You are on page 1of 16

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Anatomi Kulit Kulit adalah organ tubuh yang terletak paling luar dan membatasinya dari lingkungan hidup manusia. Luas kulit orang dewasa 1,5 – 2m 2 dengan berat kirakira 15% berat badan. Tebalnya antara 1,5 – 5 mm bergantung dari tebal kulit, umur, enis kelamin, suhu dan keadaan gi!i. Kulit sangat kompleks , elastis dan sensiti" ber#ariasi pada keadaan iklim, umur, enis kelamin, ras dan bergantung pada lokasi pada tubuh. $,1%,11 Kulit paling tipis di kelopak mata, penis, labium minor, dan bagian medial lengan atas, sedangkan kulit tebal terdapat di telapak tangan dan kaki, punggung, bahu dan bokong. &rgan tambahan 'appendik( kulit uga berbeda menurut tempatnya. Kelen ar sebasea paling banyak ditemukan pada daerah muka, tetapi tidak ada pada derah telapak kaki atau tangan, sementara kelen ar keringat terdapat di seluruh tubuh. )sam laktat dalam keringat dan asam amino hasil keratinisasi mempertahankan p* permukaan kulit antara + – , sehingga pertumbuhan bakteri terhambat. -amun beberapa muara rambut serta kelen ar sebasea. 1,$,1% Kulit memiliki "ungsi melindungi bagian tubuh dari berbagai ma/am gangguan dan rangsangan luar. 0ungsi perlindungan ini ter adi melalui se umlah mekanisme biologis, seperti pembentukan lapisan tanduk se/ara terus menerus 'keratinisasi dan pelepasan sel-sel kulit ari yang sudah mati(, respirasi dan pengaturan suhu tubuh, produksi sebum dan keringat serta pembentukan pigmen melanin untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultra #iolet matahari. 1,$ enis streptokokus dan sta"ilokokus hidup komensial di kulit. .akteri tersebut berada di lapisan keratin,

5

1 Definisi Kanker kulit adalah penyakit dimana kulit kehilangan kemampuannya untuk generasi dan tumbuh se/ara normal. baik pria maupun wanita.sehingga mudah dikenali.2 Kanker kulit 2. seperti wa ah.tangan dan tungkai bawah. 5aerah yang sering ter adi seranganya biasanya permukaan yang sering terkena terpaparan sinar matahari.6 1ambar 1. 14 2.2.sehingga penderita terlambat melakukan pengobatan. 14 Kanker kulit adalah enis kanker yang terletak dipermukaan kulit. -amun karena ge ala awal yang ditimbul dirasakan tidak begitu menganggu.2. namun ada beberapa "aktor resiko yang dapat menyebabkan timbulnya kanker kulit yaitu .2 Etiologi 2enyebab pasti dari kanker kulit belum ditemukan se/ara pasti. 14 Kanker kulit dapat menyerang siapa sa a. 2enampang lintang dan #isualisasi struktur lapisan kulit 12 2.3el-sel kulit yang sehat se/ara normal dapat membelah diri se/ara teratur untuk menggantikan sel-sel kulit mati dan tumbuh kembali.

intensitas sinar 67.7 paparan sinar ultra#iolet '67(. tar. sinar ultra#iolet dengan pan ang gelombang yang paling e"ekti" adalah 67.ika ada salah satu anggota keluarga yang terkena kanker kulit. Lama paparan. 1 . 1. *al ini disebabkan oleh karena kemampuan dari 67.erdasarkan per/obaan yang dilakukan oleh binatang. serta ada tidaknya pelindung kulit baik dengan pakaian atau krim anti matahari. )khir-akhir ini. 1. . *al ini dikarenakan umlah pigmen melanin pada orang kulit putih lebih sedikit. . semuanya berpengaruh terhadap ter adinya kanker kulit. 14 &rang yang memiliki kulit putih lebih rentan terkena kanker kulit daripada orang yang memiliki kulit lebih gelap. penyebab yang paling sering adalah paparan sinar 67 baik dari matahari maupun dari sumber yang lain. itu . 1 3usunan genetik dalam keluarga bisa berpengaruh uga terhadap mun/ulnya kanker kulit.ahan kimia tertentu seperti arsenik. -amun dengan 8bantuan9 !at atau bahan karsinogen ter adi mutasi sel dan menimbulkan kanker atau tumor. 14 2aparan sinar 67.. dan minyak diyakini dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. dalam banyak kasus paparan dalam angka pan anglah yang biasanya menyebabkan kanker kulit. para peneliti di University of Pittsburg Cancer Institute di )merika telah menemukan #irus-#irus yang dapat menyebabkan kanker kulit diantaranya adalah human papilloma #irus: *27. nikotin. maka risiko terkena kanker kulit pada anggota keluarga yang lain uga akan meningkat.2. 14 2. 1. 1en pembawa kanker atau tumor sudah dimiliki hampir seluruh orang se ak lahir. bahan karsinogenik dan "aktor genetik. sehingga mengurangi risiko terkena kanker kulit. -amun. Kadar melanin yang tinggi bisa melindungi kulit dari paparan berbahaya sinar matahari. -amun. orang-orang yang memiliki kulit gelap uga bisa terkena kanker kulit meskipun umlahnya /enderung lebih ke/il. warna kulit.3 Patogenesis <adiasi sinar ultra#iolet adalah penyebab paling umum dari kanker kulit baik yang melanoma maupun yang non melanoma.

15 Langkah pertama dari proses karsinogenik ini adalah penginduksian 5-) oleh photon 67. 3ebagai hasilnya akan terbentuk cyclobutane dimmer atau pyrimidine-pyrimidone photoproduct. ikatan ganda dari pyrimidine.1 2. 3edangkan 254 yang mengkode regulator dari siklus sel dan kematian sel bermutasi bermutasi pada sekitar setengah dari K3. dan lebih dari $%% K33. 2T>* yang merupakan komponen dari alur signal seluler.asalioma atau karsinoma sel basal 'K3. Keduanya menyebabkan struktur 5-) yang abnormal. yang akan menyebabkan terbukanya ikatan tersebut.8 sendiri untuk menembus ke dalam lapisan o!on dan uga stratum korneum yang akhirnya akan diabsorbsi oleh 5-). bermutasi pada sekitar $%% dari K3. Kanker kulit enis ini tidak mengalami penyebaran 'metastasis( ke bagian tubuh lainnya. 5e"inisi .2.( merupakan kanker kulit yang timbul dari lapisan sel basal epidermis atau "olikel rambut. -on melanoma maligna terbagi men adi dua yaitu karsinoma sel basal 'K3. 2hoton 67.( a. 15 2ada saat ter adi replikasi 5-).. 5-) polymerase sering salah memasukkan cytosine yang telah rusak berseberangan dengan thymine.( dan karsinoma sel skuamosa 'K33(.. yang mere"leksikan sisi spesi"ik dimana photoproduct 67 mun/ul.2.1? 2. =utasi ini mun/ul hanya apabila cytosine berada berseberangan dengan thymine atau dengan cytosine yang lain. malenoma maligna dan non malenoma maligna. 15 5ua gen yang se/ara normal dapat men/egah ter adinya kanker akan tetapi men adi tidak akti" pada kanker kulit adalah 2T>* dan 254. Karsinoma sel basal 'K3.. 1. . tetapi sel .1 Non malenoma maligna 1. Klasifikasi kanker kulit Kanker kulit se/ara umum dibagi atas dua golongan besar yaitu. 1+. ini biasanya akan diabsorbsi pada 5 – .

putih seperti mutiara. K3. 1? b. tangan. dan in"eksi aringan sekitar.1$ . 1. dapat menyebabkan destruksi lokal.Tampak paling sering pada kulit yang terpa an matahari. badan. Lokasi predileksi karsinoma sel basal.agian tubuh yang terserang K3. hemoragi. =ani"estasi klinis . =eskipun arang dapat pula di umpai pada lengan. Lesi sering diawali sebagai nodul ke/il dengan sebuah gulungan. merupakan kanker kulit yang paling sering ditemukan. krusta.ila diabaikan. 1@ 1ambar 2.9 kanker dapat berkembang dan menyebabkan kerusakan aringan kulit sekitarnya. menghasilkan gangguan "ungsi dan kosmetik. sering pada wa ah antara garis rambut dan bibir bagian atas. kaki dan kulit kepala. dan kadang ulserasi.. batas tembus /ahaya dengan telangiektasia. . biasanya di wa ah dan leher.1.

transparan seperti mutiara.edanya pada enis ini berwarna /oklat atau hitam berbintik-bintik atau homogen yang se/ara klinis dapat menyerupai melanoma. Tipe -odulo-ulserati". meninggi di atas permukaan kulit. ika kena trauma mudah berdarah. Lesi biasanya tampak sebagai lesi tunggal. dahi dan tepi kelopak mata. . Kemudian lesi membesar se/ara perlahan dan suatu saat bagian tengah lesi /ekung. 2ada awalnya tampak nodul ke/il. warna kuning abu – abu mengkilat. 2apula makin lama makin membesar men adi makula dan bagian tengah dapat timbul ulkus atau tidak ada ulkus . dengan tepi meninggi. 1@ =enurut gambaran klinis K3. 1ambar 4. 2aling sering mengenai wa ah. lipatan nasolabial. yaitu A 14 1( Tipe -odulo-ulserati" =erupakan enis yang paling sering di umpai.erpigmen 1ambaran klinisnya sama dengan tipe nodulo-ulserat". meninggalkan tepi yang meninggi dan keras. 2% 2( Tipe . berdiameter kurang dari 2 /m. ini ber#ariasi.10 . 2enyakit ini dimulai dengan papula ke/il.1?. . terutama pipi.

Tipe 3uper"isial. 2% 4( Tipe =or"ea:0ibrosing:3klerosing. Tipe =or"ea.. Lesi tampak sebagai plak sklerotik yang /ekung. eritematosa sampai berpigmen terang.erpigmen. berwarna putih kekuningan. 3e/ara klinis tampak sebagai plak transparan. sedikit meninggi. 1ambar 5. 2% +( Tipe 3uper"isial Lesi biasanya multipel. seperti kawat. 2% 5( Tipe 0ibroepitelial . Tipe . mengenai badan. berbentuk o#al sampai ireguler dengan tepi berbatas tegas.11 1ambar +. .iasanya ter adi pada kepala dan leher. 1ambar .

3e/ara klinis. 14 . =etastase menyebabkan ?5% kematian akibat dari K33. lesi berupa nodul ke/il yang tidak bertangkai atau bertangkai pendek dengan permukaan halus atau noduler dengan warna yang ber#ariasi. namun dapat pula ter adi pada setiap bagian tubuh. 5e"nisi Karsinoma sel skuamosa 'K33( merupakan proli"erasi maligna yang timbul dari dalam epidermis. karsinoma ini dapat pula timbul dar kulit yang normal atau lesi yang sudah ada sebelumnya.12 2aling sering ter adi pada punggung bawah. 2ada orang kulit putih lebih sering di umpai pada daerah muka dan ekstremitas. =eskipun biasanya mun/ul pada kulit yang rusak karena sinar matahari.2+ b. 1ambar ?. 2% 2. badan dan dapat pula di umpai pada bibir bawah serta punggung tangan. Karsinoma sel skuamosa a.22.agian tubuh yang terserang K33 biasanya pada daerah kulit yang terpapar sinar matahari dan membran mukosa. sedangkan pada orang kulit berwarna gelap di daerah tropik lebih banyak pada ekstremitas bawah. Tipe 0ibroepitelial.=ani"estasi klinis .24 Kanker ini merupakan permasalahan yang lebih gawat karena si"atnya in#asi" dengan mengadakan metastase lewat sistem lim"atik atau darah.

permukaan dan tepi meninggi. 21 =enurut gambaran klinis K33 ber#ariasi.1$ 2enyakit ini dimulai dengan nodula berwarna kulit normal. 2ermukaan nodula berben ol menyerupai kembang kol. pada perabaan keras dan mudah berdarah yang berasal dari ulkus. Tumor menyebar melalui saluran getah bening ke ala-alat lain.13 1ambar @. warna kekuningan. atau ulkus dengan tepi yang tidak teratur. Lokasi predileksi karsinoma sel skuamosa. . dapat berupa A 14 1( -odul berwarna seperti kulit normal. permukaannya halus tanpa krusta atau ulkus dengan tepi yang berbatas kurang elas.

6lkus yang menyerupai kembang kol.25 2( 6lkus yang menyerupai kembang kol. berwarna kuning kemerahan. membasah atau berdarah dan berbau.25 . 6lkus dengan krusta pada permukaannya. tidak rata. 1ambar 1%. berben ol-ben ol seperti kembang kol. 1ambar 11. K33 yang timbul dari kulit normal lebih sering mengadakan in#asi yang /epat dan ter adi metastasi. berwarna merah atau pu/at. Tumor ini menon ol diatas permukaan kulit.25 4( 6lkus dengan krusta pada permukaannya. 5alam per alanan penyakitnya lesi akan meluas dan mengadakan metastasis ke kelen ar lim"e regional atau ke organ-organ dalam. tepi meninggi. Tipe nodular.14 1ambar $.

2. mudah berdarah. ter adi peninggian pada lesi yang sebelumnya datar. 5e"inisi =elanoma =aligna =elanoma maligna merupakan neoplasma maligna dengan terdapatnya melanosit 'sel-sel pigmen( dalam lapisan epidermis maupun dermis 'dan kadangkadang sel subkutan(.order atau pinggirannya uga tidak rata. walaupun yang sering adalah terutama di telapak kaki. 14.2 !elanoma maligna "!!# a.2? Tahi lalat walaupun hanya satu dan ke/il kadang dapat uga berubah men adi ganas.2.E .14. bentuknya tak beraturan.15 2. .2? Cang harus diwaspadai apabila suatu tahi lalat /uriga men adi ganas adalah bila pada tahi lalat tersebut ditemukan tanda D). . leher. 3elain itu pada tahi lalat.21 b. .>5D melanoma maligna. harus uga lebih /uriga. tetapi uga menyebar melalui aliran darah kealat-alat dalam serta dapat menyebakan kematian. timbulnya ge ala 'gatal. =elanoma maligna merupakan suatu enis sel kanker kulit yang paling ganas dan berasal dari sistem melanositik kulit. yaituA )E )simetrik. dan dapat ter adi pada tahi lalat di bagian tubuh mana sa a. =ani"estasi klinis Kun/i penyembuhan melanoma maligna adalah penemuan dini sehingga diagnosis melanoma harus ditingkatkan bila penderita melaporkan adanya lesi berpigmen baru atau adanya tahi lalat atau tanda lahir 'tompel( yang berubah sepertiB 2erubahan dalam warna. perubahan pada permukaan atau perubahan pada konsistensi lesi berpigmen.iasanya menyebabkan metastasis yang luas dalam waktu yang singkat. tidak sa a melalui aliran lim"e ke kelen ar regional. .14 =elanoma maligna adalah tumor ganas kulit yang berasal dari melanosit dengan gambaran berupa lesi kehitam-hitaman pada kulit. yang mulai sering terasa gatal. kepala:wa ah. perubahan dalam ukuran 'terutama pertumbuhan yang /epat(. pinggang. ada borok atau luka yang sukar sembuh. rasa terbakar atau sakit(.

. Klasi"ikasi melanoma maligna 14 1( =elanoma super"isial =elanoma dengan penyebaran super"isial ter adi pada setiap bagian tubuh dan merupakan bentuk melanoma yang paling sering ditemukan.ahkan dalam kasus tertentu ditemukan berwarna putih. mm . . .isa ke/oklatan sampai hitam. 5E 5iameternya lebih besar dari . merah dan biru. =elanoma ini sering ditemukan di bagian ektremitas bawah.16 >E >olor atau warnanya yang ber#ariasi dari satu area ke area lainnya. Lokasi predileksi melanoma maligna.14 1ambar 12.1$ /.

2.khususnya permukaan dorsal tangan. 2. 4( =elanoma noduler =elanoma noduler merupakan nodul yang berbentuk s"eris yang menyerupai blueberry dengan permukaan yang relati" li/in seta berwarna biru hitam yang seragam. =elanoma noduler akan mengin#asi langsung ke dalam lapisan dermis di dekatnya 'pertumbuhan #ertikel( dan dengan demikian memiliki prognosis yang buruk. 1ambar 1+. =elanoma lentigo-maligna. =elanoma super"isial. kepala dan leher pada orang yang berusia lan ut.17 1ambar 14. 2( =elanoma lentigo-maligna =elanoma lentigo-maligna merupakan lesi berpigmen yang tumbuh dengan lambat pada daerah kulit yang terbuka. .

. =elanoma akral-lentigonosa. 3tadium 7F sel melanoma . 1ambar 1. 3tadium 7 sel melanoma sampai aringan lemak dan subkutan. telapak tangan.18 1ambar 15. membedakan melanoma maligna dalam 5 stadium yaitu A 21. +( =elanoma akral-lentigonosa =elanoma akral-lentigonosa merupakan bentuk melanoma yang terdapat di daerah yang terlalu terpa an sinar matahari dan tidak terdapat di "olikel rambut..erdasarkan tingkat penyebaran.enis melanoma ini sering terdapat di telapak kaki. . 2. 3tadium FF sel melanoma sampai papilla dermis bagian atas. 2.2@ 3tadium F sel melanoma hanya terdapat intraepidermal '=elanoma in situ(. 3tadium FFF sel melanoma sampai mengisi papilla dermis. 3tadium F7 sel melanoma sampai ke dalam aringan ikat kolagen dermis. dasar kuku dan membrane mukosa yang berkulit gelap. =elanoma noduler.

6ntuk pengobatan se/ara medikomentosa dengan kemoterapi 'obat-obat anti kanker( yang dikelompokkan men adi beberapa kategori yaituA alkylating agents. pembedahan dan terapi "isik.=elanoma maligna . en!im. antibiotik antitumor. apabila telah diketahui ter adi penyebaran maka dibutuhkan operasi lan utan untuk mengangkat aringan di sekitarnya.2$. 3el berkelompok atau bergerombol.enis kanker kulit 1. d. 4% 2. 3elain itu sampai saat ini klasi"ikasi standar melanoma maligna yang digunakan dalam stadium klinik 'dengan beberapa modi"ikasi(.19 tampak berbentuk epiteloid atau kumparan. alkaloid tanaman. antimetabolit. yaitu sebagai berikut14A 3tadium F melanoma maligna lokal terbatas pada kulit tanpa metastasis auh atau ke kelen ar lim"e regionalB 3tadium FF 3udah ter adi metastasis yang terbatas pada kelen ar lim"e regionalB 3tadium FFF melanoma disseminata.3 Kerangka Konse$ .K33 4. dimana sudah ter adi metastasis auh. 2engobatan melanoma maligna Tindakan yang dilakukan pada penderita kanker melanoma maligna ini adalah pengangkatan se/ara komplit aringan kanker dengan alan pembedahan. 2ada dermis ditemukan in"iltrat lim"osit atau makro"ag yang mengandung melanin. 3etiap sel mengandung butir melanin. 2. hormon dan pengubah respon biologis. 5an pengobatan se/ara nonmedikomentosa meliputi radioterapi. pleomor"i dengan kromatin kasar.K3.

enis Kelamin 6sia Lokasi predileksi kanker kulit 1ambar 1?. Kerangka Konsep .20 Kanker kulit .