Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM 6 Tahun 2013 Tentang Jenis, Struktur, dan Golongan Tari Jasa !

e"elabuhan

BUP singkatan dari Badan Usaha Pelabuhan yang kegiatan usahanya khusus di bidang pengusahaan terminal dan fasilitas pelabuhan lainnya. Tarif pelayanan jasa labuh, jasa tambat, jasa penundaan, jasa pemanduan merupakan tarif pelayan jasa kapal. (Pasal 3 ayat (1) Permenhub 6 !"13). #mbarkasih penumpang dan disembarkasih penumpang termasuk dalam tarif pelayanan jasa penumpang. (Pasal 3 ayat (3) Permenhub 6 !"13). $truktur tarif pelayanan jasa kepelabuhanan merupakan kerangka tarif dikaitkan dengan tatanan %aktu dan satuan ukuran dari setiap jenis pelayanan jasa kepelabuhanan dalam 1 (satu) paket pungutan. &erangka tariff terdiri atas ' Tarif pelayanan jasa kapal dibedakan untuk kapal angkutan laut dalam negeri dan luar negeri, meliputi' 1) tarif pelayanan jasa labuh( !) tarif pelayanan jasa pemanduan, terdiri dari' a) melayani pemanduan kapal di perairan %ajib pandu( b) melayani pemanduan kapal di perairan pandu luar biasa( dan )) melayani pemanduan kapal di luar batas perairan %ajib pandu dan perairan pandu luar biasa. 3) tarif pelayanan jasa penundaan, terdiri dari' a) di dalam daerah perairan pe1abuhan( dan b) di luar daerah perairan pelabuhan. *) tarif pelayanan jasa tambat, terdiri dari' a) tambatan dermaga( b) tambatan breasting dolphin/pelampung; dan )) tambatan pinggiran tallud.

Tari "ela#anan "enum"ang di terminal penumpang adalah kegiatan pengunaan ruang tunggu. Tatanan %aktu dan satuan pelayanan jasa kapal ditetapkan sebagai berikut' 1) labuh, dihitung berdasarkan ukuran kapal dalam Gross Tonnage (+1) dengan satuan GT per kunjungan kapal( !) "emanduan, dihitung berdasarkan ukuran kapal yang dipandu dalam Gross Tonnage (+1) dengan satuan GT per gerakan dikaitkan dengan jarak pemanduan dan tingkat resik,( 3) "enundaan, dihitung berdasarkan kel,mp,k ukuran kapal yang ditunda dalam Gross Tonnage (+1)dengan satuan GTper jam( *) tambat, dihitung berdasarkan ukuran kapal dalam Gross Tonnage (+1)dengan satuan GT per etmal( Pela#anan $asa "enum"ang, dihitung berdasarkan satuan per penumpang per pelayanan pada ruang tunggu.

ngan tarif yang ditetapkan dalam Peraturan -enteri Perhubungan ini.k. Penetapan besaran tarif jasa kepelabuhanan yang dibentuk .l. .l. Service Level Guarantee (SLG).leh BUP harus dik.k.k. Penetapan besaran tarif pelayanan jasa kepelabuhanan pada terminal yang pelayanan jasanya diusahakan .leh BUP berlaku untuk jangka %aktu ! tahun.nsultasikan kepada -enteri.rmulasi perhitungan tarif pelayanan jasa kepelabuhanan sebagaimana dalam 0ampiran Permenhub 6 !"13.leh BUP bagi terminal sejenis yang pengusahaan jasa kepelabuhanannya dilakukan . struktur. dan g.ta dengan tetapberped.nal Pelabuhan.man pada berdasarkan jenis.leh pemerintah ditetapkan dengan peraturan pemerintah dengan tetap berped. perbandingan tariff yang berlaku dengan biaya p. sebelum ditetapkan .rkan kepada -enteri dengan melampirkan' 1) hasil perhitungan biaya p.ata pendukung untuk menetapkan usulan tarif yang dilakukan . dan g. Penetapan besaran tarif jasa kepelabuhanan yang dibentuk .k.man pada f.k.man pada berdasarkan jenis. dan $tandar &inerja Pelayanan /perasi. Penetapan besaran tarif jasa kepelabuhanan . struktur. struktur.l. kualitas pelayanan yang diberikan dan dapat dilengkapi dengan data tarif yang berlaku di pelabuhan laut baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri yang mempunyai jenis dan tingkat pelayanan yang relatif sarna( !) telaahan dan justifikasi usulan kenaikan tariff terhadap beban pengguna jasa( dan 3) penerapan Service Level Agreement (SLA). . kualitas pelayanan yang diberikan dan dapat dilengkapi dengan data tarif yang berlaku di pe1abuhan laut baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri yang mempunyai jenis dan tingkat pelayanan yang relatif sarna( !) telaahan dan justifikasi usulan kenaikan tariff terhadap beban pengguna jasa( 3) penerapan Service Level Agreement (SLA).ta ditetapkan dengan Perda &abupaten &. Besar tarif masing1masing jasa kepelabuhan yang ditetapkan .leh BUP ditetapkan .ngan tarif yang ditetapkan dalam Peraturan -enteri Perhubungan ini. BUP dalam menyusun perhitungan besaran tarif pelayanan jasa kapal dan jasa penumpang di terminal BUP berped. ditetapkan . dan g.leh lebih dari 1 (satu) BUP.leh BUP tanpa harus dik.ngan tarif yang ditetapkan dalam Peraturan -enteri Perhubungan ini.k.k. BUP hanya perlu melap.leh 1 (satu) BUP dalam 1 (satu) pelabuhan.leh 1 (satu) BUP dalam 1 (satu) pelabuhan 1) hasil perhitungan biaya p.nal Pelabuhan( dan *) masukan dan tanggapan penggunajasa( Besaran tarif pelayanan jasa penumpang pada pelabuhan yang pengusahaan jasa kepelabuhanannya dilakukan .leh BUP berdasarkan jenis.k. Service Level Guarantee (SLG). perbandingan tariff yang berlaku dengan biaya p. dan $tandar &inerja Pelayanan /perasi.Besaran tarif jasa kepelabuhanan dapat ditetapkan secara paket.nsultasikan kepada -enteri.leh pemerintah kabupaten k.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful