PEMERIKSAAN FORENSIK KLINIK Yang perlu diperhatikan sebelum pemeriksaan1 1.

Setiap pemeriksaan untuk pengadilan harus berdasarkan permintaan tertulis dari penyidik yang berwenang. 2. Korban harus diantar oleh polisi karena tubuh korban merupakan benda bukti. Kalau korban dating sendiri dengan membawa surat permintaan dari polisi, jangan diperiksa, suruh korban kembali kepada polisi. 3. Setiap visum et repertum harus dibuat berdasarkan keadaan yang didapatkan pada tubuh korban pada waktu permintaan visum et repertum diterima oleh dokter. 4. ila dokter telah memeriksa seorang korban yang datang di rumah sakit, atau di tempat praktek atau inisiati! sendiri, bukan atas permintaan polisi, dan beberapa waktu kemudian polisi mengajukan permintaan dibuat visum et repertum, maka ia harus menolak, karena segala sesuatu yang diketahui dokter teantang diri korban sebelum ada permintaan untuk dibuatkan vusim et repertum merupakan rahasia kedokteran yang wajib disimpannya "K#$% ps.322&. 'alam keadaan seperti itu dokter dapat meminta kepada polisi supaya korban dibawa kembali kepadanya dan visum et repertum dibuat berdasarkan keadaan yang ditemukan pada waktu permintaan diajukan. $asil pemeriksaan yang lalu tidak diberikan dalam bentuk visum et repertum, tetapi dalam bentuk surat keterangan. $asil pemeriksaan sebelum diterimanya surat permintaan pemeriksaan dilakukan terhadap pasien dan bukan sebagai (orpus dili(ti "benda bukti& ). *jin tertulis untuk pemeriksaan ini dapat diminta pada korban sendiri atau jika korban adalah seorang anak, dari orang tua atau walinya. +elaskan terlebih dahulu tindakan,tindakan apa yang akan dilakukan pada korban dan hasil pemeriksaan akan disampaikan ke pengadilan. $al ini perlu diketahui walaupun pemeriksaan dilakukan atas permintaan polisi, belum tentu korban akan menyetujui pemeriksaan itu dan tidak menolaknya. Selain itu bagian yang akan diperiksa merupakan the most private part dari tubuh seorang wanita. -. Seorang perawat atau bidan harus mendampingi dokter pada waktu memeriksa korban

Semua yang ditemukan harus di (atat.lain yang mungkin berasal dari tempat kejadian. Seorang terdakwa dapat (epat dibebaskan dari tahanan. tenang atau sedih4gelisah dsb. lumpur dan lain.obatan. Pemeriksaan kerokan kuku. 4. (airan mani ukti lain ukti tentang pelaku Pemeriksaan Fisik 1. jangan tergantung pada ingatan semata. • 'i(atat juga apakah pakaian rapi atau tidak. keadaan emosional. 0. /palagi bila korban adalah seorang anak. air mani. Kerokan kuku mungkin menunjukkan adanya sel.4 Pakaian • %akaian ditentukan helai demi helai dan dilihat apakah terdapat robekan lama atau baru sepanjang jahitan atau melintang pada pakaian. Pemeriksaan Tubuh 3eliputi pemeriksaan umum2 lukiskan penampilannya "rambut dan wajah&. rapi atau kusut.was dan (emas di kamar periksa.. adakah tanda. ra(un ukti persetubuhan a. 3. %emeriksaan dibagi menjadi umum dan khusus. benda yang melekat dan pakaian yang mengandung trace evidence dikirim ke laboratorium. %ada prinsipnya.sel epitel kulit dan darah yang berasal dari pemerkosa. pemeriksaan dilakukan untuk men(ari2 1. $indarkan korban dari menunggu dengan perasaan was. kan(ing terputus akibat tatikan. ukti penetrasi ukti ejakulasi  sperma.. 1isum et repertum diselesaikan se(epat mungkin. ber(ak darah. 2.tanda bekas . bila ternyata ia tidak bersalah. %emeriksaan dilakukan se(epat mungkin jangan ditunda terlampau lama. ukti kekerasan 2 !isik. obat. b. 'engan adanya visum et repertum perkara (epat dapat diselesaikan.

#kur lingkaran ujung jari pada batas ini. 8entukan apakah ruptur baru atau lama. paha bagian dalam dan pinggang. • • 7atat lokasi ruptur dan apakah sampai insertion atau tidak. 1.kehilangan kesadaran atau diberikan obat tidur4bius. robekan menjalar sampai insertion disertai adanya jaringan parut di bawahnya. ahan sampel dari vestibulum diambil untuk pemeriksaan sperma.tanda kekerasan seperti hiperemi.tanda kekerasan. • • *ntroitus vagina dilihat apakah ada tanda. Pemeriksaan Khusus (Bagian Geni a!ia" #$% %emeriksaan dilakukan dengan menggunakan spe(ulum hanya apabila pemeriksaan mengijinkan dan sebaiknya dilakukan oleh dokter spesialis obstetrik dan ginekologi. 'i(atat pula tanda perkembangan alat kelamin sekunder. 2. Selaput dara • • /pakah ruptur atau tidak. memar. re!le5 (ahaya. paru. leher. #kur lingkaran ori!isium dengan (ara memasukkan ujung kelingking atau telunjuk perlahan. 7ari ber(ak air mani sekitar alat kelamin. 4. tekanan darah.edema. lengan. memar dan luka le(et akibat goresan kuku. tinggi dan berat badan. %ada ruptur lama. ila /dakah tanda-tanda bekas kekerasan. kerok dengan sisi tumpul skalpel atau swab dengan kapas lidi dibasahi garam !isiologis 3. pupil. 1ulva • 8anda. 6ambut kemaluan • • /da atau tidaknya rambut melekat karena air mani mengering 6ambut digunting untuk pemeriksaan laboratorium dan untuk perbandingan dengan rambut kemaluan pria tersangka. apakah ada needle marks. ada indikasi jangan lupa untuk ambil urin atau darah. #kuran pada seorang perawan . pupil pinpoint.lahan sehingga teraba selaput dara menjepit ujung jari. Keadaan jantung. pergelangan tangan. dan abdomen.

:renulum labiorum pudenda dan (ommisura labiorum posterior • 'iperiksa untuk melihat utuh atau tidak. 'arah • • Kemungkinan darah dari de!lorasi. 6ambut kemaluan • 'iambil sebagai bahan pembanding sekiranya terdapat rambut yang ditemukan di kemaluan korban. -. %erlu juga dilakukan pemeriksaan untuk melihat apakah ada penyakit kelamin. Kemudian diletakkan terbalik di atas (awan berisi lugol . daerah (orona atau !renulum. %akaian 2. ). %emeriksaan sel epitel vagina pada glans penis • • #ntuk menentukan apakah pria baru melakukan persetubuhan. ). 8idak mempunyai arti dalam pembuktian sehingga tidak perlu ditentukan 4. 8anda bekas kekerasan • /kibat perlawanan oleh korban -. 'ilakukan pemeriksaan golongan darah yang ditemukan.)(m dan lingkaran yang memungkinkan persetubuhan adalah 9(m.kira.kira 2. • • er(ak semen 'i(atat apakah adanya ber(ak semen. %emeriksaan %ada %ria 8ersangka %emeriksaan yang dapat dilakukan meliputi2 1. 'ilakukan dengan menekan ka(a objek pada glans penis. 3. • %ersetubuhan tidak selalu terjadi de!lorasi.

2. 'ilakukan pemeriksaan se(ret urethra untuk menetukan apakah ada atau tidak penyakit kelamin.oa yang bergerak. *engan (e)arnaan 'ibuat sediaan apus dan di!iksasi dengan melewatkan gelas sediaan apus tersebut pada nyala api. 'alam keadaan normal. 7ara pewarnaan yang mudah dan baik untuk kepentingan !orensi( adalah pulasan mala(hite green dengan prosedur sebagai berikut2 >arnai dengan larutan 3ala(hite green 1? selama 1<. dilihat dengan pembesaran )<<5 serta kondensor diturunkan.1) menit. #mumnya disepakati bahwa dalam 3..im proteolitik. lalu (u(i dengan air mengalir dan setelah itu lakukan (ounter stain dengan larutan =osin .. #ntuk menentukan adanya (airan mani perlu diambil swab dari !orniks posterior vagina dan dilakukan pemeriksaan berikut2 a. belum tentu dalam vagina tidak ditemukan ejakulat mengingat kemungkinan a. . Cara pemeriksaan2 satu tetes lender vagina diletakkan pada ka(a obyek.)ml pada satu kali ejakulasi dengan p$ . volume (airan 3. ila sperma tidak ditemukan. • Sitoplasma sel epitel vgina akan berwarna (oklat tua karena mengandungi glikogen.oospermia. %erhatikan pergerakan sperma. keruh dan berbau khas. %emeriksaan spermato.sehingga uap yodium mewarnai lapisan ka(a objek tersebut...oa "mikroskopis& Tan(a (e)arnaan %emeriksaan ini beguna untuk melihat apakah terdapat spermato.) jam setelah persetubuhan masih ditemukan spermato. Saat ejakulasi (airan ini kental kemudian akan menjadi (air akibat en. 3ethylene lue atau 3ala(hite green.3 Pemeriksaan Labora orium 4 • Pemeriksaan &airan mani' 7airan mani merupakan (airan agak kental berwarna putih kekuningan.-.oa di vagina. %ulas dengan $=.

• Pemeriksaan kehami!an$ darah dan urin dapat dilakukan atas indikasi.oa.at.Yellowish1? selama 1 menit. Reaksi berberio 6eaksi ini dilakukan dan mempunyai arti bila mikroskopik tidak ditemukan spermato. 'asar reaksi2 3enentukan adanya spermin dalam semen. tutup dengan ka(a penutup. 6eagen dialirkan dengan pipet. $asil posil positi! bila kristal spermin pikrat kekuningan berbentuk jarum dengan ujung tumpul.unit.at yang banyak terdapat dalam (airan mani dengan pemeriksaan laboratorium berikut. Kadang.kadang garis re!raksi yang terletak longitudinal. . biarkan mengering. 6eagen2 @arutan asam pikrat jenuh. 'alam se(ret vagian setelah tiga hari ditemukan akti!itas <.im !os!atase asam dalam kadar tinggi yang dihasilkan prostat. • Penen uan &airan mani' #ntuk membuktikan adanya (airan mani dalam sekret vagina. 7ara pemeriksaan2 hasil swab diekstraksi dengan dengan sedikit aAuades. =kstrak diletakkan pada ka(a objek. Reaksi +os+a ase asam 'asar reaksi2 adanya en. terakhir (u(i lagi dengan air... perlu dideteksi adanya .