. alah satu agenda utama 0emerintah )ndonesia adalah memperkokoh keutuhan Negara %esatuan 1epublik )ndonesia (N%1)) melalui delimitasi dan demarkasi wilayah dengan negara$negara tetangga dalam konteks diplomasi perbatasan . laut maupun udara sehingga kehilangan dua kepulauan yakni ipadan dan . pemanfaatan sumber daya alam. men!adi faktor laten penyebab mun"ulnya sengketa perbatasan yang akan mengganggu stabilitas hubungan antarnegara. (ahkan negara$negara bertetangga yang menikmati hubungan paling bersahabat pun rentan mengalami konflik berkepan!angan !ika tidak mengetahui se"ara persis lokasi perbatasan mereka baik darat maupun laut. . salah satunya. baik darat maupun laut.BEE km dan memiliki wilayah perbatasan dengan *E negara. 'al ini diakibatkan oleh ketidak!elasan akan menimbulkan klaim tumpang tindih teritorial yang akhirnya bermuara pada sengketa dan konflik perbatasan. sebagai negara kepulauan dengan garis pantai sekitar @*. perbatasan negara merupakan manifestasi utama kedaulatan wilayah negara.igitan. Dalam konteks )ndonesia.etak geografis )ndonesia yang berbatasan dengan 9 negara di wilayah darat dan *E negara di wilayah laut mengharuskan )ndonesia untuk menyelesaikan per!an!ian perbatasan antarnegara.border diploma)y-. %ontribusi diplomasi perbatasan )ndonesia tidak hanya berdampak dalam skala multilateral akan tetapi dalam kerangka bilateral.mempertahankan eksistensinya sebagai negara maritim yang kokoh dengan pertahanan disegala pen!uru serta dapat !uga mense!ahterakan rakyat dengan kekayaan yang terkandung didalamnya. dimana mempunyai nilai penting dalam penentuan batas wilayah kedaulatan.

Meski demikian. keberhasilan mengukuhkan kesatuan wilayah daratan dan lautan N%1) di mata dunia tidak terlepas dari kontribusi diplomasi perbatasan. 0apua Nugini. 2ika ditin!au dari kerangka bilateral. 4.he :a' o . 'al ini disebabkan oleh& *. sementara itu pen!a!akan dengan 0alau sudah dilakukan setelah dibentuknya kantor perwakilan )ndonesia di negara tersebut tahun 4EE=. hingga No5ember 4E*E.he (ea (+N6. dengan diterimanya prinsip negara kepulauan maka laut$laut di tengah kepulauan )ndonesia bukan lagi dianggap sebagai perairan internasional.este. melainkan sebagai laut pedalaman. ebelumnya. edangkan dengan Timor . hingga saat ini )ndonesia belum menyepakati satupun batas maritim dengan Gilipina. Diplomasi perbatasan men!adi sebuah u!ung tombak penegakan kedaulatan N%1)/ Diplomasi perbatasan men!adi !embatan penghubung konsep politik luar negeri )ndonesia dalam persepsi :pemeliharaan kepentingan nasional8 dan !uga pemeliharaan hubungan bertetangga yang baik/ *< . dan #ustralia. )ndonesia telah menyelesaikan per!an!ian delimitasi laut teritorial di 4 segmen baik tengah tahun *B=9 dan barat (Nipah$Tuas) tahun 4EEB di elat ingapura. Dengan demikian. )ndonesia masih harus berkonsentrasi pada penyelesaian batas darat yang sudah men"apai B=I dari total batas darat yang harus didemarkasi. (atas maritim sudah ditetapkan se!ak tahun *B?B dengan Malaysia dan dengan Fietnam tahun 4EE9. dan Timor . Thailand. elain itu. Namun. 0erundingan dengan Gilipina sedang ber!alan.C ) pada tahun *B@4. Terakhir dengan ingapura. )ndonesia telah menetapkan batas maritim dengan )ndia. )ndonesia telah menetapkan batas dengan tu!uh negara meskipun belum sepenuhnya tuntas. 0alau.internasional dalam prinsip hukum laut 6nited %ations *on0ention on .este. Namun dewasa ini e!umlah keberhasilan )ndonesia dalam proses diplomasi di atas menun!ukkan bahwa diplomasi perbatasan maritim men!adi sebuah preseden yang baik dalam penguatan konsepsi wawasan nusantara guna men!aga dan memelihara keamanan dan pertahanan wilayah )ndonesia. ingapura. batas laut wilayah negara kepulauan hanya 9 mil laut dari titik pulau terluar.

uas 7ilayah Nasional >. (udidaya. umberdaya yang dapat diperbaharui seperti/ 0erikanan (Tangkap. (ahan tambang dan mineral lainnya serta 'arta %arun.E !uta km4. .EEE pulau.E !uta km4.B !uta km4. umberdaya yang tidak dapat diperbaharui seperti/ Minyak bumi dan . >. terdiri dari 0erairan Nusantara seluas 4. 0otensi 7ilayah pesisir dan laut )ndonesia dipandang dari segi 0embangunan adalah sebagai berikut& *.9. . 0erhubungan dan %epelabuhana serta 0enampung (0enetralisir) limbah.EEE km dan !umlah pulau lebih dari *@. <. #ngin. 0erairan Nasional seluas 9. 4. Terumbu karang. Energi %elautan seperti/ 0asang$surut. 'utan mangro5e.* !uta km4.aut Teritorial seluas E. Diplomasi perbatasan maritim memberikan sebuah keter!aminan realokasi dan pengembangan D# perairan dan kelautan/ Diplomasi perbatasan adalah sebuah kun"i menu!u mana!emen wilayah perbatasan dan penguatan sistem pertahanan melalui so t diploma)y ebuah diplomasi perbatasan dan !uga mana!emen wilayah perbatasan pada akhirnya bermuara pada satu titik kritis yaitu peningkatan ekonomi dan kese!ahteraan. CTE6 ( ")ean . )ndustri (ioteknologi %elautan dan 0ulau$pulau ke"il.uas Daratan sekitar *. Didalam aspek lingkungan alam yang digunakan indonesia memiliki potensi kelautan se"ara fisik dalam bidang ekonomi adalah& potensi wilayah pesisir dan lautan )ndonesia dipandang dari segi fisik. . luas DEE (EJlusi5e E"onomi" Done) sekitar 9.hermal Energy *on0ersion). dan 0as"apanen). 2asa$!asa . <.as.elombang.@ !uta km4.0an!ang garis pantai lebih dari @*.9 !uta km4. 0otensi umberdaya 0ulih (Rene'able Resour)e).ingkungan seperti/ 0ariwisata.aut *> . 9. . 0ergeseran konsep pertahanan dan keamanan !uga men!adi sebuah design baru bagi )ndonesia untuk memanfaatkan potensi kewilayahan khususnya dalam bidang kelautan se"ara terarah dan berkesinambungan. 0otensi wilayah pesisir dan lautan lndonesia dipandang dari segi 0erikanan meliputi/ 0erikanan .

yang lebih dari separuhnya atau sekitar 94. dengan taksiran nilai + K >.tahun.EEE.tahun.EEE. edangkan sisanya sebesar @B. menyiapkan %ebi!akan Ekonomi %elautan Nasional (%ational ")ean E)onomi) Poli)y). dan 0otensi (ioteknologi %elautan tiap tahun sebesar + K <E. membuat %ebi!akan %elautan Nasional (%ational ")ean Poli)y) yang payung hukum dan road map untuk arah pembangunan nasional sektor kelautan.tahun. Mari"ulture (rumput laut. (udidaya #ir Tawar *. Demersal.EEE. pembangunan kelautan kedepan hendaknya didorong untuk melaksanakan 9 (tiga) agenda yang harus segera direalisasikan.@ miliar barel terdapat di laut dalam.E@E.<E9 ton.E9B. 6adangan minyak yang belum ter!amah itu diperkirakan >=. kebi!akan ini merupakan roadmap yang menuntun penggunaan dan pemanfaatan *? .EEE.aut )ndonesia memiliki "adangan minyak dan gas.6akalang.E?E.>EE. Dari <E "ekungan itu *E "ekungan telah diteliti se"ara intensif. 0elagis %e"il.9E4. dengan taksiran nilai + K *>.EEE.tahun. ** baru diteliti sebagian. mineral dan bahan tambang yang besar.EEE. 0ertama.<EE dan yang baru sempat digali sekitar + K *=.*B>. dengan taksiran nilai + K *.> I.@4< ton. sekitar =E persen atau sekitar <E "ekungan terdapat di laut. 0otensi tersebut belum termasuk hutan mangro5e. +dang. 0erairan +mum 9>?.*EE ton.tahun. =.?>*.EEE.B9>. dan lainnya) sekitar <.> miliar barel berupa kekayaan yang belum ter!amah.?4E. dan kerang$kerangan serta Mutiara sebanyak >4@. Dari hasil penelitian (00T (*BB@) dari ?E "ekungan minyak yang terkandung dalam alam )ndonesia. ikan. Diperkirakan ke$<E "ekungan barel yang diketahui dengan pasti.E**. terumbu karang serta energi terbarukan serta !asa seperti transportasi. se"ara total potensi umberdaya 0erikanan )ndonesia senilai + K =*.*E>.EEE. +ntuk itu.E4E ton. dengan taksiran nilai + K >?=. 0otensi umberdaya Tidak 0ulih (Non 1enewable 1esour"e).EEE ton. (udidaya Tambak *.E?@.> miliar barel di antaranya sudah dieksploitasi.EEE. pariwisata bahari yang memiliki peluang besar untuk dikembangkan. dengan taksiran nilai + K *E. sedangkan 4B belum ter!amah. 0esisir dari .B<@.<EE.(Tuna.EEE. %edua. ?.9 miliar barel terkandung di lepas pantai.@EE atau 4<.

kepentingan dan kewenangan nasional terhadap wilayah laut )ndonesia. %etika )ndonesia menyadari diri dan lingkungan alamnya yang ter"ermin dalam geopolitik. Demikian halnya dengan penegakan keamanan di laut yang sangat berkaitan dengan kedaulatan dan hak$hak berdaulat N%1). %edua. Disisi lain indonesia !uga kurang dalam mengelola potensi alam yang dimiliki yaitu adanya kasus impor garam dari luar negeri. Tanggung !awab ini dimulai dari )onsideren)e setiap lapisan untuk tetap berada dalam naungan kewilayahan 1). )ndonesia perlu mempela!ari tata pemerintahan sesuai dengan ketentuan %on5ensi 'ukum . %etiga adalah tata kelola yang baik untuk kelautan (")ean 2o0ernan)e). %edua dimensi tersebut dilaksanakan untuk mengatur ruang laut. pemanfaatan. elandia (aru. seperti %anada. dsb.aut )nternasional serta negara lain yang lebih ma!u. Dalam konteks tersebut. pemeliharaan dan perlindungan sumberdaya kelautan dalam bentuk tata pemerintahan di laut. Dalam melaksanakan kebi!akan kelautan )ndonesia. faktor penting lainnya adalah kualitas DM kelautan )ndonesia yang sampai saat ini belum memenuhi kualifikasi standar internasional sehingga masih perlu terus ditingkatkan. kepentingan dan keterikatan )ndonesia terhadap peraturan dan kon5ensi global di perairan internasional. kema institusionalisasi sebagai bagian dari mana!emen wilayah dari abang sampai Merauke adalah bagian yang tidak lepas dari tanggung !awab pemerintah dan masyarakat. sebuah tanggung !awab besar akan pen!agaan dan pemeliharaan wilayah khsusunya wilayah kelautan adalah kenis"ayaan. delimitasi dan demarkasi hingga mana!emen wilayah. ")ean 2o0ernan)e ini merupakan sebuah )ode o )ondu)t dalam pengelolaan kelautan se"ara holistik. Tahap diplomasi perbatasan maritim men!adi sebuah bridge bagi )ndonesia untuk mempertahankan wilayah dan kembali memberikan road map eksistensi kewilayahan itu sendiri khususnya dalam bidang kelautan baik alokasi.sumberdaya kelautan yang didedikasikan untuk kepentingan nasional yang bermuara pada peningkatan kese!ahteraan rakyat. #ustralia dan 0eru. elain tata pemerintahan di laut. *= . setidaknya terdapat dua dimensi yang harus diperhatikan. 0engenalan akan geografis bangsa se"ara luas dan sempit !uga akan meningkatkan sifat kepemilikan dan keterikatan satu sama lain antar wilayah dan suku bangsa. (elanda. 0ertama.

pemanfaatan sumber daya berbasis kelautan untuk peningkatan kese!ahteraan dan ketahanan ekonomi akan teroptimalisasi. Dengan memiliki sebuah grand design pertahanan. bangsa. dan segenap aspek kehidupan nasionalnya. A"likasi g!e"!litik terha$a" Lingkungan Alam ()entuk "ulau* ebagai Negara kepulauan. Dorongan kuat untuk mewu!udkan persatuan dan kesatuan )ndonesia ter"ermin pada momentum sumpah pemuda tahun *B4@ dan kemudian dilan!utkan dengan per!uangan kemerdekaan yang pun"aknya ter!adi pada saat proklamasi kemerdekaan )ndonesia *= #gustus *B<>. alah satu pedoman bangsa )ndonesia adalah wawasan nasional yang berpi!ak pada wu!ud wilayah nusantara sehingga disebut dengan wawasan nusantara. %epentingan nasional yang mendasar bagi bangsa )ndonesia adalah upaya men!amin persatuan dan kesatuan wilayah. dalam pelaksanaannya bangsa )ndonesia tidak bebas dari pengaruh interaksi dan interelasi dengan lingkungan sekitarnya. baik lingkungan regional maupun internasional. sustanabilitas dan kematangan konsep bahari dan blue re0olution akan men!adi tombak penegak menu!u negara maritim. Negara )ndonesia memiliki unsur$unsur kekuatan sekaligus kelemahan. ementara kelemahannya terletak pada wu!ud kepulauan dan keanekaragaman masyarakat yang harus disatukan dalam satu bangsa dan satu tanah air. sebagaimana telah diper!uangkan oleh para pendiri Negara ini. 0enyelenggaraan Negara kesatuan 1epublik )ndonesia sebagai system kehidupan nasional bersumber dari dan bermuara pada landasan ideal pandangan hidup dan konstitusi +ndang$+ndang Dasar *B<>. hal ini akan berimplikasi pada internal se)urity impro0ement. %ekuatannya terletak pada posisi dan keadaan geografi yang strategis dan kaya sumber daya alam.ternal de ense )apability. #khirnya. E. %arena hanya dengan upaya inilah bangsa *@ . "ara pandang geopolitik dan geostrategis )ndonesia harus diba"kup dengan sebuah sistem pertahanan yang mumpuni. dengan masyarakat yang berbhinneka.elan!utnya. selain meningkatkan e. Dalam hal ini bangsa )ndonesia perlu memiliki prinsip$prinsip dasar sebagai pedoman agar tidak terombang$ambing dalam memper!uangkan kepentingan nasional untuk men"apai "ita$"ita dan tu!uan nasionalnya.

wawasan nusantara adalah geopolitik )ndonesia. dan terkandung di dalam tanah di bawah laut.dan Negara )ndonesia dapat tetap eksis dan dapat melan!utkan per!uangan menu!u masyarakat yang di"ita$"itakan. membentang sepan!ang 9. . Mengingkari takdir ini berarti mengabaikan parti"ular (elum lagi laut nasional yang seluas => persen dari seluruh permukaan wilayah nasional. serta memiliki tak kurang dari *9. (umi )ndonesia ditakdirkan bernatur maritim. )ndonesia terlihat seperti pe"ahan$pe"ahan yang berserakan.aut kini di!uluki 8benua keenam8 karena mengandung aneka kekayaan.andasan politik ini merupakan satu kenis"ayaan bagi kemantapan dan konsistensi mana!emen pemerintahan ke arah ketahanan nasional. yang ditentukan oleh keluasan serta karakter fisiknya dan 8posisi8. )ndonesia adalah suatu negara. atau sebanding dengan seperdelapan pan!ang keliling (umi.> !uta mil. selain harus berusaha menguasai aneka kemampuan teknologis. )ndonesia sebenarnya punya banyak peluang menyempurnakan nasib ketahanan nasional yang mantap. #da dua unsur pokok yang ditawarkan oleh geografi kepada politik. 'al ini dipahami berdasarkan pengertian bahwa dalam wawasan nusantara terkandung konsepsi geopolitik )ndonesia. . yaitu unsur ruang.EEE pe"ahan *B . yang terdapat di dalam air laut. kita perlu mengaitkan geografi dengan politik atau merumuskan satu geopolitik )ndonesia. Tapi bila dipikirkan lebih !auh. hal ini adalah suatu kebanggaan dan kekayaan. yang menempatkan ruang di bumi serta mengondisikan relasi$relasinya. bahan baku industrial. terletak di dasar laut. yang kini berkembang tidak sa!a se"ara fisik geografis. 2ika dilihat sekilas. (erarti. kita perlu pula menetapkan landasan politik kebumian yang kukuh dan rele5an dengan perkembangan bangsa$bangsa di sekitar kita di kawasan 0asifik. melainkan dalam pengertian se"ara keseluruhan. +ntuk tu!uan wa!ar itu. yang terletak di sebelah tenggara benua #sia. yaitu 8ruang hidup8. Dengan ini kita berarti dianugerahi sebagian penting dari laut dunia yang 5olumenya sebesar *@ kali dari tanah yang ada di permukaan air. Cleh karena itu. yang tidak ada tandingannya lagi di dunia ini. Dan sebagai *9. hal ini merupakan suatu kerugian tersendiri bagi bangsa dan negara )ndonesia.??4 pulau.

%ondisi fisis )ndonesia/ Yaitu letak geografis. yaitu #sia dan #ustralia. 9. dan faktor sosial politik. menyebabkan )ndonesia men!adi suatu daerah (ufferAone. <.okasi fisikal )ndonesia. 'al ini bisa dilihat pada aspek$aspek di bawah ini& *. Maka. 0osisi silang. elain men!adi daerah (ufferAone. )ndonesia berada pada dua benua. serta kondisi )ndonesia ditin!au dari lokasinya. 9. yaitu demokrasi #ustralia dan demokrasi #sia elatan. 4.eopolitik yang benar$benar "o"ok untuk digunakan oleh negara ini. 0olitik/ )ndonesia berada di antara dua sistem politik yang berbeda. )ndonesia pun memperoleh beberapa keuntungan disebabkan kondisinya yang silang tersebut. yaitu amudera 0asifik dan 'india. diperlukan sebuah konsep . %eberadaan pada lokasi ini adalah faktor utama yang mempengaruhi politik di )ndonesia. #da beberapa !enis kondisi geografis bangsa )ndonesia. 4E . untuk mempersatukan (angsa )ndonesia. )ndonesia pun berada diantara dua samudera. atau daerah penyangga. iklim. . (erpotensi men!adi !alur perdagangan )nternasional/ Dapat lebih memainkan peranan politisnya dalam per"aturan politik )nternasional/ . 4. dan sistem pertahanan kontinental di utara. Yaitu kondisi fisis. seperti yang telah disebutkan pada poin kondisi fisikal. sumber$ sumber alam.> !uta mil. #ntara lain& *.ebih aman dan terlindung dari serangan$serangan negara kontinental.yang tersebar sepan!ang 9. 4. posisi silang. )ndonesia dapat dikatakan sebagai sebuah negara yang amat sulit untuk dapat dipersatukan. Ekonomi/ )ndonesia berada di antara sistem ekonomi liberal #ustralia dan sistem ekonomi sentral #sia/ )deologis/ )ndonesia berada di antara ideologi kapitalisme di elatan dan komunis di sebelah utara/ istem 0ertahanan/ )ndonesia berada di antara sistem pertahanan maritim di selatan. *.

militer. 9. politik. 4. budaya. ekonomi. (erbeda dengan pemahaman geopolitik negara lain yang "enderung mengarah kepada tu!uan ekspansi wilayah. ebagai negara kepulauan yang luas. walaupun terpisah$pisah. bangsa )ndonesia tetap menganggap negaranya sebagai satu kesatuan utuh yang terdiri dari :tanah8 dan :air8. yaitu bidang ideologi. Diperlukan suatu konsep geopolitik khusus untuk menyiasati keadaan. Masalah$masalah teritorial yang ter!adi di )ndonesia. dasar geografi. (angsa )ndonesia beranggapan bahwa laut yang dimilikinya merupakan sarana :penghubung8 pulau. kehidupan beragama. pada umumnya menyangkut beberapa hal berikut& *. yaitu tu!uan nasional dan tu!uan ke dalam.kondisi Negara )ndonesia. konsep geopolitik )ndonesia. bukan :pemisah8. memiliki berbagai masalah yang berkaitan dengan kondisinya itu. sebagai sebuah negara kepulauan yang amat luas. 0embinaan wilayah untuk men"iptakan ketahanan nasional yang maksimal dan efektif/ Gaktor kese!ahteraan dan keamanan/ 0embinaan teritorial yang dititikberatkan pada penyusunan potensi 'ankam/ (ila masalah$masalah yang timbul dari beberapa faktor di atas dapat diatasi dengan baik oleh (angsa )ndonesia. ehingga. atau 7awasan Nusantara !ustru bertu!uan untuk mempertahankan wilayah. e"ara umum. Tu!uan dari 7awasan Nusantara dibagi men!adi dua tu!uan. serta kondisi sosial masyarakat. yang terdiri dari ribuan pulau dan sepan!ang 9. sehingga laAim disebut sebagai :tanah air8. demografi. terdapat suatu prosedur yang dinamakan :geostrategi8. dan pembangunan. maka akan ter"apailah suatu keadaan yang dinamakan ketahanan nasional. sosial.)ndonesia. geostrategi merupakan upaya untuk memperkuat ketahanan di berbagi bidang. +ntuk men"apai keadaan tersebut. %onsep geopolitik itu adalah 7awasan Nusantara.> !uta mil. (eberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya masalah teritorial ini antara lain. Tu!uan nasional dapat dilihat dalam 0embukaan 4* .

Yang meliputi subyek. dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. perdamaian abadi dan keadilan sosial. 0ada ++D H<> di!elaskan bahwa tu!uan kemerdekaan )ndonesia adalah untuk melindungi segenap bangsa )ndonesia dan seluruh tumpah darah )ndonesia dan untuk mewu!udkan kese!ahteraan umum. atu kesatuan negara/ atu ++D dan politik pelaksanaannya/ atu ideologi dan identitas nasional. serta kepentingan kawasan untuk menyelenggarakan dan membina kese!ahteraan. atu kesatuan wilayah/ atu wadah (angsa )ndonesia yang bersatu/ atu kesatuan tumpah darah dengan bersatunya dan dipersatukan segala anugerah dan hakekatnya. b. 4. men"erdaskan kehidupan bangsa. atu perwu!udan budaya nasional atas dasar (hinneka Tunggal 44 . Maka dapat disimpulkan bahwa tu!uan bangsa )ndonesia adalah men!un!ung tinggi kepentingan nasional. atu kesatuan ekonomi/ atu tertib ekonomi sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan/ eluruh potensi yang ada atau yang dapat diadakan. a. yaitu tu!uan ke dalam. a. +ntuk mewu!udkan integrasi tanah air serta men"apai tu!uan 7awasan Nusantara di atas. maka dipakailah empat asas. a. )ka/ d. adalah mewu!udkan kesatuan segenap aspek kehidupan baik alamiah maupun sosial. kedamaian dan budi luhur serta martabat manusia di seluruh dunia. 9. ". atu tertib sosial dan tertib hukum. yaitu& *. diselenggarakan se"ara total untuk mewu!udkan suatu kesatuan sistem pertahanan keamanan. edangkan tu!uan yang kedua. b. b. obyek dan metode.++D H<>.

Dengan wawasan Nusantara. 49 . %etahanan nasional )ndonesia bersifat defensif serta melihat dan mawas ke dalam disertai usaha untuk membina daya. dengan demikian ikut serta !uga dalam membina kebahagiaan dan perdamaian bagi seluruh umat manusia di dunia. sudah sesuai dengan aspirasi dari falsafah 0an"asila.0erwu!udan tanah air sebagai satu kesatuan. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa 7awasan Nusantara bermaksud untuk mewu!udkan kese!ahteraan. kekuatan serta kemampuan sendiri. meliputi segenap aspek kehidupan alamiah dan sosial. 0elaksanaan 7awasan Nusantara akan terlihat hasilnya dengan terwu!udnya suatu ketahanan nasional )ndonesia. suatu ketahanan nasional dapat ter"apai sesuai dengan kepribadian serta bentuk kepulauan )ndonesia yang satu kesatuan dalam persatuan ini. ketenteraman dan keamanan bagi (angsa )ndonesia.

dengan meru!uk kepada politik internasional. ementara kelemahannya terletak pada wu!ud kepulauan dan keanekaragaman masyarakat yang harus disatukan dalam satu bangsa dan satu tanah air. dengan melalui seperangkat hokum dan aparat pen!amin tegaknya tertib hukum dan kedaulatan. . #esim"ulan . se!arah dan ilmu sosial. hubungan timbal balik antara geografi dan politik. yang men"akup lokasi. serta unsur kebi!aksanaan. .BAB III PENUTUP A. %ekuatannya terletak pada posisi dan keadaan geografi yang strategis dan kaya sumber daya alam. Negara )ndonesia memiliki unsur$unsur kekuatan sekaligus kelemahan. . sehingga membuat batas$batas Negara. etelah bangsa menegara. yaitu keadaan geografis.hubungan internasional dari sudut pandang ruang atau geosentrik. politik dan strategi.eopolitik merupakan ilmu politik 4< . ebagai Negara kepulauan.eopolitik mempunyai < unsur yang pembangun.eopolitik merupakan suatu ka!ian yang melihat masalah. Tu!uan penentuan garis batas selain untuk integrasi bangsa !uga untuk memper!elas batas pembinaan sumberdaya alam untuk keamanan maupun kese!ahteraan. Dorongan kuat untuk mewu!udkan persatuan dan kesatuan )ndonesia ter"ermin pada momentum sumpah pemuda tahun *B4@ dan kemudian dilan!utkan dengan per!uangan kemerdekaan yang pun"aknya ter!adi pada saat proklamasi kemerdekaan )ndonesia *= #gustus *B<>.eopolitik mengka!i makna strategis dan politis suatu wilayah geografi. sebagaimana telah diper!uangkan oleh para pendiri Negara ini. dengan masyarakat yang berbhinneka. luas serta sumber daya alam wilayah tersebut. .eopolitik dapat lebih disederhanakan lagi sebagai suatu studi yang mengka!i masalah$masalah geografi. kesadaran ruang men!adi kesadaran akan kedaulatan.

B.ingkungan #lam (bentuk pulau)/ Transportasi dan %omunikasi (sirkulasi)/ umber Daya Ekonomi/ umber Daya Manusia/ istem . yang ditentukan oleh keluasan serta karakter fisiknya dan :posisi8. Menurut beliau .eopolitik indonesia merupakan suatu lingkungan yang dimiliki negara indonesia untuk mempertahankan eksistensinya. 2ika ditin!au dari aspek se!arah negara indonesia se!ak !aman dahulu sudah berbudaya maritim dan memiliki pertahanan yang baik terutama di bidang kelautan. Daod 2oesoef berpendapat bahwasanya ada dua unsur pokok yang ditawarkan oleh geografi kepada politik. yaitu :ruang hidup8.eopolitik indonesia memiliki konsep suatu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan antara wilayah satu dengan yang lainya. Namun seiring dengan ber!alannya waktu pemanfaatan sumber daya yang ada untuk meningkatkan kese!ahteraan yang kemudian dapat !uga digunakan untuk memperkuat pertahanan dan keamanan di wilayah maritim (kelautan) perlu diperhatikan karena indonesia memiliki potensi yang bagus didalam aspek wilayah. karena !ika tidak 4> . . faktor$ faktor eksternal& perkembangan. #plikasi geopolitik dalam aspek lingkungan alam hendaknya perlu dipikirkan agar eksistensi dan keutuhan negara indonesia dapat ter!aga.(udaya 0olitik. ekonomi.yang mempergunakan pendekatan geografis atau ruang dan potensi alam untuk dipakai sebagai kekuatan politik. (obot dari kedua unsur itu bisa berbeda karena urgensi politiko$strategis kita kaitkan dengan :dunia luar8.militer dalam strategi negara untuk men"apai tu!uan politiknya yang mempunyai beberapa aspek yang meliputi & . Saran .eopolitik )ndonesia hendaknya di!aga dan perlu diperhatikan oleh pemerintah khususnya didaerah tertinggal dan terpen"il. yang menempatkan ruang di bumi serta mengondisikan relasi$relasinya.pergolakan di kawasan 0asifik. 2adi menurutnya )ndonesia memiliki wilayah yang sebagian besar dari luas wilayahnya berupa laut yang didalamnya terdapat sumberdaya alam yang melimpah. dan istem Tata 1uang. .

minyunn. 4EE=. mudiyo.4*..id.#2#1.**.uns.EB.rinastkip."om. dimakmurkan negara lain dan rakyatnya ikut memilih men!adi warga negara yang memeliharanya.wordpress. adnan muhammad. basuki sis wahono.4E*4.blog.wordpress. haryati sri. Yogyakarta& 0+ T#%# 0E. 0endidikan %ewarganegaraan di 0erguruan Tinggi. PE%$+$+!A% M<!E&AR2A%E2ARAA%. urakarta& +ns 0ress http&.4E*4.diperhatikan mungkin akan diperhatikan negara lain.*E. utomo tri aprili!anto.. DA+TAR PUSTA#A (akry Ms Noor. http&. haryono. uryo. 4EEB. http&.tin!auan$teoritis$mengenai$geopolitik$ indonesia.4@.geopolitik$indonesia.4E*4.fa!argm."om.a".E9. 4? .hasan. winarno..geopolitik$indonesia.