LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN POSYANDU LANSIA DUSUN NANGSRI DESA SRIHARDONO KECAMATAN PUNDONG KABUPATEN BANTUL PROVINSI YOGYAKARTA

Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Disusun Oleh : Kelompok Mahasiswa PKL Dusun Nangsri

Program Studi DIII Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan `Aisyiyah Yogyakarta 2013

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ) PENYULUHAN TENTANG POSYANDU LANSIA DI DUSUN NANGSRI SRIHARDONO PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA

I.

PENDAHULUAN Perubahan menjadi tua adalah perubahan alami yang akan dialami oleh

setiap orang yang memasuki lanjut usia (lansia). Pada lansia tahapan ini merupakan suatu perubahan kehidupan yang ditandai dengan menurunnya kemampuan tubuh untuk menghadapi tekanan baik dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Lansia adalah seseorang yang karena usianya mengalami perubahan biologis, fisik, kejiwaan dan sosial. Perubahan ini akan memberikan pengaruh pada seluruh aspek kehidupan termasuk kesehatannya. Berbagai penyakit yang terkait dengan perubahan menjadi tua akan muncul seperti rematik, tekanan darah tinggi, ketidak mampuan malakukan kegiatan sehari-hari. Pengetahuan Lansia masih sedikit kurang dan banyak yang mengartikan bahwa lansia sudah tidak bisa berkarya lagi dan melakukan banyak kegiatan. Sehingga diperlukan adanya penyuluhan tentang kegiatan yang bisa dilakukan oleh lansia. Usia lanjut adalah suatu kejadian yang pasti akan dialami oleh semua orang yang dikaruniai usia panjang, terjadinya tidak bisa dihindari oleh siapapun. Namun manusia dapat berupaya untuk menghambat kejadiannya. Istilah untuk manusia yang usianya sudah lanjut belum ada yang baku. Orang sering menyebutnya berbeda-beda. Ada yang menyebutnya manusia usia lanjut(Manula), manusia lanjut usia (Lansia), ada yang menyebut golongan lanjut umur (Glamur), usia lanjut (Usila), bahkan kalaudi Inggris orang biasa

Pematangan jaringan yang biasanya dipakai sebagai indeks umur biologis. Tujuan Khusus Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan ini. Beberapa ahli biasanya membedakannya menurut 2 macam umur. ada orang lain yang menyebutnya 60 tahun ke atas atau 65 tahun ke atas yang termasuk kelompok usia lanjut. NAMA KEGIATAN Posyandu Lansia Dusun Nangsri Desa Srihardono Pundong Bantul III. II. TUJUAN KEGIATAN A.Umur biologis adalah usia yang sebenarnya. Pola hidup sehat dengan olahraga 4. Memberi asupan diri dengan makanan yang bergizi 2. Di Indonesia batasan tadi belum ada. Namun. TEMA KEGIATAN “Lansia Sehat Sejahtera Nangsri Srihardono” IV. lansial dapat menjelaskan kembali: Kegiatan yang bisa dilakukan lansia seperti : 1. Perawatan diri . Tujuan Umum Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan diharapkan para lansia bisa tetap berkarya dan bersemangat. yaitu umur kronologis dan umur biologis.menyebutnya dengan istilah warna negara senior. berarti usia di atas 55 tahun barangkali termasuk dalam golongan usia lanjut.Umur kronologis adalah umur yang dicapai seseorang dalam kehidupannya dihitung dengan tahun almanak atau kalender. tetapi dengan usia pensiun 55 tahun. Kegiatan social 3. B.

TEMPAT KEGIATAN Kegiatan Posyandu Lansia di laksnaan di Dusun nagsri srihardono pundong bantul. Istirahat berkualitas 6. III.7 desember 2013 V. VII. Mendekat dan Berserah diri kepada Allah swt. SASARAN Lansia di dusun nagsri srihardono pundong bantul berjumlah 25 orang. IV. PERSERTA KEGIATAN Seluruh lansia di dusun nangsri. SUSUNAN ACARA Terlampir VIII. VI. SUSUNAN KEPANITIAN Terlampir IX. ESTIMASI DANA Terlampir X. HAMBATAN Peserta terlalu antusias sehingga tidak komunikatif .5. WAKTU KEGIATAN Acara kegiatan penyuluhan didusun nangsri srihardono pundong Bantul dilaksanakan pada hari Minggu.

semoga kegiatan ini dapat bermanfaat. serta untuk memberikan evaluasi Acara Penyuluhan Posyandu Lansia Dengan rahmat Allah SWT. XII. PENUTUP Demikian LPJ ini kami susun sebagai laporan dalam pelaksanaan Praktik Kebidanan Komunitas oleh Mahsiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan „Aisyiyah Yogyakarta. . SARAN Panitia di harapkan lebih mematangkan persiapan dan lebih aktif dalam bekerja sama untuk setiap kegiatan. Kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu dalam acara penyuluhan posyandu lansia.XI.

Yogyakarta. Pembimbing Kelompok Ketua Panitia ( Nurul Mahmuda S.ST ) (ovilyana ) . 7 Desember 2013 Mengetahui.

Brainstorming C. Pembukaan B. Relevensi Alquran 4. Makanan gizi untuk lansia . Pengertian Lansia 2. Pemberian Materi / isi 1. Manfaat nutrisi 5. Kebutuhan hidup pada lansia 3.Lampiran 1 SUSUNAN ACARA A.

ST Komunikator : Nisak Apriliana Ekowati Moderator Penyaji Fasilitator Observer : Noviana Putri : Novi Belinda Fridayani : Nannyk Widyaningrum : Niken Damayanti Nofri Nurfitasari Notulen : Nor Adiyati Arifah Rahmah .Lampiran 2 PANITIA PENYULUHAN POSYANDU LANSIA Pembimbing : Nurul mahmuda S.

70000 .000 25. 10.Lampiran 3 ANGGARAN DANA Pemasukan      Iuran Anggota @5000 x 14 = Rp. 26. Fotocopy Leaflet dan Teka-teki silang ( 25 lembar ) Gula 2 kg Kacang hijau 2 kg Print LPJ = Rp. = Rp.70000 Pengeluaran.000 9. = Rp.000 = Rp.000 Total = Rp.

Lampiran 4 DOKUMENTASI .

SATUAN ACARA PENYULUHAN LANJUT USIA Disusun Oleh: Kelompok PKL Dusun Nangsri PKL MAHASISWA DUSUN NAGSRI SRIHARDONO PUNDONG BANTUL PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ‘AISYIYAH YOGYAKARTA 2013/ 2014 .

Pada lansia tahapan ini merupakan suatu perubahan kehidupan yang ditandai dengan menurunnya kemampuan tubuh untuk menghadapi tekanan baik dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Lansia adalah seseorang yang karena usianya mengalami perubahan biologis. Sehingga diperlukan adanya penyuluhan tentang kegiatan yang bisa dilakukan oleh lansia. Berbagai penyakit yang terkait dengan perubahan menjadi tua akan muncul seperti rematik. fisik. Pengetahuan Lansia masih sedikit kurang dan banyak yang mengartikan bahwa lansia sudah tidak bisa berkarya lagi dan melakukan banyak kegiatan. tekanan darah tinggi.SATUAN ACARA PENYULUHAN ( SAP ) LANJUT USIA I. ketidakmampuan malakukan kegiatan sehari-hari. PENGANTAR Bidang Studi Topik Sub Topik Sasaran : Kebidanan Komunitas : Lansia : Kegiatan Lansia : Seluruh Lansia . kejiwaan dan sosial. IDENTIFIKASI MASALAH Perubahan menjadi tua adalah perubahan alami yang akan dialami oleh setiap orang yang memasuki lanjut usia (lansia). II. Perubahan ini akan memberikan pengaruh pada seluruh aspek kehidupan termasuk kesehatannya.

Kegiatan social 3.Ceramah . V. METODE 1. Mendekat dan Berserah diri kepada Allah swt. lansial dapat menjelaskan kembali: Kegiatan yang bisa dilakukan lansia seperti : 1.00 WIB : 30 menit : pendopo dusun nagsri srihardono pundong bantul III. 7 desember 2013 : 10. Memberi asupan diri dengan makanan yang bergizi 2.Hari/tanggal Jam Waktu Tempat Yogyakarta : Minggu . Istirahat berkualitas 6. Pola hidup sehat dengan olahraga 4. IV. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM ( TIU ) Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan diharapkan para lansia bisa tetap berkarya dan bersemangat. TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS ( TIK ) Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan ini. MATERI Terlampir VI. Perawatan diri 5.

Leaflet VIII.Materi SAP 2.Menjelaskan materi penyuluhan secara berurutan dan teratur Materi : 1.menjawab salam . Memberi asupan diri dengan makanan yang bergizi 2. KEGIATAN PEMBELAJARAN No Waktu 1 2 menit Kegiatan Penyuluhan Pembukaan 1. Memberi salam 2. Kegiatan social 3.mendengarkan dan memperhatikan 2 20 menit Pelaksanaan .2. Perawatan diri 5.Menyimak dan memperhatikan . Istirahat berkualitas 6.Tanya Jawab VII. MEDIA 1. Menjelaskan tujuan pembelajaran 3. Mendekat dan Berserah . Menyebutkan materi/ pokok bahasan yang akan disampaikan Kegiatan Peserta . Pola hidup sehat dengan olahraga 4.

Memberikan pujian atas keberhasilan lansia menjelaskan pertanyaan dan memperbaiki kesalahan serta menyimpulkan. Mendekat dan Berserah diri kepada Allah swt . Pola hidup sehat dengan olahraga 4. Perawatan diri 5. Istirahat berkualitas 6. 3 5 menit Evaluasi .diri kepada Allah swt. Kegiatan social 3.Bertanya dan menjawab pertanyaan .Menyimpulkan materi yang telah disampaikan . Memberi asupan diri dengan makanan yang bergizi 2.Meminta para lansia menjelaskan atau menyebutkan kembali : 1. 4 3 menit Penutup .Menjawab salam .

Mengucapkan salam I. PENGESAHAN Yogyakarta. EVALUASI Metode evaluasi Jenis pertanyaan : Diskusi dan Tanya jawab : Lisan II..Mengucapkan terima kasih atas perhatian dan waktu yang telah diberikan peserta . 7 Desember 2013 Sasaran Pemberi Penyuluhan .

ST) I.(seluruh lansia ) ( pkl mahasiwa stikes aisyiyah) Mengetahui Pembimbing PKL (Nurul Mahmuda S. LAMPIRAN MATERI GIZI PADA LANSIA .

aspek ekonomi dan aspek sosial. Hal ini disebabkan terjadinya perubahan dalam struktur dan fungsi sel. penduduk lanjut usia lebih dipandang sebagai beban dari pada sebagai sumber daya. Tetapi bagi orang lain. Gizi pada lansia Menurut Bernice Neugarten masa tua adalah suatu masa dimana orang dapat merasa puas dengan keberhasilannya.A. serta sistem organ. masa kelemahan manusiawi dan social sangat tersebar luas dewasa ini. Pengertian . Pandangan ini tidak memperhitungkan bahwa kelompok lanjut usia bukanlah kelompok orang yang homogen . Sedangkan menurut Prayitno dalam Aryo mengatakan bahwa setiap orang yang berhubungan dengan lanjut usia adalah orang yang berusia 56 tahun ke atas. Lanjut usia merupakan istilah tahap akhir dari proses penuaan. seringkali dipersepsikan secara negatif sebagai beban keluarga dan masyarakat. . Lanjut usia (elderly) 60 -74 tahun. Usia tua dipandang sebagai masa kemunduran. bahkan ada yang sampai beranggapan bahwa kehidupan masa tua. Dalam mendefinisikan batasan penduduk lanjut usia menurut Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional ada tiga aspek yang perlu dipertimbangkan yaitu aspek biologi. Secara ekonomi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggolongkan lanjut usia menjadi 4 yaitu : Usia pertengahan (middle age) 45 -59 tahun. periode ini adalah permulaan kemunduran. jaringan. Secara biologis penduduk lanjut usia adalah penduduk yang mengalami proses penuaan secara terus menerus. Banyak orang beranggapan bahwa kehidupan masa tua tidak lagi memberikan banyak manfaat. yang ditandai dengan menurunnya daya tahan fisik yaitu semakin rentannya terhadap serangan penyakit yang dapat menyebabkan kematian. lanjut usia tua (old) 75 – 90 tahun dan usia sangat tua (very old) diatas 90 tahun.

sehingga mereka mempunyai banyak teman yang dapat diajak berkomunikasi. sandang. B. kesamaan hobby dan sebagainya (4) Kebutuhan harga diri (esteem needs) adalah kebutuhan akan harga diri untuk . kemandirian dan sebagainya (3) Kebutuhan sosial (social needs) adalah kebutuhan untuk bermasyarakat atau berkomunikasi dengan manusia lain melalui paguyuban. kesenian. Kebutuhan hidup orang lanjut usia antara lain kebutuhan akan makanan bergizi seimbang. perumahan yang sehat dan kondisi rumah yang tentram dan aman. olah raga.”(QS. kebutuhan-kebutuhan sosial seperti bersosialisasi dengan semua orang dalam segala usia. memberikan pengarahan untuk kehidupan yang baik. pemeriksaan kesehatan secara rutin. Orang lanjut usia juga memiliki kebutuhan hidup yang sama agar dapat hidup sejahtera. organisasi profesi. Kebutuhan tersebut sejalan dengan pendapat Maslow dalam Koswara (1991) yang menyatakan bahwa kebutuhan manusia meliputi (1) Kebutuhan fisik (physiological needs) adalah kebutuhan fisik atau biologis seperti pangan. Kebutuhan tersebut diperlukan oleh lanjut usia agar dapat mandiri. papan. seks dan sebagainya.tidak mempunyai penghasilan dan tidak berdaya mencari nafkah untuk keperluan pokok bagi kehidupannya sehari-hari. Kebutuhan Hidup Pada Lanjut Usia Setiap orang memiliki kebutuhan hidup. (2) Kebutuhan ketentraman (safety needs) adalah kebutuhan akan rasa keamanan dan ketentraman. membagi pengalaman. Relevensi Alquran „„Hai orang-orang yang beriman makanlah diantara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada allah jika benarbenar kepadanya kamu menyembah. kebebasan.Al Baqarah 172) C. baik lahiriah maupun batiniah seperti kebutuhan akan jaminan hari tua.

Nutrisi untuk pertumbuhan. Untuk itu. Manfaat Nutrisi 1. Sel-sel tubuh memasak dan mengolah zat makanan yang masak agar zat makanan dapat dipakai untuk pekerjaan tubuh. Sel-sel tubuh memasak dan mengolah zat makanan yang masak agar zat makanan dapat dipakai untuk pekerjaan tubuh b. Dengan makanan bergizi. Dalam keadaan tidurpun tubuh tetap membutuhkan tenaga untuk bernafas. dan berperan dalam kehidupan. Makanan sebagai suku cadang. tubuh manusia tumbuh dan dipelihara. Bagian tubuh yang rusak diganti. Kulit dan rambut terus berganti. D. sel . dan (5) Kebutuhan aktualisasi diri (self actualization needs) adalah kebutuhan untuk mengungkapkan kemampuan fisik. Dengan makanan bergizi. Semua organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Kulit dan rambut terus berganti. Makanan juga dibutuhkan untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti mandi. serta tenaga memasak zat . Semua organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. setelah sakit kita perlu banyak makan makanan bergizi. c. rohani maupun daya pikir berdasar pengalamannya masing-masing. Begitu juga untuk yang menjalani operasi atau yang baru melahirkan. tubuh manusia tumbuh dan dipelihara.sel tubuh terus bertumbuh. menyapu.sel tubuh terus bertumbuh. bersemangat untuk hidup. degup jantung. sel .diakui akan keberadaannya. Bagian tubuh yang rusak diganti. juga berkebun. Makanan sebagai bensin tubuh.

bijian.kacangan. Selain mengonsumsi serat. kacang-kacangan. Makanlah lembaga biji-bijian terutama gandum. biji . lansia juga harus banyak minum terutama air putih. minyak sayur dan sayuran hijau. Jika sebelum lansia sehari minum nasgitel sebanyak 2- 3 kali. Retno mengingatkan konsep minum 'nasgitel' (panas legi kentel. makanan perlu diatur agar sesuai dengan kebutuhan tubuh. Buah. Apalagi pada lansia sering banyak keluhan soal buang air besar. sayuran hijau. dan mutunya sesuai dengan kebutuhan sehari-hari D. Untuk mempertahankan kesehatan dan menunda kemunduaran fungsi organ tubuh. ragi. Vitamin B kompleks berguna untuk menjaga sistem saraf. umbi-umbian. Yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh.makanan dan memakainya. Vitamin E berguna bagi pembentukan sel darah merah yang sehat. kacang. Nutrisi yang diperlukan adalah: 1. 2. 3. frekuensinya harus dikurangi. Dapat dijumpai pada serealia. 5. utamakan buah yang bisa dimakan dengan kulitnya karena seratnya lebih banyak. Mineral sebagai zat pengatur dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur sayuran. Kebiasaan makan . Namun. Karbohidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga untuk menghasilkan kalori dapat diperoleh dari serealia. dan kental) yang umumnya disukai orang Jawa. panas. E. telur dan produk susu. Makanan/Gizi untuk lansia 1. otot dan jantung agar berfungsi secara normal. 3. Jumlahnya harus memadai. 2. manis. maka setelah lansia cukup sekali saja. 4.

Air 5. Emping. Batasi minum kopi atau the Hindari BENJOL ( Bayam. Lemak ) 6. 7. Otak . Zat besi. Kebutuhan makanan : Lemak Protein : 1 gr/hari : 1 gr/hari : 5 – 8 gelas per hari. mudah dicerna dan jangan makan terlau kenyang.4. Vitamin D. Nanas. Peningkatan spiritual Mendekatkan diri pada Allah SWT. Mineral. Jerohan. Keimanan dan ketaqwaan kepeda Tuhan merupakan benteng yang ampuh untuk melindungi dari ancaman di masa tua. Merencanakan makanan Jadwal waktu makan dibuat sering denag porsi kecil. Kalsium. Minum secukupnya dan konsumsi garam dikurangi. Aspek Psikologis Mencari bantuan orang lain untuk melakukan aktivitas fisik yang diperlukan Menentukan kondisi hidup yang sesuai dengan perubahan status ekonomi dan kondisi fisik Mencari teman baru untuk menggantikan suami atau isteri yang telah meninggal atau pergi jauh atau cacat Mengembangkan kegiatan baru untuk mengisi waktu luang yang semakin bertambah Belajar untuk memperlakukan anak yang sudah besar sebagai orang dewasa .

dan . menyehatkan jantung. Aktivitas fisik dikatakan dapat memperbaiki komposisi tubuh. otot dan tulang. memperlancar proses pencernaan dan buang air besar (proses). massa otot. dan mengurangi kebutuhan terhadap obat-obatan.- Mulai merasakan kebahagiaan dari kegiatan yang sesuai untuk orang berusia lanjut dan memiliki kemauan untuk mengganti kegiatan yang lebih cocok. Dengan berorientasi pada problem ini.Aktivitasfisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh yang berulang-ulang serta ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani disebut olahraga (Farizati. membuat kualitas tidur lebih baik. Manfaat aktivitas fisik pada lansia adalah dapat memperpanjang usia. B. Secara umum dikatakan bahwa aktivitas fisik bagi lansia dapat menunjang kesehatan. AKTIVITAS LANSIA A. mengasuh cucu. sulit buang air besar. membuat lansia lebih mandiri. dapat dirancang suatu latihan fisik yang bertujuan untuk menambah nafsu makan (input). seperti berjalan. mengurangi kecemasan dan depresi. Manfaat Akivitas Fisik Bagi Lansia Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang membutuhkan energy untuk mengerjakannya. serta fleksibilitas sehingga lansia lebih sehat dan bugar dan resiko jatuh bekurang. yaitu dengan meningkatkan nafsu makan. dan pemanfaatan makanan sebagai sumber energi. kesehatan tulang.2002). dan memperoleh kepercayaan diri yang tinggi. Jenis Aktivitas Fisik Bagi Lansia Problem yang ditemui pada lansia adalah kurang nafsu makan. menari. dan lain sebagainya. seperti lemak tubuh. mencegah obesitas. proses pencernaan yang tidak sempurna.

pijatan dan gerakan.Disamping itu lambung perlu didesak. Seheba tapapun komposisi gizi yang disediakan. 1. terutama dilakukan dengan sasaran lambung. dan kanan-kir itulang belakang.Titik-titik akupunktur untuk lambung. kalau tidak dimakan. Aktivitas Fisik Untuk Mengatur Pengeluaran Energi Keseimbangan antara input dan out put perlu banyak perlu ditambah dipertimbangkan pada usila.mengefisienkan pemanfaatan energy di tubuh (out put). 2. Disamping problem pencernaan. harus dimanipulasi dengan pukulan. Aktivitas Fisik Untuk Menambah Nafsu Makan Aktivitas fisik yang ditujukan untuk menambah nafsu makan. kelenjar pencernaan akan dapat memproduksi enzim dengan kuantitas yang cukup dan kualitas baik. Dengan aliran darah yang baik. Kegemukan pada usila akan memperberat atau bahkan . penurunan daya ingat dan konsentrasi perlu dicegah dengan aktivitas fisik. Aktivitas Fisik Untuk Memperlancar Proses Pencernaan Aktivitas fisik ini terutama ditujukan untuk usus. dengan aktivitas fisik perangsang peristaltic usus. dan dimanfaatkan oleh tubuh.Desakan dan tarikan diperut bagian tengah maupun bawah akan menambah efektif perangsangan tersebut. 4 dari segala arah dengan gerakan membungkuk. 3. maka belum dapat member hasil guna. Kesulitan buang air besar pada lansia. untuk mendapatkan berat badan yang sesuai. menegang kebelakang dan memuntir perut. Manipulasi pada perut bagian tengah dengan arah vertical dan melingkar dimaksudkan untuk memperlancar aliran darah ke usus dan merangsang peristaltick usus. diproses. sepet imisalnya di bahu. selain diatasi dengan makanan berserat dan banyak minum.

Aktivitas fisik bagi usila yang kegemukan disarankan untuk menggunakan sepeda stasioner. Pengaturan diet dan aktivitas fisik merupakan kombinasi ideal untuk memutus lingkaran tersebut. Lakukan aktivitas fisik tersebut sebanyak 2 x 30 menit setiap hari. atau latihan di air untuk mengurangi beban di sendi lutut. mulai dari Diabetes Mellitus sampai Hipertensi dan Penyakit Jantung Koroner. dan nafsu makan tertekan. senamjantungsehat. yoga untuk lansia.Jenis latihan yang dilakukan adalah yang bersifat aerobik. Berkebun 4. Berjalan kaki 2. Olahraga khusus seperti senam lansia. Dahului dengan pemanasan . Lansia dapat menjalankan aktivitas yang menyehatkan di pagi hari atau di sore hari. disarankan untuk melakukan aktivitas fisik ringan dalam waktu 20 . dan kurang aktivitas fisik akan menyebabkan bertambah gemuk. Hal tersebut terjadi bolak-balik. minimal 3 hari dalam seminggu.Dengan waktu minimal 30menit diharapkan lebih banyak energy dari lemak akan terbakar. Aktivitas yang tidak melelahkan ini akan merangsang nafsu makan.memicu timbulnya berbagai penyakit degeneratif . yaitu intensitas rendah dengan waktu minimal 30 menit. Ada lingkaran setan antara kegemukan dengan aktivitas fisik. Bagi mereka yang terlalu kurus. Lansia gemuk cenderung malas untuk melakukan aktivitas fisik. Disamping itu kegemukan juga akan memperberat beban sendi penyangga badan terutama lutut dan pergelangan kaki. sehingga akan semakin melemahkan usila kegemukan. antara lain dengan: 1. atau menahan beban yang intensif.30 menit. Bersepeda bila memungkinkan 3.

blogspotcom/2010/03/aktivitas-sehat-lanjut-usia. mengurangi resiko patah tulang. lansia dianjurkan minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi DAFTAR PUSTAKA http://muhamadrezapahlevi. melancarkan sirkulasi darah dan metabolis metubuh. Olahraga tersebut akan memberikan manfaat bagi jantung lansia. dan menyehatkan mental.html diakses pada tanggal 22 Nov 2013 pukul 23. Sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik/olahraga.ringan sebelum berolahraga dan tutuplah dengan pendinginan.00 .html?m=1 diakses pada tanggal 22 Nov 2013 pukul 24.multiply.blogspot.com/journal/item/50 diakses pada tanggal 22 Nov 2013 pukul 23.30 WIB http://ainidebruin.com/2012/05/satuan-acara-penyuluhan-saphidup sehat.30 WIB http://tksponorogo.