You are on page 1of 16

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Materi Pokok Alokasi Waktu

: SMK Negeri 8 Malang : Dasar-Dasar Elektronika : X/I : Komponen Aktif (Dioda dan Transistor) : 1 x 2 x 45 Menit

A. STANDAR KOMPETENSI  Menerapkan dasar-dasar elektronika

B. KOMPETENSI DASAR  Menjelaskan sifat-sifat komponen elektronika pasif dan aktif

C. INDIKATOR   Dapat menjelaskan sifat-sifat dioda dengan baik Dapat menjelaskan sifat-sifat transistor dengan baik

D. TUJUAN PEMBELAJARAN   Siswa dapat menjelaskan sifat-sifat dioda dengan baik Siswa dapat menjelaskan sifat-sifat transisor dengan baik

E. MATERI PEMBELAJARAN 1. Komponen Aktif Komponen aktif adalah komponen elektronika merupakan komponen elektronika yang dalam pengoperasiannya perlu sumber arus dan tegangannya sendiri. Komponen aktif terdiri dari Dioda dan Transistor. a. Dioda Dioda merupakan komponen elektronika yang mempunyai dua elektroda (terminal), dapat berfungsi sebagai penyearah arus listrik. Dioda mengalirkan arus satu arah saja, dari arus bolak-balik (ac) ke arus searah (dc). Struktur dioda tidak lain adalah sambungan semikonduktor P dan N. Satu sisi adalah semikonduktor dengan tipe P dan satu sisinya yang lain adalah tipe N. Dengan struktur demikian arus hanya akan dapat mengalir dari sisi P menuju sisi N. Secara umum simbol

dioda ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Jika pada dioda biasanya baru terjadi breakdown pada tegangan ratusan volt. Bentuk Dioda penyearah 1) Dioda Zener Sebuah dioda biasanya dianggap sebagai alat yang menyalurkan listrik ke satu arah. Gambar 7. namun Dioda Zener dibuat sedemikian rupa sehingga arus dapat mengalir ke arah yang berlawanan jika tegangan yang diberikan melampaui batas "tegangan rusak" (breakdown voltage) atau "tegangan Zener". Tidak ada perbedaan struktur dasar dari Zener dengan dioda.5 volt. Dengan memberi jumlah doping yang lebih banyak pada sambungan P dan N. ternyata tegangan breakdown dioda bisa makin cepat tercapai.5 volt dan sebagainya. pada Zener bisa terjadi pada angka puluhan dan satuan volt. 3. Di datasheet ada zener yang memiliki tegangan Vz sebesar 1. Simbol dan struktur Dioda Gambar 8. Gambar 9 Rangkaian penggunaan dioda zener .

bukan ke rangkaian atau beban. input tegangan akan yang masuk ke rangkaian lain dan beban akan dibatasi oleh dioda zener. Struktur LED sama dengan dioda penyearah.6 V atau lebih maka dioda zener akan terjadi brekadown dan arus akan mengalir melalui dioda. Untuk mendapatkna emisi cahaya pada semikonduktor. dioda tidak menghantarkan arus sehingga arus akan mengalir ke rangkaian lain dan beban. Simbol LED Gambar 11. doping yang pakai adalah galium. tetapi elektron yang melewati sambungan P-N juga melepaskan energi berupa energi panas dan energi cahaya. arsenic dan phosporus. dioda LED .6V. 2) Dioda Emisi Cahaya (Light Emitting Diode ) LED merupakan komponen yang dapat mengeluarkan emisi cahaya. Jika input tegangan mencapai 5. Jika input tegangan dibawah 5.Gambar 10 Dioda Zener Perhatikan gambar 9. Jenis doping yang berbeda menghasilkan warna cahaya yang berbeda pula.

khususnya sebagai sensor cahaya. Gambar 12 Simbol Photodioda b. Transistor dapat berfungsi semacam kran listrik.Semakin kuat cahaya yang jatuh pada dioda maka makin kecil nilai tahanannya.3) Photodioda Photodioda adalah suatu jenis dioda yang resistansinya berubah-ubah kalau cahaya yang jatuh pada dioda berubah-ubah intensitasnya. Dalam gelap nilai tahanannya sangat besar hingga praktis tidak ada arus yang mengalir. Perubahan pada arus basis IB memberikan perubahan yang diperkuat pada arus kolektor untuk tegangan emitor-kolektor VCE yang diberikan. Secara umum simbol dioda disimbolkan seperti gambar di bawah ini. dan basis (B). Transistor ini merupakan peralatan yang mempunyai 3 lapis N-P-N atau PN-P. modulasi sinyal atau fungsi lainnya. kolektor (C). Ketiga terminal tersebut adalah emiter (E). sehingga ada tiga terminal. stabilisasi tegangan. Photodioda merupakan jenis sensor yang banyak dipakai dalam aplikasi rangkaian elektronika. Dalam rentang operasi. BJT (Bipolar Junction Transistor) adalah salah satu dari dua jenis transistor. arus kolektor IC merupakan fungsi dari arus basis IB. sehingga arus yang mengalir semakin besar. Gambar 7 menunjukkan simbol dari transistor NPN . pemotong (switching). Cara kerja BJT dapat dibayangkan sebagai dua dioda yang terminal positif atau negatifnya berdempet. dimana berdasarkan arus inputnya (BJT) atau tegangan inputnya (FET). Transistor Transistor adalah alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat. memungkinkan pengaliran listrik yang sangat akurat dari sirkuit sumber listriknya.

Simbol dan bentuk fisik Transistor PNP dan NPN .Gambar 13.

G. Tahapan Pendahuluan .Menjawab salam dan berdo’a dengan dipimpin ketua kelas .Merespon apersepsi guru Alokasi Waktu 10 menit .Memulai pelajaran dengan salam dan meminta ketua kelas untuk memipin berdo’a .F.Meminta siswa untuk mempersiapkan pembelajaran Siswa . buku dan LCD projektor 2 .Melaksanakan pengelompokan sesuai dengan instruksi yang dijelaskan guru 25 menit 5 menit .Guru memberikan . LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Pertemuan I No.Penyampaian tujuan dan memotivasi .Membagikan soal-soal .Membentuk kelompok heterogen yang terdiri dari 4-5 orang . PBL membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam memberikan alasan dan berpikir ketika mereka mencari data atau informasi agar mendapatkan solusi untuk suatu masalah yang otentik.Penyajian informasi .Memperhatikan tujuan pelajaran dan motivasi guru 10 menit .Apersepsi .Melaksanakan absensi .Mengerjakan tugas .Menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar .Memberikan manfaat pembelajaran tentang materi yang akan dipelajari . 1.Persiapan Pembelajaran Inti Kegiatan .Pengorganisasian siswa dalam kelompok-kelompok belajar . MODEL PEMBELAJARAN Problem Based Learning (PBL) Problem-based Learning (PBL) merupakan suatu pendekatan pembelajaran atau metoda mengajar yang fokusnya pada siswa dengan mengarahkan siswa menjadi pebelajar mandiri yang terlibat langsung secara aktif terlibat dalam pembelajaran berkelompok.Menyiapkan peralatan tulis.Salam/ Do’a Kegiatan Guru .Presensi .Menyampaikan informasi kepada siswa dengan jalan mendemonstrasikan atau lewat bahan bacaan .Memperhatikan dengan sungguhsungguh dan mencatat informasi yang diberikan guru .Melakukan presensi/ absensi siswa .

beberapa soal untuk dikerjakan secara diskusi . dengan teman satu kelompok .Ketua kelas memimpin do’a dan bersamasama menjawab salam 5 menit .Membimbing siswa dalam melakukan diskusi.Membahasi hasil belajar tentang materi yang telah diajarkan atau masingmasing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya .Guru membimbing siswa dalam melaksanakan diskusi.Siswa mencari referensi melalui buku.Do’a dan salam 90 menit .Siswa membahas dan menjawab soal-soal yang telah dikerjakan bersama kelompoknya 3.Menutup pelajaran dengan meminta ketua kelas untuk memipin berdo’a dan mengakhiri pelajaran dengan salam Total Waktu . Penutup .Pembahasan untuk diselesaikan para siswa secara diskusi . handout maupun internet 20 menit 15 menit .Kesimpulan .Meminta siswa untuk membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari dan memberikan penguatan dari kesimpulan tersebut . .Membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari dan memperhatikan penjelasan guru .

Media belajar 2. . lihat Lampiran 5 Penentuan Hasil Belajar : Nilai Akhir = 60% (N1) + 20% (N2) + 20% (N3) Malang. Soal Latihan (N1) Soal Uraian (lihat di Lampiran 1) Kunci Jawaban (lihat Lampiran 2) Rubrik Penilaian (lihat Lampiran 3) b. Rubrik Penilaian Afektif (N2).. …………… Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran : Tugas dan observasi : Tes. NIP…………………. spidol. PERANGKAT PENILAIAN    Teknik Penilaian Bentuk Instrumen observasi psikomotorik Instrument Penilaian : terlampir meliputi : a. komputer : Handout Bishop.Dasar-Dasar Elektronika.. MEDIA/SUMBER BELAJAR 1.2002. lembar observasi afektif dan lembar …………………… NIP………………. LCD. Jakarta: Erlangga I. Sumber belajar : Papan Tulis. lihat Lampiran 4 c.Owen.H.  Rubrik Penilaian Psikomotorik (N3). ……………………….

Perhatikan gambar-gambar pada tabel dan isilah jawaban pada kolom yang sudah disediakan! No 1 Gambar Nama Komponen Simbol Fungsi 2 3 4 5.Lampiran 1 A. .

6 B. Apa yang dimaksud dengan Transistor sebagai penguat Arus dan Transistor sebagai saklar? Jawab: . Perhatikan gambar di bawah ini! (a) (b) Manakah dari kedua rangkaian dioda diatas yang merupakan bias maju maupun bias mundur dioda? Berikan alasan? 2. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! 1.

Lampiran 2 Kunci Jawaban Perhatikan gambar-gambar pada tabel dan isilah jawaban pada kolom yang sudah disediakan! No 1 Gambar Nama Komponen Simbol Fungsi .sebagai penguat arus .sebagai stabilisasi tegangan .sebagai pemotong arus (switching) Transistor 2 LED .sebagai indikator 3 Dioda Penyearah - sebagai penyearah arus 4 Dioda Zener sebagai penyearah arus (khususnya ketika terjadi tegangan breakdown) .

( open circuit – saklar terbuka ).sebagai penguat arus . Gambar (a) merupakan bias mundur. maka akan mengalir sejumlah besar arus dari Collector ke Emitor. maksudnya ketika basis diberi arus sedikit saja (> 0.7 V). karena anoda terhubung kutub negatif baterai dan katoda terhubung kutub positif baterai sehingga arus tidak akan mengalir. karena anoda terhubung kutub positif baterai dan katoda terhubung kutub negatif baterai sehingga arus dapat mengalir melalui dioda.sebagai pemotong arus (switching) C.sebagai stabilisasi tegangan . Gambar (b) merupakan bias maju. Transistor sebagai saklar.sebagai pemotong arus (switching) 6 Transistor . 4. atau tidak diberi tegangan maka kaki Collector dan Emitor akan terputus.sebagai stabilisasi tegangan . Transistor sebagai penguat arus. 3.5.sebagai penguat arus . Ketika tegangan basis kita putus atau diambil. maksudnya ketika kaki basis diberi tegangan tertentu maka terjadi koneksi dari Collector ke Emitor ( dengan kata lain Collector dan Emitor close circuit-saklar tertutup). Transistor . .

No.Lampiran 3 Rubrik Penilaian Kognitif A. Soal 1 Perolehan Skor 0 Tidak menjawab / jawaban salah Tidak menjawab 10 Jawaban benar.5 Jawaban 1 poin yang benar 7 Jawaban 2 poin yang benar 10 Jawaban benar semua (3 poin) 2 2 Jawaban 1 poin yang benar Jawaban 2 poin yang benar Jawaban benar semua (3 poin) 3 3 Jawaban 1 poin yang benar Jawaban 2 poin yang benar Jawaban benar semua (3 poin) 4 4 Jawaban 1 poin yang benar Jawaban 2 poin yang benar Jawaban benar semua (3 poin) 5 5 Jawaban 1 poin yang benar Jawaban 2 poin yang benar Jawaban benar semua (3 poin) 6 6 Jawaban 1 poin yang benar Jawaban 2 poin yang benar Jawaban benar semua (3 poin) B No. Jawaban kurang lengkap dan kurang jelas 20 Jawaban benar dan alasan tepat Jawaban lengkap dan jelas 2 2 Nilai Kognitif (N1) = Nilai A + Nilai B . 1 No. 1 No. Soal 1 Perolehan Skor 0 Tidak menjawab / jawaban salah Tidak menjawab / jawaban salah Tidak menjawab / jawaban salah Tidak menjawab / jawaban salah Tidak menjawab / jawaban salah Tidak menjawab / jawaban salah 3. tetapi alasan kurang tepat.

tetapi kurang sopan dengan siswa lain Cukup bisa bekerjasama dengan partner kelompok 2. Keaktifan dalam kelas (Responding) 4. Aspek yang dinilai Kehadiran siswa (Attending) Mendengarkan penjelasan guru (Receiving) 4 Hadir dengan tepat waktu 3 Terlambat kurang dari 5 menit Mendengarkan penjelasan guru dengan cukup serius Cukup aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru Bersikap sopan dengan guru. Kerjasama dalam kelompok (Organization) Bisa bekerjasama dengan partner kelompok Kurang bisa bekerjasama dengan partner kelompok Menghargai guru Kehadiran siswa . Menghargai guru dan siswa lain (Valuing) Bersikap sopan dengan guru dan siswa lain Kurang bersikap sopan dengan guru dan siswa lain 5.Lampiran 4 Lembar Penilaian Siswa INDIKATOR Tanggung Jawab dalam kelompok Mendengarkan penjelasan guru Kedisiplinan dan taat peraturan 0 Tidak hadir di kelas Tidak mengikuti pelajaran Tidak mengikuti pelajaran Tidak mengikuti pelajaran Tidak mengikuti kerja kelompok / tidak Kerjasama dalam kelompok 1 Terlambat lebih dari 10 menit Tidak mendengarkan penjelasan guru Tidak aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru Tidak bersikap sopan dengan guru dan siswa lain Tidak bisa bekerjasama dengan partner kelompok Keaktifan dalam kelas Skor 2 Terlambat 510 menit Kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru NO NAMA Rubrik Penilaian Afektif No 1. Mendengarkan penjelasan guru dengan serius Aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru Mendengarkan penjelasan guru dengan kurang serius 3.

Tanggung jawab dalam kelompok 7.6. Kedisiplinan dan taat peraturan (Characterization) Selalu tanggung jawab dalam kerja kelompok Selalu disiplin dan mentaati peraturan dengan baik Cukup tanggung jawab dalam kerja kelompok Cukup Disiplin namun pernah melanggar peraturan 1x Kurang tanggung jawab dalam kerja kelompok Kurang disiplin dan pernah melanggar peraturan maksimal 3x Tidak tanggung jawab dalam kerja kelompok Tidak disiplin dan melanggar peraturan lebih dari 3x mengikuti pelajaran Tidak mengikuti pelajaran Tidak mengikuti pelajaran Nilai Afektif (N2) = .

1.Lampiran 5 Lembar Penilaian Siswa INDIKATOR Kemampuan dalam Mengenali Menyelesaikan Masalah Kecepatan Mengerjkan Ketrampilan dalam Menganalisis dan NO. NAMA Rubrik Penilaian Psikomotorik No. Kemampuan mengenali alat dan bahan Nilai Psikomotorik (N3) = Alat dan Bahan Tidak mengikuti pelajaran Tidak mengikuti pelajaran . Aspek yang dinilai Ketrampilan dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah Kecepatan mengerjakan 4 Sangat terampil dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah Menyelesaikan tugas dan praktikum kurang dari 75% dari waktu yang diberikan Selalu dapat mengenali alat atau bahan yang disediakan 3 Terampil dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah Menyelesaikan tugas dan praktikum antara 7580% dari waktu yang diberikan Sering dapat mengenali alat atau bahan yang disediakan Skor 2 Sangat terampil dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah Menyelesaikan tugas dan praktikum antara 80100% dari waktu yang diberikan Sesekali dapat mengenali alat atau bahan yang disediakan 1 Kurang terampil dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah Menyelesaikan tugas dan praktikum lebih dari waktu yang diberikan Tidak dapat mengenali alat atau bahan yang disediakan 0 Tidak mengikuti pelajaran 2. 3.