RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP

)

SatuanPendidikan Kelas / Semester Mata Pelajaran AlokasiWaktu Materi Sub pokokmateri

: SMP : VIII (Delapan) / Semester I : FISIKA : 4 x 40 Menit : Pesawat Sederhana : - Pesawat Sederhana - Jenis-jenis pesawat sederhana

STANDAR KOMPETENSI 5. Memahami peranan usaha, gaya dan energi dalam kehidupan sehrai-hari.

KOMPETENSI DASAR 5.4. Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

INDIKATOR 1. Mendefinisikan pesawat sederhana. 2. Menjelaskanjenis-jenis pesawat sederhana . 3. Mendefinisikan keuntungan mekanis. 4. Menghitung besarnya keuntungan mekanis tuas 5. Menghitung besarnya kuasa pada sebuah katrol. 6. Membedakan katrol tunggal tetap dan katrol tunggal bergerak. 7. Menentukan besarnya keuntungan mekanis pada bidang miring

A. Tujuan Pembelajaran Siswa mampu menguasai semua indikator-indikator yang dikemukakan diatas. B. Karakter siswa yang diharapkan : - Disiplin (Discipline ) - Rasa hormat dan perhatian (respect) - Tekun ( Diligence) - Tanggung jawab ( responsibility) - Ketelitian ( carefulness)

1. Artinya dengan gaya yang kecil kita dapat mengangkat atau memindahkan beban yang besar namun dengan usaha yang tetap. arah gaya atau keduanya. Sehingga keuntungan mekanis dapat dirumuskan : KM = = = Jenis-Jenis Pesawat Sederhana Ada empat jenis pesawat sederhana. Katrol Katrol adalah sebuah roda beralur dimana seutas tali atau rantai dapat bergerak bolak balik. yaitu tuas. Keuntungan Mekanis Keuntungan mekanis merupakan bilangan yang menunjukkan berapa kali lipat pesawat menggandakan gaya kuasa. Tuas berfungsi untuk memperbesar gaya. Ada tiga jenis katrol yaitu katrol tunggal tetap. tuas kelas kedua dan tuas kelas ketiga. Atau dapat dikatakan keuntungan mekanis merupakan perbandingan gaya beban dengan gaya kuasa.C. Materi Pokok PESAWAT SEDERHANA Pesawat sederhana merupakan alat sederhana yang digunakan untuk memudahkan melakukan usaha. lF Dapat ditulis : Keuntungan mekanis = Dimana : w = Gaya beban (N) F = Gaya kuasa ( N) lw=lengan beban lF= lengan kuasa Tuas dapat dibedakan berdasarkan posisi gaya kuasa. lw = F . 2. Linggis merupakan salah satu pesawat sederhana yang memudahkan kerja atau usaha dengan cara mengubah besar gaya. Tuas Linggis yang digunakan untuk membuka kotak dan sendok yang digunakan untuk membuka tutup kaleng termasuk pesawat sederhana jenis tuas. yaitu tuas kelas pertama. pisau untuk mengiris daging dan linggis untuk membuka kotak. katrol. Contoh pesawat sederhana gunting untuk memotong kertas. bidang miring dan roda gigi. gaya beban dan titik tumpu. katrol tunggal bergerak dan sistem = . w .

tanya jawab. D. tangga dan jalan di pegunungan dibuat berbelok-belok. 3. diskusi. Keuntungan mekanis merupakan perbandingan antara panjang bidang miring dengan tinggi bidang miring. sekrup. demonstrasi. penugasan.  Model : DI ( Direct Instruction) Kooperatif STAD E. Keuntungan bidang miring tergantung pada panjang bidang miring. Bidang miring Bidang miring adalah suatu permukaan miring yang penampangnya berbentuk segitiga.katrol (takal). Alat/ Bahan/ Media Pembelajaran  Buku teks  Mistar . antara lain baji. Metode/Model Pembelajaran  Metode: ceramah. KM = Dimana : s = panjang bidang miring (m) h = tinggi bidang miring ( m) Penerapan bidnag miring dalam kehidupan sehari-hari selain papan miring.

. Skenario Pembelajaran ICARE Kegiatan awal (10’) Introduction Model Pembelajaran Kooperatif STAD Fase 1 Menyampaikan tujuan  Guru membuka pelajaran dengan  Siswa menjawab salam guru. dan  Guru memberikan motivasi kepada siswa memotofasi siswa informasi yang disampaikan guru. pentingnya pembelajaran. Connection  Guru menyampaikan apersepsi seperti:  Apa yang dimaksud dengan pesawat sederhana?  Jika kalian ingin menggeser batu yang sangat berat. apa yang dapat kamu gunakan untuk  Mendengarkan apersepsi yang disampaikan guru dan memberi tanggapan terhadap apersepsi yang di berikan guru. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama (Tuas & Katrol Tunggal tetap) No.F.  Siswa mendengar dan menyimak motivasi yang diberikan guru. mempersiapkan siswa untuk belajar.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. tujuan pembelajaran dan Kegiatan Guru Kegiatan Siswa memberikan salam.  Menyimak informasi latar belakang pelajaran. namun ternyata tidak bisa menngesernya hanya dengan tangan.

Kegiatan Reflection Fase 5  Meminta perwakilan kelompok untuk  Perwakilan masing-masing kelompok kesimpulan dari diskusi dan percobaan. . atau  Menyampaikan materi mengenai pesawat  Mendengarkan sederhana. mengenai tugas yang belum dimegerti. mengambil apa yang air kamu untuk mempermudah penjelasan guru serta mencatatnya. dan memperhatikan kamu sumur ingin .  Membagikan LKS pada setiap kelompok.  Perwakilan kelompok menerima LKS yang dibagikan oleh guru  Membimbing kelompok belajar pada saat  Perwakilan kelompok siswa bertanya mereka mengerjakan tugas yang terdapat di LKS  Secara kelompok siswa diminta untuk  Setiap kelompok bekerja sama membuat membuat kesimpulan dari diskusi dan percobaan yang telah dilakukan. tuas dan katrol tunggal tetap.membantumu menggeser batu tersebut?  Ketika didalam butuhkan pekeerjaanmu? Kegiatan inti (60’) Aplication Fase 2 Menyajikan menyampaikan informasi Fase 3 Mengorganisasi siswa kelompokkelompok belajar Fase 4 Membimbing kelompok dan belajar bekerja dalam  Membagi siswa dalam beberapa kelompok  Mengikuti instruksi guru dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.

Kegiatan Guru Kegiatan Siswa indikator dan tujuan pembelajaran yang . hasil  Merespon serta menjawab pertanyaan dari guru.  Mendengarkan guru  Memberi salam penutup pada guru.  Menginformasikan dan  Menjawab salam dari guru menyampaikan  Mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru serta mencatatnya. Skenario Pembelajaran ICARE Kegiatan awal (10’) Introduction Model Pembelajaran Direct Instruction Fase 1: Menyampaikan tujuan dan  Memberi salam pada siswa.penutup (10’) Evaluasi mepersentasekan kesimpulan dari hasil diskusi sesuai dengan tugas yang diberikan  Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah diajarkan dengan cara mempersentasekan/membacakan diskusi kelompok. Extention Fase 6 Memberikan penghargaan  Memberi penghargaan kepada  Ikut bertepuk tangan sebagai penghargaan kepada individu atau kelompok yang terbaik. Pertemuan Kedua (Katrol Tunggal Bergerak & Bidang Miring) No. memberikan beberapa poin pertanyaan mengenai materi yang telah dipelajari.  Menjawab salam penutup. siswa/kelompok siswa yang berprestasi sebagai upaya menghargai hasil belajar individu dan kelompok  Menginformasikan pelajaran yang selanjutnya.

Mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru. Bertanya pada guru mengenai soal yang tidak dimengerti.  Memberikan untuk  Menjawab pertanyaan guru.  Memperhatikan demonstrasi yang penjelasan yang disampaikan guru dilakukan guru serta menganalisis. potensial. semangat menimbulkan antusias siswa dalam belajar dan bertanya kepada siswa. mengapa jalan disekitar gunung atau pegunungan dibuat melingkar-lingkar?  Menyajikan informasi yang berhubungan  Mendengarkan serta menyimak dengan konsep :  katrol tunggal bergerak dan  bidang miring Kegiatan inti (60’) Aplication Fase 2: Mendemonstrasikan pengetahuan keterampilan . Connection akan dipelajari. . seperti alur-alur pada sekrup  Meminta siswa mengerjakan beberapa  soal-soal Fase 3: Membimbing pelatihan mengenai energi  Mengikuti instruksi guru. atau  Mendemonstrasikan contoh dari :  Katrol tunggal bergerak.  Prinsip bidang miring.mempersiapkan siswa.kinetik dan mekanik  Membimbing siswa saat mengerjakan  soal-soal.

penjelasan guru dengan guru membahas jawaban yang telah dikerjakan beberapa temannya didepan kelas. dan penerapan.  Menjawab salam penutup pada guru.  Memberi penguatan atas jawaban siswa  Mendengarkan dan menyimak guru.  Mendengarkan dan menyimak guru.Kegiatan penutup (10’) Reflection Fase 4: Mengecek pemahaman dan  Memita dua atau tiga orang siswa kedepan  Dua atau tiga orang siswa kedepan kelas untuk mereka. jawaban yang telah dituliskan oleh dua atau tiga siswa dipapan tulis.  Memberi salam penutup.  Menginformasikan pelajaran yang selanjutnya. yang diberikan oleh guru. . Extention Fase 5: Memberikan kesempatan pelatihan untuk lanjutan  Guru memberikan tugas kepada siswa  Siswa mendengarkan dan mencatat PR sebagai PR (Pekerjaan Rumah) mengenai sub materi katrol tunggal bergerak dan bidang miring sebagai pelatihan lanjutan untuk siswa. yang benar dan meluruskan jawaban siswa yang salah. serta dan menyimak bersama-sama memberikan umpan  Bersama-sama dengan siswa membahas  Mendengarkan balik. menuliskan hasil perhitungan untuk menuliskan dipapan tulis jawaban yang telah mereka buat.

.

IPA Fisika 2.Alat dan Bahan Praktikum H. 2007. Jakarta : Esis Purjiyanta. Eka dkk. IPA Fisika Untuk SMP Kelas VIII. 19601209198302 2 003 Miftahul Husnah NIM.2008. Teknik penilaian  Penugasan b. September 2012 Mahasiswa Calon Guru Nurhaida Naibaho NIP. 4. Penilaian a. 5. 3.G. 409 321 037 . Aspek yang dinilai 1 1. Sumber Belajar . Bentuk instrument :  Tes tertulis berupa uraian :  Tes tertulis berupa uraian LEMBAR PENILAIAN DALAM PRESENTASI / DISKUSI No. Jakarta : Erlangga . Mikrajuddin. Guru Pamong Sidikalang . 2.Buku IPA Fisika & Buku referensi yang relevan Abdullah. Kemampuan menyampaikan informasi Cara menjawab pertanyaan Kemampuan mengajukan pertanyaan Kemampuan mengajukan argumentasi Kerelaan menghargai pendapat orang lain Jumlah 2 Skor 3 4 Mengetahui.

.

Indikator Soal Pesawat Kunci Jawaban sederhana adalah alat yang dapat Mendefinisikan pesawat Apa yang dimaksud dengan pesawat sederhana? sederhana mempermudah melakukan usaha.INSTRUMEN PENILAIAN No.? .. Jika lengan bebannya 5 cm dan lengan kuasanya 50 cm. Menghitung besarnya Besar beban suatu benda sama dengan besar gaya kuasanya yaitu 75 N. Bidang miring merupakan suatu permukaan miring yang penampangnya berbentuk segitiga yang 2. b. Jelaskan dengan singkat jenis-jenis pesawat Jenis-jenis pesawat sederhana : sederhana ? a.. c.. Menjelaskanjenis-jenis pesawat sederhana memudahkan untuk mengangkat beban yang berat. Mendefinisikan keuntungan mekanis Apa yang dimaksud dengan keuntungan mekanis? Keuntungan mekanis merupakan bilangan yang menunjukkan berapa kali lipat pesawat menggandakan gaya kuasa. Tuas merupakan pesawat sederhana yang berbentuk batang keras. 1. Katrol merupakan sebuah roda beralur dimana seutas tali atau rantai dapat bergerak bolak balik. 4. berapakah Dik : w = F = 75 N lw = 5 cm lF = 50 cm keuntungan mekanis tuas keuntungan mekanisnya? Dit : KM . 3...

5 m. Menghitung besarnya Beban seberat 100 N diangkat dengan katrol tunggal bergerak. Sebutkan sebesar 1. Membedakan katrol Katrol dibagi menjadi tiga. Sedangkan katrol tunggal bergerak memiliki tunggal bergerak.. Agar dapat Dit : Jb : Dik : h = 1.. Menentukan keuntungan perbedaan katrol tunggal tetap dan katrol tunggal keuntungan mekanis 2...? KM = = =4 pada bidang miring mengangkatnya hanya dengan gaya sebesar 75 N..5 m F = 75 N w = 300 N KM dan s.. maka ia menggunakan bidang miring... diantara katrol tunggal Katrol tunggal tetap memiliki keuntungan mekanis tunggal tetap dan katrol tetap dan katrol tunggal bergerak... Berapa gaya kuasa yang diperlukan? Dik : w = 100 N KM = 2 kuasa pada sebuah katrol Dit Jawab : F. .Jawab : KM = KM= KM = 10 kali 5. Berapakah . bergerak? besarnya Seorang pekerja akan mengangkat besi pada suatu mekanis tempat yang tingginya 1.. Berat peti yang diangkat adalah 300 N. 7..? : KM = F= F= F = 50 N 6.

keuntungan mekanik dan panjang bidang miring yang digunakan? KM = s = KM . .5 m s = 6 meter. h s = 4 . 1.

.

Sisipkan sebuah mistar plastik 30 sc dibawahnya. Angkat satu ember air dengan cara menarik tali tanpa menggunkan katrol. dan 20 cm. Cobalah mengangkat buku ini saat mistar disisipkan 5 cm. 3. Tuas Letakkan buku cetak memanjang ditepi meja. Dapatkah kamu rasakan perbedaan mengangkat air secara langsung dan mengangkat air dengan bantuan katrol? Nyatakan kesimpulannmu? . 10 cm. Pergilah kesumur tradisional yang ada timba dan kerekannya (katrolnya) 2. Angkat sekali lagi satu ember dengan menarik tali melalui katrol 4. 15 cm. Kapankah kamu memerlukan gaya yang paling besar untuk mengangkat buku? Kapankah paling kecil? Mengapa demikian? B.Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Tuas dan Katrol Tunggal Tetap Satuan pendidikan : SMP Judul percobaan Waktu Kelas/semester : prinsip tuas na prinsip kerja katrol : 1x 40 menit : 8 (delapan)/1 (satu) A. Prinsip Kerja Katrol 1.