PENGGUNAAN ANTENA MIMO PADA LTE

Antena adalah suatu transformator dari gelombang terbimbing menuju gelombang tidak terbimbing. Antena dapat berupa seutas kawat logam atau kabel yang di bentangkan sedemikian rupa dan dapat menyerap listrik induksi dari gelombang elektromagnet yang dipancarkan oleh stasiun pemancar (misalnya stasiun televisi). Antena berfungsi untuk menerima dan memancarkan gelombang radio dari bentuk energi listrik ke bentuk gelombang elektromagnetik melalui udara bebas dan sebaliknya untuk menerima gelombang elektromagnetik di udara bebas ke bentuk sinyal listrik.

Antena dapat bekerja di mana saja karena gelombang elektromagnetik bisa merambat di udara terbuka, hampa udara, di dalam air atau di dalam lorong bawah tanah sekalipun. Antena yang paling baik ialah antena yang dapat meneruskan sinyal dengan spektrum energi frekuensi radio paling besar, apabila dilihat dari segi penerimaan jarak jauh.

Saat ini perkembangan teknologi membutuhkan peningkatan dalam throughput data dan link range tanpa tambahan bandwidth atau daya transmisi, Peningkatan spectral efisiensi, mengurangi fading (link reability), dan lain-lain. Antenna Mimo atu teknologi yang muncul menggunakan prinsip diversity dengan tujuan meningkatkan data rate dalam range yang lebih besar tanpa membutuhkan bandwidth atau daya transmisi yang besar. Sistem MIMO ini terdiri dari beberapa antena pemancar dan penerima yang menciptakan diversity antara transmitter dan receiver. Keberhasilan dari teknologi MIMO ini mendorong dikembangkannya konsep komunikasi kooperatif dimana banyak user dengan antenna tunggal dapat memanfaatkan user lain dalam menyampaikan informasi untuk menciptakan sistem MIMO.

Ide dasar dari sistem MIMO adalah untuk menciptakan spatial diversity sinyal pemancar dari lokasi yang berbeda. Sistem ini menggunakan sejumlah antena pengirim dan sejumlah antena penerima. Hal tersebut bertujuan untuk menjadikan sinyal pantulan sebagai penguat sinyal utama sehingga saling mendukung atau tidak saling menggagalkan.

karena LTE mampu melayani transfer data yang tinggi pada pergerakan user hingga mencapai 300 km/jam.Salah satu rencana pengaplikasian antenna Mimo adalah pada LTE. Selain itu LTE juga memiliki rate yang tinggi yaitu 100 Mbps pada sisi downlink dan 50 Mbps pada sisi uplink serta memiliki cakupan area yang lebih luas. Teknologi LTE merupakan teknologi generasi ke-4 (4G) standar 3GPP Release 8 dianggap cocok untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Keuntungan menggunakan antenna Mimo pada teknologi LTE adalah dapat memungkinkan antena untuk melewatkan data berukuran besar yang sebelumnya dipecah dan dikirim secara terpisah. Nama : Heny Pramita Siwi NIM : 111100109 .