You are on page 1of 17

BAB-I MENGENAL DAN BEKERJA DENGAN ACCURATE

1.1. Sekilas tentang Accurate
Accurate adalah suatu software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah (UKM) yang dibuat secara terpadu yang meliputi beberapa modul. Dikembangkan oleh putra-putri Indonesia yang tergabung dalam sebuah perusahaan dengan nama PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft International ). Hingga saat penulisan buku ini dibuat, versi Accurate yang digunakan yaitu versi 4 dan telah dilaunching pada tahun 2009. Accurate Accounting Software Versi 4 tampil dengan tampilan dan fitur baru yang lebih dinamis, lebih praktis, dan lebih interaktif dari Accurate versi sebelumnya yaitu Versi 3. Dengan tetap mempertahankan sifat utama Accurate yaitu mudah digunakan ( user friendly) dan keakurasian yang tinggi, Accurate 4 memberikan lebih banyak lagi fitur dan keunggulan yang akan membantu Anda menjalankan usaha semakin lebih mudah dan menyenangkan. Terdapat 3 (tiga) versi Accurate sesuai dengan jenis usaha dan kebutuhan dari pemakainya yaitu : a. Accurate Standar Edition Merupakan paduan dari beberapa modul seperti General Ledger, Cash & Bank, Fixed Asset, Inventory, Purchases, Sales, dan Job Costing. Accurate versi Standar Editon, cocok untuk perusahaan skala kecil seperti jasa dan dagang yang cukup hanya menghasilkan laporan keuangan standar, tanpa perlu laporan keuangan per departemen dan per proyek. b. Accurate Deluxe Edition Versi ini hampir sama dengan versi standar edition namun ditambah dengan fungsi beberapa pengisian proyek dan departemen. Dengan versi, ini proyek dan departemen tersebut, dapat diketahui laporan rugi dan laba masing-masing proyek dan departemen selain laporan keuangan secara umum. c. Accurate Enterprise Edition Merupakan versi paling lengkap karena mencakup versi standar edition dan deluxe editon dengan tambahan fungsi yang diperlukan bagi perusahaan manufactur seperti pencatatan bill of material, production order, production activity finished production activity dan bahkan dapat mengetahui selisih antara bill of material budget dengan production activity.

Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate

1

dan SPT Tahunan PPh Badan Formulir 1771.1. Tingkat keamanan ( security) yang valid karena setiap user bisa diatur password-nya masing-masing untuk setiap aktifitas dengan 3 tingkatan yaitu untuk membuat ( create). Return Merchandise Authorization (RMA/Otorisasi Pengembalian Barang) i. Memiliki banyak fitur. dengan tingkat keakuratan desimal sampai 4 desimal di belakang koma.000.000. Fitur-fitur Accurate Accurate 4 hadir dengan fitur-fitur baru yang membuat aplikasi ini semakin mudah digunakan oleh semua pengguna (user). Base Currency bisa dalam mata uang asing h.3. Dapat menggunakan 2 (dua) bahasa pilihan. rtf dan txt. dan Client Server. 920. Create New Branch (Membuat database baru master data cabang dengan menduplikasi database pusat) Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate 2 . c. Nilai transaksi bisa di atas ratusan triliun rupiah maksimal jumlah transaksi sebesar Rp. f.2. g. Sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Indonesia terutama dalam penentuan metode pencatatan dan perhitungan yang diatur dalam SAK tersebut. Terhubung dengan laporan perpajakan Indonesia seperti pembuatan faktur pajak standar. Drill Down dan Analyzing Report f. Memorized Form Input b. csv. Mencatat Transaksi Berulang ( Recurring) c. h. Tampilan laporan keuangan dapat ditransfer ke file excel. d. baik pengguna yang mengerti akuntansi ataupun yang masih awam terhadap akuntansi. seperti : a.000. seperti multi fungsi. bilingual (dua bahasa). pdf. Project Management (Manajemen Proyek) j. tampilan laporan dapat diubah (customize report) sesuai dengan keinginan user. Tracking history barang berdasarkan nomor seri d. yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia . 1. Pengendalian stock barang berdasarkan nomor batch produksi atau tanggal kadaluarsa e. PPN 1195. Accountant Review (Review Akuntan) k. Kelebihan menggunakan Accurate Beberapa kelebihan jika Anda menggunakan program Accurate dibandingkan dengan menggunakan program akuntansi lainnya. e.000. Berikut ini adalah fitur-fitur baru yang terdapat pada Accurate 4 : a. Mudah digunakan (user friendly) b. merubah (edit) dan pelaporan (report). Export-Import transaksi bagi perusahaan dengan banyak cabang offline g. pelaporan SPT Masa.00 (sembilan ratus duapuluh triliun rupiah).

setiap faktur penjualan dapat dipilih siapa penjualnya dengan penentuan batasan komisi yang akan diberikan kepada penjualan tersebut.  Multi User . dikalikan dengan standar unit 1 tersebut.  Multi Salesman . Preferensi)  Di jendela kiri pilih Miscellaneous (Lain-lain). setiap faktur pembelian maupun penjualan. b. setiap faktur untuk masing-masing barang dapat ditentukan masingmasing diskon dengan diskon bertingkat (misal 10+5+2). antara lain : a. di mana tingkatan pertama (unit 1) sebagai default dalam perhitungan setiap kuantitasnya. dapat menghitung 2 (dua) tingkat pajak penjualan yaitu PPN dan pajak penjualan barang mewah (PPnBM). Untuk mengubah tampilan ke dalam bahasa Indonesia. Setiap tingkatan berikutnya. Setiap akhir bulan ( periode) disediakan fasilitas period end untuk menghitung jumlah unrealized gain/loss dari kurs pada awal periode dengan kurs saat akhir periode pada bulan yang bersangkutan. piutang dan hutang. Diskon setiap faktur dapat diisikan dalam jumlah persentase bertingkat atau langsung jumlah angka yang biasanya digunakan untuk diskon pembulatan di bagian bawah faktur. beberapa orang dapat mengakses satu data yang sama di komputer yang berlainan yang sudah terhubung dengan jaringan sesuai dengan akses dan password masing-masing.  Multi Discount . setiap formulir isian dapat di desain sendiri dengan lebih dari satu macam jenis cetakan voucher. setiap item barang dapat dibagi satuannya dalam tiga tingkatan. seperti akun kas/bank.Beberapa fitur yang dimiliki oleh program Accurate selain fitur di atas. untuk merubah tampilan ke dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris maupun seting tanggal. sehingga pada saat terjadinya perubahan kurs akibat transaksi pembelian maupun penjualan dengan pembayaran hutang maupun piutang akan dicatat secara otomatis sebagai realisasi selisih kurs (realized gain/loss) untuk setiap mata uang. fungsinya untuk mengetahui posisi kuantitas suatu barang berada di gudang mana saja. lakukan langkah berikut ini :  Klik menu Setup.  Multi Form Template. hingga muncul tampilan berikut : Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate 3 . Bilingual (Dua Bahasa). Multi Fungsi  Multi Currencies.  Multi Sales Tax.  Multi Unit . fungsinya dapat melakukan transaksi dengan mata uang asing.  Multi Warehouse. Preference (Persiapan.

Journal Voucher (Bukti Jurnal Umum ). antara lain : a. ukuran huruf dan skala perhitungan setiap angka di laporan. Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate 4 . di mana setiap modul terdiri dari beberapa kegiatan (aktifitas) sehari-hari dan menghasilkan satu laporan terpadu. baik perubahan lebar kolom. Client Server . 1. Purchases Return (Retur Pembelian). Accurate sebagai Program Akuntansi Terpadu Accurate adalah suatu software Akuntansi Terpadu/Paket (Integrated). pilih Indonesia  Pada Date format. Customize Reports. sebut saja server. e. dan Vendor Payment (Pembayaran Pemasok). Metode Perhitungan persediaan antara metode Average (Rata-rata) atau FIFO dengan pencatatan metode perpetual. Period End (Periode Akhir Bulan). Financial Statement (Laporan Keuangan). Purchases (Pembelian) Meliputi kegiatan Purchases Order (Pesanan Pembelian). dan Bank Reconcile (Rekonsiliasi Bank). Sales (Penjualan) Meliputi kegiatan Sales Order (Pesanan Penjualan). dan Currency (Mata Uang). Pada Language. dengan fasilitas ini Anda dapat memodifikasi jenis laporan sesuai dengan keinginan user. Modul yang dijadikan dalam satu paket yang terpadu. b. d. Purchase Invoice (Faktur Pembelian). Cash Bank (Kas Bank) Meliputi kegiatan Bank Book (Buku Bank). pilih dd mmm yy atau dd mmm yyyy  Klik tombol OK. tampilan huruf. sedangkan user memasukkan data di komputer lainnya yang disebut dengan client. terdapat 8 (delapan) modul. Item Transfer (Pindah Barang). Grouping (Grup).4. c. warna. Sales Invoice (Faktur Penjualan). dimana setiap modul terdiri dari beberapa pekerjaan sehari-hari dan menghasilkan satu laporan terpadu. Warehouse (Daftar Gudang) dan Job Costing (Pembiayaan Pesanan). Inventory Adjustment (Penyesuaian Persediaan). merupakan model jaringan yang menjamin sampainya data yang diinput oleh user ke dalam server. Delivery Order (Pengiriman Pesanan). dan Customer Receipt (Penerimaan Pelanggan). Masing-masing modul Accurate khususnya untuk versi Standar atau Education yang digunakan saat ini. Receive Item (Penerimaan Barang). Model kerja sistem client server ini adalah database diletakkan di satu komputer. Other Payment (Pembayaran Lain). Company Info (Info Perusahaan). c. Generel Ledger (Buku Besar ) Meliputi bagaiamana cara membuat dan menampilkan Chart of Account (Daftar Akun). Other Deposit (Penerimaan Lain). Inventory (Persediaan) Meliputi kegiatan Item (Barang & Jasa). Sales Return (Retur Penjualan). d. e. f. Set Item Price (Set Harga Penjualan).

RMA Action (Aktifitas Proses Klaim ) dan Sales Invoice (Faktur Penjualan) 1. digunakan untuk membuat database baru Open Existing Company . hingga muncul tampilan Welcome to Accurate berikut : Keterangan :       Create New Company . Fiscal Fixed Asset Type (Tipe Aktiva Tetap Pajak). Fixed Asset (Aktiva Tetap) Meliputi kegiatan New Fixed Asset (Aktiva Tetap Baru). Accurate b. 5 Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate .f. digunakan untuk memperbaiki struktur database yang rusak (error) pada struktur database Accurate Restore Data. membuka database yang telah ada Open Last Company . Klik tombol Start. Salesmen (Penjual).5. dan Vendors (Pemasok). All Programs. h. CPSSoft. Accurate V4 Education. Customers (Pelanggan). Menjalankan Program Accurate a. g. pada tampilan desktop klik dua kali ikon Accurate. Atau cara lain. untuk melihat contoh atau sample database yang telah dibuat oleh Accurate Repair Data. List (Daftar) Meliputi kegiatan Project (Proyek). Fixed Asset Type (Tipe Aktiva Tetap) dan Fixed Asset List (Daftar Aktiva Tetap). digunakan untuk mengaktifkan file cadangan (file GBK) menjadi database Accurate (file GDB). RMA (Return Merchandise Authorization/Otorisasi Pengembalian Barang ) Meliputi kegiatan RMA (Klaim Pelanggan). Department (Departemen). membuka database terakhir yang Anda gunakan Explore Sample Company .

klik tombol OK. hingga muncul tampilan kotak dialog Login berikut : h. Setelah Anda login. Pada User ID. maka akan muncul tampilan berikut : Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate 6 . ketik nama filenya misalnya MODUL-1 f. hingga muncul tampilan Create Database berikut : b. Klik tombol ellipsis (titik tiga). Pada Look in. hingga muncul tampilan New Company Database berikut : c. hingga kembali ke tampilan semula g. misal di Data D: atau Data E: d. Pilih dan klik Create New Company . Pada kotak isian Password. Lalu buat folder baru dengan Nama dan Kelas Anda e. Membuat Data Perusahaan Baru (Create New Company) a. Klik tombol OK. dalam keadaan standar sudah muncul SUPERVISOR i.6. Pada File name . Klik tombol Create. pindahkan letak direktori atau folder pada Data Mahasiswa.1. tunggu beberapa saat sampai proses pembuatan file database baru selesai. j. masukkan supervisor (boleh huruf kapital atau kecil).

Pilih bahasa yang akan digunakan Indonesia atau English . pada saat Anda pertama kali menjalankan Accurate. yang mana apabila Anda memilih salah satu modul.7. Mengenal Tampilan Jendela Accurate Versi 4 Baris Judul & Nama Perusahaan Ikon Accurate Alamat file Database diletakkan Baris Menu Tombol Menu Explorer dan Bookmark Tombol Menu Transaksi Links Opened Forms Baris Proses Periode Bulan Komputer Aktif Nama User Keterangan : a. Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate 7 . klik tombol panah bawah pada Explorer. Menu Explorer digunakan untuk menjelajahi (explorer) modul-modul yang terdapat pada Accurate. Klik tombol Quit (Keluar) m. Untuk menampilkan menu Bookmark. hingga muncul jendela tampilan Accurate 1. tidak aktif).k. maka akan muncul gambar karikatur beberapa alat peraga transaksi dan aktifitasnya (tombol Menu Transaksi). misal Anda pilih English l. Klik tombol Yes. Menu Explorer. lalu pilih Bookmark. menu Explorer ditampilkan (tombol Bookmark.

Anda tidak perlu membuka dari menu utama atau menu report. Menu Bookmark berfungsi untuk mempermudah Anda mengakses formulir dan report yang Anda inginkan. dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut : a. Membuka Data Perusahaan (Open Existing Company) Untuk membuka data perusahaan yang telah Anda simpan pada data kerja. menu transaksi akan muncul apabila Anda memilih salah satu yang terdapat pada menu Explorer. Opened Forms. hingga muncul jendela Open Company Database : Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate 8 . menampilkan daftar link-link penting yang dapat Anda akses langsung dari Accurate d. hingga muncul jendela Open Database : b. Tombol Menu Transaksi .b. Links. 1. Setelah program Accurate di jalankan. tetapi cukup dengan klik link formulir atau report yang Anda inginkan pada menu Bookmark. menampilkan formulir-formulir yang sedang dibuka pada jendela Accurate. Klik tombol Elipsis (titik tiga). Misal jika Anda memilih General Ledger. c. e. maka di jendela sebelah kanannya akan muncul jendela menu transaksi. pilih dan klik Open Existing Company . Dengan bookmark Anda dapat menyimpan akses link dari formulir-formulir dan report yang sering Anda gunakan. Pilih Local (komputer aktif) c.8. sehingga pada saat Anda akan membuka formulir atau report yang sering Anda gunakan.

d. Jelajahi Contoh Data Perusahaan (Explore Sample Company) Untuk menjelajahi contoh data perusahaan yang telah dibuat oleh Accurate. sudah dapat di buka tanpa harus mengaktifkan letak direktori dan nama filenya. 1. 1. Setelah program Accurate di jalankan. Anda dapat menjelajahi isi dari contoh data perusahaan yang telah dibuat oleh Accurate. Silakan Anda login terlebih dulu dengan memasukkan passwordnya : supervisor c. dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut : a. tunggu beberapa saat hingga muncul jendela Login g.9. hingga muncul jendela Login : b. hingga muncul nama file Accurate e.11. kemudian aktifkan folder Anda. pindahkan letak direktori/folder ke data kerja Anda. Pada tombol pilihan Look in. hingga muncul jendela Login b.10. Masukkan passwordnya : supervisor c. hingga muncul jendela Database Repair : Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate 9 . hingga muncul tampilan utama jendela Accurate 1. Memperbaiki File Rusak (Repair Data) a. Klik tombol OK. Pilih nama filenya. Membuka Data Terakhir (Open Last Company) Untuk membuka data terakhir yang telah Anda simpan pada data kerja. pilih dan klik Explore Sample Company . Silakan Anda masukkan kode passwordnya : supervisor h. dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut : a. Setelah program Accurate di jalankan. lalu klik tombol Open hingga kembali lagi ke tampilan jendela Open Database f. Klik tombol OK. Klik tombol OK d. hingga file terakhir yang telah Anda tutup. pilih dan klik Open Last Company . Setelah program Accurate di jalankan. Klik tombol OK. pilih dan klik Explore Sample Company .

hingga muncul jendela c. lalu klik Exit . Pada Database Name .b. sehingga kembali ke tampilan jendela Database Repair e. sampai proses perbaikan selesai. klik tombol Elipsis (titik tiga). Cadangan Data) . d. Pada Look in. yaitu : a. Klik tombol OK. hingga muncul tampilan berikut : Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate 10 . hingga muncul konfirmasi berikut : f. 1. Backup (Berkas.12. Klik tombol OK. silakan Anda aktifkan direktori di mana file yang rusak akan Anda perbaiki. Klik tombol Open . Menyimpan File Backup (Data Cadangan) Ada 2 (dua) cara untuk membuat file backup (cadangan data). Tanpa keluar dari program Accurate  Klik menu File.

Exit (Berkas. hingga muncul konfirmasi berikut :  Data Anda akan di Back up? Jawab Yes. Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate 11 . karena beda ekstention (akhiran). Keluar). hingga muncul kota k dialog Open :     Pada tombol pilihan Look ini. Cadangan akhirannya GBK sedangkan yang master akhirannya GDB). Klik tombol Open. hingga muncul ke tampilan semula. ketik nama file cadangannya (nama file cadangan boleh sama dengan masternya. apabila berhasil maka akan muncul tampilan :  Klik tombol OK. hingga muncul tampilan :  Klik tombol OK. klik tombol pilihan lalu pindahkan letaknya ke direktori atau folder Anda Pada File name . b. hingga muncul tampilan berikut :  Klik tombol Yes. Keluar dari Program Accurate sekaligus Backup Data  Klik menu File. Klik tombol OK. Klik tombol Elipsis (…).

hingga muncul kotak dialog Restore Database e. Dengan fasilitas user profile. Jika berhasil. misal MODUL-1. i. Klik tombol elipsis (…) pada Restore from .13. Jika muncul pesan Close Company. lalu ketikkan nama file barunya. User Profile dan Save as Alias Sebagaimana telah diketahui. Klik tombol elipsis (…) pada To. lakukan langkah berikut ini : a. Klik tombol OK. Anda dapat mengatur jumlah pengguna maupun tugas dan wewenang yang dapat menjalankan program Accurate. klik tomobl Open.gdb 1. Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate 12 .14. hingga muncul ke tampilan semula g. Restore (Berkas. maka nama file secara otomatis akan diberikan oleh program Accurate dengan nama file yang sama dengan master diikuti dengan bulan dan tahun yang aktif komputer. Klik tombol OK. bahwa program Accurate merupakan software akuntansi multi user (banyak pengguna). contoh MODUL-1 feb12. maka akan muncul pesan : h. Apabila Anda memilih cara terakhir. Pakai Data Cadangan) . tunggu beberapa saat proses restore sedang berjalan. Apabila file atau data perusahaan masih aktif atau terbuka. misal MODUL-2. maka terlebih dulu harus dilakukan Close Company dengan cara : Klik menu File. Klik menu File. jawab No (apabila datanya sudah di backup) d. Close/Log Off (Berkas. jawab Yes c. dan dibuatkan file baru. Apabila Anda jalankan maka akan muncul file baru yaitu MODUL-2 yang isinya sama dengan file MODUL-1. Jika muncul konfirmasi Back up.gbk 1. lalu pilih file backup-nya (cadangan). klik tombol Open f. Menutup Data) b. Mengaktifkan File Cadangan (Restore) Apabila Anda akan mengaktifkan file atau data cadangan.

Shofie yang bertugas sebagai User Semua pengguna mempunyai kewenangan yang sama yaitu boleh membuat jurnal voucher. karena Nadya sebagai Admin. Edit dan Report Pada Login Name . Membuat User Profile a.1. buat user profile sama dengan user Nadya Klik tombol New untuk membuat user profil Shofie ( user).14. Klik menu Setup. Untuk Husen (supervisor). boleh melihat buku besar dan boleh melihat laporan keuangan. f. k. Klik tombol Close. sedangkan Husen (supervisor) dan Shofie (user) semuanya boleh. Klik tombol New untuk membuat user profil yang lainnya. g. User Profile (Persiapan. Hanya Nadya yang boleh membuat Chart of Account dan mengisikan beberapa preferensi perusahaan. isikan nama login-nya Pada Full Name . Husen yang bertugas sebagai Supervisor c. isikan nama secara lengkap Masukkan password dan confirmation Pada tombol pilihan Level. Nadya yang bertugas sebagai Admin b. i. Klik tab General Ledger & Other (Buku Besar & Lain) Beri semua tanda check list pada kelompok Create. h. antara lain : a. e. misalkan jumlah usernya ada 3 (tiga) orang. kecuali Shofie tidak boleh membuat Chart of Account dan Financial Report.Sebagai ilustrasi. Profil Pengguna) b. 1. pilih levelnya Admin . j. d. hingga tampilan yang diinginkan seperti berikut : l. c. 13 Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate . Klik tombol New (Baru). hingga muncul kotak dialog Edit User.

Klik tombol OK.2. Menutup Data) Jika muncul pesan Close Company. d. Menutup Data Accurate tanpa Keluar dari Program a. Membuka Data dengan Nama Alias sebagai User a. isikan nama aliasnya. Klik tombol Alias. 1. Close/Log Off (Berkas. hingga muncul jendela Alias Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate 14 . c.14. Pada kotak isian Alias. terutama bagi yang sering mencatat data transaksi sehari-hari. Membuat dan Membuka Nama Alias File Fungsi Nama Alias File (Save as Alias) digunakan untuk memudahkan Anda cara membuka file dengan cepat tanpa harus mencari letak folder serta nama filenya. jawab Yes Jika muncul konfirmasi Back up. b. Klik menu File. hingga muncul kotak dialog Input the Alias b.15. Klik menu File. tunggu hingga proses backup selesai Klik tombol OK.16. Klik menu File. Open/Login (Berkas. Buka/Login) . Simpan sebagai Alias) .1. a. jawab Yes. Save as Alias (Berkas. hingga muncul jendela Open Database b. c. 1.

hingga muncul jendela Login e. Masukkan User ID-nya f. Klik tombol OK.c. Pilih nama aliasnya. dalam hal ini Kasus Jasa-1 d. Masukkan Password-nya g. Klik tombol Open . Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate 15 .

Pilih bahasa yang digunakan English (abaikan) g. klik OK f. Jika muncul pesan konfirmasi di atas. Buat nilai mata uang lainnya seperti USD f. Membuat Data Perusahaan Baru a. Klik tombol OK. Pilih dan klik Create New Company c. ketikkan supervisor . klik tombol Refresh. Info Perusahaan). hingga muncul kotak dialog berikut : Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate 16 . Company Info (Persiapan. seperti yang tampak di samping kanan. b.  Pada tab General. hingga muncul tampilan berikut : c. Ketik nama filenya MODUL-1 dan disimpan pada folder Nama Anda di Data Kerja D: atau E: d. Klik tombol Quit . Mengisi Identitas Perusahaan (General)  Klik menu Setup.PRAKTEK MODUL-1 1. Setup Awal Perusahaan (Company Info) Ada 4 (empat) tahapan yang harus Anda isikan pada kotak dialog Company Info. tunggu beberapa saat hingga muncul kotak dialog Login e. Klik menu List-Currency (Daftar-Mata Uang) b. Klik tombol New (Baru). 3. jawab Yes. e. hingga muncul kotak dialog Company Info. lalu klik jawab Yes 2. Pada password. Jalankan program Accurate b. lalu klik OK d. yaitu : a. Membuat Mata Uang (Currency ) Untuk menetapkan nilai mata uang baru. ikuti langkah berikut ini : a. Jika pada daftar tabel Currencies tidak muncul. misalnya Rp (Rupiah). Mengisi Data Periode Akuntansi (Accounting Period)  Klik tab Accounting Period. Isikan data berikut pada kotak dialog IDR seperti tampilan di atas. Anda isikan identitas perusahaannya terserah Anda.

4. disesuaikan dengan komputer aktif pada saat booting c. silakan Anda isikan data seperti di atas. hingga muncul kotak dialog berikut :  Isikan jika cabang ID (branch ID).8 halaman 8 sampai dengan poin 1.16 halaman 15. silakan Anda kerjakan poin 1. Mengisi Branch ID  Klik tab Branch ID. Anda isikan sesuai dengan data wajib pajak perusahaan d. Mengisi Data Wajib Pajak (Tax)  Klik tab Tax. hingga muncul kotak dialog berikut :  Pada kotak dialog Tax. Pada periode akuntansi. (untuk Default Periode. untuk keluar dari jendela Company Info. Untuk praktek selanjutnya. jika tidak abaikan saja  Klik tombol OK. Komputerisasi Akuntansi menggunakan Accurate 17 .