MAKALAH EPIDEMIOLOGI DAN PERANANNYA DIDALAM PEMECAHAN MASALAH KESEHATAN DI MASYARAKAT

di susun oleh: Sholikhul Hadi E2A0091779

UNIVERSITAS DIPENOGORO SEMARANG FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT 2010

malaria. dan bi!ara ilmu" A#alnya epidemiologi hanya mempela$ari epidemi penyakit in%eksi & penyakit yang me#abah pada masyarakat" 'ada pertengahan abad ke(20 hingga saat ini para peneliti epidemiologi mulai mempela$ari %aktor(%aktor risiko penyakit kronis seperti penyakit $antung koroner.1 Tujuan Adapun tu$uan dari makalah mengenai epidemiologi ini adalah mahasis#a dapat memahami penerapan konsep epidemiologi dalam lingkup meme!ahkan masalah kesehatan di -ndonesia dalam upaya memahami risiko ter$adinya penyakit. Pendahuluan Epidemiologi berasal dari bahasa Yunani. bermula dari pengamatan klinik yang menghubungkan antara dua hal tersebut" 'enyakit A-3S. demos rakyat. stroke dan kanker bahkan termasuk penyakit(penyakit gaya hidup )* lifestyle disease+. yang artinya epi logos tentang.!edera dalam rangka melakukan tindakan upaya pen!egahan. seperti kebiasaan merokok dan %aktor perilaku lainnya" 1. dan sebagainya" . 0egioner.1." • • A#al abad 20: Epidemiologi digunakan untuk membandingkan tingkat penyakit pada kelompok populasi" Epidemiologi modern3oll 4 Hill mempela$ari hubungan antara menghisap rokok dan kanker paru )a#al tahun 1950(an. SEJARAH • • 2000 tahun yang lalu: Hippo!rates%aktor lingkungan mempengaruhi ke$adian penyakit" Abad 19distribusi penyakit pada kelompok populasi yang spesi%ik diukur se!ara luas" /ohn Sno#risiko ter$adinya kolera di 0ondon berhubungan dengan penyaluran air oleh suatu perusahaan )1121 & 1129.pengendalian" 2.

sakit $i#a dan sebagainya" 9ahkan di negara(negara ma$u. baik penyakit in%eksi maupun penyakit non in%eksi. 1911. maupun sosial" Hal inilah yang dimaksud . biologis. penyakit kekurangan gi8i )malnutrisi. PERANANNYA DIDALAM PEMECAHAN MASALAH KESEHATAN 'ada mulanya epidemiologi diartikan sebagai studi tentang epidemi" Hal ini berarti bah#a epidemiologi hanya mempela$ari penyakit(penyakit menular sa$a tetapi dalam perkembangan selan$utnya epidemiologi $uga mempela$ari penyakit(penyakit non in%eksi. epidemiologi ini men!akup $uga kegiatan pelayanan kesehatan" b" 'opulasi Apabila kedokteran klinik berorientasi pada gambaran(gambaran dari penyakit( penyakit indi:idu maka epidemiologi ini memusatkan perhatiannya pada distribusi penyakit pada populasi )masyarakat. men!ari sebab ( kausa" 4. ke!elakaan lalu lintas maupun ke!elakaan ker$a." Sasaran  populasi manusia. DEFINISI DAN RUANG LINGKUP • • Epidemiologi adalah ilmu tentang distribusi dan determinan(determinan dari ke$adian yang berhubungan dengan kesehatan dalam suatu populasi tertentu )0ast. atau kelompok" !" 'endekatan ekologi .3. sehingga de#asa ini epidemiologi dapat diartikan sebagai studi tentang penyebaran penyakit pada manusia di dalam konteks lingkungannya" 6en!akup $uga studi tentang pola(pola penyakit serta pen!arian determinan(determinan penyakit tersebut" 3apat disimpulkan bah#a epidemiologi adalah ilmu yang mmepela$ari tentang penyebaran penyakit serta determinan(determinan yang mempengaruhi penyakit tersebut" 3i dalam batasan epidemiologi ini sekurang(kurangnya men!akup 7 elemen.. penyakit & !idera. seperti kanker. yakni : a" 6en!akup semua penyakit Epidemiologi mempela$ari semua penyakit.rekuensi dan distribusi penyakit dika$i dari latar belakang pada keseluruhan lingkungan manusia baik lingkungan %isik.

point o% pre:alen!e dan sebagainya dapat digunakan dalam perhitungan(perhitungan : pre:alensi. !ase %atality rate dan sebagainya" 5.. Basic Epidemiology. Daftar Pustaka • • • Beaglehole. Harvey.. di mana penyebaran atau ter$adinya penyakit" 7" =apan )#hen. Department of Community Health. di mana dan bagaimana penyebaran masalah. R. serta kapan penyebaran masalah tersebut ter$adi" 3emikian pula pendekatan peme!ahan masalah tersebut selalu dikaitkan dengan masalah. Research Method in Occupational Epidemiology. kapan penyebaran atau ter$adinya penyakit tersebut" /a#aban($a#aban atau pertanyaan(pertanyaan ini adalah merupakan %aktor(%aktor yang menentukan ter$adinya suatu penyakit" 3engan perkataan lain ter$adinya atau penyebaran suatu penyakit ditentukan oleh 7 %aktor utama yakni orang. et al.pendekatan ekologis" <er$adinya penyakit pada seseorang dika$i dari manusia dan total lingkungannya" . 1 % 1 Checko!ay. "#ford University . 1 $ress. tempat dan #aktu" .2 K!(unaan 'eranan epidemiologi. di mana atau dalam lingkungan bagaimana penyebaran masalah serta bilaman masalah tersebut ter$adi" =egunaan lain dari epidemiologi khususnya dalam program kesehatan adalah ukuran(ukuran epidemiologi seperti pre:alensi.1 P!n"!#a$an P!n"a%&' 3i dalam epidemiologi biasanya timbul pertanyaan yang perlu direnungkan yakni : 1" Siapa )#ho. khususnya dalam konteks program =esehatan dan =eluarga 9eren!ana adalah sebagai tool )alat. dan sebagai metode atau pendekatan" Epidemiologi sebagai alat diartikan bah#a dalam melihat suatu masalah =9(=es selalu mempertanyakan siapa yang terkena masalah... University of Auckland. kasus baru. Student Text. siapakah yang men$adi sasaran penyebaran penyakit itu atau orang yang terkena penyakit" 2" 3i mana )#here.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times