You are on page 1of 7

APLIKASI KASUS 1 ABB AUTOMATION MEMBUAT KEPUTUSAN YANG LEBIH CEPAT DAN LEBIH BAIK DENGAN MENGGUNAKAN DSS

Tugas Untuk memenuhi Tugas Matakuliah Sistem Pendukung Keputusan yang dibina oleh Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M.Kom.

!leh "etno Indah "okhmawati #PK$ %&'()**'*+,+-).

The Learning University

U/I01"SIT%S /1G1"I M%2%/G P"!G"%M P%S3%S%"$%/% P1/DIDIK%/ K1$U"U%/ !ktober ()'+

Action Language agar terdapat interaksi antar user dengan mesin 5.mustahil< dilakukan dengan kalkulasi manual: -. bagi mereka. Melalui 5ara simulasi yang interakti6: *. Sistem yang berbasis komputer: (. 7al yang perlu ditekankan di sini adalah bahwa keberadaan DSS bukan untuk menggantikan tugas8tugas mana4er tetapi untuk men4adi sarana penun4ang #tools. DSS ni merupakan suatu sistem in6ormasi yang diharapkan dapat membantu mana4emen dalam proses pengambilan keputusan. Knowledge Base digunakan untuk mendukung keputusan. Presentation Language agar dapat membuat laporan hasil dari monitoring dan diagnosis. %dapun software yang dipakai pada sistem ini menggunakan "D=MS. K('"(nen antarmuka yang digunakan 9 a.Pertanyaan dan Ja a!an A"#$%as$ Kasus 1 1& Se!ut%an '(de#) data) dan %('"(nen antar'u%a ABB DSS& Ja a!an* Salah satu 4enis sistem aplikasi yang sangat popular di kalangan mana4emen perusahaan adalah De5ision Support System atau disingkat DSS. Karakteristik . b. DSS sebagai sistem yang memiliki lima karakteristik utama antara lain9 '. Dipergunakan untuk membantu para pengambil keputusan: +. ( . Dimana data dan model analisis sebagai komponen utama.dan * merupakan 6asilitas baru yang ditawarkan oleh DSS belakangan ini sesuai dengan perkembangan terakhir kema4uan perangkat komputer. Data yang digunakan merupakan data relational yakni data yang terdiri atas tabel8tabel dalam database. M(de# yang digunakan adalah model strategis karena digunakan oleh mana4emen pun5ak untuk pengambilan keputusan. Untuk meme5ahkan masalah8masalah rumit yang .

+& Te%n(#(g$ DSS a"a yang d$guna%an (#e. Produk DSS baru adalah DGMS #Dialog #eneration and Management ystem.dimengerti< komputer. ABB untu% 'en$ng%at%an "r(du%t$-$tas. !!D=MS #!b"ect !riented Database Management ystem. Untuk keperluan DSS diperlukan data yang rele>an dengan permasalahan yang hendak dipe5ahkan melalui simulasi.KOMPONEN PENGEMBANGAN DSS Se5ara garis besar DSS dibangun oleh tiga komponen besar9 '. yang merupakan suatu sistem untuk memungkinkan ter4adinya . Setelah sebelumnya direpresentasikan dalam bentuk model yang . (... Data mining akan menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui se5ara manual dari suatu + . So6tware System Komponen database dan model base tersebut untuk selan4utnya disatukan dalam komponen ketiga #software system.dialog< interakti6 antara komputer dan manusia #user. Database Sistem database berisi kumpulan dari semua data bisnis yang dimiliki perusahaan baik yang berasal dari transaksi sehari8hari maupun data dasar #master file.. sebagai pengambil keputusan. Ja a!an* Teknologi yang digunakan adalah penggunaan teknik data mining dan !2%P. dan hal8hal terkait lainnya. Model Base Model Base atau suatu model yang merepresentasikan permasalahan ke dalam 6ormat kuantitati6 sebagai dasar simulasi atau pengambilan keputusan termasuk di dalamnya tu4uan dari permasalahan #obyekti6. komponen8komponen terkait batasan8batasan yang ada #constraints. 3ontohnya9 Penggunaan teknik "D=MS #Relational Database Management ystem. +.

DSS harus memiliki kemampuan diantaranya9 '. Data Mining adalah kegiatan yang meliputi pengumpulan pemakaian data historis untuk menemukan keteraturan pola dan hubungan dalam set data berukuran besar. Penyimpanan data produksi dari sistem kontrol terdistribusi #D3S ? Distributed $ontrol ystem. 0e"at dan #e!$. yang dengan mudah digunakan oleh sta6 non teknis. /& Baga$'ana ABB Aut('at$(n 'engguna%an DSS untu% 'e'!uat %e"utusan yang #e!$. adalah suatu metode pendekatan yang digunakan untuk mendapatkan suatu hasil dari suatu permintaan proses analisis yang bersi6at dimensional se5ara 5epat yaitu desain dari aplikasi dan teknologi yang dapat mengoleksi menyimpan memanipulasi suatu data multidimensional untuk tu4uan analisis sehingga data8data tersebut bisa men4adi suatu in6ormasi yang lebih bernilai serta dapat mengkalkulasi perhitungan yang kompleks.warehouse sedangkan !2%P #!nline Analytical Proccessing. pada suatu data warehouse. dan kemudian membuat laporannya sesuai dengan permintaan user. yang merupakan bagian dari kategori global pemikiran bisnis akan merangkum hubungan antara pelaporan dan penggalian data. Ja a!an* %== %utomation mengembangkan dan mengaplikasikan DSS dalam proses mana4erial termasuk pengambilan keputusan. !2%P #!nline Analytical Processing. Pre&configured windows untuk data #untuk 'uery terstruktur. (. Kegunaan data mining adalah untuk menspesi6ikasikan pola yang harus ditemukan dalam tugas data mining. - . !a$%. !2%P merupakan suatu metode khusus untuk melakukan analisis terhadap data yang terdapat di dalam media penyimpanan data #database. Data ca%ture tanpa merusak perangkat keras sistem kontrol. Untuk tu4uan tersebut data yang berupa in6ormasi dibuat dalam 6ormat khusus dengan memberikan grup terhadap data yang biasa dikenal dengan model kubus. +. %kses site&wide ke data untuk dukungan keputusan melalui alat >isualisasi data #antar muka berbasis Web. -.

Kapabilitas untuk mengakses data untuk laporan ad hoc @ analisis data. A. %gar dapat mempertahankan eksistensi organisasi di dalam persaingan se5ara terus menerus organisasi harus dapat menganalisis keadaan lingkungan usaha di mana ia berada sehingga dapat mengetahui di mana posisinya. Itulah mengapa perusahaan perlu Sistem Pendukung Keputusan yang akan membantu mana4er bereaksi dan beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang terus berubah. 0e"at dan #e!$. Mana4er harus membuat keputusan yang lebih baik daripada sebelumnya dan harus membuat keputusan lebih 5epat daripada sebelumnya. Ja a!an* Dalam lingkungan bisnis global yang semakin kompetiti6 pembuat keputusan tidak dapat merenungkan keputusan terlalu lama. !leh karena itu untuk sukses dalam bisnis saat ini perusahaan membutuhkan sistem in6ormasi yang dapat mendukung in6ormasi yang beragam dan kebutuhan pengambilan keputusan.*. %kses ke data operasi real&time #untuk analisis. 1& Menga"a %e"utusan yang #e!$. !leh karena itu kebutuhan akan in6ormasi yang 5epat dan akurat sangat diperlukan dalam mengambil keputusan bisnis. Selan4utnya organisasi harus dapat melihat persaingan yang ter4adi di dalam lingkungan usaha tersebut dan mengetahui apa yang sedang dipersiapkan dan dilakukan para pesaingnya sehingga dapat menentukan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi persaingan tersebut. Sekarang proses pengambilan perlu diambil dalam waktu singkat. Dengan keputusan yang 5epat dan tepat yang didukung SPK dapat membantu perusahaan * . Selain memperhatikan 6aktor86aktor eksternal yang ada 6aktor86aktor internal 4uga perku diperhatikan agar organisasi mampu tumbuh dan berkembang dengan kokoh. Dalam pengambilan keputusan mana4er memerlukan dasar dalam bertindak. Itulah sebabnya sebuah perusahaan membutuhkan mana4er yang dapat mengambil keputusan 5epat dan tepat serta mampu melaksanakan strategi yang digariskan. !a$%) !u%an yang #a$nnya. Dahulu mana4er dapat mengambil tindakan ketika mendapat persetu4uan dari banyak pihak.

=eberapa ma5am bidang yang menggunakan ke5erdasan buatan antara lain sistem pakar permainan komputer #games. agar dapat melakukan peker4aan seperti yang dapat dilakukan manusia. Dengan integrasi %I pada DSS diharapkan dapat menghasilkan DSS yang interakti6 fle)ible dan dapat menyesuaikan diri #ada%table. dide6inisikan sebagai ke5erdasan yang ditun4ukkan oleh suatu entitas buatan. Mesin yang 5erdas dapat diartikan sebagai mesin yang dapat melakukan hal8hal tertentu yang memerlukan ke5erdasan apabila dilakukan oleh manusia. Ke5erdasan =uatan #bahasa Inggris9 Artificial (ntelligence atau %I. Ke5erdasan di5iptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin #komputer. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Penelitian dalam %I menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas8tugas yang membutuhkan perilaku 5erdas. Sebuah DSS membutuhkan data warehouse agar dapat men4alankan ker4anya dengan baik. Dengan menggunakan data dan antar muka yang mudah digunakan DSS memberikan wawasan untuk sang pengambil keputusan. Data warehouse adalah sebuah model database yang berguna untuk menyimpan dan memproses data dengan pendekatan kepada kegunaan data dalam pengambilan keputusan bagi 1IS atau DSS. logika 6uBBy 4aringan syara6 tiruan dan robotika. A . Termasuk 5ontohnya adalah pengendalian peren5anaan dan pen4adwalan kemampuan untuk men4awab diagnosa dan pertanyaan pelanggan serta pengenalan tulisan tangan suara dan wa4ah.mengembangkan usahanya dengan 5epat dan mengeliminasi kemungkinan tindakan yang salah pada perusahaan. Ja a!an* Artificial (ntelligence #%I. 2& Baga$'ana s$ste' %e0erdasan t$ruan) se"ert$ s$ste' "a%ar dan 3ar$ngan sara4 t$ruan) da"at d$$ntergras$%an %e da#a' ABB DSS. dari sistem in6ormasi berdasarkan komputer khususnya pengembangan untuk mendukung peme5ahan masalah perusahaan untuk meningkatkan pengambilan keputusan. adalah ilmu pengetahuan yang bergerak dalam pembuatan mesin yang 5erdas.

Ja a!an* Dengan meningkatnya kuantitas data produksi maka dapat dikatakan semakin banyaknya in6ormasi yang tersedia untuk die>aluasi ataupun digali pola8 polanya sehingga dapat membantu dalam men5iptakan keputusan peren5anaan strategis untuk operasi yang lebih konsisten @ lebih e6isien.Sistem pakar dan 4aringan sara6 tiruan dapat diintegrasikan ke dalam %== DSS harus mempunyai + komponen diantaranya9 '.at$%an u#asan DSS "ada !a! $n$* A"a art$nya 'end(ng%ra% data "r(du%s$ untu% 'en$ng%at%an 'ana3e'en "r(ses "e'anu%4aturan. Model Base yang dimaksud adalah sebagai model yang merepresentasikan permasalahan ke dalam 6ormat kuantitati6. oftware ystem yang dimaksud adalah software yang mampu dipahami oleh komputer dan user seperti hasil dari sistem ke5erdasan manusia 5& Per. +. C . Database yang dimaksud adalah sebagai warehouse8nya (.