Tanggal Rabu, 02 Okt 2013

No. DK 3

Catatan Perkembangan S: - Klien mengatakan sudah 1 ½ bulan mengalami luka di kaki kanan yang menjadi borok - Klien mengatakan baru mengetahui ri!ayat "enyakit #$ yang di derita klien saat kontrol ke rumah sakit akibat luka yang tidak kunjung sembuh - Klien mengatakan nyeri di lokasi luka namun nyeri tidak mengganggu Skala nyeri 3%10 O: - &ajah klien tam"ak meringis dan "u'at - (erda"at luka terbuka di tela"ak kaki kanan klien dengan jari tengah kaki kanan sudah nekrotik )hitam* +uka di tela"ak kaki terbuka se"anjang ± 1, 'm dari "angkal jari manis ke bagian tengah tela"ak kaki Kedalaman luka ± 1 'm dan tam"ak tulang tela"ak kaki -em"ol klien tam"ak ru"tur Kulit di lokasi luka nam"ak kuning ke'oklatan . : Kerusakan integritas kulit /: 1 Kaji kondisi kulit "asien 2 #orong "asien untuk menghindari semua bentuk 0riksi )menyentuh, menggaruk dengan tangan* "ada kulit 3 .njurkan "asien untuk da"at mera!at kulit dengan bersih dan benar, misalnya menggunakan sabun yang lembut, menggunakan lotion atau bedak 1 #orong "asien untuk makan makanan yang mengandung 'uku" gi2i )tinggi "rotein* , Obeser3asi terhada" eritema dan "al"asi area sekitar terhada" kehangatan 4 5ersihkan luka "asien 6 .njurkan "asien untuk sering mengganti "osisi 7 Kolaborasi berikan obat antidiabeti' )insulin, antidiabeti'* 8: 11 00 - $engkaji kondisi kulit "asien )kondisi balutan di kaki kanan, kulit sekitar balutan, kondisi kulit keseluruhan* - $endorong "asien untuk tidak menggaruk dengan keras kulit yang gatal, terutama kulit sekitar luka gangren - $engkaji asu"an makanan "asien sejak "agi hari dan mendorong "asien untuk makan makanan yang mengandung 'uku" gi2i )tinggi "rotein* - $engkaji kebersihan kulit "asien dan menganjurkan "asien untuk da"at mera!at kulit dengan bersih dan benar, misalnya menggunakan sabun yang lembut, menggunakan lotion atau bedak 17 00 - $engkaji kondisi kulit )kondisi balutan di kaki kanan,

Nama dan Tanda Tangan

45

terutama kulit sekitar luka gangrene .$emeriksa gula darah "asien dan memberikan insulin no3ora"id 4 unit 19 30 .$engkaji kondisi kulit "asien )kondisi balutan di kaki kanan. jari kaki nam"ak tidak lengka" )ibu jari sudah tidak ada* 5alutan "asien tam"ak bersih setelah diganti Klien tam"ak tidak 46 . kondisi kulit keseluruhan* .9< dan kassa steril . "asien tidak mandi siang hanya memakai bedak saja − 19 30 (am"ak luka terbelah melintang terda"at di tela"ak kaki se"anjang 1. adanya edema di sekitar tarsal "asien dengan derajat 1.$elakukan ganti balutan yang rembes dengan :a.l 0. klien tam"ak tidak menggaruk daerah sekitar luka dan bagian tubuh yang lain. luka berbau. !arna kulit di sekitar luka tam"ak tidak "u'at.kulit sekitar balutan. adanya edema di sekitar tarsal "asien dengan derajat 1 Klien tam"ak menghabiskan 1 "orsi makan malamnya gula darah "asien 179 g%dl. jari manis tam"ak nekrosis. luka tidak berbau. !arna kulit di sekitar luka tam"ak tidak "u'at. kondisi kulit keseluruhan* . 'm dengan kedalaman 1 'm.$enganjurkan "asien untuk sering mengganti "osisi = $asalah kerusakan integritas kulit belum teratasi S: − Klien mengatakan tidak nyaman dengan kaki kanannya yang luka − Klien mengatakan tidak merasa nyeri "ada luka di kaki kanannya − Klien mengatakan tidak akan menggaruk dengan keras kulitnya dan akan menjaga kebersihan kulitnya − Klien mengatakan selalu menghabiskan "orsi makanan yang diberikan oleh rumah sakit O: − 11 00 tidak ada rembesan "ada balutan "asien. jaringan di sekitar luka ber!arna kemerahan dan terda"at "us di bagian yang terbelah.$engobeser3asi terhada" eritema dan "al"asi area sekitar terhada" kehangatan . kulit sekitar balutan.$engkaji asu"an makanan malam "asien dan mendorong "asien untuk makan makanan yang mengandung 'uku" gi2i )tinggi "rotein* . kulit klien tam"ak bersih dan teraba lembab − 17 00 tam"ak rembesan ber!arna kekuningan "ada balutan "asien.$endorong "asien untuk tidak menggaruk dengan keras kulit yang gatal.

gula darah "asien 217 g%dl.'m dengan kedalaman 1 'm.$emeriksa gula darah klien 04 30 . jaringan di sekitar luka ber!arna kemerahan dan terda"at "us di bagian yang terbelah. adanya edema di sekitar tarsal "asien dengan derajat 1.$emberikan insulin no3ora"id 4 unit . kondisi kulit keseluruhan* . "entingnya menjaga kelemba"an kulit dan "entngnya asu"an nutrisi yang tinggi "rotein untuk "roses "enyembuhan luka . 30 .Kamis 3 Okt 2013 3 menggaruk kulit sekitar luka dan bagian tubuhnya yang lain S: − Klien mengatakan selalu menjaga kebersihan kulitnya dengan selalu mandi di "agi hari dan kadang-kadang juga mandi di sore hari − Klien mengatakan tidak nyaman dengan kaki kanannya yang luka − Klien mengatakan tidak merasa nyeri "ada luka di kaki kanannya − Klien mengatakan tidak akan menggaruk dengan keras kulitnya dan akan menjaga kebersihan kulitnya − Klien mengatakan selalu menghabiskan "orsi makanan yang diberikan oleh rumah sakit O: Kulit "asien tam"ak bersih dan tidak kering. kulit sekitar balutan.$engkaji kebersihan kulit "asien dan menganjurkan 47 .$emeriksa gula darah klien . luka berbau.$engkaji kondisi kulit "asien )kondisi balutan di kaki kanan. jari manis tam"ak nekrosis.$endorong "asien untuk tidak menggaruk dengan keras kulit yang gatal. !arna kulit di sekitar luka tam"ak tidak "u'at. klien tam"ak tidak menggaruk kulit sekitar luka dan bagian tubuh yang lainnya. jari kaki nam"ak tidak lengka" )ibu jari sudah tidak ada* − /asien tan"ak menyimak dan memahami "enjelasan mengenai "entingnya untuk tidak menggaruk kulit dengan keras yang da"at menambah kerusakan kulit. : Kerusakan integritas kulit / : lanjutkan inter3ensi 8: 0. luka terbelah melintang terda"at di tela"ak kaki se"anjang 1 . tam"ak ada rembesan "ada balutan "asien.$engkaji asu"an makanan "agi klien dan mendorong "asien untuk makan makanan yang mengandung 'uku" gi2i )tinggi "rotein* . terutama kulit sekitar luka gangrene 07 00 .

terutama kulit sekitar luka gangren .$endorong "asien untuk tidak menggaruk dengan keras kulit yang gatal.$engkaji asu"an makan siang klien dan mendorong "asien untuk makan makanan yang mengandung 'uku" gi2i )tinggi "rotein* 17 00 $emeriksa gula darah "asien 19 00 .$engkaji kondisi kulit )kondisi balutan di kaki kanan. terutama kulit sekitar luka gangrene .l 0.$engkaji kondisi kulit "asien )kondisi balutan di kaki kanan.$engobeser3asi terhada" eritema dan "al"asi area sekitar terhada" kehangatan .$emeriksa gula darah "asien 11 00 . kondisi kulit keseluruhan* . kondisi kulit keseluruhan .$engkaji kebersihan kulit "asien dan menganjurkan "asien untuk da"at mera!at kulit dengan bersih dan benar. menggunakan lotion atau bedak 09 00 .$endorong "asien untuk tidak menggaruk dengan keras kulit yang gatal. misalnya menggunakan sabun yang lembut. kulit sekitar balutan.$enganjurkan "asien untuk sering mengganti "osisi =: $asalah kerusakan integritas kulit belum teratasi S: − Klien mengatakan selalu menjaga kebersihan kulitnya dengan selalu mandi di "agi hari dan kadang-kadang juga mandi di sore hari − Klien mengatakan tidak nyaman dengan kaki kanannya yang luka − Klien mengatakan tidak merasa nyeri "ada luka di kaki kanannya − Klien mengatakan tidak akan menggaruk dengan keras kulitnya dan akan menjaga kebersihan kulitnya − Klien mengatakan selalu menghabiskan "orsi makanan yang diberikan oleh rumah sakit − Klien mengatakan ingin 'e"at-'e"at o"erasi 48 .9< dan kassa steril 12 00 . kulit sekitar balutan.$engkaji asu"an makanan malam "asien dan mendorong "asien untuk makan makanan yang mengandung 'uku" gi2i )tinggi "rotein* ."asien untuk da"at mera!at kulit dengan bersih dan benar. misalnya menggunakan sabun yang lembut. menggunakan lotion atau bedak .$engganti balutan rembes dengan :a.

klien tam"ak bersih dan kulit "asien lembab. !arna kulit di sekitar luka tam"ak tidak "u'at. kulit klien tam"ak bersih dan teraba lembab .-umat. klien tam"ak tidak menggaruk daerah sekitar luka dan bagian tubuh yang lain .12 00 >ula darah "asien 209 g%dl . ada rembesan "ada balutan "asien. jari manis tam"ak nekrosis.. adanya edema di sekitar tarsal "asien dengan derajat 1.7 g%dl. g%dl . luka berbau. luka tidak berbau. klien tam"ak menghabiskan 1 "orsi makan siangnya . g%dl. !arna kulit di sekitar luka tam"ak tidak "u'at.04 00 >ula darah "asien . adanya edema di 49 . luka terbelah melintang terda"at di tela"ak kaki se"anjang 1. klien tam"ak tidak menggaruk daerah sekitar luka dan bagian tubuh yang lain.0. klien tam"ak tidak menggaruk daerah sekitar luka dan bagian tubuh yang lain. 'm dengan kedalaman 1 'm. klien tam"ak bersih dan kulit "asien lembab. luka tidak berbau.. !arna kulit di sekitar luka tam"ak tidak "u'at. !arna kulit di sekitar luka tam"ak tidak "u'at. !arna kulit di sekitar luka tam"ak tidak "u'at. luka berbau.17 00 >ula darah "asien 117 g%dl . jari kaki nam"ak tidak lengka" )ibu jari sudah tidak ada* /asien tam"ak berkeringat Kulit badan teraba basah dan dingin .Suhu "asien 34?. adanya edema di sekitar tarsal "asien dengan derajat 1 .19 00 tidak ada rembesan "ada balutan "asien.11 00 tidak ada rembesan "ada balutan "asien.da rembesan "ada balutan "asien. luka tidak berbau.07 00 /asien tam"ak menghabiskan "orsi makan "aginya. klien tam"ak menghabiskan 1 "orsi makan malamnya S : − Klien mengatakan tidak nyaman dengan kaki kanannya yang luka − Klien mengatakan tidak merasa nyeri "ada luka di kaki kanannya − Klien mengatakan tidak akan menggaruk dengan keras kulitnya dan akan menjaga kebersihan kulitnya − Klien mengatakan ada ren'ana o"erasi jam 3 sore − Klien mengatakan sedang "uasa O: . 1 Okt 2013 1 O: . jaringan di sekitar luka ber!arna kemerahan dan terda"at "us di bagian yang terbelah. 30 gula darah "asien 10. adanya edema di sekitar tarsal "asien dengan derajat 1 . adanya edema di sekitar tarsal "asien dengan derajat 1 . gula darah "asien . tidak ada rembesan "ada balutan "asien. klien tam"ak memakai bedak.09 00 .

$endorong "asien untuk tidak menggaruk dengan keras kulit yang gatal. misalnya menggunakan sabun yang lembut. kulit sekitar balutan.sekitar tarsal "asien dengan derajat 1. kulit lembab. kondisi kulit keseluruhan =: $asalah kerusakan integritas kulit belum teratasi S: − Klien mengatakan tidak nyaman dengan kaki kanannya yang luka − Klien mengatakan tidak merasa nyeri "ada luka di kaki kanannya − Klien mengatakan tidak akan menggaruk dengan keras kulitnya dan akan menjaga kebersihan kulitnya 50 ./asien tam"ak tidak menggaruk kulit sekitar luka dan bagian tubuh lainnya Klien tam"ak bersih. jari kaki nam"ak tidak lengka" )ibu jari sudah tidak ada* . jaringan di sekitar luka ber!arna kemerahan dan terda"at "us di bagian yang terbelah. misalnya menggunakan sabun yang lembut.$emeriksa gula darah "asien 11 00 . 'm dengan kedalaman 1 'm. terutama kulit sekitar luka gangrene .$engkaji kondisi kulit "asien )kondisi balutan di kaki kanan. kulit sekitar balutan. dan sudah mengenakan baju o"erasi . luka terbelah melintang terda"at di tela"ak kaki se"anjang 1. : Kerusakan integritas kulit /: − +anjutkan inter3ensi 8: 07 00 . menggunakan lotion atau bedak 19 00 .$engkaji kebersihan kulit "asien dan menganjurkan "asien untuk da"at mera!at kulit dengan bersih dan benar. kondisi kulit keseluruhan . kulit sekitar balutan.$endorong "asien untuk tidak menggaruk dengan keras kulit yang gatal.$engkaji kondisi kulit "asien )kondisi balutan di kaki kanan. terutama kulit sekitar luka gangren . tidak berkeringat. jari manis tam"ak nekrosis.$engkaji kondisi kulit "asien )kondisi balutan di kaki kanan. kondisi kulit keseluruhan . menggunakan lotion atau bedak 12 00 .$engkaji kebersihan kulit "asien dan menganjurkan "asien untuk da"at mera!at kulit dengan bersih dan benar.

luka tidak berbau. adanya edema di sekitar tarsal "asien dengan derajat 1 .07 00 (am"ak ada rembesan "ada balutan "asien. klien tam"ak tidak menggaruk daerah sekitar luka dan bagian tubuh yang lain. !arna kulit di sekitar luka tam"ak tidak "u'at. klien tam"ak bersih. jaringan di sekitar luka ber!arna kemerahan dan terda"at "us di bagian yang terbelah. luka tidak berbau.12 00 >ula darah "asien 203 g%d+ . adanya edema di sekitar tarsal "asien dengan derajat 1 . 'm dengan kedalaman 1 'm.11 00 (am"ak ada rembesan "ada balutan "asien. klien tam"ak tidak menggaruk bagian kulit sekitar luka dan bagian kulit yang lain. !arna kulit di sekitar luka tam"ak tidak "u'at.0 '' O - 51 . klien tam"ak bersih dan kulit klien lembab Klien tam"ak sudah memakai baju o"erasi − 19 00 tam"ak klien baru datang dari ruang o"erasi Kaki klien tam"ak sudah diam"utasi sam"ai sekitar 20 'm diba!ah lutut (am"ak balutan "ada kaki yang diam"utasi dan ter"asang drainase dengan darah yang keluar sebanyak . klien tam"ak sudah memakai baju o"erasi +uka terbelah melintang terda"at di tela"ak kaki se"anjang 1. "asien tam"ak tidak makan dan minum a"a"un. kulit lembab tidak berkeringat. jari manis tam"ak nekrosis. jari kaki nam"ak tidak lengka" )ibu jari sudah tidak ada* /asien tam"ak tidak makan dan minum a"a"un .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful