You are on page 1of 6

Hemangioma Definisi Hemangioma adalah tumor jinak pembuluh darah yang terdiri dari proliferasi sel-sel endotel

, yang dapat terjadi pada kulit, membranan mukosa, dan organ-organ lain.3

Klasifikasi Secara histopatologi dapat dibagi menjadi hemangioma kapiler, hemangioma kavernosa dan hemangioma campuran. Hemangioma kapiler terdiri dari pembuluh darah kecil dan superfisial, lunak, serta hilang dengan penekanan. Terdiri dari nevus flameus, hemangioma strawberry. Sedangkan hemangioma kavernosa mengenai pembuluh darah yang lebih besar dan lebih dalam, serta warnanya lebih gelap disbanding hemangioma kapilaris. 3

A. Nevus Flameus Definisi Nevus flameus merupakan malformasi vaskuler congenital yang terdiri dari dilatasi pembuluh darah matur di dermis, biasanya unilateral, dan pada umumnya mengenai dahi, kelopak mata, glabela, dan tengkuk.3 Epidemiologi Mengenai 0,3 bayi baru lahir.3 Etiologi Penyebab pasti belum diketahui, diduga disebabkan oleh kelemahan lokal dinding kapiler sehingga terjadi dilatasi pembuluh darah. Pada nevus flameus tidak terdapat proliferasi endotel, sehingga bukan merupakan angioma yang sesungguhnya. 3 Manifestasi klinis Lesi umumnya timbul sejak lahir, dengan lesi berupa makula, berbatas tegas, berwarna merah muda sampai keunguan, berukuran sekitar 1 sampai beberapa cm, dapat mengenai separuh badan, biasanya unilateral dan menetap seumur hidup. Terdiri dari dua bentuk nevus flameus, yaitu: 3 1. Nevus flameus yang terletak di medial: lesi berwarna merah, terletak pada kelopak mata atas, glabela, dahi, region nasolabial biasanya bersifat sementara, dan cenderung

2. Pada lesi lanjut hanya dijumpai dilatasi vena pada papilla dermis. Pengobatan alternative dengan eksisi dan grafting pada lesi yang kecil. terletak pada lateral wajah. Sedangkan yang terletak pada tengkuk.tumbuh cepat dalam 3-6 bulan. Lesi berwarna merah muda dikelilingi oleh halo berwarna putih. Nevus flameus yang terletak dilateral: lesi berawal dari bentuk maukla merah kemudian berubah menjadi papula dan berwarna ungu kemerahan. Lesi menetap seumur hidup dan seringkali menjadi lebih nyata. namun paling sering mengenai kepala dan leher. tetapi kadang juga terdapat di ekstremitas. 3 Etiologi Penyebab pasti belum diketahui. namun 15-20 bayi terjadi lesi multipel. baik laser argon ataupun tunable dye laser. Malformasi vaskulernya diduga berasal dari sisa-sisa mesodermal jaringan vasoformatif yang tidak berhasil membentuk hubungan normal dengan sistem vaskuler. berwarna merah muda dengan konsistensi lunak. Papula berkembang menjadi bentuk lobuler. Involusi spontan pada usia 12-18 bulan dengan ditandai bintik atau . 3 Manifestasi klinik Dapat timbul sejak lahir namun seringkali muncul 2 minggu pertama kehidupan. bersifat menetap dan disebut stork bite. Lesi berupa papula.mengalami regresi spontan setelah 1-2 tahun. berbatas tegas. Lesi biasanya tunggal. kemudian stabil atau pertumbuhan melambat. disebut salmon patch. Dapat terjadi pada semua tempat. 3 B. Tidak tampak proliferasi sel-sel endotel. Wanita lebih banyak daripada pria. Hemangioma Strawberi Definisi Hemangioma strawberi merupakan tumor vaskuler jinak yang terdiri dari kapiler-kapiler dengan proliferasi endotel yang membatasi ruang vaskuler. sedangkan pada lesi yang besar dapat disamarkan dengan krim covermark dan Dermablend. Histopatologi Tidak didapatkan gambaran spesifik. 3 Epidemiologi Insiden pada bayi kulit putih sebesar 8-12. 3 Pengobatan Pengobatan pada nevus flameus menggunakan laser.

Sedapatnya terapi aktif dihindari. 3 . atau distorsi jaringan. kemudian dilanjutkan dengan jarak sehari selama 4-6 minggu. pendarahan dengan atau tanpa trombositopeni. dan kemudian diturunkan secara bertahap. yang kemudian diikuti involusi kapiler dan terjadi peningkatan stroma jaringan ikat. pengerutan kulit. lesi melunak dan mendatar.  Kortikosteroid intralesi 1-3mg/kg. 2-3 kali dengan interval 3 minggu. Intervensi medis  Kostikosteroid sistemik dengan dosis 2-4mg/kg/hari (4 minggu). dan ancaman gagal jantung. pertumbuhan cepat yang tidak lazim dan disertai destruksi fisiologis dan kosmetik.garis putih keabuan. C. Terjadi regresi spontan pada usia 5-7 tahun. 3 Pengobatan Observasi yang cermat dan jaminan pada keluarga penderita oleh dokter merupakan bagian yang terpenting dari pengobatan. Pada fase involusi tampak penyempitan dan oklusi lumen kapiler.  Bila terjadi ulserasi dan infeksi diberikan kompres basah dan antibiotik topikal. 3 Histopatologi Pada fase pertumbuhan tampak dilatasi kapiler yang berkelok-kelok pada dermis atas. pada bagian tengah memudar. Intervensi bedah  Gelombang kontinu/pulse dye laser  Bedah beku  Bedah eksisi  Skleroterapi 2. Hemangioma Kavernosa Definisi Hemangioma kavernosa merupakan tumor jinak vaskuler yang terutama terdiri dari pembuluh darah vena yang melebar pada dermis dalam dan jaringan subkutan. degan banyak proliferasi sel-sel endotel. infeksi. Terapi aktif baru diberikan bila melibatkan organ-organ vital. secara sempurna atau meninggalkan parut. karena resolusi spontan memberikan hasil kosmetik yang terbaik. 3 Terapi aktif dapat berupa: 3 1. karena regresi alamiah terjadi pada sebagian besar hemangioma jenis ini.

Lesi superfisial berwarna merah sampai merah tua dengan permukaan ireguler. Sedangkan lesi yang lebih dalam berwarna kebiruan dengan permukaan lebih halus. Pada palpasi akan mengempis bila ditekan dan mengembung kembali bila tekanan dilepas. ukurang bervariasi. dimana trombositopeni disebabkan oleh sekuestrasi platelet pada hemangioma kavernosa yang besar. Biasa mengenai bayi usia 3 bulan atau kurang. Warna lesi tergantung dari kedalamannya. Angka mortalitas sekitar 30 yang terjadi akibat perdarahan. serta dikelilingi oleh jaringan fibrosa yang tebal.Epidemiologi Mengenai 1-2 bayi. bentuk ireguler.3 Pada keadaan tertentu hemangioma dapat timbul bersamaan kelainan lain sehingga membentuk suatu sindrom. Eksisi bedah dilakukan untuk lesi pada daerah periorbital dan ekstremitas. dibatasi oleh selapis endotel. sepsis. Lesi dapat berupa plak. Malformasi vaskulernya diduga berasal dari sisa-sisa mesodermal jaringan vasoformatif yang tidak berhasil membentuk hubungan normal dengan sistem vaskuler.3 Manifestasi klinis Sebagian besar lesi tidak timbul saat lahir. dan terletak pada dermis bagian bawah dan subkutis. atau tumor. Tekhnik embolisasi dan kompresi dapat mempercepat resolusi.3 Histopatologi Tampak lumen pembuluh darah lebar dan berdinding tipis. wanita lebih banyak daripada pria 3 Etiologi Penyebab pasti belum diketahui. namun cenderung timbul beberapa saat kemudian. dan kebanyakan serangan dijumpai pada tahun pertama.3 Pengobatan Tidak ada terapi yang memuaskan. atau obstruksi jalan nafas.  Sindroma Strurge-Weber: merupakan sindrom yang ditandai oleh nevus flameus pada wajah unilateral di daerah trigeminal yang nampak saat lahir. nodul. dengan tepi berbatas tidak jelas. namun perlu dilakukan usaha aktif karena kemungkinan untuk regresi adalah kecil. disertai malformasi . antara lain: 3  Sindroma Kasabach-Merritt : merupakan varian dari koagulopati intravaskuler disseminate. Kortikosteroid parenteral merupakan pengobatan pilihan selama periode pertumbuhan yang cepat.

terutama pada lesi yang khas. memndek dan sering terjadi fraktur patologis. kista dan tumor pada organ lainnya. Diagnosis Hemangioma Secara klinis diagnosa hemangioma tidak sulit. dan vertebra. dan neurofibroma. sehingga tulang-tulang tersebut mengalami deformitas. warnanya merah terang bila jenis strawberry dan warna biru bila jenis kavernosa.vaskuler leptomenigeal kortikal pada sisi yang sama. ditandai oleh hamartoma vaskuler dan diskondroplasia. 3 Diagnosis Banding Diagnosis banding adalah limfangioma. . sehingga menimbulkan manifestasi neurologis. terdiri dari hemangioma kutaneus multipel yang tersebar pada badan dan ekstremitas. disertai kelainan mata pada sisi yang sama. dan adanya hipertropi pada tulang dan jaringan lunak dari ekstremitas yang sama. sedangkan pembuluh darah dibawahnya terus tumbuh. lipoma. pertumbuhannya relatif cepat dalam beberapa minggu atau beberapa bulan.  Sindroma Von Hippel-Lindau: merupakan angiomata pada retin dan serebelum yang disertai hemangioma. Diskondroplasia sering mengenai bagian distal ekstremitas. warnanya menjadi merah gelap. serta pada pemeriksaan rongent kepala tampak ada klasifikasi melingkar intrakranial. varises pada sisi yang sama. scapula. Bila besar maksimun sudah tercapai.  Sindroma Maffucci: merupakan suatu kelainan yang jarang dijumpai. tulang iga. 3 Komplikasi 3 1. biasanya mengenai satu ekstremitas.  Sindroma Klippel-Trenaunay-Weber: merupakab nalformasi vaskuler berupa nevus flameus luas. biasanya pada usia 9-12 bulan. Perdarahan : akibat trauma dari luar atau rupture spontan dinding pembuluh darah karena tipisnya kulit diatas permukaan hemangioma. Gambaran klinis umum adalah adanya bercak merah yang timbul sejak lahir atau beberapa saat sesudah lahir.  Sindroma Blue Rubber Bleb Nevus: merupakan varian dari hmangioma kavernosa yang diturunkan secara autosomal dominan. disertai hemangioma tipe yang sama pada traktus gastrointestinal.

2. 3. Trombositopeni: akibat pengumpulan trombosit yang mengalami sekuestrasi dalam jaringan hemangioma. Ulkus: terjadi akibat ruptur pembuluh darah. .