I. PENDAHULUAN A.

LATAR BELAKANG Untuk mendukung tercapainya pelaksanaan Program Keluarga Harapan [ PKH ] di kabupaten Purwakarta periode 2013 diperlukan koordinasi – koordinasi dengan pihak terkait baik UPPKH Pusat, Kecamatan , maupun pihak Desa dan Kantor Pos sebagai pihak penyedia layanan.Koordinasi –koordinasi pertemuan selama bulan Nopember – Desember menjelang pencairan dana bantuan RTSM di perlukan untuk mendiskusikan berbagai hal yang terkait masalah teknis pencairan maupun mendiskusikan temuan-temuan masalah yang muncul pasca validasi data RTSM. Agar pada waktu pencairan dana nanti dapat berjalan dengan lancar dan tidak terjadi hal–hal yang tidak diinginkan. B. MAKSUD DAN TUJUAN Maksud dari penyusunan laporan kegiatan bulanan Pendamping Program Keluarga Harapan [ PKH] ini adalah sebagai bahan kajian serta gambaran bagi pihak terkait dalam pelaksanaan PKH khususnya menjelang pencairan dana awal guna tercapainya target program PKH secara keseluruhan di kabupaten purwakarta. TUJUAN DILAKSANAKANNYA KOORDINASI ;  Mendiskusikan kegiatan teknis saat pencairan nanti  Membahas permasalahan-permasalahan yang muncul menjelang pencairan.  Menetapkan kesepakatan teknis pencairandana terkait hal yang harus dipersiapkan pendamping sesuai dengan peranannya.

1

PELAKSANAAN KEGIATAN URAIAN KEGIATAN NO 1 TANGGAL 29 -11-2013 JENIS KEGIATAN Koordinasi dengan KABIDSOS Koordinasi dengan KABIDSOS 2 6-12.2013 Koordinasi dengan UPPKH kabupaten  Membahas temuan temuan masalah di lapangan terkait peserta program PKH  Keputusan tgl pencairan menunggu konfirmasi dari Kantor pos pusat  Teknis cara pencairan  Dibuat kelompok peserta untuk tiap desanya guna mempermudah saat pencairan  Pencairan dana di laksanakan di kantor pos  Banyak data peserta yang sudah tidak layak sebagai penerima bantuan (dalam artian tingkat ekonominya sudah lebih baik saat ini)  Banyak data masyarakat yang seharusnya layak masuk kriteria sebagai peserta PKH. Aula bidsos 5 27 -12. tetapi tidak masuk dalam pendataan  Memperkenalkan FORMFORM yang nanti akan dipakai pada saat pencairan diantaranya Form Giro Pos yakni bentuk formulir untuk pembukaan rekening  Menyampaikan informasi kepada KOORDINATOR UPPKH Kecamatan bahwa tgl pencairan menunggu konfirmasi dari pihak pos  Memasang PLANG PKH d Sekretariat Kecamatan Aula bidsos Aula bidsos 4 16 -12-2013 Koordinasi dengan UPPKH kabupaten  Persiapan menjelang pencairan dana RTSM  Pembahasan dan persiapan pencairan dana RTSM  penyampaian data RTSM dari UPPKH kabupaten penyampaian plang PKH untuk sekretariat kecamatan.2013 URAIAN  Informasi menjelang pencairan dana RTSM  Informasi teknis HASIL  Dana RTSM akan cair perkiraan bulan Januari TEMPAT Aula bidsos 3 13-12.II.2013 Koordinasi dengan UPPKH kecamatan Sekretariat UPPKH kecamatan wanayasa 2 .

Semoga dengan kerjasama dari semua pihak Program Keluarga Harapan ini dapat berjalan dengan baik.III.Desember 2013 ini disusun untuk memberikan gambaran pelaksanaan Pendampingan Program Keluarga Harapan [ PKH ] di wilayah kecamatan wanayasa.  Perlu adanya koordinasi yang lebih baik dengan pihak-pihak terkait. IV. 3 . aparat desa maupun dengan UPPKH Kabupaten di tarik kesimpulan bahwa masih banyak data peserta PKH yang tidak sesuai antara yang harus terdaftar dan tidak terdaftar sebagai peserta PKH. 2. PENUTUP Demikian laporan bulanan periode Nopember. karna di khawatirkan Program Keluarga Harapan ini tidak tepat sasaran.sesuai dengan harapan pemerintah untuk dapat membantu memperbaiki keadaan ekonomi masyarakat yang tergolong dalam RTSM sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan sesuai dengan sasaran. SARAN  Perlu dilakukan perbaikan data peserta untuk periode selanjutnya. KESIMPULAN  Dari hasil pertemuan rutin bulanan pendamping baik dengan Koordinator UPPKH Kecamatan. KESIMPULAN DAN SARAN 1.

4 .