You are on page 1of 7

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas Materi Pokok Sub Materi Pokok Alokasi

Waktu : Sekolah Menengah Atas (SMA) : IPA : XII : Karakteristik Cahaya : Interferensi : 1 x 45 Menit (1 x tatap muka)

A. KOMPETENSI INTI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural) dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4. Mencoba, mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaedah keilmuan.

B. KOMPETENSI DASAR 1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya.

teliti.10 Merencanakan dan melaksanakan percobaan interferensi cahaya. C. INDIKATOR 1. inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan . Merumuskan sifat interferensi pada cahaya. MATERI (Terlampir) .1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. 3.11 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi. 3. kritis. 4. 2. cermat. Menyebutkan pengaruh perubahan jarak layar dan konstanta kisi terhadap jarak garis terang pada layar serta menentukan panjang gelombang cahaya. bertanggung jawab. 5. hati-hati. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. 2. Melaksanakan percobaan untuk penyelidiki pola interferensi. 5. E.2. Menerangkan pengertian interferensi cahaya. Membedakan interferensi dua celah sempit (percobaan Young) dan interferensi pada lapisan tipis serta penerapannya dalam sehari-hari. kreatif. 4. Melakukan percobaan untuk penyelidiki pola interferensi. D. Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang cahaya. 4. Menjelaskan gejala dan ciri-ciri gelombang cahaya. Menemukan pengaruh perubahan jarak layar dan konstanta kisi terhadap jarak garis terang pada layar serta menentukan panjang gelombang cahaya. 3. dan berdiskusi. terbuka. 6. Menjelaskan interferensi dua celah sempit (percobaan Young) dan interferensi pada lapisan tipis serta penerapannya dalam sehari-hari. jujur. Menjelaskan pengertian interferensi cahaya. tekun. melaporkan. Memformulasikan sifat interferensi pada cahaya. objektif. 6.

Nursyamsudin. Guru menyajikan Mengindefikasikan . H. . Kegiatan Inti 2. kisi. Alat. Infocus. 3. Media. hal 33-39 c. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Langkah-langkah Model Scientific Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu Pendahuluan (motivasi dan apersepsi) 1. telah disampaikan oleh siswa. Pendekatan 2. penggaris. Metode 3. dan Sumber Pembelajaran 1. Lembaran Kerja Siswa (LKS). b. Panduan Praktikum Terpilih. Model : Scientifik : Diskusi dan Eksperimen : Cooperatif Learning G. . Menyampaikan tujuandan memotivasi siswa Observasi awal 1.F. Yohanes Bambang Suparmono. guru tentang gejala gelombang cahaya. dan layar.Setiap siswa 30 menanggapi materi yang menit informasi kepada masalah.Siswa mempersiapkan pertanyaan yang kurang dipahami. Media : Buku. laptop. Guru tujuan dan menyampaikan 10 pembelajaran menit mengkomunikasikan kompetensi dasar yang akan dicapai serta memotivasi siswa. Gambar. Alat dan bahan : Sumber cahaya laser atau lampu sorot yang kuat. pisau silet. 3. Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran 1. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompokkelompok belajar. Erlangga. Sumber Belajar a. Buku Fisika untuk SMA/MA kelas XII. sampul plastik/bening . Slide 2.

Melakukan Eksperimen .Guru mengarahkan siswa untuk mengidentifikasi dan Merumuskan permasalahan pada LKS.Guru membimbing dan mengarahkan siswa agar data hasil percobaan dan pengamatan (termasuk hasil pengukuran) dicatat dan ditulis dalam tabel hasil pengamatan/ percobaan yang telah disediakan dalam LKS. guru membimbing dan mengarahkan siswa untuk selalu bekerja sama dalam kelompok dan mengidentifikasi variable-variabel berdasarkan rumusan masalah yang telah dibuat sebelumnya. 5. .4. Membimbing kelompok belajar.Guru membagi siswa ke dalam kelompokkelompok yang sudah ditentukan. yang dilanjutkan dengan penjelasan tentang tugas yang akan dikerjakan pada LKS. Memberikan penghargaan .Pada saat melakukan percobaan. . Merumuskan hipotesis . Membimbing kelompok belajar.Guru membagikan LKS kepada siswa. 6. Guru membimbing dan mengarahkan siswa menganalisis data hasil percobaan agar dapat menjelaskan perubahan .

dengan membagi giliran: ada kelompok yang mempersentasikan hasil percobaannya.Guru memberi penghargaan hasil belajar individual dan kelompok.Guru membimbing dan mengarahkan diskusi kelas. dan penerapannya. Guru memberikan . 2. cahaya. . Siswa diminta menyimpulkan tentang gejala-gejala gelombang interferensi.Guru menanggapi hasil diskusi kelompok siswa dan memberikan informasi yang sebenarnya. . sedangkan kelompok yang lain menanggapi atau berargumentasi.jarak layar dan konstanta kisi terhadap jarak garis terang pada layar serta menentukan panjang gelombang cahaya. rumus. . 5 menit Penutup Menyimpulkan Eksperimen 1.

Penilaian Penilaian A. Lembar pengamatan sikap  Pengamatan perilaku Ilmiah No Aspek yang dinilai 3 1 Tanggung Jawab 2 Saling Berbagi 3 Bekerja Keras 4 Santun 5 Bekerja Sama  Rubrik penilaian psikomotor NO Aspek yang dinilai 1 Kemampuan memahami konsep 2 Kemampuan menganalisis 3 Ketrampilan menjelaskan 2 1 Keterangan 3 2 1 Keterangan . 2. dan penerapannya 3. Guru kegiatan dengan pesan mengakhiri belajar memberikan untuk tetap belajar dan memberi salam. cahaya.tugas PR beberapa soal mengenai gejala-gejala gelombang interferensi. Metode dan Bentuk Instrumen No 1. Metode Sikap Tes tertulis Bentuk Instrumen Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik Tes Uraian B. F. rumus.

Jelaskan definisi dari gelombang cahaya dan sebutkan gejala-gejalanya! 2.C. Jelaskan pengertian dari interferensi cahaya! 3. Jelaskan syarat-syarat terjadinya interferensi cahaya! 4. Jelaskan perbedaan dari interferensi dua celah sempit (percobaan Young) dan interferensi pada lapisan tipis! 6. Penilaian hasil Belajar Soal: 1. Jelaskan penerapan interferensi dalam kehidupan sehari-hari! . Tuliskan rumusan dari interferensi cahaya! 5.