LAPORAN PRAKTEK SISTEM BASIS DATA

Vina Novianty 1106120 T. informatika B 2011

SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT 2013/2014

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang

Pada masa sekarang ini, perkembangan teknologi semakin maju. Hal ini membuktikan bahwa teknologi merupakan salah satu unsur yang peting dalam kehidupan manusia. Untuk mengembangkan teknologi, memerlukan inovasi yang baik dan implementasi yang tepat. Dimana, apa yang sudah di dapat tidak cukup untuk diketahui saja. Perlu adanya penerapan dengan tujuan memahami dan dapat menganalisa kembali apa yang sudah diterapkan. Dengan adanya praktikum Sistem Basis Data ini, di harapkan mahasiswa dapat menerapkan apa yang sudah di dapat dari dosen / instruktur di kelas. Bukan hanya mengetahui tapi dapat menerapkan, memahami dan menganalisa kembali. B. Tujuan Penulisan 1. Agar mahasiswa mampu menciptakan sebuah basis data, tabel, atribut-atribut yang terkait dengan basis data tersebut 2. Agar mahasiswa mampu membuat user dan memberikannya hak akses untuk seluruh atau pun hanya basis data tertentu saja.

Elemen SQL Elemen dasar SQL mencakup pernyataan. Karena berupa Basis Data Server maka program ini telah memiliki sebuah sistem keamanan yang dipercaya bagi para penggunanya. 1. Pada awalnya distro MySQL dikembangkan dan dijalankan hanya pada Sistem Operasi LINUX saja. B. ekspresi. SQL memiliki kira-kira 30 pernyataan. Basis Data dengan nama MySQL atau dibaca (Mai Es Kiu El) ini dapat memuat berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus user untuk diolah di dalamnya. sebagai pengguna anda dap menggunakannya secara bebas dan tanpa harus bayar. Beberapa pernyataan dasar SQL dapat dilihat pada tabel berikut : . Solaris. dan fungsi bawaan. tipe data. akan tetapi dengan perkembangannya sekarang distro MySQL dapat juga dijalankan pada beberapa Sistem Operasi seperti Windows. Definis MySQL MySQL merupakan sebuah Basis Data Server yang dapat berjalan pada beberapa Sistem Operasi. nama. Pernyataan Pernyataan adalah perintah SQL yang meminta sesuatu tindakan kepada DBMS. dll. konstanta. Basis Data MySQL memiliki lisensi resmi dari GNU/GPL (General Public License).BAB II KAJIAN TEORI A. Perintah yang digunakan dalam MySQL adalah perintah SQL (Structure Query Language) yaitu berupa bahasa permintaan yang restruktur yang telah distandarkan oleh pihak ANSI/ISO.

Tipe data float tidak dapat dinyatakan dengan unsigned. Berikut adalah beberapa contoh tipe data yang ada pada MySQL. Signed : data yang disimpan dalam suatu kolom berupa data negatif maupun positif. kolom dan pengguna. Nama Nama digunakan sebagai identitas bagi objek-objek pada DBMS. b.2. Unsigned : digunakan agar data yang dimasukkan bukan data negatif (>=0). Tipe Data Setiap data memiliki tipe data. 3. Contoh objek pada DBMS adalah tabel. Tipe data numerik Keterangan : Signed dan Unsigned adalah atribut untuk tipe data numerik a. Tipe data string .

AVG (ekspresi) Fungsi ini digunakan untuk mencari rata-rata nilai dalam suatu kolom dari suatu tabel atau ekspresi. COUNT (x) Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah record (baris) dari suatu kolom dari suatu tabel. Ekspresi dalam fungsi AVG umumnya adalah nama kolom. a. Ekspresi Ekspresi adalah segala sesuatu yang menghasilkan nilai. Ekspresi digunakan untuk menghitung nilai. suatu fungsi yang digunakan untuk melakukan summary.Tipe data tanggal dan jam 4. fungsi statistik standar yang dikenakan pada suatu tabel atau query. b. Kolom yang dicari nilai rata-ratanya adalah kolom dengan tipe data numerik. 6. Fungsi agregat adalah fungsi standar di dalam SQL. . Aggregate Funtions (fungsi agregat) Fungsi adalah sebuah subprogram yang menghasilkan suatu nilai jika dipanggil. Contoh : harga*jumlah+2 Simbol-simbol yang dapat digunakan pada ekspresi aritmatika. X adalah nama kolom yang ingin dicari jumlah barisnya. 5. Konstanta Konstanta menyatakan nilai yang tetap.

Yang termasuk dalam kelompok DDL ini adalah CREATE. Membuat Database Syntax : CREATE namadatabase. d. dan DROP. SUM (ekspresi) Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan nilai total dari suatu kolom pada suatu tabel C. DDL (Data Definition Language) DDL merupakan kelompok perintah yang berfungsi untuk mendefinisikan atribut-atribut basis data. tabel. Kolom yang dicari nilai terkecilnya memiliki tipe data numerik. DATABASE namadatabase tidak boleh mengandung spasi dan tidak boleh memiliki nama yang sama antar database. 1. ALTER.c. e. Kolom yang dicari nilai terbesarnya memiliki tipe data numerik. atribut(kolom). batasan-batasan terhadap suatu atribut. Berikut ini perintah untuk membuat database dengan nama rental : Syntax tambahan : . serta hubungan antar tabel. MAX (ekspresi) Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai terbesar dari suatu kolom dari suatu tabel. MIN (ekspresi) Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai terkecil dari suatu kolom dari suatu tabel.

seperti berikut ini : 1. Berikut ini perintah untuk menggunakan database dengan nama rental : Syntax membuat table : CREATE TABLE namatabel2 ( Field1 TipeData1. DATABASE Database yang akan dihapus sesuai dengan namadatabase. Membuat Tabel Sebelum membuat suatu tabel. Menghapus Database Syntax : DROP namadatabase. terlebih dahulu harus memilih salah satu database sebagai database aktif yang akan digunakan untuk menyimpan tabeltabel dengan menggunakan syntax : USE namadatabase. Field2 TipeData2 ). .untuk menampilkan daftar nama database yang ada pada mysql menggunakan perintah : SHOW DATABASES. Berikut ini perintah untuk menghapus database dengan nama rental : 2.

). seperti berikut ini : Untuk menampilkan deskripsi tabel (dalam hal ini jenisfilm) syntaxnya adalah : DESC namatabel. . Jika ingin membuat tabel dengan kolom lebih dari satu.namatabel tidak boleh mengandung spasi (space). Field1 dan TipeData1 merupakan nama kolom pertama dan tipe data untuk kolom pertama. maka setelah pendefinisian tipe data sebelumnya diberikan tanda koma (. Berikut ini perintah untuk membuat tabel dengan nama jenisfilm : Syntax tambahan : Untuk menampilkan daftar nama tabel yang ada pada database yang sedang aktif/digunakan (dalam hal ini database rental) : SHOW TABLES.

6. Menghapus Tabel Syntax : DROP TABLE namatabel. Syntax : CREATE TABLE namatabel ( Field1 TipeData1. berikut ini perintah untuk menghapus tabel dengan nama jenisfilm : 4. Mendefinisikan Nilai Default Nilai default adalah nilai yang otomatis diberikan oleh sistem untuk suatu kolom ketika ada penambahan baris baru.3. nilai adalah nilai default dari kolom tersebut. 5. Field2 TipeData2 DEFAULT nilai ). Mendefinisikan Primary Key Pada Tabel . Field2 TipeData2 ). Mendefinisikan null/not null Syntax : CREATE TABLE namatabel ( Field1 TipeData1 NOT NULL. sementara nilai pada kolom tersebut tidak diisi oleh pengguna. Tabel yang akan dihapus sesuai dengan namatabel.

Field2 TipeData2. Atau ALTER TABLE namatabel ADD CONSTRAINT namaconstraint PRIMARY KEY (namakolom). PRIMARY KEY(Field1) ). ).Terdapat tiga cara untuk mendefinisikan primary key. CREATE TABLE namatabel ( Field2 TipeData2 Field1 TipeData1. harga tipe datanya int dengan mendefinisikan nilai not null dan primary key untuk kolom jenis serta nilai default untuk kolom harga : atau atau 7. Berikut ini adalah Syntax mendefinisikan primary key untuk Field1 CREATE TABLE namatabel ( Field1 TipeData1 NOT NULL PRIMARY Atau KEY. Menghapus Primary Key Pada Tabel Perintah : . Berikut ini perintah untuk membuat tabel jenisfilm dengan kolom jenis tipe datanya char(6).

Mengubah Tipe Data atau Lebar Kolom Pada Tabel Perintah : ALTER TABLE namatabel MODIFY COLUMN field tipe.Cara 1 : Jika primary key dibuat dengan menggunakan alter table : ALTER TABLE namatabel DROP CONSTRAINT namaconstraint. Field adalah kolom yang akan diubah tipe data atau lebarnya. namatabel adalah nama tabel yang akan diubah tipe data atau lebar kolomnya. Cara 2 : Jika primary key dibuat melalui create table : ALTER TABLE namatabel DROP PRIMARY KEY. namatabel adalah nama tabel yang akan ditambah fieldnya. Berikut ini perintah untuk menambah kolom keterangan dengan tipe data varchar(25) : 9. Fieldbaru adalah nama kolom yang akan ditambahkan. Menambah Kolom Baru Pada Tabel Syntax : ALTER TABLE namatabel ADD fieldbaru tipe. . tipe adalah tipe data dari kolom yang akan ditambahkan. Tipe adalah tipe data baru atau tipe data lama dengan lebar kolom yang berbeda. Berikut ini perintah yang digunakan untuk menghapus primary key pada tabel jenisfilm : 8.

Berikut ini perintah untuk mengubah nama kolom keterangan menjadi ket : 11. Mendefinisikan Foreign Key Pada Tabel Untuk mendefinisikan foreign key. namalamakolom adalah kolom yang akan diganti namanya. tipedatanya adalah tipe data dari kolom tersebut. Menghapus Kolom Pada Tabel Syntax : ALTER TABLE namakolom. . namatabel adalah nama tabel yang akan diubah nama kolomnya. Mengubah Nama Kolom Syntax : ALTER TABLE namatabel CHANGE COLUMN namalamakolom namabarukolom tipedatanya. maka harus dipastikan bahwa tabel dan atribut yang dirujuk (tabel induk dari foreign key) sudah didefinisikan terlebih dahulu. Syntax : CREATE TABLE namatabel ( Field1 TipeData1.Berikut ini perintah untuk mengubah tipe data untuk kolom keterangan dengan char(20) : 10. namabarukolom adalah nama baru kolom. FOREIGN KEY (Field2) REFERENCES namatabelinduk (namakolominduk) ON UPDATE CASCADE ON DELETE NO ACTION ). namatabel DROP COLUMN Berikut ini perintah untuk menghapus kolom ket pada tabel jenisfilm : 12. Field2 TipeData2.

Berikut ini perintah untuk membuat tabel film beserta kolom-kolomnya Atau 13.Atau ALTER TABLE namatabel ADD CONSTRAINT namaconstraint FOREIGN KEY (namakolom) REFERENCES namatabelinduk (namakolominduk) ON UPDATE CASCADE ON DELETE NO ACTION. namatabel DROP FOREIGN KEY Berikut ini perintah untuk menghapus foreign key pada tabel film : . Menghapus Foreign Key Perintah : ALTER TABLE namaconstraint.

Untuk melihat daftar basis data yang ada. Basis Data Perpustakaan Studi kasus yang hendak dipilih untuk memenuhi tugas praktikum basis data mengenai Index dan Grand adalah studi kasus tentang basis data perpustakaan. Buat Tabel Buku Sebelum membuat tabel Buku. gunakan perintah berikut dahulu untuk memilih pada Basis Data mana Tabel Buku tersebut hendak dibuat. 1. .BAB III STUDI KASUS A. Buat Basis Data Perpustakaan Syntax : CREATE DATABASE db_perpustakaan. bisa menggunakan perintah berikut : 2.

alamat varchar(20). no_telp varchar(12) NOT NULL). CREATE TABLE data_buku (kode_buku char(5) PRIMARY KEY. . K 4. tgl_pengembalian date NOT NULL. FOREIGN KEY(kode_buku) REFERENCES data_buku(kode_buku) ON UPDATE CASCADE ON DELETE CASCADE). pengarang varchar(20). tgl_pinjam date NOT NULL. nama_buku varchar(50) NOT NULL. no_anggota char(5) NOT NULL. lama_pinjam int NOT NULL. tahun_terbit varchar(4)). nama_anggota varchar(30) NOT NULL. 3. penerbit varchar(20). Buat Tabel Anggota CREATE TABLE data_anggota (no_anggota char(5) PRIMARY KEY. ket varchar(20).USE db_perpustakaan. FOREIGN KEY(no_anggota) REFERENCES data_anggota(no_anggota) ON UPDATE CASCADE ON DELETE CASCADE. kode_buku char(5) NOT NULL. Buat Tabel Peminjaman CREATE TABLE pinjam (no_trans varchar(10) PRIMARY KEY. denda int NOT NULL.

Untuk melihat rincian masing-masing Tabel dapat digunakan perintah berikut : DESC NamaTabel.Untuk melihat Tabel apa saja yang terdapat pada Basis Data db_perpustakaan dapat digunakan perintah berikut : SHOW TABLES. .

ada USER untuk Administrator dan USER untuk GUEST. b.5. Membuat USER dan GRANT untuk Basis Data db_perpustakaan Di sini akan dibuat dua buah USER. Membuat INDEX Pada Ketiga Tabel Di Atas a. Perbedaannya adalah USER untuk Administrator diberi hak penuh untuk melakukan apapun pada Basis Data db_perpustakaan sedangkan USER GUEST hanya diberi hak untuk melihat saja isi yang ada pada Basis Data db_perpustakaan. a. 6. c. Membuat INDEX pada Tabel data_buku CREATE INDEX index_nama_buku ON data_buku(nama_buku(5)). Membuat INDEX pada Tabel data_anggota CREATE INDEX index_nama_anggota ON data_anggota(nama_anggota(5)). Membuat INDEX pada Tabel pinjam CREATE INDEX index_no_trans ON pinjam(no_trans(10)). Membuat USER untuk Tamu/Pengunjung CREATE USER ‘tama’@’localhost’. .

Membuat USER untuk Administrator CREATE USER ‘vier’@’localhost’ identified by ‘vierforever’.* TO ‘tamu’@’localhost’.* TO ‘vier’@’localhost’ identified by ‘vierforever’. GRANT ALL PRIVILEGES ON db_perpustakaan. Untuk cek apakah USER tersebut memiliki hak akses secara penuh atau hanya sebagian bisa dilakukan percobaan sebagai berikut : a.Membuat akses/GRANT untuk USER Tamu GRANT SELECT ON db_perpustakaan. Login MySQL dengan username ‘tamu’ tanpa password 2. b. Untuk USER Tamu/Pengunjung 1. Gunakan Basis Data yang telah diberi USER tersebut yaitu Basis Data db_perpustakaan .

username vier password vierforever 2. maka yang ditampilkan hanya seperti itu saja. penulis mencoba untuk menghapus Tabel data_buku.3. Login dengan USER Administrator. maka yang terjadi seperti gambar dibawah ini : Artinya jika kita login dengan menggunakan USER Tamu. mengubah atau apapun selain perintah SELECT. Selain itu kita hanya bisa menggunakan atau memilih Basis Data db_perpustakaan saja jika kita menggunakan USER tamu tersebut. USER Administrator ini memiliki username vier dan password vierforever sesuai dengan yang dibuat di atas. Untuk USER Administrator USER Administrator adalah USER yang diberi hak penuh untuk melakukan apapun pada Basis Data. maka hak akses yang diberikan hanyalah perintah SELECT saja. seperti gambar dibawah ini : Karena isi dari Tabel data_buku kosong. Gunakan Basis Data db_perpustakaan dengan menggunakan perintah berikut : . 1. Lakukan perintah untuk menghapus. pada kasus ini Basis Data db_perpustakaan. Salah satu contoh. b.

Hanya Basis Data db_perpustakaan saja yang bisa dipilih jika login menggunakan USER Administrator ini dengan username vier dan password vierforever. dalam kasus ini adalah dengan menghapus Tabel pinjam seperti gambar berikut : Jika perintah di atas berhasil dilakukan maka pembuatan USER Administrator telah berhasil. Lakukan perintah apapun pada Basis Data tersebut. Perintah-perintah lain pun bisa anda coba pada Basis Data db_perpustakaan.USE db_perpustakaan. . 3.

INDEX maupun yang lainnya yang terdapat dalam MySQL. Kesimpulan Dari pembahasan di atas. 2. INDEX. Referensi 1. B. Modul Sistem Basis Data. dapat ditarik beberapa kesimpulan di antarnya sebagai berikut : 1. DROP/DELETE Perintah ini digunakan untuk menghapus DATABASE. ALTER Perintah tersebut mirip seperti fungsi edit (ubah) yaitu di dalamnya terdapat proses DELETE dan ADD/CREATE di mana ALTER ini digunakan untuk mengubah hal-hal yang berkaitan dengan Struktur Tabel. TABLE. Maupun yang lainnya yang terdapat dalam MySQL.BAB IV PENUTUP A. USER. . USER. 3. TABLE. CREATE Perintah tersebut dapat digunakan untuk proses pembuatan DATABASE. 4. GRANT Perintah ini digunakan untuk memberikan Hak Akses kepada USER bagian secara penuh ataupun sebagian.

Related Interests