LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM INFORMASI DAN MANAGEMENT ASSIGNMENT

Nama NIM Hari Praktikum Semester

: : : :

Rini Mulyawati 10023179 Jumat Pagi VII C

FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA 2013

Reliability 18. Forecasting (Peramalan) 7. Waiting Lines (Antrian) . Learning Curve 10. menentukan penugasan karyawan terhadap suatu pekerjaan agar dicapai hasil yang maksimal. Menentukan order pembelian barang agar biaya perawatan menjadi seminimal mungkin. Simulation 19. Dasar Teori Program POM adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk memecahkan masalah dalam bidang produksi dan operasi yang bersifat kuantitatif. Job Shop Sceduling 9. Lot Sizing 13. Linnier Proggraming (Pemrograman Linier) 11. Project Management (PERT/CPM) 16. Quality Control 17. Decission Analysis (Pengambilan Keputusan) 6. Material Requirements Planning 14. Transportation 20. Balancing Assembly Line 4.I. dan lain sebagainya. Operations Layout 15. yaitu: 1. Tampilan grafis yang menarik dan kemudahan pengoperasian menjadikan POM for Windows sebagai alternatif aplikasi guna membantu pengambilan keputusan seperti misalnya menentukan kombinasi produksi yang sesuai agar memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Program ini menyediakan beberapa modul berbeda. Break Even/Cost-Volume Analysis 5. Assignment (Penugasan) 3. Location 12. Inventory (Persediaan) 8. Aggregate Planning 2.

dan angka-angka itu bisa dilakukan operasi matematika) A.Contohnya penugasan karyawan dengan mesin tertentu dengan tujuan memaksimalkan keuntungan atau meminimalkan keuntungan. Atau data yang tidak berujud angka. Tampilkan hasil-hasil perhitungan 6. simulator/prototype. masukkan masalah tersebut ke dalam komputer 3. matematis/grafik dan lain-lain. yaitu kasus standar (m=n) serta kasus non-standar (m≠n). Dalam pengambilan keputusan dapat dibantu dengan banyak alat analisis.  Data Kuantitatif (data yang berujud angka atau numeris. Data dibagi menjadi dua:  Data Kualitatif (data yang wujudnya kategori/atribut. angka tersebut hanya sekedar pengganti kategori). . ASSIGNMENT Model ini digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan penugasan optimal dari bermacam-macam sumber produktif atau personalia yang mempunyai tingkat efisien berbeda-beda untuk tugas yang berbeda-beda pula. lakukan pengecekan pada masalah bila terjadi kesalahan input 4. semisal akan dipecahkan suatu masalah linier programming maka langkah kerjanya adalah:    Tentukan masalahnya apakah kasus maksimum atau minimum Berapa jumlah variabel yang ada Berapa jumlah batasan yang ada 2. Model bisa berbentuk gambar. diperlukan model untuk penyederhanaan yang sengaja dibuat untuk mempermudah mempelajari dunia nyata yang kompleks dan hasilnyad dikembalikan ke dunia nyata kembali. kalaupun berujud angka. LANGKAH UMUM MEMECAHKAN MASALAH KUANTITATIF 1. Siapkan formula masalahnya. Untuk melakukan analisis diperlukan data. Simpan formulasi masalah atau datanya B. Lakukan perhitungan dan lihat hasilnya dengan menKlik SOLVE 5. Atau data (data yang wujudnya kategori/atribut. Dalam model ini akan dibahas dua masalah.Dalam mempelajari Riset Operasi.

II. Kasus Dengan data pada tabel berikut. 2. Tentukan alokasi pekerjaan dan total waktu yang diperlukan dari pembagian tugas karyawan diatas sehingga waktu tunggu pembeli menjadi minimal (pendek) dengan menggunakan POM for Window. tentukanlah penempatan karyawan sesuai jenis pekerjaan keahliannya sehingga dihasilkan waktu produksi paling efisien. data karyawan dan lama pengerjaan jenis pekerjaan (menit) Pekerjaan karyawan Penerimaan 12 Resep Pembuatan puyer Pembuatan syrup Pembuatan salep Peracikan umum Pembuatan suppo Penyerahan 12 dan konseling 34 65 23 44 23 12 40 71 78 76 82 90 44 42 32 18 77 23 55 87 15 37 37 65 26 96 23 12 54 76 23 87 44 62 33 45 87 27 34 76 65 54 34 87 54 89 98 Andi Jaya Susi Beti Dani Wulan Bima Tugas 1. Tuliskan hasil akhirnya . Tabel 1.

pada kasus diminta menentukan alokasi pekerjaan sehingga waktu tunggu pembeli menjadi minimal. yaitu  assignment_Rini Mulyawati. Buka aplikasi POM for windows yang telah diinstal.  Pada objective pilih sesuai tujuan yang ada. Isi pula number of machines yang berjumlah 7 orang karyawan. Lalu klik OK.  Hasil dan Pembahasan Gunakan POM for Windows untuk menyelesaikan kasus diatas.  Pilih module  assignment  new   Setelah itu isikan tittle atau judul dari praktikum.III. Objektiv yang dipilih yaitu  minimize . Lalu isikan Number of Jobs yaitu banyaknya pekerjaan dalam kasus ini ada 7 pekerjaan.

 Setelah itu klik OK. Lalu lakukan in put data. .

 Lalu klik solve  akan keluar hasil sebagai berikut .

Untuk pembuatan salep diberikan pada Jaya dengan alokasi waktu 37 menit. Untuk pembuatan syrup diberikan pada Beti dengan alokasi waktu 23 menit. Untuk peracikan umum diberikan pada Susi dengan alokasi waktu 18 menit. Berdasarkan hasil perhitungan dengan POM for windows tersebut dapat diketahui bahwa untuk pekerjaan penerimaan resep diberikan pada andi dengan alokasi waktu 12 menit. Untuk pembuatan puyer diberikan pada Dani dengan alokasi waktu 34 menit. . Pembuatan suppo diberikan pada Bima dengan alokasi waktu 44 menit.jadi total waktu yang dibutuhkan seluruhnya adalah 191 menit. Dan untuk penyerahan dan konseling diberikan pada wulan dengan alokasi waktu 23 menit.