UTS AGAMA DAN ETIKA ISLAM

Alify Raissa Octaviani / 15112095 Teknik Geodesi dan Geomatika

1. Mengapa orang lebih yakin akan kebenaran hukum alam daripada kebenaran hukum agama? Berikan ilustrasi! Jawab : Manusia kebanyakan lebih yakin akan adanya hukum alam karena akibat pelanggaran hukum alam dapat cepat dibuktikan melalui pengamatan panca indera aatau bersifat empirik. Karena bersifat empirik, maka orang mudah meyakini (mengimani) kebenaran hukum alam. Sikap percaya ini kemudian melahirkan sikap hati-hati menghadapi hukum alam. Sikap hati-hati itu disebut taqwa. Lain dengan hukum Al-Qur’an, reaksi akibat pelanggaran hukum Al-Qur’an tidak secepat hukum alam, bahkan ada yang baru bisa dibuktikan di akhirat nanti. Karena akibatnya lambat maka manusia kurang percaya (kurang iman) terhadap hukum Al-Qur’an. Akibatnya lebih jauh adalah manusia kurang berhati-hati (tidak taqwa) kalau berhadapan dengan hukum Al-Qur’an. Dalam keseharian terbukti bahwa orang lebih takut meminum racun daripada memakan uang riba. Padahal memakan uang riba juga berbahaya, tetapi karena akibat makan riba sangat lambat maka orang kurang hati-hati terhadap uang riba.

2. Mana batas perbedaan antara manusia khalifah fil ardhi dengan mufsidin( perusak)? Jawab :

Manusia sebagai khalifah di bumia yaitu manusia hanyalah bertindak sebagai
pengelola (administrator) dan manusia tidak memegang posisi ini menurut haknya sendiri tanpa mempertimbangkan hak orang lain, manusia harus mengelola sesuai dengan arahan-arahan yang diberikan Tuhan, selama menjalankan kekuasaan, hendaknya manusia memenuhi tujuan maksud dan tujuan Tuhan, manusia harus menjalankan kekuasaan dengan batas-batas yang digariskan oleh Tuhan, dan setiap manusia yang memegang kekuasaan kendaknya bertanggung jawab atas segala tindakan yang diambil. Sedangkan Segala kejadian seperti tatanan yang baik di dunia ini, baik yang dikaitkan dengan kehendak manusia maupun yang tidak. Misalnya gempa, kemarau, banjir, wabah penyakit, perang, perampokan dan segala bentuk yang mengganggu ketentraman dalam kehidupan manusia.

alhadist dan ijtihad dalam menetapkan hukum islam! Berikan contoh seputar konsep ekonomi Jawab : Al-Qur'an Al-Qur'an sebagai kitab suci umat Islam adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia hingga akhir zaman. namun tetap berpegang teguh pada ajaran agama masing-masing. Selain sebagai sumber ajaran Islam. Jelaskan hubungan antara alquran. banjir disebabkan karena ulah manusia yang seenaknya membuang sampah sembarangan. membangun daerah resapan air. Tapi Islam mampu mengatasi keragaman atau perbedaan ini. Keragaman ini tidak bisa dihapus. Paling tidak kejadian-kejadian itu sebagai pertanda kemurkaan Allah terhadap manusia yang larut dalam kemungkaran. dll. Dalam QS Al A’raf: 158: Qul Yaa ayyuhannaas. etnis dan bahasa. Al Qur'an disebut juga sebagai sumber pertama atau asas pertama syara'. Baik langsung maupun tidak langsung manusialah yang jadi penyebab terjadinya kerusakan-kerusakan itu. sesungguhnya aku (Muhammad) adalah utusan Allah untuk kami semua. Islam itu mengakui pluralitas. innii Rasuulullaahi ilaikum jamii’an: Wahai sekalian manusia. . 4. sebagaimana dalam QS. 3. al-Hujurat dan ar-Ruum. yaitu karena Islam ditujukan bagi seluruh umat manusia.. Ini menunjukkan bahwa syariat Allah adalah untuk seluruh umat manusia. namun dalam pluralism semua orang sama dan tidak ada koridor antar manusia atau orang walaupun memiliki keyakinan yang berbeda. Pluralitas ialah sebuah pengakuan mengenai keberagaman agama-agama yang ada. Misalnya saja banjir.itu termasuk peristiwa-peristiwa alam dianggap sebagai akibat ulah manusia. Selain itu dalam paham pluralism setiap kelompok sah-sah saja terlahir walaupun merupakan aliran sesat. Bedakan antara pluralisme dengan pluralitas! Islam memilih yang mana? Apa dasar hukumnya? Jawab : Pluralisme agama adalah kondisi hidup bersama antar agama yang berbeda-beda dalam suatu komunitas dengan tetap mempertahankan cirri-ciri spesifik masingmasing agama. Islam mengakui adanya perbedaan bangsa dan suku.

. Faktor kemanusiaan dalam ekonomi Islam terdapat dalam kumpulan etika. sikap moderat dan persaudaraan sesama manusia. manusia merupakan faktor utama. Pemahaman makna ini didukung oleh ayat al Qur'an dalam Surat Al Maidah yang menyatakan bahwa hal-hal yang tidak dijelaskan ketentuannya sudah dimaafkan Allah. Etika Islam mengajurkan manusia untuk menjalin kerjasama. Jelaskan hubungan ketiganya dalam proses mewujudkan insan yang berperilaku baik! Jawab : Aqidah merupakan suatu bentuk ketetapan hati manusia. keadilan. Oleh sebab itu. Jika diibaratkan sebuah pohon. maka umat Islam tidak diperkenankan mengambil ketentuan lain. tata cara akhlak. yang ada pada Al-Qur’an. serta ijtihad para ulama yang mencakup etika. kemuliaan. Jika kita memiliki aqidah yang baik. merupakan kumpulan yang khusus memuat sumber hukum Islam setelah al Qur'an berisikan aturan pelaksanaan. Walaupun ada beberapa pertentangan di dalamnya tapi merupakan kebenaran yang hanya orang orang yang diberikan izin oleh Allah untuk bisa memahaminya dan semua ini atas kehendak Allah. untuk menetapkan sesuatu putusan hukum Islam. Sedangkan al-hadist. Hadits. 5. Aqidah ibarat akar. dengki dan dendam. ucapan yang dinisbatkan kepada Rasulullah. untuk seluruh umat manusia. aqidah ialah akar yang melandasi apa yang akan dilakukan. Dalam ajaran Islam. syariah ibarat cabang dan daun. dan akhlak adalah buah yaitui segala yang kita ambil sesuai hukumnya atau tidak. merupakan kitab suci yang berisikan kebenaran. Terkait dengan susunan tertib syariat.Al-Hadist Perbedaan al-qur'an dan al-Hadist adalah al-qur'an. maka umat Islam dapat menentukan sendiri ketetapannya itu. al Qur'an dalam surat Al Ahzab ayat 36 mengajarkan bahwa sekiranya Allah dan rasul-Nya sudah memutuskan suatu perkara. sedangkan akhlak bagaikan buahnya. Ijtihad Ijtihad adalah sebuah usaha para ulama. secara implisit dapat dipahami bahwa jika terdapat suatu perkara yang Allah dan rasul-Nya belum menetapkan ketentuannya. yang kemudian dibukukan menjadi satu bundel. syariat adalah hukum yang mengatur kemana arah dan tujuan kehidupan kita. Sedangkan Akhlak adalah hal-hal yang berkaitan dengan perilaku manusia. Ijtihad dilakukan setelah Nabi Muhammad wafat sehingga tidak bisa langsung menanyakan pada beliau tentang sesuatu hukum. Aqidah merupakan suatu pondasi atau akar dari apa yang akan dilakukan manusia. Dalam ekonomi Islam. kebebasan. berdasarkan al Qur'an dan al Hadist. hukum hukum dan firman Allah. tolong-menolong dan menjauhi sikap iri. maka selanjutnya perilaku manusia akan diatur oleh syariah (hukum).