1. A.

MEETING Presiden SBY pimpin APEC Economic Leaders Meeting

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudoyono menegaskan APEC Economic Leaders Meeting Retreat adalah kesempatan untuk membahas isu penting dalam agenda APEC 2013. Agenda kali ini akan fokus kepada kemampuan APEC dalam memperkuat sistem perdagangan dan kondisi ekonomi global saat ini. Dalam pidatonya, Presiden SBY menyatakan isu pertama yang penting untuk dibahas dalam pertemuan ini adalah keadaan kritis yang sedang APEC hadapi saat ini. Berdasarkan data WTO 2013, perdagangan hanya mencapai 3,3 persen. Angka ini berada di bawah rata-rata capaian beberapa tahun terakhir sebesar 5,2 persen.

Menurut Presiden SBY, Indonesia juga terpengaruh oleh perkembangan yang terjadi sekarang ini. Bahkan negara-negara emerging economies sekarang dipengaruhi oleh dua faktor. Pertama, kondisi internal seperti ekspor, perdagangan, keseimbangan pembayaran, dan stabilitas krisis serta pengangguran. Isu penting kedua, lanjut Presiden, adalah pertumbuhan ekonomi global dan stabilitas keuangan global. Dirinya mengakui bahwa hal ini harus ditangani secara baik. "Jika tidak, hal ini akan mengurangi momentum perubahan yang terjadi pada developed country and emerging market. Hal ini ini juga mengurangi capaian secara global dalam pertumbuhan negara-negara lain," tutur Presiden saat membuka pertemuan APEC Economic Leaders Meeting Retreat di Sofitel, Nusa Dua, Bali, Senin (7/10/2013). Kepala Negara juga menekankan, bahwa APEC juga harus melihat hasil yang ada pada G-20 yang lalu bahwa transparansi dan kerja sama menjadi fokus dalam pembahasan di Bali kali ini. Presiden SBY mengakui bahwa aturan yang ada di APEC ini akan menjadi hal yang sangat penting kawasan APEC terutama pertumbuhan di lokal negara masing-masing.

“APEC diharapkan tumbuh 6,7 persen pada 2013 dan 6,6 persen di tahun 2014. Dengan keadaan yang menantang ini, APEC harus berbuat lebih untuk mempertahankan pertumbuhan yang sekarang ini ada,” kata Presiden SBY. B. CONGRESS

Surabaya - Kongres PSSI 2013 yang digelar di Hotel Shangri-La, Surabaya, Senin (17/6/13) resmi ditutup. Sejumlah keputusan penting diambil. Kongres dibuka oleh Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, sekitar pukul 09.00 WIB, dihadiri Head of Member of Association FIFA Marco Leal, FIFA Department Officer of Kuala Lumpur Jaysing Muthia dan Director of Member of Association AFC Janeevan Balasing.

Sejumlah keputusan tersebut antara lain adalah pemecatan enam anggota Komite Eksekutif (Exco), yakni Farid Rahman, Sihar Sitorus, Bob Hippy, Tuty Dau, Mawardi Nurdin dan Widodo Santoso. Selain dipecat, keenamnya juga disanksi larangan berkecimpung di sepak bola nasional selama 10 tahun ke depan. Sihar Cs dianggap membabayakan sepak bola nasional saat melakukan walk out pada Kongres Luar Biasa (KLB) 17 Maret lalu. Jika KLB saat itu kolaps, FIFA akan menjatuhkan sanksi kepada PSSI. Selain itu, keenamnya juga dituduh melakukan pemalsuan dokumen PSSI. Kongres juga mengukuhkan empat Exco baru yakni La Siya, Djamal Azis, Hardi Hasan dan Zulfadli. Dengan demikian, Exco PSSI menjadi berisi 15 personel. Sementara untuk menggantikan enam anggota yang dipecat, Exco PSSI akan membentuk Komite Pemilihan berisi sembilan orang dan Komite Banding Pemilihan berisi lima orang untuk menggelar pemilihan Enam Exco pada Kongres berikutnya. Bentuk maupun tanggal kongres berikutnya, akan ditentukan lewat rapat Exco mendatang.

Kongres juga telah menerima laporan pertanggungjawaban kinerja PSSI dan laporan keuangan dengan baik. Soal kompetisi, Liga Super Indonesia (ISL) akan diikuti 22 klub, dengan perkiraan kompetisi mencapai satu tahun. Karena pada 2014 akan ada banyak agenda nasional maupun internasional, seperti Piala Dunia, Pemilihan Presiden 2014 maupun Hari Raya Idul Fitri. Untuk kompetisi amatir, diperkenalkan sistem baru dengan konsentrasi pengelolaan pada tingkat provinsi, namun detail akan dibahas lebih lanjut. Terakhir, PSSI juga mengumumkan mundurnya Hadiyandra sebagai sekretaris jenderal PSSI dan digantikan CEO PT Liga Indonesia, Djoko Driyono. Nasib CEO PT Liga akan dibahas pada RUPS PT Liga terdekat. Hadiyandra mengundurkan diri karena ingin berfokus pada disertasi yang tengah dikerjakannya saat ini. Ketua Pengprov PSSI Jambi ini akan menjabat sebagai Ketua Taskforce Reformasi Asosiasi PSSI (nama baru Pengprov PSSI). PSSI juga sepakat membentuk tiga asosiasi, yakni asosiasi pemain, asosiasi pelatih dan asosiasi futsal. Untuk asosiasi pemain, PSSI mengakomodir Asosiasi Pemain Sepak bola Nasional Indonesia (APSNI) yang dipimpin oleh Mundari Karya. Untuk asosiasi pelatih, PSSI mengakomodir Asosiasi Pelatih Sepak bola Indonesia (APSI) pimpinan G.H Sutedjo.

Namun asosiasi tersebut tidak begitu saja diakomodir. PSSI akan menempatkan ketua ad-interim untuk memimpin kongres asosiasi tersebut dan membentuk Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang sejalan dengan AD/ART PSSI. PSSI juga sepakat untuk membentuk Asosiasi Sepak bola Wanita dan Asosiasi Wasit dalam waktu mendatang. Kongres ditutup oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu berharap PSSI menjadi semakin baik ke depannya. "Semoga setelah ini PSSI kian satu. Tidak ada lagi konflik. Kian fokus dalam pengembangan sepak bola, khususnya pembinaan pemain muda," katanya menutup Kongres, Senin (17/6/13) sekitar pukul 14.30 WIB. C. INSENTIF TRIP PAKET TOUR MANADO - BUNAKEN 4 HARI 3 MALAM Waktu yang lebih banyak akan menjadikan anda lebih leluasa menikmati keindahan alam Sulawesi Utara tepatnya di Kota Manado. Dengan 4 Hari 3 Malam, anda akan dapat mengeksplorasi keindahan obyek wisata Kota Manado dan Pulau Bunaken. Anda dapat mengunjungi tempat wisata favorite

anda atau berbelanja sepuasnya. Selanjutnya anda juga bisa mengeksplorasi keindahan bawah laut pulau Bunaken.

HARI 01 :PENJEMPUTAN - CHECK IN HOTEL Penjemputan di airport Sam Ratulangi Manado dan acara bebas. HARI 02 : MINAHASA HIGHLAND TOUR (MP, MS, MM) Setelah makan pagi di hotel, dijemput oleh Guide dan diantar mengunjungi Patung Yesus Memberkati yaitu Patung Tuhan Yesus Terbesar di Asia (tinggi 31m, dengan posisi Melayang, menghadap kota Manado yg merupakan patung ke-2 terbesar sesudah yang ada di Rio Jeneiro-BRAZIL). Perjalanan dilanjutkan menuju dataran tinggi Minahasa, dimulai dengan singgah di desa Tinoor untuk melihat kota Manado dari ketinggian 500m, kemudian menuju kota bunga Tomohon: mengunjungi Pagoda Ekayana, desa Woloan tempat industri rumah tradisional Minahasa, desa Kaaten tempat industry kerajinan meubel dari kayu kelapa, serta menuju kota Tondano. Makan siang disediakan di lokal restoran pinggiran Danau Tondano. Setelah itu menuju

Bukit Kasih di desa Kanonang, melewati desa Pulutan tempat industri tradisional gerabah khas Minahasa. Selanjutnya menuju Kawangkoan, di mana Anda bisa berbelanja kacang garing dan „biapong‟ khas Minahasa dan juga melewati Goa Jepang. Sore hari menuju ke Danau Linow, setelah itu kembali ke Manado. Makan malam di lokal restoran. Usai makan malam kembali ke hotel dan acara bebas. HARI 03 : BUNAKEN & CITY TOUR (MP, MS, MM) Setelah makan pagi di hotel persiapan untuk menuju pulau Bunaken, dan setibanya disana langsung menggunakan glass bottom boat untuk melihat keindahan alam pesona ikan dan karang yang berwarna – warni yang sangat terkenal di dunia. Selanjutnya kembali ke Bunaken (jika ada peserta yang ingin berenang / snorkeling) kami menyediakan waktu dan guide untuk tour snorkeling (Alat snorkeling: optional). Disediakan pisang goreng dan sambal (dabu-dabu) khas Manado dan kelapa muda. Siang hari kembali ke Manado untuk makan siang di local restaurant. Setelah makan siang di antar untuk City Tour keliling Kota Manado melewati Klenteng Ban Hing Kiong, China Town, Taman Kesatuan Bangsa, Monumen Perang Dunia kedua, melewati pusat perkantoran JL. 17 Agustus, JL. Bethesda Monumen Wolter Monginsidi dan Pierre Tendean B on B Boulevard Road Pusat Hiburan dan Perbelanjaan di Kota Manado. Makan malam di local restaurant. Kembali ke hotel dan acara bebas.

HARI 04 :ACARA BEBAS - TRANSFER OUT (MP) Setelah acara makan pagi, acara bebas sampai waktu penjemputan untuk diantar ke Airport. Tour selesai.

PESAN SEKARANG! Catatan: 1. Karena keterbatasan tempat, kami hanya menampilkan pilihan hotel yang terbatas. Kami siap melayani pemesanan kamar hotel untuk seluruh hotel di Manado. Silahkan hubungi kami melalui e-mail atau telephone. 2. Harga Paket Tour belum termasuk tiket pesawat, kami juga bisa menyediakan permintaan tiket pesawat untuk semua airline baik untuk perorangan maupun rombongan.

D. EXHIBITION Kemeriahan Pameran Mobil Terbesar di Asia Tenggara

Teknologi - Minggu, 22 September 2013 | 06:15 WIB Jakarta - Pembukaan IIMS 2013 oleh Wakil Presiden RI Boediono, pada Kamis (19/9), menandakan dimulainya kemeriahan perhelatan pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara ini. Setelah upara pembukaan, Boediono pun mengunjungi berbagai booth peserta pameran IIMS 2013. Toyota mendapat kehormatan menjadi booth pertama yang dikunjungi oleh rombongan. Di sini, Boediono berkesempatan melihat dari dekat produkproduk unggulan Toyota seperti mobil listrik dan hybrid produksi Toyota.

Setelah kunjungan booth oleh Boediono, dilanjutkan oleh press conference dari masing-masing agen pemegang merk (APM). Ini menjadi ajang bagi APM untuk menampilkan produk-produknya, baik yang sudah ada di pasaran maupun yang baru pertama kali diperkenalkan di Indonesia. Bahkan beberapa APM melakukan world premiere atau peluncuran perdana secara global di IIMS 2013. Salah satunya adalah Daihatsu yang memboyong delapan mobil konsep terbaru. Mobil konsep terbaru Daihatsu tersebut adalah Daihatsu Ulta Function Compact (UFC-2), mobil kompak, mobil sporty 7-penumpang, Cross-over Utility Vehicle (CUV), mobil keluarga serba guna DR-Estate, New Compact (NC-Y) dan NC-Z generasi terbaru. Lalu mobil konsep lainnya dari pengembangan konsep Astra Daihatsu Ayla sebagai bagian dari lima unit Ayla World yang dipamerkan, yaitu Daihatsu Ayla GT (sport), Ayla Luxury (elegant), Ayla X-Track (cross over). Sementara dua unit Ayla World lainnya adalah Ayla Aero Package Varian M Sporty dan X Elegan. Honda pun tak ingin ketinggalan. Pabrikan mobil asal Jepang ini dengan bangga mempersembahkan Honda Mobilio Prototype. Mobil ini menjadi bintang di booth Honda karena mobil ini adalah mobil LMPV (Low Multi

Purpose Vehicle) pertama yang dirancang khusus oleh Honda untuk Indonesia. Honda juga menampilkan mobil sport konsep Honda NSX yang sempat jadi bintang di film Iron Man. Mobil ini mengombinasikan era baru mobil sport menggunakan teknologi hybrid. Renault yang menjadi pendatang baru IIMS menampilkan Duster, sebuah ikon Renault yang akan memperkuat keberadaan Renault di Indonesia. Duster merupakan SUV terlaku di Eropa serta model terlaris dari Renault di tahun 2013. Selain itu Duster pun memenangkan sejumlah penghargaan di seluruh penjuru dunia. Renault Duster dilengkapi dengan mesin K9, terbaik di kelasnya, mesin berkekuatan 1500 dCi merupakan global growth engine dari Aliansi RenaultNissan. Di booth Renault pun menampilkan mobil Formula 1 yang menarik minat pengunjung. Audi tak mau ketinggalan dengan meluncurkan empat mobil teranyar mereka, yakni Audi R8 facelift, RS4 Avant, RS5 Coupe, dan Audi A7 Sportback. Melalui peluncuran keempat produk terbarunya ini, PT Garuda Mataram Motor ingin menunjukkan bahwa inilah komitmen sekaligus kepercayaan yang kuat dari Audi untuk memberikan pilihan produk mobil premium dengan

sentuhan khusus dari rumah modifikasi quattro GmbH, serta craftsmanship terbaik untuk car enthusiast. MINI juga menyegarkan area IIMS 2013 dengan menghadirkan dua lini terbarunya yaitu MINI Hyde Park dan MINI Green Park. Kedua mobil ini memiliki individualitas serta daya tarik khas MINI yang berbeda jika dibandingkan dengan brand mobil premium yang lainnya. Mobil seharga Rp 639 juta ini merupakan mobil dengan jumlah edisi yang terbatas, yaitu 30 unit saja di Indonesia dan tidak akan ditambahkan. Pabrikan mobil asal India, Tata, juga memperkenalkan tiga produk andalannya yang akan bersaing dikelas kendaraan komersial. Ketiga kendaraan tersebut adalah Xenon RS Pick Up, Super Ace dan Ace EX 2 Diesel Pick Up. Sedangkan Nissan menghadirkan beberapa facelift untuk Juke, X-Trail, dan Serena. Sementara itu, Ford memperkenalkan Fiesta 1.0 liter EcoBoost yang akan diluncurkan awal tahun depan. Peugeot juga memperkenalkan produk terbaru mereka, yakni New Peugeot 208 GTi. Sama pula dengan Subaru yang hadir dengan All New Subaru Forester

Volkswagen (VW) akhirnya juga merilis salah satu mobil fenomenalnya, VW Golf MK-7 yang mengantongi predikat sebagai 'World Car of the Year 2013' dengan fokus yang ditonjolkan melalui berat berkurang 100 kg, peningkatan efesiensi bahan bakar, desain berkarakter hingga sasis dengna sistem MQB. Ketua penyelenggara IIMS 2013, Johnny Darmawan mengatakan bahwa partisipasi para APM dalam gelaran IIMS tahun ini mencerminkan keyakinan mereka akan masa depan industri otomotif tanah air yang dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. “Hal ini tentu merupakan kebanggaan, karena dari tahun ke tahun prestige IIMS semakin meningkat sekaligus kian mengangkat nama Indonesia di dunia internasional, khususnya di industri otomotif,” tutur Johnny Selain para APM, dukungan dari konsumen juga merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan industri otomotif tanah air. Ia menambahkan bahwa IIMS akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi APM dan pecinta otomotif Tanah Air. Selama gelaran yang diadakan pada 19-29 September 2013, IIMS 2013 mempergunakan lahan seluas 75.000 m2 untuk menampilkan 36 APM dan 276 industri pendukung yang ikut mendukung pameran. Memaksimalkan lima area Hall JIExpo Kemayoran untuk APM, Dyandra Promosindo selaku pelaksana pameran juga menambahkan lima semi-

permanent hall di lokasi outdoor yang diperuntukkan khusus untuk industri pendukung otomotif Indonesia. 2. A. LANGKAH-LANGKAH PERSIAPAN MEETING 1. Persiapan ruangan Persiapan administarsi meliputi: a. Membuat surat undangan b. Menyusun acara dan daftar hadir peserta c. Acara meeting di susun secara kronologis dan sistematis d. Daftar hadir rapat/buku tamu atau buku biasa, daftar hadir ini di perlukan untuk mengetahui jumlah yang harus di persiapkan segala sesuatunya,dan di samping itu juga di perlukan sebagai dokumentasi serta pertanggung jawaban biaya yang di keluarkan. 2. Mempersiapkan bahan-bahan meeting Bahan-bahan tersebut berupa: a. Hasil meeting yang lalu b. Hasil kertas kerja para peserta yang akan dibahas c. Peraturan perundangan yang akan di perlukan

d. Bahan-bahan penerbitan yang ada kaitannya dengan materi yang akan di bahas e. Alat-alat tulis

3. Mempersiapkan peralatan meeting 4. Membuat catatan meeting Isi dari catatan meeting terdiri dari: a. Judul meeting yang diselenggarakan b. Bila terdiri atas kelompok, perlu menyebutkan nama-nama kelompok c. Tanggal, waktu dan tempat meeting di selenggarakan d. Nama jenis meeting e. Nama peserta dan nama instansi f. Catatan dari seluruh kegiatan meeting g. Mengirimkan hasil meeting h. Menggadakan tindak lanjut B. LANGKAH-LANGKAH PERSIAPAN INSENTIF TRIP 1. Melakukan kerjasama dengan pihak travel 2. Melakukan perencanaan tour 3. Mencari tahu tentang Negara yang akan dikunjungi (tempat-tempat yang akan dikunjungi disana) 4. Memesan hotel untuk peserta tour 5. Membuat rincian perjalanan tour

6. Menghitung berapa biaya yang akan kita gunakan dan biaya yang akan dbayarkan oleh peserta tour 7. Membuat iklan yang dapat menarik peserta tour Langkah-langkah yang dilakukan setelah Tour : 1. Melakukan evaluasi 2. Menghitung pemasukan/hasil setelah melakukan Paket Tour C. LANGKAH- LANGKAH PERSIAPAN CONGRESS 1. Pemimpin kongres hanya ada satu yaitu ketua sidang yang dipilih berdasarkan floor yang beradadi pusat 2. Di setiap chapter hanya ada panitia pelaksana yang terdiri dari: Ketua pelaksana chapter dengan dibantu 2 orang anggota 3. Panitia pelaksana bertanggung jawab terhadap proses pelaksanaan kongres di chapter setempat dari awal sampai dengan akhir 4. Panitia pelaksana dibantu dengan 2 orang anggotanya mengkoordinir undangan bagi para anggota maupun non anggota sebagai undangan untuk hadir dalam kongres adgi

5. Panitia pelaksana mengawasi proses jalannya kongres serta pemilihan calon ketua umum berdasarkanurutan acara sesuai panduan acara. Bagaimana proses berjalannya kongres 1. Pengertian serentak adalah kongres akan diadakan di semua chapter yang ada dengan waktu acara yang dimulai secara bersamaan dibantu dengan cara online melalui media internet via webcam 2. Media tersebut adalah sebuah opensource software yang bernama bigbluebutton.org (teknis pelaksanaan mengunduh dan gladi resik akan diberitahukan lebih lanjut) 3. Untuk hal tersebut, panitia pelaksana chapter wajib menyiapkan layanan internet, satu buah komputer/laptop, satu buah webcam, satu buah mic agar dalam penyelenggaraannya bisa berjalansesuai dengan serentak. 4. Adapun runutan daftar acara akan diberikan oleh panitia kongres sebagai panduan chapter dalam memandu acara kongres. 5. Mengatur dengan baik proses data tamu yang hadir dengan menyiapkan buku tamu serta memilahantara undangan/tamu dengan anggota adgi lama/baru. Aturan ini dibuat agar

mempermudah dalam proses hak pilih setiap anggota.Proses Pemilihan. 6. Proses pemilihan dilakukan melalui pemungutan suara secara bebas dan rahasia dengan tatacara sebagai berikut: a. Yang berhak memilih adalah anggota adgi baik yang lama maupun baru. b. Pemilih adalah yang tertera dan sesuai pada daftar hadir yang ada. c. Hak suara tidak bisa diwakilkan, untuk itu penting bagi kita semua untuk dapat agar kita bisa menyuarakan aspirasi dan hak suara kita d. Panitia pelaksana menyediakan kartu suara dan kotak suara. (kartu suara disiapkan dari KPNADGI) e. Kartu suara memuat nama CALONKETUM sesuai yang tersusun menurut abjad, serta cap/paraf untuk keabsahannya. f. Setiap anggota/pemilih yang hadir melingkari/menandai salah satu nama yang dipilih untuk menjadi ketua. g. Tidak melingkari/menandai salah satu nama dianggap abstain, sedangkan melingkari/menandai lebih dari satu nama dinyatakan tidak sah.

h. Setelah dilingkari/ditandai, kartu suara dilipat dan dimasukkan ke dalam kotak suara/diberikan kepada petugas yang membawa kotak suara. i. Penghitungan suara dilakukan setelah semua anggota yang hadir memberikan suara. j. Anggota yang memperoleh suara sekurang-kurangnya lebih dari setengah jumlah anggota yang hadir ditetapkan sebagai Ketua terpilih. k. Apabila tidak ada seorangpun anggota yang memperoleh suara seperti tersebut dalam huruf g, maka anggota yang memperoleh terbanyak pertama dan terbanyak kedua ditetapkansebagai calon dalam pemilihan putaran kedua. l. Pemungutan suara dalam putaran kedua sama caranya dengan pemungutan suara dalam pemilihan putaran pertama, dengan catatan kartu suara hanya memuat 2(dua) nama calon. m. Calon yang mendapat suara terbanyak ditetapkan sebagai ketua. Ketentuan Lain-Lain. 1. Pemilihan Ketua dicatat dalam berita acara rapat yang ditandatangani oleh semua anggota yang hadir.

D. LANGKAH-LANGKAH PERSIAPAN EXHIBITION Apa saja yang harus dipersiapkan dalam membuat stand pameran atau design stand pameran dalam sebuah desain pameran atau stand pameran design akbar dengan banyak perusahaan design stand sejenis yang ikut serta. Jangan anda membayangkan bentuk stand design pameran Jakarta terlebih dahulu, namun hal pertama adalah menetapkan tujuan design pameran atau stand desain yang ingin dicapai dalam pameran design tersebut. Tujuan stand pameran desain : 1. Penjualan 2. Promosi produk baru 3. Costumer Service 4. Cari proyek besar 5. Cuci gudang Dalam beberapa desain stand pameran Jakarta banyak yang selalu ingin menjual dan menjual, ini tidak lah salah, namun tujuan pameran design lainnya harus dicapai juga agar stand pameran design bukan sekedar rak rak stand desain yang memajang produk belaka. Namun lebih dari itu ? Buatlah sebuah stand pameran yang memiliki nuansa yang tidak sekedar TOKO namun memiliki sebuah nuansa stand design yang berbeda. Kalo design stand pameran hanyalah TOKO yang pindah tempat maka hal

tersebut membuat pengunjung tidak tertarik untuk datang. Sebagai contoh design pameran, tambahkan hal berikut ini : 1. Meja Costumer Service desain pameran 2. LCD portfolio perusahaan 3. Ruang tamu, berfungsi untuk talkshow atau presentasi produk 4. Rak atau design stand produk diskon / cuci gudang 5. mStanding banner pameran design Setiap elemen stand pameran desain yang dihadirkan atau tampilan desain stand harus dapat menjadi visualisasi tujuan awal pameran design tersebut.

3. COMPANY PROFILE BISNIS MICE

Jakarta, 19 Februari 2013 - PT Dyandra Media International Tbk (DMI), salah satu korporasi terkemuka dan terbesar di industri MICE (Meeting, Incentive, Convention & Exhibition) di Indonesia, berencana untuk melakukan Penawaran Umum Saham Perdana atau Initial Public Offe ring (“IPO”) kepada masyarakat. Langkah Go Public DMI dilangsungkan dalam rangka mendukung rencana pengembangan usahanya demi meningkatkan kapasitas DMI dalam

merespon perkembangan industri Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) di Indonesia yang sangat menjanjikan pada akhir-akhir ini dan mendukung diversifikasi bisnis DMI ke bisnis pusat konvensi dan hotel.

DMI adalah group perusahaan industri MICE pertama di Asia Tenggara yang melakukan Go Public. “Sejalan dengan perkembangan perekonomian di Indonesia dan di kawasan regional, saya yakin dengan status baru sebagai sebuah perusahaan yang telah Go Public, PT Dyandra Media International Tbk mampu untuk melangkah maju melampaui tantangan, menetapkan standar yang tinggi, mengusung profesionalisme, lebih terbuka, transparan dan terus bertahan sebagai perusahaan terkemuka dalam industri MICE,” ujar Lilik Oetama, Presiden Direktur PT Dyandra Media International Tbk dihadapan sejumlah media hari ini. DMI Tawarkan Sebanyak-banyaknya 1.282.000.000 Lembar Saham Baru Manajemen DMI bersama dengan Penjamin Pelaksana Emisi Saham telah sepakat untuk menawarkan sebanyak-banyaknya 1.282.000.000 saham baru atau 30 % dari modal disetor sesudah IPO kepada publik dengan kisaran harga penawaran Rp 315 s/d Rp 415 per lembar saham. Mandiri Sekuritas dan OSK Nusadana Securities Indonesia dalam hal ini bertindak selaku Penjamin Pelaksana Emisi Saham. Dengan rencana IPO dan penawaran saham ini, DMI dan pemegang saham menargetkan perolehan dana sekitar 500 miliar Rupiah. Dana yang diperoleh dari penawaran umum saham perdana DMI, sekitar 67% akan pergunakan guna pengembangan usaha dalam bentuk penyertaan modal pada Entitas Anak, sekitar 24% untuk

pelunasan pokok hutang bank sehubungan dengan proyek-proyek yang sudah dilaksanakan DMI, dan sekitar 9% akan digunakan sebagai modal kerja. “Kami optimis bahwa IPO DMI akan memperoleh tanggapan positif dari berbagai kalangan investor baik domestik maupun Internasional karena keunikan dari model bisnis DMI maupun posisinya yang diuntungkan oleh pertumbuhan bisnis MICE di Indonesia,” ungkap Lilik Oetama. Due Diligence Meeting (DDM) dan Paparan Publik (Public Expose) dilakukan DMI bersama dengan kedua Penjamin Pelaksana Emisi Saham sebagai bagian dari masa penawaran awal (bookbuilding) dalam proses IPO, yang dilaksanakan untuk penjajakan minat awal dari para calon investor, baik retail maupun institusi, serta calon penjamin emisi saham. Proses book building akan berlangsung sejak tanggal 19 Februari 2013 hingga 5 Maret 2013, dimana perseroan juga akan melakukan roadshow ke Kuala Lumpur, Singapura dan Hongkong. PT Dyandra Media International Ekspansif di Gedung Konvensi & Hotel PT Dyandra Media International Tbk. (DMI) kini tengah fokus

mengembangkan 2 bisnis utamanya yaitu gedung konvensi (convention hall) dan perhotelan. “DMI akan menambah 3 convention hall serta sejumlah hotel yang diperkirakan menyerap anggaran sejumah Rp 300 miliar,” jelas Lilik

Oetama. Ditambahkannya, dana tersebut sebagian akan memakai dana IPO. Melengkapi pernyataan Lilik, Danny Budiharto sebagai Direktur Operasional DMI menyebutkan 3 convention hall tersebut adalah pembangunan tahap kedua Bali Nusa Dua Convention Center seluas 25.000 meter persegi, pembangunan Indonesia International Expo di Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan, Banten dan pembangunan Makassar International Convention Center yang terletak di kawasan Tanjung Bunga Makassar, Sulawesi Selatan. Danny mengungkapkan, di tahun 2014 DMI menargetkan akan memiliki sejumlah 2.400 unit kamar hotel melalui pembangunan 20 hotel baru. Saat ini DMI memiliki 1 Hotel Santika dan 5 Hotel Amaris dengan total 657 unit kamar hotel yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

“Sejalan dengan ekspansi bisnis konvensi, DMI juga melakukan ekspansi di bisnis perhotelan,“ tambah Danny optimis. Dikemukakannya, arus turis dan bisnis pariwisata terus bertumbuh sehingga pengembangan bisnis hotel menjadi suatu hal yang terintegrasi dengan pengembangan bisnis gedung konvensi. IPO ini akan mendorong diversifikasi sumber pendanaan bagi DMI, sehingga hal ini memacu pertumbuhan kualitas perusahaan, bahkan menjadi salah satu daya tarik yang mempesona bagi calon investor. Situasi ini sejalan dengan visi DMI yang bertekad menjadi penyedia jasa dan solusi atas

kebutuhan MICE terbesar di Asia Tenggara serta menjadi mitra bisnis handal yang memberikan standar pelayanan yang tinggi dan solusi inovatif. Lebih jauh ditegaskan oleh Lilik Oetama, “Perusahaan akan senantiasa berusaha memberikan nilai tambah bagi seluruh pemegang saham secara optimal.” Tentang PT Dyandra Media International (DMI) PT Dyandra Media International Tbk (DMI) merupakan perusahaan induk (holding company) yang mengelola berbagai bidang usaha grup Dyandra yang bergerak di bidang industri MICE dan bisnis properti, terutama hotel dan convention. Seiring dengan berjalannya waktu, dengan visi menjadi sebuah perusahaan jasa terintegrasi dan penyelenggara event terbesar di Indonesia, yang hampir setiap hari memiliki event untuk diselenggarakan. Beberapa diantaranya adalah pameran berstandar internasional seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Indonesia International Communication Conference & Expo (ICC). Dengan misi menjadi mitra bisnis handal yang selalu memberikan hasil mengesankan serta mengusung profesionalisme dalam setiap bisnisnya, saat ini DMI merupakan pemimpin pasar dalam industri MICE Indonesia. DMI memiliki 4 pilar bisnis utama yaitu PT Dyandra Promosindo (DP) sebagai penyelenggara pameran dan penyelenggaraan acara, PT Nusa Dua Indonesia (NDI) sebagai pusat konvensi dan pameran, PT Graha Multi Utama (GMU) sebagai pengelola bisnis hotel, dan PT Dyamall Graha Utama (DGU)

sebagai perusahaan yang pendukung penyelenggaraan pameran dan acara. Saat ini Perseroan menaungi 31 anak perusahaan yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia. Sinergi DMI dengan Kompas Gramedia sebagai salah satu grup media terbesar di Indonesia sangat bermanfaat sebagai platform Perseroan meningkatkan profil DMI di Indonesia.