You are on page 1of 10

Makalah

PERENCANAAN PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN PADA HEPATITIS A

Disusun oleh: Afriza Rizqi Zaini, S.Ked 04094705009

Pembimbing: Dr.dr.H. Fachmi Idris, M.Kes

DEPARTEMEN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2010

S. Fachmi Idris. 5 Juli 2010.Ked (04094705009) Telah diterima dan disahkan sebagai salah satu syarat dalam mengikuti kegiatan Kepaniteraan Klinik Senior di Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kedokteran Komunitas. Mei 2010 Pembimbing Dr.HALAMAN PENGESAHAN Tugas makalah yang berjudul : Program Pelayanan Kesehatan Pada Hepatitis A Oleh : Afriza Rizqi Zaini.dr. Palembang.d.Kes ii . Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya periode 10 Mei s. M.H.

Kes sebagai salah bentuk syarat mengikuti kepaniteraan klinik senior di bagian IKK-IKM Fakultas Kedokteran Unsri. Palembang. yang berisikan mengenai permasalahan hepatitis A serta rencana intervensi yang ditawarkan. dan ummatnya hingga akhir zaman. Maka dari itu. Fachmi Idris.KATA PENGANTAR Puji syukur ke hadirat Allah swt. Nabi Muhammad SAW.Kes selaku pembimbing dari pembuatan tulisan ini. Maha Pengasih lagi Maha Penyayang atas rahmat. Sholawat beriring salam kita curahkan kepada Rosul akhir zaman. rezeki. Saya mengucapkan terima kasih kepada Dr. Tulisan ini merupakan salah satu bentuk tugas yang diberikan oleh Dr. dr. M. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah membantu dalam pembuatan tulisan ini yang tidak dapat saya ucapkan satu-persatu. selain dari salah satu bentuk penyelesaian tugas. Tujuan dari penulisan makalah ini. Mei 2010 Penulis iii . beserta para keluarga beliau. Tulisan ini berjudul Perencanaan Program Pelayanan Kesehatan pada Hepatitis A. dan karunianya sehingga kita masih dapat menimba ilmu yang InsyaAllah akan bermanfaat. adalah untuk mencari alternatif program pelayanan kesehatan apa yang sesuai untuk diimplementasikan. saya menyadari bahwa tulisan ini masih jauh dari sempurna dan banyak kekurangan yang harus dibenahi. M. Fachmi Idris. dengan rendah hati saya menerima segala kritik dan saran atau tulisan ini sebagai sarana perbaikan di masa yang akan datang. dr. para sahabat.

................................................................................. 4 Rencana Program Kegiatan .............. ii Kata pengantar ......... 1 Faktor-Faktor Penyebab ................................................................................................................................................................................................................................................................................................................. 4 Daftar pustaka iv .............................................................. 4 Akar-Akar Permasalahan .......................................................................................................................................................................................................... i Halaman pengesahan ............................................................................................... iv Pengertian Dan Prevalensi ........................... 4 Akar Masalah Utama............................................................................................................. iii Daftar isi ............................. 2 Faktor Yang Paling Berperan .......DAFTAR ISI Halaman depan ...............................................................

4 Di Amerika Serikat.2 Angka kematian oleh tersangka HAV adalah 8.414 orang di seluruh Indonesia. Penyakit ini merupakan self limited disease yang dapat berkembang menjadi hepatitis fulminan bahkan kematian pada orang-orang tertentu. 45 % penyebab hepatitis viral akut adalah virus hepatitis A (HAV).5 Penelitian HM. Syaifoellah Noer dkk. Pada tahun 1990 di Asia tercatat 676. Hepatitis yang berlangsung kurang dari 6 bulan disebut "hepatitis akut" sedangkan hepatitis yang berlangsung lebih dari 6 bulan disebut "hepatitis kronis". Gejala dapat berupa:  Mual 1 .19 per 100.1 Salah satu penyebab hepatitis akut yaitu virus hepatitis A. merupakan salah satu penyakit tertua yang pernah dikenal oleh manusia.5.. Asia tengah dan Asia tenggara. yang dulunya disebut infeksi hepatitis. seperti tempat-tempat dengan penggunaan fasilitas umum. Pengertian dan Prevalensi Hepatitis adalah peradangan hati karena berbagai sebab. terhadap 127 tersangka hepatitis A di 3 rumah sakit di Jakarta menunjukkan bahwa ternyata 40. Di Amerika Serikat pada tahun 2004 dilaporkan terdapat 6000 kasus.000 kasus hepatitis A.3. sebagian Amerika. dan juga rumah sakit jiwa. Virus hepatitis A juga dapat menyebar melalui transfusi darah walaupun jarang sekali terjadi.PENDAHULUAN 1.3 Virus hepatitis menyebar melalui feses orang yang terinfeksi hepatitis A.9% penderita terinfeksi hepatitis A dengan prevalensi terbanyak pada umur kurang dari 40 tahun.3 Hepatitis A. penyebaran ini disebut dengan rute fecaloral. penyebaran akan terjadi jika orang mengkonsumsi air atau makanan yang telah tercemar dengan feses penderita hepatitis A. seperti di Afrika.6 Umumnya gejala yang muncul menyerupai flu biasa yang timbul 2-6 minggu setelah terinfeksi.4. Angka penyebaran semakin meningkat di daerah-daerah dimana rute fecal-oral ini sering terjadi. penjara.000 penduduk atau 14. Penyakit ini merupakan penyakit endemik di Negara berkembang. Orang yang terinfeksi hepatitis A sudah dapat menularkan orang lain setelah 1 minggu terinfeksi.

1.2. Faktor Penyebab Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A. vaksin dapat diberikan pada :      Anak-anak usia 1 tahun (umur 12 -23 bulan) Orang-orang yang berumur 1 tahun atau lebih yang bepergian ke daerah endemic hepatitis a Laki-laki yang melakukan hubungan sex dengan laki-laki Orang dengan penyakit hati kronis Orang yang menggunakan obat-obatan terlarang. Muntah  Diare  Demam  Lelah  Ikterus  Nyeri di daerah hati7 70 % anak-anak dibawah 6 tahun yang terinfeksi hepatitis a bersifat asimptomatik.4. Virus hepatitis A merupakan virus dengan rantai tunggal linier RNA positif. yang diklasifikasikan ke dalam genus hepatovirus dari famili ke picornavirus. namun dapat inaktif dalam keadaan panas (85o c selama 1 menit) dan radiasi ultraviolet. antara 10-50 hari 2. Fase inkubasi. dan asam. beberapa hari sampai lebih dari 1 minggu 2 . Fase prodromal. Virus hepatitis A resisten terhadap denaturasi panas.8 Saat ini telah ada vaksinasi untuk mencegah penyakit hepatitis A. Namun pada anak-anak yang lebih tua dan dewasa yang terinfeksi 70 % akan berkembang menjadi ikterus. Hanya diketahui satu serotype dari virus hepatitis A.5 2. Infeksi hepatitis A akut dapat dibagi menjadi 4 fase yaitu . Virus ini pertama kali diidentifikasi melalui mikroskop elektron pada tahun 1973. Virus hepatitis A akan bereplikasi di hepatosit dan menyebabkan inflamasi hati. degradasi oleh lingkungan.

 Kepadatan penduduk. 3 . biasanya lambat. biasanya terjadi 10 hari setelah gejala timbul 4. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya hepatitis A Faktor biologi virus  terhadap  Faktor lingkungan  Faktor prilaku  dan  Faktor pelayanan kesehatan Resistensi HAV Lingkungan dengan sanitasi yang buruk. Promosi imunisasi hepatitis A yang belum adekuat.  Tidak melakukan imunisasi HAV. yaitu faktor biologi. air Kurangnya kesadaran pengetahuan masyarakat mengenai personal hygiene. Penggunaan obat-obatan suntik terlarang. Tabel 1.4 Faktor risiko yang mempengaruhi terjadinya hepatitis A ditinjau dari teori blum dibedakan menjadi 4 faktor. Fase ikteik. Fase convalescent. Tidak program adekuat adanya yang dalam lingkungan. dan faktor perilaku. faktor pelayanan kesehatan. Kekeliruan dalam diagnosis dan terapi. Kurangnya sarana bersih. terjadi 4-15 minggu setelah gejala hilang. faktor lingkungan.   menanggulangi seks  penyebaran hepatitis A.3. Perilaku oral-anal.

6. 3. 2. Faktor yang paling berperan Faktor yang paling berperan dalam mempengaruhi terjadinya hepatitis A adalah faktor perilaku. 4. antara lain : 1. Akar masalah utama Faktor prilaku yang menjadi malah utama dalam kasus hepatitis akut adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan personal hygiene yang baik. Oleh karena itu. Rencana program kegiatan Pilihan program untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai personal hygiene yang baik. 5. Masyarakat masih kurang menyadari pentingnya untuk mencuci tangan dengan bersih sebelum makan. Memberikan saran kepada sarana kesehatan setempat untuk lebih mempromosikan personal hygiene yang baik kepada masyarakat. 4 . Memberikan pelatihan cara melakukan personal hygiene yang benar kepada masyarakat. Kesadaran masyarakat untuk memperhatikan masalah kebersihan diri dan makanan yang akan di konsumsi masih sangat kurang. Memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya melakukan personal hygiene. perlu dilakukan kegiatamn-kegiatan yang dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan personal hygiene yang baik dan juga meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai bagaimana melakukan personal hygiene yang baik. Akar-akar permasalahan Akar permasalahan adalah kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai personal hygiene yang baik. Masyarakat juga masih sering mengkonsumsi makanan khususnya sayur dan buah-buahan mentah namun tidak membersihkannya dengan baik.3.

5 .Dari program kerja di atas. alternatif terbaik dalam mengatasi kasus hepatitis A adalah dengan memberikan penyuluhan kepada msyarakat mengenai pentingya untuk melakukan personal hygiene dalam mencegah hepatitis A. tetapi pemberian pendidikan tersebut akan lebih baik jika ditambah dengan pelatihan cara melakukan personal hygiene yang baik kepada masyarakat.

4. Jakarta. Martin. Hepatitis. Hepatitis A. Baqiyatallah Medical University : 2005.sepeap.Daftar Pustaka 1. Departemen Kesehatan RI : 1991.pdf Previsani.pdf Anonim.who. Iran. Diakses pada tanggal 17 Mei 2010 dari http://www. Anonim.pdf Kusnindar. Nicoletta & Daniel Lavanchy. Diakses pada tanggal 17 Mei 2010 dari http://www.wikipedia.com/treat/pdfs/adults_hepatitis_a. Hepatitis A Virus From Discovery to Vaccines : 2006.com/hepatitis_symptoms_risks 3.id/files/cdk/files/13_MasalahHepatitis BdiIndonesia.com/pdf/Iraq_A_Hot_Zone_for_HAV_Infection.abouthepatitis. 6. Masalah Hepatitis B di Indonesia menurut Berbagai Penelitian. Diakses pada tanggal 17 Mei 2010 dari http://www.thebody. 7. 8. emedicinehealth. Diakses pada http://id. Diakses pada tanggal 17 Mei 2010 dari http://hepmon. Iraq: A Hot Zone for HAV Infection. Hepatitis A.pdf Anonim. Atmosukarto.com/hepatitis_a/page3_em. Diakses pada tanggal 17 Mei 2010 dari http://www. Hepatitis A Virus. World Health Organization : 2000. . 5. Diakses pada tanggal 17 Mei 2010 dari http://img.org/wiki/Hepatitis tanggal 17 Mei 2010 dari 2. Annette &Stanley M. Hepatitis A. Seyed.co. Lemon.pdf/13_MasalahHepatitisBdiIndonesia.kalbe.org/archivos/pdf/10176.htm#Hepatitis%20A%20Symptoms Anonim.int/ csr/disease/hepatitis/HepatitisA_whocdscsredc2000_7.pdf Alavian. Diakses pada tanggal 17 Mei 2010 dari http://www.