Pencemaran air

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas. Lompat ke: pandu arah, cari

Pencemaran sungai Pencemaran air ialah pencemaran yang berlaku di sungai, tasik dan laut. Lokasi berair sering disalah anggap sebagai tempat pembuangan sampah terutama daripada aktiviti manusia.

Pencemaran Air di Malaysia
Punca utama pencemaran air di Malaysia adalah seperti pembuangan sampah dari kawasan perumahan di sepanjang sungai, tepi tasik dan laut. Penduduk membuang najis manusia dan najis binatang ternakan seperti ayam, babi, lembu dan lain-lain ke dalam sungai. Sebagai contoh, Sungai Semenyih pernah dicemari dengan puluhan ladang babi pada tahun 1980-an. Kilang memproses getah dan minyak kelapa sawit juga menjadi punca kepada pencemaran air sepanjang sungai di Malaysia. Sisa toksik dibuang dan dialirkan ke dalam longkang, parit, terusan dan seterusnya ke dalam sungai. Pemandangan dari udara yang bertempat di Sungai Juru yang terletak di Seberang Perai, Pulau Pinang telah menunjukkan warna air yang berwarna hitam pekat apabila sampai ke laut. Para petani yang bekerja di Tanah Tinggi Cameron telah mengamalkan penggunaan baja kimia dan racun serangga sehingga menjejaskan kualiti air minuman di Sungai Terla. Hotel dan rumah kongsi para pekerja tidak mempunyai sistem perparitan yang sempurna sehingga menyebabkan najis manusia tidak dapat dirawat dengan betul. Kes ini juga telah didedahkan kepada wartawan dan dipertontonkan di televisyen. Selepas itu, barulah Majlis Daerah Cameron Highlands mengambil peranan dengan turut sama mengambil tindakan bagi memperbetulkan keadaan. Pengilang dari Taiwan telah dilaporkan mengeksport sisa kimia ke Malaysia dan ditanam di kawasan terpencil di Johor, Malaysia. Beberapa negara maju juga membuang sisa radioaktif dengan memasukkan sisa ini ke dalam tong-tong dram sebelum membuangnya ke dalam laut. Tindakan ini boleh merosakkan hidupan laut. Longgokan tayar buruk di dasar laut terutamanya di Laut China Selatan telah digunakan sebagai tempat ikan berlindung dan membiak di dasar laut. Sesetengah pulau tidak mempunyai sistem pelupusan sampah. Oleh itu, telah wujud istilah ‗pulau sampah‘ secara terancang atau tidak terancang.

sebagaimana yang mencemari Teluk Meksiko. pencemaran minyak yang terhitung bervolume kecil.edu/J03CW/rutter/ocean/oceandump. Pencemaran laut akibat kebocoran tanker (http://eprentice. maka ditakutkan akan terjadi dampak global dari pencemaran laut. Pencemaran minyak mentah juga terjadi pada kecelakaan dan kebocoran instalasi pengeboran minyak lepas pantai. Oleh karena itu laut dianggap sebagai tempat pembuangan limbah. yang antara lain terjadi di perairan Perancis tahun 1978. namun cukup akumulatif. telah menumpahkan berjuta ton minyak mentah ke lautan di bumi. juga terjadi dari pencucian dan tumpahan kecil dari lalu lintas laut dan pencemaran sungai yang mengalir ke laut. ditambah dengan puluhan kecelakaan pada pengeboran minyak lepas pantai.Pencemaran Laut dan pesisir Bertahun-tahun orang tidak peduli dengan pencemaran laut karena volume air laut yang besar.sdsu. Selain itu. tahun 1979.jpg) Kesadaran akan bahaya pencemaran laut dimulai ketika terjadi kebocoran kapal tanker pengangkut minyak mentah dalam jumlah besar. dan kemampuannya mengencerkan segala jenis zat asing sehingga hampir tak menimbulkan dampak sama sekali. pandangan tersebut mulai berangsur berubah. . sehingga akibat pencemaran lingkungan pada skala lokal terjadi. Namun. Hal itu disebabkan antara lain karena limbah yang dibuang ke laut semakin lama semakin banyak dan dalam konsentrasi tinggi. Hingga sekarang telah beratus-ratus kejadian kapal tanker pembawa minyak bocor di lautan. Apabila pembuangan limbah ke laut secara terus menerus dilakukan.

Sebesar 25% diduga merupakan fraksi yang mudah berubah yang akan menguap dari tumpahan di laut dalam beberapa hari. Sisa yang persistem.Minyak mentah mengandung ribuan komponen yang berbeda-beda berat molekulnya. Sebagian dari hidrokarbon yang memiliki berat jenis lebih besar dari air akan tenggelam. beberapa kandungan sulfur. dan materi yang akan termakan sudah termakan atau masuk ke dalam rantai makanan. maka semua materi yang dapat menguap akan menguap.chm. Sisa tumpahan minyak akan dimetabolisme oleh bakteri secara perlahan. yang tertinggal di lautan berupa residu aspal. dan bersama-sama dengan komponen logam akan mengendap di dasar laut. jumlah yang terbakar bertambah lagi 13%. tumpahan minyak juga mencelakakan burung air. dan merupakan cairan kental yang berbau menyengat. sekitar 12% dari volumenya akan terbakar. Endapan tersebut akan berdampak buruk pula bagi organisme laut lainnya.ac. yang kurang lebih sebesar 15% dari seluruh volume tumpahan minyak. berwarna coklat gelap. Pada kasus tumpahan minyak di pantai Perancis.jpg) . Sisa tersebut akan terus berada di lautan di bumi ini berupa gumpalan lengket berwarna pekat. dan sebagian lagi akan menguap secara perlahan pula. selama beberapa hari kemudian lebih dari sejuta burung mati akibat pencemaran tersebut. Selain itu. yang terutama terdiri dari hidrokarbon. Dampak negatif buangan minyak terhadap satwa liar (http://www. dan sedikit logam seperti vanadium dan nikel. Setelah kurang lebih 3 bulan. Apabila minyak mentah dipanaskan sampai 100�C.uk/webprojects2002/cooper/Conservation_files/image003. Bila dipanaskan sampai 200�C. Kebanyakan hidrokarbon memiliki berat jenis yang lebih ringan daripada berat jenis air laut sehingga sebagian besar tumpahan minyak akan mengapung di permukaan.bris. Tumpahan yang mengapung di permukaan tersebut akan mencakup luasan yang cukup besar sehingga akan menganggu aktivitas fitoplankton dan hewan laut lainnya. karena sayap mereka menjadi lengket terkena minyak.

1. Pembuangan tailing atau ampas sisa kegiatan penambangan ke laut juga menyebabkan pencemaran. Pencemaran laut yang lainnya terjadi pula dari buangan zat kimia limbah pabrik yang dibuang ke sungai dan mengalir ke laut. karena tailing yang seharusnya mengendap di dasar laut dapat terbawa ke permukaan laut dengan adanya pembalikan arus dari bawah laut. Karena tailing tersebut mengandung logam berat yang berbahaya seperti mercuri. . Sulawesi Utara.Pencemaran air laut Air merupakan zat penting dalam kehidupan makhluk hidup di dunia ini. Kasus pembuangan tailing tersebut telah terjadi di Teluk Buyat. dan hingga sekarang belum diketahui pasti dampak lingkungannya secara jangka panjang. manusia harus menjaga kebersihan dan kelangsungan kehidupan manusia organism yang hidup di dalamnya.Selain tumpahan minyak. maka dampak lingkungan yang merugikan akan bersifat akumulatif di seluruh rantai makanan. selain dampak estetikanya yang sudah jelas merugikan. Kehidupan manusia di bumi ini sangat bergantung pada lautan. lautan merupakan tempat pembuangan benda-benda asing dan pengendapan barang sisa yang diproduksi manusia. Dengan demikian laut seakan-akan merupakan sabuk pengaman bagi kehidupan manusia di muka bumi. Di lain pihak. Jumlah limbah ini semakin lama semakin besar. pencemaran di laut juga dapat berupa plastik yang tidak terdegradasi secara biologis seperti polystirine yang digunakan sebagai wadah pengemas makanan. Dari hewan yang berspesies terendah sampai yang tertinggi.

Demikian juga makanan laut yang berasal dari pantai dan laut yang tercemar juga mengandung bahan polutan yang tinggi. Polutan yang masuk ke air diserap langsung oleh fitoplankton.2. kemudian dijadikan sebagai sebagai bahan makanan maka akan berbahaya bagi kesehatan manusia.2009). cumi-cumi. Makanan yang berasal dari daerah tercemar kemungkinan besar juga tercemar. kemudian fitoplankton dimakan oleh zooplankton. Sebagian larut dalam air. udang. Air laut adalah suatu komponen yang berinteraksi dengan lingkungan daratan. Selain itu air laut juga sebagai tempat penerimaan polutan (bahan cemar) yang jatuh dari atmosfir. dan sebagian masuk ke dalam jaringan tubuh organisme laut (termasuk fitoplankton. sebagian tenggelam ke dasar dan terkonsentrasi ke sedimen. Pencemaran Air Laut Oleh Logam Berat. ikan. kerang. Salah satu polutan yang paling berbahaya bagi kesehatan manusia adalah logam berat. (Dony Purnomo. Limbah tersebut yang mengandung polutan kemudian masuk ke dalam ekosistem perairan pantai dan laut. Karena kesehatan sangat dipengaruhi oleh makanan yang dimakan.2009). Baik fitoplankton dan zooplankton dimakan oleh ikan-ikan plantivores (pemakan plankton) dan seterusnya sampai terjadi rantai makanan mulai fitoplankton sampai ikan predator dan pada akhirnya sampai ke manusia. Reaksi: . di mana buangan limbah dari daratan akan bermuara ke laut. Bila polutan ini berada dalam jaringan tubuh organism laut tersebut dalam konsentrasi yang tinggi. (Dony Purnomo. rumput laut dan lainlain).

yaitu bahan pencemar yang mengandung virus dan bakteri misal bakteri coli yang dapat menyebabkan penyakit saluran pencernaan (disentri. . kolera. Selain itu proses penguraian sampah yang mengandung protein (hewani/nabati) akan menghasilkan gas H2S yang berbau busuk. sehingga apabila sampah-sampah tersbut terdapat dalam air. namun secara umum sumber-sumber pencemaran air dapat dikelompokan ke dalam dua kategori yaitu sumber langsung dan sumber tidak langsung. limbah rumah sakit atau dari kotoran hewan/manusia. Pencemaran air laut perlu dikendalikan karena akibat pencemaran air dapat mengurangi pemanfaatan air sebagai modal dasar dan faktor utama pembangunan. b.1 Pencemaran Air Laut Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya mahkluk hidup. Sedangkan sumbersumber tak langsung adalah kontaminan yang masuk melalui air tanah akibat adanya pencemaran pada air permukaan baik dari limbah industri maupun dari limbah domestik. kotoran manusia dan kotoran hewan. Bahan-Bahan Pencemar Air Laut Sampah yang dalam proses penguraiannya memerlukan oksigen yaitu sampah yang mengandung senyawa organik. S. types) atau penyakit kulit. sampah industri gula tebu. Bahan pencemar ini berasal dari limbah rumah tangga. Sumber-sumber langsung adalah buangan (effluent) yang berasal dari sumber pencemarnya yaitu limbah hasil pabrik atau suatu kegiatan dan limbah domestik berupa buangan tinja dan buangan air bekas cucian. sehingga air tidak di gunakanC.BAB II PEMBAHASAN 2.2 a. misalnya sampah industri makanan. zat. Bahan pencemar penyebab terjadinya penyakit. H. N. 2. Untuk proses penguraian sampah-sampah tersebut memerlukan banyak oksigen. maka perairan (sumber air) tersebut akan kekurangan oksigen. Pencemaran air disebabkan oleh banyak faktor. serta sampah. sampah rumah tangga (sisa-sisa makanan). diare. + O2 —–> CO2 + H2O + H2S + NO + NO2. di samping itu air laut merupakan lahan nafkah para nelayan. Pencemaran air laut diatur secara hukum karena air laut merupakan milik umum yang penguasaannya dimandatkan kepada Pemerintah. tumbuh-tumbuhan dan hewan yang mati. ikan-ikan dan organisme dalam air akan mati kekurangan oksigen. energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

c. d. ikan-ikan kecil pemakan plankton banyak yang mati karena kekurangan makanan. hati. Bahan pencemar senyawa anorganik/mineral misalnya logam-logam berat seperti merkuri (Hg). tembaga (Cu). dapat menyebabkan penyakit kanker. Tanaman. herbisida. merusak sel dan jaringan tubuh lainnya.3 Pengaruh Pencemaran Air Laut Terhadap kehidupan Apabila sumber air tempat kehidupan akuatik (air laut) tercemar. Bahan pencemar panas ini menyebabkan suhu air meningkat tidak sesuai untuk kehidupan akuatik (organisme. limbah industri dan limbah minyak. berasal dari limbah pembangkit tenaga listrik atau limbah industri yang menggunakan air sebagai pendingin. . Timah hitam (pb). Misalnya organisme yang kecil/lemah seperti plankton banyak yang mati karena banyak keracunan bahan tercemar. serat sintetis. g. limpa saluran pencernaan lainnya sehingga mengganggu fungsi organ tubuh tersebut. senyawa fosfat dapat menyebabkan tumbuhnya alga (ganggang) dengan pesat sehingga menutupi permukaan air. deterjen. maka siklus makanan dalam air terganggu dan ekosistem air/kehidupan akuatik akan terganggu pula. sehingga akan menggunung dimana-mana dan dapat mengganggu kehidupan dan kesejahteraan mahluk hidup. Bahan pencemar berupa logam-logam berat yang masuk ke dalam tubuh biasanya melalui makanan dan dapat tertimbun dalam organ-organ tubuh seperti ginjal. Bahan pencemar berupa zat radioaktif. Bahan pencemar organik yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme yaitu senyawa organik berasal dari pestisida. Bahan pencemar berupa kondisi (misalnya panas). ikan dan organisme yang mati ini akan terurai menjadi senyawa-senyawa organik. Bahan pencemar berupa makanan tumbuh-tumbuhan seperti senyawa nitrat. polimer seperti plastik. Hal ini disebabkan oksigen dan sinar matahari yang diperlukan organisme dalam air (kehidupan akuatik) terhalangi dan tidak dapat masuk ke dalam air. garam-garam anorganik. mematikan ikan dan organisme dalam air. 2. sehingga terjadi penurunan kadar oksigen dalam air. e. ikan dan tanaman dalam air). karena kadar oksigen dan sinar matahari berkurang. f. Bahan pencemar ini tidak dapat dimusnahkan oleh mikroorganisme. demikian pula ikan-ikan yang lebih besar pemakan ikan-ikan kecil bila kekurangan makanan akan mati. Bahan pencemar ini berasal dari limbah PLTN dan dari percobaanpercobaan nuklir lainnya. Untuk proses penguraian senyawa organik ini memerlukan oksigen. kadmium (Cd). Selain itu akan mengganggu ekosistem air.

Kemudian mencapai konsentrasi yang tinggi pada daging kerang-kerangan. yang masuk melalui bahan makanan yang terbawa ke dalam pencernaan atau melalui kulit. Methyl mercury ini masuk ke dalam tubuh organisme laut baik secara langsung dari air maupun mengikuti rantai makanan. Bahan-bahan pencemar ini terdapat dalam air. air raksa (Hg). akan tetapi apabila jumlahnya banyak akan bersifat racun. contoh tembaga (Cu). fluor (F). kadmium (Cd). Dewasa ini mercury telah digunakan secara meluas dalam produk elektronik. peleburan emas. lumpuh. timbal (Pb). senyawa hidrokarbon seperti metana. Meskipun pencemaran mercury dapat terjadi secara alami tetapi kadarnya sangat kecil. senyawa/ion klorida. crustacea dan ikan yang merupakan konsumsi sehari-hari bagi masyarakat Minamata. Pencemaran mercury secara besar-besaran disebabkan karena limbah yang dibuang oleh manusia. Terjadinya pencemaran mercury di perairan laut lebih banyak disebabkan oleh faktor manusia dibanding faktor alam. kehilangan indera perasa dan bahkan banyak yang meninggal dunia. pembungkus makanan juga kadang mencemari makanan tersebut. berilium (Be). asam sianida (HCN). seng (Zn) dan selenium (Se) dan molibdium esensial untuk tanaman tetapi bersifat racun untuk hewan. sebagai katalisator. kertas tima. tembaga (Cu). Bahan pencemar unsur-unsur di atas terdapat dalam air laut ataupun dalam air limbah. partikulat padat seperti asbes. H2S. Pengaruh Hg (merkuri) dalam kehidupan Air Raksa atau Mercury (Hg) adalah salah satu logam berat dalam bentuk cair. seng (Zn). industri pembuatan cat. dan lain-lain. da juga yang berupa oksida-oksida karbon (CO dan CO2). Penggunaan mercury sebagai elektroda dalam pembuatan soda api dalam industri makanan seperti minyak goreng. oksida-oksida belerang (SO2 dan SO3).Telah dijelaskan di atas bahwa bayak sekali unsur-unsur kimia yang dapat merubah air laut tidak berfungsi lagi seperti : logam-logam berat seperti arsen (As). ada yang berupa larutan ada pula yang berupa partikulat-partikulat. Konsentrasi atau kandungan mercury dalam rambut beberapa pasien di rumah sakit Minamata mencapai lebih 500 ppm. tanah/lumpur. oksidaoksida nitrogen (NO dan NO2). Masyarakat Minamata yang mengonsumsi makanan laut yang tercemar tersebut dalam jumlah banyak telah terserang penyakit syaraf. a. . Boron (B). selenium (Se). produk susu. dan heksana. Manusia telah menggunakan mercury oksida (HgO) dan mercury sulfida (HgS) sebagai zat pewarna dan bahan kosmetik sejak jaman dulu. pembuatan gigi palsu. Walaupun unsur-unsur di atas dalam jumlah kecil esensial/diperlukan dalam makanan hewan maupun tumbuh-tumbuhan.

5 ppm. sirkulasi darah. anemia dan mempengaruhi anggota tubuh lainnya. jantung dan kerapuhan tulang. baterai. Pengaruh Tb (Timbal) Timbal (Pb) juga salah satu logam berat yang mempunyai daya toksitas yang tinggi terhadap manusia karena dapat merusak perkembangan otak pada anak-anak. Dengan kejadian tersebut maka banyak negara di dunia mengurangi tetraeil Pb pada minyak bumi dan gas alam untuk mengurangi pencemaran Pb di atmosfir. batubara mengandung Cd sampai 2 ppm. Air merupakan kebutuhan primer bagi kehidupan di muka bumi terutama bagi manusia seperti saran jalan ranportasi laut. Gejalanya ditandai dengan ketidak-normalan tulang dan beberapa organ tubuh menjadi mati. Selanjutnya Pb tersebut jatuh ke laut mengikuti air hujan. Limbah cair dari industri dan pembuangan minyak pelumas bekas yang mengandung Cd masuk ke dalam perairan laut serta sisa-sisa pembakaran bahan bakar yang terlepas ke atmosfir dan selanjutnya jatuh masuk ke laut. Konsentrasi Cd pada air laut yang tidak tercemar adalah kurang dari 1 mg/l atau kurang dari 1 mg/kg sedimen laut. . Keracunan kronis yang disebabkan oleh Cd adalah kerusakan sistem fisiologis tubuh seperti pada pernapasan. alat pembangkit listrik. Pengaruh Cd (kadium) Kadmium (Cd) menjadi populer sebagai logam berat yang berbahaya setelah timbulnya pencemaran sungai di wilayah Kumamoto Jepang yang menyebabkan keracunan pada manusia. penciuman. pewarnaan. Bahan bakar dan minyak pelumas mengandung Cd sampai 0. c.b. serta merusak kelenjar reproduksi. menyebabkan penyumbatan sel-sel darah merah. sehingga organ tubuh tidak dapat berfungsi lagi dan dapat menyebabkan kesehatan terganggu bahkan dapat sampai meninggal. bahan bakar. minyak pelumas. Pb dapat diakumulasi langsung dari air dan dari sedimen oleh organisme laut. Bahan pencemar yang menumpuk dalam jaringan organ tubuh dapat meracuni organ tubuh tersebut. peleburan logam. Oleh karena itu apabila air laut yang akan digunakan mengandung bahan pencemar akan mengganggu kesehatan manusia. Pencemaran kadmium pada air minum di Jepang menyebabkan penyakit ―itai itai‖. tempat budidiya biota laut. Kadmium telah digunakan secara meluas pada berbagai industri antara lain pelapisan logam. Dewasa ini pelepasan Pb ke atmosfir meningkat tajam akibat pembakaran minyak dan gas bumi yang turut menyumbang pembuangan Pb ke atmosfir. pupuk superpospat juga mengandung Cd bahkan ada yang sampai 170 ppm. menyebabkan keracunan bahkan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian apabila bahan pencemar itu tersebut menumpuk dalam jaringan tubuh manusia. ginjal.

zat. Pembangunan industri ke arah kegiataan industri yang berwawasan lingkungan. Bahan pencemar ini terbawa air permukaan seperti air sungai dari buangan air rumah tangga. Rehabilitasi/penanaman hutan bakau dan pengamanan terumbu karang yang rusak terutama di daerah wisata laut. . membawa kotoran manusia atau kotoran hewan. diare dan bermacam-macam penyakit kulit. typhus. para typhus. disentri. Tidak membuang limbah industri ke air laut 2. b. Mengembangkan kesadaran masyarakat dalam membina lingkungan yang baik dan sehat.4 Langkah-Langkah Untuk Menanggulangi Pencemaran Air Laut Seperti telah dijelas sebelumnya.1 Kesimpulan Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukannya makhluk hidup. yang bermuara di air laut. Memenuhi persyaratan pembuangan limbah. Pencemaran ini dapat kita tanggulangi dengan cara: 1. kolera. pencemaran air laut peroses kejadiaanya dikelompokkan kedalam dua kelompok. Memilih lokasi yang sesuai dengan tata ruang dan daya dukung lingkungan. Tidak mebuang limbah keluarga ke air laut 3. Pencemaran air disebabkan oleh banyak faktor. c. d. pencemara yang terjadi secara lansung maupun secara tidak lansung. bahan yang sama. 2. Penanggulangan dan pencegahan terhadap kemungkinan masuknya pembuangan limbah dari luar negeri. lever. a. BAB III PENUTUP 3. 6. 4. Melaksanakan upaya seminim mungkin limbah yang dihasilkan dan hasil kegiatan tersebut.Selain bahan pencemar air laut seperti tersebut di atas ada juga bahan pencemar berupa bibit penyakit (bakteri/virus) misalnya bakteri coli. air buangan rumah sakit. Memilih teknologi yang hemat bahan baku dan energi yang tidak/sedikit menghasilkan limbah dan tidak merusak lingkungan. energi dan/atau komponen lain ke lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi lagi dalam menunjang pembangunan berkelanjutan. namun secara umum sumber-sumber pencemaran air dapat dikelompokan ke dalam dua kategori yaitu sumber langsung dan sumber tidak langsung. 5.

tanah/lumpur. Penanggulangan dan pencegahan terhadap kemungkinan masuknya pembuangan limbah dari luar negeri. oksidaoksida nitrogen (NO dan NO2). air raksa (Hg). 3. Rehabilitasi/penanaman hutan bakau dan pengamanan terumbu karang yang rusak terutama di daerah wisata laut. 4. Mengembangkan kesadaran masyarakat dalam membina lingkungan yang baik dan sehat. Dan berbagai cara unuk menaggulangi pencemaran air laut. kami mengajak seluruh lapisan masyarakt ikut serta menjaga dan meleestarikan kehidupan di air laut. Pembangunan industri ke arah kegiataan industri yang berwawasan lingkungan. ada yang berupa larutan ada pula yang berupa partikulat-partikulat. Oleh karena itu kita marilah kita sadar dari sekarang akibat bahan-bahan berbahaya yang mencemari air laut. seng (Zn). da juga yang berupa oksida-oksida karbon (CO dan CO2). DAFTAR PUSTAKA .Telah dijelaskan di atas bahwa bayak sekali unsur-unsur kimia yang dapat merubah air laut tidak berfungsi lagi seperti : logam-logam berat seperti arsen (As). karena air laut sangat memiliki peranan penting bagi kehidupan mahluk hidup terutama manusia itu sendiri.2 Saran Dalam makalah ini. Seperti penyakit kulit. Tidak membuang limbah industri ke air laut 2. 5. selenium (Se). lumpuh. tembaga (Cu). Bahan-bahan pencemar ini terdapat dalam air. senyawa hidrokarbon seperti metana. berilium (Be). Tidak mebuang limbah keluarga 3. oksida-oksida belerang (SO2 dan SO3). kehilangan indera perasa dan bahkan banyak yang meninggal dunia. fluor (F). Sekarang banyak sekali jenis penyakit yang timbul akibat pencemaran air khususnya air laut. 1. timbal (Pb). senyawa/ion klorida. asam sianida (HCN). kadmium (Cd). Boron (B). yang masuk melalui bahan makanan yang terbawa ke dalam pencernaan atau melalui kulit. partikulat padat seperti asbes. H2S. dan heksana. terserang penyakit syaraf. 6. antara lain.

penggunaan pupuk dan pestisida yang berlebihan juga dapat mencemari air di lingkungan sekitarnya. dampak dan cara penanggulangan pencemaran air tsb. Jika perlu manfaatkan limbah anorganik untuk bisnis home industry . Untuk sungai. minyak dan zat lainnya yang memiliki efek termal dan juga dapat mengurangi kandungan oksigen dalam air. Pestisida mempunyai sifat relatif tidak larut dalam air. danau bahkan parit di depan rumah kita. dll.Dan bila dipaksakan untuk keperluan MCK akan mengakibatkan penyakit dan gatal gatal pada kulit. Limbah industri in i mengandung logam berat. lautan. Air yang berwarna kecoklatan bahkan hitam seolah sudah menjadi pemandangan yang biasa dan dapat kita lihat sehari hari. Limbah organik adalah limbah yang dapat diuraikan oleh bakteri seperti sisa sayuran. Cuci dan Kakus). baik di laut. yakni limbah organik dan anorganik. pembuangan limbah industri / pabrik telah merusak habitat sungai sepanjang puluhan kilometer. kain. Untuk pertanian. Pencemaran air disebabkan oleh aktifitas manusia sehari hari yang dapat mengakibatkan adanya perubahan pada kualitas air tsb. Tetapi relatif mudah larut dan konsentrasinya cenderung meningkat dalam lemak dan sel sel tubuh mahluk hidup yang disebut Biological Amplification. Tingkat pencemaran yang terberat adalah akibat limbah industri yang dibuang ke sungai dan juga tumpahan minyak dilautan. toksin organik. karet. Pertumbuhan gulma air yang tidak terkendali ini dapat menimbulkan dampak seperti yang diakibatkan oleh pencemaran air dan deterjen. sungai. berbau bahkan berlendir. resapan bahan kimia juga mencemari air bawah tanah sepanjang belasan bahkan puluhan meter dari sungai tsb. Limbah pestisida memiliki aktifitas jangka waktu yang lama dan ketika terbawa aliran air keluar dari areal pertanian. limbah rumah tangga juga memiliki peranan yang besar dalam pencemaran air. Tidak hanya sepanjang aliran sungai. Limbah berbahaya ini selain menyebabkan kerusakan bahkan matinya habitat sungai. juga mengakibatkan timbulnya masalah kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di sepanjang sungai yang menggunakan air sungai tsb untuk keperluan MCK (Mandi.Pencemaran air terjadi sejak lama dan telah kita ketahui bersama.net) Upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak pencemaran air adalah : 1. Mari kita bahas penyebab. Limbah pupuk mengandung fosfat yang dapat merangsang pertumbuhan gulma air seperti ganggang dan enceng gondok. Pengeboran air bawah tanah yang dilakukan penduduk di dekat aliran sungai sering kali mendapatkan air bawah tanah yang keruh kehitaman. dapat mematikan hewan yang bukan sasaran seperti ikan. sehingga apabila masuk ke dalam mata rantai makanan konsentrasinya makin tinggi dan tertinggi adalah konsumen puncak. Contohnya ketika dalam tubuh ikan kadarnya 6 ppm. kulit. Hindari membuang sampah ke dalam sungai / parit. buah dan daun daunan. Sementara limbah anorganik tidak dapat diurai oleh bakteri seperti bekas kaca. Pencemaran air ini terjadi di sungai. Pencemaran di sungai dan dilautan ini telah menyebabkan ekosistem dan habitat air menjadi rusak bahkan mati.edukasi. danau dan air bawah tanah. plastik. Selain limbah industri. udang dan hewan air lainnya. di dalam tubuh burung pemakan ikan kadarnya meningkat menjadi 100 ppm dan akan meningkat terus sampai konsumen puncak (www. kayu. Limbah rumah tangga ini terbagi menjadi 2 golongan. logam.

5 sendok makan tawas . Untuk limbah Laundry.2. gunakan teknologi penyaringan (silahkan cari metodenya di Google dengan kata kunci ―grey water‖) air Grey Water 3.1 sendok makan kaporit Tindakan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah akibat pencemaran air seharusnya dilakukan sejak dini. Untuk rumah tangga. demi masa depan yang lebih baik .5 sendok makan kapur . Membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk industri dan pabrik 4. kapur dan kaporit dengan takaran per 1000 Liter air : . Jika perlu gunakan tawas. jika terpaksa menggunakan air sungai untuk keperluan MCK. air sungai sebaiknya disaring terlebih dahulu.

dan diduga telah dibawa ke Laut Hitam dalam air pemberat kapal. Sampah plastik yang dibuang. Pencemaran laut didefinisikan sebagai peristiwa masuknya partikel kimia. banyak bahan kimia yang berbahaya berbentuk partikel kecil yang kemudian diambil oleh plankton dan binatang dasar. Berikut beberapa sumber polutan yang masuk ke laut. lainnya menyebutkan hanya kesalahan prosedur.Mengenal Pencemaran Laut (1) 13Nov2009 Oleh: Dewi GoBlue Kategori: Mengenai Terumbu Karang Belakangan kita sering membaca kejadian pencemaran laut. kebisingan. Dalam sebuah kasus pencemaran. Pada banyak kasus lainnya. Plastik Plastik telah menjadi masalah global. terhanyut maupun melalui tumpahan. pertanian dan perumahan. Berbagai pihak mengeluhkan salah satu ancaman terhadap lingkungan ini. sehingga sekarang mendiami muara di banyak bagian dunia. lainnya beranggapan semua punya potensi untuk mencemari laut. Polusi dari kapal dapat mencemari pelabuhan. hal tersebut mendatangkan malapetaka atas industri perikanan lokal. Dengan cara ini. limbah industri. yang berpotensi memberi efek berbahaya. sebuah komponen . terapung dan terendap di lautan. sungai dan lautan. yang tampaknya tidak berbahaya salah satunya adalah ubur-ubur. semakin panjang rantai yang terkontaminasi. Populasi ubur-ubur melonjak secara eksponensial dan pada tahun 1988. banyak dari partikel kimiawi ini bereaksi dengan oksigen. baik tertiup angin. Pertama kali ditemukan pada tahun 1982. Sebagian besar sumber pencemaran laut berasal dari daratan. Mnemiopsis leidyi. atau penyebaran organisme invasif (asing) ke dalam laut. Buangan Kapal Kapal dapat mencemari sungai dan samudera dalam banyak cara. racun yang terkonsentrasi dalam laut masuk ke dalam rantai makanan. dan air dari balast tank dapat menyebarkan ganggang/alga berbahaya dan spesies asing yang dapat mempengaruhi ekosistem lokal. Kapal juga membuat polusi suara yang mengganggu kehidupan liar alam. air penyaring dan residu bahan bakar. Salah satu kasus terburuk dari satu spesies invasif menyebabkan kerugian bagi suatu ekosistem. Berikut lebih jauh dibahas tentang seluk beluk pencemaran laut. suatu spesies ubur-ubur yang tersebar. Antara lain melalui tumpahan minyak. menyebabkan perairan menjadi anoxic. 80% (Delapan puluh persen) dari sampah di laut adalah plastik. kemungkinan semakin besar pula kadar racun yang tersimpan. yang sebagian besar adalah pengurai ataupun filter feeder(menyaring air). Beberapa menyalahkan industri besar yang kurang peduli.

sesak napas. Terdapat pula logam berat. maupun termakan. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan mutasi keturunan dari organisme yang tercemar serta penyakit dan kematian secara massal seperti yang terjadi pada kasus yang terjadi di Teluk Minamata. Organisme perairan dapat terancam akibat terbelit. Massa plastik di lautan diperkirakan yang menumpuk hingga seratus juta metrik ton. suatu unsur kimia metalik yang memiliki kepadatan yang relatif tinggi dan bersifat racun atau beracun pada konsentrasi rendah. terutama di Jepang. Ketika pestisida masuk ke dalam ekosistem laut. dan cendrung menumpuk di muara. pertama kelompok racun yang suafatnya cenderung masuk terus menerus seperti pestisida. serta tentunya menganggu kestabilan populasi organisme lain. Dalam jaringmakanan. Plastik yang membelit membatasi gerakan. Nutrisi ini kemudian dibawa oleh air hujan masuk ke lingkungan laut . arsenik dan kadmium. nikel. Terbagi dua. Racun Selain plastik. furan. dugong. seluruh penyusun rantai makanan termasuk manusia. Plastik dan turunan lain dari limbah plastik yang terdapat di laut berbahaya untuk satwa liar dan perikanan. dioksin dan fenol. dan menghalangi hewan yang perlu untuk kembali ke permukaan untuk bernapas. Efek lebih lanjut termasuk penurunan kadar oksigen. dan Asia Timur. pestisida ini dapat menyebabkan mutasi. hiu. kadang dibiarkan atau hilang di laut. Salah satu contohnya adalah meningkatnya alga merah secara signifikan (red tide) yang membunuh ikan dan mamalia laut serta menyebabkan masalah pernapasan . Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan produktivitas primer (ditandai peningkatan pertumbuhan tanaman yang berlebihan dan cenderung cepat membusuk). kepiting. yang dapat berbahaya bagi hewan laut . Jaring ikan yang terbuat dari bahan plastik.yang telah dengan cepat terakumulasi sejak akhir Perang Dunia II. Racun semacam itu dapat terakumulasi dalam jaringan berbagai jenis kehidupan air dalam proses yang disebut bioakumulasi. Jaring ini dikenal sebagai hantu jala sangat membahayakan lumba-lumba. The World Resources Institute telah mengidentifikasi 375 hipoksia (kekurangan oksigen) wilayah pesisir di seluruh dunia. seperti muara dan teluk berlumpur. biasanya senyawa yang mengandung nitrogen atau fosfor. dan makhluk lainnya. burung laut. timah. penurunan kualitas air. Eutrofikasi Peristiwa Eutrofikasi adalah kejadian peningkatan/pengkayaan nutrisi. dalam ekosistem. Laporan ini menyebutkan kejadian ini terkonsentrasi di wilayah pesisir di Eropa Barat. ada masalah-masalah tertentu dengan racun yang tidak hancur dengan cepat di lingkungan laut. Racun ini juga diketahui terakumulasi dalam dasar perairan. penyu. Contoh logam berat yang sering mencemari adalah air raksa. Timur dan pantai Selatan Amerika Serikat. menyebabkan luka dan infeksi. mereka segera diserap ke dalam jaring makanan di laut. Muara merupakan wilayah yang paling rentan mengalami eutrofikasi karena nutrisi yang diturunkan dari tanah akan terkonsentrasi. serta penyakit.

dan hidup di dunia yang sebagian besar ditentukan oleh informasi akustik. seperti paus. cenderung memiliki penglihatan lemah. Potensi peningkatan keasaman laut dapat mempengaruhi kemampuan karang dan hewan bercangkang lainnya untuk membentuk cangkang atau rangka. survei seismik eksplorasi minyak. Jelas sekarang bahwa sumber pencemaran sangat bervariasi. dan frekuensi sonar angkatan laut. Polusi Kebisingan Kehidupan laut dapat rentan terhadap pencemaran kebisingan atau suara dari sumber seperti kapal yang lewat. ambien kebisingan di laut naik sekitar sepuluh desibel (telah meningkat sepuluh kali lipat). Umumnya terjadi saat organisme mendekati ke arah pantai. lautan menjadi lebih asam. Perjalanan suara lebih cepat di laut daripada di udara. Karena kadar karbon dioksida atmosfer meningkat. . Dilaporkan bahwa antara tahun 1950 dan 1975. Hal ini berlaku juga untuk banyak ikan laut yang hidup lebih dalam di dunia kegelapan. Hewan laut. namun juga bisa disebabkan oleh aktiftas harian kita.pada manusia dan beberapa hewan domestik. Tidak hanya dari hal-hal yang menurut kita hanya bisa dilakukan oleh industri besar. Peningkatan keasaman Lautan biasanya menyerap karbon dioksida dari atmosfer.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful