1

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Singkong merupakan salah satu sumber energi kaya akan karbohidrat namun memiliki kadar protein rendah. Singkong dapat dijadikan pengganti makanan pokok.Singkong juga dapat dimanfaatkan dari segi ekonomi dan beberapa pihak lainya, di industri singkong dapat diolah dijadikan sebagai pengganti tepung terigu.Tepung ini biasa disebut tepung mocaf(modified cassava flour) merupakan modifikasi dari singkong yang sudah di fermentasi.Kelebihan dari tepung mocaf yang dihasilkan ini lebih putih dan juga tidak berbau dibandingkan dengan tepung biasa. Berdasarkan wawancara pada tanggal 18 September 2012 di Pasar Kurdi Jalan Moch.Toha , Mesin penggiling tepung yang digunakan di pasar tersebut mempunyai kapasitas 10 kg/jam.Harga dipasaran mesin penggiling ini berkisar rata-rata 6 juta rupiah.Berdasarkan data dariAsosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) memperkirakan permintaan tepung terigu dalam negeri pada 2012 naik 6 persen dibanding 2011 yang mencapai 4,7 juta ton per tahun.Lebih lanjut lagi, (Franky, 2012) menuturkan produksi tepung terigu Indonesia per tahun mencapai memperkirakan pada 2012 ini industri pengolah tepung terigu dalam negeri bisa memproduksi 3,7 juta ton tepung terigu. Hal ini terlihat pada tabel berikut : Tabel 1.1 Produksi tepung terigu di Indonesia ton/tahun Kebutuhan tepung Produksi 4.7 3.7 Kg/bulan 391666.7 308333.3 Kg/hari 13055.6 10277.8 Kg/jam 1087.96 856.48

( Sumber : Aptindo,2012 ) Berdasarkan data pada tabel diatas ternyata terdapat kekurangan pada produk tepung terigu. Apabila dibandingkan pada bahan dasar produk tepung mocaf dan tepung terigu, kandungan gizi untuk tubuh yang diserap dapat digantikan dengan tepung mocaf karena

D. Merancang sistem transmisi mesin penggiling tepung C. Tujuan Dan Manfaat Tujuan dari perancangan alat penggiling singkong ini secara umum dapat menghasilkan rancangan mesin penggiling gaplek untuk membuat tepung singkong (mocaf). Manfaat dari alat penggiling singkong mocaf ini adalah sebagai berikut : 1. Secara khusus dapat menghasilkan rancangan sistem penggerak mesin penggiling gaplek. Menghasilkan prototype mesin penggiling gaplek. Batasan Masalah Batasanrancangan ini yang akan dirancang akan dibatasi agar tidak terjadi penyimpangan pembahasan. Perumusan Masalah Berdasarkan pemaparan latar belakang diatas. 2. maka batasan rancangan dalam laporan ini yaitu sebagai berikut : 1. .Moch.2 bahan dasarnya yang lebih murah. maka untuk menutupi kekurangan pada kebutuhan tepung terigu bisa diganti oleh tepung mocaf. B. Menghasilkan rancangan mesin penggiling gaplek. penulis mengemukakan perumusan masalah sebagai berikut.Pada kesempatan ini penulis merancang dan membangun mesin penggiling singkong dengan judul “Perancangan Sistem Transmisi Pada Mesin Penggiling Gaplek Untuk Membuat Tepung Singkong (Mocaf)”. 3. Meningkatkan produktifitas tepung di Pasar Kurdi Jl.“Bagaimanakah rancangan sistem transmisi pada mesin penggiling tepung”.Toha Bandung.

3 E. Sistematika Penulisan Sistematika penulisan tugas akhir yang dilakukan dalam pengajuan tugas akhir ini adalah sebagai berikut: . Metode Penulisan Metode penulisan yang digunakan penulis dalam penyusunan tugas akhir ini dalam bentuk flow chart sebagai berikut : Studi Pendahuluan Pembuatan Draft Desain Konsultasi N Y Desain Mesin Pembelian Komponen Perakitan Pembuatan Komponen Uji Coba Mesin N Y Prototype Mesin F.

4 Bab I Pendahuluan. batasan masalah. tujuan dan manfaat penulisan. . bab ini akan dibahas mengenai tahap-tahap perancangan dan perhitungan untuk pembuatan “Perancangan Sistem Transmisi Pada Mesin Penggiling Gaplek Untuk Membuat Tepung Singkong (Mocaf)”. dan metodologi penulisan tugas akhir. bab ini berisi tentang kesimpulan diambil berdasarkan tujuan perancangan pada perancangan pembuatan “Perancangan Sistem Transmisi Pada Mesin Penggiling Gaplek Untuk Membuat Tepung Singkong (Mocaf)”. Bab IILandasan Teori. pada bab ini akan menjelaskan secara singkat mengenai latar belakang masalah. Bab IV Kesimpulan. rumusan masalah. Bab III Perancangan. bab ini menjelaskan mengenai teori-teori yang berkaitan dengan pembahasan tugas akhir ini yaitu “Perancangan Sistem Transmisi Pada Mesin Penggiling Gaplek Untuk Membuat Tepung Singkong (Mocaf)”.

Related Interests