You are on page 1of 17

Abstrak

Sejak ditemukannya efek piezoelektrik pada material Polyvinylidene Fluoride (PVDF) film, aplikasi material ini sebagai sensor maupun aktuator terus

berkembang. Paper ini merupakan aplikasi material piezoelektrik jenis film PVDF sebagai sensor impact, yaitu sensor yang berfungsi untuk mengukur beban impact benturan benda yang mengenai sensor tersebut. Salah satu aplikasi sensor ini digunakan untuk mengetahui respon benturan pada proses mating pada pengujian bangunan lepas pantai. Dalam disain sensor tersebut lembaran material Piezoelektrik PVDF film sebagai sensing elemen dibentuk melingkar sesuai dengan dimensi permukaan struktur yang diukur. PVDF film tersebut dilapisi dengan material karet dan metal. Ketika sensor ini dikenai beban impact, maka element PVDF film mengeluarkan tegangan listrik yang proporsional dengan beban impact yang mengenainya, tegangan output ini diperkuat oleh rangkaian pengondisi sinyal yang selanjutnya direkam oleh sistem data akuisisi menggunakan program LabView. Untuk mengetahui karakteristik sensor dilakukan proses kalibrasi sensor tersebut baik secara statis maupun dinamis dengan menggunakan loadcell transducer sebagai referensi. Sensor PVDF film ini dapat juga diaplikasikan pada dunia kedokteran untuk mendeteksi tekanan nadi manusia.

Akan tetapi pada beberapa kasus. sensor mekanis dengan menggunakan strain gauge mengalami beberapa kendala baik dari segi dimensi. maka perlu dilakukan proses kalibrasi sensor. Untuk menentukan karakteristik dari sensor piezoelectrik PVDF film tersebut. Sensor mekanis berbasis strain gauge saat ini merupakan sensor mekanis yang paling popular untuk pengukuran beban impact yang relatif besar.PENDAHULUAN Salah satu tahapan pengujian bangunan lepas pantai adalah pengukuran beban impact atau pengujian ketahanan materi terhadap suatu getaran bawah permukaan antara struktur yang saling berhubungan. Untuk maksud tersebut dibutuhkan sensor mekanis yang diharapkan bisa mengukur beban impact. Untuk tujuan pengujian tersebut maka dirancang sensor lain berbasis material piezoelectrik. Karena sensor piezoelectrik PVDF film ini bersifat kapasitif dengan impedansi output yang tinggi maka diperlukan sebuah rangkaian Charge amplifier sebagai rangkaian pengkondisi sinyal. Berdasarkan sifat sifat material tersebut maka sensor mekanis berbasis material Piezoelectrik PVDF film ini sangat baik digunakan untuk pengukuran beban-beban dinamis (Taufiq AS. Pada proses kalibrasi sensor tersebut menggunakan NI_USB DAQ 6008 dan program LABVIEW 2009 sebagai sistem data akuisisinya. berat dan fleksibilitasnya. Sedangkan beban yang diukur dibandingkan juga dengan sensor mekanis lainnya yaitu loadcell transducer sebagai alat ukur referensi. Salah satu material piezoelectrik yang dipakai untuk sensor ini adalah polyvinylidene fluoride (PVDF) film. 2005) sehingga desain sensor jenis ini sangat baik untuk pengukuran beban impact pada proses pengujian bangunan kelautan. seperti halnya pengujian bangunan lepas pantai ini. et al. .

atau 3) Dimana . maka partikel penyusunnya menjadi terpolarisasi sehingga menimbulkan konsentrasi muatan listrik pada masingmasing permukaannya.. di antaranya adalah: fleksibel. mampu bekerja pada pita frekuensi yang sangat lebar. 1999). yaitu charge mode dan voltage mode (Ehag. material ini telah banyak digunakan dalam bermacam-macam aplikasi. Untuk charge mode berlaku: (i = 1.BAHAN PIEZOELEKTRIK Sejak ditemukannya efek-efek piezoelektrik pada bahan PVDF Film oleh Kawai (Kawai H. dan juga tersedia dalam berbagai bentuk ketebalan dan luasan. Di samping itu. G. tanpa mengakibatkan kerusakan pada material maupun PVDF filmnya. 1969). baja) dengan menggunakan bahan perekat. Apabila PVDF film terdeformasi secara mekanik. PVDF film mempunyai beberapa sifat yang menguntungkan. 2002). khususnya sebagai sensor dan aktuator (Boleslaw et al. Suatu bahan piezoelektrik dapat mengubah deformasi mekanik menjadi medan listrik yang setara dan sebaliknya dapat mengubah medan listrik yang dikenakan padanya menjadi deformasi mekanik yang setara (Gautschi.. Besarnya konsentrasi muatan listrik yang terbentuk ini dapat dinyatakan dalam dua mode persamaan. ringan. 2001). Q : muatan listrik yang dihasilkan σi : tekanan mekanik pada arah yang relevan d31 : konstata piezoelektric (PVDF Film) A : area aktif dari PVDF film (1) Sedangkan untuk voltage mode berlaku: Vo = g31σit (2) .2. film PVDF dapat ditempelkan secara langsung pada material lain (misalnya karet.

molekul yang terpolarisasi akan menyesuaikan dengan medan listrik. Fenomena ini disebut electrostriction (efek piezoelektrik). dihasilkan dipole yang terinduksi dengan molekul atau struktur Kristal materi.Dimana : Vo : tegangan open loop σi : tekanan mekanik pada arah yang relevan g31 : konstata piezoelektric (film PVDF) t : tebal film PVDF Gambar dibawah ini menunjukkan sumbu-sumbu elemen piezoelektrik dan cara melekatkan elemen film PVDF pada sebuah struktur. Penyesuaian molekul akan mengakibatkan material berubah dimensi. Pada saat medan listrik melewati material. . Gambar 1 : PVDF dan klasifikasi sumbu yang bersesuaian Karakteristik Bahan Piezoelektrik Bahan Piezoelektrik terbentuk oleh keramik yangterpolarisasi sehingga beberapa bagian molekulbermuatan positif dan sebagian yang lain bermuatan negative membentuk elektroda‐elektroda yang menempel pada dua sisi yang berlawanan dan menghasilkan medan listrik material yang dapatberubah akibat gaya mekanik.

7 Cara Kerja Sensor Piezoelektrik Semakin besar tekanan atau deformasi yang diterima sensor tersebut. cara kerja sensor ini dapat di lihat pada gambar dibawah ini: Gambar 2. dapat menghasilkan output tegangan yang berubah-ubah.Prinsip Kerja sensor piezoelektrik Sensor ini memiliki cara kerja yang sebanding dengan inputnya atau sebanding dengan seberapa besar sensor ini terdeformasi. namun sayangnya output sensor ini sangat kecil sehingga sulit untuk dibaca apabila ingin kita jadikan input ke suatu sistem tertentu. .

Pada penelitian ini menggunakan charge mode amplifier dengan salah satu pertimbangan bahwa pada mode ini panjangnya kabel konduktor tidak akan berpengaruh pada sinyal output. PVDF film sebagai sensing element dibentuk melingkar dengan diameter 50 mm sesuai dengan dimensi permukaan struktur yang diukur. Rangkaian Pengondisi Sinyal Output dari sensor PVDF film adalah muatan listrik yang nilainya dalam orde pico coulomb. Untuk mengirimkan signal listrik dari gaya yang terukur dari permukaan film ke alat ukurnya. maka dibuat terminal yang berasal dari metal tape dengan lem conductor yang disambung dengan kabel dengan proses solder. Nilai output terlalu kecil untuk umumnya piranti ukur seperti voltmeter atau osciloskop. . Sehingga diperlukan suatu pengondisi sinyal yang berfungsi sebagai penguat tegangan pengukuran. Desain lengkap rangkaian pengkondisi sinyal diberikan pada gambar 3. Sensing element dari sensor ini terbuat dari material piezoelectric yaitu PVDF (polivinilydene fluoride) film dengan komposisi material lainnya yaitu sejenis karet dan metal.DESAIN SISTEM A. Gambar desain mekanis sistem sensor ditunjukkan pada Gambar 2 di bawah ini. Gambar 2 : Desain sensor impact PVDF Film B. Desain Mekanis Sistem Sensor Desain mekanis sistem sensor ini untuk mengukur beban benturan antara bagian struktur atas dengan struktur bawahnya bangunan lepas pantai dengan berbagai kondisi pengujian.

Diagram pengukuran Diagram Blok system pengukuran sensor PVDF tersebut dapat dilihat pada gambar 4. Gambar 3 : Rangkaian Pengondisi Sinyal C.Rangkaian terdiri atas dua unit yaitu differential charge amplifier dan differential Amplifier (Zheng Chen et al. 2007). sedangkan differential amplifier sebagai rangkaian penguat tegangan listrik. Gambar 4 : Blok Diagram Sistem Pengukuran . Differential charge amplifier sebagai pengubah besaran muatan listrik menjadi tegangan listrik setara.

Hysterisis dan Repeatabilitas sensor terhadap beban yang diberikan. yaitu secara statis dan secara dinamis. untuk mengetahui karakteristik sensor tersebut maka dilakukan kalibrasi sensor. Output dapat dilihat pada gambar 5. Kalibrasi sensor impact PVDF Film ini dilakukan dengan dua cara. linearitas. Pada metode statis sensor impact diberikan beban statis dari beban nol sampai 25 Kg. Dari setiap pembebanan outputnya diukur dan direkam dengan komputer dan diambil nilai output maksimum pada setiap pembebanan. Hasil grafik antara input Vs.KALIBRASI SENSOR Kalibrasi dari impact sensor ini dibutuhkan untuk mengetahui sensitifitas. .

Untuk mengetahui besar beban impact yang diberikan terhadap sensor. maka kedua permukaan atas dan bawah dipasang plat datar. Gambar 6 : Set-Up Kalibrasi sensor . Untuk membuat permukaan bawah dan atas sensor menjadi benar benar datar. Gambar 6 menunjukkan pengaturan kalibrasi impact sensor.Gambar 5 : Grafik Hasil kalibrasi impact sensor Metode kalibrasi kedua adalah dengan memberikan beban impact secara dinamis terhadap sensor dengan variasi beban yang beragam. diperlukan alat ukur beban lainnya sebagai referensi beban yaitu load cell. Impact sensor diletakkkan di atas load cell dan dilekatkan secara kuat.

Sedangkan output dari sensor impact dapat dilihat pada gambar 9. maka semakin besar pula keluaran signal baik signal load cell maupun signal dari sensor. . Hasil kalibrasi dinamis ini dapat dilihat Pada gambar 8. dimana semakin besar beban impact yang diberikan dengan cara memberikan pukulan di atas sensor yang dilekatkan pada load cell. Output seperti pada gambar 7 Gambar 7 : Grafik Hasil kalibrasi Load Cell Dari grafik diatas dapat diketahui bahwa load cell mempunyai linearitas yang cukup baik dengan sensitivitas sensor 58 mV/Kg. Hasil pengukuran yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisa regresi sehingga didapatkan grafik Input Vs.Sebelum dilakukan kalibrasi sensor Impact PVDF film maka load cell transducer sebagai sensor referensi terlebih dahulu harus dikalibrasi secara status dengan memberikan beban status pada sensor tersebut dan data output sensor diukur dan direkam dengan sistem data akuisisi selama 5 detik dengan frekuensi sampling 50 Hz.

Gambar 8 : output Load cell dengan beban semakin besar Gambar 9: output sensor impact dengan beban semakin besar Gambar 10 menunjukkan salah satu keluaran dari satu pukulan yang diambil dari rangkaian keluaran signal . . Dari gambar tersebut secara jelas ditunjukkan bahwa ada kesamaan dan kesebandingan antara keluaran dari impact sensor dengan load cell.

Gambar 11 menunjukkan hubungan antara besarnya keluaran sensor impact dengan besar beban impact yang diberikan. Dari gambar tersebut terlihat bahwa keluaran sensor impact linear sampai beban luar yang diberikan sekitar 200 Kg. Gambar 11 : Korelasi output Loadcell & Impact Sensor PEMBAHASAN .Gambar 10 : Perbandingan output Load cell & Impact Sensor Karakteristik lainnya adalah linearitas antara besar beban impact yang diberikan dengan keluaran sensor.

. Hasil rekaman dari output sensor diperlihatkan pada gambar 12. Uji yang pertama untuk mengetahui kinerja dari sistem sensor yang telah dibuat dengan respon pembebanan yang berulang. yaitu 1000 gram yang dijatuhkan tegak lurus pada dua ketinggian yang berbeda. yaitu 1500 gram. Output dari diukur dan direkam dengan menggunakan system data akuisisi dengan program LabView 2009. Gambar 12 : hasil pengujian sensor dengan pembebanan berulang Pada grafik diatas dapat diketahui bahwa dengan pembebanan secara berulang sensor impact mempunyai respon amplitudo yang hampir sama. Pengujian kedua dilakukan dengan memberikan beban yang sama. beban tersebut dijatuhkan tegak lurus ke permukaan sensor secara bebas dengan ketinggian 15 Cm sebanyak 3 kali. Ini berarti sensor impact tersebut mempunyai repeatibilitas yang cukup baik. Pengujian dilakukan dengan memberikan beban yang yang sama. Hasil dari pengujian ini dapat dilihat pada gambar 13.Untuk mengetahui karakteristik dan performa dari sensor PVDF film yang telah dibuat. dilakukan 2 jenis uji performa. yaitu 25 Cm dan 50 Cm. disamping dilakukan kalibrasi secara statis dan dinamis untuk mengetahui hubungan gaya luar dengan keluaran sensor.

hal ini dapat dilihat pada amplitudo output sensor. .Gambar 13 : Hasil pengujian sensor dengan variasi ketinggian Dari gambar diatas dapat diketahui bahwa semakin tinggi benda dijatuhkan maka gaya yang terjadi juga semakin besar.

Aplikasi dilapangan pada saat pengujian dapat dilihat pada gambar 15. Gambar 15 : Aplikasi Sensor . Untuk maksud tersebut maka impact sensor di pasang pada salah satu bagian (bagian atas) kaki struktur tersebut.BPPH BPPT Surabaya.APLIKASI SENSOR PVDF FILM Gambar 14 dibawah menunjukkan bagian kecil dari struktur bagian atas dan struktur bagian bawah bangunan lepas pantai yang sedang diuji di Laboratorium Hidrodinamika UPT. Gambar 14 : pemasangan sensor pada struktur Salah satu tujuan pengujian tersebut adalah untuk mengetahui respon impact bagian atas dan bawah pada saat launching. sehingga diharapkan segala beban yang terjadi yang diakibatkan oleh hubungan antara bagian atas dan bawah baik berupa impact dengan berbagai variasi frekuensi beban impact dan juga beban tekan dinamis yang mendekati statis juga bisa di rekam dengan baik.

Hal lain yang bisa menjamin bisa digunakannya sensor tersebut untuk pengujian bangunan lepas pantai adalah :    Beban impact rencana yaitu sekitar 250 Kg bisa dipenuhi oleh desain sensor ini.KESIMPULAN Dari hasil Kalibrasi dan eksperimen sistem sensor. Dari hasil eksperimen diketahui bahwa desain sensor impact layak digunakan untuk pengujian tersebut. maka dapat dikatakan bahwa material piezoelectrik PVDF film sangat baik untuk pengukuran beban-beban dinamis sehingga sangat cocok digunakan untuk sensor impact yang dikususkan untuk mengetahui beban beban impact suatu bagian bangunan lepas pantai. Adanya kesamaan dan kesebandingan antara keluaran impact sensor dengan load cell sebagai referensi alat ukur. Demensi sensor dengan diameter 50 mm adalah sesuai dengan kebutuhan pengujian. Aplikasi lain dari sensor impact PVDF Film dengan modifikasi desain mekanis sensor bisa digunakan untuk pengukuran tekanan yang sangat kecil. bahkan bisa digunakan untuk mendeteksi denyut nadi manusia .

Appl. Bulletin of the graduate school of engineering. pp 975-976.. Piezoelectric pad sensor for dynamic load measurement. 8 Japan. G. Journal of Electrostatics. (1969). H. Phys. (1999). (2001). Tomasz J. USA. Piezofilm sensor technical manual. Vol. M. 51(52): 76-81. Piezoelectric sensoric. (2005).DAFTAR PUSTAKA Taufiq Arif Setyanto. Germany : Springer Ehag. . 1 Kawai. Assesment of vehicle weight measurement method using PVDF transducers.. J. (2002). The piezoelectricity of Poly (vinylidene Fluoride). Measurement Specialist Inc. No. et al. 54. Boleslaw. Gautschi.. Jacek C. Hiroshima University..