BAB I APA ARTINYA SAYA MENGAKU MUSLIM Pengakuan sebagai muslim bukanlah klaim terhadap suatu identitas, penampilan

lahir atau pewarisan, melainkan pengakuan untuk menganut islam, berkomitmen kepada islam dan beradaptasi dengan islam dalam semua aspek kehidupan. 1. Saya harus mengislamkan a i!ah saya Hendaklah aqidah seorang muslim adalah aqidah yang benar dan sahih, selaras dengan apa yang ada dalam alquran dan sunnah rasulullah. Dengan konsekuensi sebagai berikut: a. Meyakini pencipta alam ini adalah Allah dengan bukti adanya keindahan, keselarasan, kesempurnaan, keteraturan dan ketergantungan sebagian terhadap sebagian lainnya (Al anbiya !!". b. Meyakini bahwa Allah tidak menciptsksn alam semesta dengan sia sia (Al mukminun ##$ ##%" c. Meyakini bahwa Allah telah mengutus para rasul dan menurunkan kitab kitab untuk mengenalkan manusia kepada pengetahuan tentang Dia, tu&uan penciptaan mereka (An nahl '%". d. Meyakini tu&uan keberadaan manusia adalah untuk mengenal Allah (ad( (ariyat $% $)" e. Meyakini balasan bagi orang mukmin yang taat adalah surga *. Meyakini bahwa manusia melaksanakan keba&ikan dan ke&ahatan dengan ikhtiar dan kehendaknya, akan tetapi ia tidak bisa melaksanakan kecuali dengan tau*ik dan pertolongan Allah (Asy syam + #,". g. Meyakini bahwa menetapkan syariat adalah kehendak Allah (Asy -yura #," h. Mengetahui si*at si*at Allah yang selaras dengan keagungan.ya. i. /erta*akur (merenungkan mengenai ciptaan Allah, bukan mengenai d(at.ya &. /anyak ayat ayat yang mengisyaratkan si*at si*at, wu&ud serta kesempurnaan Allahyang substansinya tidak bisa dipahami oleh akal manusia. k. Meyakini pendapat para salah lebih utama untuk diikuti.tidak perlu perselisihan atau pen&atuhan 0onis ka*ir atau *asik &ika ada berbagai takwil yang dikemukakan ulama khala* (belakangan" l. /eribadah kepada Allah tanpe merpersekutukannya dengans sesuatu apapun

ya selama lamanya p. Memiliki keinginan yang besar untuk melaksanakan qiyamul lail serta melatih diri melaksannakannya hingga terbiasa karena qiyamul lail mrp salah satu mesin keimanan yang paling besar (al mu(amil %" *. Menyediakan waktu untuk membaca dan merenungkan alquran g. 1akut kepadanya dan tidak takut kepada selain. o. ". 2badah harus hidup dan tersambung dengan ma4bud (1uhan yang dibadahi" b.ya. d. 2badah harus khusyuk. Akhlak mulia adalah buah ibadah dalam 2slam. Harus mengingat. Akhlak mulia merupakan bukti dan buah keimanan. Saya harus mengislamkan akhlak saya /erakhlak mulia merupakan tu&uan pokok dari risalah 2slam. /eberapa si*at yang harus di miliki seseorang hingga ia bisa berakhlak mulia: . Doa harus men&adi tangga untuk memohon kepada Allah dalam segala keadaan %. /ersyukur kepada Allah r. Harus beristigh*ar kepada Allah memohon ampun dan senatiasa beristigh*ar s. Hadis asulullah 5sesungguhnya aku diutus oleh Allah untuk menyempurnakan akhlak manusia (H6 Ahmad".ya dan senantiasa mengingat. /eribadah sepenuh hati. sehingga senantiasamenambah kebaikan.m. Melepaskan pikiran dari sekeliling yaitu segala kesibukan dan keinginan duniawi. tanpa akhlak. Saya harus mengislamkan i#a!ah sa$a 2badah merupakan puncak ketundukanmengenai keagungan Allah 3ang disembah yang merupakan tangga penghubung makhluk dengan khalik dengan konsekuensi sebagai berikut: a. Mencintai Allah. Menyadari muraqabatullah baik dalam keadaan sendiri maupun ramai. Dalam beribadah harus tamak. tidak pernah puas e.ya n. /ertawakal kepada Allah dalam segala keadaan dan menggantungkan diri dalam segala urusan q. berkorban dan ber&ihad di &alan. maka ibadah tak ubahnya hanya sekedar upacara dan gerakan . menghayati kehangatan komunikasi c.

Men&aga lidah dari berbicara berlebihan . /entuk si*at pemalu adalah tidak suka turut campur dalam urusan orang lain. memelihara kemaluan dan bertakwa kepada Allah. Menahan pandangan. tidak meninggikan suara. *. rendah hati.a. Memilih istri. Hendaklah salah satu tu&uan pernikahan adalah menahan pandangan. /ersikap wara4 (hati hati" thd syubhat b. 1idak takut &u&ur untuk mendapatkan ridha Allah. g. 8arena itu tugas pertama bagi seorang muslim setelah dirinya sendiri adalah bertanggung &awab terhadap keluarga. ghibah dan mencai cela sesama muslim i. bergun&ing serta adu domba. karena pandangan itu menimbulkan keinginan yang secara bertahap membawa pelakunya melakukan perbuatan maksiat c. Men&auhi prasangka. d. kata kata kotor. kalimat kalimat kasar. Malu (haya4". Men&adi teladan yang baik &. rumah tangga dan anak anak. 1anggung &awab pernikahan Pernikahan harus dilaksanakan semata karena Allah yaitu dalam rangka membentuk rumah tangga muslim. menerima keadaan e. pembicaraan sia sia. Saya harus mengislamkan keluarga !an rumah -ebagai langkah pertama untuk mewu&udkan masyarakt islami adalah dengan mendirikan rumah tangga muslim etrlebih dahulu (Asy syuara !#' !#$". menahan pandangan. Pemaa* dan sabar karena per&uangan islam penuh dengan berbagai hal yang tidak mengenakkan dan berbagai kesukaran. pendamping hidup dan teman per&alanan dengan sebaik baiknya Memilih wanita yang berakhlak dan beragama . Dermawan dan pemurah &. untuk mendapatkan keturunan yang saleh yang siap mengemban amanah. 6endah hati h. 7u&ur. a.

serta mencari ilmu yang mendekatkan dirinya kepada Allah. -arana sarana untuk membentengi diri dari masuknya setan Manusia didatangi setan dari berbagai pintu diantaranya: . 1anggung &awap pasca pernikahan /ersikap baik dan menghargainya agar tumbuh rasa percaya antara keduanya Harus ada hubungan kesesuaian dalam pemikiran. lantas tiba tiba ia beristigh*ar sehingga istigh*ar itu merusak apa yang telah diperoleh setan. -etan selalu mendatanginya. 1ersedianya sarana pendidikan yang sehat sangat menentukan tumbuh kembang anak '. -i*at si*at manusia Ada orang orang yang maksum yaitu para nabi. c. setelah setan mendapat apa yang diha&atkannya. Saya harus mengalahkan na(su saya a. berpengetahuan. b. lembut dan kukuh Akal yang memiliki bashirah (kebi&aksanaan". setan tidak mampu berbuat apa apa untuk menggoda mereka Ada tipe manusia yang dikalahkan oleh na*su mereka.ya b. Perangkat perangkat untuk memenangkan pertarungan melawan hawa na*su Memiliki hati yang hidup. 2ndikasi indikasi kekalahan akhlak Penyakit yang paling berbahaya yang menimpa orang orang yang kalah adalah penyakit was was sehingga mereka terhalangi dari &alan Allah./erhati hati &angan sampai melanggar perintah Allah dalam hal pernikahan dan takut akan murka dan hukuman. &adi tidak di&alin dengan mengorbankan islam atau hal hal yang diharamkan oleh Allah. 1anggung &awab bersama dalam mendidik anak Pada hakekatnya. Maka setan tidak perlu bersusah susah menggoda mereka Ada tipe manusia yang bertaubat kepada Allah. mampu membedakan. spitual dan emosi Hubungan antara suami istri harus sesuai dengan tuntunan syara. buah yang diharapkan dari terbentuknya rumah tangga muslim adalah keturunan yang saleh. d. c.

Ambisi dan buruk sangka dihadapi dengan percaya dan menerima 8ecintaan apa hidup dan pan&ang angan angan. 9aktor *aktor yang mendorong keyakinan: a. Dihadapi dengan rasa takut akan kematian yang tiba tiba 8einginan untuk santai dan bersenang senang. Dihadapi dengan mengingan karunia dan rasa takut kepada akibat yang menimpa Dengki dihadapi dengan kerelaan pembagian yang diberikan Allah kpd makhluk Meremehkan dan kurang menghargai dihadapi dengan mengenali hak dan kehormatan orang lain 6iya dan keinginan dipu&i dihadapi dengan keikhlasan 8ikir dihadapi dengan menyadiri bahwa harta akan sirna dan yang kekal adalah pahala Allah -ombong dihadapi dengan rendah hati 1amak dihadapi dengan percaya dg apa yang disisi Allah dan (uhud thd milik manusia /eberapa sarana melindungi diri Memulai peker&aan dengan nama Allah Menghindari kenyang Membaca alquran. Saya harus yakin #ah*a masa !e+an a!alah milik islam 8epercayaan kepada islam harus mencapai keyakinan bahwa masa depan adalah milik agama ini. :ni0ersalitas manha& islam . Dihadapi dengan akan hilangnya nikmat dan keburukan hisab /angga diri. berd(ikir dan beristigh*ar Hindari tindakan tergesa gesa ). 6abaniyah manha& islam Manha& islam adalah suatu sibghah (konsep agama" yang tetap bertahan dan memberikan man*aat sepan&ang (aman dan tempat b.

komunisme lantaran si*atnya yang buatan. terbatas. . demokratisme. sosialisme. liberalisme.arna yang men&adikannya meninggalkan sentimen sempit kedaerahan ras atau nasionalisme c. 8eterbatasn sistem sistem wadhi4yah (sistem buatan manusia" /anyaknya kegagalan yang dialami oleh sistem buatan manusi di setiap kawasan dunia baik kapitalisme. <lastisitas manha& islam 8emampuannya untuk menampung segala problem kehidupan yang berubah ubah. kurang dan temporer. . 8elengkapan manha& islam 2slam mampu memenuhi kebutuhan manusia baik secara indi0idu maupun kolekti* e. /eri&tihad untuk menyimpulkan hukum berkenaan masala yang tidak ada nashnya dengan qiyas atau pertimbangan lain yang diakui syara d. lemah.Merupakan perwu&udan warna humanisme.