You are on page 1of 15

Makalah Modulasi

MAKALAH MODULASI

NAMA NIM

: FEBRI RUKAYAT : 13111033

FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIKOM 2013

tiada tuhan selain Allah yang menciptakan bumi serta isinya.Makalah Modulasi Kata Pengantar Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang . Penulis membuat makalah tentang modulasi sinyal guna memenuhi salah satu tugas penggganti quis yang diberikan dalam matakuliah Sistem Telekomunikasi. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Rasulullah SAW. karena dengan menjadikannnya panutan lah kita mendapatkan rahmat dan petunjuk dalam mengejar syurga-Nya. . Semoga makalah yang penulis ajukan ini. Dalam makalah ini terdapat beberapa penjelasan tentang macam-macam modulasi sinyal. yang menjadikan manusia dapat berfikir dan dengan fikiran itu manusia dapat menjadi lebih maju sehingga dapat membantu sesamanya. terutama modulasi sinyal analog dan sinyal digital. sehingga penulis mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak dari apa yang disampaikan dosen dalam acara perkuliahan. dapat memberikan ilmu yang lebih.

efektif. dimana system informasi disalurkan melalui system komunikasi dalam bentuk symbol yang dapat berupa sinyal analog seperti suara manusia. video. . Sementara modulasi sinyal digital antara lain Amplitude Shift Keying (ASK). Phase Shift Keying (PSK). Contoh modulasi sinyal analog adalah Frequency Modulation (FM) dan Amplitude Modulation (AM). Secara umum Sistem Telekomunikasi terdiridari pemancar.parameter yang di ubah tergantung besarnya modulasi yang diberikan. dan fleksibel di antaranya adalah system teknologi komunikasi elektronik. LATAR BELAKANG Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi dewasa ini semakin pesat yang cenderung mengarah kepada teknologi tepat guna. Proses modulasi memerlukan dua buah sinyal yaitu sinyal pemodulasian berupa sinyal yang dikirim. dan sinyal carier dimana sinyal carrier tersebut di tumpangkan. dan Frequency Shift Keying (FSK).Makalah Modulasi BAB I PENDAHULUAN A. penerima dan pengolahan informasi. dan music atau sinyal digital (diskrit). Modulasi adalah suatu proses dimana property atau parameter dari suatu gelombang di variasikan secaraa proporsional terhadap geombang yang lain. yaitu Mpdulasi sinyal analog dan Modulasi sinyal digital. Modulasi memiliki dua jenis.

C. . maka diperlukan sesuatu yang dapat dilihat. pada abad ke dua sebelum masehi. Apabila jarak antar makhluk yang berkomunikasi itiu sangat jauh.Makalah Modulasi B. Sebagai contoh.1 Sejarah Dan Latar Belakang Bentuk komunikasi antar makhluk hidup yang paling awal adalah suara. orang yunani menggunakan obor untuk berkomunikasi. RUMUSAN MASALAH Dari latar belakang diatas maka dapat dirumuskan masalahnya adalah : 1. TUJUAN Tujuan dari penulisan makalah ini yakni untuk mengetahui dan memahami macam-macam system modulasi. yang di bangkitkan oleh pita suara dan di terima oleh telinga. Apa system modulasi itu 2. Bentuk komunikasi menggunakan obor ini merupakan bentuk awal dari system komunikasi data. Kombinasi yang berbeda dari obor tersebut menghasilkan kombinasi huruf-huruf Yunani. BAB II PEMBAHASAN 3. serta apa saja keuntungan dan kekurangan dari system tersebut. Tujuan dilakukan proses modulasi 3.

Contoh modulasi sinyal analog adalah Frequency Modulation (FM) dan Amplitude Modulation (AM).Modulasi memiliki dua macam jenis.dan Frequency Shift Keying (FSK).Sementara modulasi sinyal digital antara lain Amplitude Shift Keying (ASK). Pemakaian bendera semaphore ini terhalang kendala jarak.Proses modulasi membutuhkan dua buah sinyal yaitu sinyal pemodulasi yangderupa dinyal informasi yang dikirim. Bendera semaphore ini prinsipnya sama dengan nyala obor pada jaman Yunani.Makalah Modulasi Pada abad ke-18. yang mengandalkan kemampuan penglihatan. yaitu modulasi sinyal analog dan modulasi sinyal digital. semakin tidak efisien.2 Modulasi Modulasi adalah suatu proses dimana properti atau parameter dari suatu gelombang divariasikan secara proporsional terhadap gelombang yang lain. mulai diperkenalkan bendera semaphore untuk menyampaikan komunikasi.Phase Shift Keying (PSK). Parameter yang di ubah tergantung pada besarnya modulasi yang diberikan. 3. Perumusan modulasi dapat di lihat sebagai berikut :  Jika sinyal pemodulasi dinyatakan sebagai em = Vm sin ωm t dan sinyal pembawanya dinyatakan sebagai ec = Vc sin ωc t . dan sinyal carrier dimana sinyal informasi tersebut ditumpangkan. Setiap kombinasi dari bendera semaphore yang dikibarkan menghaislkan kombinasi huruf-huruf latin. . dimana semakin jauh jarak antar orang yang berkomunikasi.

cos(ωc . sin ωc t + ½ m.cos(ωc . komponen kedua ( yaitu ½ m.Vc. eAM = Vc (1 + m sin ωm t ) sin ωc t = Vc .Vc. sin ωc t + m .cos(ωc + ωm) t Dengan : eAM = sinyal termodulasi AM em = sinyal pemodulasi ec = sinyal pembawa Vc = amplitudo maksimum sinyal pembawa Vm = amplitudo maksimum sinyal pemodulasi m = indeks modulasi AM ωc = frekuensi sudut sinyal pembawa (radian/detik) ωm = frekuensi sudut sinyal pemodulasi(radian/detik) Hubungan antara frekuensi sinyal dalam hertz dengan frekuensi sudut dinyatakan sebagai: ω=2πf Komponen pertama sinyal termodulasi AM (Vcsin ωc t) disebut komponen pembawa.Makalah Modulasi maka sinyal hasil modulasi disebut sinyal termodulasi atau eAM.ωm) t . Vc .ωm) t) . sin ωm t = Vc . sin ωc t .Vc. Berikut ini adalah analisis sinyal termodulasi AM.½ m.

cos(ωc + ωm) t ) disebut komponen bidang sisi atas atau USB : Upper Side Band). Untuk mengatasi keterbatasan peralatan.Vc. dan komponen ketiga ( yaitu ½ m. komponen LSB mempunya i frekuensi sudut sebesar ωc .maka modulasi dapat digunakan untuk menempatkan masing-masing kanal pada wilayah spektrum frekuensi yang berbeda. dan komponen USB mempunyai frekuensi sudut sebesar ωc + ωm . Untuk itu modulasi dapat digunakan untuk menempatkan sinyal informasi ke wilayah spektrum . 3. Komponen pembawa mempunyai frekuensi sudut sebesar ωc .ωm . Tujuan dilakukannya proses modulasi antara lain : 1. Untuk memungkinkan multiplexing Jika sebuah media transmisi dapat digunakan oleh beberapa kanal. Contohnya : teknik fdm pada sistem telepon. 2. Dimensi antena adalah berbanding terbalik dengan frekwensi sinyal yangdipancarkan/diterimanya.Makalah Modulasi disebut komponen bidang sisi bawah atau LSB : Lower Side Band). Pembuatan peralatan pengolahan sinyal (signal processing devices) sepertifilter dan amplifier memiliki tingkat kesulitan yang berbeda untuk spectrum frekuensi tertentu. diperlukan antena untuk proses pemancaran/ radiasi dan penerimaan sinyal. Untuk memudahkan proses radiasi Pada kanal komunikasi berupa udara.

dengan adanya modulasi. Termasuk modulasi analog: . Di sisi penerima. 5. Modulasi memungkinkan beberapa stasiun radio dan televisi untuk melakukan frekuensi siaran sinyal secara bersamaan yang menggunakan pembawa berbeda. 4. maka dapat dilakukan pemilihan terhadap stasiun siaran yang memang ingin di dengarkan/ditonton.Sehingga tidak akan terjadi interferensi antar stasiun.contohnya: siaran radio dan televisi. Namun dimungkinkan untuk menekan pengaruh gangguan tersebut denganmenggunakan teknik modulasi tertentu. Untuk memungkinkan pembagian frekuensi . Sehingga penggunaan teknik modulasi secara umum akan menyebabkanbandwidth transmisi yang lebih besar dari bandwidth sinyal informasinya.Makalah Modulasi tertentu.3 Modulasi Analog Modulasi analog adalah proses pengiriman data yang masih berupa sinyal analog atau berbentuk sinusoidal. dimana pembuatan peralatan pengolahan sinyalnya menjadi paling mudah. 3. Untuk mengurangi pengaruh noise dan interferensi Pengaruh noise dan interferensi tidak dapat seluruhnya dihilangkan darisistem komunikasi.

Amplitude Modulation (AM) Modulasi gelombang yang paling (carrier sederhana wave) dimana diubah yang pembawa amplitudonya sesuai dengan sinyal informasi akan dikirimkan.4 Modulasi Digital Modulasi digital merupakan proses penumpangan sinyal digital (bit stream) ke dalam sinyal carrier. 3. tetapi phase sinyal pembawa berubah sesuai dengan informasi. amplitudo dan frekuensinya yang dimiliki sinyal pembawa tetap. Berarti dengan mengamati modulated carriernya. c.Melalui proses modulasi digital sinyalsinyal digital setiap tingkatan dapat dikirim ke penerima dengan . Pada modulasi PM. sinkronisasi). Frequency Modulation (FM) Nilai (carrier frekuensi dari gelombang menurut pembawa besarnya wave) diubah-ubah amplitudo dari sinyal informasi. FM lebih terhadap noise dibandingkan dengan tahan AM. b. Modulasi digital sebetulnya adalah proses mengubah-ubah karakteristik dan sifat gelombang pembawa (carrier) sedemikian rupa sehingga bentuk hasilnya (modulated carrier) memeiliki ciri-ciri dari bit-bit (0 atau 1) yang dikandungnya.Makalah Modulasi a. kita bisa mengetahui urutan bitnya disertai clock (timing. Phase Modulation (PM) Proses modulasi yang mengubah fasa sinyal pembawa sesuai dengan sinyal pemodulasi atau sinyal pemodulasinya.

Pada dasarnya system modulasi digital ada 3 macam.Keuntungan yang diperoleh dari metode ini adalah bit per baud (kecepatan digital) lebih besar. yakni setiap sinyal yang diteruskan melalui saluran transmisi jarak jauh selalu dipengaruhi oleh redaman dan distorsi lainnya. frequency shift keying (FSK). maka munculah teknik amplitude phase keying (APK) yang selanjutnya lebih dikenal sebagai quadrature ampitude modulation (QAM). yaitu amplitude shift keying (ASK).Dalam hal ini faktor derau harus diperhitungkan dengan teliti. Untuk pengiriman ini dapat digunakan media transmisi fisik (logam atau optik) atau non fisik (gelombang-gelombang radio). Sedangkan kesulitannya adalah dalam menentukan level acuan yang dimilikinya. dan phase shift keying (PSK).Makalah Modulasi baik. Derau menindih puncak bentuk-bentuk .Ketiga Tetapi dalam perkembangan selanjutnya muncul berbagai teknik kombinasi misalnya dengan mengkombinasikan antara modulasi amplitudo dan fase.1 Amplitude Shift Keying Amplitude Shift Keying (ASK) atau pengiriman sinyal berdasarkan pergeseran amplitude. merupakan suatu metoda modulasi dengan mengubah-ubah amplitudo. Dalam proses modulasi ini kemunculan frekuensi gelombang pembawa tergantung pada ada atau tidak adanya sinyal informasi digital.4. 3. seperti juga pada sistem modulasi AM. Oleh sebab itu meoda ASK hanya menguntungkan bila dipakai untuk hubungan jarak dekat saja.

generator harus mampu memformulasi satu dari dua sinyal gelombang AM yang mungkin. Pertama adalah dengan membangkitkan sinyal AM secara langsung tanpa harus dengan membentuk sinyal base band. Pada sisi lain.Yang kedua dengan menggunakan sinyal baseband untuk memodulasi amplitudo suatu sinyal carrier yang dalam hal inimerupakan sinyal sinusoida (baik cos maupun sinus). kedua teknik ini merupakan pembangkitan gelombang AM untuk mentransmisi informasi digital.Perhatikan sebuah situasi dimana sinyal baseband yang ditransmisi memiliki dua kemungkinan nilai informasi yaitu antara nol (0) dan satu (1). Anda jangan sampai salah persepsi.yang secara langsung menyiratkan arti sebuah terminologi yang menggambarkan suatu teknik modulasi digital.Makalah Modulasi gelombang yang berlevel banyak dan membuat mereka sukar mendeteksi dengan tepat menjadi level ambangnya. Untuk selanjutnya keduanya kita ketahui sebagai dua bentuk pembentukan ASK atau lebih kita pahami sebagai AM digital. .Teknik ini lebih dikenal dengan amplitude shift keying (ASK).pembangkitan gelombang AM dapat dilakukan dengan dua pendekatan berbeda.seringkali ini dikenali sebagai AM analog dengan informasi dalam bentuk digital.Karena kemungkinan nilai informasinya tersusun dari dua keadaan tersebut maka selanjutnya sistem ini kita kenal dengan binary ASK atau kadang lebih disukai dengan menyebutnya sebagai BASK yang merupakan singkatan dari binary amplitude shift keying .Sehingga dalam kasus biner.

hanya disini tidak ada bermacam-macam variasi /deviasi ataupun frekuensi. FSK biner adalah sebuah bentuk modulasi sudut dengan envelope konstan yang mirip dengan FM konvensional. dengan kinerja yang kurang begitu bagus dibandingkan system PSK atau QAM. Biasanya. sinyal pemodulasi berupa aliran pulsa biner yang bervariasi diantara dua level tegangan diskrit sehingga berbeda dengan bentuk perubahan yang kontinyu pada gelombang analog. yaitu More atau Less (High atau Low. Frequency shift keying (FSK) merupakan sistem modulasi digital yang relatif sederhana.Makalah Modulasi 3. Tentunya untuk deteksi (pengambilan kembali dari kandungan Carrier atau proses demodulasinya) akan lebih mudah. Bentuk dari modulated Carrier FSK mirip dengan hasil modulasi FM. Secara konsep. kecuali bahwa dalam modulasi FSK. Merupakan bentuk modulasi frekuensi dimana sinyal modulasinya mengubah frekuensi output di antara nilai sebelum ditentukan. modulasi FSK adalah modulasi FM. Umumnya tipe modulasi FSK dipergunakan untuk komunikasi data dengan Bit Rate (kecepatan transmisi) yang .2 Frequency Shift Keying Frequency-shift Keying (FSK). frekuensi instan diubah di antara dua nilai diskret yang dibatasi frekuensi tanda dan frekuensi ruang. yang ada hanya 2 kemungkinan saja.4. hMark atau Space). digunakan suatu jumlah terbatas berdasarkan frekuensi. Bentuk fase FSK yang kontinus yang ada merupakan tidak ada kelanjutan fase pada sinyal dimodulasi. kemungkinan kesalahan (error rate) sangat minim/kecil.

lebih efisien dipilih sistem modulasi PSK.3 Phase-shift Keying (PSK) Phase Shift Keying (PSK) atau pengiriman sinyal melalui pergeseran fasa. fase . kadang-kadang dipakai suatu teknik yang koheren dengan PSK yang berbeda-beda. atau memodulasi. Dalam proses modulasi ini fasa dari frekuensi gelombang pembawa berubah-ubah sesuai denganperubahan status sinyal informasi digital.Sudut fasa harus mempunyai acuan kepada pemancar dan penerima. Hasil dari perbandingan ini dipakai sebagai patokan (referensi). Metoda ini merupakan suatu bentukug modulasi fasa yang memungkinkan fungsi pemodulasi fasa gelombang termodulasi di antara nilai-nilai diskrit yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam keadaan seperti ini . 3. seperti untuk Telex dan Modem-Data dengan bit rate yang tidak lebih dari 2400 bps (2. Hubungan antara dua sudut fasa yang dikirim digunakan untuk memelihara stabilitas.Untuk transmisi Data atau sinyal Digital dengan kecepatan tinggi. PSK digunakan suatu jumlah terbatas berdasarkan fase. Guna memudahkan untuk memperoleh stabilitas pada penerima.Makalah Modulasi relative rendah.merupakan skema modulasi digital modulation yang memberikan data dengan mengubah.4 kbps). fasa yang ada dapat dideteksi bila fasa sebelumnya telah diketahui. sangat diperlukan stabilitas frekuensi pada pesawat penerima.4. Akibatnya.

3.Makalah Modulasi sinyal referensi (gelombang karier). Range dinamis yang lebih besar (perbedaan nilai terendah terhadap tertinggi dapat dimungkinkan) 2. dimanan demodulator harus memiliki sinyal referensi untuk membandingkan perlawanan fase dari sinyal yang diterima.5 Keuntungan dan Kerugian Komunikasi Digital 1. Keuntungan Komunikasi Digital :    Error hampir selalu dapat dikoreksi. Ada dua cara dasar menggunakan fase sinyal: 1. 2. . Kerugian Komunikasi Digital :   Biasanya memerlukan bandwidth yang lebih besar. Fase diubah mewakili sinyal data. Memerlukan sinkronisasi. beberapa tidak membutuhkan karier referensi. Dengan melihat perubahan fase sebagai informasi pengubah skema diferensial. Mudah menampilkan manipulasi sinyal (seperti encryption). Dengan melihat fase itu sendiri sebagai pengubah informasi.

Sementara modulasi sinyal digital antara lain Amplitude Shift Keying (ASK). Modulasi adalah suatu proses dimana properti atau parameter dari suatu gelombang divariasikan secara proporsional terhadap gelombang yang lain. 2. maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1.2 DAFTAR PUSTAKA  Digital And Analog Communication System. 1984. W.Stallings.Proses modulasi membutuhkan dua buah sinyal yaitu sinyal pemodulasi yang berupa sinyal informasi yang dikirim. Contoh modulasi sinyal analog adalah Frequency Modulation (FM) dan Amplitude Modulation (AM). . 2001.Freeman. Pradnya Paramitha.1994Roger L.Jakarta :PT.Parameter yang diubah tergantung pada besarnya modulasi yang diberikan.1 KESIMPULAN Beradasarkan uraian tentang sistem modulasi digital yang telah tersebut di atas. dan sinyal carrier dimana sinyal informasi tersebut ditumpangkan.danFrequency Shift Keying (FSK). Modulasi memiliki dua macam jenis.  Buku Pegangan Teknik Telekomunikasi.Makalah Modulasi BAB III PENUTUP 3. Johnwiley & Sons.Phase Shift Keying (PSK). 3. yaitu modulasi sinyal analog danmodulasi sinyal digital.