MEDIASI (MEDIATION

)
Hipotesis yang berkaitan dengan mediasi (mediation) sangat umum dijumpai dalam penelitian-penelitian keperilakuan atau behavioral. Topik mediasi menjadi penting karena memungkinkan penelitian mengetahui mengapa sesuatu hal terjadi. Analisis mediasi memberikan penelitian gambaran mengenai proses terjadinya sesuatu (Kenny., 2 !). "ediasi terjadi jika prediktor atau variabel independen mempengaruhi variabel dependen se#ara tidak langsung melalui paling tidak satu variabel intervening atau mediator. $ila terdiri dari hanya satu mediator maka disebut simple mediation dan bila proses mediasional melibatkan lebih dari satu mediator maka disebut dengan multiple mediation. Tulisan kali ini akan membi#arakan proses mediasi sederhana atau simple mediation.

Mediasi Sederhana (Simple Mediation)
%ariabel mediator juga disebut variabel intervening atau variabel proses. &ika variabel independen tidak lagi mempunyai pengaruh terhadap variabel dependen setelah mengontrol variabel mediator, maka dinyatakan terjadi perfect atau complete mediation. &ika pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen berkurang tetapi masih berbeda dari , setelah mengontrol variabel mediator, maka dinyatakan terjadi partial mediation (Kenny., 2 '( )rea#her and Hayes., 2 *). Hipotesis mediasional atau mediational hypothesis, umumnya diuji dengan dua #ara atau strategi yaitu+ causal step berdasarkan ketentuan dari $aron dan Kenny (,!'-) dan strategi perkalian koe.isien atau product of coefficient, yang didasarkan pada pengujian signi.ikansi pengaruh tak langsung atau indirect effects ("a#Kinnon., 2 '( /uens#h., 2 0( 1arsman., 2 -( )rea#her, 2u#ker and Hayes., 2 0).

Strategi Causal Step
3alam pengujian dengan causal steps, peneliti harus mengestimasi tiga persamaan regresi berikut ($aron and Kenny., ,!'-)+ ,. )ersamaan regresi sederhana variabel modiator (") pada variabel independen (4)+ " 5 i, 6 a 4 6 e, 2. )ersamaan regresi sederhana variabel dependen (7) pada variabel independen (4)+ 7 5 i2 6 # 4 6 e2 8. )ersamaan regresi berganda variabel dependen (7) pada kedua variabel independen (4) dan mediator (")+ 7 5 i8 6 #9 4 6 b " 6 e8 3imana i adalah koe.isien intersep $erdasarkan hasil estimasi ketiga model regresi tersebut, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk ter#apainya mediasi. )ertama, variabel independen harus signi.ikan mempengaruhi variabel mediator pada persamaan pertama, jadi koe.isien a : ( kedua, variabel independen harus signi.ikan mempengaruhi variabel dependen pada persamaan kedua, jadi koe.isien c : ( dan ketiga, variabel mediator harus signi.ikan mempengaruhi variabel dependen pada persamaan ketiga, jadi koe.isien b

2u#ker and Hayes.ehingga . .ikansi statistik = (p-value) ? . 3engan hanya memasukkan nilai a. a adalah koe.atau tingkat signi.!!' dalam 1arsman.isien direct effect independen (4) terhadap mediator ("). 2 *). b adalah koe. . $ila step 2 dan step 8 terpenuhi dan koe. a dan direct ef.!.e#t mediator terhadap variabel dependen.ikansi indirect effect ab dilakukan berdasarkan rasio antara koe.ikan (c' : ) maka dinyatakan terjadi partial mediation (Kenny.ehingga tahap esensial dalam pengujian mediasional adalah step 2 dan step 8. berarti indirect effect atau pengaruh tak langsung variabel independen terhadap variabel dependen melalui mediator. 2 *( )rea#her.isien indirect effet yang diperoleh dari perkalian antara direct effect a dan b. 2 '). 2 *)+ z-value 5 Keterangan+ ab adalah koe.htm. @ ()rea#her and Hayes. yaitu akar kuadrat ( )..isien ab (Sab) dihitung berdasarkan versi Aroian dari Sobel test yang dipopulerkan dan direkomendasikan oleh $aron and Kenny (. signi..ikan. meskipun c tidak signi.isien #9 berkurang namun tetap signi. 2 0).isien direct effect mediator (") terhadap dependen (7).!'-). Standard error koe.eduCDprea#herCsobelCsobel.isien a..ek langsung atau direct effect variabel independen terhadap mediator. b atau ab).. Strategi Product of Coefficient ..: .isien a dan b yang signi. . @. <ji signi. ..ikan sudah #ukup untuk menunjukkan adanya mediasi. 2 '( "#Kinnon.ikansi .!'-).isien indirect effect ab diakui memberikan pengujian yang lebih langsung terhadap hipotesis mediasional.. yang menguji signi.trategi kedua untuk pengujian mediasional adalah product of coefficient.ikansi pengaruh tak langsung atau indirect effect (perkalian e. z-value beserta nilai probabilitasnya (p-value) dapat dihitung menggunakan AB#el atau alat hitung interakti.... signi..ikan pada tara. .) variabel independen mempengaruhi mediator dan (2) mediator mempengaruhi dependen meskipun independen tidak mempengaruhi dependen (Kenny et al. &ika z-value dalam harga mutlak > . 2 -( Kenny. Sb adalah standard error dari koe. $ila koe.ikan (c' 5 ) maka terjadi perfect atau complete mediation..ku. 2 0( )rea#her and Hayes. 2u#ker and Hayes.. "ediasi terjadi jika pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen lebih rendah pada persamaan ketiga (#9) dibandingkan pada persamaan kedua (#) ($aron and Kenny. b beserta standar error-nya masing-masing maka . <ji signi. 2 *). dibanding pendekatan causal step ()rea#her and Hayes.ebenarnya koe.ormula lengkapnya adalah sebagai berikut ($aron and Kenny. 2 '( )rea#her and Hayes.isien c' tidak signi.isien ab dengan standard error-nya yang akan menghasilkan nilai = statistik (z-value). 2 -( )rea#her. dari Kris )rea#hers yang terdapat pada http+CCpeople..isien b..!'-( )rea#her and 1eonardelli. Sa adalah standard error dari koe..ikansi terhadap koe. &adi (.

adalah poEer tes yang rendah bila distribusi indirect effect ab berdistribusi tidak normal. )endekatan ini juga tidak didasarkan pada teori sampel besar atau large-sample theory.hrout dan $olger (2 2). semoga.A.A" seperti A"G... Hasil simulasi oleh $ollen dan ... "a#ro ini akan menghasilkan semua nilai-nilai yang dibutuhkan untuk pengujian mediasi berdasarkan aturan $aron dan Kenny. dan 1H.ikansi dengan teknik bootstrapping dapat menggunakan ma#ro .atu masalah serius dengan pendekatan Sobel test di atas dan beberapa variannya dalam menguji signi.ikansi indirect effect menggunakan Sobel test versi Aroian yang dipopulerkan dan direkomendasikan oleh $aron and Kenny. .atu metode yang direkomendasikan adalah menggunakan teknik bootsrapping (. menunjukkan bahEa distribusi sampling indirect effect tidak selalu simetris atau normal ()rea#her and Hayes. yang berarti #o#ok untuk sampel ke#il ()rea#her and Hayes.).. khususnya pada sampel ke#il (/uens#h. ...ikan pada tara.ikansi indirect effects.C. signi. Bootsrapping adalah pendekatan nonparametrik untuk menguji hipotesis indirect effect.hrout dan $olger. 2 0)... Tulisan selanjutnya akan dibahas mengenai bagaimana menguji hipotesis mediasi menggunakan beberapa perangkat lunak seperti . dan .A. dari )rea#her dan Hayes yang tersedia di internet pada http+CCEEE. 2 !). 2 0).#omm.TATA dan juga beberapa perangkat lunak khusus . yang tidak membutuhkan asumsi mengenai bentuk distribusi variabel atau distribusi sampling dari indirect effect ab.. $ila indirect effect ab dalam !@F #on. 2 2 dalam /uens#h. 2 *( )rea#her.... 2 *( /uens#h. tidak mengandung nol maka indirect effect atau pengaruh tak langsung variabel independen terhadap variabel dependen melalui variabel mediator. atau mungkin juga dengan . @ yang berarti dukungan terhadap adanya mediasi ()rea#her and Hayes.uji signi.ikansi dengan Sobel test (bersama variannya) dapat diperoleh. 2 *( )rea#her. )erhitungan besarnya indirect effect dan pengujian signi.2A1. 2u#ker and Hayes.. 2 *). signi... 2u#ker and Hayes.ohio-state. 2 *).ikansi . hasil pengujian signi.htm. 2 0( )rea#her and Hayes.).iden#e intervals.tine (.eduCahayesCsobel. serta teknik bootsrapping untuk menghasilkan interval keper#ayaan !@F dan !!F atau !@F confidence intervals dan !!F confidence intervals ()rea#her and Hayes. 2 *).!! ) serta . . 2 0( )rea#her and Hayes.

Related Interests